Mahasiswa berikan tanggapan terkait materi artikel pada pertemuan 1. berikan tanggapan kalian dalam forum diskusi berikut ini.
Forum Diskusi 1
nama : ari puspita
npm : 1913053109
kelas : 6e
izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di berikan saya sependapat bahwa ekstrakurikuler menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler
mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan,
serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan
pembentukan kepribadian para siswa.
sangat setuju juga bahwa di setiap jenjang sekolah terutama pada tingkat sekolah dasar, haruslah dikembangkan kegiatan ekstrakurikuler disekolah. karena dengan adanya ekstrakulikuler yang berkembang di sekolah, siswa mampu berorganisasi dan berkomunikasi dengan baik, serta dapat mengembangkan minat dan bakat siswa sejak dini.
npm : 1913053109
kelas : 6e
izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di berikan saya sependapat bahwa ekstrakurikuler menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler
mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan,
serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan
pembentukan kepribadian para siswa.
sangat setuju juga bahwa di setiap jenjang sekolah terutama pada tingkat sekolah dasar, haruslah dikembangkan kegiatan ekstrakurikuler disekolah. karena dengan adanya ekstrakulikuler yang berkembang di sekolah, siswa mampu berorganisasi dan berkomunikasi dengan baik, serta dapat mengembangkan minat dan bakat siswa sejak dini.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Semester 6B
Izin menanggapi materi hari ini,
Di Indonesia, kegiatan ekstra kurikuler sekolah bukanlah sesuatu yang baru. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Di tingkat sekolah dasar pada umumnya jenis ekstra kurikuler yang dilakukan adalah kegiatan pramuka. Kegiatan ekstra kurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Sebagai bagian dari pendidikan maka kebijakan mengenai kegiatan ekstra kurikuler merupakan bagian dari kebijakan departemen pendidikan nasional yang sebelum era reformasi disebut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ekstra kurikulerpada masa itu dilakukan dengan berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Dinyatakan bahwa kegiatan ekstra kurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan disamping jalur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), latihan kepemimpinan dan wawasan wiyatamandala. Berdasarkan kedua Surat Keputusan tersebut ditegaskan pula bahwa ekstra kurikuler sebagai bagian dari kebijaksanaan pendidikan secara menyeluruh yang mempunyai tugas pokok : 1. Memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa 2. Mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran 3. Menyalurkan bakat dan minat 4. Melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. (Depdikbud, 1998). Untuk mendukung terlaksananya program ekstra kurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstra kurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan. Agar pelaksanaan program ekstra kurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan melaksanakan ekstra kurikuler sesuai dengan tujuan.
Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Semester 6B
Izin menanggapi materi hari ini,
Di Indonesia, kegiatan ekstra kurikuler sekolah bukanlah sesuatu yang baru. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Di tingkat sekolah dasar pada umumnya jenis ekstra kurikuler yang dilakukan adalah kegiatan pramuka. Kegiatan ekstra kurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Sebagai bagian dari pendidikan maka kebijakan mengenai kegiatan ekstra kurikuler merupakan bagian dari kebijakan departemen pendidikan nasional yang sebelum era reformasi disebut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ekstra kurikulerpada masa itu dilakukan dengan berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Dinyatakan bahwa kegiatan ekstra kurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan disamping jalur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), latihan kepemimpinan dan wawasan wiyatamandala. Berdasarkan kedua Surat Keputusan tersebut ditegaskan pula bahwa ekstra kurikuler sebagai bagian dari kebijaksanaan pendidikan secara menyeluruh yang mempunyai tugas pokok : 1. Memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa 2. Mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran 3. Menyalurkan bakat dan minat 4. Melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. (Depdikbud, 1998). Untuk mendukung terlaksananya program ekstra kurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstra kurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan. Agar pelaksanaan program ekstra kurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan melaksanakan ekstra kurikuler sesuai dengan tujuan.
Sekian, terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Alfiza Fauziah
Npm : 1913053107
No. Absen : 2
Kelas : semester 6 E
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di paparkan saya sependapat bahwa jika kegiatan ekstrakulikuler harus diadakan, hal tersebut karena kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak memiliki manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. Selain itu Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.
Npm : 1913053107
No. Absen : 2
Kelas : semester 6 E
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di paparkan saya sependapat bahwa jika kegiatan ekstrakulikuler harus diadakan, hal tersebut karena kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak memiliki manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. Selain itu Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.
Nama : Intannia Putri
Npm : 1913053084
Kelas : 6E
Izin menanggapi terkait materi artikel pada pertemuan satu saya sependapat bahwasannya ektrakulikuler itu ada di semua jenjang mulai dari SD sampai perguruan tinggi, yang dimana ekstrakulikuler ini Bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa, yang dimana nantinya siswa mengembangkan kemampuan yang ia miliki , dengan adanya ekrakulikulir siswa dapat belajar banyak hal terutama pengembangan diri, tidak hanya belajar di bidang akademik saja namun siswa juga harus berkembang dalam bidang non akademik
Npm : 1913053084
Kelas : 6E
Izin menanggapi terkait materi artikel pada pertemuan satu saya sependapat bahwasannya ektrakulikuler itu ada di semua jenjang mulai dari SD sampai perguruan tinggi, yang dimana ekstrakulikuler ini Bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa, yang dimana nantinya siswa mengembangkan kemampuan yang ia miliki , dengan adanya ekrakulikulir siswa dapat belajar banyak hal terutama pengembangan diri, tidak hanya belajar di bidang akademik saja namun siswa juga harus berkembang dalam bidang non akademik
Nama : Sekar Wulan Sari
Npm : 1913053080
Kelas : 6E
No Ab : 25
Izin memberi tanggapan terkait materi artikel pertemuan 1 tentang Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar
Kebijakan dan Aktualisasinya Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , danformat kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan disekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater,dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ,secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan,pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Pada tingkat SMP dan SMA, kegiatan ekstrakurikuler berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya pramuka tetapi meliputi kegiatan-kegiatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah, Kegiatan Seni, Patroli Keamanan Sekolah dan Kegiatan Olahraga. Para siswa umumnya ikut dalam salah satu ektra kurikuler tersebut bahkan ada yang mengikuti dua kegiatan sekaligus. Kegiatan ekstrakurikuler dikoordinasikan oleh sekolah dan dibimbing oleh guru maupun tenaga yang dikelola sekolah. Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut.
Npm : 1913053080
Kelas : 6E
No Ab : 25
Izin memberi tanggapan terkait materi artikel pertemuan 1 tentang Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar
Kebijakan dan Aktualisasinya Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , danformat kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan disekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater,dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ,secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan,pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Pada tingkat SMP dan SMA, kegiatan ekstrakurikuler berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya pramuka tetapi meliputi kegiatan-kegiatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah, Kegiatan Seni, Patroli Keamanan Sekolah dan Kegiatan Olahraga. Para siswa umumnya ikut dalam salah satu ektra kurikuler tersebut bahkan ada yang mengikuti dua kegiatan sekaligus. Kegiatan ekstrakurikuler dikoordinasikan oleh sekolah dan dibimbing oleh guru maupun tenaga yang dikelola sekolah. Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut.
Nama: Asvyatul Mukaromah
NPM: 1923053073
Kelas: 6E
Izin berpendapat Pak, berdasarkan artikel yang termuat pada pertemuan 1, saya setuju bahwa sudah seyogyanya terdapat kegiatan positif diluar jam pelajaran di kelas untuk memberikan wadah peserta didik dalam mencari pengalaman-pengalaman baru yang mereka dapatkan dari kegiatan ekstrakurikuler. Khusus nya untuk so
Siswa Sekolah Dasar, dimana usia dengan rasa penasaran yang besar akan suatu hal baru. Disamping itu, kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, UKS, atau PMR dan UKM lainnya pada jenjang yang lebih tinggi dapat berfungsi untuk membentuk watak kepribadian yang bertanggung jawab dan memiliki rasa percaya diri yang baik.
Namun, tujuan-tujuan dari adanya ekstrakurikuler tersebut tidak dapat tercapai tanpa kerja keras seluruh elemen untuk menciptakan kegiatan yang bermakna dan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Jika belajar di kelas memberikan pengetahuan secara akademik, maka ekstrakurikuler atau kegiatan di luar kelas harus berfungsi untuk membentuk kepribadian yang positif bagi setiap peserta didik. Terimakasih.
NPM: 1923053073
Kelas: 6E
Izin berpendapat Pak, berdasarkan artikel yang termuat pada pertemuan 1, saya setuju bahwa sudah seyogyanya terdapat kegiatan positif diluar jam pelajaran di kelas untuk memberikan wadah peserta didik dalam mencari pengalaman-pengalaman baru yang mereka dapatkan dari kegiatan ekstrakurikuler. Khusus nya untuk so
Siswa Sekolah Dasar, dimana usia dengan rasa penasaran yang besar akan suatu hal baru. Disamping itu, kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, UKS, atau PMR dan UKM lainnya pada jenjang yang lebih tinggi dapat berfungsi untuk membentuk watak kepribadian yang bertanggung jawab dan memiliki rasa percaya diri yang baik.
Namun, tujuan-tujuan dari adanya ekstrakurikuler tersebut tidak dapat tercapai tanpa kerja keras seluruh elemen untuk menciptakan kegiatan yang bermakna dan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Jika belajar di kelas memberikan pengetahuan secara akademik, maka ekstrakurikuler atau kegiatan di luar kelas harus berfungsi untuk membentuk kepribadian yang positif bagi setiap peserta didik. Terimakasih.
Nama : Sri Munjiati
Npm : 1913053078
Kelas : Semester 6E
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di berikan saya sependapat bahwa kegiatan ekstrakurikuler harus ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar usia 4 sampai 6 tahun, sekolah menengah tingkat pertama
dan atas sampai akademik dan universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Npm : 1913053078
Kelas : Semester 6E
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel yang telah di berikan saya sependapat bahwa kegiatan ekstrakurikuler harus ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar usia 4 sampai 6 tahun, sekolah menengah tingkat pertama
dan atas sampai akademik dan universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
No Absen : 26
Semester : 6B
Izin memberi tanggapan menngenai artikel yang sudah tersedia.
Saya sependapat dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari jenjang SD-Perguruan tinggi. Hal ini karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan. Selain itu, terdapat manfaat kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang. Seperti pendidikan kewarganegaraan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada kesamaannya didalam membangun karakter warga negara.
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
No Absen : 26
Semester : 6B
Izin memberi tanggapan menngenai artikel yang sudah tersedia.
Saya sependapat dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari jenjang SD-Perguruan tinggi. Hal ini karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan. Selain itu, terdapat manfaat kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang. Seperti pendidikan kewarganegaraan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada kesamaannya didalam membangun karakter warga negara.
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Adel Lita Sekar Rini
NPM: 1913053101
No. Absen: 01
Semester 6B
Izin menanggapi.
Kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan, serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan pembentukan kepribadian para siswa.
Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar memiliki fungsi sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik. Kemudian dalam sosial, yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Adel Lita Sekar Rini
NPM: 1913053101
No. Absen: 01
Semester 6B
Izin menanggapi.
Kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan, serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan pembentukan kepribadian para siswa.
Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar memiliki fungsi sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik. Kemudian dalam sosial, yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Devi Kusuma Wati
Npm : 1913053099
Semester 6E
Izin menanggapi sekaligus mengulas kembali materi yang sudah bapak berikan.
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di
sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ,
secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Pendidikan kewarganegaraan memiliki kaitan erat dengan kegiatan ekstrakurikuler sebab keduanya memiliki tugas mengembangkan karakter warga negara muda. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler
adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang
pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler, gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
Terima Kasih
Npm : 1913053099
Semester 6E
Izin menanggapi sekaligus mengulas kembali materi yang sudah bapak berikan.
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di
sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler ,
secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Pendidikan kewarganegaraan memiliki kaitan erat dengan kegiatan ekstrakurikuler sebab keduanya memiliki tugas mengembangkan karakter warga negara muda. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler
adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang
pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler, gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
Terima Kasih
Nama : Yoja Asti Fahliza
NPM : 1913053127
Absen : 28
Kelas : 6B
Izin menjawab, saya setuju
Bahwa ekstrakurikuler memang penting untuk dilaksanakan/diadakan dalam rangka mengembangkan dan pemantapan pembentukan kepribadian siswa. Tidak hanya di jenjang SD saja namun di semua jejang menurut saya perlu diadakan ekstrakrikuler yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, kepribadian dan melatih mental siswa dalam bersosialisasi.
Namun demikian, kegiatan ektrakurikuler tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama yang baik dari semua pihak terkait. Oleh karena itu, dalam kegiatan ekstrakurikuler perlu ada kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait.
NPM : 1913053127
Absen : 28
Kelas : 6B
Izin menjawab, saya setuju
Bahwa ekstrakurikuler memang penting untuk dilaksanakan/diadakan dalam rangka mengembangkan dan pemantapan pembentukan kepribadian siswa. Tidak hanya di jenjang SD saja namun di semua jejang menurut saya perlu diadakan ekstrakrikuler yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, kepribadian dan melatih mental siswa dalam bersosialisasi.
Namun demikian, kegiatan ektrakurikuler tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama yang baik dari semua pihak terkait. Oleh karena itu, dalam kegiatan ekstrakurikuler perlu ada kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semester : 6B
Izin memberikan tanggapan terkait materi pertemuan 1.
Berdasarkan artikel pada pertemuan 1 yang telah saya baca, adanya kebijakan dan aktualisasi ekstrakurikuler di sekolah dasar memang sangat diperlukan. Kebijakan yang ada pada ekstrakurikuler sekolah dasar berupa petunjuk dan pedoman yang perlu diperhatikan, baik itu menyangkut materi maupun kegiatannya. Adanya kebijakan tersebut diharapan ekstrakurikuler di sekolah dasar dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Panduan mengenai kegiatan ekstrakurikuler terdapat dalam Lampiran Standar Isi berdasar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas No 22 tahun 2006). Dalam Lampiran Standar Isi baik untuk tingkat SD, SMP dan SMA dinyatakan bahwa struktur kurikulum terdiri atas 3 komponen yaitu komponen mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Secara hierarkis kebijakan ekstrakurikuler meliput Uu No 20 th 2003, PP No 19 th 2005, Permendiknas No 22 Tahun 2006 tt SI, Lampiran Standar Isi, Struktur Kurikulum, Komponen Pengembangan Diri, dan Kegiatan Terprogram, secara berurutan.
Sedangkan, aktualisasi atau pelaksanaan Ekstrakurikuler di Sekolah yaitu kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah dan dilakukan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, untuk membantu mengembangkan potensi dan bakat peserta didik diluar bidang akademik. Adanya visi-misi ekstrakurikuler, prinsip ekstrakurikuler, banyaknya jenis ekstrakurikuler, dan format individu maupun kelompok pada kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian dari terlaksana nya ekstrakurikuler di sekolah.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semester : 6B
Izin memberikan tanggapan terkait materi pertemuan 1.
Berdasarkan artikel pada pertemuan 1 yang telah saya baca, adanya kebijakan dan aktualisasi ekstrakurikuler di sekolah dasar memang sangat diperlukan. Kebijakan yang ada pada ekstrakurikuler sekolah dasar berupa petunjuk dan pedoman yang perlu diperhatikan, baik itu menyangkut materi maupun kegiatannya. Adanya kebijakan tersebut diharapan ekstrakurikuler di sekolah dasar dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Panduan mengenai kegiatan ekstrakurikuler terdapat dalam Lampiran Standar Isi berdasar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas No 22 tahun 2006). Dalam Lampiran Standar Isi baik untuk tingkat SD, SMP dan SMA dinyatakan bahwa struktur kurikulum terdiri atas 3 komponen yaitu komponen mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Secara hierarkis kebijakan ekstrakurikuler meliput Uu No 20 th 2003, PP No 19 th 2005, Permendiknas No 22 Tahun 2006 tt SI, Lampiran Standar Isi, Struktur Kurikulum, Komponen Pengembangan Diri, dan Kegiatan Terprogram, secara berurutan.
Sedangkan, aktualisasi atau pelaksanaan Ekstrakurikuler di Sekolah yaitu kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah dan dilakukan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, untuk membantu mengembangkan potensi dan bakat peserta didik diluar bidang akademik. Adanya visi-misi ekstrakurikuler, prinsip ekstrakurikuler, banyaknya jenis ekstrakurikuler, dan format individu maupun kelompok pada kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian dari terlaksana nya ekstrakurikuler di sekolah.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Maydhea priska ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21
Kelas: Semester 6B
Izin menanggapi, menurut pendapat saya terkait dengan artikel yang sudah tersedia, saya sependapat bahwasannya ektrakulikuler itu ada di semua jenjang mulai dari SD sampai perguruan tinggi, yang dimana ekstrakulikuler ini Bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa, yang dimana nantinya siswa mengembangkan kemampuan yang ia miliki , dengan adanya ekrakulikulir siswa dapat belajar banyak hal terutama pengembangan diri, tidak hanya belajar di bidang akademik saja namun siswa juga harus berkembang dalam bidang non akademik, Adapun kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang. Seperti pendidikan kewarganegaraan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada kesamaannya didalam membangun karakter warga negara yang terdapat aspek psikomotorik dan aspek afektif.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Nama: Maydhea priska ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21
Kelas: Semester 6B
Izin menanggapi, menurut pendapat saya terkait dengan artikel yang sudah tersedia, saya sependapat bahwasannya ektrakulikuler itu ada di semua jenjang mulai dari SD sampai perguruan tinggi, yang dimana ekstrakulikuler ini Bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan siswa, yang dimana nantinya siswa mengembangkan kemampuan yang ia miliki , dengan adanya ekrakulikulir siswa dapat belajar banyak hal terutama pengembangan diri, tidak hanya belajar di bidang akademik saja namun siswa juga harus berkembang dalam bidang non akademik, Adapun kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang. Seperti pendidikan kewarganegaraan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada kesamaannya didalam membangun karakter warga negara yang terdapat aspek psikomotorik dan aspek afektif.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
Semester : 6 B
Izin menanggapi terkait materi pertemuan 1
Berdasarkan artikel yang telah disajikan saya berpendapat bahwa untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya
menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu
diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil
yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini
dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala
sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
Semester : 6 B
Izin menanggapi terkait materi pertemuan 1
Berdasarkan artikel yang telah disajikan saya berpendapat bahwa untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya
menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu
diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil
yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini
dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala
sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Devita Auliya
Npm: 191305310
No. Absen: 07
Npm: 191305310
No. Absen: 07
Semester 6B
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah diberikan. Berdasarkan artikel yang tersedia, saya sependapat bahwasannya untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Dan juga agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan. Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya
Sekian, Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menyampaikan pendapat terkait artikel yang telah diberikan. Berdasarkan artikel yang tersedia, saya sependapat bahwasannya untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Dan juga agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan. Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya
Sekian, Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Fatma Trisnawati
NPM: 1913053018
No. Absen: 12
Semester 6B
Izin menanggapi materi hari ini,
Pendidikan kewarganegaraan dan kegiatan ekstrakurikuler berjalan seiring dalam kerangka membangun karakter atau watak warga negara muda. Pendidikan kewarganegaraan dan kegiatan ekstrakurikuler bertemu pada kesamaan mengembangkan karakter warga negara muda.
Manfaat kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang.
Para politisi dan negarawan besar pada umumnya adalah mereka ketika menjadi siswa danmahasiswa terlibat aktif adalah kegiatan ekstrakurikuler
Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Nama: Fatma Trisnawati
NPM: 1913053018
No. Absen: 12
Semester 6B
Izin menanggapi materi hari ini,
Pendidikan kewarganegaraan dan kegiatan ekstrakurikuler berjalan seiring dalam kerangka membangun karakter atau watak warga negara muda. Pendidikan kewarganegaraan dan kegiatan ekstrakurikuler bertemu pada kesamaan mengembangkan karakter warga negara muda.
Manfaat kegiatan ekstrakurikuler pada sisi pengembangan karakter siswa selaku warga negara muda telah diakui dan terbukti dari banyak contoh kegiatan maupun dari pengalaman hidup seseorang.
Para politisi dan negarawan besar pada umumnya adalah mereka ketika menjadi siswa danmahasiswa terlibat aktif adalah kegiatan ekstrakurikuler
Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Suci Wulandari
NPM : 1913053037
Semester 6B
Izin menanggapi artikel pertemuan 1. Dalam artikel tersebut membahas mengenai kebijakan yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan ekstrakurikuler dan aktualisasinya. Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003, PP No. 19 Tahun 2005, Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI, dimana dalam kebijakan tersebut menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen pengembangan diri. Terdapat berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada, kegiatan ekstrakurikuler juga berkaitan erat dengan pendidikan kewarganegaraan guna mengembangkan karakter. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa ekstrakurikuler sangat diperlukan untuk pengembangan diri, aktualisasi potensi siswa dalam mencapai prestasi unggulan sesuai bakat dan minat, dan menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yg baik.
Sekian tanggapan dari saya. Terima kasih.
Nama : Suci Wulandari
NPM : 1913053037
Semester 6B
Izin menanggapi artikel pertemuan 1. Dalam artikel tersebut membahas mengenai kebijakan yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan ekstrakurikuler dan aktualisasinya. Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003, PP No. 19 Tahun 2005, Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI, dimana dalam kebijakan tersebut menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen pengembangan diri. Terdapat berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada, kegiatan ekstrakurikuler juga berkaitan erat dengan pendidikan kewarganegaraan guna mengembangkan karakter. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa ekstrakurikuler sangat diperlukan untuk pengembangan diri, aktualisasi potensi siswa dalam mencapai prestasi unggulan sesuai bakat dan minat, dan menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yg baik.
Sekian tanggapan dari saya. Terima kasih.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Semester : 6 B
Izin menanggapi artikel terkait dasar kebijakan dan aktualisasi ekstrakulikuler di sekolah.
Pada era sekarang kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Lampiran Standar Isi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan tersebut menyebutkan perlunya Pengembangan Diri sebagai salah satu komponen dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pengembangan potensi diri siswa dapat dilakukan melalui pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan.
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Semester : 6 B
Izin menanggapi artikel terkait dasar kebijakan dan aktualisasi ekstrakulikuler di sekolah.
Pada era sekarang kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Lampiran Standar Isi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan tersebut menyebutkan perlunya Pengembangan Diri sebagai salah satu komponen dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pengembangan potensi diri siswa dapat dilakukan melalui pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan.
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Heni Afirika Sari
NPM : 1913053057
Kelas : 6B
assalamaualakum warahmatullahi wabarakatuh
izin saya berpendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel diatas saya setuju dengan pemdapat yangdisampaikan pada artikel diatas bahwasannya ekstrakurikuler menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan, serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan pembentukan kepribadian para siswa. Sejatinya ekstrakulikulertlah ada dan berkembang sejak dulu, dengan berkembangnya jaman semakin banyak ekstrakulikuler yang ada disetiap sekolah. Ekstrakulikuler dijadikan sebagai wadah dalam pengembangan karakter anak kearah yang lebih baik. Ekstrakulikuler juga merupakan suatu proses yang sistematis dan sadar dalam membudayakan anak muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya kelas.
Sekian Terimakasih
NPM : 1913053057
Kelas : 6B
assalamaualakum warahmatullahi wabarakatuh
izin saya berpendapat terkait artikel yang telah di berikan, berdasarkan artikel diatas saya setuju dengan pemdapat yangdisampaikan pada artikel diatas bahwasannya ekstrakurikuler menekankan bahwa kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada mata pelajaran dalam rangka pengayaan dan perbaikan, serta dalam usaha pembinaan manusia atau upaya pemantapan pembentukan kepribadian para siswa. Sejatinya ekstrakulikulertlah ada dan berkembang sejak dulu, dengan berkembangnya jaman semakin banyak ekstrakulikuler yang ada disetiap sekolah. Ekstrakulikuler dijadikan sebagai wadah dalam pengembangan karakter anak kearah yang lebih baik. Ekstrakulikuler juga merupakan suatu proses yang sistematis dan sadar dalam membudayakan anak muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya kelas.
Sekian Terimakasih
Nama : Diah Ayu Kumalasari
NPM : 1913053058
Kelas : 6E
Izin memberi tanggapan mengenai artikel pada pertemuan 1 yaitu tentang Ekstrakurikuler di Sekolah :
Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya
Saya berpendapat bahwa ekstrakulikuler yang dilakukan pada sekolah dasar pada umumnya hanya kegiatan Pramuka. Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA jenis kegiatan dalam ekstrakulikuler semakin bertambah. Dan ekstrakulikuler yang lebih beragam terdapat pada perguruan tinggi. Ekstrakulikuler dilakukan dengan memperhatikan kebijakan-kebijakan tentang kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Beberapa jenis ekstrakurikuler (eskul) yang secara merata ada di
sekolah baiasanya eskul pramuka, eskul olahraga, eskul seni. Eskul
pramuka telah dimulai di tingkat SD untuk siswa klas 3, 4 , 5 dan 6. kegiatan ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat yang baik bagi peserta didik yaitu memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa, dalam arti
memperkaya, mempertajam, serta memperbaiki pengetahuan para
siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program
kurikulum yang ada.
2) melengkapi upaya pembinaan, pemantapan dan pembentukan nilainilai kepribadian para siswa
3) membina serta meningkatkan bakat, minat dan keterampilan, dan hasil
yang diharapkan ialah untuk memacu anak ke arah kemampuan
mandiri, percaya diri dan kreatif.
NPM : 1913053058
Kelas : 6E
Izin memberi tanggapan mengenai artikel pada pertemuan 1 yaitu tentang Ekstrakurikuler di Sekolah :
Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya
Saya berpendapat bahwa ekstrakulikuler yang dilakukan pada sekolah dasar pada umumnya hanya kegiatan Pramuka. Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA jenis kegiatan dalam ekstrakulikuler semakin bertambah. Dan ekstrakulikuler yang lebih beragam terdapat pada perguruan tinggi. Ekstrakulikuler dilakukan dengan memperhatikan kebijakan-kebijakan tentang kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Beberapa jenis ekstrakurikuler (eskul) yang secara merata ada di
sekolah baiasanya eskul pramuka, eskul olahraga, eskul seni. Eskul
pramuka telah dimulai di tingkat SD untuk siswa klas 3, 4 , 5 dan 6. kegiatan ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat yang baik bagi peserta didik yaitu memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa, dalam arti
memperkaya, mempertajam, serta memperbaiki pengetahuan para
siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program
kurikulum yang ada.
2) melengkapi upaya pembinaan, pemantapan dan pembentukan nilainilai kepribadian para siswa
3) membina serta meningkatkan bakat, minat dan keterampilan, dan hasil
yang diharapkan ialah untuk memacu anak ke arah kemampuan
mandiri, percaya diri dan kreatif.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Zahrah Khoirina Sa'ada
NPM : 1913053136
Semester : 6B
Izin menanggapi terkait artikel pada pertemuan pertama.
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran baik dilaksankan disekolah maupun diluar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliknya dari berbagai bidang studi.
Komponen kegiatan ektrakurikuler meliputi: visi dan misi ekstrakurikuler, fungsi dan manfaat ekstrakurikuler, tujuan ekstrakurikuler, jenis kegiatan ekstrakurikuler, dan pihak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler telah diatur dalam Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 yang bertujuan sebagai berikut: “Kegiatan Ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.”
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Zahrah Khoirina Sa'ada
NPM : 1913053136
Semester : 6B
Izin menanggapi terkait artikel pada pertemuan pertama.
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran baik dilaksankan disekolah maupun diluar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliknya dari berbagai bidang studi.
Komponen kegiatan ektrakurikuler meliputi: visi dan misi ekstrakurikuler, fungsi dan manfaat ekstrakurikuler, tujuan ekstrakurikuler, jenis kegiatan ekstrakurikuler, dan pihak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler telah diatur dalam Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 yang bertujuan sebagai berikut: “Kegiatan Ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.”
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
6B
Menurut saya mengapa pengembangan ekstrakurikuler di SD itu penting, karena pengembangan ekstrakurikuler ini dapat memberikan banyak sekali pengalaman, Disisi lain juga ekstrakurikuler ini juga Anak dapat mengembangkan bakat serta supaya anak lebih percaya diri lagi.
Npm : 1953053014
6B
Menurut saya mengapa pengembangan ekstrakurikuler di SD itu penting, karena pengembangan ekstrakurikuler ini dapat memberikan banyak sekali pengalaman, Disisi lain juga ekstrakurikuler ini juga Anak dapat mengembangkan bakat serta supaya anak lebih percaya diri lagi.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
Nama : Rizky Fadila Fitriani
NPM : 1813053123
Kelas : Semester 6B
Mohon izin untuk memberikan tanggapan terkait artikel di atas yang berjudul “Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya”.
Mohon izin untuk memberikan tanggapan terkait artikel di atas yang berjudul “Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya”.
Menurut saya, kegiatan
ekstrakurikuler atau disingkat eskul ini merupakan program kurikuler di sekolah
yang sangat direkomedasikan untuk diikuti oleh seluruh peserta didik. Sebagaimana
berdasarkan kebijakan dalam lampiran Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang
Standar Isi yang menyebutkan bahwa Pengembangan Diri sebagai salah satu
komponen dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Pengembangan potensi diri siswa dapat dilakukan melalui pelayanan konseling dan
kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu menurut saya, dengan peserta didik
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan banyak manfaat seperti ilmu
baru, pengalaman baru, pertemanan semakin meluas, dan banyak manfaat lainnya.
Sekian tanggapan dari saya, terimkasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
Kelas: 6B
Izin memberikan tanggapan terkait materi artikel pada pertemuan 1
Berdasarkan artikel pada pertemuan 1 yang telah saya baca, mengenai peranan kegiatan ekstrakurikuler. Peranan kegiatan ekstrakurikuler sangat penting, seperti yang telah disebutkan bahwa ekstrakurikuler sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan mempunyai peran utama diantaranya yaitu, memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam, serta memperbaiki pengetahuan para siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. Kegiatan ekstrakurikuler termasuk bagian dari komponen pengembangan diri dalam struktur kurikulum tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Saya sependapat bahwa kegiatan ekstrakurikuler disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas, hal ini karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
Kelas: 6B
Izin memberikan tanggapan terkait materi artikel pada pertemuan 1
Berdasarkan artikel pada pertemuan 1 yang telah saya baca, mengenai peranan kegiatan ekstrakurikuler. Peranan kegiatan ekstrakurikuler sangat penting, seperti yang telah disebutkan bahwa ekstrakurikuler sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan mempunyai peran utama diantaranya yaitu, memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam, serta memperbaiki pengetahuan para siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. Kegiatan ekstrakurikuler termasuk bagian dari komponen pengembangan diri dalam struktur kurikulum tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Saya sependapat bahwa kegiatan ekstrakurikuler disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas, hal ini karena kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Dini Indah Nur'aini
NPM: 1913053120
Kelas: Semester 6E
Izin menanggapi terkait artikel yang Bapak Berikan.
Saya sangat setuju dengan isi dalam artikel, namun ada sedikit koreksi pada bagian ekstrakurikuler Pramuka. Ekstrakurikuler Pramuka saat ini memang merata untuk kalangan SD, SMP dan sederat, SMA sederajat dan bahkan hingga Perguruan Tinggi yang notabene semua beranggapan bahwa Pramuka itu Wajib layaknya yang pernah di galakkan pada kepemerintahan Orde Baru yang di pimpin oleh Bapak Suharto. Koreksi dari saya adalah Ekstrakurikuler Pramuka yang ada di SD bukan hanya dimulai dari kelas 3,4,5 dan 6 saja melainkan juga dimulai dari kelas 1. Jadi untuk kegiatan Pramuka saat ini sudah di mulai dari SD Kelas rendah yaitu kelas 1,2 dan 3 dan SD Kelas tinggi yaitu 4,5 dan 6, SMP Sederajat, SMA Sederajat dan bahkan Perguruan Tinggi. Saat ini Pemerintah menggalakkan Pramuka itu wajib untuk siswa SD, SMP dan SMA. Hal tersebut di lakukan pada era pemerintahan Presiden Jokowi dengan mengadopsi penggalakkan kegiatan Pramuka di era Presiden Suharto.
Pramuka yang sedang di galakkan saat ini di maksudkan untuk membentuk karakter Bangsa. Karena seyogyanya Pramuka juga merupakan identitas dari Indonesia. Mengapa Dini katakan demikian? Dikarenakan Pramuka hanya ada di Indonesia, sedangkan untuk Gerakannya di Internasional disebut Kepanduan atau Scouts atau untuk lebih lengkapnya bisa disebut dengan World Organization of the Scout Movement atau disingkat WOSM yang merupakan organisasi non pemerintah yang menaungi organisasi kepanduan di seluruh dunia, yang markas besarnya terletak di Jenewa, Swiss. Gerakan Pramuka sendiri merupakan nama organisasi Kepanduan yang tercatat di dalamnya, selain itu ada Brunei Darussalam yang memiliki nama Kepanduan Persekutuan Pengakap Negara Brunei Darussalam, Jepang yang memiliki nama Kepanduan Scout Association of Japan, dan masih banyak negara lainnya yang bisa kita akses di internet atau buku-buku Pramuka yang ada. Untuk itu Pramuka merupakan salah satu wadah penguatan karakter yang sudah di akui Dunia, itulah yang menjadi salah satu alasan Pramuka di galakkan saat ini. Alasan lainnya adalah untuk mengubah mindset masyarakat yang beranggapan Pramuka itu jorok, kotor, kasar, dll menjadi Pramuka itu keren, energik, aktif, sosial dan merupakan salah satu wadah untuk membangun agent of change pada era gadget seperti saat ini. Alasan lainnya adalah Pramuka merupakan organisasi yang tercatat di Dunia, karena adanya hal ini kita diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Kepanduan di Dunia untuk mengharumkan nama bangsa setiap 4-5 tahun sekali, dan so pasti keluarga kita bangga atas prestasi tersebut.
Untuk pembahasan besar dan menyeluruh dari artikel tersebut menurut Dini adalah Ekstrakurikuler merupakan hal wajib yang harus ada di sekolah bukan lagi dikatakan sebagai hal yang lumrah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melatih Life Skills dan Hard Skills setiap individu pelajaran di Indonesia bahkan Dunia. Selama ini sekolah hanya dijadikan tempat bernaung berlatihnya soft skilss saja, untuk itu jalan keluar untuk menyeimbangkan keterampilan siswa adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler.
Macam dan jenis ekstrakurikuler sudah di sebutkan dalam artikel tersebut, ada yang berjenis Krida, karya ilmiah, latihan/lomba/prestasi dan seminar. Untuk lebih lanjutnya bisa kita baca pada artikel tersebut di halaman 15. Tanggapan yang paling nyata dari adanya ekstrakurikuler di sekolah adalah untuk membangun relasi, jiwa kepemimpinan, kader-kader yang berdikari, keberanian dan belajar untuk menata emosi serta membangun kerjasama secara alamiah untuk memantapkan dan memantaskan diri untuk membaur di masyarakat pada masa yang akan datang. Untuk itu ekstrakurikuler yang Dini sarankan adalah ekstrakurikuler yang mendukung minat dan bakat kita, jangan sampai menyimpanh terlalu jauh dari minat dan bakat kita. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung dan mendalami lebih lanjut atas minat dan bakat kita. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengambil ekstrakurikuler yang lain, hal itu tentunya boleh dilakukan jika kalian merasa diri kalian memiliki jiwa yang tertarik untuk mencoba akan hal-hal baru.
Dalam pemilihan dan pengembangan ekstrakurikuler yang ada, sekolah diharapkan untuk memadai kebutuhan tersebut berdasarkan kebutuhan, minat dan bakat peserta didik, bukan di dasarnya pada mayoritas dan melihat sekolah-sekolah lain. Hal yang bisa Dini sarankan dalam pengembangan ekstrakurikuler adalah pilihlah ekstrakurikuler yang mampu mendukung soft skills, hard skill s bahkan life skills kita, jalani dengan niat sepenuh hati jangan setengah-setengah atau hanya sekedar penasaran dan ikut-ikutan, karena hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu jalan penunjang kehidupan kita.
NPM: 1913053120
Kelas: Semester 6E
Izin menanggapi terkait artikel yang Bapak Berikan.
Saya sangat setuju dengan isi dalam artikel, namun ada sedikit koreksi pada bagian ekstrakurikuler Pramuka. Ekstrakurikuler Pramuka saat ini memang merata untuk kalangan SD, SMP dan sederat, SMA sederajat dan bahkan hingga Perguruan Tinggi yang notabene semua beranggapan bahwa Pramuka itu Wajib layaknya yang pernah di galakkan pada kepemerintahan Orde Baru yang di pimpin oleh Bapak Suharto. Koreksi dari saya adalah Ekstrakurikuler Pramuka yang ada di SD bukan hanya dimulai dari kelas 3,4,5 dan 6 saja melainkan juga dimulai dari kelas 1. Jadi untuk kegiatan Pramuka saat ini sudah di mulai dari SD Kelas rendah yaitu kelas 1,2 dan 3 dan SD Kelas tinggi yaitu 4,5 dan 6, SMP Sederajat, SMA Sederajat dan bahkan Perguruan Tinggi. Saat ini Pemerintah menggalakkan Pramuka itu wajib untuk siswa SD, SMP dan SMA. Hal tersebut di lakukan pada era pemerintahan Presiden Jokowi dengan mengadopsi penggalakkan kegiatan Pramuka di era Presiden Suharto.
Pramuka yang sedang di galakkan saat ini di maksudkan untuk membentuk karakter Bangsa. Karena seyogyanya Pramuka juga merupakan identitas dari Indonesia. Mengapa Dini katakan demikian? Dikarenakan Pramuka hanya ada di Indonesia, sedangkan untuk Gerakannya di Internasional disebut Kepanduan atau Scouts atau untuk lebih lengkapnya bisa disebut dengan World Organization of the Scout Movement atau disingkat WOSM yang merupakan organisasi non pemerintah yang menaungi organisasi kepanduan di seluruh dunia, yang markas besarnya terletak di Jenewa, Swiss. Gerakan Pramuka sendiri merupakan nama organisasi Kepanduan yang tercatat di dalamnya, selain itu ada Brunei Darussalam yang memiliki nama Kepanduan Persekutuan Pengakap Negara Brunei Darussalam, Jepang yang memiliki nama Kepanduan Scout Association of Japan, dan masih banyak negara lainnya yang bisa kita akses di internet atau buku-buku Pramuka yang ada. Untuk itu Pramuka merupakan salah satu wadah penguatan karakter yang sudah di akui Dunia, itulah yang menjadi salah satu alasan Pramuka di galakkan saat ini. Alasan lainnya adalah untuk mengubah mindset masyarakat yang beranggapan Pramuka itu jorok, kotor, kasar, dll menjadi Pramuka itu keren, energik, aktif, sosial dan merupakan salah satu wadah untuk membangun agent of change pada era gadget seperti saat ini. Alasan lainnya adalah Pramuka merupakan organisasi yang tercatat di Dunia, karena adanya hal ini kita diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Kepanduan di Dunia untuk mengharumkan nama bangsa setiap 4-5 tahun sekali, dan so pasti keluarga kita bangga atas prestasi tersebut.
Untuk pembahasan besar dan menyeluruh dari artikel tersebut menurut Dini adalah Ekstrakurikuler merupakan hal wajib yang harus ada di sekolah bukan lagi dikatakan sebagai hal yang lumrah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melatih Life Skills dan Hard Skills setiap individu pelajaran di Indonesia bahkan Dunia. Selama ini sekolah hanya dijadikan tempat bernaung berlatihnya soft skilss saja, untuk itu jalan keluar untuk menyeimbangkan keterampilan siswa adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler.
Macam dan jenis ekstrakurikuler sudah di sebutkan dalam artikel tersebut, ada yang berjenis Krida, karya ilmiah, latihan/lomba/prestasi dan seminar. Untuk lebih lanjutnya bisa kita baca pada artikel tersebut di halaman 15. Tanggapan yang paling nyata dari adanya ekstrakurikuler di sekolah adalah untuk membangun relasi, jiwa kepemimpinan, kader-kader yang berdikari, keberanian dan belajar untuk menata emosi serta membangun kerjasama secara alamiah untuk memantapkan dan memantaskan diri untuk membaur di masyarakat pada masa yang akan datang. Untuk itu ekstrakurikuler yang Dini sarankan adalah ekstrakurikuler yang mendukung minat dan bakat kita, jangan sampai menyimpanh terlalu jauh dari minat dan bakat kita. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung dan mendalami lebih lanjut atas minat dan bakat kita. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengambil ekstrakurikuler yang lain, hal itu tentunya boleh dilakukan jika kalian merasa diri kalian memiliki jiwa yang tertarik untuk mencoba akan hal-hal baru.
Dalam pemilihan dan pengembangan ekstrakurikuler yang ada, sekolah diharapkan untuk memadai kebutuhan tersebut berdasarkan kebutuhan, minat dan bakat peserta didik, bukan di dasarnya pada mayoritas dan melihat sekolah-sekolah lain. Hal yang bisa Dini sarankan dalam pengembangan ekstrakurikuler adalah pilihlah ekstrakurikuler yang mampu mendukung soft skills, hard skill s bahkan life skills kita, jalani dengan niat sepenuh hati jangan setengah-setengah atau hanya sekedar penasaran dan ikut-ikutan, karena hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu jalan penunjang kehidupan kita.
Sekian tanggapan dari saya, jika ada salah kata Dini mohon maaf.
Dipersilahkan kepada Pak Roy, Bu Ika dan teman-teman yang ingin menanggapi postingan dari Dini sebagai upaya untuk bertukar pikiran.
Nama : Yunita Rahma Yanti
NPM : 1913053119
Kelas : 6E
Izin menanggapi, untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya
menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu
diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil
yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini
dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala
sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam
dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata
pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya
pembinaan manusia seutuhnya.
NPM : 1913053119
Kelas : 6E
Izin menanggapi, untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya
menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu
diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil
yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini
dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala
sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam
dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata
pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya
pembinaan manusia seutuhnya.
Nama : Lulu Nafisa Sani
Npm : 1913053035
Semester 6E
Izin berpendapat Bapak, menurut saya kegiatan ekstrakurikuler mengandung pengertian yang menunjukan segala macam, aktifitas di sekolah atau lembaga pendidikan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler sudah ada sebelum era reformasi. Berdasarkan kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler secara hierarkis yang sudah saya baca dapat disimpulkan bahwakegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen Pengembangan Diri. Kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik sebagai kegiatan positif yang dapat mempeluas wawasan dan pengetahuan, wahana silaturahmi antar peserta didik, antar kelas, antar jurusan dalam bakat dan minat yang sama, serta sebagai instrumen pembinaan kesiswaan dalam berbagai bidang kehidupan siswa. Pada prinsipnya setiap program ekstrakurikuler memiliki kelebihan masing-masing dan tentu mengarah pada penguatan karakter serta memantapkan sikap nasionalisme siswa sebab siswa yang berkarakter adalah tujuan pendidikan.
Sekian pendapat dari saya Bapak, terimakasih.
Npm : 1913053035
Semester 6E
Izin berpendapat Bapak, menurut saya kegiatan ekstrakurikuler mengandung pengertian yang menunjukan segala macam, aktifitas di sekolah atau lembaga pendidikan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler sudah ada sebelum era reformasi. Berdasarkan kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler secara hierarkis yang sudah saya baca dapat disimpulkan bahwakegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen Pengembangan Diri. Kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik sebagai kegiatan positif yang dapat mempeluas wawasan dan pengetahuan, wahana silaturahmi antar peserta didik, antar kelas, antar jurusan dalam bakat dan minat yang sama, serta sebagai instrumen pembinaan kesiswaan dalam berbagai bidang kehidupan siswa. Pada prinsipnya setiap program ekstrakurikuler memiliki kelebihan masing-masing dan tentu mengarah pada penguatan karakter serta memantapkan sikap nasionalisme siswa sebab siswa yang berkarakter adalah tujuan pendidikan.
Sekian pendapat dari saya Bapak, terimakasih.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lisa Kumalasari
NPM : 1913053130
No. Absen : 19
Semester : 6B
Izin menanggapi,
Kegiatan ekstrakurikuler ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar usia 4 sampai 6 tahun, sekolah menengah tingkat pertama dan atas sampai akademik dan universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan
kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lisa Kumalasari
NPM : 1913053130
No. Absen : 19
Semester : 6B
Izin menanggapi,
Kegiatan ekstrakurikuler ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar usia 4 sampai 6 tahun, sekolah menengah tingkat pertama dan atas sampai akademik dan universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan
kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler
diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program
ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik
dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan tujuan.
Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Helvara Oktariyani
Npm : 1913053114
Kelas : Semester 6 E
Izin menanggapi materi hari ini,
Di Indonesia, Kegiatan ekstrakurikuler atau disingkat eskul telah menjadi bagian inheren dari program kurikuler di sekolah. D Indonesia praksis kegiatan ekstrakurikuler telah berjalan sejak lama. Pada masa Orde Baru kegiatan ini dipayungi oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Sedangkan di era sekarang, kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Lampiran Standar Isi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan tersebut menyebutkan perlunya Pengembangan Diri sebagai salah satu komponen dalam struktur
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Pengembangan potensi diri siswa dapat dilakukan melalui pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler,
secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Npm : 1913053114
Kelas : Semester 6 E
Izin menanggapi materi hari ini,
Di Indonesia, Kegiatan ekstrakurikuler atau disingkat eskul telah menjadi bagian inheren dari program kurikuler di sekolah. D Indonesia praksis kegiatan ekstrakurikuler telah berjalan sejak lama. Pada masa Orde Baru kegiatan ini dipayungi oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Sedangkan di era sekarang, kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Lampiran Standar Isi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan tersebut menyebutkan perlunya Pengembangan Diri sebagai salah satu komponen dalam struktur
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Pengembangan potensi diri siswa dapat dilakukan melalui pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan. Dalam rangka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler,
secara normatif perlu dibuat tahapan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Hasil dari tahap-tahap yang dilaporkan secara tertulis akan sangat membantu bagi kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler itu sendiri.
Nama : Rani Khoerul Hidayah
NPM 1913053081
Kelas :
Izin menanggapi, terkait artikel yang telah diberikan, berdasarkan artikel tersebut saya setuju bahwa Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai j tujuan.
Terima kasih
NPM 1913053081
Kelas :
Izin menanggapi, terkait artikel yang telah diberikan, berdasarkan artikel tersebut saya setuju bahwa Untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik menyangkut
materi maupun kegiatannya, dengan harapan agar program ekstrakurikuler dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang digariskan.
Agar pelaksanaan program ekstrakurikuler mencapai hasil baik dalam mendukung program kurikuler maupun dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, maka perlu diusahakan adanya informasi yang jelas mengenai arti, tujuan dan hasil yang diharapkan, peranan dan hambatan-hambatan yang ada selama ini dengan informasi yang jelas diharapkan para pembina, pendidik, kepala sekolah, guru, siswa, serta pihakpihak yang terkait dapat membantu dan
melaksanakan ekstrakurikuler sesuai j tujuan.
Terima kasih
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
Npm : 1913053025
No. Absen : 08
Kelas : 5B
Izin menanggapi materi hari ini.
Yang dimaksudkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler,
gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
Sekian, terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Dina Rahmawati
Npm : 1913053025
No. Absen : 08
Kelas : 5B
Izin menanggapi materi hari ini.
Yang dimaksudkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler,
gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
Sekian, terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
Semester 6B
Izin menanggapi terkait artikel 1
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. Pada masa Orde Baru kegiatan ini dipayungi oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Sedangkan di era sekarang, kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
Semester 6B
Izin menanggapi terkait artikel 1
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. Pada masa Orde Baru kegiatan ini dipayungi oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Sedangkan di era sekarang, kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki visi, misi, prinsip, jenis , dan format kegiatan. Berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di sekolah umumnya meliputi kepramukaan, latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja, seni, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Tiara Andini
NPM: 1913053082
Kelas: 6E
Izin menyampaikan pendapat, saya sangat setuju bahwa Kegiatan ekstrakurikuler telah menjadi bagian inheren dari program kurikuler di sekolah. Karena dari ekstrakurikuler dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa di bidang non akademik, jadi memberikan kesempatan kepada siswa yang sulit akan dengan kemampuan akademiknya.
Saya juga sangat setuju bahwa Pendidikan kewarganegaraan memiliki kaitan erat dengan kegiatan ekstrakurikuler sebab keduanya memiliki tugas mengembangkan karakter warga negara muda. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung
jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler, gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
NPM: 1913053082
Kelas: 6E
Izin menyampaikan pendapat, saya sangat setuju bahwa Kegiatan ekstrakurikuler telah menjadi bagian inheren dari program kurikuler di sekolah. Karena dari ekstrakurikuler dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa di bidang non akademik, jadi memberikan kesempatan kepada siswa yang sulit akan dengan kemampuan akademiknya.
Saya juga sangat setuju bahwa Pendidikan kewarganegaraan memiliki kaitan erat dengan kegiatan ekstrakurikuler sebab keduanya memiliki tugas mengembangkan karakter warga negara muda. Salah satu manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler adalah berkembangnya karakter peserta, misal karakter bertanggung
jawab, karakter nasionalis, karakter menghargai kemanusiaan, dan lain-lain. Karakter demikian juga menjadi sasaran pendidikan kewarganegaraan yaitu mengembangkan civic disposition. Disamping itu kegiatan ekstrakurikuler dapat dimanfaatkan untuk memperkaya bidang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup program kurikuler, gerakan sosial kultural dan kajian ilmiah kewarganegaraan.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Arif Catur Febriansyah
NPM: 1913053093
No. Absen: 04
Kelas : 6B
Izin memberikan tanggapan Dalam artikel tersebut membahas mengenai kebijakan yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan ekstrakurikuler dan aktualisasinya. Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003, PP No. 19 Tahun 2005, Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI, dimana dalam kebijakan tersebut menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen pengembangan diri. Sedangkan, aktualisasi atau pelaksanaan Ekstrakurikuler di Sekolah yaitu kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah dan dilakukan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, untuk membantu mengembangkan potensi dan bakat peserta didik diluar bidang akademik. Adanya visi-misi ekstrakurikuler, prinsip ekstrakurikuler, banyaknya jenis ekstrakurikuler, dan format individu maupun kelompok pada kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian dari terlaksana nya ekstrakurikuler di sekolah.
Nama: Arif Catur Febriansyah
NPM: 1913053093
No. Absen: 04
Kelas : 6B
Izin memberikan tanggapan Dalam artikel tersebut membahas mengenai kebijakan yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan ekstrakurikuler dan aktualisasinya. Kebijakan mengenai kegiatan ekstrakurikuler tertuang pada UU No. 20 Tahun 2003, PP No. 19 Tahun 2005, Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang SI, dimana dalam kebijakan tersebut menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu bagian dari komponen pengembangan diri. Sedangkan, aktualisasi atau pelaksanaan Ekstrakurikuler di Sekolah yaitu kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah dan dilakukan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, untuk membantu mengembangkan potensi dan bakat peserta didik diluar bidang akademik. Adanya visi-misi ekstrakurikuler, prinsip ekstrakurikuler, banyaknya jenis ekstrakurikuler, dan format individu maupun kelompok pada kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian dari terlaksana nya ekstrakurikuler di sekolah.