Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 13

Mahasiswa berikan tanggapan pada forum diskusi berikut ini terkaiat materi yang dijelaskan pada artikel pertemuan 5

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nafazri Eprilia 1953053003 -
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003

izin memberi tanggapan pada artikel 5 ibu

penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat
dilaksanakan dengan baik dengan cara praktek langsung. Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan
pada ekstrakurikuler pramuka terdapat 18 nilai pendidikan karakter tetapi yang paling banyak hasilnya
dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dari yaitu dari nilai pendidikan karakter religius,
demokratis, peduli lingkungan, jujur, kreatif, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, cinta tanah air dan toleransi.
Dengan demikian bahwa yang dimaksud dari penanaman nilai pendidikan karakter dengan cara parktek langsung dapat dijelaskan sebagai berikut:
Penanaman nilai pendidikan
karakter dengan cara paraktek langsung, yang dimaksud adalah memberikan contoh sikap yang baik, yang mengandung nilai-nilai karakter melalui materi-materi pramuka dan peserta didik secara langsung mempraktekannya dari materi pramuka di hadapan kakak pembina pramuka. Melalui hal tersebut peserta didik akan mulai terbiasa untuk melakukannya yang dipraktekan langsung dalam kehidupan
sehari-hari.
Dalam melalui praktek langsung peserta didik secara langsung dapat mengetahui dari sikap sikap yang terdapat dimateri kepramukaan, yang bisa dilakukan sehari-hari. Penanaman nilai pendidikan karakter dengan cara praktek langsung, yang diberikan pembina pramuka dan warga sekolah sudah sesuai dengan tujuan gerakan pramuka, yaitu membentuk generasi muda berjiwa Trisatya dan Dasa Darma. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka memberikan dampak positif bagi peserta didik. selain itu
dapat memberikan pengalaman bagi peserta didik melalui kegiatan pramuka. kegiatan prmuka juga dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik dan dapat menumbuhkan nilai karakter yang baik bagi pesrta didik. karena dalam ektrakurikuler pramuka mengandung nilai pendidikan karakter bangsa Indonesia
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rida Arrafini 1913053116 -
Nama : Rida Arrafini
NPM : 1913053116
No.absen : 29
Izin menanggapi artikel pertemuan 5,
Berdasarkan hasil analisis data hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai karakter yang dinternalisasikan melalui kegiatan
pramuka di SDK Wae Kajong adalah sebagai
berikut:

Pertama, PBB (Peraturan Baris
Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai- nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas,
ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi,sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain,memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur
emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
 
Kedua, Tali Temali. Melalui kegiatan tali
temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya
ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga
kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas,komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
 
Ketiga, Morse dan Semafor. Melalui
kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan,
kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.

Keempat, Kegiatan Alam. Melalui
kegiatan alam, para siswa dilatih untuk
menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama,
tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri,
rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Wika Orin Sherialiusani 1913053039 -
Nama : Wika Orin Sherialiusani
NPM : 1913053039
No. Absen : 35

Izin memberikan tanggapan pada artikel 5,

Berdasarkan pada artikel dapat diketahui bahwa yang menjadi fokus kajian peneliti adalah nilai-nilai karakter yang ditanamkan dan ditumbuhkembangkan dalam kegiatan pramuka di SDK Wae Kajong, terutama dalam kegiatan : PBB (Peraturan Baris Berbaris), morse dan semafor, tali temali, serta kegiatan alam.

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka ink berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan pramuka di SDK Wae Kajong, yaitu :
1. Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangka dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
2. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
3. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.
4. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nabila Salsabila 1913053048 -
Nama: Nabila Salsabila
NPM : 1913053048

Izin menanggapi Bu,
Secara konseptual-yuridis, pemerintah sudah mewajibkan sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di hampir semua satuan pendidikan, mulai dari SD hingga sekolah menengah atas. Dasar hukum penegasan tersebut adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014, pasal 4, yang intinya menegaskan bahwa kegiatan pramuka diwajibkan semua satuan pendidikan, mulai dari SD hingga sekolah menengah atas. Dimana kegiatan ini melatih mental siswa, melatih kedisiplinan siswa, dan membentuk rasa tanggungjawab.
Fokus kajian peneliti dalam artikel tersebut adalah nilai-nilai karakter yang ditanamkan dan ditumbuhkembangkan dalam kegiatan pramuka di SDK Wae Kajong, terutama kegiatan: baris berbaris, semafor, tali-temali dan kegiatan alam. Kegiatan-kegiatan tersebut melatih siswa disiplin, bertanggung jawab, rapi, menaati aturan, bekerjasama, menjaga kekompakan, berpikir solutif, peduli terhadap alam, mandiri, dan masih banyak lainnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Marsasanda Andarin 1913053026 -
Nama : Marsasanda Andarin
NPM : 1913053026
No. Absen : 22

Izin memberikan tanggapan pada artikel 5,

Saat ini, Indonesia membutuhkan manusia yang unggul atau full of values. Tugas institusi pendidikan adalah mengubah generasi yang rapuh dan rusak menjadi generasi tangguh. Sekolah harus berani mengubah strawberry generation menjadi generasi yang full of values. Baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang
dapat menunjang harapan bersama, antara lain gerakan nasional revolusi mental, guna tercapainya manusia yang berkarakter unggul atau generasi tangguh/generasi yang full of values sebagaimana yang telah ditegaskan
sebelumnya adalah revitalisasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di setiap satuan pendidikan, mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
Bentuk kegiatan pramuka yang cocok dan memiliki sarat dengan nilai-nilai karakter untuk siswa-siswi di sekolah dasar, antara lain:
  1. PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
  2. Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
  3.  Morse dan Semafor. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.
  4. Kegiatan Alam. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dini Ariska Putri 1913053070 -
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menanggapi artikel pertemuan 5 Bu/Pak,
Salah satu kultur di sekolah dasar yang sarat dengan penanaman nilai-nilai moral adalah kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sarat dengan penanaman nilai-nilai karakter adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan gerakan pramuka adalah mendidik dan membina kaum muda guna mengembangkan mental, sosial, spiritual, emosional, intelektual, dan fisik. Adapun kegiatan Pramuka yang mampu membentuk nilai nilai karakter pada peserta didik diantaranya yaitu:
  1. PBB (Peraturan BarisBerbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan,adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
  2. Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat,ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
  3. Morse dan Semafor. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran,kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.
  4. Kegiatan Alam. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin,kebersahajaan, dan rendah hati.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Lina Pertiwi 1913053055 -
Nama : Lina Pertiwi
NPM : 1913053055
No. Absen: 21

Izin memberikan tanggapan pada artikel 5,

Kegiatan-kegiatan yang sering dilatih dalam ekstrakurikuler pramuka di SDK Wae Kajong adalah peraturan baris-berbaris, morse dan semaphore, tongkat, berkemah, jelajaah alam, tali-temali, upacara bendera, kegiatan keagamaan, kegiatan bakti sosial, kepemimpinan, kegiatan beregu, kegiatan cinta lingkungan, jambore, latihan jelajah, perkemahan, dan pentas seni budaya.

SDK Wae Kajong telah menunjuk dan mengangkat guru khusus pramuka sebagai pembina pramuka yang bertanggungjawab kepada kepala sekolah. Para pembina pramuka mendapat penataran atau kursus mahir dasar (KMD) dan kursus mahir lanjutan (KML). Selain itu, sekolah melakukan kordinasi dengan Kwartir Daerah Pramuka atau Kwartir cabang untuk membentuk Gugus Depan (Gudep) di sekolah. Para Pembina pramuka di sekolah, membantu mengadakan alat kelengkapan gugus depan dan bahkan alat kelengkapan Pramuka secara perseorangan melalui kerjasama dengan koperasi sekolah. Selain itu para Pembina sering mendiskusikan program pramuka secara berkala dan bersama-sama mengontrol pelaksanaanya setiap periode.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diteliti difokuskan pada kegiatan baris-berbaris, semafor, tali-temali dan kegiatan alam. Adapun fokus penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan Pramuka, terutama kegiatan baris berbaris, tali temali, semafor dan kegiatan alam, teristimewa bagi siswa-siswi di SDK Wae Kajong
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Chika Nurpalo Afiany 1913053021 -
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021

Izin menanggapi artikel 5,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang ditumbuhkembangkan dan dihayati melalui kegiatan pramuka, di SDK Wae Kajong adalah percaya diri, kreatif, teliti, kerja sama, komunikatif, dialog, berpikir solutif, peduli terhadap alam, respect terhadap orang lain, mandiri, rendah hati, tenggang rasa, tegar, sederhana, solider, disiplin, rapi, sopan, tangkas, tanggung jawab, kepemimpinan, pengendalian diri, mendengarkan orang lain, konsentrasi, menaati aturan, dan ingin tahu.

Nilai-nilai karakter yang dinternalisasikan melalui kegiatan pramuka di SDK Wae Kajong adalah sebagai berikut:
1. PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
2. Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
3. Morse dan Semafor. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.
4. Kegiatan Alam. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 -
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.

Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.

Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.

Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Frischa Ramadhan Putri 1913053112 -

Nama: Frischa Ramadhan Putri
NPM: 1913053112
No. Absen: 11


  1. PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilainilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan. 
  2. Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilainilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif. 
  3. Morse dan Semafor. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab. 
  4. Kegiatan Alam. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nila-inilai peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Anggi Cahyani Putri 1913053083 -
Nama: Anggi Cahyani Putri
Npm: 1913053083
No absen: 03

Izin menanggapi artikel ke 5 pak

Kegiatan ekstrakurikuler
pada dasarnya mempunyai peran penting dalam rangka memperkaya, memperluas wawasan dan potensi peserta didik, sesuai bakat dan minat.
Internalisasi nilai-ilai karakter dalam kegiatan pramuka dilaksanakan dalam beragam kegiatan, seperti:
1.Kegiatan Tali Temali. Melalui kegiatan
ini peserta dilatih untuk teliti, sabar, kerja sama, bertanggung jawab.
2.Ketrampilan pertolongan pertama untuk keadaan darurat. Melalui kegiatan ini siswa dilatih untuk teliti, sabar, kerjasama, tanggung jawab, dan peduli sosial.
3.Ketangkasan pioneering. Melalui
kegiatan ini siswa dilatih untuk memiliki
karakter ketelitian, percaya diri, ketekunan,
kerjasama, keberanian, ketelitian, dan kesabaran.
4,Ketrampilan Morse dan Semaphore.
Melalui kegiatan ini siswa dilatih untuk cermat, teliti, tanggung jawab, dan sabar.
5.Membaca Sandi Pramuka. Melalui kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi orang yang kreatif, teliti, kerjasama, dan tanggung jawab.
6.Penjelajahan dengan Tanda Jejak.
7.Kegiatan pengembaraan. Melalui kegiatan ini siswa dilatih untuk mandiri, peduli lingkungan, tangguh, tanggung jawab, memiliki jiwa pemimpin, mampu bekerja sama, peduli sosial, teliti, dan religius.
8.Keterampilan Baris-Berbaris (KBB). Melalui kegiatan ini, siswa dilatih untuk disiplin, kreatif, kerja sama, dan tanggung jawab.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Hanna Wahyu Aruming Tyas -
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No.absen : 15

Secara praksis-riil di lapangan, masih banyak sekolah yang belum optimal dalam mengurus ekstrakurikuler pramuka. Bahkan ada sekolah yang apatis dengan kegiatan pramuka. Pada hal sejatinya, ekstrakurikuler pramuka sangat penting dan relevan dalam membentuk karakter peserta didik. Ekstrakurikuler pramuka relevan dan sejalan dengan gerakan nasional revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah. Halimah (2011:2) menegaskan, pada dasarnya, kegiatan ekstrakurikuler pramuka melatih mental siswa, melatih kedisiplinan siswa, membentuk rasa tanggungjawab siswa, juga mampu membina kepercayaan diri siswa. Lebih lanjut Halimah menegaskan, dengan mengikuti Gerakan Pramuka siswa dilatih untuk siap menghadapi persoalan dalam kehidupan sehari-hari.
PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan.
Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
Morse dan Semafor. Melalui kegiatan morse dan semafor, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: ketelitian, kesabaran, kekompakan, kreativitas, tenggang rasa, kerja sama, dan tanggung jawab.
Kegiatan Alam. Melalui kegiatan alam, para siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: peduli terhadap alam, mandiri, kerja sama, tenggang rasa, tanggung jawab, penghargaan terhadap orang lain, memahami keterbatasan diri, rendah hati, tidak manja, disiplin, kebersahajaan, dan rendah hati
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Khofiah 1913053122 -
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122

Izin menanggapi artikel 5,

Artikel tersebut membahas tentang INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
(Studi Kasus di SDK Wae Kajong).

Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai
karakter yang dinternalisasikan melalui kegiatan pramuka di SDK Wae Kajong adalah sebagai berikut: Pertama, PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: disiplin, kekompakan, solidaritas, ketangkasan, adaptasi, tanggung jawab, rapi, sopan, menyesuaikan diri dengan orang lain, memimpin, mendengarkan orang lain, mengatur emosi, kosentrasi, serta menaati aturan. Kedua, Tali Temali. Melalui kegiatan tali temali, siswa dilatih untuk menumbuhkembangkan dan menghayati nilai-nilai: kesabaran, ketangkasan, kreativitas, daya
ingat, ketelitian, kerja sama, menjaga
kekompakan, bertanggung jawab terhadap tugas, komunikatif, dialog, serta berpikir solutif.
Ketiga, Morse dan Semafor. Dan keempat, Kegiatan Alam.