Strategi perkuliahan
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Selamat datang dan salam jumpa semoga kita sehat selalu mendapat rahmat dan hidayah allah swt.
Perkuliahan ini menerapkan pendekatan saintific. Problem Based Learning, Project based Learning dan Discovery model menjadi pilihan dalam menumbuhkembangkan proses belajar dan pembelajaran. Berbagai metode belajar (deskripsi singkat, diskusi, penugasan individual dan kelompok serta presentasi tugas) diterapkan guna mengaktifkan mahasiswa. Sebagai contoh dosen akan memberikan deskripsi singkat pada awal-awal pertemuan untuk memberi latar belakang dan kerangka berpikir mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dan penugasan. Partisipasi aktif mahasiswa lebih diutamakan seperti kemampuan mahasiswa dalam memahami, membahas dan menyelesaikan tugas-tugas baik secara individual dan kelompok untuk kemudian menyelesaikannya di kelas sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menarik.
Daftar kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu:
1. Mempelajari hakikat Konsep Dasar IPS, Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial, Perkembangan IPS secara komprehensif dan multidimensi, Dimensi dan Struktur IPS, Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia, Pemikiran dalam Pembaruan Pembelajaran IPS di era IR 4.0, sains teknologi masyarakat dalam IPS, Konsep Dasar IPS dalam masyarakat Global, Studi sosial masalah geosfer, ekonoi dan bisnis, antropologi, sosiologi, poilitik, hukum dan kewarganegaraan, sejarah dan waktu serta masalah pendidikan dan sosial lainnya, Merancang dan mengembangkan pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0, pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0, Konsep Dasar IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya secara mandiri, kemudian membuat catatan pembahasan yang nantinya akan berguna bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas makalah individu.
2. Secara aktif Berdiskusi/brainstorming bersama kelompok dan dosen.
3. Menyelesaikan anotasi tentang IPS dengan memanfaatkan ragam sumber pembelajaran minimal 20 referensi yakni dari buku, e-book dan jurnal ilmiah serta e-journal hasil penelitian terkait dengan IPS.
4. Menyelesaikan makalah individual dan kelompok yang temanya telah dipilih sebelumnya terkait dengan problematika yang terjadi di masyarakat dikaji dengan berbagai pendekatan (monodisipliner, multidisipliner dan transdisipliner) dengan analisis yang komprehensif dan tepat waktu.
5. Mempresentasikan makalah IPS yang telah disusun dengan memanfaatkan media berbasis ICT.
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
Nilai Range Status Penilaian
A ≥ 80 Lulus
B+ 75- <80 Lulus
B 70- <75 Lulus
C+ 65- <70 Lulus Bersyarat
C 55- <65 Lulus bersyarat
D 50- <55 Tidak Lulus
E <50 Tidak Lulus
Nilai akhir akan menggunakan pembobotan sebagai berikut:
Kehadiran 10%
UTS 20%
UAS 20%
Diskusi, presentasi, dan partisipasi 20%
Tugas individual dan kelompok 30%
Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok meliputi:
- Sistematika 10%
- Ketepatan isi 30%
- Relevansi 30%
- Originalitas 20%
- Sikap ilmiah, keaktifan&partisipasi 10%