PARTISIPASI
hadir pak
hadir pak
Hadir
Hadir Pak
Saya hadir dalam perkuliahan dan mempelajari materi terkait Standar Pedagogik dan Perencanaan Pembelajaran PIPS.
Siap hadir pak
Hadir pak
hadir pak
Hadir pak
Konsep Standar Pedagogik dan Perancangan Pembelajaran Pembelajaran IPS dapat dijadikan sebagai acuan pendidik dalam melakukan inovasi pembelajaran di kelas IPS dengan menggunakan berbagai pendekatan dan model pembelajaran seperti pembelajaran berbasis proyek (PjBL), pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran discovery, pembelajaran inkuiri, TPACK, dan pembelajaran kontekstual dan pengajaran (CTL) yang telah terbukti relevan dengan karakteristik siswa dan tantangan abad ke-21. Tujuannya adalah untuk mencapai pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun warga negara yang kritis, peduli, dan bertanggung jawab.
Konsep mengenai Standar Pedagogik dan Perancangan Pembelajaran dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat berfungsi sebagai pedoman yang sangat berguna bagi para pendidik dalam menerapkan inovasi pembelajaran di dalam kelas IPS. Dengan memanfaatkan beragam pendekatan serta model pembelajaran, seperti pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL), pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL), pembelajaran discovery, pembelajaran inkuiri, serta TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), dan juga pembelajaran kontekstual serta pengajaran (Contextual Teaching and Learning atau CTL), para pendidik dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik. Pendekatan-pendekatan ini telah terbukti relevan dan sesuai dengan karakteristik siswa serta tantangan yang dihadapi di abad ke-21. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif ini, tujuan utama yang ingin dicapai adalah tidak hanya sekadar memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi juga membentuk mereka menjadi warga negara yang memiliki pemikiran kritis, kepedulian sosial, dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat.
Hadir pak
Saya hadir dalam perkuliahan dan mempelajari materi
Izin menanggapi, Bapak. Menurut Indah, penerapan standar pedagogik sangat penting dalam perancangan pembelajaran IPS. Standar pedagogik tidak hanya mengatur bagaimana guru mengajar, tetapi juga memastikan bahwa pembelajaran IPS dirancang sesuai karakteristik siswa, materi yang kontekstual, serta mendorong keterampilan abad 21. Dengan mengikuti standar pedagogik, guru dapat merancang pembelajaran IPS yang tidak hanya berorientasi pada pengetahuan, tetapi juga membangun sikap sosial, keterampilan berpikir kritis, dan kepedulian terhadap isu-isu sosial di sekitar siswa. Jadi, perancangan pembelajaran harus benar-benar memperhatikan tahapan perkembangan, kebutuhan siswa, dan tantangan masyarakat saat ini.
Hadir bapak..
Strategi dan model pembelajaran IPS harus dipilih dan dikembangkan secara sistematis dan adaptif sesuai dengan tujuan kurikulum dan perkembangan peserta didik.Tujuannya adalah untuk mencapai pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun warga negara yang kritis, peduli, dan bertanggung jawab.
hadir pak terima kasih