Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh.
Forum Diskusi
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20
Izin menjawab
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menanamkan civic participation di lingkungan sekolah antara lain :
1. Guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.
2. Guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
3. Sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
Contoh pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional
2. Melaksanakan upacara bendera
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20
Izin menjawab
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menanamkan civic participation di lingkungan sekolah antara lain :
1. Guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.
2. Guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
3. Sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
Contoh pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional
2. Melaksanakan upacara bendera
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21
Izin menanggapi,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Cara menanamkan civic participation peserta didik di lingkungan sd adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya(a) menyanyikan lagu-lagu nasional, (b) melaksanakan upacara bendera, (c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, (d) berpartisipasi dalam pentas budaya, (e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, (f) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu,ketiga kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, (b)dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam.
Contoh civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Saran yang diberikan peneliti oleh guru PPKn dan sekolah sebagai berikut: (a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, (b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, (c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
Waalaikumsalam wr.wb
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21
Izin menanggapi,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Cara menanamkan civic participation peserta didik di lingkungan sd adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya(a) menyanyikan lagu-lagu nasional, (b) melaksanakan upacara bendera, (c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, (d) berpartisipasi dalam pentas budaya, (e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, (f) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu,ketiga kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, (b)dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam.
Contoh civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Saran yang diberikan peneliti oleh guru PPKn dan sekolah sebagai berikut: (a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, (b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, (c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
Waalaikumsalam wr.wb
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
Absen: 19
Izin menjawab Ibu,
Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD beserta contohnya.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Untuk menanamkan civic partisipation bagi siswa SD, guru sebaiknya terus meningkatkan dan mengembangkan program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah. Guru juga harus terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
Contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic participation bagi siswa SD antara lain:
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional,
2. Melaksanakan upacara bendera,
3. Mentaati tata tertib sekolah,
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya,
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
6. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu, seperti pemilihan ketua kelas.
Sekian, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
Absen: 19
Izin menjawab Ibu,
Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD beserta contohnya.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Untuk menanamkan civic partisipation bagi siswa SD, guru sebaiknya terus meningkatkan dan mengembangkan program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah. Guru juga harus terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
Contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic participation bagi siswa SD antara lain:
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional,
2. Melaksanakan upacara bendera,
3. Mentaati tata tertib sekolah,
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya,
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
6. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu, seperti pemilihan ketua kelas.
Sekian, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama. : fatma Trisnawati
Npm : 1913053018
No. Absen : 12
Kelas. : semester 5 B
pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
A. menyanyikan lagu-lagu nasional
B. melaksanaka upacara bendera,
C. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
D. berpartisipasi dalam pentas budaya,
E. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD
1. Religius
karakter religius diantaranya ialah memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun.
Contoh:
setiap
mengawali dan mengakhiri kegiatan maupun mengerjakan tugas-tugas pelajaran berdoa terlebih
dahulu, dan mengembangkan toleransi beragama dalam
keberagaman yang ada melaksanakan ibadah dengan
baik sesuai dengan kepercayaan/keyakinan masing masing, menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah
2. Kecerdasan
karakter cerdas di antaranya ialah siswa berkata dan bertindak secara benar, cepat, dan akurat
Contoh :
siswa mampu menerapkan pengetahuannya (knowledge) terhadap sesuatu yang baru.
3. Ketangguhan
karakter tangguh di antaranya ialah memiliki sikap dan tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi tertentu/tidak mudah berputus asa
Contoh:
mampu menyelesaikan permasalahan dan kesulitan yang terjadi sehingga berhasil meraih tujuan atau cita-citanya.
4. Kepedulian
kepedulian di antaranya ialah siswa dapat
memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam
Contoh :
siswa dapat berbagi dengan berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan terhadap orang lain yang dilanda musibah atau kurang beruntung dalam kehidupannya, siswa tidak pasif
(tidak bersifat masa bodoh) melainkan proaktif dengan adanya perubahan keadaan lingkungan.
5. Demokratis
seorang siswa dapat dikatakan memiliki
karakter demokratis di antaranya ialah siswa menghormati pendapat dan hak orang lain
Contoh :
tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, siswa ikut berperan serta aktif dalam mengatasi permasalahan publik (termasuk aktif dalam kegiatan sekolah, memberikan kritik saran yang membangun dalam pembuatan peraturan kelas, peraturan sekolah)
6. Nasionalis
nasionalis yaitu siswa mampu berbahasa
Indonesia secara baik dan benar
Contoh:
menghormati pahlawan, berpartisipasi dalam perayaan hari-hari besar nasional, mampu menyanyikan lagu-lagu kebangsaan; melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup, memiliki sikap setia kawan terhadap sesama anak bangsa
7. Kepatuhan
siswa dapat dikatakan memiliki
karakter tersebut yaitu siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku
Contoh:
mematuhi nilai, norma, kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolah
8. Menghargai keberagamansiswa memiliki sikap saling menghormati menghargai dalam membangun sikap gotong royong
tidak membeda-bedakan teman dengan
latar belakang apapun
Contoh:
menghargai hasil karya atau
produk suku lain, dengan memberikan suatu apresiasi, mengkoleksi, memakai, atau menyanyikan.
9. Kesadaran akan hak dan kewajiban
siswa harus memiliki kesadaran
untuk bersikap dan bertindak secara adil mau bekerja keras untuk belajar dengan tekun dan disiplin
Contoh:
memelihara keseimbangan dalam memenuhi hak dan melakasanakan kewajiban, menghargai hak-hak orang lain, melaksanakan apa yang telah menjadi suatu kewajiban bagi dirinya.
10.Bertanggung jawabsiswa mempunyai sikap seperti mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Contoh:
berani menanggung resiko atas apa yang telah dilakukan,mengerjakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan waktu yang ditetapkan
11. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
siswa mampu memberikan usulan yang masuk akal dengan menggunakan akal
yang sehat dengan mengelaborasikan antara teori dan praktik
Contoh :
memberikan kritik, saran yang bersifat mambangun; memberikan ide atau gagasan yang baik
12. Kemandirian.
karakter kemandirian di antaranya siswa tidak bergantung pada orang lain.
Contoh:
melaksanakan kegiatan atas dasar kemampuan sendir, meningkatkan religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri
Terimakasih
Waalaikumsallam warroatulohi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama. : fatma Trisnawati
Npm : 1913053018
No. Absen : 12
Kelas. : semester 5 B
pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
A. menyanyikan lagu-lagu nasional
B. melaksanaka upacara bendera,
C. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
D. berpartisipasi dalam pentas budaya,
E. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD
1. Religius
karakter religius diantaranya ialah memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun.
Contoh:
setiap
mengawali dan mengakhiri kegiatan maupun mengerjakan tugas-tugas pelajaran berdoa terlebih
dahulu, dan mengembangkan toleransi beragama dalam
keberagaman yang ada melaksanakan ibadah dengan
baik sesuai dengan kepercayaan/keyakinan masing masing, menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah
2. Kecerdasan
karakter cerdas di antaranya ialah siswa berkata dan bertindak secara benar, cepat, dan akurat
Contoh :
siswa mampu menerapkan pengetahuannya (knowledge) terhadap sesuatu yang baru.
3. Ketangguhan
karakter tangguh di antaranya ialah memiliki sikap dan tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi tertentu/tidak mudah berputus asa
Contoh:
mampu menyelesaikan permasalahan dan kesulitan yang terjadi sehingga berhasil meraih tujuan atau cita-citanya.
4. Kepedulian
kepedulian di antaranya ialah siswa dapat
memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam
Contoh :
siswa dapat berbagi dengan berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan terhadap orang lain yang dilanda musibah atau kurang beruntung dalam kehidupannya, siswa tidak pasif
(tidak bersifat masa bodoh) melainkan proaktif dengan adanya perubahan keadaan lingkungan.
5. Demokratis
seorang siswa dapat dikatakan memiliki
karakter demokratis di antaranya ialah siswa menghormati pendapat dan hak orang lain
Contoh :
tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, siswa ikut berperan serta aktif dalam mengatasi permasalahan publik (termasuk aktif dalam kegiatan sekolah, memberikan kritik saran yang membangun dalam pembuatan peraturan kelas, peraturan sekolah)
6. Nasionalis
nasionalis yaitu siswa mampu berbahasa
Indonesia secara baik dan benar
Contoh:
menghormati pahlawan, berpartisipasi dalam perayaan hari-hari besar nasional, mampu menyanyikan lagu-lagu kebangsaan; melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup, memiliki sikap setia kawan terhadap sesama anak bangsa
7. Kepatuhan
siswa dapat dikatakan memiliki
karakter tersebut yaitu siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku
Contoh:
mematuhi nilai, norma, kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolah
8. Menghargai keberagamansiswa memiliki sikap saling menghormati menghargai dalam membangun sikap gotong royong
tidak membeda-bedakan teman dengan
latar belakang apapun
Contoh:
menghargai hasil karya atau
produk suku lain, dengan memberikan suatu apresiasi, mengkoleksi, memakai, atau menyanyikan.
9. Kesadaran akan hak dan kewajiban
siswa harus memiliki kesadaran
untuk bersikap dan bertindak secara adil mau bekerja keras untuk belajar dengan tekun dan disiplin
Contoh:
memelihara keseimbangan dalam memenuhi hak dan melakasanakan kewajiban, menghargai hak-hak orang lain, melaksanakan apa yang telah menjadi suatu kewajiban bagi dirinya.
10.Bertanggung jawabsiswa mempunyai sikap seperti mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu
Contoh:
berani menanggung resiko atas apa yang telah dilakukan,mengerjakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan waktu yang ditetapkan
11. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
siswa mampu memberikan usulan yang masuk akal dengan menggunakan akal
yang sehat dengan mengelaborasikan antara teori dan praktik
Contoh :
memberikan kritik, saran yang bersifat mambangun; memberikan ide atau gagasan yang baik
12. Kemandirian.
karakter kemandirian di antaranya siswa tidak bergantung pada orang lain.
Contoh:
melaksanakan kegiatan atas dasar kemampuan sendir, meningkatkan religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri
Terimakasih
Waalaikumsallam warroatulohi wabarrokatuh
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
Absen : 27
Izin menjawab
Analisa tentang cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD beserta contohnya.
Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga
negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi yang dimaksud
adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan yang lebih baik. Dalam lingkungan SD cara menanamkan civic partisipan ini dapat diawali dengan membuat silabus dan RPP. Contoh civic partisipan di lingkungan SD yaitu :
- Siswa melaksanakan piket kelas
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara bendera
- Siswa dapat berpartisipasi dalam pemilihan ketua kelas
- Siswa berpartisipasi dalam seluruh kegiatan pembelajaran, salah satunya menyanyikan lagu wajib nasional.
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam menaati peraturan juga tata tertib sekolah, contohnya menggunakan seragam yang sesuai.
Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
Absen : 27
Izin menjawab
Analisa tentang cara menanamkan civic partisipan di lingkungan SD beserta contohnya.
Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga
negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi yang dimaksud
adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan yang lebih baik. Dalam lingkungan SD cara menanamkan civic partisipan ini dapat diawali dengan membuat silabus dan RPP. Contoh civic partisipan di lingkungan SD yaitu :
- Siswa melaksanakan piket kelas
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara bendera
- Siswa dapat berpartisipasi dalam pemilihan ketua kelas
- Siswa berpartisipasi dalam seluruh kegiatan pembelajaran, salah satunya menyanyikan lagu wajib nasional.
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam menaati peraturan juga tata tertib sekolah, contohnya menggunakan seragam yang sesuai.
Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
No. Absen : 24
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh.
Izin menjawab ,
Civic partisipan adalah kemampuan berpartisipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara individual, dan sosial. Partisipasi kewarganegaraan ini merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. PPKn salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum sekolah, dimana PKn berusaha membina perkembangan moral siswa atau perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat mewujudkan tanggung jawab siswa dalam kehidupan sehari-hari disekolah, bukan hanya semata-mata ditetapkan sebagai wadah untuk mengalihkan pengetahuan tentang nilai dan moral, tapi yang lebih penting adalah bagaimana agar pengetahuan tentang nilai dan moral tersebut sampai pada tingkat pemahaman dan penghayatan untuk selanjutnya mengimplikasikan nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari tanggung jawabnya sebagai warga Negara. Pembentukan nilai tanggung jawab tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah.
Cara menanamkan Civic partisipan yaitu dengan mengajak siswa-siswi bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri sebagai seorang siswa disekolah, seperti contoh nya : mengajak siswa dimuka gerbang sekolah dengan bersalam tangan, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan piket kebersihan, menyiram bunga, memakai pakaian yang seragam, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, melaksanakan disiplin waktu dan mengerjakan tugas, berpartisipasi dalam pentas budaya, mengikuti kegiatan yang diadakan disekolah, serta melibatkan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Sekian Terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
No. Absen : 24
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh.
Izin menjawab ,
Civic partisipan adalah kemampuan berpartisipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara individual, dan sosial. Partisipasi kewarganegaraan ini merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. PPKn salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum sekolah, dimana PKn berusaha membina perkembangan moral siswa atau perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat mewujudkan tanggung jawab siswa dalam kehidupan sehari-hari disekolah, bukan hanya semata-mata ditetapkan sebagai wadah untuk mengalihkan pengetahuan tentang nilai dan moral, tapi yang lebih penting adalah bagaimana agar pengetahuan tentang nilai dan moral tersebut sampai pada tingkat pemahaman dan penghayatan untuk selanjutnya mengimplikasikan nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari tanggung jawabnya sebagai warga Negara. Pembentukan nilai tanggung jawab tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah.
Cara menanamkan Civic partisipan yaitu dengan mengajak siswa-siswi bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri sebagai seorang siswa disekolah, seperti contoh nya : mengajak siswa dimuka gerbang sekolah dengan bersalam tangan, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan piket kebersihan, menyiram bunga, memakai pakaian yang seragam, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, melaksanakan disiplin waktu dan mengerjakan tugas, berpartisipasi dalam pentas budaya, mengikuti kegiatan yang diadakan disekolah, serta melibatkan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Sekian Terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Yoja Asti Fahliza
Npm : 1913053127
Izin menjawab
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menerapkan civic participation di sd dapat dilakukan dengan:
1. Menyanyikan lagu nasional
2. Menhikuti kegiatan upacara
3. Mengikuti kegiatan oemilu sederhana seperti pemilihan ketua kelas.
Sekian jawbaan dari saya, terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
Npm : 1913053127
Izin menjawab
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menerapkan civic participation di sd dapat dilakukan dengan:
1. Menyanyikan lagu nasional
2. Menhikuti kegiatan upacara
3. Mengikuti kegiatan oemilu sederhana seperti pemilihan ketua kelas.
Sekian jawbaan dari saya, terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menjawab,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), kecerdasan warga Negara (civic intelligenece) dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Secara keseluruhan pembelajaran PPKn mulai mengembangkan 3 aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.
Upaya guru dalam meningkatkan civic participation siswa, sudah terintegrasi dan diupayakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan temuan-temuan peneliti dapat dipahami bahwa kesimpulan dari angket, wawancara dan observasi yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa guru telah berupaya memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic participation, adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPkn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
Sekian, Terima kasih.
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menjawab,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), kecerdasan warga Negara (civic intelligenece) dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Secara keseluruhan pembelajaran PPKn mulai mengembangkan 3 aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk melihat perkembangan aspek kompetensi tersebut terutama dalam aspek psikomotorik guru PPKn berupaya membentuk civic participation dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.
Upaya guru dalam meningkatkan civic participation siswa, sudah terintegrasi dan diupayakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan temuan-temuan peneliti dapat dipahami bahwa kesimpulan dari angket, wawancara dan observasi yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa guru telah berupaya memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic participation, adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPkn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
Sekian, Terima kasih.
selamat siang ibu,
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Absen : 09
Izin menjawab,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Contoh Civic partisipan :
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara bendera
- Siswa dapat berpartisipasi dalam pemilihan ketua kelas
- Siswa berpartisipasi dalam seluruh kegiatan pembelajaran, salah satunya menyanyikan lagu wajib nasional.
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam menaati peraturan juga tata tertib sekolah, contohnya menggunakan seragam yang sesuai.
Terimakasih dan selamat siang ibu.
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Absen : 09
Izin menjawab,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Contoh Civic partisipan :
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara bendera
- Siswa dapat berpartisipasi dalam pemilihan ketua kelas
- Siswa berpartisipasi dalam seluruh kegiatan pembelajaran, salah satunya menyanyikan lagu wajib nasional.
- Mengajak siswa berpartisipasi dalam menaati peraturan juga tata tertib sekolah, contohnya menggunakan seragam yang sesuai.
Terimakasih dan selamat siang ibu.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Andaru Pramia Putri
Npm : 1913053138
Absen : 20
Izin menjawab
Ketrampilan kewarganegaraan
dikembangkan agar pengetahuan yang diperoleh menjadi
sesuatu yang bermakna, karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan berbangsa
dan bernegara. Civic skills mencakup intelectual skills (ketrampilan intelektual) dan participation skills
(ketrampilan partisipasi). Ketrampilan intelektual yang terpenting bagi terbentuknya warga negara yang
berwawasan luas, efektif dan bertanggung jawab antara lain adalah ketrampilan berpikir kritis. Ketrampilan
berpikir kritis meliputi mengidentifikasi, menggambarkan / mendeskripsikan, menjelaskan, menganalisis,
mengevaluasi, menentukan dan mempertahankan pendapat yang berkenaan dengan masalah – masalah publik.
Contoh menanamkannya yaitu :
Mengajak siswa melaksanakan piket kelas, menanamkan sikap demokrasi kepada siswa, mengajak siswa untuk ikut berpasrtisipasi dalam kegiatan sekolah, menanamkan rasa cinta tanah air dengan menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional, ikut serta dalam upacara bendera setiap hari senin.
Nama : Andaru Pramia Putri
Npm : 1913053138
Absen : 20
Izin menjawab
Ketrampilan kewarganegaraan
dikembangkan agar pengetahuan yang diperoleh menjadi
sesuatu yang bermakna, karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan berbangsa
dan bernegara. Civic skills mencakup intelectual skills (ketrampilan intelektual) dan participation skills
(ketrampilan partisipasi). Ketrampilan intelektual yang terpenting bagi terbentuknya warga negara yang
berwawasan luas, efektif dan bertanggung jawab antara lain adalah ketrampilan berpikir kritis. Ketrampilan
berpikir kritis meliputi mengidentifikasi, menggambarkan / mendeskripsikan, menjelaskan, menganalisis,
mengevaluasi, menentukan dan mempertahankan pendapat yang berkenaan dengan masalah – masalah publik.
Contoh menanamkannya yaitu :
Mengajak siswa melaksanakan piket kelas, menanamkan sikap demokrasi kepada siswa, mengajak siswa untuk ikut berpasrtisipasi dalam kegiatan sekolah, menanamkan rasa cinta tanah air dengan menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional, ikut serta dalam upacara bendera setiap hari senin.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Asyrof Hibatulloh
NPM : 1913053096
Absen : 05
Izin menanggapi
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Untuk menanamkan civic patisipan kepada peserta didik guru sebaiknya
(a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah,
(b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab,
(c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik
Contoh kegiatan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
Nama : Asyrof Hibatulloh
NPM : 1913053096
Absen : 05
Izin menanggapi
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Untuk menanamkan civic patisipan kepada peserta didik guru sebaiknya
(a) guru PPKn sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah,
(b) guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab,
(c) sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik
Contoh kegiatan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Devita Auliya
NPM: 1913053103
Absen: 07
Izin menanggapi
Civic partisipan adalah kemampuan berpartisipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara individual, dan sosial. Partisipasi kewarganegaraan ini merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menanamkan civic participation peserta didik di lingkungan sd adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional
2. Melaksanakan upacara bendera
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
6. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu
Contoh civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah
1. Memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan
2. Mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi
3. Menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan
4. Memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Devita Auliya
NPM: 1913053103
Absen: 07
Izin menanggapi
Civic partisipan adalah kemampuan berpartisipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara individual, dan sosial. Partisipasi kewarganegaraan ini merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Cara menanamkan civic participation peserta didik di lingkungan sd adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional
2. Melaksanakan upacara bendera
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam pentas budaya
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
6. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu
Contoh civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah
1. Memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan
2. Mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi
3. Menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan
4. Memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
No. Absen : 13
NPM : 1913053007
Izin memberikan tanggapan mengenai bagaimana cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD? Beserta alasan dan contoh
Menurut saya cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan sebuah pembiasaan, karena dalam civic partisipan peserta didik dituntut untuk cakap dan terampil dalam berpartisipasi sebagai warga negara.Membiasakan peserta didik untuk melakukan senyum, sapa, salam, sopan dan santun saat pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, membiasakan peserta didik untuk mengerjakan tugasnya dengan mandiri dan jujur, membiasakan peserta didik untuk dapat bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelasnya, membiasakan peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan pikiran kritisnya selama pembelajaran berlangsung, membiasakan peserta didik untuk melakukan musyawarah saat menentukan perangkat kelas dan peraturan kelas, serta membiasakan peserta didik untuk menaati peraturan sekolah. Melalui pembiasaan hal-hal baik tersebut yang mencakup dalam penanaman sikap religi, kepedulian, demokratis, nasionalis, kepatuhan terhadap aturan, kesadaran akan hak dan kewajiban, tanggung jawab, berpikir logis/kritis, serta kemandirian dapat membantu peserta didik memiliki sikap yang baik dan dapat diimplementasikan nya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara nantinya.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Gita Indah Mustika
No. Absen : 13
NPM : 1913053007
Izin memberikan tanggapan mengenai bagaimana cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD? Beserta alasan dan contoh
Menurut saya cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan sebuah pembiasaan, karena dalam civic partisipan peserta didik dituntut untuk cakap dan terampil dalam berpartisipasi sebagai warga negara.Membiasakan peserta didik untuk melakukan senyum, sapa, salam, sopan dan santun saat pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, membiasakan peserta didik untuk mengerjakan tugasnya dengan mandiri dan jujur, membiasakan peserta didik untuk dapat bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelasnya, membiasakan peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan pikiran kritisnya selama pembelajaran berlangsung, membiasakan peserta didik untuk melakukan musyawarah saat menentukan perangkat kelas dan peraturan kelas, serta membiasakan peserta didik untuk menaati peraturan sekolah. Melalui pembiasaan hal-hal baik tersebut yang mencakup dalam penanaman sikap religi, kepedulian, demokratis, nasionalis, kepatuhan terhadap aturan, kesadaran akan hak dan kewajiban, tanggung jawab, berpikir logis/kritis, serta kemandirian dapat membantu peserta didik memiliki sikap yang baik dan dapat diimplementasikan nya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara nantinya.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Evita Nur Cahyani
NPM : 1913053056
Absen : 11
Izin memberikan pendapat saya mengenai bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Civic participation atau partisipasi warga negara ini perlu dikembangkan bukan hanya kecerdasan rasional melainkan juga dalam kecerdasan spiritual, emosional dan sosial.
cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu :
1. Upaya yang dilakukan guru PPKn dalam memotivasi siswa agar mengikuti kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka, kegiatan ekstrakurikuler seperti, upacara berdera.
2. Dalam proses pembelajaran guru menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
Contoh pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Melaksanakan upacara bendera
2. Menyanyikan lagu-lagu nasional
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah maupun pentas budaya
6. Mengikuti kegiatan pemilu sederhana untuk pemilihan ketua kelas.
7. Saling berdiskusi secara mufakat untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Sekian pendapat dari saya. Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Evita Nur Cahyani
NPM : 1913053056
Absen : 11
Izin memberikan pendapat saya mengenai bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility). Civic participation atau partisipasi warga negara ini perlu dikembangkan bukan hanya kecerdasan rasional melainkan juga dalam kecerdasan spiritual, emosional dan sosial.
cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu :
1. Upaya yang dilakukan guru PPKn dalam memotivasi siswa agar mengikuti kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka, kegiatan ekstrakurikuler seperti, upacara berdera.
2. Dalam proses pembelajaran guru menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
Contoh pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
1. Melaksanakan upacara bendera
2. Menyanyikan lagu-lagu nasional
3. Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
4. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah maupun pentas budaya
6. Mengikuti kegiatan pemilu sederhana untuk pemilihan ketua kelas.
7. Saling berdiskusi secara mufakat untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Sekian pendapat dari saya. Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Heni Afirika Sari
Npm :1913053057
Absen : 14
Izin menjawab
Nama : Heni Afirika Sari
Npm :1913053057
Absen : 14
Izin menjawab
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
Upaya guru PPKn dalam meningkatkan civic participation siswa dapat digambarkan sebagai berikut:
1. Religius
Guru mengajak anak untuk berdo'a terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
2. Kecerdasan
Guru mengajarkan sisiwa agar memiliki karakter cerdas di antaranya ialah siswa berkata dan bertindak secara benar, cepat, dan akurat;
3. Katangguhan
Siswa diajarkan untuk memiliki sikap dan tindakan untuk pantang menyerah dalam situasi tertentu/tidak mudah berputus asa;
4. Kepedulian
Siswa diajarkan untuk memiliki karakter kepedulian di antaranya ialah siswa dapat memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam;
5. Demokrasi
Siswa diajarkan untuk menghargai pendapat orang lain
6. Nasionalis
Siswa diajarkan untuk dapat berbahasa Indonesia yang baik
7. Kepatuhan terhadap aturan sosial
siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah;
8. Menghargai keberagaman
siswa memiliki sikap saling menghormati menghargai dalam membangun sikap
gotong royong;
9. Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
10. Bertanggung jawab
11. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
12. Kemandirian
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ilyas Syafrudin
Npm : 1953053023
Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPKn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya
pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi
contoh pelaksanaan pembentukan civic partisipasi
1. menyanyikan lagu-lagu nasional,
2. melaksanakan upacara bendera,
3. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
4. berpartisipasi dalam pentas budaya,
5. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
6. ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu
Npm : 1953053023
Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility).
upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru PPKn menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya
pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi
contoh pelaksanaan pembentukan civic partisipasi
1. menyanyikan lagu-lagu nasional,
2. melaksanakan upacara bendera,
3. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
4. berpartisipasi dalam pentas budaya,
5. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,
6. ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No.Absen:10
Izin memberikan tanggapan terkait cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan mengarahkan dan membiasakan siswa. Guru dapat menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lain. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan yaitu diantaranya yaitu, Mengajak siswa ikut serta dengan memasang gambar Garuda Pancasila, Pahlawan Nasional, Presiden dan wakil Presiden RI, memperingati hari-hari nasional, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, menjaga kedisiplinan, mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti pentas budaya.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No.Absen:10
Izin memberikan tanggapan terkait cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan mengarahkan dan membiasakan siswa. Guru dapat menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lain. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan yaitu diantaranya yaitu, Mengajak siswa ikut serta dengan memasang gambar Garuda Pancasila, Pahlawan Nasional, Presiden dan wakil Presiden RI, memperingati hari-hari nasional, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, menjaga kedisiplinan, mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti pentas budaya.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan pendapat terkait, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh.
S. Winnataputra dan Sapriya dalam modul Paradigma Baru PKn di SD/MI menjelaskan bahwa, Misi PKn dengan paradigma barunya adalah mengembangkan pendidikan demokrasi yang secara psiko-pedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga karakteristik pokok warga negara yang demokratis, yakni civic intelligence atau kecerdasan warga negara, civic responsibility atau tanggung jawab warga negara dan civic participation atau partisipasi warga negara. Pendidikan nilai, moral, dan/atau budi pekerti mendapat tempat khusus dalam pokok-pokok bahasan yang secara langsung berkaitan dengan “warga negara” (sistem personal). Di samping itu, muatan nilai, moral, dan budi pekerti yang diharapkan dari warga negara, akan selalu menjadi pengiring dalam setiap pokok bahasan. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa pembelajaran mengenai pokok bahasan apapun pada akhirnya harus mendukung terbentuknya partisipasi warga negara yang penuh nalar dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berpemerintahan, berbangsa, dan bernegara yang demokratis.
Berdasarkan analisis di atas, maka cara yang dapat guru lakukan untuk menanamkan partisipasi warga negara (civic participation) di lingkungan SD diantaranya yaitu :
1. Menanamkan jiwa nasionalisme kepada peserta didik.
2. Menanamkan sikap tanggung jawab kepada peserta didik.
3. Menanamkan sikap demokratis.
4. Mengajarkan peserta didik untuk menghargai pendapat orang lain.
5. Menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
6. Memelihara dan melestarikan aneka ragam kebudayaan indonesia.
Adapun contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh peserta didik guna menanamkan civic participation diantaranya yaitu :
- Melaksanakan upacara bendera.
- Menyanyikan lagu-lagu nasional.
- Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah.
- Berpartisipasi aktif dalam kegiatan kebudayaan.
- Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan struktur kelas.
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan pendapat terkait, cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? berikan analisa mu disertai contoh.
S. Winnataputra dan Sapriya dalam modul Paradigma Baru PKn di SD/MI menjelaskan bahwa, Misi PKn dengan paradigma barunya adalah mengembangkan pendidikan demokrasi yang secara psiko-pedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga karakteristik pokok warga negara yang demokratis, yakni civic intelligence atau kecerdasan warga negara, civic responsibility atau tanggung jawab warga negara dan civic participation atau partisipasi warga negara. Pendidikan nilai, moral, dan/atau budi pekerti mendapat tempat khusus dalam pokok-pokok bahasan yang secara langsung berkaitan dengan “warga negara” (sistem personal). Di samping itu, muatan nilai, moral, dan budi pekerti yang diharapkan dari warga negara, akan selalu menjadi pengiring dalam setiap pokok bahasan. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa pembelajaran mengenai pokok bahasan apapun pada akhirnya harus mendukung terbentuknya partisipasi warga negara yang penuh nalar dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berpemerintahan, berbangsa, dan bernegara yang demokratis.
Berdasarkan analisis di atas, maka cara yang dapat guru lakukan untuk menanamkan partisipasi warga negara (civic participation) di lingkungan SD diantaranya yaitu :
1. Menanamkan jiwa nasionalisme kepada peserta didik.
2. Menanamkan sikap tanggung jawab kepada peserta didik.
3. Menanamkan sikap demokratis.
4. Mengajarkan peserta didik untuk menghargai pendapat orang lain.
5. Menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
6. Memelihara dan melestarikan aneka ragam kebudayaan indonesia.
Adapun contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh peserta didik guna menanamkan civic participation diantaranya yaitu :
- Melaksanakan upacara bendera.
- Menyanyikan lagu-lagu nasional.
- Melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah.
- Berpartisipasi aktif dalam kegiatan kebudayaan.
- Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan struktur kelas.
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Dina Rahmawati
NPM: 1913053025
No.Absen:08
Izin memberikan pendapat mengenai cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Penanaman civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan mengarahkan dan membiasakan siswa menanamkan sikap tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lain. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan yaitu diantaranya yaitu, Mengajak siswa ikut serta dengan memasang gambar Garuda Pancasila, Pahlawan Nasional, Presiden dan wakil Presiden RI, memperingati hari-hari nasional, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, menjaga kedisiplinan, mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti pentas budaya.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Dina Rahmawati
NPM: 1913053025
No.Absen:08
Izin memberikan pendapat mengenai cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD.
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Penanaman civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan mengarahkan dan membiasakan siswa menanamkan sikap tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lain. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan yaitu diantaranya yaitu, Mengajak siswa ikut serta dengan memasang gambar Garuda Pancasila, Pahlawan Nasional, Presiden dan wakil Presiden RI, memperingati hari-hari nasional, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, menjaga kedisiplinan, mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti pentas budaya.
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.