pertanyaan/ringkasan

pertanyaan/ringkasan

Number of replies: 4

sampaiakan pertanyaan, sanggahan dan tanggapan disini

pemateri wajib menjawab semua pertanyaan secara langsung

In reply to First post

Re: pertanyaan/ringkasan

by Lina Pertiwi 1913053055 -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21
Kelas: 6A

Izin bertanya,
Apa saja kendala dalam menggunakan teknik nontes?

terimakasih
In reply to Lina Pertiwi 1913053055

Re: pertanyaan/ringkasan

by Hanania Ayu Widya 1913053004 -
Nama: Hanania Ayu Widya
NPM: 1913053004
No. Absen: 14
Kelas: 6 A

Izin menjawab pertanyaan dari Lina Pertiwi
Evaluasi non-tes sebagai alat penilaian sikap dirasakan penting oleh guru, namun impelementasinya masih kurang, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain karena lamanya waktu yang digunakan didalam mengamati subjek yang diamati dan dipihak lain adalah adanya pandangan bahwa penilaian pendidikan hanya mengandalkan kognitif yang menjadi tujuan. Selain itu, para guru di sekolah pada umumnya lebih banyak menggunakan tes mengingat alatnya mudah dibuat, penggunaannya lebih praktis, yang dinilai terbatas pada aspek kognitif berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh siswa setelah menyelesaikan pengalaman belajarnya.

Faktor-faktor yang ada harus dapat tertangani oleh guru maka guru harus lebiih meningkatkan keretampilannya dalam pembuatan instrument non tes dan pelaksanaannya. Serta guru harus lebih pintar lagi mengatur waktu untuk Menyusun instrument penilaian agar tidak ada lagi guru yang kurang bisa mengatur waktu dalam pembuatan instrument tes.
In reply to First post

Re: pertanyaan/ringkasan

by Chika Nurpalo Afiany 1913053021 -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin bertanya,

Dalam prinsip menentukan prosedur asesmen, salah satunya prinsip "Jika memungkinkan, untuk masing-masing sasaran pembelajaran harus digunakan berbagai indikator prestasi pembelajar" . Jelaskan secara lebih jelas apa maksud dari prinsip tersebut?

Terimakasih
In reply to Chika Nurpalo Afiany 1913053021

Re: pertanyaan/ringkasan

by Hanania Ayu Widya 1913053004 -
Nama: Hanania Ayu Widya
NPM: 1913053004
No. Absen: 14
Kelas: 6 A

Izin menjawab pertanyaan dari Chika Nurpalo Afiany,
Salah satu format asesmen (seperti pertanyaan dengan jawaban singkat atau latihan mencarikan pasangan atau matching exercises) memberikan gambaran yang tidak lengkap mengenai apa yang telah dipelajari oleh siswa. Karena suatu format asesmen cenderung memberi penekanan hanya pada satu aspek dari sasaran pembelajaran yang kompleks, maka yang terjadi biasanya format asesmen tersebut tidak bisa menjangkau sasaran pembelajaran yang hendak dicapai secara utuh. Oleh karena itulah, jika Anda dapat memperoleh informasi mengenai prestasi siswa dari beberapa metode atau prosedur, maka hal itu biasanya akan meningkatkan validitas asesmen yang Anda lakukan. Latihanlatihan yang meminta siswa untuk menjodohkan (matching exercises), misalnya, memberikan penekanan pada upaya mengingat kembali atau mengenali informasi yang bersifat faktual; pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dalam bentuk esai (essay) memberikan penekanan pada kemampuan siswa untuk mengorganisasi ide dan kecakapan menulis dengan batasan waktu tertentu (time limits); dan sebuah proyek yang lamanya sekitar satu bulan memberi penekanan pada penggunaan secara bebas terutama sumber daya (resources), penelitian, dan analisis yang lebih mendalam mengenai topik tertentu. Ketiga teknik asesmen tersebut bisa diperlukan untuk memastikan sejauh mana siswa telah mencapai sasaran pembelajaran tertentu.