Diskusi 2

Diskusi 2

Number of replies: 29

Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?

In reply to First post

Re: Diskusi 2

M.ANDIKA SYAFIQ གིས-
Nama : M. andika syafiq
Kelas : A
Npm : 2413051073

Faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas meliputi metode pengajaran, kualitas guru, motivasi siswa, lingkungan kelas, fasilitas belajar, dan interaksi sosial antara siswa dan guru. Semua faktor ini saling mendukung untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

rafa riquelme གིས-
nama: rafa riquelme
npm: 2463051002

Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa. 

Faktor internal 
Minat, Motivasi, Perhatian, Kecerdasan, Kesehatan, Bakat, Rasa ingin tahu, Kebutuhan.

Faktor eksternal 
Keluarga, Sekolah, Disiplin sekolah, Masyarakat, Lingkungan tetangga, Aktivitas organisasi, Ruang kelas (fasilitas), Teman bergaul, Kebijakan pemerintah.

In reply to First post

Re: Diskusi 2

Abdmanjar waldatama siregar 2413051019 གིས-
Nama : Abdmanjar waldatama siregar
Npm : 2413051019

Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?

jawaban :
1.Metode Pengajaran
2. Kualitas Pengajar
3. Lingkungan Kelas
4. Keterlibatan Siswa
5. Sumber Belajar
6. Umpan Balik
7. Perbedaan Individual Siswa
8. Teknologi dalam Pembelajaran
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Danu Firmansyah གིས-
Nama : Danu Firmansyah

NPM : 2413051058

Kualitas Guru: Guru yang kompeten dan mampu memotivasi siswa.

Metode Pengajaran: Pendekatan interaktif seperti diskusi dan proyek kolaboratif.

Lingkungan Belajar: Kondisi fisik kelas yang nyaman dan kondusif.

Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif dan rasa tanggung jawab siswa.

Teknologi dan Sumber Daya: Akses ke teknologi dan materi pembelajaran.

Dukungan Orang Tua dan Masyarakat: Keterlibatan dan dukungan dari orang tua serta komunitas.

Manajemen Kelas: Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan disiplin.

Motivasi dan Minat Siswa: Tingkat motivasi dan minat terhadap materi pelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

MULYA FATURRAHMAN AKBAR གིས-

Nama: Mulya Faturrahman Akbat

Npm: 2413051076

Jawaban:

Faktor faktornya adalah:

Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan jelas, menarik, dan memotivasi siswa.Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik secara individu maupun kelompok.Metode Pembelajaran: Pendekatan yang digunakan (misalnya diskusi, ceramah, praktik) yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Lingkungan Belajar: Suasana kelas yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan hubungan yang positif antara guru dan siswa.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

faiz hendri afriansyah གིས-
Nama: Faiz Hendri Afriansyah
Npm:2413051079

Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait. Beberapa faktor utama yang memengaruhi efektivitas pembelajaran antara lain:

Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi, metode pengajaran yang digunakan, dan interaksi dengan siswa sangat menentukan. Penggunaan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Serly Dwi Nugraha གིས-
Nama : SERLY DWI NUGRAHA
NPM : 2413051046

Faktor yang dapat memepengaruhi ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yaitu kesehatan, kecerdasan, perhatian, minat dan bakat. Sedangkan faktor eksternal diri siswa yaitu keluarga , sekolah, disiplin yang diterapkan di sekolah, masyarakat, lingkungan tetangga, dan aktivitas organisasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Lidia Januatika གིས-
Nama: Lidia januartika
Npm:2413051016

Faktor Siswa
1. Motivasi: Minat dan keinginan siswa untuk belajar.
2. Kemampuan awal: Kemampuan siswa sebelum memulai pembelajaran.
3. Gaya belajar: Cara siswa memproses informasi dan belajar.
4. Keterlibatan: Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Faktor Guru
1. Kompetensi: Kemampuan guru dalam mengajar dan menyampaikan materi.
2. Metode pengajaran: Cara guru menyampaikan materi dan mengajar.
3. Keterampilan komunikasi: Kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa.
4. Kepribadian: Karakter dan sikap guru dalam mengajar.

Faktor Lingkungan
1. Fasilitas: Ketersediaan fasilitas dan sumber daya pembelajaran.
2. Iklim kelas: Suasana dan atmosfer dalam kelas.
3. Dukungan orang tua: Peran dan dukungan orang tua dalam pembelajaran.
4. Kebijakan sekolah: Kebijakan dan regulasi sekolah yang mempengaruhi pembelajaran.

Faktor Kurikulum
1. Kualitas kurikulum: Kualitas dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan siswa.
2. Struktur kurikulum: Organisasi dan struktur kurikulum yang mempengaruhi pembelajaran.
3. Ketersediaan sumber daya: Ketersediaan sumber daya dan materi pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Aisyah Dela Sapitri 2413051013 གིས-
NAMA: Aisyah Dela SAPITRI
NPM: 2413051013
Kelas: A

Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa.
Faktor dari dalam diri siswa
Kecerdasan, Motivasi, Minat, Sikap, Keyakinan, Nilai, Gaya belajar, Kesehatan, Perhatian, Bakat.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Lukluk Zibri Zakiyya Syarova གིས-
Lukluk Zibri Zakiyya Syarova
2413051001
A

Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi guru, siswa, maupun lingkungan belajar. Berikut adalah beberapa faktor utama:

1. Faktor Guru

Keterampilan Mengajar: Kemampuan guru dalam menjelaskan materi, memberikan contoh, dan mengelola kelas.

Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang sesuai, seperti diskusi, demonstrasi, atau pembelajaran berbasis proyek.

Komunikasi dan Interaksi: Cara guru berkomunikasi dengan siswa dan menciptakan suasana yang kondusif.

Penguasaan Materi: Pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan dan kemampuannya menjelaskan secara sederhana.

Motivasi dan Dedikasi: Semangat dan kepedulian guru terhadap perkembangan siswa.


2. Faktor Siswa

Motivasi Belajar: Semangat dan keinginan siswa untuk memahami materi.

Kemampuan Kognitif: Kecerdasan dan keterampilan berpikir siswa dalam memahami konsep.

Kedisiplinan dan Partisipasi: Tingkat kehadiran, keterlibatan dalam diskusi, dan kepatuhan terhadap aturan kelas.

Gaya Belajar: Setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, kinestetik).


3. Faktor Lingkungan Belajar

Fasilitas Kelas: Ketersediaan papan tulis, proyektor, pencahayaan, ventilasi, dan tempat duduk yang nyaman.

Suasana Kelas: Kelas yang tenang, bebas dari gangguan, dan mendukung fokus belajar.

Interaksi Sosial: Hubungan antara siswa dan antara siswa dengan guru yang saling mendukung.


4. Faktor Kurikulum dan Evaluasi

Relevansi Materi: Materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.

Evaluasi dan Umpan Balik: Tes, tugas, dan umpan balik yang membantu siswa memahami kemajuan mereka.


5. Faktor Teknologi

Penggunaan Teknologi: Pemanfaatan media pembelajaran digital seperti video, e-learning, atau aplikasi edukatif.

Akses ke Sumber Belajar: Ketersediaan buku, internet, dan bahan ajar lainnya.


Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, pembelajaran dalam kelas dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi siswa.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

Dewangga Ibram Junandarta 2413051043 གིས-
Nama : Dewangga Ibram Junandarta
NPM : 2413051043
Jawaban:

Faktor faktornya adalah:

Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan jelas, menarik, dan memotivasi siswa.Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik secara individu maupun kelompok.Metode Pembelajaran: Pendekatan yang digunakan (misalnya diskusi, ceramah, praktik) yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Lingkungan Belajar: Suasana kelas yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan hubungan yang positif antara guru dan siswa.