Diskusi Presentasi Kelompok

Diskusi Presentasi Kelompok

Number of replies: 135

Silahkan menyampaikan pertanyaan dan diskusi di forum ini untuk kelompok penyaji

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -
 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan berkat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan mata kuliah pengantar ilmu ekonomi pada hari ini.

Kami dari kelompok 7 yang beranggotakan:

Tri Wulan Handoko_2013031031

Ivena Clearesta Widodo_2013031055

Tiara Oktavia_2053031007

akan mempresentasikan hasil diskusi kami mengenai “pasar persaingan monopolistik"

Adapun rangkaian kegiatan presentasi pada hari ini, yaitu:

1. Pembukaan

2. Penyampaian materi melalui video presentasi yang telah dibagikan di youtube 

https://www.youtube.com/watch?v=mHhpNO5mlT0 

3. Sesi tanya jawab

4. Kesimpulan

5. Penutup

Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini, marilah kita buka dengan lafadz bismillah.

Bismillahirahmanirahim..

 

Baiklah kami berikan waktu 30 menit untuk memahami materi kami,

kepada rekan -rekan, disilahkan.

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Delima 2013031023 -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Bismillahirrohmanirrohiim

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Marsela 2013031003 -

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bismillahirrahmanirrahim

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

Baiklah teman-teman semua terima kasih kepada teman-teman yang sudah menanggapi , dan presentasi kelompok 7 saya cukupkan karena mengingat waktu yg akan bergantian presentasi dengan kelompok selanjutnya.

Baiklah kami akhiri presentasi dari kelompok kami dengan mengucapkan lapal ”hamdalah”

Sekian dan terimakasih

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Siti Aminah 2013031045 -

Alhamdulillahirobbil 'alamin

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

alhamdulillah..

waalaikumssalam warahmatulahi wabarakatuh..

terima kasih kelompok 7 :)

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Fia Mutiara 2013031053 -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah hirobbill alaminnn

Terimaksi kelompok 7

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dwi Puspita Sari 2013031043 -

  Alhamdulillahhirobbil'alamin

 Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabbarakatuh

 Terima Kasih Kelompok 7.

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

Baik rekan-rekan semua, setelah memahami materi Kelompok kami. Kami akan membuka sesi tanya jawab, sesi tanya jawab kami berikan untuk 3 pertanyaan tercepat.

Dipersilahkan kepada rekan-rekan semua yang ingin bertanya.

 
 
 
In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

Izin memperkenalkan diri

Nama Indri Mutiara

NPM 2013031001

Izin bertanya, sudah dijelaskan di makalah kelompok 7 bahwa pasar monopolistik merupakan jenis pasar tidak sempurna karena pasar monopolistik merupakan pasar yang tidak teroganisir dengan baik. Lalu hal-hal apa saja yang tidak teroganisir dengan baik di dalam pasar monopolistik?

Sekian, terima kasih

In reply to Indri Mutiara 2013031001

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

Izin menjawab dari pertanyaan saudari Indri Mutiara.

hal apa saja yang menjadikan pasar monopolistik tidak terorganisir secara baik yaitu, 

• Pasar monopolistik mempunyai persaingan yang sangat ketat, baik pada segi harga, kualitas, maupun pelayanannya. Produsen yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini.
• Pada pasar ini akan membutuhkan modal yang besar, baik itu pada produksi, operasional, dan juga pemasarannya. Para produsen didalam pasar ini adalah mereka yang mempunyai modal besar dan pengalaman yang sangat baik.
• Diharuskan melakukan inovasi untuk membuat biaya produksi semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi harga produk yang akan dibeli oleh konsumen.

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Anggun lestari 2013031011 -

Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri

Nama: anggun lestari

Npm 2013031011 

Izin bertanya apa saja upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk dan iklan serta berbagai bentuk promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen...?

Terimakasih 

In reply to Anggun lestari 2013031011

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by ADINDA PUTRI KARIENNINA 2013031049 -

Izin membantu menjawab

Strategi Diferensiasi
 
Strategi Diferensiasi adalah suatu upaya untuk membuat suatu produk atau jasa yang dirasa sebagai yang unik di seluruh industri. Penekanan dapat pada gambaran merk, pemilik teknologi, corak khusus, pelayanan yang superior, jaringan distributor yang kuat atau aspek-aspek yang bisa menjadi spesifik untuk industri anda. Keunikan ini harus juga diterjemahkan ke profit margin yang lebih tinggi dari pada rata-rata industri. Sebagai tambahan, beberapa kondisi yang harus ada untuk menunjang differentiation strategy meliputi kemampuan pemasaran yang kuat, rekayasa produk yang efektif, personil yang kreatif, kemampuan untuk melakukan riset dasar dan reputasi yang baik.
Perusahaan melakukan diferensiasi dengan tujuan terutama untuk memperoleh keunikan dibandingkan dengan para pesaingnya dan dinilai penting oleh pembelinya. Diferensiasi memungkinkan perusahaan dapat menawarkan produknya dengan harga premium karena nilai tambah yang diminati pembeli.  Diferensiasi tumbuh dari rantai nilai perusahaan karena setiap rantai aktivitas perusahaan merupakan sumber potensial bagi keunikan yang dapat ditawarkan dan menarik para pembeli. Kualitas bahan baku atau proses teknologi dapat menjadi sumber diferensiasi yang membedakan secara signifikan dengan produk kompetitor.
Perusahaan akan menggunakan strategi diferensiasi bila ingin bersaing dengan pesaingnya dalam hal keunikan produk dan jasa yang ditawarkan. Keunikan tersebut dapat dilihat dari ciri produk yang menawarkan nilai yang dicari konsumen sehingga menjadikan produk tersebut unik dan berbeda di mata konsumen. Konsumen akan rela membayar dengan harga premium bagi produk-produk yang dipersepsikan sebagai produk yang unik dan berbeda. (Thompson, 2012).
BMW mendiferensiasikan produknya sebagai produk yang mampu memberikan prestise kepada penggunanya, merupakan produk yang berkualitas tinggi dengan teknik pembuatan yang superior.
Para perusahaan berbasis diferensiasi bekerja keras untuk bisa menciptakan loyalitas merek kepada konsumennya yaitu suatu keadaan dimana konsumen secara konsisten mencari, membeli dan menggunakan produk tersebut. Karena dalam strategi ini loyalitas terhadap merek merupakan senjata ampuh bagi perusahaan berbasis diferensiasi
In reply to Anggun lestari 2013031011

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Amelia Rahmawati 2013031021 -

Maap sebelumnya izin menanggapi

Nama : Amelia Rahmawati

Npm : 2013031021

Upaya yang dapat dilakukan yaitu antar lain 

1. Mengetahui kebutuhan konsumen

Artinya kita harus tau dulu kebutuhan apa yang paling dibutuhkan dari target konsumen kita agar kita bisa menyesuaikan antara produk yang kita promosikan dengan kebutuhan konsumen.

2. Menjaga kualitas produk

Dengan produk yang berkualitas maka konsumen akan terus bertahan dengan produk yang kita jual.

3. Melakukan inovasi produk.

Dengan melakukan inovasi pada produk kita tentunya dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang kita promosikan

4. Jujur dalam penawaran

5. Mengajak persepsi pada konsumen

Terimakasih

In reply to Anggun lestari 2013031011

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

Baik izin menjawab,

upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk dan iklan serta berbagai bentuk promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen yaitu 

1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Strategi yang pertama dalam diferensiasi produk adalah mengetahui kebutuhan konsumen. Konsumen tentunya akan merasa dipedulikan dengan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Pelayanan prima merupakan bagian yang termasuk di dalam nya. Jika tidak bisa melakukan diferensiasi dalam produk, maka diferensiasi dalam pelayanan haruslah diutamakan.

Meluncurkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen dapat membuat konsumen mengubah keputusannya untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, produk tersebut menjadi pembeda dengan produk lainnya. Hal yang membedakannya adalah produk tersebut lebih dibutuhkan oleh konsumen.

2. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk yang terjaga menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan produk kompetitor atau produk sejenis. Tentunya konsumen akan memilih produk yang berkualitas. Hal tersebut merupakan kelebihan dan menjadi diferensiasi dengan menjaga kualitas produk.

Produk yang berkualitas, dapat dihasilkan dengan cara menggunakan bahan baku yang berkualitas dan melakukan perubahan di beberapa bagian produk. Sehingga produk tersebut lebih menarik. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat produk menjadi lebih unggul dibandingkan produk kompetitor.

3. Melakukan Inovasi Produk

Inovasi yang dilakukan merupakan bagian dari diferensiasi. Dengan demikian, produk tersebut akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan produk kompetitor. Oleh sebab itu, pentingnya untuk melakukan inovasi guna produk tersebut menjadi pembeda dengan yang lain.

Strategi yang dapat dilakukan sebagai pembeda yaitu melakukan inovasi produk yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk yang sejenis. Produk yang lebih unggul tersebut tentunya didasarkan kepada inovasi. Dengan demikian, inovasi dan diferensiasi ibarat dua sisi mata uang.

4. Jujur dalam Penawaran

Bagian dari diferensiasi produk adalah penawaran yang menarik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara jujur dalam penawaran, termasuk diantaranya mengungkapkan kelebihan dan kekurangan produk pada konsumen, sehingga konsumen mendapatkan informasi yang akurat.

Sekalipun tidak dapat melakukan inovasi dan revitalisasi dalam produk, setidaknya bisa melakukan diferensiasi dalam bentuk pelayanan. Dengan demikian, konsumen akan memilih produk tersebut berdasarkan kenyamanan dari pelayanan yang didapatkan. Oleh sebab itu, ungkapkan deskripsi produk dengan jujur.

5. Mengajak Persepsi pada Konsumen

Persepsi bisa dilakukan dengan cara promosi, penawaran sekaligus ajakan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan akan lebih mudah untuk dikenali. Hal ini merupakan bagian dari strategi diferensiasi untuk produk. Konsumen akan diajak persepsinya untuk menggunakan produk tersebut.

Mengubah keputusan konsumen cukup sulit bila tidak tahu strateginya. Hal ini merupakan bagian dari diferensiasi, dan melakukan promosi yang dapat mengikat emosional konsumen merupakan salah satu cara untuk membuat keputusan pembelian dan menarik persepsi konsumen.

In reply to Anggun lestari 2013031011

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Rini Damasanti 2013031027 -

Izin menambah kan moderator

Izin memperkenalkan diri

Nama: Rini Damasanti

NPM:2013031027

upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk adalah penjual harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang harapan pembeli dan bagaimana produk akan digunakan. Misalnya, tujuan membeli mobil adalah untuk alat transportasi, tetapi jika membeli mobil tersebut juga akan memberikan perasaan pencapaian dan harga diri yang tinggi, maka penjual akan memiliki keunggulan kompetitif atas produk mobil yang ia pasarkan.

 

Cara lain diferensiasi produk sangat penting adalah memberikan kontribusi terhadap persepsi pembeli bahwa tidak ada merek yang serupa dengan produk yang kita pasarkan. Diferensiasi produk akan menyoroti hal yang membedakan produk kita dengan kompetitor. Konsumen akan melihat bahwa produk kompetitor tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini meningkatkan harapan konsumen tentang kesadaran standar kualitas yang akan mereka terima.

Upaya-upaya dalam promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen

1. Memberikan Diskon.

2. Memberikan Gratis Ongkos Kirim. 

3. Menawarkan Cashback. 

4. Mengadakan Flash Sale. 

5. Beli 1 Gratis 1 dan Sejenisnya. 

6. Memberikan Gift. 

7. Menerapkan Loyalty Program. 

8. Membagikan Voucher atau Kupon Promo.

Sekian terimakasih, semoga dapat dipahami

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Marsela 2013031003 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin memperkenalkan diri 

Nama : Marsela

Npm : 2013031003

Izin bertanya,Menurut kalian hambatan apa yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik ini terimakasih

In reply to Marsela 2013031003

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

Izin menjawab dari pertanyaan marsela,

Hambatan apa yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik yaitu hambatan pasar monopolistik terdapat banyak penjual,terdapat diferensasi produk,produsen dapat mengendalikan harga pda tingkat tertentu,barang yg di jual pada dasarnya sama,dapat memonopoli pejualan barang di sejumlah merk lainnya maaf bila kurang tepat.

In reply to Marsela 2013031003

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Rini Damasanti 2013031027 -

Izin menambahkan moderator

Izin memperkenalkan diri 

Nama: Rini Damasanti

NPM: 2013031027

Pasar monopolistik mempunyai persaingan yang sangat ketat, baik dari segi harga, kualitas, maupun pelayanan dari perusahaan itu sendiri, produsen yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini, sehingga membuat perusahaan terkendala untuk memajukan perusahaan nya, dan didalam pasar ini pendapatan perusahaan lebih merata dikarenakan perusahaan lain mempunyai asumsi, ketika suatu produsen mampu menghasilkan keuntungan lebih normal pada jangka waktu pendek maka hal ini akan menarik beberapa produsen lain untuk memproduksi produk yang sama, hambatan ini juga sangat berpengaruh dalam kemajuan perusahaan. 

Semoga dapat dipahami, terimakasih

In reply to Marsela 2013031003

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Anggun lestari 2013031011 -

Assalamualaikum wr.wb

Izin memperkenalkan diri

Nama: anggun lestari

Npm 2013031011 

Izin menjawab pertanyaan dari marsela

hambatan yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik adalah

Pertama, hambatan-hambatan timbul dalam kondisi pasar yang mendasar, tidak hanya dalam bentuk perangkat yang legal ataupun dalam bentuk kondisi-kondisi yang berubah dengan cepat. 

Kedua, hambatan dibagi

dalam tingkatan mulai dari tanpa hambatan sama sekali (bebas masuk),

hambatan rendah, sedang sampai tingkatan tinggi dimana taka ada lagi jalan

masuk. 

Ketiga, hambatan merupakan sesuatu yang kompleks.

Baik itu saja terimakasih 

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Amelia Rahmawati 2013031021 -

Izin bertanya

Nama : Amelia Rahmawati

Npm : 2013031021

Mengapa dalam pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain ?

Terimakasih

In reply to Amelia Rahmawati 2013031021

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

Izin membantu menjawab,

Izin memperkenalkan diri

Nama Indri Mutiara

NPM 2013031001

Di dalam pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain karena di pasar monopolistik perubahan harga bukan lah patokan untuk menarik pembeli, melainkan selera atau kepercayaan dari pembeli tersebut. Jadi, para perusahaan cenderung tidak memainkan harga suatu produk untuk menambah hasil penjualannya melainkan memperbaiki kualitas atau menarik perhatian dan kepercayaan dari pelanggan, untuk menarik pelanggan, maka setiap perusahaan harus menanamkan kepercayaan kepada pembeli baik pembeli baru maupun pembeli lama, jika pelanggan sudah percaya terhadap produk yang dijual dari suatu perusahaan maka ia akan terus berlangganan untuk membeli produk tersebut dan tidak akan berpindah ke produk lain karena para pembeli sudah tau akan mutu atau kualitas dan juga sudah percaya terhadap perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Itu lah mengapa para pembeli di pasar monopolistik sulit untuk berpindah ke produk lain.

Sekian jawaban dari saya, mohon maaf jika terdapat kekurangan.

In reply to Amelia Rahmawati 2013031021

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Izin menanggapi pertanyaan dari Amel

Izin memperkenalkan diri

nama : Nabilla Fauziah

Npm : 2013031051

Pada pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain karena produsen akan berusaha sekuat mungkin agar mampu mempertahankan konsumennya, ditambah lagi produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain adalah produk sejenis sehingga konsumen beranggapan produk yang ditawarkan perusahaan lain sejenis dan tidak ada perbedaan sehingga tidak ada alasan bagi konsumen untuk pindah.

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan berkat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan mata kuliah pengantar ilmu ekonomi pada hari ini.

Kami dari kelompok 8 yang beranggotakan:

Arla Angela 2013031013

Bayu Cahyani 2013031047

Nabilla Fauziah 2013031051

 

akan mempresentasikan hasil diskusi kami mengenai “pasar oligopoli"

Adapun rangkaian kegiatan presentasi pada hari ini, yaitu:

1. Pembukaan

2. Penyampaian materi melalui video presentasi yang telah dibagikan di youtube

https://youtu.be/VuNdr_er2Vk

3. Sesi tanya jawab

4. Kesimpulan

5. Penutup

Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini, marilah kita buka dengan lafadz bismillah.

Bismillahirahmanirahim..

Baiklah kami berikan waktu 15 menit untuk memahami materi kami,

kepada rekan -rekan, disilahkan.

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Delima 2013031023 -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Bismillahirrohmanirrohiim

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Anggun lestari 2013031011 -

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh 

Bismillahirahmanirahim 

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Rini Damasanti 2013031027 -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabbarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Marsela 2013031003 -

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bismillah

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Mutiara Mutiara -

Waalaikumsalam 

Bissmillahirohmanirrohim

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Fia Mutiara 2013031053 -

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Bismillahirrahmanirrahim

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Adi suhadi 2013031063 -
Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh Bismillah..
In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dinda Anugrah Putri -

waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh... Bismillahirrahmanirrahim

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Baik rekan-rekan semua, setelah memahami materi kami.kami akan membuka sesi tanya jawab, sesi tanya jawab kami berikan untuk 3 pertanyaan tercepat.

Dipersilahkan kepada rekan-rekan  semua yg ingin bertanya.

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

Izin memperkenalkan diri

Nama Indri Mutiara

NPM 2013031001

Izin bertanya, salah satu ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah melakukan promosi atau iklan terus-menerus. Sedangkan kita tahu bahwa menayangkan iklan membutuhkan biaya yang besar. Pertanyaan saya, bagaimana cara menekan biaya untuk mempromosikan produk di pasar oligopoli agar lebih efisien atau adakah alternatif lain untuk mempromosikan produk selain dengan menayangkan iklan?

Sekian, terima kasih.

In reply to Indri Mutiara 2013031001

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by ADINDA PUTRI KARIENNINA 2013031049 -

Izin membantu menjawab

tidak sedikit penjual yang berusaha melakukan dengan cara iklan atau promosi efektif dan efisien, Hal ini dilakukan karena anggaran atau cadangan biaya untuk promosinya tidak terlalu banyak atau dibatasi. Tentunya penekanan biaya promosi ini tetap harus dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu agar tujuan promosi tetap tercapai, Sehingga Iklan promosi efektif dan efisien tetap tercapai dengan optimal.
 
Cara Iklan promosi yang efektif dan efisien dapat dilakukan dengan beberapa cara dan strategi, Salah satunya dengan mengadakan iklan atau promosi bersama. Promosi bersama ini biasanya dilakukan oleh penjual yang tidak menjadi pesaing, Namun produk saling mendukung atau bisa juga produk yang tidak saling mendukung.

Tapi alangkah baiknya jika promosi bersama ini dilakukan oleh para penjual yang mempunyai produk yang bisa saling mendukung atau melengkapi. Berikut beberapa contoh promosi bersama yang bisa dilakukan untuk produk busana atau pakaian.
 
  1. Melakukan pemasangan banner bersama pada space iklan yang disediakan pada toko, Rata-rata posisinya pada toko bagian depan atas. Jadi disaat orang lewat atau berkunjung ketoko akan bisa melihat banner dari pemasang promo. Promo dalam bentuk pemasangan bannerbersama ini bisa dilakukan untuk produk celana dengan atasan (kaos, Kemeja dll), Atau produk baju muslim wanita dengan jilbab atau celana panjang wanita. Penekanan biaya atau efisiensi biaya promosi bisa dilakukan dalam bentuk pembagian biaya pembuatan banner dan desainnya atau bahkan bisa dilakukan pembagian untuk biaya pajak reklamenya. Promosi bersama bisa dilakukan jika kondisi atau ukuran tempat pemasangan banner cukup besar, Jadi walaupun dibagi dua pesan pada gambar atau tulisan yang ada tetap bisa dibaca serta dilihat dengan mudah. Untuk pemasangan banner ini tidak terbatas pada lokasi ditoko saja, Melainkan bisa dilakukan pada even-even lainnya, Misal konser musik dll.
  2. Dengan mengikuti even pameran bersama, Tidak jarang kita mendengar pameran buku pada suatu wilayah tertentu, Hal ini bisa dilakukan promo atau bahkan menjual bersama untuk produk apapun. Pada even ini biasanya tersedia petak-petak lokasi pameran dengan ukuran yang telah ditentukan, Bagi perusahaan yang ingin berperan serta namun tidak ingin menanggung semua baiya, Bisa melakukan bersama-sama dengan perusahaan lain dengan menyewa satu tempat dengan baiya ditanggung bersama.
  3. Untuk promo bersama ini juga bisa dilakukan untuk media elektronik, Dan ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan. Misal perusahaan pembiayaan dengan merek produk kendaraan.
  4. Membuat leaflet bersama, Biasanya ini untuk dibagikan kepada pengunjung toko.
  5. Mengadakan even khusus bersama, Misal mengadakan acara yang bisa mengundang masyarakat untuk datang kesuatu tempat, Biasanya diadakan ditoko. Dan dari fihak perusahaan bekerja sama dengan perusahaan lain atau bahkan dengan fihak toko, Misal mengadakan acara lomba band dengan hadiah ditanggung bersama. Hadiah ini terbatas hanya untuk beserta lomba, Namun juga akan diberikan kepada pengunjung. Untuk even ini, Banyak promo yang juga bisa dilakukan bersamaan, Misal pemasangan banner, Spanduk dan selebaran.
Baiklah itu bantuan jawaban dari saya mohon maaf apabila terdapat kekurangan. trimakasih
In reply to Indri Mutiara 2013031001

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Izin menjawab dari pertanyaannya Indri

Karena adanya ketergantungan antar perusahaan dalam suatu industri tersebut itulah maka prilaku suatu perusahaan tentu akan sulit dianalisa, karena setiap perusahaan tahu bahwa setiap perubahan kebijakan harga , kualitas, output dan iklan itu akan mendorong reaksi dari pesaingnya. Dan setiap perusahaan bisa beraksi jika perusahaan lain mengubah kebijakannya.

Dalam pasar persaingan sempurna yang perusahaannya menjual produk yang sama, tidak ada keinginan untuk membuat iklan yang bertujuan untuk mempromosikan produknya, semua itu di karenakan konsumen sudah tahu bahwa semua produk dalam pasar persaingan sempurna adalah sama. Contohnya adalah gandum.

Tetapi lain halnya dalam pasar oligopoli, sebuah perusahaan sering kali mengeluarkan uang jutaan rupiah bahkan milyaran rupiah yang hanya bertujuan untuk mendefrensiasikan produk mereka. Walaupun cara tersebut tidak begitu berarti tetapi ada sebagian informasi yang dapat diterima oleh konsumen, pendefrensiasian produk tersebut tidaklah bermanfaat karena tidak ada pengaruh apapun bagi konsumen kecuali perusahaan tersebut memberikan pilihan produk yang lebih luas di pasaran.

jika salah satu perusahaan memutuskan untuk tidak membuat iklan sedangkan yang lain membuat iklan maka, perusahaan yang membuat iklan tersebut akan mendapatkan lebih banyak keuntungan sehingga perusahaan yang tidak melayangkan iklan akan kehilangan konsumen dan akan mengakibatkan jumlah permintaan terhadap produknya bisa menurun. Besar-kecilnya laba rugi suatu perusahaan itu tergantung pada tindakan mereka masing-masing, dan strategi yang mereka lakukan dalam menarik lebih banyak konsumen adalah dengan cara beriklan padahal mereka sama-sama tahu bahwa jika mereka tidak beriklan maka laba yang akan mereka peroleh akan jauh lebih tinggi daripada mereka beriklan.

Alternatif lain mungkin seperti mengadakan promo besar-besaran. ini juga bisa dilakukan untuk media elektronik, Membuat Pamflet produk, Biasanya ini untuk dibagikan kepada pengunjung toko.Mengadakan even khusus bersama. Namun jika ingin keuntungan yang lebih besar, pengiklanan memang jauhlah lebih menguntungkan

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Habibah husnul 2013031041 -

Izin memperkenalkan diri 

Nama : Habibah Hasnul khotimah

Npm : 2013031041

Izin bertanya 

Sudah disebutkan dalam makalah kelompok 8 tentang ciri-ciri dari pasar Oligopoli. 

Salah satunya, Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh

perusahaan yang lain dan kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan. 

Pertanyaan saya, bagaimana cara yang paling tepat untuk menentukan harga jual produk tersebut? 

Terimakasih

In reply to Habibah husnul 2013031041

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Rini Damasanti 2013031027 -

Izin membantu menjawab moderator

Izin memperkenalkan diri

Nama: Rini Damasanti

NPM:2013031027

 

1. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Biaya

Metode ini adalah yang paling standar dan paling banyak digunakan, metode ini menentukan harga berdasarkan total biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk yang dijual, dan menambahkan sejumlah persentase tertentu sebagai laba. Ada 4 kategori dalam penetapan harga berdasarkan biaya, yakni:

Cost-Plus Pricing Method – yaitu penetapan harga jual per unit berdasarkan jumlah biaya per unit ditambah jumlah tertentu sebagai laba atau margin (harga jual = biaya total + laba)

Mark–up Pricing – yaitu penetapan harga yang sering digunakan oleh pedagang perantara atau reseller/dropshipper dengan menambahkan harga beli dengan sejumlah laba tertentu (harga jual = harga beli + laba/markup)

Fixed Fee Pricing – yakni penetapan harga berdasarkan jumlah biaya yang dikeluarkan oleh produsen produk tersebut ditambah sejumlah fee yang telah disepakati, jadi laba yang diperoleh tidak mempengaruhi harga jual barang

Target Pricing – yakni penetapan harga yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi (ROI) sesuai dengan target yang diinginkan.

 

2. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan/Keinginan

Ini strategi yang lebih mengutamakan kondisi ataupun kebutuhan konsumen. Strategi ini memungkinkan adanya perbedaan harga meskipun produknya sama, akibat beberapa faktor tertentu seperti letak geografis, waktu, dan sebagainya. Ada 2 macam kategori dalam strategi ini, yakni:

Price Sensitivity Meter (PSM) – yakni strategi penetapan harga yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan terhadap kebutuhan/permintaan konsumen. Metode ini didasari persepsi konsumen terhadap nilai/value produk yang diterima, apakah sebanding atau tidak. Untuk mengetahui apakah value suatu produk dapat diterima oleh konsumen, Anda bisa mengukurnya dengan PSM.

Diskriminasi Harga – yakni kebijakan untuk menentukan harga jual yang berbeda-beda untuk satu jenis produk yang sama dalam satu segmen pasar. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi diskriminasi harga misalnya wilayah, konsumen, waktu, kualitas, dan bentuk produk.

 

3. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Persaingan

Strategi ini menyoroti harga produk sejenis yang dikeluarkan oleh industri pesaing Anda. Ada dua metode yang bisa digunakan, yakni:

Perceived Value Fixing – yakni penetapan harga jual berdasarkan harga jual rata-rata produk sejenis.

Sealed Bid Pricing – yakni penetapan harga jual berdasarkan penawaran yang diajukan oleh pesaing.

semoga dapat dipahami, sekian terimakasih

In reply to Rini Damasanti 2013031027

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Habibah husnul 2013031041 -

Terimakasih kepada sodari rini yang telah menjawab

Sangat membantu dan mudah dipahami:) 

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Tri Wulan Handoko 2013031031 -

zin bertanya kepada kelompok 8.
Nama: Tri Wulan Handoko
NPM: 2013031031

Jelaskan mengapa kegiatan periklanan penting peranannya dalam kegiatan oligopoly yang menghasilkan barang-barang yang hiterogen?

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Arla Angela 2013031013 -

Izin menjawab pertanyaan dari saudara Tri Wulan Handoko.

Karena pada pasar oligopoli menghasilkan barang diferensiasi , sehingga perusahaan melakukan promosi melalui iklan agar masyarakat bisa mengetahu produk yang dijual didalam pasar oligopoli. tapi dilain sisi perusahaan juga tidak perlu melakukan promosi dengan sangat detail mengenai barang yang digunakan karena akan berakibat pada produk mereka sendiri. Contohnya jika mengatakan bahwa pada produk yang mereka jual terdapat bahan pengawet yang berbahaya, otomatis akan sedikit yang membeli produknya.

In reply to Tri Wulan Handoko 2013031031

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dinda Anugrah Putri -

izin menanggapi moderator..

sebelumnya izin memperkenalkan diri Nama : Dinda Anugrah Putri, NPM 2013031017

Peranan iklan sangatlah penting dalam pasar oligopoli. Kenapa? Dan apa sebenarnya fungsi iklan dalam pasar oligopoli? Berikut akan saya jelaskan.

Dalam pasar oligopoly tidak jarang ada yang berpendapat bahwa iklannya terlampau banyak. Sebagai contoh, produk wafer coklat ada berbagai jenis dan iklannya tiada henti “membanjir” di tv yang “dikonsumsi” oleh jutaan orang di Indonesia. Sebenarnya fungsi iklan itu apa sih? Iklan berfungsi mereduksi biaya yang harus dikeluarkan konsumen dalam rangka memperoleh informasi suatu produk. Bisa dibayangkan misalnya bila tidak ada iklan, tentu kita akan kebingungan bagaimana cara mengetahui ada tidaknya suatu barang yang kita butuhkan. Iklan yang saya maksudkan disini adalah segala macam iklan tentang suatu produk yang ada di berbagai media.

 

Namun sayangnya, informasi yang diberikan oleh periklanan tidaklah sempurna. Hal ini sengaja dilakukan oleh para oligopolist (para pelaku pasar oligopoli) karena bila mereka (para oligopolist) memberikan informasi yang sempurna tentang produk mereka maka akan berpengaruh terhadap perusahaan mereka sendiri. Contoh: untuk produk makanan ringan. Misalnya dalam produk tersebut terdapat bahan pengawet buatan yang berbahaya untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan, jarang perusahaan yang menyebutkan informasi tersebut dalam produknya. Karena hal tersebut bisa saja menyebabkan produknya akan jarang dibeli orang atau dengan kata lain volume penjualan produknya menurun. Terkecuali untuk produk rokok. Sampai hari ini saya masih belum mengerti mengapa produk rokok yang terang-terangan memberikan informasi yang nyaris sempurna, justru selalu stabil bahkan meningkat volume penjualannya. Berarti dalam hal ini, perilaku konsumen juga menjadi titik fokus yang tidak kalah penting.

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Reza Widya Ningrum 2013031067 -

Izin memperkenalkan diri

Nama : Reza Widya Ningrum

Npm : 2013031067

 

Izin bertanya,Bagaimana bentuk kurva pasar oligopoli dan bagaimana cara analisis nya, terimakasih

In reply to Reza Widya Ningrum 2013031067

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

Izin membantu menjawab,

Izin memperkenalkan diri

Nama Indri Mutiara

NPM 2013031001

Bentuk kurva pasar oligopoli adalah kinked demand curve atau patah. Bagian atas menunjukkan bagian elastis sedangkan kurva yang bawah atau tegak menunjukkan bagian inelastis. Cara analisis atau membaca kurva ini yaitu jika suatu perusahaan menurunkan harga suatu produk maka perusahaan yang lain juga akan ikut menurunkan harga produknya untuk mempertahnkan atau menarik pembeli sehingga kurva bagian bawah akan berbentuk kurva inelastis, sedangkan jika perusahaan menaikkan harga suatu produk maka tidak akan diikuti perusahaan lain. Kalau pun iya, maka perusahaan lain akan menaikkan harga sedikit sekali untuk menjaga pembeli nya maka dari itu kurva bagian atas berbentuk elastis. Titik efisien untuk menentukan harga dari suatu produk di pasar oligopoli yaitu di titik perpatahan antara kurva elastis(atas) dan inelastis(bawah) karena di titik itu harga suatu produk akan tetap dan tidak berubah sehingga pelanggan pun tidak beralih ke perusahaan lain.

Sekian jawaban dari saya, mohon maaf apabila kurang memuaskan.

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Baik pertanyaan saya cukupkan, beri kami waktu untuk mendiskusikannya.

Bagi rekan-rekan yang ingin menanggapi atau menambahkan jawaban dipersilakan..

In reply to First post

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051 -

Demikianlah pembahasan materi pasar oligopoli pada hari ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita.

Marilah kita tutup perkuliahan pada hari ini dengan lafadz hamdallah

Alhamdulillahi robbil 'alamin. . . 

Terima kasih kami ucapkan kepada rekan-rekan yang hadir dan bertanya, tak lupa juga terima kasih kepada teman-teman yang telah menanggapi dan ikut berdiskusi pada kesempatan kali ini.

Kami dari kelompok 8 mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan.

Saya akhiri 

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Indri Mutiara 2013031001 -

Alhamdulillah..

Waalaikumssalam warahmatullahi wabarokatuh

Terima kasih kelompok 8 :)

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dinda Anugrah Putri -

Alhamdulillah.. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dwi Rahayu 2013031057 -

Alhamdulillah

terimakasih,

waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Habibah husnul 2013031041 -

Alhamdulillahi robbil alamin

 

Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Dwi Puspita Sari 2013031043 -

  Alhamdulillahhirobbil'alamin

 Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabbarakatuh

 Terima Kasih Kelompok 8.

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Adi suhadi 2013031063 -

Alhamdulillah terimakasih Klompok 8 dan rekan

Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh 

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Marsela 2013031003 -

Alhamdulillah waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Rini Damasanti 2013031027 -

Alhamdulillahi robbil alamin

Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh

Terimakasih

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Fia Mutiara 2013031053 -

Alhamdulillah hirobbill alaminnn

 

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Terimakasih kelompok 8

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by Mutiara Mutiara -

Alhamdulillah 

Waalaikumsalam warohmatullah wabarokatuh 

In reply to Nabilla Fauziah Alya Kusninda 2013031051

Re: Diskusi Presentasi Kelompok

by SUCI ANNISA ISTIQOMAH 2053031001 -

Alhamdulillah hirobbill alaminnn

 

 

 

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Terimakasih kelompok 8