FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

Number of replies: 15


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Sisnadia Rahmawati -
Nama : Sisnadia Rahmawati
NPM : 2313053168

Izin bertanya, bagaimana pembelajaran IPS di SD dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, terutama dalam menganalisis masalah sosial? Apakah metode yang digunakan sudah mendukung pengembangan keterampilan tersebut?
Terimakasih
In reply to Sisnadia Rahmawati

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Wulan Zahara Arrum Rizki -
Baik terima kasih atas pertanyaan yang telah diberikan, izin menjawab.

Pembelajaran IPS di SD dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa melalui:

1. Mendorong siswa untuk menganalisis berbagai perspektif
IPS mengajarkan siswa tentang berbagai isu sosial, budaya, dan ekonomi. Dengan mempelajari berbagai perspektif, siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk menganalisis masalah sosial dari berbagai sudut pandang.

2. Memperkenalkan siswa pada berbagai metode penelitian
IPS melibatkan siswa dalam kegiatan penelitian, seperti pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data. Melalui kegiatan ini, siswa diajarkan untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi secara sistematis.

3. Membantu dalam diskusi dan debat
IPS mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi dan debat tentang isu-isu sosial. Melalui diskusi dan debat, siswa belajar untuk mengungkapkan pendapat, mendengarkan sudut pandang lain, dan menilai argumen dengan kritis.

Dalam hal ini metode pembelajaran IPS sudah mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa, yang meliputi :

1. Pembelajaran berbasis proyek
Siswa terlibat dalam proyek yang menantang untuk menganalisis masalah sosial, mengumpulkan data, dan merumuskan solusi.

2. Pembelajaran berbasis masalah
Siswa mendorong untuk memecahkan masalah sosial nyata, yang membantu mereka untuk berpikir kritis dan mencari solusi yang kreatif.

3. Pembelajaran kooperatif
Siswa bekerja dalam kelompok untuk menganalisis masalah sosial, sehingga mereka bisa belajar satu sama lain dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis bersama-sama. Namun, perlu diingat bahwa metode pembelajaran IPS di SD tidak selalu mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis secara optimal.

Sekian jawabannya. Saya ucapkan terima kasih
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Nazera Fransisca -
NAMA : Nazera Fransisca Dewi
NPM : 2313053182

Ijin bertanya, Bagaimana pendidikan IPS di SD membantu siswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan Mengapa penting melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran IPS di SD?
In reply to Nazera Fransisca

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by FERISKA LISTY -
Baik terima kasih saudari nazera atas pertanyaannya, izin menjawab :

Pendidikan IPS di SD membantu siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab dengan mengajarkan nilai-nilai sosial, norma, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat. Melalui pembelajaran yang interaktif dan berbasis pengalaman, siswa diajarkan untuk memahami fenomena sosial, mengembangkan sikap kritis, dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan ini penting untuk membentuk karakter siswa agar dapat berkontribusi secara positif dalam komunitas mereka.

Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran IPS di SD sangat penting karena orang tua dapat mendukung dan memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Keterlibatan orang tua membantu menciptakan lingkungan belajar yang konsisten antara rumah dan sekolah, serta memberikan kesempatan bagi orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Selain itu, kolaborasi antara orang tua dan guru dapat memperkuat pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian jawaban yang dapat saya berikan, saya ucapkan terima kasih.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Sindi Novitasari -

Nama : Sindi Novitasari 

Npm : 2313053185

Sebagai calon pendidik, bagaimana cara kita mendukung siswa dalam mencapai kompetensi IPS yang mencakup pengetahuan, nilai-nilai sosial dan sikap, serta keterampilan dasar?

In reply to Sindi Novitasari

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Putri Ayu Bestari -
Nama:Putri Ayu Bestari
NPM:2313053177

Izin Menjawab

Untuk mendukung siswa dalam mencapai kompetensi IPS yang mencakup pengetahuan,nilai-nilai sosial dan sikap, serta keterampilan dasar sebagai berikut:
1. pengetahuan
Pengetahuan ini bisa dihubungkan dengan materi IPS dengan situasi sehari-hari yang relevan dan membantu siswa memahami penerapan konsep dalam kehidupan nyata.kemudian, gunakan berbagai sumber seperti buku video dan artikel untuk memberikan perspektif yang lebih luas, tentang topik sosial dan historis untuk meningkatkan pemahaman siswa.

2. Pada nilai-nilai sosial dan sikap.
Nilai-nilai sosial dan sikap ini dengan menggunakan model berlaku positif yaitu tunjukkan nilai-nilai sosial seperti empati ,tanggung jawab dan kerjasama melalui tindakan sehari-hari dan interaksi dengan melibatkan siswa dalam proyek kelompok atau kegiatan sosial yang mendorong kerjasama dan saling menghargai.

3. Kemudian dalam keterampilan dasar.
Dalam keterampilan dasar bisa menggunakan latihan keterampilan seperti berpikir kritis,analisis data, dan keterampilan penelitian melalui tugas dan proyek,gunakan metode pengajaran aktif seperti simulasi permainan peran dan studi kasus untuk mempraktekkan keterampilan dalam konteks nyata.

dengan pendekatan ini siswa tidak hanya akan menguasai materi IPS tapi juga mengembangkan nilai-nilai sosial dan keterampilan yang berguna dalam kehidupan mereka.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Allya Septia Faradina -
Nama: Allya Septia Faradina
NPM: 2313053181

Izin bertanya, di dalam makalah pada bagian tujuan pendidikan IPS SD terdapat pernyataan bahwa "pembelajaran IPS bukan bertujuan untuk memenuhi ingatan pengetahuan para peserta didik dengan berbagai fakta dan materi yang harus dihafalnya"? Apa implikasi dari pernyataan tersebut dan bagaimana hal ini memengaruhi metode pengajaran dan penilaian? Terima kasih.
In reply to Allya Septia Faradina

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Bela Indri Yani -
Nama : Bela Indri Yani
NPM : 2313053183

Izin menjawab

Pernyataan tersebut
menunjukkan bahwa
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak hanya fokus pada penghafalan fakta dan materi, tetapi lebih pada memahami konsep, keterampilan berpikir kritis, dan aplikasi pengetahuan dalam konteks sosial dan kehidupan sehari-hari.

Implikasi dari pernyataan ini:

1.Pengembangan Keterampilan Kritis dan Analitis: Pembelajaran IPS harus mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis tentang isu-isu sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Siswa tidak hanya diharapkan untuk mengingat fakta, tetapi juga untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi.

2.Metode Pengajaran yang Aktif dan Partisipatif: Metode pengajaran harus lebih interaktif dan berbasis pada diskusi, studi kasus, dan proyek-proyek praktis. Pembelajaran berbasis proyek, simulasi, dan role-playing dapat menjadi cara efektif untuk mengajarkan IPS.

3.Fokus pada Pengembangan Sikap dan Nilai: Selain pengetahuan, pembelajaran IPS juga harus mengembangkan sikap dan nilai-nilai seperti empati, tanggung jawab sosial, dan keterlibatan aktif dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by SHOFIANA FADHILA PRASETIYA -
NAMA : SHOFIANA FADHILA PRASETIYA
NPM : 2313053162

Izin bertanya, Bagaimana karakteristik pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang mencakup berbagai aspek seperti tujuan, materi, metode, dan pendekatan dalam konteks pembelajaran di sekolah, serta bagaimana kompetensi yang diharapkan dari siswa dalam pendidikan IPS dapat dikembangkan secara efektif untuk memenuhi standar kurikulum yang berlaku dan mendukung pemahaman siswa tentang interaksi sosial, ekonomi, dan politik dalam masyarakat?
In reply to SHOFIANA FADHILA PRASETIYA

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Aulia meitha Yurizqi azzahra -
izin menjawab

Tujuan utama pendidikan IPS adalah membekali siswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya dalam masyarakat. Secara umum, tujuan ini mencakup:

1. Memahami interaksi sosial di berbagai tingkatan, mulai dari keluarga, masyarakat lokal, hingga global.
2. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis terhadap isu-isu sosial dan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.
3. Meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai moral, etika, dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.
4. Mengembangkan kemampuan siswa untuk menganalisis permasalahan sosial, ekonomi, dan politik serta mencari solusinya.

Dalam pembelajaran IPS, metode dan pendekatan yang digunakan beragam untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Beberapa metode dan pendekatan yang umum diterapkan antara lain:

1. Pendekatan Tematik: Menggabungkan berbagai aspek ilmu sosial dalam satu tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
2. Discovery Learning: Membantu siswa menemukan konsep-konsep penting melalui eksplorasi dan penelitian mandiri.
3. Project-Based Learning (PBL): Siswa diajak untuk mengerjakan proyek yang berkaitan dengan permasalahan sosial nyata sehingga mereka dapat memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep IPS secara langsung.
4. Inquiry-Based Learning: Mendorong siswa untuk aktif bertanya, menyelidiki, dan mencari informasi melalui proses berpikir kritis.

Kompetensi yang diharapkan dari siswa dalam pendidikan IPS tidak hanya berfokus pada pemahaman teoretis, tetapi juga pada kemampuan analitis, kritis, dan aplikatif.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Wulan Zahara Arrum Rizki -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat sore Ibu Deviyanti Pangestu, M.Pd., dan Bapak Tegar Pambudhi, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran IPS SD.

Kami dari kelompok 1 kelas 3F yang beranggotakan :

1. Bela Indri Yani 2313053183
2. Wulan Zahara Arrum Rizki 2313053188
3. Feriska Listy 2353053014
4. Putri Ayu Bestari 2313053177
5. Aulia Meitha Yurizqi Azzahra 2313053186

Izin mengumpulkan tugas Pembelajaran IPS SD Bu Berikut link gdrive nya:

https://drive.google.com/drive/folders/1a5vTyrX6v

Demikian saya ucapkan terima kasih.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Melia Devina -
Nama : MELIA DEVINA
NPM : 2313053180

Izin bertanyaa...
Apakah kopetensi guru yg di sebutkan dalam makalah cukup untuk menjawab tantangan pembelajaran Ips di era digital yg semakin berkembang. Dan bagaimana cara kalian sebagai calon guru memepersiapkan siswa untuk menghadapi masalah sosial yang semakin kompleks dalam masyarakat di zaman gan z ini...

Terimakasiih
In reply to Melia Devina

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Bela Indri Yani -
Baik terimakasih atas pertanyaan yang telah di berikan izin menjawab.

Mungkin cukup menjawab karena di makalah di jelaskan secara umum,namun berikut beberapa tambahan penjelasan mengenai kompetensi guru dalam menghadapi tantangan Ips di era pembelajaran digital yg semakin berkembang.

1.Penggunaan Teknologi : Guru harus mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti menggunakan platform pembelajaran online, aplikasi interaktif, dan sumber daya digital lainnya.
2.Pembelajaran Aktif : Menggunakan metode pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung, seperti diskusi, proyek, dan simulasi, untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.
3.Literasi Media : Guru harus memahami dan mengajarkan media literasi kepada siswa agar mereka dapat mengidentifikasi dan menyebarkan informasi yang ditemukan di internet dengan baik.

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi masalah sosial yang semakin kompleks dalam masyarakat di zaman Gen Z, guru dapat melakukan beberapa hal berikut:
a.Menggunakan Sumber Referensi Digital : Menggunakan sumber referensi digital yang relevan untuk membahas isu-isu global dan lokal, seperti video, artikel, dan sumber daya online lainnya.
b.Mengadakan Diskusi dan Debat : Mengadakan diskusi dan debat yang terstruktur untuk membantu siswa berpikir kritis dan mengembangkan argumentasi yang kuat tentang isu-isu sosial.
c.Mengintegrasikan Proyek dan Aktivitas : Mengintegrasikan proyek dan aktivitas yang relevan dengan isu-isu sosial, seperti membuat kampanye sosial, menulis esai, atau membuat video dokumenter, untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa.
d.Berpikir Keterampilan Berpikir Analitis : Keterampilan berpikir analitis dan kritis melalui berbagai metode pembelajaran, seperti studi kasus, analisis data, dan evaluasi informasi, untuk membantu siswa menghadapi masalah sosial dengan lebih baik.

Sekian jawaban dari saya,terimakasih
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Linda Sukmawati -
Saya Linda Sukmawati, NPM 2313053166 izin bertanya

Menurut kalian, Bagaimana pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat diintegrasikan dengan mata pelajaran lain untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia secara holistik? Berikan contoh konkretnya

Sebelumnya terima kasih banyak
In reply to Linda Sukmawati

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Wulan Zahara Arrum Rizki -
Baik, terima kasih atas pertanyaan yang telah diberikan. Izin menjawab.

Pembelajaran ilmu sosial dapat diintegrasikan dengan mata pelajaran lain untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia secara holistik dengan beberapa cara. Salah satu cara adalah dengan menggabungkan ilmu sosial dengan mata pelajaran lain seperti sejarah, geografi, dan bahasa. Misalnya, guru dapat mengajarkan tentang peristiwa sejarah atau isu global menggunakan sumber dan perspektif yang berbeda untuk memberikan pemahaman yang lebih nuansa tentang topik tersebut. Ini dapat membantu siswa memahami bagaimana peristiwa sejarah dan isu global telah mempengaruhi dunia dan bagaimana mereka terus mempengaruhi kita hari ini. Selain itu, guru juga dapat menggabungkan ilmu sosial dengan mata pelajaran lain seperti seni, musik, dan teater untuk memperkenalkan siswa pada budaya dan tradisi di seluruh dunia. Ini dapat membantu siswa memahami dan menghargai keragaman budaya di dunia dan mempromosikan pemahaman dan toleransi yang lebih besar terhadap orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Contoh konkret lainnya adalah dengan menggabungkan ilmu sosial dengan mata pelajaran lain seperti matematika dan ilmu pengetahuan. Misalnya, guru dapat menggunakan data dan statistik untuk membahas isu-isu sosial seperti ketimpangan pendapatan dan perubahan iklim. Ini dapat membantu siswa memahami bagaimana data dan statistik dapat digunakan untuk memahami dan menyelesaikan masalah sosial dan bagaimana mereka dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membuat keputusan yang berdampak positif di dunia. Secara keseluruhan, mengintegrasikan pembelajaran ilmu sosial dengan mata pelajaran lain dapat membantu siswa memahami dunia secara holistik dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu sosial dan global. Ini dapat membantu mereka menjadi warga global yang lebih terampil dan berempati yang dapat berpartisipasi aktif dalam masyarakat dan membuat perbedaan positif di dunia.

Sekian jawaban yang dapat saya berikan. Saya ucapkan terima kasih.