Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 13

Mahasiswa berikut ini forum diskusi pada pertemuan hari ini. mahasiswa wajiob memberikan tanggapan terkait isi materi artikel pada forum berikut ini.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rida Arrafini 1913053116 -
Nama : Rida Arrafini
NPM : 19053116
No.absen : 29

izin menanggapi artikel pada pertemuan 6,

Permasalahan belajar sandi morse
pramuka selama ini adalah
membosankan dan kurang menarik,
karena media pembelajaran yang
digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU), Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse
dirancang menggunakan bahasa
pemograman Macromedia Flash 8
dengan menerapkan metode User
Centered Design.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nafazri Eprilia 1953053003 -
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003

izin menanggapi untuk artikel 6 ibu

Kode morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Kode morse adalah contoh bentuk komunikasi digital awal. Sandi morse yang telah ada terus dikembangkan dengan menambahkan beberapa kode untuk tanda baca yang juga telah disepakati dalam dunia internasional. Selain sebagai sandi komunikasi rahasia di dunia militer, kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit Pramuka. Kode morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.
Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka yang telah dirancang merupakan aplikasi komputer, aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka tersebut dapat dijalankan pada komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka menggunakan pemrograman Macromedia Flash 8.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nabila Salsabila 1913053048 -
Nama: Nabila Salsabila
NPM : 1913053048

Izin menganggapi Bu,
Pembelajaran sandi morse pramuka dengan menggunakan metode user centered design bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka untuk siswa sekolah dasar telah memenuhi kebutuhan siswa yaitu siswa sekolah dasar untuk mengukur atau mencapai usability yang baik seperti efektif untuk digunakan, efisien untuk digunakan, aman untuk digunakan, memiliki utilitas (manfaat) yang baik, mudah untuk dipelajari, mudah diingat bagaimana menggunakannya, memuaskan saat digunakan, menyenangkan saat digunakan, mendukung kreativitas siswa, menguntungkan siswa, menarik minat siswa, menghibur siswa, membantu siswa serta memotivasi siswa.
Dari hasil pembahasan artikel tersebut dalam penerapannya, penggunaan metode ini memiliki berbagai keterbatasan, untuk itu perlunya pengembangan aplikasi platform menjadi aplikasi mobile yang dapat dijalankan pada perangkat mobile seperti handphone, tablet atau perangkat mobile lainnya sehingga mudah dibawa dan dipergunakan dimana-mana.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Wika Orin Sherialiusani 1913053039 -
Nama : Wika Orin Sherialiusani
NPM : 1913053039
No. Absen : 35

Izin menanggapi artikel pada pertemuan 6,

Berdasarkan pada artikel dapat diketahui bahwa terdapat aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka yang dapat dijalankan melalui komputer, yaitu menggunakan pemrograman Macromedia Flash 8. Dimana dalam perancangan aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka, metode yang digunakan adalah Ucer Centered Design (UCD) untuk proses perancangan desain interaktif yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan siswa.

Untuk penggunaan aplikasi sandi morse ini juga telah dilakukan pengujian. Dimana berdasarkan pada kegiatan pengujian yang telah dilaksanakan di sekolah dasar , maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka sudah dapat digunakan dengan baik dengan penyajian materi yang mudah dipahami serta mudah dipelajari dan dengan penambahan fitur tes membantu siswa mengukur kemampuan belajar sandi morse pramuka yang sudah dipelajarinya yang dijadikan sebagai acuan evaluasi siswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Marsasanda Andarin 1913053026 -
Nama : Marsasanda Andarin
NPM : 1913053026
No. Absen : 22

Izin memberikan tanggapan pada artikel 6,
Salah satu kegiatan penting gerakan pramuka adalah menghafal kode-kode atau biasanya dikenal dengan nama sandi. Sandi pramuka ini bermacam-macam seperti sandi morse, sandi semaphore, sandi rumput, sandi tangan dan sandi-sandi pramuka lainnya. Saat ini untuk mempelajari sandi pramuka masih menggunakan tutorial buku panduan biasa seperti buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Permasalahan yang terjadi selama ini dalam pembelajaran sandi pramuka adalah adanya media pembelajaran yang kurang efektif yaitu berupa buku panduan dengan tampilan yang kurang menarik dikarenakan kurang adanya gambar, warna, animasi, dan lain- lain, yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya. Untuk menarik minat dalam mempelajari sandi pramuka terutama sandi morse yang hanya disimbolkan gabungan garis dan titik yang mewakili setiap huruf, angka serta tanda baca maka akan dibuat sebuah media pembelajaran yang berupa aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka berbasis komputer atau menggunakan komputer. Metode User Centered Design bisa diterapakan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah dikelompokan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dini Ariska Putri 1913053070 -
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menanggapi artikel pada pertemuan 6,

Gerakan pramuka Indonesia merupakan wadah para generasi muda yang secara langsung ataupun tidak langsung mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan bakat, dan minat serta keterampilan dan juga kedisiplinannya, terutama yang bergabung dalam gerakan pramuka. Salah satu kegiatan penting gerakan pramuka adalah menghafal kode-kode atau biasanya dikenal dengan nama sandi. Permasalahan yang terjadi selama ini dalam pembelajaran sandi pramuka adalah adanya media pembelajaran yang kurang efektif yaitu berupa buku panduan dengan tampilan yang kurang menarik dikarenakan kurang adanya gambar, warna, animasi, dan lain- lain, yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya. Maka untuk belajar sandi morse dapat menerapkan aplikasi berbasis komputer dengan metode User Centered Design karena metode User Centered Design mengutamakan kebutuhan user. Adapun manfaat menggunakan metode User Centered Design yaitu efektif untuk digunakan, efisien untuk digunakan, aman untuk digunakan, memiliki utilitas (manfaat) yang baik, mudah untuk dipelajari, mudah diingat bagaimana menggunakannya, memuaskan saat digunakan, menyenangkan saat digunakan, mendukung kreativitas siswa, menguntungkan siswa, menarik minat siswa, menghibur siswa, membantu siswa serta memotivasi siswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Lina Pertiwi 1913053055 -
Nama : Lina Pertiwi
NPM : 1913053055
No. Absen: 21

Izin memberikan tanggapan pada artikel 6,
Permasalahan belajar sandi morse pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembelajaran berbasis komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash dengan menerapkan metode User Centered Design.

Metode User Centered Design bisa diterapakan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekola dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah dikelompokan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Chika Nurpalo Afiany 1913053021 -
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021

Izin menanggapi artikel 6,
Permasalahan belajar sandi morse pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU).. Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash 8 dengan menerapkan metode User centered Design. Metode User Centered Design bisa diterapakan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah dikelompokan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 -
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

Belajar sandi morse pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Belajar sandi morse pramuka lebih menyenangkan dan efisien yang mampu merangsang minat belajar dengan adanya media pembeljaran berbasis komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse dirancang menggunakan bahasa pemograman Macromedia Flash 8 dengan menerapkan metode User Centered Design. Metode User Centered Design bisa diterapakan pada aplikasi pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekolah dasar dan mendapat tanggapan yang baik.

Penyampaian materi yang telah dikelompokan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi test sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Frischa Ramadhan Putri 1913053112 -

Nama : Frischa Ramadhan Putri
NPM : 1913053112
No. Absen: 11

Sandi morse adalah suatu sandi yang diterapkan dengan menggunakan sebuah sistem representasi huruf dan angka, serta tanda baca sinyal. Kemudian menggunakan sinyal simbol titik (.) dan garis (-) yang disusun sebagai karakter tertentu. Dalam sandi pramuka, kode morse ini dipelajari sebagai salah satu bentuk keterampilan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti berupa titik dan garis sebagai pengganti huruf, angka dan tanda baca yang dipakai pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi. Sandi ini dapat dikatakan sebagai suatu media yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi, meskipun dilakukan dengan cara yang terbilang tradisional.

Permasalahan belajar sandi morse pramuka selama ini adalah membosankan dan kurang menarik, karena media pembelajaran yang digunakan berupa buku yaitu buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Metode pembelajaran User Centered Design bisa diterapakan pada pembelajaran sandi morse dengan design interaktif yang lebih menarik. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka telah diuji pada guru sekola dasar dan mendapat tanggapan yang baik. Penyampaian materi yang telah dikelompokan membuat siswa lebih mudah mempelajari, memahami, serta menghafal sandi morse pramuka. Dengan menggunakan fitur senter dan peluit membuat siswa belajar lebih menyenangkan, lebih menarik dan lebih menghibur. Untuk fungsi tes sandi morse pramuka telah disediakan test masing-masing kelompok kode sandi morse pramuka

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Hanna Wahyu Aruming Tyas -
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No.absen : 15

Gerakan pramuka Indonesia merupakan wadah para generasi muda yang secara langsung ataupun tidak langsung mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan bakat, dan minat serta keterampilan dan juga kedisiplinannya, terutama yang bergabung dalam gerakan pramuka. Jika dulunya gerakan pramuka identik dengan kegiatan baris berbaris, maka sekarang pramuka sudah mulai membentuk gagasan baru bahwa mereka adalah sekelompok pemuda atau pelajar yang belajar untuk mandiri terhadap dirinya sendiri. Salah satu kegiatan penting gerakan pramuka adalah menghafal kode-kode atau biasanya dikenal dengan nama sandi. Sandi pramuka ini bermacam-macam seperti sandi morse, sandi semaphore, sandi rumput, sandi tangan dan sandi-sandi pramuka lainnya. Saat ini untuk mempelajari sandi pramuka masih menggunakan tutorial buku panduan biasa seperti buku saku dan buku syarat kecakapan umum (SKU). Permasalahan yang terjadi selama ini dalam pembelajaran sandi pramuka adalah adanya media pembelajaran yang kurang efektif yaitu berupa buku panduan dengan tampilan yang kurang menarik dikarenakan kurang adanya gambar, warna, animasi, dan lain- lain, yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya. Untuk menarik minat dalam mempelajari sandi pramuka terutama sandi morse yang hanya disimbolkan gabungan garis dan titik yang mewakili setiap huruf, angka serta tanda baca maka akan dibuat sebuah media pembelajaran yang berupa aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka berbasis komputer atau menggunakan komputer. Sandi morse adalah sandi pramuka yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi ini terdiri dari kumpulan titik dan garis yang membentuk suatu huruf atau kalimat. Sandi morse dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa media yaitu:
a. Suara, menggunakan peluit.
b. Sinar, menggunakan senter.
c. Tulisan, menggunakan simbol titik (.) dan garis (–).
d. Bendera, menggunakan bendera morse.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Anggi Cahyani Putri 1913053083 -
Nama: Anggi Cahyani Putri
Npm: 1913053083
No absen: 03

Izin menanggapi artikel ke 6 pak

Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka yang telah dirancang merupakan aplikasi komputer, aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka tersebut dapat dijalankan pada komputer. Aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka menggunakan pemrograman Macromedia Flash 8. Dalam perancangan aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka metode yang digunakan adalah Ucer Centered Design (UCD) untuk proses perancangan desain interaktif yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan siswa. Pembelajaran sandi morse pramuka sudah dapat digunakan dengan baik dengan penyajian materi yang mudah dipahami serta mudah dipelajari dan dengan penambahan fitur test membantu siswa mengukur kemampuan belajar sandi
morse pramuka yang sudah dipelajarinya
yang dijadikan sebagai acuan evaluasi
siswa.
Pembelajaran sandi morse pramuka dengan menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu siswa untuk belajar sandi morse dibandingkan belajar dengan sarana konvensional.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Khofiah 1913053122 -
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122

Izin menanggapi artikel di atas pertemuan 6,

Pada artikel tersebut berisikan tentang "Pembelajaran sandi Morse Pramuka dengan menggunakan metode user centered design".
Permasalahan yang terjadi selama ini dalam pembelajaran sandi pramuka adalah adanya media pembelajaran yang kurang efektif yaitu berupa buku panduan dengan tampilan yang kurang menarik dikarenakan kurang adanya gambar, warna, animasi, dan lain- lain, yang menyebabkan kurangnya minat untuk mempelajarinya. Untuk menarik minat dalam mempelajari sandi pramuka terutama sandi morse yang hanya disimbolkan gabungan garis dan
titik yang mewakili setiap huruf, angka, serta tanda baca maka akan dibuat sebuah media pembelajaran yang berupa aplikasi pembelajaran sandi morse pramuka berbasis komputer. Yaitu belajar sandi morse dengan fitur yang dimiliki dengan menerapkan metode User Centered Design karena metode User Centered Design mengutamakan kebutuhan user.