FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

Number of replies: 15


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Andini Aulia Zahra -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat sore Ibu Deviyanti Pangestu, M.Pd. dan Bapak Tegar Pambudi, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran IPS SD.

Kami dari kelompok 2 kelas 3F yang beranggotakan :

1. Andini Aulia Zahra 2313053169
2. Ummu Hafifah 2313053171
3. Ainawa Hasna Haura 2313053172
4. Anisa Nur Sabila 2313053179
5. Ratna Ayu Antika Puri 2313053189

Izin mengumpulkan tugas Pembelajaran IPS SD Bu
Berikut link gdrive nya :

https://drive.google.com/drive/folders/1a5vTyrX6wFIu2Qjqa3R9DJCepNuHbSOu

Demikian saya ucapkan terima kasih.
In reply to Andini Aulia Zahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Wilda Tajkia -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, baik sebelumnya izin memperkenalkan diri saya
Nama: Wilda Tajkia
NPM: 231305163
Izin bertanya, dari materi yang telah diberikan
menurut kelompok 3 bagaimana peran pendidik dalam mengintegrasikan pembelajaran IPS dengan pembentukan karakter peserta didik? Apa strategi yang dapat digunakan oleh pendidik untuk memastikan bahwa kedua aspek ini berkembang secara bersamaan?
In reply to Wilda Tajkia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ummu Hafifah -
Terima kasih kepada saudari Wilda Tajkia atas pertanyaannya

Sebelumnya perkenalkan saya Ummu Hafifah dengan NPM 2313053171 izin menjawab pertanyaannya:

Karena pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) mengandung nilai-nilai sosial, budaya, dan moral yang membentuk karakter siswa, peran pendidik dalam mengintegrasikan pembelajaran IPS dengan pembentukan karakter sangat penting. Ada beberapa peran pendidik dan strategi yang dapat digunakan:
1. Fasilitator Nilai Sosial: Menanamkan dan membahas nilai-nilai sosial seperti keadilan, toleransi, dan gotong royong.
2. Teladan Perilaku: Menjadi contoh disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran.
3. Pengintegrasi Kurikulum: Menggabungkan aspek kognitif dan afektif dalam kurikulum IPS.
4. Pembimbing Refleksi Diri: Membantu siswa merefleksikan pengalaman mereka dan menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan mereka.

Strategi pembelajaran:
1. Pembelajaran Berbasis Nilai: Memilih materi yang sesuai dengan karakter.
2. Pembelajaran Kontekstual: Menghubungkan materi dengan situasi nyata.
3. Model Kolaboratif: Menggalakkan kerja sama dalam proyek kelompok.
4. Pembelajaran Berbasis Proyek: Mengembangkan pengetahuan dan karakter melalui proyek jangka panjang.
5. Penilaian Otentik: Mengevaluasi pengetahuan dan perspektif siswa. Metode ini menunjukkan bahwa IPS sangat penting dalam membangun karakter positif siswa.

Sekian jawaban dari saya, saya ucapkan terima kasih
In reply to Andini Aulia Zahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Desti Rahmawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Izin memperkenalkan diri
Nama : Desti Rahmawati
NPM : 2313053176

Izin bertanya,
Dari makalah pembahasan kelompok 3 tersebut membahas pentingnya memahami esensi kurikulum IPS. Bagaimana kalian (kelompok 3) sebagai calon guru, akan menjembatani pemahaman konseptual tentang kurikulum IPS dengan praktik pembelajaran di kelas, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis proyek dan inkuiri?

Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Desti Rahmawati

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by RATNA AYU ANTIKA PURI -
Baik, terima kasih saudari Desti atas pertanyaannya. Izin menjawab

Sebagai calon guru, untuk menjembatani pemahaman kurikulum IPS dengan praktik di kelas dalam konteks Kurikulum Merdeka, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan, yaitu:

1. Merencanakan pembelajaran berbasis proyek dengan cara membuat proyek yang terkait dengan materi IPS untuk mengaplikasikan konsep dalam situasi nyata.
2. Menggunakan metode inkuiri dengan cara mengajukan pertanyaan yang mendorong siswa untuk melakukan eksplorasi.
3. Menerapkan pembelajaran konstekstual dengan cara menerapkan studi kasus yang relevan dengan topik IPS untuk mengaitkan teori dengan praktik.
4. Mengajak siswa berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok untuk mendalami materi.
5. Melakukan Evaluasi secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk memantau kemajuan siswa, untuk membantu mereka memperbaiki dan mengembangkan pemahaman mereka.
In reply to Andini Aulia Zahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Bela Indri Yani -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama: Bela Indri Yani
NPM: 2313053183
Kelas: 3F

Izin bertanya,menurut kalian Apa esensi kurikulum IPS di SD yang lebih spesifik dalam konteks Kurikulum Merdeka ? Bagaimana kurikulum tersebut mengidentifikasi dan mengembangkan nilai, sikap, dan keterampilan yang relevan dalam konteks pendidikan dasar? Apakah kurikulum ini efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran IPS yang diharapkan?

Terimakasih
In reply to Bela Indri Yani

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by RATNA AYU ANTIKA PURI -
Nama: Ratna Ayu Antika Puri
NPM: 2313053189

Baik, terima kasih saudari Bela atas pertanyaannya. Izin menjawab

Esensi kurikulum IPS di SD dalam Kurikulum Merdeka adalah memberikan pemahaman dasar tentang masyarakat dan budaya dengan pendekatan yang fleksibel. Kurikulum ini mengembangkan nilai, sikap, dan keterampilan melalui:

1. Integrasi Nilai-nilai Sosial: Mengajarkan nilai seperti kejujuran dan toleransi melalui kegiatan pembelajaran.
2. Pengembangan Sikap Positif: Mendorong sikap hormat dan tanggung jawab lewat proyek sosial dan kerja kelompok.
3. Keterampilan Kritis dan Kreatif: Mengasah keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek.
4. Kontekstualisasi Pembelajaran: Menghubungkan materi dengan konteks lokal dan pengalaman sehari-hari siswa.

Kurikulum Merdeka dapat efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran IPS jika diterapkan dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut. Efektivitasnya tergantung pada penyesuaian materi dengan konteks lokal, metode pembelajaran yang digunakan, pelatihan guru, keterlibatan siswa, dan sistem evaluasi yang baik. Dengan perhatian pada aspek-aspek ini, kurikulum ini memiliki potensi untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS secara efektif.
In reply to Andini Aulia Zahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Dita Fadila Aida Fitri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Izin memperkenalkan diri
Nama : Dita Fadila Aida Fitri
NPM : 2313053187

Izin bertanya,
Berdasarkan materi yang telah diberikan, menurut kalian bagaimana esensi Kurikulum IPS SD dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa, serta kemampuan mereka beradaptasi dengan perubahan sosial dan budaya yang cepat di lingkungan sekitar?
In reply to Dita Fadila Aida Fitri

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Ainawa Hasna Haura -
Esensi Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) adalah sebagai wadah pembelajaran yang mengajarkan konsep sosial, sejarah, geografi, dan ekonomi, sambil mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan sosial dan budaya. Beberapa aspek penting dalam kurikulum IPS SD meliputi:

1. Berpikir Kritis:
Kurikulum membantu siswa mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan mencari solusi terkait isu-isu sosial dan sejarah.

2. Pembelajaran Kontekstual:
Materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan perubahan sosial membantu siswa memahami dinamika masyarakat dan beradaptasi dengan perubahan.

3. Nilai Sosial dan Budaya:
Siswa diajarkan menghargai keragaman sosial dan budaya, mempersiapkan mereka untuk menghadapi perubahan budaya di era globalisasi.

4. Kolaborasi dan Pemecahan Masalah :
Siswa dilatih bekerja sama dalam memecahkan masalah sosial dan lingkungan, serta berpikir solutif.

5. Kesadaran Sosial:
Siswa diajarkan pentingnya tanggung jawab sosial sejak dini, agar bisa berkontribusi dalam perubahan sosial.

Dengan pendekatan ini, kurikulum IPS SD membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis serta adaptasi terhadap perubahan sosial dan budaya.
In reply to Andini Aulia Zahra

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Alvina Elysia Rizky -
Nama: Alvina Elysia Rizky
Npm: 2313053190

Izin bertanya, Bagaimana tantangan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman di IPS dapat diatasi, mengingat keterbatasan pemahaman guru terhadap esensi kurikulum dan kebutuhan integrasi berbagai disiplin ilmu?

terimakasih
In reply to Alvina Elysia Rizky

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Andini Aulia Zahra -
Nama: Andini Aulia Zahra
NPM: 2313053169

Baik, terima kasih saudari Alvina atas pertanyaannya. Izin menjawab pertanyaan dari saudari alvina.
Tantangan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman di IPS bisa diatasi dengan beberapa langkah, yaitu

1. Mengadakan pelatihan reguler untuk guru tentang prinsip-prinsip kurikulum berbasis pengalaman dan bagaimana cara mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam pengajaran IPS.

2. Merancang kurikulum yang memfasilitasi integrasi antara IPS dengan disiplin ilmu lain, serta memberikan panduan jelas tentang cara mengimplementasikan metode berbasis pengalaman.

3. Menyediakan materi ajar yang mendukung metode pembelajaran berbasis pengalaman, seperti studi kasus, simulasi, dan proyek interdisipliner.

4. Mendorong kolaborasi antara guru IPS dan guru dari disiplin ilmu lain untuk merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terintegrasi.

5. Mengembangkan metode penilaian yang sesuai dengan pembelajaran berbasis pengalaman untuk mengevaluasi pemahaman dan keterampilan siswa secara holistik.

6. Mengumpulkan umpan balik dari siswa dan guru tentang efektivitas metode pembelajaran berbasis pengalaman dan melakukan perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil tersebut.

Dengan langkah-langkah ini, tantangan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman di IPS bisa lebih mudah diatasi, dan proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan relevan.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Nadiva Aulia Putri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin memperkenalkan diri saya,
Nama : Nadiva Aulia Putri
Npm : 2313053191
Kelas : 3F
Izin bertanya, dari makalah dapat kita ketahui bahwa pendidikan IPS bertujuan untuk memberikan dasar keterampilan dan
kemampuan kepada siswa agar mereka dapat mengembangkan diri sesuai dengan
bakat, minat, dan lingkungannya serta mempersiapkan diri untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, lalu apa tantangan utama yang mungkin dihadapi dalam upaya mencapai tujuan pendidikan IPS, selain banyaknya guru yang mengajar dengan metode verbal, dan bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Nadiva Aulia Putri

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Andini Aulia Zahra -
Nama: Andini Aulia Zahra
NPM: 2313053169

Baik, terima kasih saudari Nadiva atas pertanyaannya. Izin menjawab pertanyaan dari saudari nadiva.
Tantangan utama dalam upaya mencapai tujuan pendidikan IPS selain metode pengajaran yang cenderung verbal adalah:

1. Minimnya Keterkaitan dengan Kehidupan Nyata. Pembelajaran IPS sering kali diajarkan secara teoritis dan kurang mengaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat siswa sulit untuk melihat relevansi materi dengan dunia nyata, sehingga minat dan motivasi belajar mereka menurun.

Cara Mengatasi: Guru dapat memanfaatkan metode pembelajaran kontekstual, seperti pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) atau pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Dengan cara ini, siswa diajak untuk memecahkan masalah nyata di lingkungan mereka, sehingga mereka dapat melihat bagaimana ilmu IPS dapat diterapkan dalam kehidupan.

2. Kurangnya Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Teknologi dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pendidikan IPS, namun banyak guru yang belum memanfaatkannya dengan optimal.

Cara Mengatasi: Guru perlu dilatih dalam penggunaan teknologi, seperti multimedia, video interaktif, atau simulasi untuk memperkaya proses pembelajaran. Ini akan membuat materi IPS lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

3. Keterbatasan Sumber Belajar. Di beberapa sekolah, khususnya di daerah terpencil, ketersediaan sumber belajar IPS seperti buku, media pembelajaran, atau bahan bacaan yang relevan sangat terbatas.

Cara Mengatasi: Pihak sekolah dan pemerintah perlu bekerja sama untuk menyediakan sumber belajar yang memadai. Selain itu, guru bisa memanfaatkan sumber daya lokal, seperti mengajak siswa melakukan observasi langsung ke lingkungan sekitar atau menggunakan internet sebagai sumber belajar tambahan.

4. Heterogenitas Latar Belakang Siswa. Siswa memiliki latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda, yang dapat mempengaruhi cara mereka memahami dan menginternalisasi materi IPS.

Cara Mengatasi: Guru perlu menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif, dengan mengakui dan menghargai perbedaan sosial dan budaya di antara siswa. Melibatkan siswa dalam diskusi tentang isu-isu sosial yang relevan dengan latar belakang mereka dapat membantu siswa merasa lebih terhubung dengan materi yang dipelajari.

Mengatasi tantangan-tantangan ini membutuhkan kerja sama antara guru, sekolah, dan pihak terkait untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang relevan, menarik, dan inklusif bagi semua siswa.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by WINI JIHAN FIRLIANI 2313053178 -
Assalamualaikum warahmatullahi
Sebelumnya izin memperkenalkan diri saya

Wini Jihan Firliani
2313053178

Izin bertanya, pertanyaannya:
Menurut kalian apakah materi dalam kurikulum IPS SD sudah mencakup seluruh aspek kehidupan sosial? Lalu apa saja kekuatan dan kelemahannya? Dan jika kalian diberi kesempatan memperbarui kurikulum IPS SD materi apa yang perlu diubah/ ditambahkan agar lebih relevan dengan kondisi sosial saat ini?
In reply to WINI JIHAN FIRLIANI 2313053178

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 3

by Anisa Nur Sabila -
Nama : Anisa Nur Sabila
NPM : 2313053179

Terimakasih wini atas pertanyaannya, disini saya akan menjawab dan memberikan opini terkait pertanyaan tersebut.

Menurut kami, sebagai pengetahuan umum, kurikulum IPS SD didesain untuk mencakup seluruh aspek kehidupan sosial. Namun, kami harus mengatakan bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan dan peningkatan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ada. beberapa kekuatan dari kurikulum IPS SD saat ini adalah konteks tentang bagaimana sejarah Indonesia dibangun, kebijakan pemerintah sampai dengan nilai-nilai sosial yang diperlukan untuk membentuk karakter positif pada siswa.

Namun, Beberapa kelemahan dari kurikulum IPS SD adalah kurangnya materi yang mendalam pada beberapa hal seperti kedalaman pemahaman tentang sejarah, dan ketimpangan sosial. Jika diberi kesempatan memperbarui kurikulum IPS SD, perlu adanya penambahan materi yang berkaitan dengan masalah sosial aktual seperti bagaimana siswa dapat mengatasi permasalahan ketimpangan sosial, bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan, hingga mendorong siswa untuk terlibat langsung dalam tindakan sosial yang positif yang melibatkan warga secara luas.