Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 32

mahasiswa berikut Tempat forum diskusi untuk menanggapi Artikel Pada pertemuan 5, setiap mahasiswa wajib menanggapi isi dari artikel yang telah disiapkan pada pertemuan 5. berikan pendapat dan jangan lupa tuliskan nama npm kelas dan prodi

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NOURMA LAYYINNA WIJAYA -
Assalamualaikum Wr. Wb.
Izin memperkenalkan diri.
Nama : Nourma Layyinna Wijaya
NPM : 2115061081
Kelas : PSTI D

Izin memberikan tanggapan pada pertemuan 5

Ditegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi itu wajib diselenggarakan dan sebaiknya diselenggarakan sebagai mata kuliah yang berdiri sendiri dan harus dimuat dalam kurikulum masing-masing perguruan tinggi. Tantangan Pendidikan Pancasila Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Guru dan dosen dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran pendidikan Pancasila melalui media pembelajaran, seperti membuat game serta film animasi yang mengajarkan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus dapat pula membentuk karakter peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered learning), untuk memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila baik sebagai etika, filsafat negara, maupun ideologi bangsa secara scientific.

Hal itu dapat diketahui dari sejarah perjalanan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, ideologi nasional, sumber dari segala sumber hukum negara yang diwarnai oleh berbagai konsepsi tentang bagaimana upaya guna mewujudkan cita - cita dan tujuan nasional, termasuk konsepsi yang digagas oleh penganut paham yang bukan berasaskan Pancasila. Oleh karena itu, sebagai ideologi terbuka dan konsep falsifikalisme, Pancasila selalu dihadapkan dengan adanya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

Perlu ditegaskan kembali bahwa secara Sosiologis, Pancasila merupakan tampilan sikap dan perilaku insan Indonesia dalam pergaulan sosial kemasyarakatan sehari-hari yang sekaligus menjadikannya sebagai karakter masyarakat bangsa Indonesia. Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ADILAH AFIFAH -
Assalamualaikum wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama : Adilah Afifah
Npm : 2115061053
Prodi : S1 teknik Informatika
Kelas : TI D

Izin memberikan tanggapan mengenai pertemuan 5.

Pendidikan Pancasila sangat berperan penting dalam membangun jiwa nasionalis dan bermoral karena butir-butir Pancasila mengandung makna mendalam dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.
Lewat kegiatan pendidikan diharapkan peserta didik menyerap nila-nilai moral Pancasila. Penyerapan nilai-nilai moral Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah tidak saja lewat pengalaman secara pribadi. Nilai-nilai moral Pancasila tidak untuk sekadar dipahami melainkan untuk dihayati, oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses indoktrinasi. Sasaran pelaksanaan Pancasila adalah perorangan, keluarga dan masyarakat, baik di lingkunga tempat tinggal masing-masing maupun di lingkungan perkuliahan. Sehingga harapannya mahasiswa dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat.
Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran pendukung pengembangan karakter manusia. Pendidikan Pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting artinya, karena merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia di mana akan berlangsung samapai manusia itu menemui ajalnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Vania Yolanda -
Nama :Vania Yolanda
Npm : 2115061033
Prodi : PSTI-D
Izin menanggapi artikel pertemuan 5 .
Tantangan Pendidikan Pancasila yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah tidak terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered learning), untuk memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila baik sebagai etika, filsafat negara, maupun ideologi bangsa secara scientific.
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global, dan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya bagi eksistensi dan kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Pinka Ananda -
Nama: Pinka Ananda
NPM: 2115061089
Prodi: S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel 5 mengenai dinamika dan tantangan Pancasila sebagai ideologi negara.
Dinamika Pancasila sebagai ideologi mengalami pasang surut dari awal terbentuknya sampai dengan saat ini. Bahkan berujung pada hilangnya pancasila di kurikulum nasional. Meskipun pada akhirnya timbul kesadaran penyelenggara negara tentang pendidikan pancasila di perguruan tinggi.

Tantangan pendidikan Pancasila ini berhubungan pada nilai pembelajaran apalagi di masa yang saat ini sudah seharusnya diterapkan. Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi
saat ini adalah sulitnya untuk terlepas dari ponsel pintar karena kemudahan mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dan itu sangat benar tetapi dengan adanya pendidikan Pancasila menjadikan mahasiswa agar tetap dalam norma yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga ini menjadi sangat penting dalam pengembangan pendidikan khususnya pada mahasiswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Sandi Aditya Saputra Sandi Aditya Saputra -
Nama : Sandi Aditya Saputra
NPM : 2155061002
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : TI D

Tantangan pendidikan Pancasila ini berhubungan pada nilai pembelajaran apalagi di masa yang saat ini sudah seharusnya diterapkan. Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini adalah sulitnya untuk terlepas dari ponsel pintar karena kemudahan mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dan itu sangat benar tetapi dengan adanya pendidikan Pancasila menjadikan mahasiswa agar tetap dalam norma yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga ini menjadi sangat penting dalam pengembangan pendidikan khususnya pada mahasiswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ganang Hilmi Fa'iq -
Nama : Ganang Hilmi Fa'iq
NPM : 2115061045
Prodi S1 Teknik Informatika

Tantangan pendidikan Pancasila berkaitan dengan nilai pembelajaran, terutama pada saat harus dilaksanakan. Tantangan dalam proses pembelajaran pendidikan Pancasila di era revolusi saat ini adalah sulitnya melepaskan smartphone karena mudahnya memperoleh informasi dari luar melalui internet dan mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dan itu sangat benar, tetapi keberadaan pendidikan Pancasila mengakibatkan peserta didik tetap berada dalam norma-norma yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi perkembangan pendidikan, khususnya bagi mahasiswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Aghastya Ichsanudin Arif -
Nama : Aghastya Ichsanudin Arif
NPM : 2115061105
Prodi : S1 Teknik Informatika

Pendidikan Pancasila sangat berperan penting dalam membangun jiwa nasionalis dan bermoral karena butir-butir Pancasila mengandung makna mendalam dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.
Lewat kegiatan pendidikan diharapkan peserta didik menyerap nila-nilai moral Pancasila. Penyerapan nilai-nilai moral Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah tidak saja lewat pengalaman secara pribadi. Nilai-nilai moral Pancasila tidak untuk sekadar dipahami melainkan untuk dihayati, oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses indoktrinasi. Sasaran pelaksanaan Pancasila adalah perorangan, keluarga dan masyarakat, baik di lingkunga tempat tinggal masing-masing maupun di lingkungan perkuliahan. Sehingga harapannya mahasiswa dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by HAIKAL REIHAN MAULIDAN HAIKAL REIHAN MAULIDAN -
Nama: Haikal Reihan Maulidan
NPM: 2115061085
Prodi: S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan ke - 5
Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan negara merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya bagi eksistensi dan kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa Indonesia. Dapat dimaknai bahwa tidak ada Indonesia bila tidak ada Pancasila. Mengingat kedudukannya yang sangat penting dan strategis maka bangsa Indonesia perlu memposisikan Pancasila dalam wadah yang kuat, tegas, dan sah secara hukum.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by FANI PEBRIANTO -
Nama : Fani Pebrianto
NPM : 2115061061
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan ke-5
Perlu ditegaskan kembali bahwa secara Sosiologis, Pancasila merupakan tampilan sikap dan perilaku insan Indonesia dalam pergaulan sosial kemasyarakatan sehari-hari yang sekaligus menjadikannya sebagai karakter masyarakat bangsa Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda sangat perlu untuk tetap memelihara perilaku sosial yang tetap berkarakter Pancasila, walaupun dinamika kehidupan sosial saat ini diwarnai oleh berbagai pengaruh dan penetrasi sosial budaya asing
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ajeng Praditha -
Nama : Ajeng Ayu Hiemas Praditha
NPM : 2115061077
S1 Teknik Informatika

izin menanggapi artikel petemuan ke 5

Setiap negara di dunia ini memiliki dasar negara yang bertujuan sebagai pandangan hidup, serta ketetapan hukum yang berlaku di dalamnya. Begitu juga dengan negara Indonesia.Dasar bnegara indonesia adalah Pancasila yang terdiri dari lima sila dan menjelaskan tujuan negara Indonesia berdiri. Pancasila terdiri dari lima pedoman penting untuk rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejak duduk di bangku sekolah, seluruh rakyat Indonesia telah diajarkan untuk memahami Pancasila guna dapat mengamalkan tiap silanya di kehidupannya saat dewasa sebagai warga Indonesia.Betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Itu mengapa sangat penting bagi kita untuk memahami apa itu makna, filosofi, fungsi dan tujuannya.Tantangan Pendidikan Pancasila yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah tidak terlepas dari gadget , saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.Nilai-nilai moral Pancasila tidak untuk sekadar dipahami melainkan untuk dihayati, oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses indoktrinasi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nyoman Eka Swardita -
Nama: Nyoman Eka Swardita
Npm: 2155061006
Prodi: S1 Teknik Informatika

izin menanggapi Artikel pertemuan 5
Era globalisasi tidak saja menghadirkan berbagai kemajuan dalam berbagai bidang yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia, melainkan secara simultan
menghadirkan berbagai ekses negatif yang tidak dapat diprediksi. Diperlukan kompetensi warga negara yang mampu menyikapi berbagai persoalan globalisasi tersebut secara bijaksana, baik kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mumpuni, yang akan mampu menjawab berbagai persoalan globalisasi yang mengemuka.
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ADINDA AYU PUSPITANINGRUM ADINDA AYU PUSPITANINGRUM -
Nama: ADINDA AYU PUSPITANINGRUM
NPM: 2115061109
Prodi: S1 Teknik Informatika

Peranan Ideologi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagaimana diuraikan, ideologi mengandung nilai-nilai dasar, norma-norma dan cita-cita yang ingin diwujudkan oleh masyarakat penganutnya. Karena itu, ideologi memiliki peranan yang sangat penting sebagai dasar, arah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional, ia harus diperjuangkan untuk diterima kebenarannya melewati batas-batas Negara bangsa kita sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by M Zahid Hidayat -
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : M Zahid Hidayat
NPM : 2115062087
Kelas : TI D

Pada era revolusi saat ini tantangan Pendidikan Pancasila yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila yaitu peserta didik yang sudah tidak terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa student centered learning, untuk memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila baik sebagai etika, filsafat negara, maupun ideologi bangsa secara scientific.
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global, dan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya bagi eksistensi dan kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by INAS SAFITRI -
Assalamu'alaykum Wr.Wb
Izin memperkenalkan diri,
Nama: Inas Safitri
NPM: 2115061121
Kelas: PSTI-D

Izin menanggapi artikel pertemuan 5.
Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global, dan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya bagi eksistensi dan kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa Indonesia. Tantangan pendidikan Pancasila berkaitan dengan nilai pembelajaran, terutama pada saat pembelajaran harus dilaksanakan. Tantangan dalam proses pembelajaran pendidikan Pancasila di era revolusi saat ini adalah sulitnya melepaskan smartphone karena mudahnya memperoleh informasi dari luar melalui internet dan mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dan itu sangat benar, tetapi keberadaan pendidikan Pancasila mengakibatkan peserta didik tetap berada dalam norma-norma yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, pendidikan Pancasila ini sangat penting bagi perkembangan pendidikan, khususnya bagi mahasiswa agar dapat berperilaku selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Sekian tanggapan dari Saya, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian.
Terima kasih, Wassalamu'alaykum Wr.Wb
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Melinda Sari Sumadyo Putri -
Nama : Melinda Sari Sumadyo Putri
Npm : 2115061016
Prodi : S1 Teknik INnformatika

Pada dinamika Pancasila sebagai ideologi negara memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila.dengan demikian berdasarkan ketentuan dalam pasal 35 ayat 3 undang-undang republik Indonesia nomor 12 tahun 2002 tentang pendidikan tinggi yang dimaksud dengan mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai Indonesia bangsa Indonesia. Bahwa penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi itu sangat wajib dan sebaiknya diselenggarakan sebagai mata kuliah yang terdiri sendiri dan harus dimuat dalam kurikulum masing-masing perguruan tinggi, dengan demikian pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa amat penting tanpa membedakan bidang profesinya di masa yang akan datang.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Murti Sari Dewi -
Assalamualaikum wr. wb
Nama : Murti Sari Dewi
NPM : 2115061124
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan 5 yaitu: “MEMBANGUN ARGUMEN TENTANG DINAMIKA DAN TANTANGAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA”
Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Bahkan pada masa reformasi masih mengalami pasang surut yakni,enggannya para penyelenggara negara mewacanakan tentang pancasila, bahkan berujung pada hilangnya pancasila dikurikulum nasional. Meskipun pada akhirnya timbul kesadaran penyelenggara negara tentang pendidikan pancasila di perguruan tinggi. Terdapat unsur-unsur yang mempengaruhi tantangan terhadap pancasila sebagai ideologi negara yaitu faktor eksternal dan internal. Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Namun hal tersebut juga dapat diatasi dengan cara memanfaatkan perkembangan informasi serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi media dalam penanaman dan penguatan Pancasila di era revolusi.
Sekian tanggapan dari saya dan terima kasih. Saya akhiri Wassalamualaikum wr. wb.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NABILA FIRZARIANI -
Nama : Nabila Firzariani
NPM : 2115061065
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan mengenai artikel pada pertemuan 5 yang membahas Membangun Argumen Tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara.
Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Penerapan pancasila dalam kehidupan mengalami tantangan serta gangguan bahkan menjadi ancaman bagi pancasila. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membangun jiwa nasionalis dan bermoral karena butir-butir Pancasila mengandung makna mendalam dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.
Lewat kegiatan pendidikan diharapkan peserta didik menyerap nila-nilai moral Pancasila dan tidak lupa kita sebagai generasi penerus bangsa, perlu mempertahankan eksistensi Pancasila sebagai ideologi negara agar tidak hilang tergerus oleh zaman.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Elika Dwi Utami -
Nama : Elika Dwi Utami
NPM : 2115061024
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan 5:
Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada saat ini peserta didik yang sudah terlepas dari ponsel pintar. Namun hal tersebut juga dapat diatasi dengan cara memanfaatkan perkembangan informasi serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi media dalam penanaman dan penguatan Pancasila di era revolusi. Guru dan dosen dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran pendidikan Pancasila melalui media pembelajaran, seperti membuat game serta film animasi yang mangajarkan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus dapat pula membentuk karakter peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered learning), untuk memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila baik sebagai etika, filsafat negara, maupun ideologi bangsa secara scientific.

Pancasila juga perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional, ia harus diperjuangkan untuk diterima kebenarannya melewati batas-batas Negara bangsa kita sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by SYIFA AMELIA -
PERTEMUAN 5
Nama : Syifa Amelia
NPM : 2115061020
Prodi : Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan untuk artikel pada pertemuan 5 mengenai Dinamika dan tantangan pancasila sebagai ideologi negara
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
pancasila sebagai ideologi negara artinya seluruh warga negara Indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar sistem kenegaraan. Pada hakikatnya pancasila sebagai dasar negara memiliki 3 dimensi yaitu: dimensi realitas, idealitas dan flesibilitas. Dan tantangan pancasila dari zaman ke zaman yang semakin berat, generasi bangsa diharapakan mampu menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagi ideologi negara dengan cara mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Reginia Putri Maharani -
Nama: Reginia Putri Maharani
NPM: 2115061004
Prodi: S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel 5 . Berdasarkan ketentuan dalam pasal 35 ayat (3) Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 12 Tahun 2012, tentang pendidikan Tinggi, yang dimaksud dengan matakuliah pendidikan Pancasila adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman danpenghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia.Ditegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi itu wajibdiselenggarakan dan sebaiknya diselenggarakan sebagai mata kuliah yang berdiri sendiri danharus dimuat dalam kurikulum masing-masing perguruan tinggi. Keberadaan mata kuliahpendidikan Pancasila merupakan kehendak negara, bukan kehendak perseorangan ataugolongan, demi terwujudnya tujuan negara. Pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam mata kuliah pendidikan Pancasila adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student centered learning),untuk memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila baik sebagai etika, filsafat negara,maupun ideologi bangsa secara scientific. Dengan demikian, pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa amat penting,Hal itu dapat diketahui dari sejarah perjalanan Pancasila sebagai dasar negara, pandanganhidup bangsa, ideologi nasional, sumber dari segala sumber hukum negara yang diwarnaioleh berbagai konsepsi tentang bagaimana upaya guna mewujudkan cita – cita dan tujuannasional, termasuk konsepsi yang digagas oleh penganut paham yang bukan berasaskanPancasila.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Marselinus Heris Adyatma Marselinus Heris Adyatma -
Nama : Marselinus Heris Adyatma
NPM : 2155061014
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tanggapan untuk artikel pada pertemuan 5 :
"Membangun Argumen Tentang Dinamika Dan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara"

Pada Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan ketentuan dalam pasal 35 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, tentang pendidikan Tinggi, yang dimaksud dengan matakuliah pendidikan Pancasila adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila juga perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional, ia harus diperjuangkan untuk diterima kebenarannya melewati batas-batas Negara bangsa kita sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Panca Rulian Effendi -
Nama : Panca Rulian Effendi
NPM : 2115061117
Prodi : S1 Teknik Informatika

Disini saya akan menanggapi artikel pertemuan ke-5
Perlu ditegaskan kembali bahwa secara Sosiologis, Pancasila merupakan tampilan sikap dan perilaku insan Indonesia dalam pergaulan sosial kemasyarakatan sehari-hari yang sekaligus menjadikannya sebagai karakter masyarakat bangsa Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda sangat perlu untuk tetap memelihara perilaku sosial yang tetap berkarakter Pancasila, walaupun dinamika kehidupan sosial saat ini diwarnai oleh berbagai pengaruh dan penetrasi sosial budaya asing
Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Farhat Febrianto Farhat Febrianto -
Assalamualaikum Wr. Wb.
Izin memperkenalkan diri.
Nama : Farhat Febrianto
NPM : 2115061012
Prodi : Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan 5
Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Untuk menambah pemahaman dan penghayatan mengenai dinamika Pancasila sebabgai ideologi negara kita sebagai mahasiswa dan generasi muda sebaiknya mempelajari materi pendidikan Pancasila ini dengan baik agar pemahaman nilai-nilai Pancasila dikalangan mahasiswa dimengerti dengan baik dan dilakukan dalam kehidupan sehari hari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by M Dava Syahputra Dava -
Nama : M Dava Syahputra
NPM : 2115061101
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi artikel pertemuan 5
Pendidikan Pancasila terutama bagi kalangan generasi muda (mahasiswa) merupakan sesuatu langkah yang sangat penting untuk dilakukan generasi muda saat ini harus tahu, mau dan mampu mewarisi nilai – nilai historis, bagaimana eksistensi generasi muda dalam mendirikan dan mengisi kemerdekaan NKRI.
Era globalisasi tidak saja menghadirkan berbagai kemajuan dalam berbagai bidang yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia, melainkan secara simultan menghadirkan berbagai ekses negatif yang tidak dapat diprediksi. Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Tyas Nafara Andini Tyas Nafara Andini -
Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama : Tyas Nafara Andini
NPM : 2115061028
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI-D
Izin memberikan tanggapan pada pertemuan 5

Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Bahkan pada masa reformasi masih mengalami pasang surut yakni, enggannya para penyelenggara negara mewacanakan tentang pancasila, bahkan berujung pada hilangnya pancasila dikurikulum nasional.
Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Namun dengan adanya pendidikan Pancasila menjadikan mahasiswa agar tetap dalam norma yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga ini menjadi sangat penting dalam pengembangan pendidikan khususnya pada mahasiswa.
Peranan Ideologi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagaimana diuraikan, ideologi mengandung nilai-nilai dasar, norma-norma dan cita-cita yang ingin diwujudkan oleh masyarakat penganutnya. Karena itu, ideologi memiliki peranan sebaga dasar, arah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional, ia harus diperjuangkan untuk diterima kebenarannya melewati batas-batas Negara bangsa kita sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Bill Valentinov Bill Valentinov -
Nama : Bill Valentinov
NPM : 2115061073
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan atau argumen terkait materi dari artikel pertemuan 5 "MEMBANGUN ARGUMEN TENTANG DINAMIKA DAN TANTANGAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA"
Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Pancasila sebagai ideologi negara dalam masa pemerintahan Presiden Soekarno; sebagaimana diketahui bahwa Soekarno termasuk salah seorang perumus Pancasila, bahkan penggali dan memberi nama untuk dasar negara. Pancasila sebagai ideologi dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto diletakkan pada kedudukan yang sangat kuat melalui TAP MPR No. II/1978 tentang pemasyarakatan P-4. Pada masa Soeharto ini pula, ideologi Pancasila menjadi asas tunggal bagi semua organisasi politik (Orpol) dan organisasi masyarakat (Ormas).
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ilham Ramadhan Ilham Ramadhan -
Nama : Ilham Ramadhan
NPM : 2115061049
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan pada pertemuan 5

Dinamika Pancasila sebagai ideologi mengalami pasang surut dari awal terbentuknya sampai dengan saat ini. Bahkan berujung pada hilangnya pancasila di kurikulum nasional. Meskipun pada akhirnya timbul kesadaran penyelenggara negara tentang pendidikan pancasila di perguruan tinggi.

Tantangan pancasila dalam Membangun karakter pada mahasiswa di perguruan tinggi sangat penting sebagai kelanjutan pendidikan Karakter di sekolah. Membangun
karakter diperguruan tinggi tidak cukup
dilakukan melalui kegiatan kurikuler
tetapi juga harus dilakukan melalui
kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Membangun karakter di perguruan tinggi harus berpijak kepada nilai-nilai karakter dasar, yang selanjutnya dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan
lingkungan kampus itu sendiri.Pancasila sebagai dasar negara dan idiologi bangsa yang berintikan nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan dirasa tepat jika dijadikan sebagai dasar membangun karakter mahasiswa. Pancasila mengandung nilai-nilai yang sesuai dengan kondisi kebangsaan dalam menghadapi
tantangan dan mencerminkan karakteristik bangsa. Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila dijadikan sebagai norma dalam mengatasi segala persoalan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NUR AINUN . -
Assalamualaikum wr. wb
Nama : Nur Ainun
NPM : 2115061041
Prodi : S1 Teknik Informatika
Kelas : PSTI-D

Ideologi negara sebagai perangkat gagasan atau konsep berpikir negara adalah sebagai tatanan nilai yang diharapkan dapat diaktualisasi dengan baik oleh negara yang direpresentasikan oleh pemerintah dan juga oleh warga negara. Ideologi tersebut pada dasarnya merupakan nilainilai yang disepakati bersama untuk dijadikan pedoman dalam bersikap dan berperilaku sebagai identitas negara serta seluruh warga negara.
Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila pada era revolusi saat ini peserta didik yang sudah terlepas dari ponsel pintar, saat ini mereka dengan mudah mendapatkan informasi dari luar melalui internet yang terkadang informasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Namun hal tersebut juga dapat diatasi dengan cara memanfaatkan perkembangan informasi serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi media dalam penanaman dan penguatan Pancasila di era revolusi. Guru dan dosen dituntut untuk dapat lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran pendidikan Pancasila melalui media pembelajaran, seperti membuat game serta film animasi yang mangajarkan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus dapat pula membentuk karakter peserta didik.

Sekian tanggapan saya, terima kasih. Saya akhiri Wassalamualaikum Wr. Wb.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Elisabeth Pakpahan -
Nama : Elisabeth Pakpahan
NPM : 2115061093
Prodi : S1 Teknik Informatika
Izin menanggapi artikel pertemuan 5

Membangun Argumen Tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara
Dinamika Pancasila sebagai ideologi negara dalam sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan adanya pasang surut dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Penerapan pancasila dalam kehidupan mengalami tantangan serta gangguan bahkan menjadi ancaman bagi pancasila. Oleh karena itu, Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membangun jiwa nasionalis dan bermoral karena butir-butir Pancasila mengandung makna mendalam dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pancasila juga perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional, ia harus diperjuangkan untuk diterima kebenarannya melewati batas-batas Negara bangsa kita sendiri.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Annisya Rianta Raudatuljannah -
Nama : Annisya Rianta Raudatuljannah
NPM : 2115061008
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin menanggapi materi yang ada pada artikel pertemuan ke-5 yang membahas tentang "Membangun Argumen Tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara".

Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia merupakan pilihan ideologi yang sangat tepat yang mesti dijadikan rujukan utama bagi setiap warga negara dalam bertindak dalam konteks global. Hal ini tidak lain agar sikap dan perilaku yang ditampilkannya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, sikap dan perilaku berkarakter Pancasila, yang terefleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan negara merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya bagi eksistensi dan kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa Indonesia. Dapat dimaknai bahwa tidak ada Indonesia bila tidak ada Pancasila. Mengingat kedudukannya yang sangat penting dan strategis maka bangsa Indonesia perlu memposisikan Pancasila dalam wadah yang kuat, tegas, dan sah secara hukum.Pendidikan Pancasila terutama bagi kalangan generasi muda (mahasiswa) merupakan sesuatu langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Mengingat, mereka akan menjadi penentu keberhasilan dan perwujudan cita– cita Proklamasi 17 Agustus Tahun 1945. ditegaskan kembali bahwa secara historis, yang tampil sebagai pejuang dan pendiri Bangsa dan Negara ini, adalah kalangan generasi muda pada masanya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by HILDA MUTIARA VANI -
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama: Hilda Mutiara Vani
NPM: 2115061069
Prodi: S1 Teknik Informatika
Kelas: PSTI-D

Izin menanggapi artikel pada pertemuan ke-5 yang membahas tentang “Membangun Argumen Tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara”.
Dapat disimpulkan bahwa peranan ideologi dalam kehidupan bermasyarakat memiliki peranan sebagai dasar, arah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk itu pentingnya Pendidikan Pancasila dalam perguruan tinggi diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa yang unggul sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Yang nantinya dapat berguna untuk masyarakat lain dan bahkan untuk negara Indonesia. Untuk meningkatkan pemahaman pada Pendidikan Pancasila dapat membuat pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi lebih kreatif sehingga mahasiswa tertarik dalam memperlajari Pendidikan Pancasila.
Sekian dari saya, terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by EZLYNO RAMADHAN TARIGAN -
Nama : Ezlyno Ramadhan Tarigan
Npm : 2115061057
Prodi : S1 Teknik Informatika

Izin memberikan tanggapan pada artikel pertemuan 5
Pancasila sendiri mendapat tantangan yang justru berasal dari dalam negeri sendiri dengan berbagai masalah seperti menguatnya isu pergantian dasar negara, marak berita hoax yang mengarah pada politik identitas yang mengancam disintegrasi bangsa. Hasil kajian dari tulisan ini bahwa pemerintah perlu melakukan antisipasi terhadap persoalan ini, dengan penanaman nilai luhur Pancasila dan melihat bahwa Pancasila merupakan ideologi terbuka dan ideologi pemersatu.