Pertanyaan/pembahas

Pertanyaan/pembahas

Number of replies: 8

Sampaikan pertanyaan disini

pemateri wajib menjawab disini

In reply to First post

Re: Pertanyaan/pembahas

by Evita Nur Cahyani 1913053056 -
Assalamualaikum warahmatulahi wbaarakatuh.
Nama : Evita Nur Cahyani
NPM : 1913053056
No. Absen : 11
Semester 6B.

Izin bertanya kepada saudari Yoja Asti Fahliza.
Pertanyaannya : Bagaimana seharusnya proses asesmen pembelajaran di Indonesia, jika dikaitkan dengan pola-pola asesmen internasional agar mutu pembelajaran dan hasil asesmen tersebut dapat ditingkatkan.
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wbaarakatuh.
In reply to Evita Nur Cahyani 1913053056

Re: Pertanyaan/pembahas

by Yoja Fahliza -
Nama : Yoja Asti Fahliza
NPM : 1913053127
Kelas : 6b
Izin menjawab
Hasil assesmen pembelajaran di indonesia yang rendah tersebut tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penyebab antara lain siswa Indonesia pada umumnya kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan karakteristik seperti soal-soal pada pola-pola assesmen internasional. Sehingga seharusnya proses asesmen dan pembelajaran di Indonesia, jika dikaitkan dengan pola-pola asesmen internasional agar mutu pembelajaran dan hasil asesmen internasional tersebut dapat ditingkatkan dengan :
(a) memperbaiki proses pembelajaran di sekolah dengan meningkatkan porsi bemalar, memecahkan masalah, berargumentasi dan berkomunikasi,
(b) memperbaiki standar dan praktek penilaian hasil belajar siswa secara nasional dan sehari-hari di kelas dengan mengukur keterampilan teknis baku, kemampuan bemalar, pemecahan masalah dan berkomunikasi secara seimbang,
(c) mempelajari budaya dan menginternalisasi konteks budaya dalam pembelajaran agar wawasan siswa semakin luas.
In reply to First post

Re: Pertanyaan/pembahas

by Zahrah Khoirina Sa'ada -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Zahrah Khoirina Sa'ada
NPM : 1913053136
Semester : 6B

Izin bertanya kepada saudari Yoja.
Apakah ciri-ciri butir suatu tes disebut baik, jelaskan!
Terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Zahrah Khoirina Sa'ada

Re: Pertanyaan/pembahas

by Yoja Fahliza -
Nama : Yoja Asti Fahliza
NPM : 1913053127
Kelas : 6b
Izin menjawab
Ciri-ciri butir suatu tes disebut baik:

Valid
Soal dikatakan valid bila dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, validitas soal dapat dilihat dari kesesuaian soal dengan tujuan instruksional khusus dan tujuan pengukuran yang telah ditetapkan.

Relevan
Tes yang relevan mengandung soal-soal yang dapat mengukur kemampuan belajar sesuai dengan tingkat kemampuan yang ditetapkan dalam indikator pencapaian hasil belajar (Ranah kognitif, afektif dan psikhomotor).

Spesifik
Soal harus direncanakan sedemikian rupa agar jawabannya pasti dan tidak menimbulkan ambivalensi atau spakulasi dalam memberikan jawaban.

Representatif
Soal tes sebaiknya dikembangkan dari satuan materi yang jelas cakupannya, dan bersifat komprehensif dalam pengertian materi tes harus mencakup seluruh materi pengajaran, untuk itu seluruh pokok bahasan (sub pokok bahasan) idealnya harusterwakili dalam soal tes.

Seimbang
Dalam proses pengajaran dosen akan tahu persis, bahwa setiap pokok bahasan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, soal tes dikatakan seimbang bila pokok bahasan yang terpenting mendapat porsi terbanyak dalam soal. Kalau dalam keadaan terpaksa hal tersebut tidak dapat dilakukan maka keseimbangan dapat dicapai dengan memberikan bobot yang berbeda pada pokok bahasan yang memiliki tingkat kesulitanyang berbeda.

Praktis
Dalam pengertian bahwa tes tidak sulit untuk dilaksanakan dilihat dari segi pembiayaan maupun pelaksanaanya.Tes yang baik harus efisien dan mudah untuk dilaksanakan.
In reply to First post

Re: Pertanyaan/pembahas

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semester 6B
Izin bertanya kepada saudari Andaru

Tadi di dalam ppt telah disampaikan bahwa salah satu fungsi dari assesment yaitu berfungsi selektif. Tolong jelaskan fungsi selektif dalam assesment itu yang seperti apa, dan contohnya bagaimana?

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Gita Indah Mustika 1913053007

Re: Pertanyaan/pembahas

by Andaru Pramia Putri 1913053138 -
Nama : Andaru Pramia Putri
Npm : 1913053138
No. Absen : 03

Izin menjawab pertanyaan saudari Gita
Tolong jelaskan fungsi selektif dalam assesment itu yang seperti apa, dan contohnya bagaimana?

Penilaian bersifat selektif adalah penilaian yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi atau menyaring. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu termasuk jenis penilaian selektif. Untuk kepentingan yang lebih luas penilaian selektif misalnya seleksi penerimaan mahasiswa baru atau seleksi yang dilakukan dalam rekrutmen tenaga kerja.
Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
In reply to First post

Re: Pertanyaan/pembahas

by Kartika Dwi Wahyuning 1913053069 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Izin memperkenalkan,
Nama : Kartika Dwi Wahyuning
NPM : 1913053069
Absen : 17
Kelas : 6B
Izin bertanya kepada saudari Andaru Pramia Putri
Pertanyaannya : Menurut anda teknik asessment seperti apa yang cocok untuk anak kelas rendah ?

Sekian Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to Kartika Dwi Wahyuning 1913053069

Re: Pertanyaan/pembahas

by Andaru Pramia Putri 1913053138 -
Nama : Andaru Pramia Putri
Npm : 1913053138
No. Absen : 03

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Kartika
Menurut anda teknik asessment seperti apa yang cocok untuk anak kelas rendah ?

Menurut saya, teknik assesment yang cocok untuk anak kelas rendah yaitu teknik tes dan teknik non tes. Keduanya dapat kita lakukan di kelas rendah. Teknik non tes dapat dilakukan dengan pengamatan kepada peserta didik. Selanjutnya teknik tes dapat kita lakukan dalam ulangan semester, ulangan harian ataupun ujian.

Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, terimakasih.