forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 14

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

Rizky Fadila Fitriani 1813053123 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan jawaban mengenai cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah.

Dikutip dari Mujiyanto (2016: 3-4), Pada jenjang SD kelas rendah (lower primary), yakni rentang kelas 1-3, pengorganisasian materi pendidikan kewarganegaraan menerapkan pendekatan terpadu (integrated) dengan fokus model pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman (experience oriented) dengan memanfaatkan pola pengorganisasian lingkungan yang meluas (expanding environment/community approach). Tujuan akhir dari pendidikan kewarganegaraan di kelas rendah ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan pengertian awal tentang pentingnya kehidupan bermasyarakat secara tertib dan damai. Melalui pembiasaan para peserta didik dikondisikan untuk selalu bersikap dan berperilaku sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga masyarakat di lingkungannya secara cerdas dan baik (good and smart citizen). Proses pembelajaran diorganisasikan dalam bentuk belajar sambil bermain (learning through gaming), belajar sambil berbuat (learning by doing), dan belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya (enculturation andsocialization).

Berdasarkan pendapat Mujiyanto diatas, maka menurut saya cara yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas rendah dengan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu:
  1. Guru memilih media pembelajaran yang sesuai bagi siswa di kelas rendah, seperti media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain (learning through gaming), media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat (learning by doing), dan media pembelajaran dalam bentuk belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya (enculturation andsocialization).
  2. Guru menciptakan media pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga memicu siswa untuk belajar serta memperhatikan dan menyimak media pembelajaran tersebut dengan hal tersebut maka proses pembelajaran menjadi efektif serta menyenangkan.
  3. Guru perlu menyusun isi dari media pembelajaran yang memuat materi secara ringkas dan padat namun jelas sehingga media pembelajaran tersebut tidak bertele-tele dan siswa tidak mudah jenuh.
  4. Media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil bermain (learning through gaming), guru perlu merancang pembelajaran dalam bentuk permainan yang menyenangkan seperti melalui media microsoft power point yang dirancang berupa permainan multiple choice dan lain-lain.
  5. Adapun media pembelajaran dalam bentuk belajar sambil berbuat (learning by doing), guru perlu menyiapkan kegiatan yang menarik dalam proses pembelajaran. Contohnya seperti role playing/ bermain peran.
  6. Dan yang terakhir, media pembelajaran dalam bentuk belajar melalui interaksi sosial-kultural di lingkungannya (enculturation andsocialization) guru perlu menyiapkan lingkungan yang mendukung untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Contohnya seperti dalam materi pembelajaran demokrasi, guru dapat menggunakan lingkungan kelas ataupun lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran yaitu dengan melakukan pemilihan struktur kelas ataupun pemilihan struktur organisasi dalam ekstrakurikuler.
Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Gita Indah Mustika 1913053007 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Izin menjawab mengenai cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan kelas rendah.

Menurut saya pemilihan media yang tepat sesuai dengan karakter anak di kelas rendah dapat membantu meningkatkan rasa motivasi dalam diri peserta didik. Peserta didik di kelas rendah cenderung berpikir konkrit dan suka akan hal-hal yang bersifat menyenangkan dan menarik perhatian. Sehingga, materi yang akan disampaikan perlu dikemas dalam sebuah media yang dapat dihadirkan secara nyata, atau menggunakan media yang dapat menampilkan tulisan dan gambar yang disukai oleh anak-anak dengan menghadirkan berbagai warna yang menarik perhatian, sehingga sebuah media dapat menyalurkan pesan kepada peserta didik di kelas rendah. Memilih media berdasarkan hal-hal yang disukai anak bukan hal-hal yang disukai guru.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Lusiana Dewi 1913053015 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini adalah guru haruslah berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sebagai syarat keberhasilan proses pembelajaran. Guru wajib memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar agar mampu mengingat dan menyimpan informasi dengan cepat dan mudah diingat. Guru memerlukan media yang berfungsi untuk
menjembatani materi yang abstrak bagi siswa agar menjadi lebih konkret. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Video animasi dapat meningkatkan daya tarik siswa terutama siswa kelas rendah yang yang cenderung lebih senang dengan hal-hal yang berbau animasi, dengan begitu motivasi fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Maydhea Priska Ulpama 1953053020 གིས-
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21

izin menanggapi,
Menurut saya media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dan berfungi untuk membantu dalam menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dengan media pembelajaran maka kualitas belajar menjadi meningkat karena tidak hanya guru yang aktif memberikan materi kepada siswa tetapi siswa juga dapat aktif di dalam kelas dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Penggunaan media atau alat peraga yang bervariasi dan menarik, sangat membantu baik bagi siswa maupun bagi gurunya. Media menarik akan membuat peserta didik termotivasi mengikuti pelajaran dan akan belajar dengan perasaan senang. Penggunaan media yang menarik juga akan membantu siswa untuk belajar lebih lama. Sedangkan bagi gurunya dengan menggunakan banyak media atau alat peraga yang menarik akan membantu memudahkan menyampaikan materi. Oleh karna itu guru perlu dapat memilih media yang menarik dan tepat agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran. guru perlu memilih media yang melibatkan peserta didik aktif dalam pembelajaran juga dapat menggunakan media media gambar yang menarik agar peserta didik kelas rendah dapat lebih sengat mengikuti pembelajaran. selain itu, guru bahkan sekolah dapat memberikan reward berupa tambahan media pembelajaran (peraga ringan) yang diberikan kepada mereka sebagai reward bagi anak yang berkembang dengan baik dan disiplin dalam kelas.
Waalaikumsalam wr.wb
In reply to First post

Re: forum diskusi

Wahyuni Sartika 1913053059 གིས-
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
Absen : 27
Izin menjawab
Menurut saya, Motivasi belajar artinya dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar.
Dengan adanya motivasi, siswa akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Cara menumbuhkannya tentu bukan perkara mudah karena setiap siswa memiliki karakter dan keinginan berbeda-beda. Apalagi menumbuhkan motivasi belajar untuk anak kelas rendah dan menggunakan media yang sesuai. Jadi cara yang pertama untuk menumbuhkan motivasi belajar anak adalah memilih media belajar yang tepat dan menarik sehingga anak akan berminat dan termotivasi untuk belajar. Pilihlah media yang mudah dipahami dan unik sehingga anak dapat mudah mengerti materi yang diajarkan. Terakhir, pilih metode yang tepat untuk mengajar agar anak tidak mudah bosan dan selalu aktif selama pembelajaran berlangsung.
Sekian menurut pendapat saya, terimakasih.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Lisa Kumalasari 1913053130 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
No. Absen: 19
Izin menjawab Ibu

Penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar, terutama untuk tingkat Sekolah Dasar sangatlah penting. Sebab kehadiran media sangat membantu siswa dalam memahami suatu konsep tertentu. Karena pada usia ini siswa masih berfikir konkret/nyata dan belum mampu berfikir abstrak terutama siswa SD kelas rendah, untuk itulah guru seharusnya memilih media yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Ketidakmampun guru dalam menjelaskan suatu bahan dapat diwakili oleh peranan media, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang telah direncanakan.
Sebagai seorang guru, memang harus pandai dalam memilih media belajar yang tepat. Pemilhan media belajar ini bisa menjadi tolok ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau bahkan merasa antusias dengan media yang Guru terapkan.
Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan.
Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung, seperti berupa video belajar beranimasi. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

Terima kasih,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

ira halimatus sadiyah 1913053068 གིས-
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menggapi,
Penggunaan media atau alat peraga yang bervariasi dan menarik, sangat membantu baik bagi siswa maupun bagi gurunya. Media menarik akan membuat peserta didik termotivasi mengikuti pelajaran dan akan belajar dengan perasaan senang. Penggunaan media yang menarik juga akan membantu siswa untuk belajar lebih lama. Sedangkan bagi gurunya dengan menggunakan banyak media atau alat peraga yang menarik akan membantu memudahkan menyampaikan materi. Oleh karna itu guru perlu dapat memilih media yang menarik dan tepat agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran. guru perlu memilih media yang melibatkan peserta didik aktif dalam pembelajaran juga dapat menggunakan media media gambar yang menarik agar peserta didik kelas rendah dapat lebih sengat mengikuti pembelajaran. selain itu, guru bahkan sekolah dapat memberikan reward berupa tambahan media pembelajaran (peraga ringan) yang diberikan kepada mereka sebagai reward bagi anak yang berkembang dengan baik dan disiplin dalam kelas.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Fatma Trisnawati 1913053018 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama : Fatma trisnawati
Npm :1913053018

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah.

minat belajar siswa dalam kelas bisa dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik pada setiap materi yang akan disampaikan. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit. Secara ilmu psikologis media pembelajaran sangat membantu perkembangan psikologis anak dalam hal belajar. Selain itu, penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat pula memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat berimplikasi pada tiga hal, antara lain pada diri guru, pada diri siswa dan pada proses pembelajaran di ruang kelas. Dalam merancang media pembelajaran ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yakni: (1) media harus dirancang sesederhana mungkin sehingga jelas dan mudah dipahami oleh siswa; (2) media hendaknya dirancang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan; (3) media hendaknya dirancang tidak terlalu rumit dan tidak membuat anak-anak menjadi bingung; (4) media hendaknya dirancang dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, tetapi tidak mengurangi makna dan fungsi media itu sendiri; (5) media dapat dirancang dalam bentuk model, gambar, bagan berstruktur, dan lain-lain, tetapi dengan bahan yang murah dan mudah didapat sehingga tidak menyulitkan guru dalam merancang media dimaksud

terimakasih waalaikumsallam warroatulohi wabarrokatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Andaru Pramia Putri 1913053138 གིས-
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
Absen : 03

Izin menjawab,
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa, karena penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan
penafsiran data, dan memadatka informasi. Seorang pengajar yang profesional akan selalu mencari cara yang terbaik untuk mencapai sasaran pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Mulai dari media yang berbasis manusia, cetak, audio visual sampai kepada komputer, dalam rangka membantu siswa untuk mencerna materi pelajaran agar lebih cepat dan efisien.

Sekian jawaban yang dapat saya sampaikan, Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Rima Novita sari 1913053033 གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033

Izin menjawab sebagai seorang guru, tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tapi juga harus bisa menjadi motivator belajar untuk siswa. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, siswa tentunya membutuhkan penyemangat belajar selain dari orang tuanya di rumah. Dengan berubahnya kegiatan belajar yang tadinya dilaksanakan dengan tatap muka lalu berubah menjadi daring, menjadi tantangan tersendiri bagi para guru, penurunan keaktifan siswa tersebut bisa menjadi salah satu indikator motivasi belajar siswa menurun.

Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
Salah satunya yaitu dengan menggunakan alternatif memanfaatkan media pembelajaran, Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Media gambar menjadi media yang terbilang paling murah dan mudah dicari dan cocok untuk kelas rendah. Gambar yang bisa Anda tampilkan untuk mendukung pembelajaran, seperti foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Media gambar ini memiliki tujuan utama untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada siswa, terlebih jika konsepnya abstrak. Gambar itu juga bisa berupa gambar jadi, seperti gambar dari majalah, brosur, selebaran, koran, atau internet. Anda juga bisa memberikan gambar fotografi yang diambil dari berbagai sumber.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Dina Rahmawati གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
NPM : 1913053025
Izin menjawab,
Manfaat dari media pembelajaran, pertama, memberikan pedoman bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan urutan yang sistematis dan membantu dalam penyajian materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kedua, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajara siswa sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis materi pelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik dengan situasi belajar yang menyenangkan dan siswa dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.
Yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas rendah adalah dengan adanya media pembelajaran sebagai proses belajar mengajar menjadi mudah dan menarik sehingga siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran dengan mudah, efisiensi belajar siswa dapat meningkat karena sesuai dengan tujuan pembelajaran, membantu konsentrasi belajar siswa karena media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa karena perhatian siswa terhadap pelajaran dapat meningkat, memberikan pengalaman menyeluruh dalam belajar sehingga siswa dapat memahami secara nyata dari materi yang diberikan lebih mengerti materi secara keseluruhan, siswa terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif mengikuti dan terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa memiliki kesempatan melakukan kreativitas dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Sekian, terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Eka Wulandari 1913053006 གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Kelas: 5B
Izin menjawab mengenai cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah.

Siswa kelas rendah merupakan masa transisi pembelajaran dasar siswa. Sehingga guru harus dapat dipastikan untuk dapat mendesain pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa. Media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran. Sebagai alat penyampaian pesan, penggunaan media harus tepat sesuai dengan materi yang disampaikan. Media pembelajaran yang tepat akan dapat merangsang siswa untuk belajar. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa. Pemahaman guru terhadap kondisi psikologis siswa akan membawa guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa tidak lepas dari kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sebagai syarat keberhasilan proses pembelajaran. Guru memerlukan media yang berfungsi untuk menjembatani materi yang abstrak bagi siswa agar menjadi lebih konkret. Apabila guru mampu merancang media pembelajaran yang tepat maka siswa akan termotivasi untuk fokus pada aktivitas belajarnya. Dengan demikian, pemahaman siswa terhadap materi akan meningkat sehingga tujuan pembelajaran pun tercapai.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Dionisius Bintoro 1953053014 གིས-
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Absen : 09
Izin menjawab menurut
saya, Motivasi belajar artinya dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau belajar.
Dengan adanya motivasi, siswa akan terus semangat untuk terus belajar tanpa paksaan dari pihak manapun. Cara menumbuhkannya tentu bukan perkara mudah karena setiap siswa memiliki karakter dan keinginan yang berbeda-beda. Apalagi menumbuhkan motivasi belajar untuk anak kelas rendah dan menggunakan media yang sesuai. Jadi cara yang pertama untuk menumbuhkan motivasi belajar anak adalah memilih media belajar yang tepat dan menarik sehingga anak akan berminat dan tertarik untuk belajar. pilihan media yang mudah dipahami dan unik sehingga anak dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan. Terakhir, pilih metode yang tepat untuk mengajar agar anak tidak mudah bosan dan selalu aktif selama pembelajaran berlangsung.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Arif Catur Febriansyah གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Izin memperkenalkan diri
Nama : Arif Catur Febriansyah
NPM : 1913053093
No. Absen : 04

Izin menjawab
Untuk yg menggunakan media pembelajaran audio visual seperti, Vidio ataupun gambar bergerak lainnya, usahakan untuk menggunakan Vidio yg interaktif dalam muatannya, pembahasan yg ada di selingi dengan cerita cerita yg menarik, dan animasi yg gambaran nya di sukai anak anak untuk menambah semangat belajar para siswa selanjutnya untuk media pembelajaran dengan menggunakan papan tulis usahakan guru jangan terlalu monoton dengan hanya berpaku pada buku guru yg ada tanpa adanya kelengkapan muatan dari guru sendiri dan sikat interaktif dari guru untuk membuat kelas menjadi hidup.

Sekian jawaban dari saya terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh