Diskusi

Diskusi

Number of replies: 10

Mahasiswa tanggapai diskusi berikut ini.

1. mengapoa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD

2. materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.

3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD

In reply to First post

Re: Diskusi

by ari puspita -
nama : ari Puspita
npm : 1913053109
absen : 5
kelas : 6e
izin menjawab pertanyaan yang telah di berikan,
1. mengala perlu diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di sd? menurut saya karena Melalui pendidikan seni yang diberikan di sekolah, siswa mendapatkan pengalaman keindahan atau estetis. Melalui aktivitas penghayatan, apresiasi, ekspresi, dan kreasi seni di sekolah dasar bisa memberikan pengalaman untuk menumbuhkan sensitivitas keindahan dan nilai seni. selanjutnya, Tujuan pendidikan seni di sekolah adalah agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan.
2. materi apa saja yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di sd? materi yang dapat diberikan kepada.siswa sd adalah Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan
3. bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
jika saya nantinya menjadi guru pendamping ekstrakurikuler seni di sekolah saya mengajar, mungkin ada beberapa cara atau hal yang perku di perhatikan saat mengajar atau mendampingi siswa agar pembelajaran yang saya ajarkan bisa tersampaikan dan kelas menjadi kondusif saat kegiatan belajar.
1.Berikan apresiasi terhadap siswa yang rajin dan semangat belajar terhadap siswa.
2. Menyiapkan materi dengan baik dan lengkap
3. Memilih media dan metode pembelajaran yang sesuai
4. Semangat dalam mengajar, menurut saya sebagai guru harus semangat dalam mengajar hingga pembelajaran pun terasa menyenngkan jika.kita sebgai guru sembagt dalam mengajar
In reply to First post

Re: Diskusi

by Dini Indah Nur'aini -

Nama: Dini Indah Nur'aini

NPM: 1913053120

Kelas: 6E

Izin menanggapi terkait pertanyaan yang telah diajukan. 

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
  • Pendidikan seni di Sekolah Dasar sangatlah penting sebab pendidikan seni merupakan sarana untuk pengembangan kreativitas anak. Melalui pendidikan seni, anak memperoleh pengalaman sensasional dalam diri yang sangat kuat, dari membentuk sesuatu yang mengekspresikan sesuatu tentang dirinya. Melalui pendidikan seni yang diberikan di sekolah, siswa mendapatkan pengalaman keindahan atau estetis, melalui aktivitas penghayatan, apresiasi, ekspresi, dan kreasi seni di sekolah dasar bisa memberikan pengalaman untuk menumbuhkan sensitivitas keindahan dan nilai seni.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD? 
  • Jenis dan kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya:
    1. Seni Musik
    2. Seni Rupa
    3. Teater dan
    4. Seni Tari. 
  • Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD? 
  • Dalam pengajaran pendidikan seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya. Dalam hal ini banyak faktor yang menghambat peserta didik untuk masuk ke dunia seni, salah satu faktornya adalah biaya yang mungkin terbilang mahal. Tetapi dengan adanya pendidikan seni di sekolah, orang tua tidak perlu memikirkan hal tersebut. Untuk itu diperlukan guru yang komunikatif, kreatif dan bersahabat sebagai pengajar dalam kegiatan ekstrakurikuler Seni di SD
In reply to First post

Re: Diskusi

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semester 6B

Izin memberikan jawaban terkait soal dibawah ini.
1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakurikuler bidang seni di SD?
Karena dengan adanya ekstrakurikuler bidang seni di SD dapat menampung minat dan bakat peserta didik yang mengarah pada jiwa seni dan sebagai bekal peserta didik dalam mencapai cita-cita nya dibidang seni.

2. Materi apa sajakah yang tepat bagi ekstrakurikuler bidang seni di SD?
1) Seni Musik : irama, melodi, harmoni, dan bentuk/struktur lagu.
2) Seni Tari : Gerak dasar tari dan pola lantai
3) Seni Rupa : Seni Rupa dus dimensi dan Seni Rupa tiga dimensi
4) Seni teater : teater tradisional dan teater non-tradisional

3. Bagaimana saat menjadi guru dan guru pendamping ekstrakurikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Yaitu dengan melakukan penyeleksian peserta didik berdasarkan jenis bidang seni apa yang lebih dominan, tidak memaksakan peserta didik pada jenis seni yang tidak terlalu dikuasainya. Sehingga peserta dapat berlatih dengan bersungguh-sungguh dan tercipta suasana yang kondusif.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Lulu Nafisa Sani -
Nama : Lulu Nafisa Sani
Npm : 1913053035
Kelas : 6E

1. Menurut saya perlu karena, Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, dan seni rupa. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuh kembangkan kreativitas peserta didik Sekolah Dasar.

2. Menurut saya ada 3 yaitu Seni rupa, mencakup tentang pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik dan apresiasi terhadap gerak tari. Dan Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan, dan, tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari.

3. Bila saya menjadi guru pendamping ekstrakurikuler seni saya akan memberikan pengetahuan yang saya dapat saat menimba ilmu di sekolah dan di perguruan tinggi dan saya akan mencari literatur-literatul agar menambah wawasan saya terhadap seni, dan saya akan mencari tahu bakat dan minat peserta didik saya tentang seni, berapa banyak yang suka seni musik, tari dan rupa, dan setelah itu akan saya berikan materi-materi, dan saya juga akan meminta pihak sekolah untuk memberikan pelatih yang lebih faham. Dan untuk menambah semangat peserta didik dalam menikuti ekstrakurikuler seni ini saya akan mencari informasi lomba, agar manambah pengalaman peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler ini.
In reply to First post

Re: Diskusi

by ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Semester 6B
Izin menjawab,
1. Seni di sekolah dasar sangatlah penting sebab seni merupakan sarana untuk pengembangan kreativitas anak. Melalui seni, anak memperoleh pengalaman sensasional dalam diri yang sangat kuat, dari membentuk sesuatu yang mengekspresikan sesuatu tentang dirinya.

2. 1) Seni Musik : irama, melodi, harmoni, dan bentuk/struktur lagu.
2) Seni Tari : Gerak dasar tari dan pola lantai
3) Seni Rupa : Seni Rupa dus dimensi dan Seni Rupa tiga dimensi
4) Seni teater : teater tradisional dan teater non-tradisional

3. Dalam pengajaran pendidikan seni dibutuhkan seorang pengajar yang komunikator. Dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya. Dalam hal ini banyak faktor yang menghambat peserta didik untuk masuk ke dunia seni, salah satu faktornya adalah biaya yang mungkin terbilang mahal. Tetapi dengan adanya pendidikan seni di sekolah, orang tua tidak perlu memikirkan hal tersebut. Untuk itu diperlukan guru yang komunikatif, kreatif dan bersahabat sebagai pengajar dalam kegiatan ekstrakurikuler Seni di SD.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Asvyatul Mukaromah -
Nama: Asvyatul Mukaromah
NPM: 1913053073
Kelas: 6E

1. Ekstrakurikuler kesenian perlu diciptakan di jenjang Sekolah Dasar untuk m memfasilitasi peserta didik yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni. Jenjang sekolah dasar merupakan tahap dini untuk mulai mengasah kemampuan dan keterampilan peserta didik diluar kemampuan akademik. Hal ini diharapkan mampu menjadi wadah yang menjembatani peserta didik dengan bakat seni nya sehingga dapat mengembangkan kemampuan berkesenian dengan dibantu oleh guru atau ahli seni sehingga dapat berkembang secara optimal.
2. Materi yang terdapat pada kegiatan ekstra kurikuler seni antara lain: Seni musik (musik tradisional dan modern), seni tari (tari tradisional dan modern), seni rupa (dua dimensi seperti lukisan dan tiga dimensi seperti pembuatan gerabah), dan seni teater (teater tradisional dan modern).
3. Ekskul yang kondusif adalah ekstrakurikuler yang dilakukan dengan tahap-tahap yang tepat dan teratur. Artinya ketika melaksanakan kegiatan ekskul maka harus melewati 4 tahap secara berurutan, yakni Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Keempat tahap tersebut harus dilakukan seefektif mungkin. Pengelompokkan ekskul harus benar-benar didasarkan pada minat dan bakat peserta didik artinya bukan keinginan dari pendidik, pembentukan pengurus yang diyakini dapat diberikan tugas dan tanggung jawab dan melaksanakan secara baik, pengorganisasian jadwal yang terstruktur, pengelolaan keuangan yang jelas dan transparan, serta pelaksanaan evaluasi dan pengawasan yang memberikan hasil tindak lanjut sesuai yang dibutuhkan. Terimakasih
In reply to First post

Re: Diskusi

by Eka Wulandari 1913053006 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
Kelas: 6B

Izin memberikan jawaban terkait pertanyaan tersebut,
1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Ekstrakulikuler bidang seni perlu diciptakan, di Sekolah Dasar, karena melalui ekstrakurikuler seni tari diharapkan dapat membentuk nilai karakter terutama nilai karakter bersahabat atau komunikatif terharap siswa SD . Dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari juga banyak mengandung perenungan sehingga siswa lebih peka untuk membedakan sesuatu yang baik maupun buruk, termasuk menerapkan perilaku/ karakter yang baik pula. Selain itu, melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat meningkatkan peran aktif siswa. Peran aktif yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler seni tari untuk membentuk nilai karakter bersahabat di SD adalah kesediaan siswa dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler dengan baik dan benar serta memberikan respon positif terhadap kegiatan ektarukikuler seni yang di ajarkan.

2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Materi yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD yaitu:
1) Seni rupa, dapat mencakup materi pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghaslkan karya seni berupa: lukisan, patung, ukiran, sebagainya.
2) Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik dan sebagainya
3) Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh, apresiasi terhadap gerak tari, dan sebagainya
4) Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya unsur seni musik, seni tari dan seni peran, dan sebagainya.

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Saat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD, agar mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD maka harus menguasai terlebih dahulu bidang seni tersebut atau sebelumnya sudah berpengalaman atau sudah terjun dalam seni serta menjadi pendamping yang komunikator. Sehingga tidak asal asalan dalam mengajarkan seni pada peserta didik. Selain itu juga memberikan bimbingan atau arahan kepada siswa, yaitu memberikan suatu bimbingan kepada siswa tentang bagaimana seharusnya ia bertindak dan mempraktikkan, sehingga siswa lebih termotivasi dan senang. Dengan ini, akan tercipta ekstrakurikuler yang kondusif.

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Suci Wulandari 1913053037 -
Nama : Suci Wulandari
NPM : 1913053037
Absen : 25
Kelas : 6B

Izin menanggapi pertanyaan yang telah diberikan.
1. Ekstrakulikuler bidang seni di SD perlu diadakan karena dengan eksul seni tersebut siswa mendapatkan pengalaman keindahan atau estetis. Melalui aktivitas penghayatan, apresiasi, ekspresi, dan kreasi seni di sekolah dasar bisa memberikan pengalaman untuk menumbuhkan sensitivitas keindahan dan nilai seni. Peserta didik akan lebih mudah menyerap masukan dan saran yang diberikan, kepekaan terhadap alam menjadi lebih baik karena terbiasa membuat sesuatu yang indah, memberikan kesenangan dan dapat membantu peserta didik mempelajari berbagai ketrampilan yang perlu dikuasai dengan bakat mereka, membantu mengekspresikan dan mengembangkan kreativitasnya dengan bebas, mampu mengendalikan emosi perasaan sedih atau senang melalui karya seni yang mereka hasilkan, dan imajinasi lebih berkembang.

2. Materi yang tepat bagi ekstrakulikuler seni di SD yaitu sesuai dengan materi SBdP yang diajarkan seperti seni rupa, seni tari, musik, seni teater.

3. Jika saya menjadi guru ekstrakulikuler seni di SD maka akan membuat materi yang jelas dan sesuai tujuan yang ingin dicapai, serta menyiapkan rencana pelaksanaan ekskul dengan sebaik-baiknya.

Sekian tanggapan saya, terima kasih.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Kelas : 6B
Absen : 26

Izin menjawab forum diskusi atas pertanyaan tersebut.

1. Sebagai unsur budaya, seni hadir atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik lahir maupun batin. Sebuah unsur budaya akan tetap terpelihara keberadaannya jika unsur budaya tersebut masih berfungsi dalam kehidupan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dalam menikmati keindahan bentuk. Oleh karena itu pentingnya seni pada sekolah dasar. Tujuan pendidikan seni di sekolah adalah agar siswa mendapatkan pengalaman dalam berkarya, pengalaman dalam menciptakan konsep karya, pengalaman berestetika dan pengalaman untuk merasakan fungsi pendidikan seni bagi kehidupan. Selain itu, melalui pendidikan seni yang diberikan di sekolah, siswa mendapatkan pengalaman keindahan atau estetis. Melalui aktivitas penghayatan, apresiasi, ekspresi, dan kreasi seni di sekolah dasar bisa memberikan pengalaman untuk menumbuhkan sensitivitas keindahan dan nilai seni.
2. Pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni bagi peserta didik. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan. Materi seni yang tepat bagi sekolah dasar seperti seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi, tarian dari berbagai daerah, menggambar, mekrame, meronce, membutsir, mozaik, montase, dan kolase.
3. Menurut saya dalam menciptakan kondisi ekstrakurikuler yang kondusif yaitu dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan bagi siswa dan dapat dikuasai oleh guru beserta siswa. Selain itu, saya bisa memanfaatkan media untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu keadaan kondusif.

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Diskusi

by Dina Rahmawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
NPM : 1913053025
Kelas : 6B

1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Jawaban : Karena dengan adanya pendidikan seni di sekolah SD/MI akan banyak sekali manfaat untuk pengembangan atau pola pikir pada peserta didik. Selain itu, pendidikan seni juga memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada peserta didik, karena seni memberi kesempatan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu yang berunsurkan keindahan. Seni diungkapkan dalam bentuk visualisasi karya.

2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD.
Jawaban : Materi ekstrakurikuler kesenian di SD yaitu : Seni Musik ( bernyanyi dan bermain alat musik), seni tari ( tari tradisi dan tari kreasi), seni rupa ( menggambar dan membentuk), seni teater ( teater tutur, teater gerak, teater boneka, teater drama dan drama musikal).

3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD
Jawaban : Mungkin sekolah bisa memberikan ekstrakulikuler setiap minggunya, dan diajar oleh guru yang sudah berpengalaman atau yang sudah terjun dalam seni. Sekalipun belum berpengalaman, ada baiknya guru terus meningkatkan kemampuan agar mampu menjadi guru pendamping ekstrakurikuler SD. Sehingga tidak menyebabkan asal-asalan dalam mengajarkan pendidikan seni pada peserta didik. Dari ekstrakulikuler tersebut sudah cukup untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik. Selain itu, dalam ekstrakulikuler di sekolah ini juga dapat meringankan beban orang tua yang kekurangan biaya untuk mengikutkan anaknya masuk ke dalam sanggar seni.

Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh