FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

Number of replies: 13


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ratih Kurniasih 2213053159 -
Kelompok 3:
1. Farisa Alicia (2213053026)
2. Filicia Salsabella C. (2263053001)
3. Ratih Kurniasih (2213053159)
4. Ricky Surya P. (2253053036)
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Yakub Simamora 2213053158 -
Nama : Yakub Simamora
NPM : 2213053158

izin bertanya kepada kelompok 3

Apa saja kesulitan yang mungkin dihadapi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembelajaran IPS?
In reply to Yakub Simamora 2213053158

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ratih Kurniasih 2213053159 -
Nama: Ratih Kurniasih
Npm: 2213053159

Izin menjawab pertanyaan dari saudara Yakub
Jawab:
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPS menghadapi beberapa tantangan utama, termasuk kebutuhan untuk penyesuaian pedagogi dari pendekatan tradisional ke metode berbasis proyek dan kontekstual, pengembangan materi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta kekurangan pelatihan dan dukungan profesional bagi guru. Selain itu, guru mungkin kesulitan dalam manajemen waktu untuk menyusun dan melaksanakan kegiatan, serta dalam menerapkan metode evaluasi yang sesuai dengan pendekatan baru ini. Keterbatasan fasilitas dan sumber daya juga dapat menjadi hambatan signifikan dalam menjalankan kurikulum ini secara efektif.
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Muadhatus Solehah 2213053174 -
Nama : Muadhatus Solehah
Npm : 2213053174

Izin bertanya kepada kelompok 3

Jelaskan strategi apa yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka untuk memastikan bahwa penilaian dalam IPS tidak hanya menilai pengetahuan, tetapi juga kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan menyelesaikan masalah?
In reply to Muadhatus Solehah 2213053174

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by FARISA ALICIA 2213053026 -
Nama : FARISA ALICIA
NPM : 2213053026

Izin menjawab pertanyaan dari saudari muadhatus

Dalam Kurikulum Merdeka, beberapa strategi diterapkan untuk memastikan bahwa penilaian dalam mata pelajaran IPS tidak hanya menilai pengetahuan, tetapi juga kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Salah satu strateginya adalah penilaian berbasis proyek, di mana siswa terlibat dalam proyek-proyek yang menuntut pemahaman mendalam dan aplikatif terhadap konsep-konsep IPS, mendorong mereka untuk menganalisis informasi dan menemukan solusi untuk masalah nyata. Penilaian otentik juga diterapkan, yang mencerminkan situasi nyata atau kontekstual, sehingga guru dapat menilai kemampuan siswa dalam mengaitkan materi IPS dengan masalah sosial yang relevan, bukan hanya melalui tes atau hafalan. Selain itu, asesmen formatif dan reflektif digunakan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik, sementara refleksi membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Diskusi dan kolaborasi juga menjadi bagian penting, di mana siswa didorong untuk berdiskusi dan bekerja sama, sehingga mereka dapat mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan menyelesaikan masalah secara kolektif. Terakhir, penggunaan portofolio dan observasi langsung oleh guru memberikan gambaran lebih menyeluruh mengenai perkembangan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah siswa dalam berbagai aktivitas pembelajaran. Dengan strategi ini, penilaian dalam IPS mencakup aspek keterampilan kritis dan kolaboratif, tidak terbatas pada pengetahuan kognitif semata.
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Adventinus Bernadianto 2213053165 -
Nama : Adventinus Bernadianto
NPM : 2213053165

IZIN BERTANYA KEPADA KELOMPOK 3

Apakah pembelajaran tematik yang mencakup IPS di Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa? Jika ya, bagaimana mekanismenya?

Terima kasih
In reply to Adventinus Bernadianto 2213053165

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ricky surya perdana 2253053036 -
Nama : Ricky surya perdana
Npm : 2253053036

Izin menjawab pertanyaan dari saudara Adventinus Bernadianto jadi jawabannya Ya, pembelajaran tematik yang mencakup IPS dalam Kurikulum Merdeka mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berikut mekanisme penjelasannya :
- Refleksi dan Diskusi Kritis
Dalam Kurikulum Merdeka, guru sering kali mengajak siswa untuk merefleksikan pembelajaran yang telah mereka lakukan. Proses refleksi ini memungkinkan siswa untuk menilai apakah strategi atau pemikiran yang mereka gunakan sudah tepat atau masih bisa diperbaiki. Selain itu, kegiatan diskusi yang berbasis argumen kritis juga menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.
Contoh : Setelah mempelajari topik terkait sejarah atau perubahan sosial, siswa bisa diminta untuk mendiskusikan perubahan apa yang menurut mereka penting dalam masyarakat dan mengapa. Mereka akan dilatih untuk membangun argumentasi yang kuat dan mendukung pandangan mereka dengan bukti.
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Maira Amelia 2213053118 -
Nama : Maira Amelia
NPM : 2213053118

Izin bertanya

Bagaimana struktur IPS memastikan keselarasan dengan mata pelajaran lain dalam Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran lintas disiplin?
In reply to Maira Amelia 2213053118

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Filicia Salsabella Choirunisa 2263053001 -
Nama : Filicia Salsabella Choirunisa
Npm : 2263053001

Izin menjawab pertanyaan dari Maira Amelia

Struktur IPS dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk memastikan keselarasan dengan mata pelajaran lain melalui beberapa cara:
  1. Dengan mengadopsi pendekatan tematik yang memungkinkan integrasi materi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sains.
  2. IPS menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang relevan dengan berbagai disiplin ilmu.
  3. Adanya proyek-proyek pembelajaran yang bersifat lintas disiplin mendorong peserta didik untuk menghubungkan pengetahuan dari berbagai mata pelajaran.
Dengan demikian, IPS tidak hanya berdiri sendiri, tetapi menjadi jembatan yang menghubungkan berbagai bidang studi, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata.
In reply to Ratih Kurniasih 2213053159

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Suherli Evarianti 2253053029 -
Nama : Suherli Evarianti
NPM : 2253053029

Izin bertanya kepada kelompok 3

Bagaimana pendekatan yang digunakan dalam pengajaran IPS pada Kurikulum Merdeka? Apakah berbasis proyek atau konsep tertentu?
In reply to Suherli Evarianti 2253053029

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Filicia Salsabella Choirunisa 2263053001 -
Nama : Filicia Salsabella Choirunisa
Npm : 2263053001

Izin menjawab pertanyaan dari Suherli Evarianti

Pendekatan pengajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka sangat menekankan pada pembelajaran yang aktif, berpusat pada peserta didik, dan relevan dengan kehidupan nyata. Pendekatan yang dominan adalah berbasis proyek dimana peserta didik diajak untuk menggali permasalahan sosial yang ada di sekitar mereka, kemudian mencari solusi melalui proses investigasi, analisis, dan presentasi. Selain itu, konsep inkuiri juga diadopsi untuk mendorong peserta didik bertanya, mencari jawaban, dan membangun pemahaman sendiri. Dengan demikian, pembelajaran IPS tidak hanya sebatas menghafal fakta, tetapi lebih pada mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Jadi pendekatan pengajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka menggabungkan proyek-proyek nyata dengan proses inkuiri untuk menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna bagi peserta didik.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ninda Putriayu 2213053136 -
Nama : Ninda Putriayu
NPM : 2213053136

Izin bertanya kepada kelompok 3

Jelaskan apakah struktur kurikulum IPS dalam Kurikulum Merdeka cukup menyediakan panduan yang jelas untuk guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan relevan?
In reply to Ninda Putriayu 2213053136

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by FARISA ALICIA 2213053026 -
Nama : FARISA ALICIA
NPM : 2213053026

Izin menjawab pertanyaan saudari ninda

Struktur kurikulum IPS dalam Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi guru untuk merancang pembelajaran yang inovatif dan relevan melalui capaian pembelajaran (CP) yang lebih terbuka, pembelajaran berbasis proyek, dan integrasi nilai Profil Pelajar Pancasila. Namun, keberhasilan penerapannya bergantung pada kreativitas dan kompetensi guru, serta ketersediaan pelatihan dan sumber daya yang memadai. Panduan yang diberikan cukup fleksibel, tetapi mungkin masih kurang jelas bagi guru yang membutuhkan arahan lebih praktis dalam implementasi.