FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Number of replies: 13


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi  yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041 གིས-

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi ibu dan rekan-rekan

Izin mengirimkan hasil diskusi kelompok 5: 

Arcilia Intan Permadani ( 2213053041 )

Brigita Theoananta Putri ( 2213053131)

Marsya Yarasyimah ( 2213053252 )

Sherli Chaca Oktavia ( 2213053087 )

In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273 གིས-
Nama : Ellena Aulia Yunika Putri
NPM : 2213053173

izin bertanya kepada kelompok 5,
Apa saja tantangan yang sering dihadapi dalam implementasi asesmen portofolio di sekolah?
Dan bagaimana cara yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut, misalnya terkait keterbatasan waktu, sumber daya, atau kompetensi guru?

Terimakasih 
In reply to Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041 གིས-
Terimakasih ellena,

Izin menjawab
Tantangan yang sering dihadapi dalam asesmen portofolio itu salah satunya keterbatasan waktu jadi guru dalam penggunaan asesmen ini harus menghabiskan waktu dalam membuat kriteria penilaian, pengumpulan data dan penyimpanan bahan portofolio. Sehingga menimbulkan kesulitan dalam berkomunikasi yang efektif dengan orang tua siswa dalam penilaian perkembangan belajar anak. Banyak guru yang belum sepenuhnya paham konsep dari penilaian ini jadi memiliki kesulitan dalam perencanaan portofolio yang baik. Tentunya guna mengatasi tantangan tersebut guru harus mengikuti pelatihan dalam penyusunan atau merancang instrumen penilaian portofolio, guru juga harus bisa memanfaatkan waktu dan paham aspek penilaian portofolio dengan baik sehingga penilaian disekolah jauh lebih efektif.
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

ANNISYA ANGGREINY གིས-
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

izin bertanya kepada kelompok 5, Menurut kalian bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam asesmen pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia? Apakah ada keterbatasan atau risiko yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan teknologi untuk asesmen berbasis literasi?
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Brigita Theoananta Putri P 2213053131 གིས-
Terimakasih Annisya

Izin menjawab
Menurut kelompok kami teknologi dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam asesmen. Seperti halnya teknologi membantu pendidik dalam pembuatan soal yang lebih variatif, tidak hanya soal pilihan ganda, tetapi juga soal essay, matching, drag-and-drop, dan lain-lain. Ini membuat asesmen menjadi lebih menarik dan mengukur berbagai kemampuan siswa secara komprehensif. Dengan menggunakan teknologi , penilaian juga menjadi lebih objektif. Teknologi juga dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan masing-masing siswa.  Selain itu teknologi dapat mengumpulkan data yang lebih lengkap tentang proses belajar siswa, seperti waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan soal, jenis kesalahan yang sering dilakukan, dan sebagainya. 

Asesmen berbasis literasi menuntut siswa untuk tidak hanya memahami teks, tetapi juga menganalisis, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber. Penggunaan teknologi dalam asesmen berbasis literasi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga perlu dipertimbangkan beberapa hal seperti halnya keterampilan digital peserta didik, keterampilan berpikir kritis. Resiko yang dapat muncul dalam penerapan teknologi adalah ketergantungan peserta didik terhadap teknologi, teknologi yg sulit diakses serta resiko kecurangan yang dilakukan peserta didik dalam asesmen.
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Ayu Septiana 2213053205 གིས-
Nama : Ayu Septiana
NPM : 2213053205

Izin bertanya kepada kelpmpok 5,
Bagaimana cara yang tepat untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan berbicara yang mampu mengukur tidak hanya kefasihan, tetapi juga kemampuan siswa dalam mengembangkan argumen dan struktur pemikiran?
In reply to Ayu Septiana 2213053205

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Sherli Chaca 2213053087 གིས-
Terimakasih ayu, izin menjawab

Cara yg tepat agar instrumen asesmen dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang keterampilan berbicara peserta didik ,pendidik perlu melakukan penilaian yang tidak hanya berfokus pada kefasihan, tetapi juga pada struktur dan isi pembicaraan. Salah satu contohnya yaitu dengan memberikan tugas berbicara yang dapat menuntut peserta didik untuk mengembangkan ide-ide secara rinci, menggunakan bahasa yang tepat, dan menyusun argumen yang kuat, dengan begitu pendidik dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan berkomunikasi secara efektif.
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Mery Nurkhaliza 2213053009 གིས-
Nama: Mery Nurkhaliza
NPM: 2213053009

Izin bertanya kepada kelompok 5, Apa dampak dari tidak adanya asesmen yang efektif dalam pembelajaran serta bagaimana asesmen berperan dalam memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik? Terima kasih.
In reply to Mery Nurkhaliza 2213053009

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Marsya Yarasyimah 2213053252 གིས-



Terimakasih Mery atas pertanyaannya.

Izin menjawab,
Dampak dari tidak adanya Asesmen yang Efektif dalam Pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1. Tidak Terukur Pencapaian Tujuan Pembelajaran karena tanpa adanya asesmen, guru dan siswa tidak dapat mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Ini membuat sulit untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.
2. Dapat menimbulkan kurangnya motivasi siswa, karena ketika siswa tidak mengetahui kemajuan mereka, motivasi belajar mereka bisa menurun. Mereka mungkin merasa tidak yakin dengan kemampuan diri atau tidak memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai.
3. Sulit Mengidentifikasi Kesulitan Siswa karena tanpa adanya asesmen, guru akan kesulitan mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Akibatnya, siswa yang membutuhkan bantuan tambahan mungkin tidak mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.
4. Dapat membuat kualitas pembelajaran menurun karena tanpa data dari asesmen, guru sulit untuk memperbaiki strategi pembelajaran mereka. Mereka tidak dapat mengetahui metode mana yang efektif dan mana yang perlu diubah.

Peran Asesmen dalam Memberikan Umpan Balik Konstruktif yaitu sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam suatu materi pelajaran.
2. Umpan balik yang diberikan berdasarkan hasil asesmen dapat memberikan arah yang jelas kepada siswa tentang apa yang perlu mereka perbaiki.
3. Dapat meningkatkan motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa.
4. Membantu guru dalam menyesuaikan pembelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.
5. Menjadikan pembelajaran lebih bermakna karena ketika siswa mengetahui bahwa pembelajaran mereka sedang dinilai dan mereka menerima umpan balik yang konstruktif, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar secara aktif dan bermakna.
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Ratih Kurniasih 2213053159 གིས-
Nama: Ratih Kurniasih
Npm: 2213053159

Izin bertanya
Pertanyaan: Bagaimana peran asesmen formatif dan sumatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar? Serta Tolong berikan contoh konkret dari kedua jenis asesmen tersebut
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Marsya Yarasyimah 2213053252 གིས-
Terimakasih Ratih atas pertanyaannya
Izin menjawab,

Peran Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran :
1. Asesmen formatif adalah penilaian yang dilakukan secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Peran asesmen formatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai berikut :
a. Memonitor kemajuan siswa, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang sedang diajarkan.
b. Memberikan umpan balik segera kepada siswa sehingga dapat segera mengetahui kesalahan mereka dan memperbaiki sebelum terlanjur jauh.
c. Guru dapat menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.
d. Meningkatkan motivasi siswa karena umpan balik yang positif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Contoh konkret asesmen formatif yaitu Guru memberikan kuis singkat setelah setiap subtopik selesai diajarkan atau observasi langsung dimana guru mengamati bagaimana siswa berinteraksi dengan teman sekelompoknya saat mengerjakan tugas kelompok.

2. Asesmen sumatif adalah penilaian yang dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran. Peran asesmen sumatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai berikut :
a. Sebagai alat pengukuran pencapaian siswa. Guru dapat mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
b. Sebagai alat membuat keputusan karena hasil asesmen sumatif dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan, misalnya kenaikan kelas atau pemberian rapor.
c. Sebagai akat mengevaluasi program. Guru dapat mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Contoh konkret asesmen sumatif yaitu Ujian akhir semester dan portofolio yang berisi kumpulan tugas-tugas siswa selama satu semester.
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Andini Putri Endria 2213053149 གིས-
Nama : Andini Putri Endria
NPM : 2213053149

Izin bertanya
Menurut kelompok kalian apa saja kendala yang sering dihadapi pendidik dalam menerapkan teknik penilaian yang bervariasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sd?
In reply to Andini Putri Endria 2213053149

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Sherli Chaca 2213053087 གིས-
Izin menjawab andini

Kendala yang sering di hadapi pendidik dalam menerapkan teknik penilaian yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang berbagai jenis penilaian dapat menjadi hambatan utama. Beban kerja yang tinggi dan keterbatasan waktu juga sering menjadi kendala. Selain itu sumber daya yang terbatas, seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, juga menjadi kendala. Kurikulum yang padat dan tuntutan capaian pembelajaran yang tinggi seringkali membuat guru sulit untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk melakukan penilaian yang bervariasi.