Silahkan menyampaikan pertanyaan dan diskusi di forum ini untuk kelompok penyaji
Diskusi Presentasi Kelompok
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan berkat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan mata kuliah pengantar ilmu ekonomi pada hari ini.
Kami dari kelompok 7 yang beranggotakan:
Tri Wulan Handoko_2013031031
Ivena Clearesta Widodo_2013031055
Tiara Oktavia_2053031007
akan mempresentasikan hasil diskusi kami mengenai “pasar persaingan monopolistik"
Adapun rangkaian kegiatan presentasi pada hari ini, yaitu:
1. Pembukaan
2. Penyampaian materi melalui video presentasi yang telah dibagikan di youtube
https://www.youtube.com/watch?v=mHhpNO5mlT0
3. Sesi tanya jawab
4. Kesimpulan
5. Penutup
Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini, marilah kita buka dengan lafadz bismillah.
Bismillahirahmanirahim..
Baiklah kami berikan waktu 30 menit untuk memahami materi kami,
kepada rekan -rekan, disilahkan.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Walaikumsalam wr wb
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Waalaikumsalam, bismillah
Baik kelompok 7
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrohmanirrohiim
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabbarakatuh Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Bismillahirrahmanirrahiim....
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh
waalaikumussalam wr.wb
bissmillahirrahamirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Bismillahirrahmanirrahim...
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
waalaikumssalam warahmatullahi wabarakatuh
bismillahirohmanirrohim..
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam wr.wb
Bismillahirohmanirrohim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik kami cukupkan 3 pertanyaan tercepat saja dan berikan waktu kepada kelompok kami untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.
Baik moderator
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baiklah teman-teman semua terima kasih kepada teman-teman yang sudah menanggapi , dan presentasi kelompok 7 saya cukupkan karena mengingat waktu yg akan bergantian presentasi dengan kelompok selanjutnya.
Baiklah kami akhiri presentasi dari kelompok kami dengan mengucapkan lapal ”hamdalah”
Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr wb.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik.. Terima kasih kelompok 7
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahirobbil 'alamin
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam wr. wb.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumussalam wr.wb
alhamdulillah , terimakasih kelompok 7
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
alhamdulillah..
waalaikumssalam warahmatulahi wabarakatuh..
terima kasih kelompok 7 :)
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah hirabbil alamain, terimakasih kelompok 7
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah hirobbill alaminnn
Terimaksi kelompok 7
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
walaikumsalam wr wb
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahhirobbil'alamin
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabbarakatuh
Terima Kasih Kelompok 7.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahi robbil alamin
Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh
Baik rekan-rekan semua, setelah memahami materi Kelompok kami. Kami akan membuka sesi tanya jawab, sesi tanya jawab kami berikan untuk 3 pertanyaan tercepat.
Dipersilahkan kepada rekan-rekan semua yang ingin bertanya.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin memperkenalkan diri
Nama Indri Mutiara
NPM 2013031001
Izin bertanya, sudah dijelaskan di makalah kelompok 7 bahwa pasar monopolistik merupakan jenis pasar tidak sempurna karena pasar monopolistik merupakan pasar yang tidak teroganisir dengan baik. Lalu hal-hal apa saja yang tidak teroganisir dengan baik di dalam pasar monopolistik?
Sekian, terima kasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin menjawab dari pertanyaan saudari Indri Mutiara.
hal apa saja yang menjadikan pasar monopolistik tidak terorganisir secara baik yaitu,
• Pasar monopolistik mempunyai persaingan yang sangat ketat, baik pada segi harga, kualitas, maupun pelayanannya. Produsen yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini.
• Pada pasar ini akan membutuhkan modal yang besar, baik itu pada produksi, operasional, dan juga pemasarannya. Para produsen didalam pasar ini adalah mereka yang mempunyai modal besar dan pengalaman yang sangat baik.
• Diharuskan melakukan inovasi untuk membuat biaya produksi semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi harga produk yang akan dibeli oleh konsumen.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
terima kasih handoko atas jawabannya :)
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: anggun lestari
Npm 2013031011
Izin bertanya apa saja upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk dan iklan serta berbagai bentuk promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen...?
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin membantu menjawab
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih atas jawabannya adinda
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih saudari Adinda atas jawabannya
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Maap sebelumnya izin menanggapi
Nama : Amelia Rahmawati
Npm : 2013031021
Upaya yang dapat dilakukan yaitu antar lain
1. Mengetahui kebutuhan konsumen
Artinya kita harus tau dulu kebutuhan apa yang paling dibutuhkan dari target konsumen kita agar kita bisa menyesuaikan antara produk yang kita promosikan dengan kebutuhan konsumen.
2. Menjaga kualitas produk
Dengan produk yang berkualitas maka konsumen akan terus bertahan dengan produk yang kita jual.
3. Melakukan inovasi produk.
Dengan melakukan inovasi pada produk kita tentunya dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang kita promosikan
4. Jujur dalam penawaran
5. Mengajak persepsi pada konsumen
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik izin menjawab,
upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk dan iklan serta berbagai bentuk promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen yaitu
1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Strategi yang pertama dalam diferensiasi produk adalah mengetahui kebutuhan konsumen. Konsumen tentunya akan merasa dipedulikan dengan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Pelayanan prima merupakan bagian yang termasuk di dalam nya. Jika tidak bisa melakukan diferensiasi dalam produk, maka diferensiasi dalam pelayanan haruslah diutamakan.
Meluncurkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen dapat membuat konsumen mengubah keputusannya untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, produk tersebut menjadi pembeda dengan produk lainnya. Hal yang membedakannya adalah produk tersebut lebih dibutuhkan oleh konsumen.
2. Menjaga Kualitas Produk
Kualitas produk yang terjaga menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan produk kompetitor atau produk sejenis. Tentunya konsumen akan memilih produk yang berkualitas. Hal tersebut merupakan kelebihan dan menjadi diferensiasi dengan menjaga kualitas produk.
Produk yang berkualitas, dapat dihasilkan dengan cara menggunakan bahan baku yang berkualitas dan melakukan perubahan di beberapa bagian produk. Sehingga produk tersebut lebih menarik. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat produk menjadi lebih unggul dibandingkan produk kompetitor.
3. Melakukan Inovasi Produk
Inovasi yang dilakukan merupakan bagian dari diferensiasi. Dengan demikian, produk tersebut akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan produk kompetitor. Oleh sebab itu, pentingnya untuk melakukan inovasi guna produk tersebut menjadi pembeda dengan yang lain.
Strategi yang dapat dilakukan sebagai pembeda yaitu melakukan inovasi produk yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk yang sejenis. Produk yang lebih unggul tersebut tentunya didasarkan kepada inovasi. Dengan demikian, inovasi dan diferensiasi ibarat dua sisi mata uang.
4. Jujur dalam Penawaran
Bagian dari diferensiasi produk adalah penawaran yang menarik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara jujur dalam penawaran, termasuk diantaranya mengungkapkan kelebihan dan kekurangan produk pada konsumen, sehingga konsumen mendapatkan informasi yang akurat.
Sekalipun tidak dapat melakukan inovasi dan revitalisasi dalam produk, setidaknya bisa melakukan diferensiasi dalam bentuk pelayanan. Dengan demikian, konsumen akan memilih produk tersebut berdasarkan kenyamanan dari pelayanan yang didapatkan. Oleh sebab itu, ungkapkan deskripsi produk dengan jujur.
5. Mengajak Persepsi pada Konsumen
Persepsi bisa dilakukan dengan cara promosi, penawaran sekaligus ajakan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan akan lebih mudah untuk dikenali. Hal ini merupakan bagian dari strategi diferensiasi untuk produk. Konsumen akan diajak persepsinya untuk menggunakan produk tersebut.
Mengubah keputusan konsumen cukup sulit bila tidak tahu strateginya. Hal ini merupakan bagian dari diferensiasi, dan melakukan promosi yang dapat mengikat emosional konsumen merupakan salah satu cara untuk membuat keputusan pembelian dan menarik persepsi konsumen.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin menambah kan moderator
Izin memperkenalkan diri
Nama: Rini Damasanti
NPM:2013031027
upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan diferinsiasi produk adalah penjual harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang harapan pembeli dan bagaimana produk akan digunakan. Misalnya, tujuan membeli mobil adalah untuk alat transportasi, tetapi jika membeli mobil tersebut juga akan memberikan perasaan pencapaian dan harga diri yang tinggi, maka penjual akan memiliki keunggulan kompetitif atas produk mobil yang ia pasarkan.
Cara lain diferensiasi produk sangat penting adalah memberikan kontribusi terhadap persepsi pembeli bahwa tidak ada merek yang serupa dengan produk yang kita pasarkan. Diferensiasi produk akan menyoroti hal yang membedakan produk kita dengan kompetitor. Konsumen akan melihat bahwa produk kompetitor tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini meningkatkan harapan konsumen tentang kesadaran standar kualitas yang akan mereka terima.
Upaya-upaya dalam promosi penjualan untuk menarik lebih banyak konsumen
1. Memberikan Diskon.
2. Memberikan Gratis Ongkos Kirim.
3. Menawarkan Cashback.
4. Mengadakan Flash Sale.
5. Beli 1 Gratis 1 dan Sejenisnya.
6. Memberikan Gift.
7. Menerapkan Loyalty Program.
8. Membagikan Voucher atau Kupon Promo.
Sekian terimakasih, semoga dapat dipahami
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih temen temen yg menanggapi dan menjawab
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin memperkenalkan diri
Nama : Marsela
Npm : 2013031003
Izin bertanya,Menurut kalian hambatan apa yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik ini terimakasih
Izin menjawab dari pertanyaan marsela,
Hambatan apa yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik yaitu hambatan pasar monopolistik terdapat banyak penjual,terdapat diferensasi produk,produsen dapat mengendalikan harga pda tingkat tertentu,barang yg di jual pada dasarnya sama,dapat memonopoli pejualan barang di sejumlah merk lainnya maaf bila kurang tepat.
Baik terimakasi handoko atas jawabannya:)
Izin menambahkan moderator
Izin memperkenalkan diri
Nama: Rini Damasanti
NPM: 2013031027
Pasar monopolistik mempunyai persaingan yang sangat ketat, baik dari segi harga, kualitas, maupun pelayanan dari perusahaan itu sendiri, produsen yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini, sehingga membuat perusahaan terkendala untuk memajukan perusahaan nya, dan didalam pasar ini pendapatan perusahaan lebih merata dikarenakan perusahaan lain mempunyai asumsi, ketika suatu produsen mampu menghasilkan keuntungan lebih normal pada jangka waktu pendek maka hal ini akan menarik beberapa produsen lain untuk memproduksi produk yang sama, hambatan ini juga sangat berpengaruh dalam kemajuan perusahaan.
Semoga dapat dipahami, terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
Izin memperkenalkan diri
Nama: anggun lestari
Npm 2013031011
Izin menjawab pertanyaan dari marsela
hambatan yang paling berpengaruh terhadap kemajuan dari perusahaan yang ada di pasar persaingan monopolistik adalah
Pertama, hambatan-hambatan timbul dalam kondisi pasar yang mendasar, tidak hanya dalam bentuk perangkat yang legal ataupun dalam bentuk kondisi-kondisi yang berubah dengan cepat.
Kedua, hambatan dibagi
dalam tingkatan mulai dari tanpa hambatan sama sekali (bebas masuk),
hambatan rendah, sedang sampai tingkatan tinggi dimana taka ada lagi jalan
masuk.
Ketiga, hambatan merupakan sesuatu yang kompleks.
Baik itu saja terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin bertanya
Nama : Amelia Rahmawati
Npm : 2013031021
Mengapa dalam pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain ?
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin membantu menjawab,
Izin memperkenalkan diri
Nama Indri Mutiara
NPM 2013031001
Di dalam pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain karena di pasar monopolistik perubahan harga bukan lah patokan untuk menarik pembeli, melainkan selera atau kepercayaan dari pembeli tersebut. Jadi, para perusahaan cenderung tidak memainkan harga suatu produk untuk menambah hasil penjualannya melainkan memperbaiki kualitas atau menarik perhatian dan kepercayaan dari pelanggan, untuk menarik pelanggan, maka setiap perusahaan harus menanamkan kepercayaan kepada pembeli baik pembeli baru maupun pembeli lama, jika pelanggan sudah percaya terhadap produk yang dijual dari suatu perusahaan maka ia akan terus berlangganan untuk membeli produk tersebut dan tidak akan berpindah ke produk lain karena para pembeli sudah tau akan mutu atau kualitas dan juga sudah percaya terhadap perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Itu lah mengapa para pembeli di pasar monopolistik sulit untuk berpindah ke produk lain.
Sekian jawaban dari saya, mohon maaf jika terdapat kekurangan.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih atas jawabannya mutiara iendhri
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih indri jawabannya
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin menanggapi pertanyaan dari Amel
Izin memperkenalkan diri
nama : Nabilla Fauziah
Npm : 2013031051
Pada pasar monopolistik pembeli tidak mudah berpindah ke produk lain karena produsen akan berusaha sekuat mungkin agar mampu mempertahankan konsumennya, ditambah lagi produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain adalah produk sejenis sehingga konsumen beranggapan produk yang ditawarkan perusahaan lain sejenis dan tidak ada perbedaan sehingga tidak ada alasan bagi konsumen untuk pindah.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih Nabila atas jawabannya
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan berkat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan mata kuliah pengantar ilmu ekonomi pada hari ini.
Kami dari kelompok 8 yang beranggotakan:
Arla Angela 2013031013
Bayu Cahyani 2013031047
Nabilla Fauziah 2013031051
akan mempresentasikan hasil diskusi kami mengenai “pasar oligopoli"
Adapun rangkaian kegiatan presentasi pada hari ini, yaitu:
1. Pembukaan
2. Penyampaian materi melalui video presentasi yang telah dibagikan di youtube
https://youtu.be/VuNdr_er2Vk
3. Sesi tanya jawab
4. Kesimpulan
5. Penutup
Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini, marilah kita buka dengan lafadz bismillah.
Bismillahirahmanirahim..
Baiklah kami berikan waktu 15 menit untuk memahami materi kami,
kepada rekan -rekan, disilahkan.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh
bismilahirahmanirrahim..
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrohmanirrohiim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Wa'alaikumsalam wr wb
Bismillahirohmanirrohim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
waalaikumussalam wr.wb
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahamatullah hiwabarakatuh
bismillah hirahmannirahiim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Walaikumsalam wr wb
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumusalam warahmatullahi wabbarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabbarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh bismillah
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam wr.wb
Bismillahirohmanirohim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrohmanirrohiim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrohmanirrohiim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam
Bissmillahirohmanirrohim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam bismillah
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh... Bismillahirrahmanirrahim
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik rekan-rekan semua, setelah memahami materi kami.kami akan membuka sesi tanya jawab, sesi tanya jawab kami berikan untuk 3 pertanyaan tercepat.
Dipersilahkan kepada rekan-rekan semua yg ingin bertanya.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin memperkenalkan diri
Nama Indri Mutiara
NPM 2013031001
Izin bertanya, salah satu ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah melakukan promosi atau iklan terus-menerus. Sedangkan kita tahu bahwa menayangkan iklan membutuhkan biaya yang besar. Pertanyaan saya, bagaimana cara menekan biaya untuk mempromosikan produk di pasar oligopoli agar lebih efisien atau adakah alternatif lain untuk mempromosikan produk selain dengan menayangkan iklan?
Sekian, terima kasih.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin membantu menjawab
Tapi alangkah baiknya jika promosi bersama ini dilakukan oleh para penjual yang mempunyai produk yang bisa saling mendukung atau melengkapi. Berikut beberapa contoh promosi bersama yang bisa dilakukan untuk produk busana atau pakaian.
- Melakukan pemasangan banner bersama pada space iklan yang disediakan pada toko, Rata-rata posisinya pada toko bagian depan atas. Jadi disaat orang lewat atau berkunjung ketoko akan bisa melihat banner dari pemasang promo. Promo dalam bentuk pemasangan bannerbersama ini bisa dilakukan untuk produk celana dengan atasan (kaos, Kemeja dll), Atau produk baju muslim wanita dengan jilbab atau celana panjang wanita. Penekanan biaya atau efisiensi biaya promosi bisa dilakukan dalam bentuk pembagian biaya pembuatan banner dan desainnya atau bahkan bisa dilakukan pembagian untuk biaya pajak reklamenya. Promosi bersama bisa dilakukan jika kondisi atau ukuran tempat pemasangan banner cukup besar, Jadi walaupun dibagi dua pesan pada gambar atau tulisan yang ada tetap bisa dibaca serta dilihat dengan mudah. Untuk pemasangan banner ini tidak terbatas pada lokasi ditoko saja, Melainkan bisa dilakukan pada even-even lainnya, Misal konser musik dll.
- Dengan mengikuti even pameran bersama, Tidak jarang kita mendengar pameran buku pada suatu wilayah tertentu, Hal ini bisa dilakukan promo atau bahkan menjual bersama untuk produk apapun. Pada even ini biasanya tersedia petak-petak lokasi pameran dengan ukuran yang telah ditentukan, Bagi perusahaan yang ingin berperan serta namun tidak ingin menanggung semua baiya, Bisa melakukan bersama-sama dengan perusahaan lain dengan menyewa satu tempat dengan baiya ditanggung bersama.
- Untuk promo bersama ini juga bisa dilakukan untuk media elektronik, Dan ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan. Misal perusahaan pembiayaan dengan merek produk kendaraan.
- Membuat leaflet bersama, Biasanya ini untuk dibagikan kepada pengunjung toko.
- Mengadakan even khusus bersama, Misal mengadakan acara yang bisa mengundang masyarakat untuk datang kesuatu tempat, Biasanya diadakan ditoko. Dan dari fihak perusahaan bekerja sama dengan perusahaan lain atau bahkan dengan fihak toko, Misal mengadakan acara lomba band dengan hadiah ditanggung bersama. Hadiah ini terbatas hanya untuk beserta lomba, Namun juga akan diberikan kepada pengunjung. Untuk even ini, Banyak promo yang juga bisa dilakukan bersamaan, Misal pemasangan banner, Spanduk dan selebaran.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
terima kasih adinda atas jawabannya :)
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin menjawab dari pertanyaannya Indri
Karena adanya ketergantungan antar perusahaan dalam suatu industri tersebut itulah maka prilaku suatu perusahaan tentu akan sulit dianalisa, karena setiap perusahaan tahu bahwa setiap perubahan kebijakan harga , kualitas, output dan iklan itu akan mendorong reaksi dari pesaingnya. Dan setiap perusahaan bisa beraksi jika perusahaan lain mengubah kebijakannya.
Dalam pasar persaingan sempurna yang perusahaannya menjual produk yang sama, tidak ada keinginan untuk membuat iklan yang bertujuan untuk mempromosikan produknya, semua itu di karenakan konsumen sudah tahu bahwa semua produk dalam pasar persaingan sempurna adalah sama. Contohnya adalah gandum.
Tetapi lain halnya dalam pasar oligopoli, sebuah perusahaan sering kali mengeluarkan uang jutaan rupiah bahkan milyaran rupiah yang hanya bertujuan untuk mendefrensiasikan produk mereka. Walaupun cara tersebut tidak begitu berarti tetapi ada sebagian informasi yang dapat diterima oleh konsumen, pendefrensiasian produk tersebut tidaklah bermanfaat karena tidak ada pengaruh apapun bagi konsumen kecuali perusahaan tersebut memberikan pilihan produk yang lebih luas di pasaran.
jika salah satu perusahaan memutuskan untuk tidak membuat iklan sedangkan yang lain membuat iklan maka, perusahaan yang membuat iklan tersebut akan mendapatkan lebih banyak keuntungan sehingga perusahaan yang tidak melayangkan iklan akan kehilangan konsumen dan akan mengakibatkan jumlah permintaan terhadap produknya bisa menurun. Besar-kecilnya laba rugi suatu perusahaan itu tergantung pada tindakan mereka masing-masing, dan strategi yang mereka lakukan dalam menarik lebih banyak konsumen adalah dengan cara beriklan padahal mereka sama-sama tahu bahwa jika mereka tidak beriklan maka laba yang akan mereka peroleh akan jauh lebih tinggi daripada mereka beriklan.
Alternatif lain mungkin seperti mengadakan promo besar-besaran. ini juga bisa dilakukan untuk media elektronik, Membuat Pamflet produk, Biasanya ini untuk dibagikan kepada pengunjung toko.Mengadakan even khusus bersama. Namun jika ingin keuntungan yang lebih besar, pengiklanan memang jauhlah lebih menguntungkan
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin memperkenalkan diri
Nama : Habibah Hasnul khotimah
Npm : 2013031041
Izin bertanya
Sudah disebutkan dalam makalah kelompok 8 tentang ciri-ciri dari pasar Oligopoli.
Salah satunya, Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh
perusahaan yang lain dan kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan.
Pertanyaan saya, bagaimana cara yang paling tepat untuk menentukan harga jual produk tersebut?
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin membantu menjawab moderator
Izin memperkenalkan diri
Nama: Rini Damasanti
NPM:2013031027
1. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Biaya
Metode ini adalah yang paling standar dan paling banyak digunakan, metode ini menentukan harga berdasarkan total biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk yang dijual, dan menambahkan sejumlah persentase tertentu sebagai laba. Ada 4 kategori dalam penetapan harga berdasarkan biaya, yakni:
Cost-Plus Pricing Method – yaitu penetapan harga jual per unit berdasarkan jumlah biaya per unit ditambah jumlah tertentu sebagai laba atau margin (harga jual = biaya total + laba)
Mark–up Pricing – yaitu penetapan harga yang sering digunakan oleh pedagang perantara atau reseller/dropshipper dengan menambahkan harga beli dengan sejumlah laba tertentu (harga jual = harga beli + laba/markup)
Fixed Fee Pricing – yakni penetapan harga berdasarkan jumlah biaya yang dikeluarkan oleh produsen produk tersebut ditambah sejumlah fee yang telah disepakati, jadi laba yang diperoleh tidak mempengaruhi harga jual barang
Target Pricing – yakni penetapan harga yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi (ROI) sesuai dengan target yang diinginkan.
2. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan/Keinginan
Ini strategi yang lebih mengutamakan kondisi ataupun kebutuhan konsumen. Strategi ini memungkinkan adanya perbedaan harga meskipun produknya sama, akibat beberapa faktor tertentu seperti letak geografis, waktu, dan sebagainya. Ada 2 macam kategori dalam strategi ini, yakni:
Price Sensitivity Meter (PSM) – yakni strategi penetapan harga yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan terhadap kebutuhan/permintaan konsumen. Metode ini didasari persepsi konsumen terhadap nilai/value produk yang diterima, apakah sebanding atau tidak. Untuk mengetahui apakah value suatu produk dapat diterima oleh konsumen, Anda bisa mengukurnya dengan PSM.
Diskriminasi Harga – yakni kebijakan untuk menentukan harga jual yang berbeda-beda untuk satu jenis produk yang sama dalam satu segmen pasar. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi diskriminasi harga misalnya wilayah, konsumen, waktu, kualitas, dan bentuk produk.
3. Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Persaingan
Strategi ini menyoroti harga produk sejenis yang dikeluarkan oleh industri pesaing Anda. Ada dua metode yang bisa digunakan, yakni:
Perceived Value Fixing – yakni penetapan harga jual berdasarkan harga jual rata-rata produk sejenis.
Sealed Bid Pricing – yakni penetapan harga jual berdasarkan penawaran yang diajukan oleh pesaing.
semoga dapat dipahami, sekian terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih kepada sodari rini yang telah menjawab
Sangat membantu dan mudah dipahami:)
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
zin bertanya kepada kelompok 8.
Nama: Tri Wulan Handoko
NPM: 2013031031
Jelaskan mengapa kegiatan periklanan penting peranannya dalam kegiatan oligopoly yang menghasilkan barang-barang yang hiterogen?
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin menjawab pertanyaan dari saudara Tri Wulan Handoko.
Karena pada pasar oligopoli menghasilkan barang diferensiasi , sehingga perusahaan melakukan promosi melalui iklan agar masyarakat bisa mengetahu produk yang dijual didalam pasar oligopoli. tapi dilain sisi perusahaan juga tidak perlu melakukan promosi dengan sangat detail mengenai barang yang digunakan karena akan berakibat pada produk mereka sendiri. Contohnya jika mengatakan bahwa pada produk yang mereka jual terdapat bahan pengawet yang berbahaya, otomatis akan sedikit yang membeli produknya.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terima kasih saudari Arla Angela, sangat membantu jawabannya.
izin menanggapi moderator..
sebelumnya izin memperkenalkan diri Nama : Dinda Anugrah Putri, NPM 2013031017
Peranan iklan sangatlah penting dalam pasar oligopoli. Kenapa? Dan apa sebenarnya fungsi iklan dalam pasar oligopoli? Berikut akan saya jelaskan.
Dalam pasar oligopoly tidak jarang ada yang berpendapat bahwa iklannya terlampau banyak. Sebagai contoh, produk wafer coklat ada berbagai jenis dan iklannya tiada henti “membanjir” di tv yang “dikonsumsi” oleh jutaan orang di Indonesia. Sebenarnya fungsi iklan itu apa sih? Iklan berfungsi mereduksi biaya yang harus dikeluarkan konsumen dalam rangka memperoleh informasi suatu produk. Bisa dibayangkan misalnya bila tidak ada iklan, tentu kita akan kebingungan bagaimana cara mengetahui ada tidaknya suatu barang yang kita butuhkan. Iklan yang saya maksudkan disini adalah segala macam iklan tentang suatu produk yang ada di berbagai media.
Namun sayangnya, informasi yang diberikan oleh periklanan tidaklah sempurna. Hal ini sengaja dilakukan oleh para oligopolist (para pelaku pasar oligopoli) karena bila mereka (para oligopolist) memberikan informasi yang sempurna tentang produk mereka maka akan berpengaruh terhadap perusahaan mereka sendiri. Contoh: untuk produk makanan ringan. Misalnya dalam produk tersebut terdapat bahan pengawet buatan yang berbahaya untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan, jarang perusahaan yang menyebutkan informasi tersebut dalam produknya. Karena hal tersebut bisa saja menyebabkan produknya akan jarang dibeli orang atau dengan kata lain volume penjualan produknya menurun. Terkecuali untuk produk rokok. Sampai hari ini saya masih belum mengerti mengapa produk rokok yang terang-terangan memberikan informasi yang nyaris sempurna, justru selalu stabil bahkan meningkat volume penjualannya. Berarti dalam hal ini, perilaku konsumen juga menjadi titik fokus yang tidak kalah penting.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin memperkenalkan diri
Nama : Reza Widya Ningrum
Npm : 2013031067
Izin bertanya,Bagaimana bentuk kurva pasar oligopoli dan bagaimana cara analisis nya, terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Izin membantu menjawab,
Izin memperkenalkan diri
Nama Indri Mutiara
NPM 2013031001
Bentuk kurva pasar oligopoli adalah kinked demand curve atau patah. Bagian atas menunjukkan bagian elastis sedangkan kurva yang bawah atau tegak menunjukkan bagian inelastis. Cara analisis atau membaca kurva ini yaitu jika suatu perusahaan menurunkan harga suatu produk maka perusahaan yang lain juga akan ikut menurunkan harga produknya untuk mempertahnkan atau menarik pembeli sehingga kurva bagian bawah akan berbentuk kurva inelastis, sedangkan jika perusahaan menaikkan harga suatu produk maka tidak akan diikuti perusahaan lain. Kalau pun iya, maka perusahaan lain akan menaikkan harga sedikit sekali untuk menjaga pembeli nya maka dari itu kurva bagian atas berbentuk elastis. Titik efisien untuk menentukan harga dari suatu produk di pasar oligopoli yaitu di titik perpatahan antara kurva elastis(atas) dan inelastis(bawah) karena di titik itu harga suatu produk akan tetap dan tidak berubah sehingga pelanggan pun tidak beralih ke perusahaan lain.
Sekian jawaban dari saya, mohon maaf apabila kurang memuaskan.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Terimakasih indri atas jawabannya yang sangat berguna :D
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik pertanyaan saya cukupkan, beri kami waktu untuk mendiskusikannya.
Bagi rekan-rekan yang ingin menanggapi atau menambahkan jawaban dipersilakan..
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
BAIK MODERATOR
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Baik, moderator
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Demikianlah pembahasan materi pasar oligopoli pada hari ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita.
Marilah kita tutup perkuliahan pada hari ini dengan lafadz hamdallah
Alhamdulillahi robbil 'alamin. . .
Terima kasih kami ucapkan kepada rekan-rekan yang hadir dan bertanya, tak lupa juga terima kasih kepada teman-teman yang telah menanggapi dan ikut berdiskusi pada kesempatan kali ini.
Kami dari kelompok 8 mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan.
Saya akhiri
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah..
Waalaikumssalam warahmatullahi wabarokatuh
Terima kasih kelompok 8 :)
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah.. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Allhamdulilah Hirobbilalamin
Wasalamualaikum
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam warahmatullahi wabbarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
terimakasih,
waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahi robbil alamin
Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahhirobbil'alamin
Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabbarakatuh
Terima Kasih Kelompok 8.
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah terimakasih Klompok 8 dan rekan
Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillahi robbil alamin
Waalaikumsalam warohmatulohi wabarakatuh
Terimakasih
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah hirobbill alaminnn
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih kelompok 8
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah
Waalaikumsalam warohmatullah wabarokatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah...
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Waalaiikumsalam warahmatullah hiwabarakatuh
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Walaikumsalam wr wb
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
Alhamdulillah hirobbill alaminnn
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih kelompok 8
Re: Diskusi Presentasi Kelompok
alhamdulillah,waalaikumussalam wr. wb.