Diskusi

Diskusi

Number of replies: 10

Mahasiswa tanggapai diskusi berikut ini.

1. mengapoa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD

In reply to First post

Re: Diskusi

by Andini Pratiwi -
Nama : Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04
Kelas : Semester 6 C

Izin menanggapi pak,
1. Pendidikan seni merupakan hal yang perlu diberikan kepada peserta didik terutama di tingkat SD/MI. Pendidikan seni meliputi seni musik, seni tari, seni lukis, seni teater dan seni rupa. Dalam pengajaran pendidikan seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan.

2. Ekstrakulikuler seni di Sekolah Dasar ada beberapa macam seperti seni tari, seni rupa, seni teater dan masih banyak lainnya. Seni tari lebih menekankan pada gerak-gerak dasar tari yang sederhana sesuai pengalaman dan karakteristik gerak tari siswa di sekolah dasar. Banyak hal positif yang dapat diperoleh siswa dari pembelajaran seni tari.

3. Dalam pembelajaran SD sudah diterapkan dengan mata pelajaran Seni Budaya, tetapi hal itu masih kurang, karena dengan hanya memberikan pembelajaran teori saja tanpa memberikan produktifnya maka hasilnya akan begitu-begitu saja atau tidak ada perkembangan. Berbeda ketika sekolah itu memberikan pendidikan seni dalam pembelajaran yang produktif dalam bentuk esktrakulikuler dalam pelajaran tersebut, maka peserta didik akan langsung terjun untuk merasakan bagaimana seni tersebut. Dari pembelajaran produktif tersebut maka akan ada perkembangan dari pola pikir dari peserta didik tersebut. Pendidikan seni di sekolah adalah agar peserta didik mendapatkan pegalaman dalam menciptakan karya, pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni didalam kehidupan. Mungkin sekolah bisa memberikan ekstrakulikuler setiap minggunya, dan diajar oleh guru yang sudah berpengalaman atau yang sudah terjun dalam seni. Sehingga tidak menyebabkan asal-asalan dalam mengajarkan pendidikan seni pada peserta didik. Dari ekstrakulikuler tersebut sudah cukup untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik. Selain itu, dalam ekstrakulikuler di sekolah ini juga dapat meringankan beban orang tua yang kekurangan biaya untuk mengikutkan anaknya masuk ke dalam sanggar seni.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Diskusi

by Lisna Agusta -
Nama : Lisna Agusta
Npm : 1913053092
No. Absen : 19
Kelas : 6C

Izin menjawab pak
1. Perlu diciptakan karena Pembelajaran seni ekstrakurikuler lebih menekankan pembinaan dan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya.
Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan dalam masyarakat dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian dapat mendukung kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.

2. Materi yang dikembangkan atau Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

3. Jika saya menjadi guru dan guru pendamping kegiatan ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tugas mengajar yaitu merencanakan aktivitas, membimbing aktivitas dan
mengevaluasinya.
2. Ketatausahaan yaitu mengadakan presensi, menerima dan mengatur keuangan, mengumpulkan nilai dan memberikan tandan penghargaan.
3. Tugas-tugas umum, yaitu mengadakan pertandingan, pertunjukkan, perloombaan, dan lain-lain.

Guru mengembangkan kreativitas, melakukan inovasi, dan sebagainya sehingga bisa memacu jiwa inquiry pada murid-muridnya dalam kegiatan ekstrakurikuler.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
NPM : 1913053012
No. Absen : 06
Kelas : 6C

Izin menanggapi
1. Perlunya diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di sekolah dasar karena kegiatan ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan. Selain itu, seni memiliki fungsi yang penting bagi pendidikan, yakni dapat mengembangkan kreativitas dari peserta didik, meningkatkan sensitivitas peserta didik terhadap karya seni yang ada di sekitarnya, mengajarkan peserta didik untuk menghargai hasil karya orang lain, melatih imajinasi dari peserta didik.

2. Materi yang tepat bagi ekstrakurikuler di bidang seni pada Sekolah Dasar yaitu bisa dengan seni tarik suara karena tentunya setiap siswa memiliki bakat dibidang tarik suara atau menyanyi. Kemudian seni melukis atau menggambar dan juga menari.

3. Untuk menciptakan ekstrakurikuler seni yang kondusif, maka diperlukan pengelolaan yang baik. Untuk itu perlu dibentuk pengurus yang dapat mengelola ekstrakurikuler bidang seni, baik itu ketua, wakil ketua, anggota dan lain sebagainya. Kemudian dibentuk jadwal terselenggaranya ekstrakurikuler seni dengan tidak mengganggu aktifitas pembelajaran di kelas.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Adelia Intan Utami -
Nama : Adelia Intan Utami
NPM ; 1913053028
No.absen : 1
Semester 6 C

1. Menurut saya ektrakulikuler dibidang seni perlu dikembangkan di SD karena ekstrakulikuler ini memiliki fungsi yang beragam yaitu 1. Fungsi sosial, Fungsi rekreatif, Fungsi Pengembangan, Fungsi persiapaan karir. Bukan hanya fungsinya yang beragam akan tetapi juga eksrakulikuler ini lebih menekankan kepada pengolahan bakat dan minat anak dibidang seni yang terkadang kurang tersalurkan dalam mata pelajaran yang siswa laksanakan di sekolah. Melalui ekstrakulikuler inilah bakat dan minat anak dalam bidang seni yang selama ini terpendam dapat terlihat.

2. Ragam ektarkulikuler seni mencakup seni musik, seni rupa, seni tari dan juga seni teater. Akan tetapi melihat kembali karakteristik dari anak tinggkat SD materi yang cocok diberikan adalah seni musik dalam ranah sederhana, seni rupa dapat berupa kegiatan mewarnai atau menggambar serta seni tari seperti tarian daerah dan sebagainya. Melalui materi-materi tersebut siswa akan kembali mengembangkan minat dan bakatnya.

3. Sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam video sebelumnya bahwasannya sebagai pendidik saya akan menciptakan suasana kegiatan ektrakulikuler yang menyenangkan sehingga siswa-siswa saya lebih tertarik akan kegiatan tersebut dan senang mengikutinya. Akan tetapi saya juga tidak akan melupakan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk belajar maka saya akan memberikan serta menetapkan waktu kepada mereka untuk serius dan fokus mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak hanya mengajar saja, saya juga akan mengadakan evalusi terhadap kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan untuk menjadi pertimbangan perbaikan kegiatan kedepannya.

Terima kasih
In reply to First post

Re: Diskusi

by Gusti Ayu Putu Ardani 1953053017 -
Nama: Gusti Ayu Putu Ardani
Npm: 1953053017
Absen: 13
Kelas: Semester 6c

Izin menjawab pak,

Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Perlu diadakannya ekstrakulikuler seni di sekolah dasar untuk meningkatkan karakter peserta didik sekaligu mengembangkan jiwa seni yang dimilikinya,yang tidak dapat di kembangkan melalui pembelajaran di sekolah secara umum, sehingga ekstrakulikuler merupakan wadah yang tepat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang seni yang dimiliki peserta didik. Pembelajaran seni bukanlah pembelajaran yang mudah, untuk mempelajari seni baik itu seni musik,seni tari dan seni rupa, dibutuhkan tingkat kecerdasan yang seimbang. Antara aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik harus berjalan selaras, karena ketiga hal tersebut mempengaruhi seseorang dalam belajar sebuah seni.

Menurut pendapat saya materi ekstrakulikuler seni yang tepat diberikan kepada anak sekolah dasar yaitu mengenai, seni tari-tarian baik tari daerah maupun tari kreasi, seni musik, seperti piano suling dan lain sebagainya, olah vokal dan seni melukis. Seni tersebut dapat diajarkan saat ekstrakulikuler seni di sekolah berlangsung, karena seni tersebut merupakan seni yang dapat di praktikan secara langsung dengan mudah dan alat pendukung yang digunakan mudah di cari.

Jika saya diamanahkan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di suatu sekolah yang saya ajarkan,maka saya akan mewajibkan peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Materi yang saya ajarkan akan sesuai dengan panduan yang ada dan lebih mengutamakan pada pengajaran dan pendalaman budaya daerah tersebut,untuk upaya tetap melestarikan seni budaya daerah,sebelum mempelajari seni budaya luar daerah.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Elsa Apriliasari -
Nama : Elsa Apriliasari
Npm : 1913053008
No. Absen : 10
Kelas : Semester 6 C

Izin menjawab pak
1. Menurut saya ekstrakurikuler seni perlu dikembangkan di SD, karena pembelajaran seni dapat memberikan beragam manfaat kepada peserta didik seperti dapat mengembangankan pola pikir pada peserta didik, serta untuk membantu pengembangan kemampuan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik. Dengan adanya ekstrakulikuler seni ini juga dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dan mengajarkan peserta didik untuk menghargai karya orang lain.

2. Materi yang tepat untuk ekstrakurikuler kesenian khususnya tingkat sekolah dasar yaitu seni musik (paduan suara), seni rupa (melukis dan menggambar), dan seni tari.

3. Jika saya menjadi guru dan guru pendamping kegiatan ekstrakurikuler saya akan menyusun terlebih dahulu pengelolaan ekstrakurikuler tersebut. Kemudian merancang aktivitas yang akan di lakukan, membimbing aktivitas dan
mengevaluasinya.
Selain itu juga saya akan membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menarik agar peserta didik tidak bosan dalam mengikuti ekstrakurikuler seni.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Rizki Maulani -
Nama: Rizki Maulani
Npm: 1913053086
Absen: 24
Kelas: 6C


1. Pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni bagi peserta didik. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan. Melalui kesenian ungkapan perasaan seseorang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk seni seperti sastra, musik, seni visual, tari dan drama, yang mengandung unsur-unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Tujuan pendidikan seni di sekolah adalah agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan. Pendidikan seni yang diberikan melalui kurikulum pembelajaran di sekolah bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.


2. Sebagaimana diatur dalam Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bentuk kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa:

A. Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya;

B. Karya ilmiah, misalnya: Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya;

C. Latihan olah-bakat dan olah-minat, misalnya: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, teater, teknologi informasi dan komunikasi, rekayasa, dan lainnya;

D. Keagamaan, misalnya: Tahfiz QUR’AN, baca tulis ALQUR’AN, marawis, retreat; atau
Bidang pengembangan lainnya, yang disesuaikan dengan prioritas dan analisis potensi dan minat peserta didik di sekolah.


3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler adalah:1. Peningkatan aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.
2. Dorongan untuk menyalurkan bakat dan minat peserta didik.
3. Penetapan waktu, obyek kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Pertama, perencanaan kegiatan esktrakurikler. Sebelum guru ekstrakurikuler membina kegiatan ekstrakurikuler terlebih dahulu merencanakan aktivitas yang akan dilaksanakan. Penyusunan rancangan aktivitas ini
dimaksudkan agar guru mempunyai pedoman yang jelas dalam melatih kegiatan ekstrakurikuler. Rancangan ini dibuat tiap semester. Selaian bermanfaat bagi guru juga diperlukan oleh kepala sekolah untuk mempermudah dalam
mengadakan supervisi. Dengan berpedoman pada tujuan dan maksud kegiatan ekstrakurikuler disekolah dapat ditetapkan prinsip-prinsip program ekstrakulikuler.

Kedua, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dapat berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain.

Ketiga, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Setelah program selesai, pembina perlu mengdakan evaluasi. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui kemanfaatan program bagi siswa maupun bagi sekolah, hemat biasa atau tidak, dan sebagainya. Hasil evaluasi ini bermanfaat bagi pengambil keputusan untuk menentukan perlu adanya suatu program ekstrakurikuler dilanjutkan.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Arif Febriansyah -
Nama : arif febriansyah
Npm : 1953053019
No absen : 05


Izin menjawab p

1. Perlunya diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di sekolah dasar karena kegiatan ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan. Selain itu, seni memiliki fungsi yang penting bagi pendidikan, yakni dapat mengembangkan kreativitas dari peserta didik, meningkatkan sensitivitas peserta didik terhadap karya seni yang ada di sekitarnya, mengajarkan peserta didik untuk menghargai hasil karya orang lain, melatih imajinasi dari peserta didik.


2. Menurut pendapat saya materi ekstrakulikuler seni yang tepat diberikan kepada anak sekolah dasar yaitu mengenai, seni tari-tarian baik tari daerah maupun tari kreasi, seni musik, seperti piano suling dan lain sebagainya, olah vokal dan seni melukis. Seni tersebut dapat diajarkan saat ekstrakulikuler seni di sekolah berlangsung, karena seni tersebut merupakan seni yang dapat di praktikan secara langsung dengan mudah dan alat pendukung yang digunakan mudah di cari.


3. Sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam video sebelumnya bahwasannya sebagai pendidik saya akan menciptakan suasana kegiatan ektrakulikuler yang menyenangkan sehingga siswa-siswa saya lebih tertarik akan kegiatan tersebut dan senang mengikutinya. Akan tetapi saya juga tidak akan melupakan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk belajar maka saya akan memberikan serta menetapkan waktu kepada mereka untuk serius dan fokus mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak hanya mengajar saja, saya juga akan mengadakan evalusi terhadap kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan untuk menjadi pertimbangan perbaikan kegiatan kedepannya.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Thasya Thasya Ralenda -
Nama : Thasya Ralenda
NPM : 1913053067
Kelas : 6D

1. karena Pembelajaran seni ekstrakurikuler lebih menekankan pembinaan dan pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya. Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan dalam masyarakat dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian dapat mendukung kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
2. Materi yang tepat bagi ekstrakurikuler di bidang seni pada Sekolah Dasar yaitu bisa dengan seni tarik suara karena tentunya setiap siswa memiliki bakat dibidang tarik suara atau menyanyi. Kemudian seni melukis atau menggambar dan juga menari.
3. Sebagai pendidik saya akan menciptakan suasana kegiatan ektrakulikuler yang menyenangkan sehingga siswa-siswa saya lebih tertarik akan kegiatan tersebut dan senang mengikutinya. Akan tetapi saya juga tidak akan melupakan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk belajar maka saya akan memberikan serta menetapkan waktu kepada mereka untuk serius dan fokus mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak hanya mengajar saja, saya juga akan mengadakan evalusi terhadap kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan untuk menjadi pertimbangan perbaikan kegiatan kedepannya.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Hida Laila Irsyadina 1913053022 -
Nama : Hida Laila Irsyadina
Npm : 1913053022
No. Absen : 14
Kelas : 6C

Izin memberi tanggapan pada diskusi tersebut,
1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD
Ekstrakurikuler bidang seni di SD sangat perlu diciptakan, karena dengan adanya ekstrakurikuler seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya.

2. materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
Materi yang dapat diajarkan bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD/MI yaitu materi seni rupa murni dan terapan, seni musik, seni tari, dan seni drama yang materinya disesuaikan dengan perkembangan psikomotorik anak usia SD/MI, hal ini sangan baik untuk mengasah kecerdasan dan keterampilan serta minat bakat pada anak usia SD.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD.
Hal yang dapat dilakukan, yang pertama yaitu kita harus membuat anak tertarik dengan seni, menstimulus anak agar memiliki minat di dalam seni, kemudia kita harus bisa membuat suasana menyenangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler bidang seni, dengan merasansenang dan bahagia maka anak SD akan lebih bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan dalam ekstrakurikuler bidang seni, selanjutnya kita harus menyiapkan reward yang menarik untuk lebih meningkatkan semangat dan kreativitas siswa dalam bidang seni.