FORUM DISKUSI KELOMPOK 3


Warning: getimagesize(/var/www/moodledata/filedir/52/7f/527f0b7e42b4cb7610cda59ecd7f2c548068af1c): failed to open stream: No such file or directory in /var/www/html/lib/filestorage/file_system.php on line 419

FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

Number of replies: 15


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi  yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by ANNISYA ANGGREINY -

Kelompok 3

Annisya Anggreiny ( 2213053229 )

Putri Sahapani ( 2213053236 )

Ricky Surya Perdana ( 2253053036 )

Zakia Az’zahra Qurota’aini ( 2213053028 )

Kepada teman-teman yang ingin bertanya dipersilahkan!

In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Putri Azzahra 2213053058 -
Nama : Putri Azzahra
Npm : 2213053058

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Izin bertanya temen-temen Menurut kalian sebagai calon pendidik Apakah ada contoh studi kasus di sekolah dasar yang berhasil menerapkan metode dan teknik tertentu dalam pengajaran bahasa dan sastra? Dan jika ada Apa pelajaran yang bisa diambil dari pembelajaran study kasus tersebut ?

Terimakasih
In reply to Putri Azzahra 2213053058

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028 -
Nama : Zakia Az'zahra Qurota'aini
NPM : 2213053028

Izin menjawab menurut kelompok kami sebagai calon pendidik, terdapat contoh studi kasus yang berhasil menerapkan metode dan teknik tertentu dalam pengajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar, seperti yang dilakukan di beberapa sekolah yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek. Dalam salah satu studi kasus, siswa diajak untuk menciptakan karya sastra sederhana, seperti puisi atau cerita pendek, yang terinspirasi dari pengalaman sehari-hari mereka. Metode ini tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan menghargai budaya masing-masing. Pelajaran yang dapat diambil dari pembelajaran ini adalah pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar; ketika siswa merasa memiliki andil dalam pembelajaran, mereka cenderung lebih termotivasi dan bersemangat. Selain itu, pendekatan ini menunjukkan bahwa pengajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa dapat memperkuat pemahaman mereka terhadap materi serta meningkatkan apresiasi mereka terhadap bahasa dan sastra. Dengan demikian, penerapan metode yang tepat dalam pengajaran bahasa dan sastra dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273 -
Nama : Ellena Aulia Yunika Putri
NPM : 2213053273

izin bertanya
Didalam makalah tersebut dijelaskan beberapa teknik dalam pembelajaran menyimak, salah satunya adalah teknik simak-ulang ucap. Mengulang-ulang kata atau kalimat secara terus-menerus berpotensi dapat membuat siswa merasa bosan. Jadi, Bagaimana cara menjaga motivasi siswa selama proses pembelajaran dengan teknik ini?
Apakah ada variasi atau permainan yang dapat ditambahkan untuk membuat kegiatan simak-ulang ucap lebih menarik?
In reply to Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Putri sahapani 2213053236 -
Nama: Putri Sahapani
Npm: 2213053236

Izin menjawab, Untuk menjaga motivasi siswa agar tidak bosan saat menggunakan teknik simak-ulang ucap dalam pembelajaran menyimak, dapat dilakukan variasi dan strategi kreatif yaitu dengan cara yang bisa diterapkan seperti menggunaan Media Audio contohnya potongan lagu, podcast, atau cerita pendek. Siswa bisa menyimak lalu menirukan ulang kata atau kalimat dalam rekaman tersebut. Dengan menggunakan variasi sumber audio, mereka lebih terstimulasi dan terhindar dari kebosanan. Kemudian dapat dilakukan Permainan Ulang Ucap Berantai dengan cara membentuk kelompok kecil, dan lakukan permainan berantai di mana satu siswa mengucapkan sebuah kalimat, lalu siswa lain menirukannya dengan cepat. Aktivitas ini dapat menjadi kompetisi ringan yang memotivasi mereka untuk fokus dan tetap terlibat.
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ratih Kurniasih 2213053159 -
Izin bertanya
Nama: Ratih Kurniasih
Npm: 2213053159
Kelas: 5C

Pertanyaan:
Sebagai seorang pendidik menurut kalian bagaimana pendekatan komunikatif memperhatikan perbedaan individu dalam kemampuan berbahasa siswa di sekolah dasar?
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ricky surya perdana 2253053036 -
Nama : Ricky surya perdana
Npm : 2253053036

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ratih Kurniasih jadi jawabannya yaitu Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar dapat memperhatikan perbedaan individu dalam kemampuan berbahasa siswa dengan cara:
1. Berfokus pada interaksi dan komunikasi
2. Menghindari instruksi tata bahasa yang eksplisit
3. Mengacu pada kebutuhan si terdidik dan fungsi bahasa
4. Menjadikan tata bahasa sebagai sarana untuk melaksanakan maksud komunikasi, bukan sebagai tujuan akhir
5. Mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran empat keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis)
6. Menumbuhkan kesadaran akan saling ketergantungan bahasa

Dengan cara ini pendekatan komunikatif didasarkan pada gagasan bahwa pembelajaran bahasa berhasil dilakukan melalui komunikasi makna yang sebenarnya. Pendekatan ini memandang komunikasi sebagai tujuan dan metode bagi pembelajar bahasa.
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ayu Septiana 2213053205 -
Izin bertanya
Nama : Ayu Septiana
NPM : 2213053205
Dari materi yang sudah kalian paparkan apa peran teknologi dalam mendukung pendekatan dan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital, dan bagaimana teknologi dapat diintegrasikan ke dalam metode pembelajaran yang efektif?
In reply to Ayu Septiana 2213053205

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Izin menjaawab pertanyaan dari saudari Ayu Septiana.
Menurut kelompok kami, Teknologi memainkan peran penting dalam mendukung pendekatan dan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital. Dengan teknologi, pembelajaran dapat lebih interaktif, menarik, dan relevan bagi siswa. Misalnya, penggunaan aplikasi pembelajaran daring, video interaktif, dan platform digital dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa melalui berbagai media, seperti teks, audio, dan visual, yang mendukung berbagai gaya belajar siswa. Selain itu, teknologi juga memungkinkan akses ke sumber belajar yang lebih luas yang dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Integrasi teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat-alat seperti aplikasi menulis kreatif, perangkat lunak pembaca teks, serta platform kolaboratif untuk tugas-tugas menulis atau diskusi kelas. Dengan demikian, teknologi bukan hanya meningkatkan keterampilan dasar, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi, yang sangat dibutuhkan di era digital ini.
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by VITA MULYASARI 2213053080 -
Nama : Vita Mulyasari
NPM : 2213053080

Izin bertanya, Bagaimana metode produktif memastikan bahwa semua siswa, terutama mereka yang cenderung lebih pendiam, mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengungkapkan ide-ide mereka? Apakah ada strategi khusus untuk mendorong partisipasi aktif dari semua siswa?
In reply to VITA MULYASARI 2213053080

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Izin menjaawab pertanyaan dari saudari Vita Mulyasari.
Jawaban dari kelompok kami yaitu, metode produktif dapat memastikan partisipasi semua siswa termasuk yang pendiam, dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung semua siswa. Salah satu strategi utama yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan diskusi kelompok kecil, di mana siswa yang pendiam cenderung lebih nyaman mengungkapkan ide dibandingkan dalam kelompok besar. Guru juga bisa menerapkan teknik think-pair-share, di mana siswa pertama-tama diberi waktu untuk berpikir sendiri, lalu berdiskusi dengan pasangan atau teman sebangkunya, sebelum berbagi dengan kelas. Selain itu, penggunaan teknologi interaktif seperti platform pembelajaran digital atau alat survei online juga bisa membantu siswa pendiam berpartisipasi melalui jawaban tertulis atau anonim. Selain itu, memberikan pertanyaan terbuka yang mendorong berbagai jawaban, serta memberi waktu yang cukup untuk berpikir sebelum menjawab, dapat membantu siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan ide mereka.
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Nadhofa Agustyawulandari 2253053044 -
Nama : Nadhofa Agustyawulandari
Npm : 2253053044

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Izin bertanya kepada temen-temen kelompok 3 Menurut kalian, dalam upaya mengintegrasikan budaya lokal ke dalam kurikulum bahasa Indonesia, pendekatan seperti apa yang dapat dilakukan sebagai calon guru untuk memastikan bahwa siswa merasa terhubung dengan materi yang diajarkan?
In reply to Nadhofa Agustyawulandari 2253053044

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028 -
Nama : zakia az'zahra qurota 'aini
NPM : 2213053028

Izin menjawab menurut kelompok kami Sebagai calon guru, mengintegrasikan budaya lokal ke dalam kurikulum bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan pendekatan kontekstual dan berbasis proyek yang memungkinkan siswa merasa terhubung dengan materi yang diajarkan. Salah satu cara efektif adalah dengan melibatkan siswa dalam penelitian lapangan di kelas mereka, di mana mereka dapat menggali cerita, tradisi, dan nilai-nilai budaya lokal yang relevan. Misalnya, siswa dapat melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat atau mengumpulkan cerita rakyat yang kemudian mereka presentasikan dalam bentuk tulisan atau pertunjukan. Selain itu, penggunaan sumber belajar lokal seperti buku sastra daerah, lagu-lagu tradisional, atau seni pertunjukan lokal, dapat memperkaya pengalaman belajar dan menjadikan materi lebih hidup dan relevan. Dengan mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan budaya mereka sendiri, mereka tidak hanya belajar bahasa Indonesia secara lebih mendalam, tetapi juga mengembangkan rasa bangga terhadap warisan budaya mereka. Pendekatan ini menciptakan ikatan emosional antara siswa dan materi pelajaran, sehingga meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka.