Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
Kelas: 6B
Izin memberikan jawaban terkait pertanyaan tersebut,
1. Mengapa perlu diciptakan ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Ekstrakulikuler bidang seni perlu diciptakan, di Sekolah Dasar, karena melalui ekstrakurikuler seni tari diharapkan dapat membentuk nilai karakter terutama nilai karakter bersahabat atau komunikatif terharap siswa SD . Dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari juga banyak mengandung perenungan sehingga siswa lebih peka untuk membedakan sesuatu yang baik maupun buruk, termasuk menerapkan perilaku/ karakter yang baik pula. Selain itu, melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat meningkatkan peran aktif siswa. Peran aktif yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler seni tari untuk membentuk nilai karakter bersahabat di SD adalah kesediaan siswa dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler dengan baik dan benar serta memberikan respon positif terhadap kegiatan ektarukikuler seni yang di ajarkan.
2. Materi apasajakah yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD?
Materi yang tepat bagi ekstrakulikuler bidang seni di SD yaitu:
1) Seni rupa, dapat mencakup materi pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghaslkan karya seni berupa: lukisan, patung, ukiran, sebagainya.
2) Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik dan sebagainya
3) Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh, apresiasi terhadap gerak tari, dan sebagainya
4) Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya unsur seni musik, seni tari dan seni peran, dan sebagainya.
3. Bagaimana kalian nantinya disaat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD?
Saat menjadi guru dan menjadi guru pendamping ekstrakulikuler seni di SD, agar mampu menciptakan ekskul yang kondusif bagi siswa siswi SD maka harus menguasai terlebih dahulu bidang seni tersebut atau sebelumnya sudah berpengalaman atau sudah terjun dalam seni serta menjadi pendamping yang komunikator. Sehingga tidak asal asalan dalam mengajarkan seni pada peserta didik. Selain itu juga memberikan bimbingan atau arahan kepada siswa, yaitu memberikan suatu bimbingan kepada siswa tentang bagaimana seharusnya ia bertindak dan mempraktikkan, sehingga siswa lebih termotivasi dan senang. Dengan ini, akan tercipta ekstrakurikuler yang kondusif.
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.