Learning Outcomes (LO)

Capaian Sikap
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Capaian Pengetahuan:
1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep teoretis pengetahuan Bidang Studi di sekolah dasar yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran dalam pembelajaran SAINS di SD yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

Capaian Keterampilan Umum
1. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar;
2. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan ke-SDan;
3. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri di sekolah dasar;

Capaian Keterampilan Khusus
1. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
2. Mampu mengambil keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
3. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar dalam bentuk karya ilmiah sesuai etika akademik;
4. Mampu menyelesaikan permasalahan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif dalam praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
5. Memublikasikan karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

Grup terlihat: Semua peserta
(Belum ada topik diskusi pada forum ini)