Nama : Divana Oriza Sativa
NPM : 2013053128
Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu kita dapat memilih media belajar yang beragam dan tentunya dapat menarik minat belajar dari peserta didik itu sendiri. Selain memilih media belajar yang menarik kita juga dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan dan juga dapat menunjang kegiatan belajar peserta didik sehingga pembelajaran tersebut tidak membosankan dan dapat membangkitkan motivasi belajar dari peserta didik itu sendiri. Contoh-contoh dari media pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas rendah yaitu seperti banyak gambar, colourfull, video animasi, ppt interaktif, dan masih banyak lagi. Diantara macam-macam contoh dari media pembelajaran yang sudah saya sebutkan salah satunya yaitu terdapat media pembelajaran berupa visual (gambar).
Media gambar sangat penting digunakan dalam pembelajaran karena dengan menggunakan media gambar dapat memperjelas suatu pengertian kepada peserta didik. Dan dengan menggunakan media gambar secara otomatis siswa akan lebih memperhatikan pelajaran dan siswa juga lebih termotivasi dalam belajar.
Media gambar juga dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran,karena gambar merupakan media yang murah dan mudah untuk di dapat serta besar manfaatnya utuk mempertinggi nilai pembelajaran. Karena media gambar dapat memberikan pengertian yang luas, kesan dan pengalaman tersendiri bagi siswa yang mudah di ingat dan sulit dilupakan.
Adapun beberapa manfaat dari media gambar adalah penjelasan dan penyampaian mengenai berbagai informasi, pesan, ide dan sebagainaya dengan lebih banyak memberikan kesan tanpa menggunakan bahasa verbal.
Selain itu, Agar tidak salah dalam memilih dan menggunakan media, maka dalam penggunaan media juga kita harus memilih media dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a) Apa saja kompetensi yang akan dicapai, yang sesuai dengan rancangan dan tujuan dari pengajaran yang dilakukan. Sebagaimana telah diketahui bahwa tujuan dari pengajaran adalah untuk menjangkau10 daerah kongnitif, afektif, dan psikomor. Jika akan memilih media pengajaran kita perlu11 mempertimbangkan seberapa jauh media tersebut dapat menggembangkan kemampuan atau perilaku yang terkandung dalam rumusan tujuan yang aka dicapai.
b) Kegunaan dari berbagai jenis media pembeljara itu sendiri, karena setiap media pasti mempunyai kegunaannya sendiri-sendiri. Hal ini yang harus dijadikan bahan dalam pertimbangan untuk memilih media pembelajaran yang akan
digunakan.
c) Kemampuan guru dalam menggunakan berbagai jenis media, faktor penentu
bagi guru dalam memilih media adalah kesederhanaan dalam membuat dan
menggunakan media.
d) Keluwesan dan fleksibilitas daam penggunaannya, seorang guru juga harus
memperhatikan dan mempertimbangkan keluwesan atau fleksibilitas, dalam arti bahwa seberapa jauh mana media tersebut dapat digunakan dengan praktis dalam berbagai situasi dan mudah dipindahkan dari satu tempat ketempat yang lainnya.
e) Kesesuaian dengan alokasi waktu dan saran pendukung pendukung yang ada. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media adalah seberapa jauh penggunaan media tersebut masih sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia bagi pengajaranyang bersangkutan.
f) Ketersediaannya. Guru memilih media yang sudah tersedia dan mudah menyediakannya karena media yang terbaik tidak tersedia.
g) Biaya. Media yang paling mapuh atau relative mahal jarang digunakan karena guru biasanya menggunakan media yang relatif murah atau ekonomis.