FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Number of replies: 16


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Wilda Tajkia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat sore Ibu Deviyanti Pangestu, M.Pd. dan Bapak Tegar Pambudi, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran IPS SD.

Kami dari kelompok 2 kelas 3F yang beranggotakan :

1. Shofiana Fadhila Prasetiya 2313053162
2. Wilda Tajkia 2313053163
3. Linda Sukmawati 2313053166
4. Allya Septia Faradina 2313053181
5. Auren Wang 2313053184

Izin mengumpulkan tugas Pembelajaran IPS SD Bu
Berikut link gdrive nya :

https://drive.google.com/drive/folders/1a5vTyrX6wFIu2Qjqa3R9DJCepNuHbSOu

Demikian saya ucapkan terima kasih.
In reply to Wilda Tajkia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Rava Amelia Rosali -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya perkenalkan saya Rava Amelia Rosali dengan npm (2313053170) izin bertanya:

Menurut pendapat kelompok 2, Bagaimana kurikulum IPS di SD dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa yang beragam, terutama dalam konteks digitalisasi yang semakin pesat? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
In reply to Rava Amelia Rosali

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Wilda Tajkia -
Baik terima kasih saudari Rava atas pertanyaannya, izin menjawab.
Kurikulum IPS di SD dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa yang beragam melalui beberapa strategi digitalisasi sebagai berikut:
1. Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam semua mata pelajaran terutama IPS, untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan relevan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi media sosial, platform pembelajaran online, dan perangkat lunak pendidikan seperti Google Suite for Education, Edmodo, dan Ruangguru.
2. Menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan penelitian, investigasi, dan pemecahan masalah terkait dengan topik IPS. Siswa dapat diminta untuk menyelidiki isu sosial, mengumpulkan data, dan merancang solusi yang kreatif, sehingga mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.
3. Menggunakan pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk menanamkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang budaya daerah dan budaya bangsa. Digitalisasi pembelajaran IPS dapat membantu siswa lebih mengenal dan mencintai kearifan lokal dari suku mereka.
4. Melakukan reformasi kurikulum IPS untuk mengakomodir berbagai perubahan sosial dan teknologi. Kurikulum harus dirancang dengan program yang dapat diterima untuk semua, tetapi tetap disesuaikan dengan perkembangan talenta peserta didik. Hal ini memastikan bahwa kurikulum tetap relevan dan bermakna bagi siswa di era digital.
Dengan strategi-strategi ini, kurikulum IPS di SD dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa yang beragam, serta memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
In reply to Wilda Tajkia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Ummu Hafifah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya
Ummu Hafifah dengan NPM (2313053171) izin bertanya pada kelompok 2 mengenai materi perkembangan kurikulum IPS SD.

Pertanyaannya adalah:
• Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas perkembangan kurikulum IPS di SD dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa?

Sekian pertanyaan dari saya, saya ucapkan terima kasih
In reply to Ummu Hafifah

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by SHOFIANA FADHILA PRASETIYA -
Baik terima kasih saudari Ummu atas pertanyaannya, izin menjawab.

Untuk mengevaluasi efektivitas kurikulum IPS dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa, lakukan langkah berikut:

1. Analisis Kurikulum: Periksa apakah kurikulum memuat materi yang merangsang berpikir kritis (pertanyaan menantang, sumber informasi beragam, isu kontemporer) dan metode pembelajaran yang mendukung (proyek, diskusi, kolaborasi).

2. Evaluasi Pembelajaran: Gunakan tes dan penilaian yang mengukur kemampuan berpikir kritis (esai terbuka, portofolio, observasi), serta kuesioner dan wawancara untuk memahami persepsi siswa.

3. Analisis Data: Analisis data kualitatif (wawancara, observasi) dan kuantitatif (skor tes, kuesioner) untuk memahami efektivitas kurikulum.

4. Rekomendasi dan Tindak Lanjut: Berikan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi dan implementasikan secara berkala.

Evaluasi harus dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak (guru, siswa, orang tua, ahli). Dengan melakukan evaluasi yang komprehensif, kita dapat memastikan bahwa kurikulum IPS di SD benar-benar efektif dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa, yang merupakan bekal penting untuk menghadapi tantangan di masa depan.
In reply to Wilda Tajkia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by FERISKA LISTY -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, baik sebelumnya izin memperkenalkan diri saya Feriska Listy dengan npm (2353053014), izin bertanya kepada kelompok 2 mata kuliah pembelajaran ips SD:

1. Mengingat era digital saat ini, bagaimana kurikulum IPS dapat diadaptasi untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran?, lalu apa saja peluang dan tantangan yang dihadapi dalam integrasi teknologi ke dalam kurikulum IPS?

Sekian terima kasih..
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to FERISKA LISTY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Allya Septia Faradina -
Terima kasih Feriska atas pertanyaannya.
Izin menjawab, kurikulum IPS dapat diadaptasi untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran melalui beberapa cara. Penggunaan aplikasi edukatif interaktif yang menggabungkan elemen visual dan audio dapat membantu siswa memahami konsep-konsep dasar geografi, sejarah, dan budaya dengan lebih mudah dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis proyek yang memanfaatkan teknologi, seperti pembuatan poster digital tentang pahlawan dan video dokumenter tentang isu-isu sosial, dapat meningkatkan keterampilan kerja sama siswa dan mengembangkan keterampilan digital mereka. Teknologi juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran berbasis inkuiri, di mana siswa didorong untuk menggunakan sumber daya online untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang dunia sosial mereka. Dengan pendekatan yang tepat, integrasi teknologi dalam kurikulum IPS dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa di era digital.

Peluang yang muncul dari integrasi teknologi ke dalam kurikulum IPS meliputi luasnya akses informasi dan sumber daya, peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode yang lebih interaktif, dan pengembangan keterampilan digital yang penting untuk masa depan. Teknologi juga memungkinkan personalisasi pembelajaran yang lebih baik, memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi dengan kebutuhan individual siswa. Namun, tantangan juga muncul dalam proses integrasi ini. Kesenjangan digital antara siswa dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda dapat menyebabkan ketimpangan dalam akses pendidikan. Kebutuhan untuk melatih guru agar bisa menggunakan teknologi juga menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, ada risiko bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan dapat mengurangi interaksi tatap muka dan keterampilan sosial yang penting dalam pembelajaran IPS. Keamanan online dan literasi digital juga menjadi perhatian penting, mengingat siswa akan lebih banyak berinteraksi dengan informasi online.

Dalam menghadapi peluang dan tantangan ini, penting bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk merancang kurikulum IPS yang mengintegrasikan teknologi secara bijak, mempertimbangkan keseimbangan antara manfaat teknologi dan pentingnya pengembangan keterampilan tradisional dalam ilmu sosial. Evaluasi berkelanjutan terhadap efektivitas integrasi teknologi dan adaptasi kurikulum yang responsif terhadap perkembangan teknologi akan menjadi kunci keberhasilan pembelajaran IPS di era digital.
In reply to Wilda Tajkia

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Melia Devina -
Nama : Melia devina
NPM : 2313053180
Kelas : 3F

Izin bertanya...
Penerapan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) dikemukakan sebagai metode pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum 2006. Menurut kelian, seberapa efektif metode ini dalam membentuk keterampilan sosial peserta didik di tingkat sekolah dasar?Adakah metode lain yang lebih cocok diterapkan di era digital saat ini?
Terimakasiih...
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Wulan Zahara Arrum Rizki -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh, izin memperkenalkan diri, saya Wulan Zahara Arrum Rizki dengan NPM (2313053188). Izin bertanya :

Bagaimana kurikulum IPS di SD dapat membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan nilai-nilai moral?

Sekian pertanyaannya. Saya ucapkan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
In reply to Wulan Zahara Arrum Rizki

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Linda Sukmawati -
Terima kasih Wulan atas pertanyaan yang telah diberikan dan saya izin menjawab.

Kurikulum IPS di SD memiliki potensi besar untuk membantu siswa dalam mengembangkan karakter dan nilai-nilai moral. Melalui pembelajaran IPS, siswa dapat memahami berbagai aspek kehidupan, baik di lingkungan sekitar maupun di tingkat global, yang pada gilirannya membantu mereka dalam membentuk nilai-nilai moral dan karakter yang kuat. Bagaimana kurikulum IPS dapat berkontribusi dalam pengembangan karakter dan nilai-nilai moral adalah sebagai berikut

1. Memahami Konsep Keadilan dan Kesetaraan

IPS mengajarkan siswa tentang berbagai sistem sosial, ekonomi, dan politik di masyarakat. Melalui pembelajaran tentang hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial, siswa dapat memahami pentingnya kesetaraan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka belajar menghargai perbedaan dan memahami bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlakuan yang adil.

2. Menumbuhkan Rasa Empati dan Kepedulian Sosial

Pembelajaran IPS tentang sejarah, budaya, dan kondisi sosial di berbagai wilayah dapat membantu siswa memahami kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh orang lain. Melalui studi kasus dan analisis situasi sosial, siswa dapat mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Mereka belajar untuk menghargai keberagaman budaya dan memahami pentingnya membantu orang yang membutuhkan.

3. Membangun Rasa Nasionalisme dan Patriotisme

IPS mengajarkan siswa tentang sejarah bangsa, perjuangan para pahlawan, dan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Mereka belajar menghargai jasa para pahlawan, memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencintai tanah air.

4. Mendorong Toleransi dan Kerjasama

IPS mengajarkan siswa tentang keberagaman budaya, agama, dan suku bangsa di Indonesia. Melalui pembelajaran tentang nilai-nilai toleransi dan keragaman, siswa dapat belajar menghargai perbedaan dan hidup berdampingan dengan damai. Mereka belajar untuk menerima dan menghormati orang lain dengan latar belakang yang berbeda, serta membangun kerjasama yang harmonis.

5. Membangun Sikap Tanggung Jawab dan Disiplin

IPS mengajarkan siswa tentang pentingnya peran warga negara dalam menjaga lingkungan, mematuhi peraturan, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan sikap tanggung jawab dan disiplin. Mereka belajar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka, mematuhi peraturan, dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

6. Mendorong Kreativitas dan Inovasi

IPS mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, dan memecahkan masalah. Melalui pembelajaran yang interaktif dan berbasis proyek, siswa dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi. Mereka belajar untuk berpikir kreatif, mencari solusi atas permasalahan, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

7. Menanamkan Nilai-Nilai Moral Universal

IPS mengajarkan siswa tentang nilai-nilai moral universal seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan tanggung jawab. Melalui pembelajaran tentang tokoh-tokoh inspiratif, studi kasus, dan diskusi etika, siswa dapat memahami pentingnya nilai-nilai moral dalam kehidupan. Mereka belajar untuk bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan mereka.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Wilda Tajkia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat siang Ibu Deviyanti Pangestu, M.Pd. dan Bapak Tegar Pambudi, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran IPS SD. Izin mengirimkan kembali link google drive pengumpulan tugas kelompok 2, karena minggu kemarin ada kesalahan mengumpul link mata kuliah lain.
Berikut link gdrive nya :

https://drive.google.com/drive/folders/1a5vTyrX6wFIu2Qjqa3R9DJCepNuHbSOu

Demikian saya ucapkan terima kasih.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Nia Sartika ningsih -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan saya Nia Sartika Ningsih dengan
NPM 2313053193

Izin bertanya, Bagaimana kurikulum IPS SD saat ini dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, revolusi teknologi, dan meningkatnya ketidaksetaraan sosial?

Sebelumnya Terima kasih
In reply to Nia Sartika ningsih

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Wilda Tajkia -
Baik terima kasih saudara Nia atas pertanyaannya

izin menjawab, Kurikulum IPS SD saat ini dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, revolusi teknologi, dan meningkatnya ketidaksetaraan sosial dengan beberapa strategi berikut:
  1. Kurikulum IPS harus mencakup isu-isu global kontemporer seperti perubahan iklim, konflik geopolitik, dan ketimpangan ekonomi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan materi yang relevan dalam kurikulum, seperti pelajaran tentang lingkungan dan sumber daya alam, geopolitik, dan ekonomi global.
  2. Kurikulum IPS harus dirancang untuk membina keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah. Siswa harus dilatih untuk menavigasi dan berkontribusi secara efektif dalam masyarakat global yang beragam.
  3. Guru harus dilatih untuk menggunakan metode pengajaran yang inovatif dan responsif terhadap perubahan global. Hal ini termasuk pelatihan tentang penggunaan teknologi informasi dalam penilaian dan pengajaran IPS.
Dengan strategi-strategi tersebut, kurikulum IPS SD dapat lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan zaman, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global yang kompleks
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Sisnadia Rahmawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya izin memperkenalkan diri, saya
Sisnadia Rahmawati dengan NPM (2313053168) izin bertanya pada kelompok 2 mengenai materi perkembangan kurikulum IPS SD.

Pertanyaannya : bagaimana kurikulum IPS di SD menangani isu-isu sosial yang sensitif, seperti konflik sosial, kemiskinan, dan ketidakadilan, dalam konteks pembelajaran yang aman bagi anak-anak?

Terimakasih
In reply to Sisnadia Rahmawati

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by SHOFIANA FADHILA PRASETIYA -
Baik terima kasih kepada saudari Rara atas pertanyaannya, izinkan saya menjawab :

Kurikulum IPS di SD menangani isu-isu sosial sensitif, seperti konflik sosial, kemiskinan, dan ketidakadilan, dengan pendekatan yang terstruktur dan peka. Materi diajarkan dengan menggunakan konteks yang relevan dan disesuaikan dengan usia siswa, seringkali melalui cerita, studi kasus, dan contoh nyata yang mudah dipahami.

Berikut adalah bagaimana kurikulum IPS di SD menangani isu sosial sensitif:

- Pendekatan Terstruktur: Materi disampaikan dengan cara bertahap dan relevan dengan pengalaman siswa.

- Konteks yang Mudah Dipahami: Menggunakan cerita, studi kasus, dan contoh nyata untuk menjelaskan isu-isu seperti kemiskinan dan konflik sosial.

- Metode Pembelajaran Aktif: Melibatkan diskusi kelompok dan permainan peran untuk mendorong eksplorasi dan pemahaman.

- Peran Guru: Guru difasilitasi untuk menciptakan lingkungan yang aman, memberikan dukungan emosional, dan memandu diskusi.

- Sumber Daya Multimedia: Pemanfaatan alat bantu visual dan audio untuk menarik perhatian dan meningkatkan minat siswa.

- Latihan Refleksi: Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan empatik terhadap isu-isu sosial yang dibahas.

- Kesadaran Sosial dan Empati: Tujuan akhir adalah menumbuhkan individu yang peka terhadap isu sosial dan mampu berdiskusi secara sehat.

Baik sekian jawaban dari saya, terima kasih.