FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

Number of replies: 12


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028 -
KELOMPOK 1 :

Zakia Az’zahra Qurota’aini ( 2213053028 )
Vita Mulyasari ( 2213053080 )
Rahmadani ( 2213053162 )
Syifa Nabila ( 2213053213 )

In reply to Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Neng Sarah Aprillia 2213053067 -
Nama: Neng Sarah Aprilia
NPM: 2213053067
izin bertanya
berdasarkan isi makalah kalian ada beberapa tantangan dalam penerapan hakikat IPS Di SD , nah pertanyaan saya bagaimana cara kalian sebagai calon pendidik dalam mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
In reply to Neng Sarah Aprillia 2213053067

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by VITA MULYASARI 2213053080 -
Nama: Vita Mulyasari
NPM : 2213053080

Disini saya akan menjawab pertanyaan dari Neng Sarah Aprilia, Menurut pendapat saya sebagai calon pendidik, tantangan dalam penerapan hakikat IPS di sekolah dasar dapat diatasi dengan beberapa strategi. Pertama, penting untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan dan minat siswa, sehingga materi yang diajarkan relevan dan menarik bagi mereka
. Selain itu, menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan memotivasi siswa sangat krusial. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan atas usaha mereka, seperti pujian atau hadiah
. Terakhir, membangun hubungan yang kuat dan positif dengan setiap siswa akan membantu menciptakan suasana belajar yang lebih baik, sehingga siswa merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPS.
In reply to Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Marsya Yarasyimah 2213053252 -
Nama : Marsya Yarasyimah
NPM : 2213053252

Izin bertanya
Berdasarkan isi makalah kalian, di sana dijelaskan bahwa "mata pelajaran IPS di sekolah dasar diberikan dengan kurang terpadu dan tidak begitu nampak sehingga khalayak umum memandanng pendidikan ips sebelah mata dan tidak penting".
Pertanyaan saya yaitu, apa penyebab pelajaran IPS mendapatkan statement seperti di atas? Dan apakah ada cara agar statement terhadap pelajaran IPS seperti di atas itu dapat berubah menjadi lebih baik?
In reply to Marsya Yarasyimah 2213053252

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by VITA MULYASARI 2213053080 -
Nama: Vita Mulyasari
NPM : 2113053080

Disini saya akan menjawab pertanyaan dari Marsya Yarasyima menurut pendapat saya penyebab pandangan Negatif terhadap Pelajaran IPS karena kurangnya pemahaman guru terhadap materi IPS dan metode pengajarannya, yang mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak efektif .Untuk mengubah pandangan negatif terhadap pelajaran IPS, perlu dilakukan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru agar mereka lebih memahami dan mampu mengajarkan materi dengan baik. Selain itu, peningkatan integrasi materi IPS dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa dapat membuat pelajaran ini lebih relevan dan menarik. Menggunakan teknologi dan metode pembelajaran yang interaktif juga dapat membantu meningkatkan minat siswa terhadap IPS, sehingga pelajaran ini tidak lagi dianggap remeh.

Terimakasih 
In reply to Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Menurut kelompok kalian, Bagaimana pembelajaran IPS dapat dirancang agar relevan dengan kehidupan nyata siswa, terutama dalam menghadapi tantangan sosial di lingkungan mereka yang semakin kompleks seperti saat ini?
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028 -
Nama : Zakia Az’zahra Qurota’aini
NPM : 2213053028


Izin Menjawab Pembelajaran IPS dapat dirancang agar relevan dengan kehidupan nyata siswa dengan beberapa strategi yang efektif. Pertama, pembelajaran terpadu dapat dilakukan untuk mengintegrasikan IPS dengan mata pelajaran lain, seperti Geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Hal ini memungkinkan siswa melihat keterkaitan antara berbagai aspek kehidupan sosial dan budaya dengan ilmu pengetahuan lainnya, sehingga mereka dapat memahami konsep-konsep IPS dalam konteks yang lebih holistik. Kedua, pembelajaran kontekstual dan interaktif dapat meningkatkan minat siswa dengan mengaitkan konsep-konsep IPS dengan realitas kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya sebagai penyampai informasi tetapi juga sebagai wadah pembentukan karakter yang relevan dengan kehidupan nyata.

Ketiga, penggunaan teknologi dapat membuat pembelajaran IPS lebih menarik dan efektif. Teknologi seperti multimedia, presentasi, dan sumber belajar digital dapat membantu siswa mengakses informasi global dan berinteraksi dengan masyarakat secara lebih luas. Keempat, pembelajaran berbasis proyek dan problem-based learning dapat meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan abad 21 seperti literasi informasi, komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Dengan demikian, siswa dapat berperan aktif dalam mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan sosial, ekonomi, dan politik dengan pendekatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan strategi-strategi ini, pembelajaran IPS dapat menjadi lebih relevan dengan kehidupan nyata siswa dan membantu mereka menghadapi tantangan sosial di lingkungan yang semakin kompleks.
In reply to Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Putri sahapani 2213053236 -
Nama: putri sahapani
Npm: 2213053236

Izin bertanya pada makalah kalian terdapat pembahasan mengenai tujuan dan fungsi dari pembelajaran ips di sd pertanyaan saya Bagaimana fungsi pendidikan IPS dalam membentuk sikap mental positif pada peserta didik terhadap ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat?
In reply to Putri sahapani 2213053236

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Rahmadani 2213053162 -
Nama : Rahmadani
NPM : 2213053162

Izin menjawab Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran penting dalam membentuk sikap mental positif peserta didik terhadap ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat, seperti:
1. Meningkatkan Kesadaran Sosial: Dalam Pendidikan IPS membawakan isu isu dan membantu peserta didik memahami berbagai bentuk ketimpangan sosial yang ada, seperti ketidakadilan ekonomi, diskriminasi, dan perbedaan akses terhadap pendidikan atau layanan kesehatan. Sehinggan peserta didik menjadi lebih sadar akan realitas sosial yang ada di sekitar mereka.
2. Membuka Empati dan Toleransi: Melalui pendidikan IPS, siswa diajak untuk mengembangkan empati terhadap kelompok-kelompok yang kurang beruntung atau tertindas. Mereka juga belajar pentingnya toleransi dan menghargai perbedaan, baik itu perbedaan budaya, agama, maupun status sosial.
3. Mendorong Sikap Kritis: Pendidikan IPS mengajarkan siswa untuk berpikir kritis terhadap kondisi sosial yang ada. Mereka diajak untuk menganalisis penyebab ketimpangan dan mempertanyakan kebijakan atau sistem yang mungkin memperparah ketidakadilan tersebut.
4. Memotivasi Partisipasi Aktif dalam Masyarakat: IPS juga berperan dalam mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya mengatasi ketimpangan sosial. Misalnya, melalui kegiatan-kegiatan sosial, diskusi, atau proyek-proyek berbasis komunitas, siswa dapat dilatih untuk menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Nadhofa Agustyawulandari 2253053044 -
Nama: Nadhofa Agustyawulandari
NPM: 2253053044
izin bertanya
seperti apa tantangan terbesar yang akan dihadapi guru dalam menerapkan metode pengajaran IPS yang efektif di sekolah dasar, terutama dalam hal keterbatasan sumber daya, pelatihan guru, dan kurikulum yang mungkin tidak selalu mencerminkan kebutuhan dan realitas lokal, dan bagaimana tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi?
In reply to Nadhofa Agustyawulandari 2253053044

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by VITA MULYASARI 2213053080 -
Nama: Vita Mulyasari
NPM : 2213053080

Baiklah disini saya akan menjawab pertanyaan dari Nadhofa Agustyawulandari, menurut saya tantangan terbesar bagi guru dalam menerapkan metode pengajaran IPS yang efektif di sekolah dasar meliputi keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan yang memadai, dan kurikulum yang tidak selalu relevan dengan konteks lokal. Keterbatasan sumber daya seperti buku teks, alat peraga, dan teknologi dapat menghambat penyampaian materi secara optimal. Pelatihan guru yang tidak memadai menyebabkan kesulitan dalam mengadopsi metode pengajaran inovatif dan interaktif. Sementara itu, kurikulum yang tidak mencerminkan realitas lokal dapat membuat pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menyediakan sumber daya yang memadai, meningkatkan kualitas dan frekuensi pelatihan guru, serta mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan kontekstual. Guru juga perlu didorong untuk berinovasi dalam metode pengajaran, memanfaatkan sumber daya lokal, dan mengintegrasikan pengetahuan lokal ke dalam pembelajaran IPS.

Terimakasih