Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 7

Mahasiswa berikut ini forum diskusi pada pertemuan hari ini. mahasiswa wajiob memberikan tanggapan terkait isi materi artikel pada forum berikut ini.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
NPM : 1913053012
No. Absen : 06

Izin menanggapi
Artikel tersebut berjudul "Pembelajaran Sandi Morse Pramuka dengan Menggunakan Metode User Centered Design". Artikel ini menjelaskan permasalahan belajar sandi morse pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik,
karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Untuk itu, belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembelajaran berbasis komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse
dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash 8 dengan menerapkan metode User
Centered Design. Metode User Centered Design bisa diterapkan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah dikelompokkan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Lisna Agusta -
Nama : Lisna Agusta
Npm : 1913053092
No. Absen : 19

Izin menanggapi artikel tersebut pak,
Saat ini untuk belajar sandi pramuka masih menggunakan tutorial buku panduan biasa seperti buku saku dan buku syarat syarat umum (SKU). Masalah yang terjadi selama ini dalam pembelajaran sandi pramuka adalah adanya media pembelajaran yang kurang efektif yaitu berupa buku panduan dengan tampilan yang kurang menarik karena kurangnya gambar, warna, animasi, dan lain-lain, yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya.

1. Masalah belajar sandi morse
pramuka ini adalah membosankan dan kurang menarik,karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan syarat-syarat menyenangkan umum (SKU).
2. Belajar sandi morse pramuka lebih
menyenangkan dan efisien yang mampu membangkitkan minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer.
3. Aplikasi pembelajaran sandi morse
dirancang menggunakan bahasa
pemograman Macromedia Flash 8
dengan menerapkan metode User
Centered Design.
4. Metode User Centered Design bisa
diterapakan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik.
5. Aplikasi sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik.
6. Penyampaian materi yang telah
dikelompokan membuat siswa lebih
mudah dipelajari, memahami, serta
menghafal sandi morse pramuka.
7. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih
menyenangkan, lebih menarik dan lebih
keren.
8. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Andini Pratiwi -
Nama : Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04

Izin menanggapi terkait artikel pada pertemuan 6,

Artikel yang berjudul "Pembelajaran Sandi Morse Pramuka Dengan Menggunakan Metode User Centered Design" oleh Azlan.

Artikel tersebut memaparkan suatu penelitian merupakan penjelasan tentang hasil akhir yang menguraikan pencapaian dari tujuan penelitian. Dari hasil penulisan dan analisa dari bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan. Adapun kesimpulan- kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Permasalahan belajar sandi morse Pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU).
2. Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer.
3. Aplikasi pembelajaran sandi morse dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash 8 dengan menerapkan metode User Centered Design.
4. Metode User Centered Design bisa diterapkan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik.
5. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik.
6. Penyampaian materi yang telah dikelompokkan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka.
7. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur.
8. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Elsa Apriliasari -
Nama : Elsa Apriliasari
Npm : 1913053008
Absen : 10

Izin menanggapi terkait dengan materi di pertemuan 6,
Gerakan pramuka Indonesia merupakan wadah para generasi muda untuk mengembangkan minat, bakat, keterampilan dan kedisiplinan. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam gerakan pramuka, selain kegiatan baris ada juga kegiatan dalam menghafal kode-kode pramuka yang dikena dengan sandi. Sandi pramuka bermacam-macam diantaranya adalah sandi morse. Media pembelajaran yang digunakan kurang efektif yaitu berupa buku panduan buku saku atau buku syarat-syarat bermain umm (SKU) dengan tampilan yang kurang menarik karena buku tersebut hanya berwarna hitam, tidak adanya animasi, dan lain-lain yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya. Untuk menarik minat belajar tersebut dibuatlah media pembelajaran yang baru berupa aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka berbasis komputer atau menggunakan komputer. Dalam tesis ini membahas tentang cara membangun aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka dengan metode ucer centered design. Aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman macromedia flash 8. Metode User Centered Design dapat diterapkan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan desain interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka ini pun telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah membuat siswa lebih mudah belajar, memahami, serta hafalan sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka. Sehingga dengan menggunakan metode User Centered Design yang diterapkan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dapat mempermudah siswa untuk belajar, memahami dan menghafal sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Thasya Thasya Ralenda -
Nama : Thasya Ralenda
NPM : 1913053067
Kelas : 6D

Izin menanggapi, Artikel tersebut memaparkan suatu penelitian merupakan penjelasan tentang hasil akhir yang menguraikan pencapaian dari tujuan penelitian. Dari hasil penulisan dan analisa dari bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan. Adapun kesimpulan- kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Permasalahan belajar sandi morse Pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU).
2. Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer.
3. Aplikasi pembelajaran sandi morse dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash 8 dengan menerapkan metode User Centered Design.
4. Metode User Centered Design bisa diterapkan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik.
5. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik.
6. Penyampaian materi yang telah dikelompokkan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka.
7. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur.
8. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rizki Maulani -
Nama: Rizki Maulani
Npm: 1913053086
Absen: 24

Izin menanggapi, Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka yang telah dirancang merupakan aplikasi komputer, aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka tersebut dapat dijalankan pada komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka menggunakan pemrograman Macromedia Flash 8. Dalam perancangan aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka metode yang digunakan adalah Ucer Centered Design (UCD) untuk proses perancangan desain interaktif yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan siswa, dimana Ucer Centered Design (UCD) sangat berguna dalam menyelesaikan perancangan desain interaktif tersebut.

Jika dulunya gerakan pramuka identik dengan kegiatan baris berbaris, maka sekarang pramuka sudah mulai membentuk gagasan baru bahwa mereka adalah sekelompokpemuda atau pelajar yang belajar untuk mandiri terhadap dirinya sendiri. Salah satu kegiatan penting gerakan pramuka adalah menghafal kode-kode atau biasanya dikenal dengan nama sandi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dhea Rosa Yolanda -
Nama : Dhea Rosa Yolanda
Kelas : Semester 6 D
Npm : 1953053013

Izin menanggapi, kesimpulan dari artikel tersebut yaitu:
1. Permasalahan belajar sandi morse
pramuka selama ini adalah
membosankan dan kurang menarik,
karena media pembelajaran yang
digunakan berupa buku yaitu buku saku
dan buku syarat kecakapan umum
(SKU).
2. Belajar sandi morse pramuka lebih
menyenangkan dan efisien yang mampu
merangsang minat belajar dengan
adanya media pembeljaran berbasis
komputer.
3. Aplikasi pembelajaran sandi morse
dirancang menggunakan bahasa
pemograman Macromedia Flash 8
dengan menerapkan metode User
Centered Design.
4. Metode User Centered Design bisa
diterapakan pada aplikasi pembelajaran
sandi morse dengan design interaktif
yang lebih menarik.
5. Aplikasi pembelajaran sandi morse
pramuka telah diuji pada guru sekolah