Learning Outcomes (LO)
Capaian Sikap
1. Menjunjung tinggi nilai
kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama, moral dan etika;
2. Menghargai keanekaragaman
budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
4. Menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya
secara mandiri.
Capaian Pengetahuan:
1. Menguasai konsep
teoretis pedagogi dan konsep teoretis pengetahuan Bidang Studi di sekolah dasar yang sesuai
dengan lingkup tugasnya;
2. Menguasai konsep,
prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, metode dan model
pembelajaran dalam pembelajaran SAINS di SD yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
Capaian Keterampilan Umum
1. Mampu mengambil
keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau
eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar;
2. Mampu mengelola,
mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan
kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan ke-SDan;
3. Mampu meningkatkan
kapasitas pembelajaran secara mandiri di sekolah dasar;
Capaian Keterampilan Khusus
1. Mampu mengelola, mengembangkan
dan memelihara jaringan dalam bentuk
laporan praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
2. Mampu mengambil
keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan
masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kajian analisis
atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang praktik pembelajaran SAINS di
pendidikan sekolah dasar;
3. Menyusun ide, hasil
pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar dalam bentuk karya ilmiah sesuai etika akademik;
4. Mampu menyelesaikan
permasalahan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pemikiran secara logis, kritis,
sistematis, inovatif dankreatif dalam praktik pembelajaran SAINS di
pendidikan sekolah dasar;
5. Memublikasikan karya
ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau
multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara,
dan etika ilmiah.