forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 26

menurut pendapat kalian, megapa di sekolh dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, berikan juga pendapat mu tentang keunggulan dan kekurangan dari model pembelajaran tematik ini?

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Reni Dwi yulianti 2053053013 -
Izin menjawab
Nama : reni dwi yulianti
Npm : 2053053013

karena pada umumnya peserta didik masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan, perkembangan fisiknya tidakpernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.
Keunggulan:
1. Mudah memusatkan perhatian siswa karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama.
2. Siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mapel dalam tema yang sama.
3. melatih anak untuk semakin banyak membuat hubungan beberapa mata pelajaran
4. Menghemat waktu karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema dan disajikan secara terpadu dalam alokasi pertemuan-pertemuan yang direncanakan.
Kekurangan :
1. Pendidik harus berwawasan tinggi
2. kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
3. pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
4. pembelajaran cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Novia purnamasari 2053053028 -
Izin menyampai kan pendapat

Nama : Novia purnamasari
Npm : 2053053028

Menurut pendapat saya dalam pembelajran tematik SD disebutkan bahwa tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh.


keunggulan dalam pembelajran tematik karena cara pendekatannya pelibatan berbagai pengalaman siswa, karena tema-tema yang diangkat dipilih dari hal-hal yang dikemukakan siswa, yang mungkin bertolak dari pengalaman sebelumnya, serta berdasarkan kebutuhan yang dirasakan,sedangkan kekurangan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dewi Nurhanifah 2053053025 -
Nama : Dewi Nurhanifah
NPM : 2053053025

Izin menjawab pak/Bu,

Menurut Permendikbud No.57 tahun 2014 tentang kurikulum SD,disebutkan bahwa tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangiterjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik danmeningkat, sedangkan ruang lingkup pembelajaran tematik meliputi semua KD darisemua mata pelajaran kecuali agama. Pembelajaran tematik siswa membutuhkankemampuan dalam memahami konsep-konsep materi pembelajaran antar bidang studi,baik secara lisan maupun secara tulisan, disebutkan dalam tujuan pembelajarantematik untuk menghindari tumpang tindihnya suatu meteri pembelajaran makaditerapkannya sistem tema.
Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang mengerti tentangpembelajaran yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru memiliki kesulitan menjelaskan subtema yang yang akan disampaikan, hal ini terlihat ketika evaluasi siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakanya. Merujuk dari permaslahan tersebut sebelum mengajarkan pembelajaran tematik, maka guru MI/SD perlumempertimbagkan teori belajar mana yang cocok diterapkan pada pembelajarantematik MI/SD. Sehingga saat pembelajara tematik berlangsung pendidik tau teorimana yang cocok diterapkan dalam ruangan tersebut, dikarenakan setiap anak ataupunperuangan pasti memiliki perbedaan dalam menangkap apa yang disampaikan oleh pendidik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Aditya Mahendra 2053053012 -
Izin menjawab,
Aditya Mahendra
2053053012

Menurut saya karena pada pembelajaran tematik ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah (natural), dan memperhatikan pengalaman siswa dan tentunya pembelajaran akan berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran, materi pembelajaran haruslah disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik.

Kelebihan :
1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.

Kekurangan :
1).Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
2).Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Intan Dewi Pangestika 2013053183 -
Nama : Intan Dewi Pangestika
NPM : 2013053183

Model pembelajaran tematik di sekolah dasar lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar atau mengarahkan siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran tematik siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajari secara holistik, bermakna, autentik dan aktif.
Model pembelajaran tematik ini memiliki keunggulan dan kekurangan, diantaranya :
1. Keunggulan
- Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
- Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
- Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
- Menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
2. Kekurangan
- Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
- Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Izin menyampaikan pendapat pak
Nama: Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043

pembelajaran tematik diterapkan di sekolah dasar karena pada umumnya peserta didik pada tahap ini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik), perkembangan fisiknya tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.

Keunggulan pembelajaran tematik adalah lebih mudah untuk memusatkan perhatian kepada peserta didik, pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan, dan kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik

Kelemahan pembelajaran tematik adalah
1.Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
2) Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
3). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan pendidik.
4) Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Antika Tri Purnamasari 2053053014 -
Izin Menjawab Pak
Nama:Antika Tri Purnamasari
Npm:2053053014

Karena dengan menggunakan Pembelajaran tematik Pendidik lebih menekankan pada keterlibatan peserta didik dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran,sehingga
Peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu.Oleh karena itu,pendidik perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik.
Pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Kaitan konseptual antarmata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema. Selain itu,dengan penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu peserta didik, karena sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan.

Kelebihan dari Pembelajaran Tematik adalah:
1. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2. Hasil belajar akan lebih tahan lama
3. Menimbulkan keterampilan berpikir dan skill.
4.Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti; kerjasama, toleransi,
komunikasi dan respek terhadap orang lain.

Dan ada juga Kekurangan dari Pembelajaran Tematik. adalah:
1. Perencanaan pembelajaran tematik yang memakan waktu dan tenaga yang
lebih banyak mulai dari penyusunan matriks tematik, jaring laba-laba,
program semester, silabus dan RPP sekaligus dibuat dalam 1 semester.
2. Tidak berurutan materi yang diajarkan kecuali Matematika dalam 1 semester.
3. Menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Amanda Surya Widiyati 2053053020 -
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020

Izin menanggapi pak,
pada sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik karena pembelajaran tematik akan membuat siswa memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya, selain itu model pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran yang terpadu sehingga bukan hanya untuk menguasai konsep-konsep suatu mata pelajaran,tetapi juga keterkaitannya dengan konsep dari mata pelajaran lain.

Adapun kelebihan dari model pembelajaran tematik ini yaitu :
1. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
2. Menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
3. Pendidik dapat menghemat waktu.

kekurangan dari model pembelajaran tematik ini yaitu:
1. Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Herma Handani -
Izin menyampaikan pendapat pak
Nama: Herma Handani
NPM:2053053029

Menurut pendapat saya menghilangkan atau mengurangiterjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik danmeningkat, sedangkan ruang lingkup pembelajaran tematik meliputi semua KD darisemua mata pelajaran kecuali agama.selain itu model pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran yang terpadu sehingga bukan hanya untuk menguasai konsep-konsep suatu mata pelajaran,tetapi juga keterkaitannya dengan konsep dari mata pelajaran lain.
Adapun kelebihan dari model pembelajaran tematik ini yaitu :
1. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
2. Menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
3. Pendidik dapat menghemat waktu.

Adapun kekurangan dari model pembelajaran tematik ini yaitu :
1. Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
2.Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nurulita Kurniasih 2053053006 -
Nama : Nurulita Kurniasih
NPM : 2053053006

Izin berpendapat
Hal itu dikarenakan pembelajaran tematik adalah pembelajaran berbasis topik atau tema yang digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema. Penggunaan embelajaran tematik pada sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dan berpikir kritis dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung dalam menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari.

Keuntungan dari pembalajaran tematik
(1) Peserta didik lebih memusatkan perhatiannya pada suatu tema tertentu
(2) Peserta didik dapatmempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antara matapelajaran dalam tema yang sama
(3) pemahaman terhadap materi pelajaranlebih mendalam dan berkesan
(4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebihbaik dengan mengaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi
(5) Pendidik dapat menghemat waktu karena mata pelajaran disajikan secara terpadu, sehingga materi dapat dipersiapkan sekaligus dan dapat diberikan dalam dua atau tiga pertemuan
(6) peserta didik lebih bergairah belajaratau termotivasi, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi peserta didik karenadapat berkomunikasi dalam situasi nyata.

Sedangkan kekurangan dari pembelajaran tematik adalah
1). Pendidik harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lesi Agustin 2053053037 -
Izin menjawab pak Nama : Lesi Agustin Npm : 2053053037 Alasan pemerintah untuk menerapkan pembelajaran tematik antara lain: 1. pola pikiran anak yang masih holistik artinya usia siswa sekitar 4 – 10 tahun pola pemikirannya masih satu kesatuan, umumnya mereka menjadi berpikir fragmented karena pola asuh orang dewasa yang memisah-misahkannya; 2. Usia siswa SD masih bersifat operasional kongkrit menurut Jean Piaget bahwa pada usia tersebut masih butuh alat peraga (media) yang kongkrit (nyata) untuk menjelaskan suatu konsep; 3. saat proses belajar untuk mengenal suatu konsep tentu tidak lepas dari kehidupan yang paling dekat dengan lingkungan siswa oleh karena melalui payung tema yang menarik perhatian siswa ,sang guru dapat membelajarkan beberapa mata pelajaran seperti: Matematika, IPA, IPS, B.Indonesia, Seni Budaya Keterampilan (SBK), PPKn, Agama dan Olahraga. 4. Pembelajaran tematik sudah diperkenalkan sejak siswa duduk dibangku TK oleh karena sangat sinambung sekali ketika siswa kelas 1 sampai 3 SD bahkan siswa 4-6 SD jika memungkinkan waktu dan konsep-konsep yang akan dikaitkan dalam berbagai mata pelajaran menggunakan pembelajaran tematik tersebut. Beberapa kelebihan Pembelajaran Tematik adalah: 1. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan anak 2. Hasil belajar akan lebih tahan lama 3. Menimbulkan keterampilan berpikir dan skill 4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti; kerjasama, toleransi, komunikasi dan respek terhadap orang lain Beberapa kekurangan Pembelajaran Tematik adalah: 1. Perencanaan pembelajaran tematik yang memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak mulai dari penyusunan matriks tematik, jaring laba-laba, program semester, silabus dan RPP sekaligus dibuat dalam 1 semester. 2. Tidak berurutan materi yang diajarkan kecuali Matematika dalam 1 semester. 3. Menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema. Beberapa cara mengatasi kendala Pembelajaran Tematik sebagai berikut: 1. Kerja Team Work dari para guru SD tiap jenjang untuk membuat perencanaan hingga pelaksanaan. 2. Para siswa diajak terlibat untuk menyiapkan media sesuai dengan tema 3 hari sebelumnya. 3. Menggunakan bahan ajar tematik untuk membantu guru baik dari persiapan, pelaksanaan bahkan evaluasi. Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Intan Bestika Putri 2053053026 -
Nama : Intan Bestika Putri
NPM : 2053053026

Izin menjawab,
Di sekolah dasar tentunya harus menerapkan model pembelajaran tematik terpadu, karena dengan penerapan model pembelajaran tematik ini peserta didik dapat melihat hubungan-hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana, pembelajaran terpadu dapat meningkatkan taraf kecakapan berpikir peserta didik, memberikan penerapan-penerapan dunia nyata sehingga dapat mempertingi transfer pembelajaran, peserta didik dapat melatih peserta didik untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antarmata pelajaran sehingga mampu memproses informasi. Model pembelajaran tematik ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu memberikan pengalaman dan kegiatan pembelajaran yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik, mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik sesuai dengan persoalan yang dihadapi, menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama, serta memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain. Adapun kekurangannya yaitu apabila dilakukan oleh pendidik tunggal. Misalnya seorang pendidik kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Aldi febriawan 2053053036 -
Izin menjawab pak
Aldi Febriawan
2053053036

Menurut saya karena pada pembelajaran tematik ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah (natural), dan memperhatikan pengalaman siswa dan tentunya pembelajaran akan berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran, materi pembelajaran haruslah disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik.

Kelebihan :
- Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
- Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
- Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.

Kekurangan :
- Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
- Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Laras Putria -
Izin menjawab
Nama : Laras Putria
NPM : 2053053007
Menurut Permendikbud No 57 tahun 2014, tentang kurikulum SD
Pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, Siswa mampu memahami konsep-konsep tersebut secara utuh. Hal ini diperlukan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

tematik mempunyai kelebihan yakni:

1. Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
2. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
4. Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik.
Selain kelebihan di atas pembelajaran tematik memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Regita Tri Astuti 2053053016 -
Izin menjawab pak
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016

Karena tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangiterjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat, sedangkan ruang lingkup pembelajaran tematik meliputi semua KD dari semua mata pelajaran kecuali agama. Pembelajaran tematik siswa membutuhkan kemampuan dalam memahami konsep-konsep materi pembelajaran antar bidang studi,baik secara lisan maupun secara tulisan, disebutkan dalam tujuan pembelajaran tematik untuk menghindari tumpang tindihnya suatu meteri pembelajaran maka diterapkannya sistem tema.

Menurut Kunandar (2007:315), Pembelajaran tematik mempunyai kelebihan yakni:

Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.

Kekurangan :
Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alma Afifah 2053053044 -
Nama: Alma Afifah
Npm: 2053053044

Menurut permendikbud No 57 tahun 2014 tentang kurikulum SD, tujuan dari penggunaan tematik adalah menghilangkan terjadinya tumpang tindih materi dan memudahkan peserta didik untuk memahami konsep.

Keunggulan: Pembelajaran tematik di sd memungkinkan peserta didik untuk mengelompokkan objek, mengetahui angka dan tulisan, dan juga mengurangi banyak buku yang dibawa saat pembelajaran karena sistem tematik yang terdapat dalam satu buku.

Kekurangan: seorang pendidik harus bisa menguasai aspek materi dan sarana dan prasana banyak yang belum memadai
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Andhara Hani Pramesty -
Nama : Andhara Hani Pramesty
NPM : 2053053041

Izin menyampaikan pendapat,
Pentingnya pembelajaran tematik diterapkan disekolah dasar karena pada umumnya siswa pada tahap ini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik), perkembangan fisiknya tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.

Dalam pembelajaran tematik ini, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang berkaitan dengan pembelajaran tematik ini.

Kelebihan pembelajaran tematik, diantaranya :
1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.
4). Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir dan social anak.
5). Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis. Dengan permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan/lingkungan riil peserta didik.
6). Jika pembelajaran terpadu dirancang bersama dapat meningkatkan kerja sama antar guru bidang kajian terkait, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik/guru dengan narasumber sehingga belajar lebih menyenangkan, belajar dalam situasi nyata, dan dalam konteks yang lebih bermakna.

Kelemahan pembelajaran tematik, diantaranya :
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by resti septika 2013053061 -
Izin menjawab pak
Nama : Resti Septika
Npm : 2013053061

Menurut saya itu karena model Pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan begitu perserta didik dituntun untuk mampu memahami konsep-konsep mata pelajaran tidak hanya satu pelajaran saja , pembelajaran tematik ini bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna dari setiap materi, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh.

Keunggulan :
Dengan model pembelajaran tematik akan membuat penguasaan konsep perserta didik akan semakin baik dan meningkat sesuai tingkat perkembangan anak karena adanya pemaduan antar mata pelajaran yang akan membuat perserta didik semakin banyak pengalaman dan belajar sesuai kebutuhan perserta didik .

Kekurangan :
Model pembelajaran tematik ini ,Pendidik harus memiliki wawasan yang luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi.
Sekian terimakasih .
In reply to First post

Re: forum diskusi

by MUKTI SETIAWAN 2053053003 -
nama: mukti setiawan
npm: 2053053003
izin menjawab
Menurut saya model tematik digunakan di sekolah dasar dengan alasan model tersebut mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga memudahkan guru dan siswa agar dapat memahami materi yang telah diberikan untuk siswa, dan bagi guru mempermudah mempelajari sehingga menghindari tumpang-tindih nya pembelajaran yang diberikan.

Kelebihan dari model tematik
1. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna

2 mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik sesuai dengan persoalan yang dihadapi

4. Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerjasama

5. Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik

Kekurangan
1. Tenaga pendidik yang kurang terampil
2. Pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relatif baik baik dalam kemampuan akademik maupun kreativitas
3. Guru masih kesulitan dalam mempelajari Model tematik
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Destiana Puanda Ashari -
Izin menjawab,
Destiana Puanda Ashari
2053053021

Menurut saya karena pada pembelajaran tematik ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah (natural), dan memperhatikan pengalaman siswa dan tentunya pembelajaran akan berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran, materi pembelajaran haruslah disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik.

Kelebihan :
1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
3). Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi peserta didik sehingga hasil belajar akan
dapat bertahan lebih lama.

Kekurangan :
1).Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
2).Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Bella Cornelia 2053053018 -
Izin menyampaikan pendapat pak
Nama: Bella Cornelia
NPM:2053053018

pembelajaran tematik diterapkan di sekolah dasar karena pada umumnya peserta didik pada tahap ini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik), perkembangan fisiknya tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.

Keunggulan pembelajaran tematik adalah lebih mudah untuk memusatkan perhatian kepada peserta didik, pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan, dan kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik

Kelemahan pembelajaran tematik adalah
1.Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
2) Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
3). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan pendidik.
4) Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 -
Menurut saya, adanya penerapan model pembelajaran tematik di SD karena pendidik dianggap mampu mengajarkan semua materi pembelajaran. Pada kurikulum 13 pendidik menjadi kuru kelas, dalam artian satu orang pendidik memegang kelas masing-masing dengan menguasai serta mengajarkan semua materi pembelajaran di kelas tersebut, bebeda dengan kurikulum KTSP yang dimana setiap pendidik wajib memegang satu matapelajaran. Model pembelajaran tematik dianggap sebagai model pembelajaran yang paling relevan untuk sekarang ini, karena pada model pembelajaran tematik ini meringkas seluruh mteri pembelajaran menjadi satu buku yang materinya berkesinambungan antara materi satu dengan yang lain nya.
~ Kelebihan
1). Pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
2). Menimbulkan keterampilan baik dalam berpikir maupun skill dari peserta didik.

~ Kekurangan
1). Peserta didik kebingungan saat belajar
2). Peserta didik tidak fokus dalam belajar
3). Kurangnya penguasaan materi oleh pendidik, sehingga penyampaian materi tidak dapat maksimal.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by M. Dicky Kurniawan 2053053031 -
Nama: M. Dicky Kurniawan
NPM: 2053053031

Izin menjawab,

Menurut saya megapa di sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, karena pemebelajaran tematik merupakan suatu pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema dengan tujuan memberikan pengalaman bermakna bagi siswa untuk dapat memahami konsep – konsep yang telah mereka pelajari itu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lainnya.

Keunggulan:
a. Tema gunanya sebagai payung untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran
b. Tema harus menarik dan bermakna bagi siswa untuk belajar selanjutnya
c. Tema disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa (dari khusus ke umum)
d. Tema dipilih sesuai dengan ketersediaan sumber belajar

Kekurangan:
a. Guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
b. Pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya
In reply to First post

Re: forum diskusi

by FUJI BESTARI 2053053019 -
Izin menjawab
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Menurut Permendikbud No.57 tahun 2014 tentang kurikulum SD,disebutkan bahwa tujuan dari pembelajaran tematik adalah menghilangkan atau mengurangi terjadinya tumpah tindih materi, memudahkan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh. Sejalan dengan tujuan tersebut maka diterapkan pembelajaran tematik agar tidak ada tumpang tindih antara pelajaran yang satu dengan yang lain.

Menurut saya kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu terletak pada kegiatan yang berlangsung selama proses pembelajaran, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, menumbuhkan keterampilan berpikir dan social dalam diri siswa, menyajikan konsep pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan siswa. Selain itu juga dapat membangun kerja sama yang baik antar guru dan siswa dalam merumuskan kegiatan pembelajaran, sehingga akan lebih bermakna dan meninggalkan kesan yang lebih mendalam dalam diri siswa.

Sedangkan untuk kelemahannya sendiri yaitu:
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rosa Ramayanti 2053053030 -
Nama Rosa Ramayanti
Npm 2053053030
izin menjawab

Menurut Permendikbud No 57 tahun 2014, tentang kurikulum SD
Pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, Siswa mampu memahami konsep-konsep tersebut secara utuh. Hal ini diperlukan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Keunggulan:
1. Mudah memusatkan perhatian siswa karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama.
2. Siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mapel dalam tema yang sama.
3. melatih anak untuk semakin banyak membuat hubungan beberapa mata pelajaran
4. Menghemat waktu karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema dan disajikan secara terpadu dalam alokasi pertemuan-pertemuan yang direncanakan.
Kekurangan :
1. Pendidik harus berwawasan tinggi
2. kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
3. pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
4. pembelajaran cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 -
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005

Izin menjawab, Pak.
Model pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga bisa memberi pengalaman yang lebih bermakna kepada peserta didik. Lalu, mengapa di sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik? karena sekolah dasar ingin memudahkan, membantu, dan mengembangkan peserta didik dalam belajar. Dengan menerapkan pembelajaran tematik, maka peserta didik akan mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, pembelajaran akan menjadi utuh dan tidak tumpang tindih, sehingga peserta didik akan mendapatkan pemahaman mengenai proses dan materi. Dengan menerapkan model pembelajaran tematik, peserta didik juga akan menguasai konsep dengan semakin baik dan meningkat, serta materi akan diingat lebih lama sebab pembelajaran yang berlangsung selalu bergantung pada benda konkrit dan berhubungan dengan pengalaman yang dialami oleh peserta didik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan model pembelajaran tematik.
a. Kelebihan Model Pembelajaran Tematik
1. pembelajaran menjadi menyenangkan karena sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
2. Pembelajaran yang dilaksanakan terkait dengan pengalaman yang dialami peserta didik.
3. Hasil pembelajaran diingat lebih lama karena bermakna dan didapat dari pengalaman secara langsung.
4. Mampu menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan serta kognitif peserta didik.
5. Membuat pembelajaran menjadi lebih aktif.

b. Kekurangan Model Pembelajaran Tematik
1. Pendidik harus memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang tinggi dalam mengembangkan materi.
2. Memerlukan sarana dan sumber belajara yang cukup banyak.
3. Memerlukan penilaian secara menyeluruh.
4. Menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan belajar yang relative baik.