PARTISIPASI
Dimensi dan struktur Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mencakup:
*Dimensi:*
1. *Pengetahuan*: Memahami konsep dan teori ilmu sosial.
2. *Keterampilan*: Mengembangkan keterampilan analisis, kritis, dan pemecahan masalah.
3. *Sikap dan Nilai*: Mengembangkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara.
*Struktur:*
1. *Interdisipliner*: Menggabungkan aspek-aspek dari berbagai ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.
2. *Kontekstual*: Mempelajari isu-isu sosial dalam konteks lokal, nasional, dan global.
Struktur dan dimensi IPS ini membantu siswa memahami masyarakat dan isu-isu sosial secara komprehensif.
*Dimensi:*
1. *Pengetahuan*: Memahami konsep dan teori ilmu sosial.
2. *Keterampilan*: Mengembangkan keterampilan analisis, kritis, dan pemecahan masalah.
3. *Sikap dan Nilai*: Mengembangkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara.
*Struktur:*
1. *Interdisipliner*: Menggabungkan aspek-aspek dari berbagai ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.
2. *Kontekstual*: Mempelajari isu-isu sosial dalam konteks lokal, nasional, dan global.
Struktur dan dimensi IPS ini membantu siswa memahami masyarakat dan isu-isu sosial secara komprehensif.
Terima kasih atas penjelasannya.
Dari informasi tersebut, saya jadi paham bahwa dalam pelajaran IPS ada dua hal penting, yaitu dimensi dan struktur.
Dimensi IPS mencakup:
Pengetahuan – supaya siswa bisa memahami teori dan konsep dalam ilmu sosial.
Keterampilan – agar siswa bisa berpikir kritis, menganalisis, dan menyelesaikan masalah sosial.
Sikap dan Nilai – untuk menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab sebagai warga negara.
Struktur IPS terbagi menjadi:
Interdisipliner – yaitu memadukan berbagai ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.
Kontekstual – yaitu mempelajari masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, di tingkat nasional, sampai tingkat global.
Secara keseluruhan, struktur dan dimensi ini sangat membantu siswa agar bisa memahami masyarakat dan persoalan sosial dengan lebih lengkap dan menyeluruh.
Dari informasi tersebut, saya jadi paham bahwa dalam pelajaran IPS ada dua hal penting, yaitu dimensi dan struktur.
Dimensi IPS mencakup:
Pengetahuan – supaya siswa bisa memahami teori dan konsep dalam ilmu sosial.
Keterampilan – agar siswa bisa berpikir kritis, menganalisis, dan menyelesaikan masalah sosial.
Sikap dan Nilai – untuk menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab sebagai warga negara.
Struktur IPS terbagi menjadi:
Interdisipliner – yaitu memadukan berbagai ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi.
Kontekstual – yaitu mempelajari masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, di tingkat nasional, sampai tingkat global.
Secara keseluruhan, struktur dan dimensi ini sangat membantu siswa agar bisa memahami masyarakat dan persoalan sosial dengan lebih lengkap dan menyeluruh.
Setuju sekali bu trisya
terima kasih bu lovita penjelasannya
Assalamualaikum wr. wb.
Struktur suatu disiplin ilmu merupakan kerangka konseptual yang membatasi ruang lingkup kajian dan mengarahkan proses penelitiannya. Struktur ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu substantive conceptual structure yang mencakup konsep-konsep sebagai kerangka berpikir dalam penelitian, dan syntactical structure yang berkaitan dengan metode inkuiri, termasuk cara pengumpulan, pengujian, dan analisis data. Kedua struktur ini membentuk batang tubuh disiplin ilmu (body of knowledge) yang mencakup fakta, konsep, generalisasi, dan teori, sehingga memberikan arah dan dasar dalam pengembangan ilmu tersebut.
Struktur suatu disiplin ilmu merupakan kerangka konseptual yang membatasi ruang lingkup kajian dan mengarahkan proses penelitiannya. Struktur ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu substantive conceptual structure yang mencakup konsep-konsep sebagai kerangka berpikir dalam penelitian, dan syntactical structure yang berkaitan dengan metode inkuiri, termasuk cara pengumpulan, pengujian, dan analisis data. Kedua struktur ini membentuk batang tubuh disiplin ilmu (body of knowledge) yang mencakup fakta, konsep, generalisasi, dan teori, sehingga memberikan arah dan dasar dalam pengembangan ilmu tersebut.
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Terima kasih atas penjelasan yang sangat sistematis dan mencerahkan mengenai struktur suatu disiplin ilmu. Pemahaman tentang substantive conceptual structure dan syntactical structure sangat penting, terutama bagi kita sebagai pendidik maupun peneliti, agar dapat memahami bagaimana ilmu dibangun dan dikembangkan secara ilmiah.
Saya setuju bahwa struktur ini tidak hanya menjadi fondasi konseptual, tetapi juga menjadi panduan dalam merancang proses pembelajaran dan penelitian yang bermakna. Dengan memahami kerangka ini, kita bisa lebih tepat dalam menyusun materi ajar, merancang strategi pembelajaran, serta mengembangkan sikap ilmiah peserta didik dalam mengeksplorasi pengetahuan secara kritis dan sistematis.
Semoga pemahaman ini bisa terus memperkuat kualitas pendidikan, khususnya dalam pengembangan pembelajaran berbasis inkuiri dan berpikir reflektif.
Terima kasih atas penjelasan yang sangat sistematis dan mencerahkan mengenai struktur suatu disiplin ilmu. Pemahaman tentang substantive conceptual structure dan syntactical structure sangat penting, terutama bagi kita sebagai pendidik maupun peneliti, agar dapat memahami bagaimana ilmu dibangun dan dikembangkan secara ilmiah.
Saya setuju bahwa struktur ini tidak hanya menjadi fondasi konseptual, tetapi juga menjadi panduan dalam merancang proses pembelajaran dan penelitian yang bermakna. Dengan memahami kerangka ini, kita bisa lebih tepat dalam menyusun materi ajar, merancang strategi pembelajaran, serta mengembangkan sikap ilmiah peserta didik dalam mengeksplorasi pengetahuan secara kritis dan sistematis.
Semoga pemahaman ini bisa terus memperkuat kualitas pendidikan, khususnya dalam pengembangan pembelajaran berbasis inkuiri dan berpikir reflektif.
Walaikumsalam wr.. wb..
Pernyataan tersebut sangat tepat dalam menjelaskan struktur suatu disiplin ilmu. Substantive conceptual structure berfungsi sebagai landasan teoritis yang memberikan arah dalam memahami objek kajian, sedangkan syntactical structure memandu dalam proses ilmiah melalui metode inkuiri yang sistematis. Kedua struktur ini saling melengkapi dan membentuk fondasi kuat dalam pengembangan body of knowledge, sehingga memungkinkan suatu disiplin ilmu berkembang secara logis, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Pernyataan tersebut sangat tepat dalam menjelaskan struktur suatu disiplin ilmu. Substantive conceptual structure berfungsi sebagai landasan teoritis yang memberikan arah dalam memahami objek kajian, sedangkan syntactical structure memandu dalam proses ilmiah melalui metode inkuiri yang sistematis. Kedua struktur ini saling melengkapi dan membentuk fondasi kuat dalam pengembangan body of knowledge, sehingga memungkinkan suatu disiplin ilmu berkembang secara logis, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Dimensi IPS mencakup aspek konseptual, keterampilan sosial, nilai, dan kontekstual yang berfungsi membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Sementara itu, struktur IPS dibangun dari integrasi berbagai disiplin ilmu sosial yang disesuaikan secara pedagogis untuk pendidikan dasar dan menengah. Kedua aspek ini saling melengkapi dalam menciptakan pembelajaran IPS yang bermakna dan relevan dengan kehidupan siswa.
Terima kasih Ibu Arin atas penjelasannya yang sangat mencerahkan. Saya jadi semakin memahami bahwa dimensi IPS tidak hanya berfokus pada aspek pengetahuan, tetapi juga mencakup keterampilan sosial, nilai-nilai, dan konteks kehidupan nyata yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Penjelasan mengenai struktur IPS yang dibangun dari integrasi berbagai disiplin ilmu sosial juga memperjelas bahwa pembelajaran IPS dirancang secara pedagogis agar sesuai dengan tahapan perkembangan siswa di jenjang dasar dan menengah. Kedua aspek ini benar-benar saling melengkapi untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi peserta didik.
Setuju sekali dengan pendapat di atas
terima kasih atas penjelasannya
Saya sangat setuju dengan pendapat teman - teman