Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?
Diskusi 2
Nama : alfathan wira falaq
Npm : 2413051034
1. Faktor guru
2.Faktor siswa
3.Faktor lingkungan
4. Faktor metode pembelajaran
3.Faktor lingkungan
4. Faktor metode pembelajaran
Adjie Lingga Saputra
2413051040
1. Kecerdasan, bakat, dan minat siswa
2. Suasana pembelajaran
3.Gaya mengajar dosen
2413051040
1. Kecerdasan, bakat, dan minat siswa
2. Suasana pembelajaran
3.Gaya mengajar dosen
1.situasi dan kondisi
2.fasilitas
3.kondisi badan yang vit/stabil
4.siswa/siswa dan dosen yang produktif
2.fasilitas
3.kondisi badan yang vit/stabil
4.siswa/siswa dan dosen yang produktif
Nama : M. andika syafiq
Kelas : A
Npm : 2413051073
Faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas meliputi metode pengajaran, kualitas guru, motivasi siswa, lingkungan kelas, fasilitas belajar, dan interaksi sosial antara siswa dan guru. Semua faktor ini saling mendukung untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
Kelas : A
Npm : 2413051073
Faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas meliputi metode pengajaran, kualitas guru, motivasi siswa, lingkungan kelas, fasilitas belajar, dan interaksi sosial antara siswa dan guru. Semua faktor ini saling mendukung untuk menciptakan pembelajaran yang optimal.
1. Guru
2. lingkungan belajar
3. Motivasi dan keterlibatan siswa
4. Metode dan strategi pembelajaran
5. Gaya belajar siswa
2. lingkungan belajar
3. Motivasi dan keterlibatan siswa
4. Metode dan strategi pembelajaran
5. Gaya belajar siswa
nama: rafa riquelme
npm: 2463051002
npm: 2463051002
Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa.
Faktor internal
Minat, Motivasi, Perhatian, Kecerdasan, Kesehatan, Bakat, Rasa ingin tahu, Kebutuhan.
Faktor eksternal
Keluarga, Sekolah, Disiplin sekolah, Masyarakat, Lingkungan tetangga, Aktivitas organisasi, Ruang kelas (fasilitas), Teman bergaul, Kebijakan pemerintah.
Nama : Abdmanjar waldatama siregar
Npm : 2413051019
Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?
jawaban :
1.Metode Pengajaran
2. Kualitas Pengajar
3. Lingkungan Kelas
4. Keterlibatan Siswa
5. Sumber Belajar
6. Umpan Balik
7. Perbedaan Individual Siswa
8. Teknologi dalam Pembelajaran
Npm : 2413051019
Menurut Anda, faktor apa saja yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas?
jawaban :
1.Metode Pengajaran
2. Kualitas Pengajar
3. Lingkungan Kelas
4. Keterlibatan Siswa
5. Sumber Belajar
6. Umpan Balik
7. Perbedaan Individual Siswa
8. Teknologi dalam Pembelajaran
Nama : Danu Firmansyah
NPM : 2413051058
Kualitas Guru: Guru yang kompeten dan mampu memotivasi siswa.
Metode Pengajaran: Pendekatan interaktif seperti diskusi dan proyek kolaboratif.
Lingkungan Belajar: Kondisi fisik kelas yang nyaman dan kondusif.
Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif dan rasa tanggung jawab siswa.
Teknologi dan Sumber Daya: Akses ke teknologi dan materi pembelajaran.
Dukungan Orang Tua dan Masyarakat: Keterlibatan dan dukungan dari orang tua serta komunitas.
Manajemen Kelas: Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan disiplin.
Motivasi dan Minat Siswa: Tingkat motivasi dan minat terhadap materi pelajaran.
NPM : 2413051058
Kualitas Guru: Guru yang kompeten dan mampu memotivasi siswa.
Metode Pengajaran: Pendekatan interaktif seperti diskusi dan proyek kolaboratif.
Lingkungan Belajar: Kondisi fisik kelas yang nyaman dan kondusif.
Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif dan rasa tanggung jawab siswa.
Teknologi dan Sumber Daya: Akses ke teknologi dan materi pembelajaran.
Dukungan Orang Tua dan Masyarakat: Keterlibatan dan dukungan dari orang tua serta komunitas.
Manajemen Kelas: Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan disiplin.
Motivasi dan Minat Siswa: Tingkat motivasi dan minat terhadap materi pelajaran.
Nama: Mulya Faturrahman Akbat
Npm: 2413051076
Jawaban:
Faktor faktornya adalah:
Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan jelas, menarik, dan memotivasi siswa.Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik secara individu maupun kelompok.Metode Pembelajaran: Pendekatan yang digunakan (misalnya diskusi, ceramah, praktik) yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Lingkungan Belajar: Suasana kelas yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan hubungan yang positif antara guru dan siswa.Nama: Faiz Hendri Afriansyah
Npm:2413051079
Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait. Beberapa faktor utama yang memengaruhi efektivitas pembelajaran antara lain:
Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi, metode pengajaran yang digunakan, dan interaksi dengan siswa sangat menentukan. Penggunaan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka.
Npm:2413051079
Efektivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait. Beberapa faktor utama yang memengaruhi efektivitas pembelajaran antara lain:
Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi, metode pengajaran yang digunakan, dan interaksi dengan siswa sangat menentukan. Penggunaan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka.
Nama: Donatus Daud Nusa Pronggele
Kelas:PENJAS 24 A
NPM:2413051022
1) Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran. 2) Merancang materi pembelajaran.\ 3) Penggunaan media pembelajaran. 4) Evaluasi Pembelajaran.
Kelas:PENJAS 24 A
NPM:2413051022
1) Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran. 2) Merancang materi pembelajaran.\ 3) Penggunaan media pembelajaran. 4) Evaluasi Pembelajaran.
NAMA:ugi sovi danilia
NPM:2413051067
JWABAN:
faktor
1.sarana prasarana
2.kopetensi pendidik
3.kesiapan pendidik
4.modul atau media yang di pakai untuk belajar dan pembelajaran
NPM:2413051067
JWABAN:
faktor
1.sarana prasarana
2.kopetensi pendidik
3.kesiapan pendidik
4.modul atau media yang di pakai untuk belajar dan pembelajaran
Nama : SERLY DWI NUGRAHA
NPM : 2413051046
Faktor yang dapat memepengaruhi ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yaitu kesehatan, kecerdasan, perhatian, minat dan bakat. Sedangkan faktor eksternal diri siswa yaitu keluarga , sekolah, disiplin yang diterapkan di sekolah, masyarakat, lingkungan tetangga, dan aktivitas organisasi.
NPM : 2413051046
Faktor yang dapat memepengaruhi ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yaitu kesehatan, kecerdasan, perhatian, minat dan bakat. Sedangkan faktor eksternal diri siswa yaitu keluarga , sekolah, disiplin yang diterapkan di sekolah, masyarakat, lingkungan tetangga, dan aktivitas organisasi.
Nama : syifa octa safira
kelas : A
Npm : 2413051088
•Strategi dan metode pembelajaran
•Media pembelajaran
•Evaluasi pembelajaran
•Tujuan pembelajaran
•Gaya mengajar guru
kelas : A
Npm : 2413051088
•Strategi dan metode pembelajaran
•Media pembelajaran
•Evaluasi pembelajaran
•Tujuan pembelajaran
•Gaya mengajar guru
Nama: Athiyyah Salwa Mahfudhah
Kelas: A
Npm: 2454051014
praktik mengajar instruktur,
pengelolaan kelas,
respon siswa,
dan hubungan antara pendidik dan siswa
Kelas: A
Npm: 2454051014
praktik mengajar instruktur,
pengelolaan kelas,
respon siswa,
dan hubungan antara pendidik dan siswa
Nama : Azzahra Khairunnisa
Npm : 2413051100
Kelas : A
faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran diantaranya yaitu : 1) Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran. 2) Merancang materi pembelajaran. 3) Penggunaan media pembelajaran. 4) Evaluasi Pembelajaran.
Nama: M. Adip Ashabri
Npm: 2453051020
1.Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran.
2.Merancang materi pembelajaran.
3.Penggunaan media pembelajaran.
4.Evaluasi Pembelajaran
Npm: 2453051020
1.Penggunaan strategi dan Metode Pembelajaran.
2.Merancang materi pembelajaran.
3.Penggunaan media pembelajaran.
4.Evaluasi Pembelajaran
Nama: Lidia januartika
Npm:2413051016
Faktor Siswa
1. Motivasi: Minat dan keinginan siswa untuk belajar.
2. Kemampuan awal: Kemampuan siswa sebelum memulai pembelajaran.
3. Gaya belajar: Cara siswa memproses informasi dan belajar.
4. Keterlibatan: Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Faktor Guru
1. Kompetensi: Kemampuan guru dalam mengajar dan menyampaikan materi.
2. Metode pengajaran: Cara guru menyampaikan materi dan mengajar.
3. Keterampilan komunikasi: Kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa.
4. Kepribadian: Karakter dan sikap guru dalam mengajar.
Faktor Lingkungan
1. Fasilitas: Ketersediaan fasilitas dan sumber daya pembelajaran.
2. Iklim kelas: Suasana dan atmosfer dalam kelas.
3. Dukungan orang tua: Peran dan dukungan orang tua dalam pembelajaran.
4. Kebijakan sekolah: Kebijakan dan regulasi sekolah yang mempengaruhi pembelajaran.
Faktor Kurikulum
Npm:2413051016
Faktor Siswa
1. Motivasi: Minat dan keinginan siswa untuk belajar.
2. Kemampuan awal: Kemampuan siswa sebelum memulai pembelajaran.
3. Gaya belajar: Cara siswa memproses informasi dan belajar.
4. Keterlibatan: Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Faktor Guru
1. Kompetensi: Kemampuan guru dalam mengajar dan menyampaikan materi.
2. Metode pengajaran: Cara guru menyampaikan materi dan mengajar.
3. Keterampilan komunikasi: Kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa.
4. Kepribadian: Karakter dan sikap guru dalam mengajar.
Faktor Lingkungan
1. Fasilitas: Ketersediaan fasilitas dan sumber daya pembelajaran.
2. Iklim kelas: Suasana dan atmosfer dalam kelas.
3. Dukungan orang tua: Peran dan dukungan orang tua dalam pembelajaran.
4. Kebijakan sekolah: Kebijakan dan regulasi sekolah yang mempengaruhi pembelajaran.
Faktor Kurikulum
1. Kualitas kurikulum: Kualitas dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan siswa.
2. Struktur kurikulum: Organisasi dan struktur kurikulum yang mempengaruhi pembelajaran.
3. Ketersediaan sumber daya: Ketersediaan sumber daya dan materi pembelajaran.
2. Struktur kurikulum: Organisasi dan struktur kurikulum yang mempengaruhi pembelajaran.
3. Ketersediaan sumber daya: Ketersediaan sumber daya dan materi pembelajaran.
Faktor faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dalam kelas:
1. Teknologi dan Media Pembelajaran
2. Pengelolaan Kelas
3. Interaksi dan Komunikasi
4. Metode dan strategi pembelajaran
5. Faktor dosen
1. Teknologi dan Media Pembelajaran
2. Pengelolaan Kelas
3. Interaksi dan Komunikasi
4. Metode dan strategi pembelajaran
5. Faktor dosen
nama: Diva Aprila Mayosa
npm: 2413051055
jawaban
1.faktor lingkungan
2.faktor lingkup keluarga
3.gaya mengajar guru
4.kondisi fisik siswa
5.kebutuhan media belajar siswa
npm: 2413051055
jawaban
1.faktor lingkungan
2.faktor lingkup keluarga
3.gaya mengajar guru
4.kondisi fisik siswa
5.kebutuhan media belajar siswa
NAMA : Muhammad Novaldi
NPM : 2413051061
Jawab:
1.Partisipasi siswa
2.Guru yang efektif
3.Materi yang relevan
4.Teknologi yang memadai
5.Metode pembelajaran yang bervariasi
NPM : 2413051061
Jawab:
1.Partisipasi siswa
2.Guru yang efektif
3.Materi yang relevan
4.Teknologi yang memadai
5.Metode pembelajaran yang bervariasi
Nama: Nandhini Luthfia Alta
Npm: 2413051085
Kelas A
1. Faktor metode dan pembelajaran yang digunakan
2. Gaya mengajar guru
3. Materi pembelajaran
4. Faktor lingkungan
5. Faktor siswa
Npm: 2413051085
Kelas A
1. Faktor metode dan pembelajaran yang digunakan
2. Gaya mengajar guru
3. Materi pembelajaran
4. Faktor lingkungan
5. Faktor siswa
NAMA: Aisyah Dela SAPITRI
NPM: 2413051013
Kelas: A
Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa.
Faktor dari dalam diri siswa
Kecerdasan, Motivasi, Minat, Sikap, Keyakinan, Nilai, Gaya belajar, Kesehatan, Perhatian, Bakat.
NPM: 2413051013
Kelas: A
Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa.
Faktor dari dalam diri siswa
Kecerdasan, Motivasi, Minat, Sikap, Keyakinan, Nilai, Gaya belajar, Kesehatan, Perhatian, Bakat.
Nama: Muhammad Rizky Ramesh
Npm: 2413051052
Jawaban:
1. Peran guru
2. Karakteristik siswa
3. Kurikulum dan materi pembelajaran
4. Lingkungan belajar
5. Metode dan strategi pembelajaran
2. Karakteristik siswa
3. Kurikulum dan materi pembelajaran
4. Lingkungan belajar
5. Metode dan strategi pembelajaran
Lukluk Zibri Zakiyya Syarova
2413051001
A
Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi guru, siswa, maupun lingkungan belajar. Berikut adalah beberapa faktor utama:
1. Faktor Guru
Keterampilan Mengajar: Kemampuan guru dalam menjelaskan materi, memberikan contoh, dan mengelola kelas.
Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang sesuai, seperti diskusi, demonstrasi, atau pembelajaran berbasis proyek.
Komunikasi dan Interaksi: Cara guru berkomunikasi dengan siswa dan menciptakan suasana yang kondusif.
Penguasaan Materi: Pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan dan kemampuannya menjelaskan secara sederhana.
Motivasi dan Dedikasi: Semangat dan kepedulian guru terhadap perkembangan siswa.
2. Faktor Siswa
Motivasi Belajar: Semangat dan keinginan siswa untuk memahami materi.
Kemampuan Kognitif: Kecerdasan dan keterampilan berpikir siswa dalam memahami konsep.
Kedisiplinan dan Partisipasi: Tingkat kehadiran, keterlibatan dalam diskusi, dan kepatuhan terhadap aturan kelas.
Gaya Belajar: Setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, kinestetik).
3. Faktor Lingkungan Belajar
Fasilitas Kelas: Ketersediaan papan tulis, proyektor, pencahayaan, ventilasi, dan tempat duduk yang nyaman.
Suasana Kelas: Kelas yang tenang, bebas dari gangguan, dan mendukung fokus belajar.
Interaksi Sosial: Hubungan antara siswa dan antara siswa dengan guru yang saling mendukung.
4. Faktor Kurikulum dan Evaluasi
Relevansi Materi: Materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Evaluasi dan Umpan Balik: Tes, tugas, dan umpan balik yang membantu siswa memahami kemajuan mereka.
5. Faktor Teknologi
Penggunaan Teknologi: Pemanfaatan media pembelajaran digital seperti video, e-learning, atau aplikasi edukatif.
Akses ke Sumber Belajar: Ketersediaan buku, internet, dan bahan ajar lainnya.
Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, pembelajaran dalam kelas dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi siswa.
2413051001
A
Efektivitas pembelajaran dalam kelas dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi guru, siswa, maupun lingkungan belajar. Berikut adalah beberapa faktor utama:
1. Faktor Guru
Keterampilan Mengajar: Kemampuan guru dalam menjelaskan materi, memberikan contoh, dan mengelola kelas.
Metode Pembelajaran: Penggunaan metode yang sesuai, seperti diskusi, demonstrasi, atau pembelajaran berbasis proyek.
Komunikasi dan Interaksi: Cara guru berkomunikasi dengan siswa dan menciptakan suasana yang kondusif.
Penguasaan Materi: Pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan dan kemampuannya menjelaskan secara sederhana.
Motivasi dan Dedikasi: Semangat dan kepedulian guru terhadap perkembangan siswa.
2. Faktor Siswa
Motivasi Belajar: Semangat dan keinginan siswa untuk memahami materi.
Kemampuan Kognitif: Kecerdasan dan keterampilan berpikir siswa dalam memahami konsep.
Kedisiplinan dan Partisipasi: Tingkat kehadiran, keterlibatan dalam diskusi, dan kepatuhan terhadap aturan kelas.
Gaya Belajar: Setiap siswa memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, kinestetik).
3. Faktor Lingkungan Belajar
Fasilitas Kelas: Ketersediaan papan tulis, proyektor, pencahayaan, ventilasi, dan tempat duduk yang nyaman.
Suasana Kelas: Kelas yang tenang, bebas dari gangguan, dan mendukung fokus belajar.
Interaksi Sosial: Hubungan antara siswa dan antara siswa dengan guru yang saling mendukung.
4. Faktor Kurikulum dan Evaluasi
Relevansi Materi: Materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Evaluasi dan Umpan Balik: Tes, tugas, dan umpan balik yang membantu siswa memahami kemajuan mereka.
5. Faktor Teknologi
Penggunaan Teknologi: Pemanfaatan media pembelajaran digital seperti video, e-learning, atau aplikasi edukatif.
Akses ke Sumber Belajar: Ketersediaan buku, internet, dan bahan ajar lainnya.
Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, pembelajaran dalam kelas dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi siswa.
Faktor-faktor ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori utama:
1. Faktor Guru
2. faktor lingkungan
3. Faktor siswa
4. Faktor Metode dan Strategi Pembelajaran
5. Faktor Evaluasi
1. Faktor Guru
2. faktor lingkungan
3. Faktor siswa
4. Faktor Metode dan Strategi Pembelajaran
5. Faktor Evaluasi
Nama ; jagat surya
Npm 2413051010
1: faktor siswa ,motivasi mengajar kemampuan awal, gaya belajar
2.faktor guru : kemampuan mengajar pengalaman mengajar ,komunikasi mengajar
3.lingkungan : fasilitas mengajar,dukungan orang tua dan lingkungan rumah atau sekolah
Npm 2413051010
1: faktor siswa ,motivasi mengajar kemampuan awal, gaya belajar
2.faktor guru : kemampuan mengajar pengalaman mengajar ,komunikasi mengajar
3.lingkungan : fasilitas mengajar,dukungan orang tua dan lingkungan rumah atau sekolah
Faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran dalam kelas adalah
1. Lingkungan belajar
2. Teman-teman
3.Tempat yang nyaman
5.guru
1. Lingkungan belajar
2. Teman-teman
3.Tempat yang nyaman
5.guru
Nama : Dewangga Ibram Junandarta
NPM : 2413051043
Jawaban:
Faktor faktornya adalah:
Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan jelas, menarik, dan memotivasi siswa.Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik secara individu maupun kelompok.Metode Pembelajaran: Pendekatan yang digunakan (misalnya diskusi, ceramah, praktik) yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Lingkungan Belajar: Suasana kelas yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan hubungan yang positif antara guru dan siswa.
NPM : 2413051043
Jawaban:
Faktor faktornya adalah:
Kualitas Pengajaran: Kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan jelas, menarik, dan memotivasi siswa.Keterlibatan Siswa: Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik secara individu maupun kelompok.Metode Pembelajaran: Pendekatan yang digunakan (misalnya diskusi, ceramah, praktik) yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Lingkungan Belajar: Suasana kelas yang nyaman, fasilitas yang memadai, dan hubungan yang positif antara guru dan siswa.