PARTISIPASI

PARTISIPASI

Number of replies: 19
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Maiko Sabri Martha -
Saya telah mengikuti kelas dan mempelajari terkait Masyarakat, Identitas Nasional, Budaya, dan Teknologi dalam Pendidikan IPS.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Tria Anisa -
Saya telah mempelajari materi masyarakat, identitas nasional, budaya dan teknologi dalam pendidikan IPS. Masyarakat memiliki peran utama dalam pembentukan dan pewarisan nilai-nilai budaya serta identitas nasional dan pendidikan IPS berkontribusi dalam membentuk pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai kebangsaan, sejarah, dan budaya lokal yang menjadi bagian dari identitas nasional.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Abdaa Idzaa Shollaa -
Saya telah membaca dan mempelajari mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan masyarakat, identitas nasional, budaya, serta peran teknologi dalam konteks pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam hal ini, masyarakat memegang posisi yang sangat penting dalam proses pembentukan serta pewarisan nilai-nilai budaya yang ada, di samping itu juga berperan dalam pengembangan identitas nasional. Pendidikan IPS sendiri memiliki kontribusi yang signifikan dalam membentuk cara berpikir dan pemahaman peserta didik mengenai berbagai nilai kebangsaan, sejarah yang melatarbelakangi bangsa ini, serta budaya lokal yang merupakan bagian integral dari identitas nasional kita. Melalui pembelajaran ini, diharapkan para siswa dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya serta nilai-nilai yang ada dalam masyarakat, sehingga mereka dapat berkontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
In reply to First post

Re: PARTISIPASI

by Indah Handayani -
Izin menanggapi, Bapak,menurut Indah, pembelajaran IPS saat ini harus mampu mengintegrasikan tiga hal penting, yaitu masyarakat, identitas nasional, dan budaya, sekaligus memanfaatkan perkembangan teknologi. Di tengah arus globalisasi dan era digital, IPS punya peran besar untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang siapa mereka sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, sekaligus mengenalkan nilai-nilai budaya dan identitas nasional agar tidak tergerus oleh pengaruh luar. Selain itu, teknologi seharusnya tidak dilihat sebagai ancaman, tapi sebagai alat untuk memperkuat pembelajaran IPS yang lebih interaktif, kontekstual, dan dekat dengan kehidupan siswa.