TUGAS

TUGAS

Number of replies: 25

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Cicilia Rici Rafistri 1913053053 -
Nama : Cicilia Rici Rafistri
NPM : 1913053053
Absen : 07

Izin menjawab,
Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Artinya teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, teori belajar tertuju pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Teori ini tertuju pada “bagaimana seseorang belajar”. Teori belajar akan terkait dengan pembuatan kurikulum atau perancangan kurikulum. Mempelajari teori ini, dengan memahami maka dengan itu bisa mencermati perilaku-perilaku peserta didik. Contoh penerapan teori deskriptif, yaitu membantu meningkatkan hasil belajar dengan menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan oleh siswa agar nilainya meningkat diantaranya adalah siswa harus belajar giat, lebih memahami materi, guru bertanya kepada siswa mengenai materi apa saja yang belum jelas dan menyarankan membentuk kelompok belajar.
Sedangkan teori pembelajaran mendeskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Teori pembelajaran sebaliknya tertuju pada “bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar”. Dengan kata lain teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel dispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Contoh penerapan teori preskriptif, yaitu seorang guru melihat siswanya dengan nilai ulangan yang tidak memenuhi syarat, maka guru tersebut mencari solusi agar siswanya mendapat nilai yang memuaskan, dengan memberi motivasi, mengajak siswanya untuk belajar kelompok, menanamkan rasa percaya diri dan pantang menyerah pada diri siswa.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Windi Junistia 1953053015 -
Nama: Windi Junistia
NPM: 1953053015
No. Absen: 30
Izin menjawab, Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Contohnya membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
Sedangkan, Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskiptik dan normatif. Contohnya memulai pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
Secara singkat ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Triana Angguncahyani 1913053009 -
Nama : Triana Angguncahyani
Npm : 1913053009
No absen : 29

Izin menjawab perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah
Teori belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.
Contohnya, seorang anak yang baru masuk sekolah dasar kelas 1 yang belum pandai menulis dan membaca. Setelah melalui rangkaian proses pembelajaran yang dialaminya di sekolah bersama guru dan teman-teman sekelasnya, maka satu semester kemudian dia sudah pandai menulis dan membaca dengan cukup lancar.

Sedangkan teori pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
Contohnya, adalah adanya interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam kelas pada saat proses pembelajaran.

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
In reply to Triana Angguncahyani 1913053009

Re: TUGAS

by Ismi Tri Astuti -
Nama : Ismi Tri Astuti
NPM : 1913053031
Absen : 16

Izin menjawab mengenai perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran,
Menurut pendapat saya, teori belajar merupakan sebuah proses perubahan tingkah laku kearah positif atau lebih baik yang bersifat permanen dan tersengaja secara sadar. Selain itu juga belajar juga dapat berlangsung kapan saja, di mana saja, memakai apa saja, belajar untuk dan oleh siapa saja. Adapun tiga teori yang mendukung teori belajar ini diantaranya: Teori Behaviorisme yang mengajarkan fakta kejadian di dalam lingkungannya yang memberikan pengalaman pada diri seseorang, Teori kognitivisme mengajarkan sebuah proses, dan Teori Kontruktivisme yang mengajarkan penalaran tingkat tinggi. Dari teori belajar ini dapat kita beri contoh seperti seorang anak yang yang belum bisa berbicara dilatih oleh orangtuanya setiap hari lama-lama akan pandai berbicara. Adapun contoh lain seperti anak usia sekolah dasar tingkat rendah yang belum pandai membaca dan menulis yang terus diasah atau dituntun oleh pendidik lama-lama akan bisa bahkan pandai membaca ataupun menulis yang tentu saja tidak lepas dari sebuah proses yang ada.

Teori pembelajaran merupakan sebuah kumpulan penerapan prinsip-prinsip belajar dalam usaha mencapai tujuan belajar. Menurut UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, Bab I: Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Seperti contoh interaksi peserta didik dengan pendidik dilingkungan sekolah ataupun di dalam kelas saat proses pembelajaran setiap harinya.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Susi Firmanda 1953053002 -
Nama: Susi Firmanda
Npm: 1953053002
No. Absen: 27
Izin menjawab,
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif, teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode). Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan hasil belajar dan retensi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Kemudian perbedaan yang signifikan dari teori belajar dan pembelajaran adalah
Teori belajar:
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel variabel yang menentukan hasil belajar
4. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan Karena merupakan penelitian dasar

Teori pembelajaran:
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel variabel yang dispesfikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode belajar.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Andini Pratiwi -
Nama: Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04

Izin menjawab bu,
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Sedangkan Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Perbedaan Antar Teori Belajar dan Teori Pembelajaran
Teori Belajar:
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Terimakasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by Najoya dolok saribu 1953053012 -

Nama : Najoya Dolok Saribu

Npm : 1953053012

No absen : 22 

Izin menjawab bu,  Berikut beberapa Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran 

Teori Belajar

1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar

2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar

3. Berfokus pada hubungan diantara variable-variable yang menentukan hasil belajar

4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran

5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar

6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)

Teori Pembelajaran

1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

3. Berfokus pada upaya mengontrol variable-variable yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran

5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi

6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

Berikut adalah contoh Teori Belajar dan Teori  Pembelajaran 

Contoh teori belajar deskriptif Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

Contoh teori pembelajaan preskriptif Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

Terimakasih.

In reply to First post

Re: TUGAS

by Dina Yestiliana 1913053108 -
Nama: Dina Yestiliana
NPM: 1913053108
No. Absen: 08

Izin menanggapi terkait perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran. Sebelumnya teori belajar adalah suatu tata cara pengaplikasian kegiatan belajar antara pendidik dan peserta didik. Sedangkan teori pembelajaran adalah penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar. Menurut saya belajar merupakan suatu kegiatan sadar terencana yang ditujukan untuk menghasilkan sebuah perubahan dalam diri seseorang atau dapat dikatakan perubahan itu membawa kemajuan dan memunculkan kemampuan baru dalam diri seseorang. Sedangkan pembelajaran menurut saya merupakan sebuah kegiatan sadar dan terencana dimana terjadi interaksi antara pendidik dan juga peserta didik dalam suatu ruang dan kegiatan tersebut memiliki struktur serta tujuan yang harus dicapai.

Perbedaannya teori belajar sebagai deskriptif karena tujuan teori belajar adalah menjelaskan proses belajar, dan untuk memberikan tata cara proses belajar, sedangkan tujuan teori pembelajaran adalah menetapkan atau mengaplikasikan metode pembelajaran yang optimal. Teori belajar ini mengungkapkan hubungan seseorang yang belajar dengan proses psikologis dalam diri orang yang belajar, sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri seseorang yang melakukan pembelajaran. Contoh teori belajar yaitu teori belajar humanistik, dimana dalam prakteknya cenderung mendorong mahasiswa untuk berpikir induktif dari contoh ke konsep, dari konkrit ke abstrak, dari khusus ke umum, dsb. Teori ini mementingkan faktor pengalaman atau keterlibatan aktif peserta didik di dalam proses belajar mengajar.
Kemudian contoh teori pembelajaran yaitu teori humanistik, di mana pada teori ini bertujuan untuk memanusiakan manusia, peserta didik diharapkan dapat menemukan kemampuannya sendiri kemudian diaktualisasikan dalam lingkungan keseharian mereka. Di dalam teori ini aspek kognitif dan afektif merupakan prioritas.
Terima kasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ketut cahya permata -
Nama: Ketut cahya permata
NPM: 1953053016
Absen: 17
Izin menjawab,
Pengertian Teori Belajar
Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman. Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku. Sedangkan menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.

Dengan demikian belajar dapat sdisimpulkan rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya.Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan tingkah laku yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuannya tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.

Adapun yang dimaksud pembelajaran Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) dalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Sedangkan menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.

Jadi pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan. Jadi dapat pengertian Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Selain itu pengertian Teori Belajar dapat pula diartikan sebagai teori yang mempelajari perkembangan intelektual (mental) siswa.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Elsa Apriliasari -
Nama : Elsa Apriliasari
Npm : 1913053008
Absen : 10

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah sebagai berikut:
Teori belajar bersifat deskriptif karena tujuan utamanya memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variable-variable yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, penelitian dilakukan oleh ilmuan karena merupakan penelitian dasar, mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses-proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar). Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Sedangkan teori pembelajaran bersifat preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadidi hal belajar, berfokus pada upaya mengontrol variable-variable yang di spesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran, penelitian dasar dilakukan oleh ilmuan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar. Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Terimakasih.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Adelia Intan Utami -
Nama : Adelia Intan Utami
Npm : 1913053028
No. Absen : 1

Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman. Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku. Sedangkan menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Sehingga teori belajar dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau keterampilan berdasarkan pengalamannya.

Pembelajaran Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) dalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Sedangkan menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
Jadi pembelajaran dapat diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Contoh teori belajar sendiri adalah teori kognitif , dimana guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya

Contoh teori pembelajaran adalah Pemikir utama dalam teori pembelajaran sosial ini adalah Albert Bandura. Dalam model pembelajaran Bandura titik penekannya terletak pada faktor kognitif. Menurutnya, anak-anak belajar model melalui pengamatan dan peniruan terhadap sikap dan prilaku orang lain. Disini faktor eksternal, yaitu lingkungan sangat mempengaruhi proses belajar anak-anak.


In reply to First post

Re: TUGAS

by Tiara Farashinta -
Nama : Tiara Farashinta
Npm : 1953053006
Absen : 28

Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu bahwa teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Artinya teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Ia menaruh perhatian pada “bagaimana seseorang belajar”. Teori pembelajaran sebaliknya menaruh perhatian pada "bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar”. Dengan kata lain teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel dispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Nurdini Estika Putri 1913053094 -
Nama: Nurdini Estika Putri
NPM: 1913053094
No Absen: 23

Izin menjawab,
Pada dasarnya teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar dan proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Teori belajar sendiri didefinisikan sebagai cara yang menggambarkan bagaimana seseorang melakukan proses belajar. Tujuan utamanya yaitu memberikan proses belajar. Teori belajar lebih menaruh perhatian kepada bagaimana seseorang belajar. Seperti teori kognitif, teori behavioristik , teori humanis, teori konstruktif, dan teori gestalt. Salah satu contoh dari teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.

Sedangkan dalam teori pembelajaran lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Dengan kata lain teori pembelajaran adalah bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Tujuan utamanya adalah menetapkan metode pengajaran yang optimal. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran berjalan secara efektif dan tepat. Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Seperti teori pembelajaran tematik. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Laila Fitriani -
Nama : Laila Fitriani
Npm: 1813053060
No absen: 18

Izin menjawab,
Berdasarkan hasil analisa saya dari beberapa artikel dan sumber yang saya baca. Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.

Adapun perbedaan nya
Pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Oleh karena itu, teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajarDalam hal ini, kondisi dan hasil pembelajaran ditempatkan sebagai given, dan metode yang optimal ditetapkan sebagai variabel yang diamati. Jadi, kondisi dan hasil pembelajaran sebagai variabel bebas, sedangkan metode pembelajaran sebagai variabel tergantung.
sedangkanteori pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, variabel yang diamati dalam teori pembelajaran adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Hasil pembelajaran yang diamati dalam pengembangan teori pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan (desired outcomes) yang telah ditetapkan lebih dulu. Dengan demikian, teori pembelajaran berisi seperangkat preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan di bawah kondisi tertentu.
sedangkanteori pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, variabel yang diamati dalam teori pembelajaran adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Hasil pembelajaran yang diamati dalam pengembangan teori pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan (desired outcomes) yang telah ditetapkan lebih dulu. Dengan demikian, teori pembelajaran berisi seperangkat preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan di bawah kondisi tertentu.
In reply to Laila Fitriani

Re: TUGAS

by Fahiratu Sania -
Nama: fahiratu sania
Npm: 1913053074
Absen: 11

perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.

Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan.
Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”


Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).
In reply to First post

Re: TUGAS

by Febima Herlando -
Nama : Febima Herlando
NPM : 1913053065
Absen : 12

Izin menjawab,
Dalam sifatnya, teori belajar lebih bersifat “deskripstif”, sedangkan teori pembelajaran bersifat “preskiptif”. Kajian beberapa model pembelajaran berdasarkan pada teori belajar, menunjukkan bahwa model-model tersebut adalah model prosedural. 
Dalam hal ini, teori pembelajaran menunjukkan beberapa karakteristik, diantaranya seperti designed oriented  yang berfokus pada upaya mencapai tujuan pembelajaran; mengidentifikasi metode pembelajaran—cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar dan situasi pada mana metode akan digunakan ataupun tidak digunakan; dan metode pembelajaran bisa di rinci lagi menjadi serangkaian rencana pelaksanaan suatu pembelajaran. Jadi, teori merupakan sekelompok proposisi yang berhubungan dan yang menunjukkan mengapa suatu peristiwa itu dapat terjadi. 

Reigeluth (1983) mendefinisikan teori sebagai suatu rangkaian prinsip yang secara sistematis diintegrasikan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena dalam proses pembelajaran.  Dalam hal ini teori pembelajaran merupakan teori yang menawarkan panduan ekplisit tentang bagaimana membantu seseorang belajar dan berkembang menjadi lebih baik. Jenis belajar dan pengembangannya mencakup aspek: kognitif, emosional, sosial, fisikal, dan spiritual.  Karena itu teori pembelajaran mesti menunjukkan beberapa karakteristik seperti berikut. 
Pertama, designed oriented, yaitu berfokus pada alat mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk belajar, atau pengembangan daripada description oriented—berfokus pada given events. 
Kedua, mengidentifikasi metode pembelajaran (cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar) dan situasi pada mana metode dipakai/tidak dipakai. 
Ketiga, metode pembelajaran bisa dipecah-pecah menjadi rinci sebagai panduan. 
Keempat, kecenderungan metode pembelajaran adalah probabilistic daripada deterministic.  Bruner, seperti yang dikutip oleh Degeng (1989); dalam Budiningsih Asri (2012:11), menyatakan bahwa teori pembelajaran merupakan preskriptif atau goal oriented (untuk mencapai tujuan), karena tujuan teori pembelajaran adalah menetapkan metode dan strategi pembelajaran yang cocok untuk memperoleh hasil optimal.  Sedangkan teori belajar sebagai deskriptif atau goal free (untuk memeriksa hasil), karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. 
Jadi kesimpulan yang dapat ditarik bahwa teori pembelajaran berurusan dengan upaya untuk mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar, agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan fokus dari teori belajar lebih kepada persoalan “bagaimana seseorang itu dapat belajar”.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ajeng Diana Putri -
Nama : Ajeng Diana Putri
Npm : 1913053030
Absen : 02
Izin menjawab Bu.
Menurut saya, belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk dapat menghasilkan perubahan yang baik dri segi sikap taupun pengetahuan dengan kata lain belajar merupakan proses dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu.
Adapun Teori belajar merupakan teori yang mendeskripsikan atau menggambarkan bagaimana seseorang melakukan proses belajar . Tujuan utama teori belajar ada memberikan proses belajar dan mengungkapkan hubungan kegiatan atau fenomena dari seorang yang belajar dengan proses psikologis dalam dirinya.
Salah satu contoh dari teori ini adalah teori Behavioristik, dimana teori belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi karena adanya stimulus dan respon. Dapat diaplikasikan misalnya dengan memberikan pertanyaan, tanya jawab dan lain sebagaimya

Sedangkan Pembelajaran adalah sjstem atau suatu proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan secara sistematis agar mencapai tujuan pembelajaran.
Adapun Teori pembelajaran merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Selian itu, Pada teori pembelajaran fokus utamnya diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Contohnya: interaksi pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan metode atau strategi, media yang efektif , efisien dan kreatif sehingga dapan mempengaruhi peserta didik baik dalam sikap, pengetahuan atau keterampilan
In reply to First post

Re: TUGAS

by M ilham Utama jaya -
Nama : M Ilham Utama Jaya
NPM : 1913053105
Absen : 20

Izin menjawab mengenai perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran,
Menurut pendapat saya, teori belajar merupakan sebuah proses perubahan tingkah laku kearah positif atau lebih baik yang bersifat permanen dan tersengaja secara sadar. Selain itu juga belajar juga dapat berlangsung kapan saja, di mana saja, memakai apa saja, belajar untuk dan oleh siapa saja. Adapun tiga teori yang mendukung teori belajar ini diantaranya: Teori Behaviorisme yang mengajarkan fakta kejadian di dalam lingkungannya yang memberikan pengalaman pada diri seseorang, Teori kognitivisme mengajarkan sebuah proses, dan Teori Kontruktivisme yang mengajarkan penalaran tingkat tinggi. Dari teori belajar ini dapat kita beri contoh seperti seorang anak yang yang belum bisa berbicara dilatih oleh orangtuanya setiap hari lama-lama akan pandai berbicara. Adapun contoh lain seperti anak usia sekolah dasar tingkat rendah yang belum pandai membaca dan menulis yang terus diasah atau dituntun oleh pendidik lama-lama akan bisa bahkan pandai membaca ataupun menulis yang tentu saja tidak lepas dari sebuah proses yang ada.
Teori pembelajaran merupakan sebuah kumpulan penerapan prinsip-prinsip belajar dalam usaha mencapai tujuan belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Seperti contoh interaksi peserta didik dengan pendidik dilingkungan sekolah ataupun di dalam kelas saat proses pembelajaran setiap harinya.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Siti Alya Nacita Alya -
Nama : Siti Alya Nacita
NPM : 1913053016
Absen 26

Menurut analisis saya teori belajar adalah konsep - konsep dan peinsip- prinsip belajar yang bersifat teoritis. teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Dalam teori belajar ini bersifat deskriptif yang mampu menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol peristiwa bealjaar siswa. Pengembangan teori belajar ini hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata. Saya menyimpulkan bahwasanya teori belajar merupakan tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa.

Kemudian teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan belajar dan bagaimana menilai dan memperbaiki metode dan tekhnik yang tepat. Teori pembelajaran bersifat preskriptif, karena tujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Saya mengambil kesimpulan bahwasanya teori pembelajaran ini adalah suatu perangkat preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan. Dengan demikian, dari paparan kedua teori tersebut bahwasanya antara kedua teori tersebut yakni saling berkaitan erat.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Yolanda Pola Kredibelia -
Nama: Yolanda Pola Kredibelia
NPM: 1913053072
Absen: 31

Izin menjawab
Teori belajar merupakan kumpulan konsep, ide, prosedur yang didalamnya cara mempraktikkan proses belajar. Antara guru dan siswa dan elemen-elemen lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar. Tujuan utamanya adalah memberikan proses belajar. Contohnya peserta didik dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca jika ia bisa menunjukkan kemampuan membacanya dengan baik.

Sedangkan teori pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teori yang di dalamnya memuat tata cara mengenai cara seorang guru mengaplikasikan kegiatan belajar-mengajar yang nantinya akan diterapkan kepada muridnya baik di dalam maupun di luar kelas. Tujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Contohnya seorang siswa mengetahui jawaban dari pertanyaan yang disampaikan oleh gurunya. Namun, karena efikasi diri yang rendah, ia tidak berani dan takut salah dalam menjawab pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan nilai akan turun.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
Npm : 1913053012
No. Absen : 06

Izin menjawab bu
Secara istilah atau pengertiannya, antara belajar dan pembelajaran memiliki perbedaan, dimana belajar dapat dimaknai sebagai bentuk edukasi yang menjalin interaksi antara pendidik dengan peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik, bahan pelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber dan media pembelajaran dalam suatu lingkungan belajar. Dimana hal ini juga didukung oleh pendapat Chalil, yang menyatakan bahwa pembelajaran merupakan sebuah proses dimana terdapat interaksi antara pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Mengenai teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Terdapat tiga perspektif utama dalam teori belajar, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, dan Konstruktivisme. Sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar.

Selain itu, Bruner dalam Degeng (1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif, artinya tujuan teori pembelajaran adalah menetapkan metode/strategi pembelajaran yang cocok supaya memperoleh hasil optimal. Dengan kata lain, teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan teori belajar adalah deskriptif, artinya tujuan teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar.

Contoh teori belajar dan teori Pembelajaran.
a. Contoh teori belajar deskriptif, Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

b. Contoh teori pembelajaran, Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Indah Rahayu 1953053018 -
Nama : Indah Rahayu
Npm : 1953053018
Absen : 15

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran yaitu :
-Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen.Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar.
-Sedangkan Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran.

-Selain itu teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar.
-Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

-Teori belajar Berfokus pada hubungan diantara variable variable yang menentukan hasil belajar
-Sedangkan teori pembelajaran Berfokus pada upaya mengontrol variable variable yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

-Teori belajar berfokus untuk Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
-Sedangkan teori pembelajaranMenaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

-Contoh teori pembelajaran: teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefktifan strategi pengorganisasian pengajaran.
-Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Jadi kesimpulan yang dapat ditarik bahwa teori pembelajaran berurusan dengan upaya untuk mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar, agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan fokus dari teori belajar lebih kepada persoalan “bagaimana seseorang itu dapat belajar”.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Gusti Ayu Putu Ardani 1953053017 -
Nama: Gusti Ayu Putu Ardani
Npm: 1953053017
Absen: 13
Izin menjawab,

Belajar adalah rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh seseorang yang nantinya dapat memberikan perubahan dalam diri berupa penambahan pengetahuan dan keterampilan berdasarkan indra dan pengalaman. Sedangkan pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar.

Menurut Bruner (dalam Degeng, 1988) teori pembelajaran bersifat preskriptif dan teori belajar bersifat deskriptif. Teori pembelajaran bersifat preskriptif karena tujuan utama pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, saat proses pembelajaran berlangsung di kelas maka setiap guru akan memiliki metode pembelajaran yang berbeda-beda, seperti contoh seorang siswa belum mampu menghitung penjumlahan dalam matematika,maka dalam proses pembelajaran di kelas guru akan mengajarkan siswa tersebut dengan menggunakan metode yang sesuai, sehingga setalah melakukan rangkaian proses pembelajaran dengan metode tersebut siswa diharapkan mampu menghitung penjumlahan dengan baik dan benar. Suatu metode digunakan guru agar siswa dalam proses pembelajaran lebih berfokus dan terarah guna mencapai tujuan pembelajaran.

Sedang teori belajar bersifat deskriptif karena tujuan utama belajar adalah menjelaskan proses belajar, contoh nya saat belajar di kelas dimana guru memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai materi yang sedang di sampaikan dan siswa diharapkan mampu menerima materi yang disampaikan dengan baik yang nantinya dapat di tunjukkan dengan cara siswa memberikan interaksi berupa pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Hida Laila Irsyadina 1913053022 -
Nama: Hida Laila Irsyadina
Npm: 1913053022
No. Absen: 14
Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif, teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode). Dalam proposisi teori pembelajaran, peningkatan perolehan hasil belajar dan retensi ditetapkan sebagai hasil pembelajaran yang diinginkan, dan model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Kemudian perbedaan yang signifikan dari teori belajar dan pembelajaran adalah
Teori belajar:
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel variabel yang menentukan hasil belajar
4. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan Karena merupakan penelitian dasar

Teori pembelajaran:
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel variabel yang dispesfikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode belajar.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Duwi Ari Yanto -
Duwi ari yanto
1913053087
Kelas 5C
Absen 9

perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah
Teori belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.
Contohnya, seorang anak yang baru masuk sekolah dasar kelas 1 yang belum pandai menulis dan membaca. Setelah melalui rangkaian proses pembelajaran yang dialaminya di sekolah bersama guru dan teman-teman sekelasnya, maka satu semester kemudian dia sudah pandai menulis dan membaca dengan cukup lancar.

Teori pembelajaran merupakan sebuah kumpulan penerapan prinsip-prinsip belajar dalam usaha mencapai tujuan belajar. Menurut UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, Bab I: Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Seperti contoh interaksi peserta didik dengan pendidik dilingkungan sekolah ataupun di dalam kelas saat proses pembelajaran setiap harinya.