Mahasiswa berikan tanggapan terkait materi artikel pada pertemuan 1. berikan tanggapan kalian dalam forum diskusi berikut ini.
Forum Diskusi 1
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No.Absen: 21
Izin menanggapi artikel pada pertemuan 1 pak,
Ekstrakurikuler sekolah merupakan sarana aktualisasi diri peserta didik di sekolah. Ketersediaan ekstrakulikuler yang dibina secara professional akan melahirkan prestasi yang akan membanggakan baik peserta didik itu sendiri maupun sekolah. Pemberdayaan ekstrakurikuler sekolah dari pelatih, pembina, materi ekstrakulikuler, menejemen, dan kerja sama sangat dibutuhkan untuk membangun ekstrakurikuler sekolah jauh lebih baik.
Secara konseptual ekstrakurikuler sekolah merupakan kegiatan yang melibatkan totalitas kemampuan peserta didik baik dalam estetika, etika, atau logika. Artinya semua kegiatan yang bisa mengeksplorasi kemampuan peserta didik menuju pengembangan diri peserta didik itu sendiri bisa menjadi suatu ekstrakurikuler. Disinlah tugas dan peran sekolah memilah dan memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan sekolah dengan dua tujuan sekaligus yaitu sekarang dan masa depan. Maksudnya peserta didik tergarap secara utuh dan prestasi dan prestise sekolah itu sendiri.
NPM: 1913053055
No.Absen: 21
Izin menanggapi artikel pada pertemuan 1 pak,
Ekstrakurikuler sekolah merupakan sarana aktualisasi diri peserta didik di sekolah. Ketersediaan ekstrakulikuler yang dibina secara professional akan melahirkan prestasi yang akan membanggakan baik peserta didik itu sendiri maupun sekolah. Pemberdayaan ekstrakurikuler sekolah dari pelatih, pembina, materi ekstrakulikuler, menejemen, dan kerja sama sangat dibutuhkan untuk membangun ekstrakurikuler sekolah jauh lebih baik.
Secara konseptual ekstrakurikuler sekolah merupakan kegiatan yang melibatkan totalitas kemampuan peserta didik baik dalam estetika, etika, atau logika. Artinya semua kegiatan yang bisa mengeksplorasi kemampuan peserta didik menuju pengembangan diri peserta didik itu sendiri bisa menjadi suatu ekstrakurikuler. Disinlah tugas dan peran sekolah memilah dan memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan sekolah dengan dua tujuan sekaligus yaitu sekarang dan masa depan. Maksudnya peserta didik tergarap secara utuh dan prestasi dan prestise sekolah itu sendiri.
Nama: Nabila Salsabila
NPM : 1913053048
Izin menanggapi pak,
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan
ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
NPM : 1913053048
Izin menanggapi pak,
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan
ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa maupun mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003
Np.absen : 25
Izin menanggapi artikel pertemuan 1 bapak
Sekolah perlu menentukan pilihan prioritas kegiatan ekstrakurikuler yang akan diselenggarakan berdasarkan analisis potensi dan minat peserta didik,serta kemampuan sekolah dalam memenuhi sumberdaya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah dapat mengembangkan bentuk kegiatan selain daripada yang tersebut di atas berdasarkan kearifan lokal dan kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekolah dengan tetap memerhatikan tujuan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
Satuan pendidikan juga perlu memikirkan daya dukung lain untuk kesinambungan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diprogramkan. Daya dukung lain misalnya menyediakan kegiatan yang bersifatkompetitif-prestatif bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
NPM : 1953053003
Np.absen : 25
Izin menanggapi artikel pertemuan 1 bapak
Sekolah perlu menentukan pilihan prioritas kegiatan ekstrakurikuler yang akan diselenggarakan berdasarkan analisis potensi dan minat peserta didik,serta kemampuan sekolah dalam memenuhi sumberdaya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah dapat mengembangkan bentuk kegiatan selain daripada yang tersebut di atas berdasarkan kearifan lokal dan kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekolah dengan tetap memerhatikan tujuan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
Satuan pendidikan juga perlu memikirkan daya dukung lain untuk kesinambungan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diprogramkan. Daya dukung lain misalnya menyediakan kegiatan yang bersifatkompetitif-prestatif bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
Nama: Rida Arrafini
NPM: 1913053116
No.Absen: 29
Izin menanggapi pak,
Menurut saya ekstrakulikuler adalah suatu kegiatan positif yang mana siswa dapat menyalurkan bakat dan hobi,selain itu siswa juga memiliki kesibukan tersendiri, jadi siswa yang mengikuti bebagai macam ekstra itu sangat bagus dan lebih aktif dalam organisasi sekolah.
Arti pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung kegiatan
pembelajaran di sekolah iyalah kegiatan ekstrakurikuler sebagai tambahan
diluar waktu yang telah disediakan, sangat penting untuk meningkatkan
pengetahuan pada anak, kemandirian,melatihnya untuk bersosialisasi dan
membangun kerja sama kelompok juga membantu mengembangkan bakat
dan minat yang dimiliki oleh siswa.
Pelaksanaan ekstrakurikuler merupakan aktualisasi dari rencana kerja yang
telah disusun dan merupakan aktifitas atau usaha-usaha yang dilaksanakan
untuk melaksanakan semua rencana.
Adapun bentuk kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa:
a. Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS),
Palang Merah Remaja (PMR). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan
Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya;
b. Karya iliniah, misalnya: Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan
penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya:
c. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan bakat
olahraga, seni dan budaya, pecinta alain journalistik sester, teknologi dan
komunikasi, rekayasa, dan lainnya;
d. Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al
quran, retreat, dll
NPM: 1913053116
No.Absen: 29
Izin menanggapi pak,
Menurut saya ekstrakulikuler adalah suatu kegiatan positif yang mana siswa dapat menyalurkan bakat dan hobi,selain itu siswa juga memiliki kesibukan tersendiri, jadi siswa yang mengikuti bebagai macam ekstra itu sangat bagus dan lebih aktif dalam organisasi sekolah.
Arti pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung kegiatan
pembelajaran di sekolah iyalah kegiatan ekstrakurikuler sebagai tambahan
diluar waktu yang telah disediakan, sangat penting untuk meningkatkan
pengetahuan pada anak, kemandirian,melatihnya untuk bersosialisasi dan
membangun kerja sama kelompok juga membantu mengembangkan bakat
dan minat yang dimiliki oleh siswa.
Pelaksanaan ekstrakurikuler merupakan aktualisasi dari rencana kerja yang
telah disusun dan merupakan aktifitas atau usaha-usaha yang dilaksanakan
untuk melaksanakan semua rencana.
Adapun bentuk kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa:
a. Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS),
Palang Merah Remaja (PMR). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan
Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya;
b. Karya iliniah, misalnya: Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan
penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya:
c. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan bakat
olahraga, seni dan budaya, pecinta alain journalistik sester, teknologi dan
komunikasi, rekayasa, dan lainnya;
d. Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al
quran, retreat, dll
Nama : Wika Orin Sherialiusani
NPM : 1913053039
No. Absen : 35
Izin menanggapi pak,
Pada dasarnya, dalam kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan pengembangan diri memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Dimana kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Sementara itu, untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik yang menyangkut materi maupun kegiatannya.
NPM : 1913053039
No. Absen : 35
Izin menanggapi pak,
Pada dasarnya, dalam kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan pengembangan diri memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Dimana kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Sementara itu, untuk mendukung terlaksananya program ekstrakurikuler diperlukan adanya berbagai petunjuk dan pedoman, baik yang menyangkut materi maupun kegiatannya.
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10
Izin menanggapi artikel pertemuan 1 pak,
Ekstrakurikuler di sekolah: dasar kebijakan dan aktualisasinya.
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah, adanya kegiatan ekstrakurikuler ini peserta didik mampu mengembangkan bakat dan minat mereka, dengan tujuan peserta didik dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran serta untuk memantapkan pendidikan kepribadian, hal ini sudah diatur kebijakannya oleh departemen pendidikan nasional sebelum era reformasi. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupan peserta didik.
NPM : 1913053070
No. Absen : 10
Izin menanggapi artikel pertemuan 1 pak,
Ekstrakurikuler di sekolah: dasar kebijakan dan aktualisasinya.
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah, adanya kegiatan ekstrakurikuler ini peserta didik mampu mengembangkan bakat dan minat mereka, dengan tujuan peserta didik dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran serta untuk memantapkan pendidikan kepribadian, hal ini sudah diatur kebijakannya oleh departemen pendidikan nasional sebelum era reformasi. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupan peserta didik.
Nama: Hanania Ayu Widya
NPM: 1913053004
Izin memberikan tanggapan pada artikel pertemuan 1 Pak,
Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya
Dasar kebijakan kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992.
Aktualisasinya adalah kegiatan ekstrakurikuler ini dapat memberikan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
NPM: 1913053004
Izin memberikan tanggapan pada artikel pertemuan 1 Pak,
Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya
Dasar kebijakan kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U/1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992.
Aktualisasinya adalah kegiatan ekstrakurikuler ini dapat memberikan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
Nama : Marsasanda Andarin
NPM : 193053926
No. Absen : 22
Izin menanggapi pak,
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola sekolah perlu memahami cara dan tahapan diperlukan panduan yang dapat membimbingsatuan pendidikan dalam menyelenggarakannya.
NPM : 193053926
No. Absen : 22
Izin menanggapi pak,
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola sekolah perlu memahami cara dan tahapan diperlukan panduan yang dapat membimbingsatuan pendidikan dalam menyelenggarakannya.
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah akan memberikan banyak manfaat tidak hanya terhadap siswa tetapi juga bagi efektivitas penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Begitu banyak fungsi dan makna kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Hal ini akan terwujud, manakala pengelolaan kegiatan ekstrakulikuler dilaksanakan sebaik-baiknya khususnya pengaturan siswa, peningkatan disiplin siswa dan semua petugas.
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi memberikan banyak manfaat yang didapatkan. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.
Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya dalam arti:
1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Berbudi pekerti luhur
3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan
4. Sehat jasmani dan rohani
5. Berkepribadian yang mantap dan mandiri
6. Memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
Selain itu tujuan ekstrakurikuler juga untuk lebih memantapkan pendidikan kepribadian dan untuk lebih mengaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan.
NPM : 1913053117
No. Absen : 37
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi memberikan banyak manfaat yang didapatkan. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.
Kegitan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya dalam arti:
1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Berbudi pekerti luhur
3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan
4. Sehat jasmani dan rohani
5. Berkepribadian yang mantap dan mandiri
6. Memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
Selain itu tujuan ekstrakurikuler juga untuk lebih memantapkan pendidikan kepribadian dan untuk lebih mengaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan.
Nama : Frischa Ramadhan Putri
NPM : 1913053112
No. Absen : 11
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun peserta didik itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi memberikan banyak manfaat yang didapatkan. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu:
NPM : 1913053112
No. Absen : 11
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun peserta didik itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi memberikan banyak manfaat yang didapatkan. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter.
Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Berkebinekaan global
- Bergotong royong
- Kreatif
- Bernalar kritis
- Mandiri
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
Nama : Anggi Cahyani Putri
Npm : 1913053083
No. Absen : 03
Izin menanggapi bapak,
Artikel tersebut menjelaskan mengenai Ekstrakurikuler di Sekolah (Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya). Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Dirumuskan bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah, yang dilakukan, baik di sekolah ataupun diluar sekolah, dengan tujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Banyak macam kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di sekolah, yang tentu saja berbeda –beda antar sekolah. Perbedaan itu bisa dimengerti karena terdapatnya perbedaan minat dan kebutuhan siswa, sarana dan prasarana, potensi sekolah dan potensi daerah yang bersangkutan. Beberapa jenis ekstrakurikuler (eskul) yang secara merata ada di sekolah baiasanya ekstrakurikuler pramuka, ekstrakurikuler olahraga, dan ekstrakurikuler seni. Tahapan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian.
Npm : 1913053083
No. Absen : 03
Izin menanggapi bapak,
Artikel tersebut menjelaskan mengenai Ekstrakurikuler di Sekolah (Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya). Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 0461/U1964 dan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor : 226/C/Kep/O/1992. Dirumuskan bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah, yang dilakukan, baik di sekolah ataupun diluar sekolah, dengan tujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Banyak macam kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di sekolah, yang tentu saja berbeda –beda antar sekolah. Perbedaan itu bisa dimengerti karena terdapatnya perbedaan minat dan kebutuhan siswa, sarana dan prasarana, potensi sekolah dan potensi daerah yang bersangkutan. Beberapa jenis ekstrakurikuler (eskul) yang secara merata ada di sekolah baiasanya ekstrakurikuler pramuka, ekstrakurikuler olahraga, dan ekstrakurikuler seni. Tahapan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian.
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No.absen : 15
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Kegiatan kompetitif-prestatif dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler di satuan pendidikan. Dengan melihat prestasi peserta didik dalam sebuah kompetisi, tim pembina dapat melakukan evaluasi terhadap program ekstrakurikuler serta mengembangkannya menjadi lebih baik pada masa berikutnya. Di sisi lain, melalui kegiatan kompetitif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap hasil usaha latihannya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
NPM : 1953053011
No.absen : 15
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Kegiatan kompetitif-prestatif dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler di satuan pendidikan. Dengan melihat prestasi peserta didik dalam sebuah kompetisi, tim pembina dapat melakukan evaluasi terhadap program ekstrakurikuler serta mengembangkannya menjadi lebih baik pada masa berikutnya. Di sisi lain, melalui kegiatan kompetitif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap hasil usaha latihannya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122
Izin menanggapi artikel pertemuan 1,
Dalam artikel tersebut menjelaskan tentang "Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya".
Di Indonesia , kegiatan ekstrakurikuler sekolah bukanlah sesuatu yang baru. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Di tingkat sekolah dasar pada umumnya jenis ekstrakurikuler yang dilakukan adalah kegiatan pramuka. Siswa sekolah dasar yang menjadi anggota pramuka dimasukkan sebagai kelompok siaga. Sedangkan Pada tingkat SMP dan SMA, kegiatan ekstrakurikuler berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya pramuka tetapi meliputi kegiatan-kegiatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah, Kegiatan Seni, Patroli Keamanan Sekolah dan Kegiatan Olahraga.
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
NPM : 1913053122
Izin menanggapi artikel pertemuan 1,
Dalam artikel tersebut menjelaskan tentang "Ekstrakurikuler di Sekolah : Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya".
Di Indonesia , kegiatan ekstrakurikuler sekolah bukanlah sesuatu yang baru. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Di tingkat sekolah dasar pada umumnya jenis ekstrakurikuler yang dilakukan adalah kegiatan pramuka. Siswa sekolah dasar yang menjadi anggota pramuka dimasukkan sebagai kelompok siaga. Sedangkan Pada tingkat SMP dan SMA, kegiatan ekstrakurikuler berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya pramuka tetapi meliputi kegiatan-kegiatan seperti Usaha Kesehatan Sekolah, Kegiatan Seni, Patroli Keamanan Sekolah dan Kegiatan Olahraga.
Ekstrakurikuler baik di sekolah maupun perguruan tinggi telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di samping kegiatan intra kurikuler dimungkinkan karena banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses yang sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.