Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No.
Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan jawaban mengenai cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah.
Dikutip dari Mujiyanto (2016: 3-4), Pada jenjang SD kelas rendah
(lower primary), yakni rentang kelas 1-3, pengorganisasian materi pendidikan kewarganegaraan menerapkan pendekatan terpadu
(integrated) dengan fokus model pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman
(experience oriented) dengan memanfaatkan pola pengorganisasian lingkungan yang meluas
(expanding environment/community approach). Tujuan akhir dari pendidikan kewarganegaraan di kelas rendah ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan pengertian awal tentang pentingnya kehidupan bermasyarakat secara tertib dan damai. Melalui pembiasaan para peserta didik dikondisikan untuk selalu bersikap dan berperilaku sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga masyarakat di lingkungannya secara cerdas dan baik
(good and smart citizen). Proses pembelajaran diorganisasikan dalam bentuk belajar sambil bermain
(learning through gaming), belajar sambil berbuat (learning by doing), dan belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya
(enculturation andsocialization).
Berdasarkan pendapat Mujiyanto diatas, maka menurut saya cara yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas rendah dengan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu:
- Guru memilih media pembelajaran yang sesuai bagi siswa di kelas rendah, seperti media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain (learning through gaming), media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat (learning by doing), dan media pembelajaran dalam bentuk belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya (enculturation andsocialization).
- Guru menciptakan media pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga memicu siswa untuk belajar serta memperhatikan dan menyimak media pembelajaran tersebut dengan hal tersebut maka proses pembelajaran menjadi efektif serta menyenangkan.
- Guru perlu menyusun isi dari media pembelajaran yang memuat materi secara ringkas dan padat namun jelas sehingga media pembelajaran tersebut tidak bertele-tele dan siswa tidak mudah jenuh.
- Media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain (learning through gaming), guru perlu merancang pembelajaran dalam bentuk permainan yang menyenangkan seperti melalui media microsoft power point yang dirancang berupa permainan multiple choice dan lain-lain.
- Adapun media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat (learning by doing), guru perlu menyiapkan kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran. Contohnya seperti role playing/ bermain peran.
- Dan yang terakhir, media pembelajaran dalam bentuk belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya (enculturation andsocialization) guru perlu menyiapkan lingkungan yang mendukung untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Contohnya seperti dalam materi pembelajaran demokrasi, guru dapat menggunakan lingkungan kelas ataupun lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran yaitu dengan melakukan pemilihan struktur kelas ataupun pemilihan struktur organisasi dalam ekstrakurikuler.
Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh