Rekan-rekan mahasiswa bagi kelompok yang bertugas silahkan share makalah
dan PPTnya di Forum diskusi bagi rekan lainnya dipersilahkan yang
ingin bertanya dan menjawab pertanyaan rekannya
Forum Diskusi
assalamualaikum wr. wb
kami kelompok 9 akan menyampaikan materi mengenai hubungan karakter dan kepribadian
dan iziznkan mengirimkan makalah dan pptnya pak
kami kelompok 9 akan menyampaikan materi mengenai hubungan karakter dan kepribadian
dan iziznkan mengirimkan makalah dan pptnya pak
waalaikumsalam wr.wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to MUKTI SETIAWAN 2053053003
Re: Forum Diskusi
Selamat pagi
waalaikumsalam wr.wb
Waalaikumussalam wr wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarokatu
Waalaikumsalam wr wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
baik dan ini link ppt dari kelompok 9
https://docs.google.com/file/d/1l4tvo366sMOy1sCOkJzJ0Dl3Cu9uyNkf/edit?usp=docslist_api&filetype=mspresentation
https://docs.google.com/file/d/1l4tvo366sMOy1sCOkJzJ0Dl3Cu9uyNkf/edit?usp=docslist_api&filetype=mspresentation
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu
Waalaikumsalam wr wb
Berikut hasil diskusi kelompok 9
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
baik untuk menyingkat waktu, saya akan membuka 2 termin dimana termin 1 terdiri dari 3 penanya bagi teman teman yang ingin bertanya saya persilahkan
Izin bertanya moderator
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM. : (2053053025)
Apa pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter perkembangan anak?
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM. : (2053053025)
Apa pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter perkembangan anak?
nama : mukti setiawan
npm:2053053003
izinkan saya menjawab pertanyaan tersebut
Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak
sejak kecil adalah sangat mendalam dan menentukan perkembangan
pribadi anak selanjutnya. Hal ini disebabkan karena pengaruh itu
merupakan pengalaman yang pertama, pengaruh yang diterima anak
masih terbatas jumlah dan luasnya, intensitas pengaruh itu sangat
tinggi karena berlangsung terus menerus, serta umumnya pengaruh itu
diterima dalam suasana bernada emosional. Kemudian semakin besar
seorang anak maka pengaruh yang diterima dari lingkungan sosial
makin besar dan meluas. Ini dapat diartikan bahwa faktor social
mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dan pembentukan
kepribadian
npm:2053053003
izinkan saya menjawab pertanyaan tersebut
Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak
sejak kecil adalah sangat mendalam dan menentukan perkembangan
pribadi anak selanjutnya. Hal ini disebabkan karena pengaruh itu
merupakan pengalaman yang pertama, pengaruh yang diterima anak
masih terbatas jumlah dan luasnya, intensitas pengaruh itu sangat
tinggi karena berlangsung terus menerus, serta umumnya pengaruh itu
diterima dalam suasana bernada emosional. Kemudian semakin besar
seorang anak maka pengaruh yang diterima dari lingkungan sosial
makin besar dan meluas. Ini dapat diartikan bahwa faktor social
mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dan pembentukan
kepribadian
bagaimana dewi apakah sudah dipahami, jika da teman teman yang ingin menyanggah atau menambahkan waktu dan tempat saya persilahkan
Baik dapat dimengerti terimakasih
In reply to Dewi Nurhanifah 2053053025
Re: Forum Diskusi
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Dewi
Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan yang sangat memengaruhi karakter anak karena lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang memengaruhi seorang anak. Sejak lahir anak sudah berinteraksi dengan keluarga. Seperti yang kita ketahui, anak adalah peniru yang ulung. Mereka akan meniru apa yang ia lihat dan rasakan dikeluarganya sehingga akan berpengaruh pada karakter anak tersebut. Misalnya dalam sebuah keluarga, kedua orangtuanya selalu saja bertengkar, bersikap kasar dan berkata kasar. Maka, lambat laun karakter yang berkembang pada anak juga karakter yang buruk. Begitu juga sebaliknya. Secara singkatnya, jika ljngkungan keluarga baik dan positif, maka perkembangan karakter pada anak pun ikut posistif. Dan jika lingkungan keluarga buruk dan negatif, maka perkembangan karakter anak juga akan negatif.
Sekian penambahan jawaban dari saya, terimakasih.
NPM: 2053053005
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Dewi
Lingkungan keluarga merupakan salah satu lingkungan yang sangat memengaruhi karakter anak karena lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang memengaruhi seorang anak. Sejak lahir anak sudah berinteraksi dengan keluarga. Seperti yang kita ketahui, anak adalah peniru yang ulung. Mereka akan meniru apa yang ia lihat dan rasakan dikeluarganya sehingga akan berpengaruh pada karakter anak tersebut. Misalnya dalam sebuah keluarga, kedua orangtuanya selalu saja bertengkar, bersikap kasar dan berkata kasar. Maka, lambat laun karakter yang berkembang pada anak juga karakter yang buruk. Begitu juga sebaliknya. Secara singkatnya, jika ljngkungan keluarga baik dan positif, maka perkembangan karakter pada anak pun ikut posistif. Dan jika lingkungan keluarga buruk dan negatif, maka perkembangan karakter anak juga akan negatif.
Sekian penambahan jawaban dari saya, terimakasih.
Nama : Nurulita Kurniasih
NPM : 2053053006
Izin bertanya moderator
NPM : 2053053006
Izin bertanya moderator
Apakah kebijakan menaati protokol kesehatan seperti sekolah secara daring dan pembatasan kegiatan diluar rumah secara terus menerus akibat pandemi covid 19 ini dapat berdampak pada perubahan kepribadian peserta didik? Jika berdampak buruk bagaimanakah cara mengatasinya?
Terimakasih
Terimakasih
Izin menjawab pertanyaan dari Nurulita
Nama : Reni dwi yulianti
Npm : 2053053013
Pembelajaran daring dan pembatasan diluar rumah memiliki dampak buruk bagi pederta didik yaitu:
1. Terhadap Prestasi Peserta didik diantaranya: Membuat peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi, Banyaknya pendidik yang menggunakan metode penugasan kepada peserta didik
2. Dampak Negative terhadap akhlak, yaitu dikarenakan peserta didik wajib memiliki Handphone android, karena semua tugas yang diberikan oleh pendidik biasanya melalui aplikasi Whaatsap, sekilas memang memudahkan bagi siswa, karena cukup membuka grup WA mereka sudah bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Namun dibalik kemudahan itu juga ada dampak negatifnya yaitu porsi waktu antara mengerjakan tugas dengan bermain game, maka porsi waktu bermain game jauh lebih lama daripada porsi waktu mengerjakan tugas, sehingga pada akhirnya siswa lebih banyak bermain gamenya daripada mengerjakan tugas. Dan sering mengabaikan perintah orang tuanya.
Nama : Reni dwi yulianti
Npm : 2053053013
Pembelajaran daring dan pembatasan diluar rumah memiliki dampak buruk bagi pederta didik yaitu:
1. Terhadap Prestasi Peserta didik diantaranya: Membuat peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi, Banyaknya pendidik yang menggunakan metode penugasan kepada peserta didik
2. Dampak Negative terhadap akhlak, yaitu dikarenakan peserta didik wajib memiliki Handphone android, karena semua tugas yang diberikan oleh pendidik biasanya melalui aplikasi Whaatsap, sekilas memang memudahkan bagi siswa, karena cukup membuka grup WA mereka sudah bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Namun dibalik kemudahan itu juga ada dampak negatifnya yaitu porsi waktu antara mengerjakan tugas dengan bermain game, maka porsi waktu bermain game jauh lebih lama daripada porsi waktu mengerjakan tugas, sehingga pada akhirnya siswa lebih banyak bermain gamenya daripada mengerjakan tugas. Dan sering mengabaikan perintah orang tuanya.
bagaimana nurulita apakah sudah dipahami, jika ada teman teman yang ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
Baik dapat dipahami dengan baik, terimakasih atas jawabannya
sama sama
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026
Izin bertanya modeator,
Di dalam kelas atau lingkungan sekitar biasanya kita sering mengamati peserta didik yang awalnya cenderung aktif dan suka bergaul dengan teman-temannya atau bisa kita sebut si anak memiliki kepribadian extrovert dan tiba-tiba dia menjadi pendiam atau introvert. Pertanyaannya adakah hal yang melatarbelakangi peserta didik itu menjadi pribadi yang introvert dan bisakah kita merubah diri seseorang itu menjadi seperti sebelumnya yang aktif, jika bisa bagaimana caranya?
NPM : 2053053026
Izin bertanya modeator,
Di dalam kelas atau lingkungan sekitar biasanya kita sering mengamati peserta didik yang awalnya cenderung aktif dan suka bergaul dengan teman-temannya atau bisa kita sebut si anak memiliki kepribadian extrovert dan tiba-tiba dia menjadi pendiam atau introvert. Pertanyaannya adakah hal yang melatarbelakangi peserta didik itu menjadi pribadi yang introvert dan bisakah kita merubah diri seseorang itu menjadi seperti sebelumnya yang aktif, jika bisa bagaimana caranya?
Bisa, anak yang awalnya memiliki kepribadian extrovert lalu berubah menjadi anak kepribadian introvert itu biasanya ia memiliki sebuah masalah yang dapat mengenai mental seseorang, misalkan saja trauma terhadap sesuatu atau broken home. Untuk mengatasi masalah itu, kita harus bertanya kepada anaknya kenapa ia menjadi lebih pendiam, tanyakan masalah apa yg sedang ia hadapi, jika memang ia memiliki masalah berikan ia sebuah dorongan dan motivasi untuk mendorong mentalnya dan berikan juga rasa kasih sayang yang tinggi kepadanya.
bagaimana intan bestika apakah sudah dipahami, bagi teman teman ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
Baik, bisa dipahami. Terima kasih atas jawabannya.
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan intan bestika moderator
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016
Biasanya anak yang semula memiliki kepribadian ektrovert kemudian tiba tiba ia menjadi introvert dipengaruhi oleh latar belakang yang berbeda beda, bisa dari faktor internal dan eksternal. Contoh faktor internal yaitu kurangnya kepercayaan diri yang disebabkan oleh banyak faktor antara lain ia mendapati sebuah masalah dalam dirinya kemudian ia tidak bisa menyelesaikan masalahnya jadi ia cenderung takut untuk mengutarakan pendapat karna takut terulang hal yang sama, solusinya berilah anak waktu untuk mengobrol bersama orang dewasa dan ajaklah untuk berdiskusi mengenai apa masalah yang sedang dialami ,dengarkan anak terlebih dahulu baru kita memberikan saran yang baik untuk anak tersebut.
Kemudian faktor kedua adalah faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, contohnya broken home. Anak yang mengalami broken home meberikan dampak yang besar terhadap sifat dan mental anak tersebut, maka jika menemukan anak yang baru saja mengalami broken home sebaiknya berikan dia waktu untuk menerima keadaan dan kita sebagai orang dewasa juga harus memahami keadaan anak tersebut. Berikanlah semangat dan tunjukanlah rasa sayang agar anak tidak merasa sendiri
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016
Biasanya anak yang semula memiliki kepribadian ektrovert kemudian tiba tiba ia menjadi introvert dipengaruhi oleh latar belakang yang berbeda beda, bisa dari faktor internal dan eksternal. Contoh faktor internal yaitu kurangnya kepercayaan diri yang disebabkan oleh banyak faktor antara lain ia mendapati sebuah masalah dalam dirinya kemudian ia tidak bisa menyelesaikan masalahnya jadi ia cenderung takut untuk mengutarakan pendapat karna takut terulang hal yang sama, solusinya berilah anak waktu untuk mengobrol bersama orang dewasa dan ajaklah untuk berdiskusi mengenai apa masalah yang sedang dialami ,dengarkan anak terlebih dahulu baru kita memberikan saran yang baik untuk anak tersebut.
Kemudian faktor kedua adalah faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, contohnya broken home. Anak yang mengalami broken home meberikan dampak yang besar terhadap sifat dan mental anak tersebut, maka jika menemukan anak yang baru saja mengalami broken home sebaiknya berikan dia waktu untuk menerima keadaan dan kita sebagai orang dewasa juga harus memahami keadaan anak tersebut. Berikanlah semangat dan tunjukanlah rasa sayang agar anak tidak merasa sendiri
baik, pertanyaan saya tutup terlebih dahulu izin kan kelompok kami berdiskusi untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut
baik selanjutnya saya akan membuka termin ke 2 dimana terdiri dari 3 penanya jika ada yang bertanya waktu dan tempat saya persilahkan
Izin bertanya moderator
Izin memperkenalkan diri saya Rafiq Nur Fadillah (2053053004)
Kepribadian dan karakter yaitu suatu pembahasan yang memiliki pengertian yang berbeda. Berikan contoh kepribadian dan karakter yang kurang baik pada peserta didik khususnya tingkatan sekolah dasar serta berikan cara untuk mengatasi hal tersebut?
Terimakasih
Izin memperkenalkan diri saya Rafiq Nur Fadillah (2053053004)
Kepribadian dan karakter yaitu suatu pembahasan yang memiliki pengertian yang berbeda. Berikan contoh kepribadian dan karakter yang kurang baik pada peserta didik khususnya tingkatan sekolah dasar serta berikan cara untuk mengatasi hal tersebut?
Terimakasih
Izin menjawab moderator
untuk tingkatan SD anak yang memiliki kepribadian yang kurang baik yaitu kepribadian introvert karena biasanya anak yang introvert itu cenderung pasif, tidak berani bertanya dan pemalu. Ia tidak suka menjadi pusat perhatian dan memiliki kepercayaan diri yang kurang. Untuk mengatasi masalah itu, kita perlu bertanya kepada anak itu dan memberikan dorongan dan motivasi serta dukungan agar anak itu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berikan ia tambahan waktu belajar mandiri, karena biasanya introvert itu tidak suka keramaian dan penyendiri
untuk tingkatan SD anak yang memiliki kepribadian yang kurang baik yaitu kepribadian introvert karena biasanya anak yang introvert itu cenderung pasif, tidak berani bertanya dan pemalu. Ia tidak suka menjadi pusat perhatian dan memiliki kepercayaan diri yang kurang. Untuk mengatasi masalah itu, kita perlu bertanya kepada anak itu dan memberikan dorongan dan motivasi serta dukungan agar anak itu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berikan ia tambahan waktu belajar mandiri, karena biasanya introvert itu tidak suka keramaian dan penyendiri
bagaimana rafik apakah sudah dipahami, jika ada teman teman yang ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
Baik tarimakasih atas jawabannya, Dapat dipahami.
nama : clarissa fara adellia
npm : 2053053034
izin bertanya,
bagaimana cara yang efektif menerapkan pendidikan karakter dalam upaya pembentukan kepribadian yang baik untuk peserta didik?
terimakasih
npm : 2053053034
izin bertanya,
bagaimana cara yang efektif menerapkan pendidikan karakter dalam upaya pembentukan kepribadian yang baik untuk peserta didik?
terimakasih
izin menjawab pertanyaan dari clarisa
nama : reni dwi yulianti
npm : 20530531013
1. Memberikan contoh yang baik bagi peserta didik. Misalnya dalam berbicara dan berperilaku, dengan demikian peserta didik dapat belajar mencontoh hal positif dari pendidik
2. Memberi apresiasi. Misalnya dengan mengapresiasi nilai murid yang masih dibawah rata-rata, karena tidak menyontek saat mengerjakan latihan soal SD atau memberi nasehat kepada siswa yang menyontek. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter di kelas.
3. Memberikan pesan moral
4. Berperilaku jujur
5. Mengajarkan sopan santun
6. Berbagi pengalaman inspiratif dengan peserta didik. Dengan berbagi pengalaman, maka peserta didik akan belajar dari pengalaman tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Sehingga mereka tidak menjadi generasi yang bermental kerupuk, melainkan berani mengambil langkah untuk mencapai impian.
7. Membiarkan peserta didik menjadi pemimpin. Sifat kepemimpinan didapatkan melalui pendidikan karakter, di mana pendidik bisa memberikan kesempatan agar peserta didik dapat memimpin teman-temannya. Mengingat karakter pemimpin sangat penting untuk dimiliki, dan dapat mempengaruhi kehidupan sosial maupun ekonomi. Oleh sebab itu, pendidik harus membantu siswa untuk melatih jiwa kepemimpinan.
nama : reni dwi yulianti
npm : 20530531013
1. Memberikan contoh yang baik bagi peserta didik. Misalnya dalam berbicara dan berperilaku, dengan demikian peserta didik dapat belajar mencontoh hal positif dari pendidik
2. Memberi apresiasi. Misalnya dengan mengapresiasi nilai murid yang masih dibawah rata-rata, karena tidak menyontek saat mengerjakan latihan soal SD atau memberi nasehat kepada siswa yang menyontek. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter di kelas.
3. Memberikan pesan moral
4. Berperilaku jujur
5. Mengajarkan sopan santun
6. Berbagi pengalaman inspiratif dengan peserta didik. Dengan berbagi pengalaman, maka peserta didik akan belajar dari pengalaman tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Sehingga mereka tidak menjadi generasi yang bermental kerupuk, melainkan berani mengambil langkah untuk mencapai impian.
7. Membiarkan peserta didik menjadi pemimpin. Sifat kepemimpinan didapatkan melalui pendidikan karakter, di mana pendidik bisa memberikan kesempatan agar peserta didik dapat memimpin teman-temannya. Mengingat karakter pemimpin sangat penting untuk dimiliki, dan dapat mempengaruhi kehidupan sosial maupun ekonomi. Oleh sebab itu, pendidik harus membantu siswa untuk melatih jiwa kepemimpinan.
baik, bagaimana clarissa apakah sudah dipahami dan dimengerti jika ada teman teman yang ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
baik terimakasih mukti sudah dimengerti
Nama : Resti Septika
Npm : 2013053061
Izin bertanya moderator
Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda - beda ,pertanyaan nya jelaskan tipe kepribadian tersebut dan menurut kelompok kalian bagaimana cara mengetahui kepribadian seseorang itu ?
Npm : 2013053061
Izin bertanya moderator
Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda - beda ,pertanyaan nya jelaskan tipe kepribadian tersebut dan menurut kelompok kalian bagaimana cara mengetahui kepribadian seseorang itu ?
nama: mukti setiawan
npm:2053053003
izin menjawab
Tipe-tipe Kepribadian Manusia Berikut penjelasan keempat kepribadian tersebut yang dirangkum dari Psichologia:
1. Sanguinis Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung hidup, optimis, ringan, dan riang. Tipe ini juga menyukai petualangan dan memiliki toleransi tinggi akan risiko. Selain itu, tipe sanguin biasanya lemah dalam menoleransi kebosanan, serta akan mencari variasi dan hiburan. Secara alami, sifat ini kadang-kadang negatif dalam memengaruhi hubungan percintaan dan lainnya. Karena kepribadian ini berperilaku mencari kesenangan, banyak orang dengan kepribadian sanguinis cenderung berjuang dengan kecanduan (ingin suatu hal dengan terus-menerus). Orang sanguin juga dikenal sangat kreatif dan bisa menjadi seniman serta penghibur yang hebat dan akan berhasil jika memilih karier di industri hiburan. Kemampuan alami orang sanguinis sangat cocok jika memilih pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak/kuliner, atau olahraga.
2. Plegmatis Seseorang dengan kepribadian plegmatis biasanya adalah orang-orang yang cinta damai. Tipe ini biasanya mencari keharmonisan antar-pribadi dan hubungan dekat yang membuat orang-orang plegmatis menjadi pasangan yang setia dan orang tua yang penuh kasih. Orang-orang plegmatis suka menjaga hubungan dengan teman-teman lama, anggota keluarga yang jauh, dan tetangga. Dalam hal kepribadian, tipe plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menengahi orang lain untuk memulihkan perdamaian dan harmoni. Plegmatis juga sangat suka beramal dan membantu orang lain. Karier yang ideal untuk tipe kepribadian plegmatis antara lain perawat, guru, psikolog, konseling, atau layanan sosial
3. Koleris Seseorang dengan kepribadian koleris biasanya orang yang sangat berorientasi pada tujuan. Orang yang koleris terkenal sangat cerdas, analitis, dan logis, sangat praktis dan langsung, tetapi tipe ini tidak harus menjadi teman baik atau orang yang ramah. Seorang koleris tidak menyukai pembicaraan singkat dan menikmati percakapan yang mendalam dan bermakna. Mereka lebih suka sendirian daripada di perusahaan dengan orang berkepribadian lemah. Idealnya, tipe ini suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki minat profesional yang serupa. Pekerjaan ideal untuk seorang koleris terkait dengan industri tentang pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, dan pemrograman
4. Melankolis Orang-orang dengan kepribadian melankolis menyukai tradisi. Misalnya wanita memasak untuk laki-laki, laki-laki membuka pintu bagi wanita. Tipe melankolis rata-rata mencintai keluarga dan teman-temannya, tidak seperti orang-orang sanguinis. Melankolis tidak suka mencari hal-hal baru dan petualangan dan bahkan cenderung akan sangat menghindarinya. Seseorang dengan kepribadian melankolis tidak mungkin menikah dengan orang asing atau meninggalkan tanah airnya ke negara lain. Orang yang melankolis juga dikenal sangat sosial dan berupaya berkontribusi pada komunitas, sangat teliti dan akurat. Tipe ini adalah manajer yang fantastis dengan kepribadian yang baik. Karier yang sempurna untuk tipe kepribadian melankolis antara lain dalam bidang pengelolaan/ manajemen, akuntansi, pekerjaan social, atau bagian administrasi.
npm:2053053003
izin menjawab
Tipe-tipe Kepribadian Manusia Berikut penjelasan keempat kepribadian tersebut yang dirangkum dari Psichologia:
1. Sanguinis Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung hidup, optimis, ringan, dan riang. Tipe ini juga menyukai petualangan dan memiliki toleransi tinggi akan risiko. Selain itu, tipe sanguin biasanya lemah dalam menoleransi kebosanan, serta akan mencari variasi dan hiburan. Secara alami, sifat ini kadang-kadang negatif dalam memengaruhi hubungan percintaan dan lainnya. Karena kepribadian ini berperilaku mencari kesenangan, banyak orang dengan kepribadian sanguinis cenderung berjuang dengan kecanduan (ingin suatu hal dengan terus-menerus). Orang sanguin juga dikenal sangat kreatif dan bisa menjadi seniman serta penghibur yang hebat dan akan berhasil jika memilih karier di industri hiburan. Kemampuan alami orang sanguinis sangat cocok jika memilih pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak/kuliner, atau olahraga.
2. Plegmatis Seseorang dengan kepribadian plegmatis biasanya adalah orang-orang yang cinta damai. Tipe ini biasanya mencari keharmonisan antar-pribadi dan hubungan dekat yang membuat orang-orang plegmatis menjadi pasangan yang setia dan orang tua yang penuh kasih. Orang-orang plegmatis suka menjaga hubungan dengan teman-teman lama, anggota keluarga yang jauh, dan tetangga. Dalam hal kepribadian, tipe plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menengahi orang lain untuk memulihkan perdamaian dan harmoni. Plegmatis juga sangat suka beramal dan membantu orang lain. Karier yang ideal untuk tipe kepribadian plegmatis antara lain perawat, guru, psikolog, konseling, atau layanan sosial
3. Koleris Seseorang dengan kepribadian koleris biasanya orang yang sangat berorientasi pada tujuan. Orang yang koleris terkenal sangat cerdas, analitis, dan logis, sangat praktis dan langsung, tetapi tipe ini tidak harus menjadi teman baik atau orang yang ramah. Seorang koleris tidak menyukai pembicaraan singkat dan menikmati percakapan yang mendalam dan bermakna. Mereka lebih suka sendirian daripada di perusahaan dengan orang berkepribadian lemah. Idealnya, tipe ini suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki minat profesional yang serupa. Pekerjaan ideal untuk seorang koleris terkait dengan industri tentang pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, dan pemrograman
4. Melankolis Orang-orang dengan kepribadian melankolis menyukai tradisi. Misalnya wanita memasak untuk laki-laki, laki-laki membuka pintu bagi wanita. Tipe melankolis rata-rata mencintai keluarga dan teman-temannya, tidak seperti orang-orang sanguinis. Melankolis tidak suka mencari hal-hal baru dan petualangan dan bahkan cenderung akan sangat menghindarinya. Seseorang dengan kepribadian melankolis tidak mungkin menikah dengan orang asing atau meninggalkan tanah airnya ke negara lain. Orang yang melankolis juga dikenal sangat sosial dan berupaya berkontribusi pada komunitas, sangat teliti dan akurat. Tipe ini adalah manajer yang fantastis dengan kepribadian yang baik. Karier yang sempurna untuk tipe kepribadian melankolis antara lain dalam bidang pengelolaan/ manajemen, akuntansi, pekerjaan social, atau bagian administrasi.
bagaimana resti apakah sudah di mengerti jika ada teman teman yang ingin menambahkan atau menyanggah saya persilahkan
Baik sudah dapat dimengerti ,terima kasih
Izin untuk menmbahkan jawaban dari pertanyaan resti.
Nama : Vinsensius Asto Adi Pranata
Npm : 2053053017
Dalam mengetahui kepribagian seseorang itu dapat dilihat dari beberapa segi
1. cara berpenampilanya
2. Pandangan matanya
3. cara berbicaranya
4. Melihat bagaimana respon orang tersebut terhadap orang lain
5. Gaya hidupnya
6. dll
Dari aspek-aspek tersebut, kita dapat mengamati dan menyimpulkan bagaimana sikap dan kepribadian seseorang
Nama : Vinsensius Asto Adi Pranata
Npm : 2053053017
Dalam mengetahui kepribagian seseorang itu dapat dilihat dari beberapa segi
1. cara berpenampilanya
2. Pandangan matanya
3. cara berbicaranya
4. Melihat bagaimana respon orang tersebut terhadap orang lain
5. Gaya hidupnya
6. dll
Dari aspek-aspek tersebut, kita dapat mengamati dan menyimpulkan bagaimana sikap dan kepribadian seseorang
baik sesi ke 2 saya tutup izinkan kelompok kami berdiskusi menjawab pertanyaan tersebut
terimakasih mohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenang dan saya akhiri
wassalmualaikum warrahmatullahi wabarkatuh
wassalmualaikum warrahmatullahi wabarkatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr wb
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to MUKTI SETIAWAN 2053053003
Re: Forum Diskusi
Selamat pagi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh