Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 34

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Rahmadani yusup Alfikri གིས-
Nama: Rahmadani ⁠Yusup Alfikri
NPM :2353053032
Dari pembelajaran market place activity dapat di simpulkan bahwa pembelajaran berpatok pada bermain peran dan bersosialisasi dengan ada nya metode market place activity memungkinkan peserta didik akan mengingat ilmu yang diberikan lebih baik karena dengan adanya sebuah aktifitas anak akan lebih mudah untuk mengingat, lalu di terakhir guru memberikan kesimpulan agar ilmu yang di berikan tadi lebih akurat dan lebih di ingat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Salsa Widia Prasasti གིས-
Nama : Salsa Widia Prasasti
NPM : 2313053215

Market place activity adalah sebuah model pembelajaran yang isinya jual beli informasi di dalam kelas.
Ada 5 tahap dalam model pembelajaran ini, yang pertama adalah pembagian kelompok
1. Pembagian kelompok
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan cara membagikan kertas yang berisi warna. Nanti siswa akan dikelompokan berdasarkan warna yang di dapatkan.
2. Pembuatan produk
Pada tahap ini siswa membuat produk berupa sebuah poster yang isinya tidak lebih dari 15 kataatau 15 simbol, yang Dimana itu merupakan sebuah peralihan dari sumber bacaan sebuah teks ke dalam sebuah poster.
3. Jual beli informasi
Dimana satu orang siswa ditunjuk untuk menjaga sebuah stand dan menjelaskan kepada kelompok lain, dan 3 orang siswa lainnya akan berbelanja kepada kelompok lain. Dengan waktu yang dibatasi.
4. Siswa yang berbelanja kepada kelompok lain Kembali ke kelompoknya lalu memberi informasi apa saja yang dia dapat dari kelompok lain untuk di diskusikan ke kelompoknya.
5. Tahap konfirmasi
Tahapan yang terakhir adalah tahap konfirmasi, yaitu guru mengonfirmasi ketersampaian informasi dari satu kelompok ke kelompok lain, lalu selanjutnya guru memberikan penguatan dan Kesimpulan atas semua materi yang sudah di bahas dalam pembelajaran tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Dea Puspita གིས-
Nama : Dea Puspita
NPM : 2313053196

Dapat dilihat dari video yang telah saya simak tersebut bahwasanya penerapan model pembelajaran market place terdapat beberapa tahap :
1. Pembetukan kelompok
2. Pembuatan produk
3. Jual beli informasi
4.Siswa yang telah berbelanja di kelompok lain kembali ke stand nya dan memberikan informasi yang telah didapatkan dengan teman kelompok nya yang berada di stand tersebut sehingga teman-temannya tersebut dapat mengetahui juga informasinya
5. Tahap guru mengkonfirmasi tersampaikan nya informasi dari kelompok satu hingga ke kelompok lainnya dan juga guru memberikan penguatan serta kesimpulan dari materi tersebut

Dari model pemebelajaran tersebut dapat kita lihat adanya kaloborasi antar kelompok dimana mereka akan berbagi informasi yang telah didapatkan itu bersama teman lainnya juga, pemahaman yang lebih mendalam jadi siswa harus dapat memahami materi yang mereka jual, suasana belajar pun menjadi asik dikarenakan siswa yang saling berinteraksi, bertransaksi serta berbagi materi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Syahrani Harahap གིས-
Nama : Syahrani Harahap
NPM : 2313053216
Kelas : 3G
Pada video ini menjelaskan mengenai model pembelajaran Market place. Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembelajaran menggunakan model ini, berikut tahapannya:
1. Tahap pembagian kelompok, pada tahap ini siswa di bagi menjadi beberapa kelompok.
2. Tahap pembuatan produk, pada tahap ini siswa di ajak untuk membuat poster yang isinya tidak lebih dari 15 kata atau simbol. Tujuannya agar siswa mampu menyederhanakan dan mengkomunikasikan informasi secara efektif.
3. Proses jual beli informasi, pada tahap ini siswa bertindak sebagai penjual dan pembeli informasi, di mana salah satu anggota kelompok sebagai penjual/penjaga stan dan sisanya sebagai pembeli informasi dari kelompok lain.
4. Tahap berbagi informasi, setelah setiap perwakilan kelompok melakukan pembelian/berbelanja informasi dari kelompok lain, informasi itu di bagikan dengan penjaga stan. Tahap ini memastikan bahwa semua anggota kelompok mendapatkan informasi.
5. Tahap konfirmasi, pada tahap ini guru melakukan konfirmasi dengan cara menanyakan informasi apa yang sudah didapat dari kelompok lain, lalu guru juga memberikan penguatan dan kesimpulan.
Model pembelajaran market place ini merupakan model yang baik digunakan dalam proses pembelajaran karena dengan model ini meningkatkan kolaborasi antar siswa untuk berkeja sama berbagi informasi dan meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, juga membuat suasana kelas menjadi asyik dan aktif
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Hesti Badria གིས-
Nama : Hesti Badria
NPM : 2313053206

Model pembelajaran Market Place Activity merupakan dalah model pembelajaran yang isinya jual beli informasi di dalam kelas seperti di sebuah pasar yang membuat sebuah prodak lalu di perjual belikan.
Ada 5 tahap pada proses penerapan model pembelajaran ini :
1. Tahap Pembagian Kelompok
2. Tahap Pembuatan Produk
- Di sini, siswa ditugaskan untuk membuat poster yang mencakup materi tentang rukun jual beli.Dengan tidak lebih dari lima kata atau simbol, untuk memudahkan komunikasi saat menjelaskan kepada kelompok lain. Siswa menggunakan bahan seperti karton untuk membuat poster tersebut.
- Selama proses ini, guru memberikan bimbingan dan pengawasan, memastikan bahwa siswa memahami materi dan cara menyampaikannya.
3. Proses Jual Beli
- Dalam tahap ini, siswa berperan sebagai penjaga stand yang menjelaskan isi poster kepada kelompok lain. Anggota kelompok lain berkeliling untuk membeli poster dan mendapatkan informasi dari stand yang berbeda.
- Dan menurut saya aktivitas ini mendorong siswa untuk berlatih komunikasi dan presentasi serta memperdalam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari.
4. Berbagi Informasi
- Setelah membeli informasi dari kelompok lain, siswa kembali ke kelompok mereka. Mereka berbagi informasi yang telah diperoleh dengan anggota kelompok yang bertugas sebagai penjaga stand.
- Tahap ini penting untuk memastikan bahwa semua anggota kelompok mendapatkan informasi yang sama dan dapat mendiskusikannya lebih lanjut.
5. Tahap Konfirmasi
- Di tahap akhir, guru melakukan konfirmasi untuk memastikan bahwa informasi telah tersampaikan dengan baik dari satu kelompok ke kelompok lain. Guru juga memberikan umpan balik, penguatan, dan kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan.
- Hal ini membantu siswa merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan memastikan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi.

Sehingga dapat saya simpulkan manfaat Model Pembelajaran Market Place Activity ini yaitu :
- Keterlibatan Siswa : Siswa lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
- Pengembangan Keterampilan Komunikasi : Siswa belajar cara menyampaikan informasi secara jelas dan efektif.
- Pembelajaran Kolaboratif : Siswa belajar bekerja sama dalam kelompok dan menghargai kontribusi masing-masing.
- Penerapan Materi : Siswa dapat menerapkan konsep teoritis dalam situasi praktis, memperkuat pemahaman mereka.

Dan model pembelajaran ini sangat efektif untuk materi yang melibatkan interaksi sosial dan pemahaman konsep, seperti rukun jual beli. Dengan melibatkan siswa dalam aktivitas yang menarik dan interaktif, diharapkan mereka dapat lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Dhea Novalia Azzahra གིས-
Dhea novalia azzahra(2313053223)
video ini menjelaskan tentang Market Place Activity ia  adalah model pembelajaran yang melibatkan interaksi jual beli informasi di kelas, terdiri dari lima tahap:

1. Pembentukan Kelompok: Siswa dibagi ke dalam kelompok berdasarkan warna kertas.
2. Pembuatan Produk: Setiap kelompok membuat poster ringkas dari sumber bacaan.
3. jual beli indormasi: Siswa bergiliran menjelaskan poster sambil “berbelanja” informasi dari kelompok lain.
4. Diskusi: Siswa membahas informasi yang diperoleh dalam kelompok mereka.
5. Tahap Konfirmasi: Guru mengonfirmasi pemahaman dan memberikan umpan balik serta kesimpulan.

Model ini mendukung kolaborasi dan keterampilan sosial siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Juwita Juwandono གིས-
Nama : Juwita Juwandono (2313053199)
Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) adalah metode pembelajaran yang meniru kegiatan perdagangan di ruang kelas. Dalam model ini, siswa dapat melakukan tawar menawar untuk mendapatkan informasi atau barang yang diinginkan.
Terdapat beberapa tahan pelaksanaan model pembelajaran market place activity, yaitu : Pembagian Kelompok, Pembuatan Produk, Jual beli Informasi, Tahap Konfirmasi dimana guru mengkonfirmasi tersampaikannya informasi dengan baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Amalia Salsabilla གིས-
Nama: Amalia Salsabilla
NPM : 2313053214

Model pembelajaran market place activity adalah model pembelajaran yang berisi jual beli informasi di dalam kelas, seperti dalam sebuah pasar yaitu membuat produk dan diperjualbelikan. Ada 5 tahapan dalam model pembelajaran market place activity antara lain,
1. Pembagian kelompok
2. Pembuatan produk
3. Tejadi jual beli informasi
4. Berbagi informasi dengan teman sekelompok
5. Pendidik mengkonfirmasi, memberi penguatan, dan membuat kesimpulan

Dalam model pembelajaran market place activity mendorong interaksi aktif dan kerja sama antar peserta didik melalui pembagian kelompok dan pembuatan produk. Dengan proses jual beli informasi, peserta didik dapat menguji pemahaman mereka dan mendapatkan perspektif baru dari teman sekelas, sementara pendidik memberikan umpan balik yang diperlukan untuk memperkuat pemahaman dan menyimpulkan pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Dewi Intan Afdillah གིས-
Nama: Dewi Intan Afdillah
NPM: 2313053209


Didalam video membahas Model pembelajaran Market Place (dilakukan jual beli informasi)

Langkah-langkah model pembelajaran Market Place
1. Pembagian Kelompok
2. Pembuatan produk secara berkelompok dalam bentuk poster maksimal 15 kata atau 15 simbol. (Setiap kelompok diberikan tema yang berbeda)
Dalam prosesnya guru tetap harus membimbing.
3. Terjadi transaksi jual beli informasi. (1 orang dalam kelompok akan menjelaskan dan menjaga stand dan 3 orang lainnya berbelanja ke stand lain). (maksimal 5 menit per kelompok)
4. Setelah berbelanja informasi, informasinya diberikan kembali ke kelompoknya. Sehingga semuanya akan mendapatkan informasi dari kelompok lain.
5. Tahap Konfirmasi oleh guru untuk memastikan informasinya sesuai. Dan guru memberikan penguatan.

Model pembelajaran market place ini sangat bagus. Dengan menggunakan model ini peserta didik mendapatkan pengalaman langsung sehingga materi yang didapatkan pasti akan lebih dipahami serta melatih kerja sama.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

NURUL FADILAH གིས-
Nama: Nurul Fadilah
NPM: 2313053217

Dalam video tersebut membahas tentang Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) adalah metode pembelajaran yang meniru kegiatan perdagangan di dalam kelas. Siswa berinteraksi dengan cara tawar-menawar untuk mendapatkan informasi atau barang yang diinginkan. Proses pembelajarannya terdiri dari lima tahap.

Pertama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Kedua, setiap kelompok membuat produk berupa poster yang berisi materi, maksimal lima belas kata kata atau simbol. Guru memberikan bimbingan untuk memastikan siswa memahami materi tersebut. Ketiga, dalam proses jual beli, satu siswa dari setiap kelompok menjaga stand dan menjelaskan isi poster kepada kelompok lain, sementara anggota kelompok lainnya berkeliling untuk mengumpulkan informasi. Keempat, setelah mengumpulkan informasi, siswa kembali ke kelompok mereka dan berbagi informasi yang telah diperoleh. Ini memastikan semua anggota kelompok mendapatkan pemahaman yang sama. Kelima, guru mengonfirmasi bahwa informasi telah tersampaikan dengan baik, memberikan umpan balik, dan menyimpulkan materi yang telah diajarkan.

Model ini memiliki beberapa manfaat. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, mengembangkan keterampilan komunikasi, belajar bekerja sama, dan mampu menerapkan konsep teoritis dalam situasi praktis. Dengan metode yang menarik dan interaktif ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Arief Darmawan 2353053033 གིས-
NAMA : Arief Darmawan
NPM. : 2353053033

Pada vidio ini menjelaskan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) meniru aktivitas perdagangan di kelas, di mana siswa berinteraksi dengan tawar-menawar untuk mendapatkan informasi. Prosesnya melibatkan lima tahap: pembagian kelompok, pembuatan poster materi, kegiatan jual beli informasi, diskusi dalam kelompok, dan konfirmasi oleh guru. Metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif, mengembangkan komunikasi, kerja sama, serta pemahaman materi melalui pendekatan yang interaktif dan praktis.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Ahmat Nuryasir གིས-
Nama: Ahmat Nuryasir
NPM: 2313053207

Video tersebut membahas Market Place Activity yang merupakan model pembelajaran interaktif yang mengadaptasi konsep pasar tradisional ke dalam kelas, di mana siswa melakukan aktivitas jual-beli informasi pembelajaran. Model ini terdiri dari 5 tahapan utama:

1. Tahap Pembentukan Kelompok
- Guru menggunakan metode pembagian kartu warna
- Siswa dikelompokkan berdasarkan warna yang mereka dapatkan
- Metode ini memastikan pembagian kelompok dilakukan secara acak dan adil

2. Tahap Kreasi Produk
- Setiap kelompok membuat poster informatif
- Poster dibuat dengan ketentuan maksimal 15 kata atau simbol
- Poster merupakan transformasi dari teks sumber yang diberikan
- Tujuannya adalah mengasah kemampuan siswa dalam meringkas dan menyajikan informasi secara visual

3. Tahap Transaksi Informasi
- Setiap kelompok menunjuk 1 orang sebagai penjaga stand
- 3 anggota lainnya berperan sebagai pembeli informasi
- Penjaga stand bertugas menjelaskan poster kepada pengunjung
- Aktivitas dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan
- Menciptakan suasana dinamis seperti di pasar sesungguhnya

4. Tahap Berbagi Informasi
- Anggota kelompok yang berperan sebagai pembeli kembali ke kelompoknya
- Mereka membagikan informasi yang didapat dari kelompok lain
- Kelompok mendiskusikan informasi baru yang diperoleh
- Mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi

5. Tahap Konfirmasi dan Penguatan
- Guru memverifikasi ketepatan informasi yang didapat antar kelompok
- Guru memberikan penguatan materi
- Guru membantu siswa membuat kesimpulan
- Memastikan pemahaman yang tepat dan menyeluruh

Model pembelajaran ini efektif karena:
- Mendorong partisipasi aktif siswa
- Mengembangkan keterampilan komunikasi
- Melatih kemampuan menyaring dan menyampaikan informasi
- Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Marsya Aulia གིས-
Nama: Marsya Aulia
NPM: 2313053218
Kelas: 3/G

Dari video yang telah saya saksikan dapat diambil analisis bahwasanya market marketplace activity adalah sebuah model pembelajaran yang berisi jual beli informasi di dalam kelas seperti layaknya sebuah pasar yang membuat produk lalu kemudian diperjualbelikan.
Ada lima tahap dalam model pembelajaran market place activity:
1. Pembagian kelompok
2. Pembuatan produk, pada tahap ini peserta didik membuat produk berupa poster. Sesuai dengan peraturan yang telah diberlakukan gurunya. Peraturan ini dilakukan supaya melatih peserta didik dalam mengkomunikasikan hal tersebut yang nantinya akan ada dalam tahap ketiga. Pada saat pembuatan produk guru tetap melakukan bimbingan kepada kelompok dan juga penelitian pada proses.
3. Terjadi proses jual beli informasi, satu orang peserta didik ditunjuk sebagai penjaga stand dan menjelaskan kepada kelompok lain dan tiga orang peserta didik yang lainnya bertugas untuk berbelanja ke stand kelompok lain. Namun waktunya dibatasi masing-masing kelompok terjadi jual beli tidak lebih dari 5 menit
4. Peserta didik yang berbelanja informasi ke kelompok lain, kembali ke kelompoknya kemudian berbagi informasi kepada penjaga stand. Sehingga dapat dipastikan informasi yang didapat dari kelompok lain juga didapatkan oleh penjaga stand tersebut
5. Yang terakhir yaitu tahap konfirmasi yang artinya di sini guru mengkonfirmasi ketersampaian informasi yang telah didapat dari satu kelompok ke kelompok lain dan selanjutnya guru memberikan penguatan dan juga kesimpulan materi yang telah diajarkan.

Dengan menerapkan model pembelajaran market place activity maka peserta didik akan lebih aktif dan lebih cepat serta tanggap dalam memahami isi materi pelajaran. Tidak hanya itu saja model marketplace activity juga dapat menumbuhkan karakter siswa, membentuk kemampuan siswa dalam bekerja sama, membangun kepercayaan diri siswa, membangun kemandirian siswa, melatih siswa untuk bertanggung jawab, serta dapat membiasakan siswa untuk mengevaluasi dan dievaluasi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Arianti Chandra གིས-

Arianti Chandra

2313053210

3G

Tugas: Analisis Video 2

Judul Video: Penerapan Model Pembelajaran Market Place Acitivity 01

Hasil Pembahasan Video: Model Pembelajaran Market Place Acitivity adalah proses pembelajaran yang isinya jual beli informasi didalam kelas seperti sebuah pasar yang membuat produk kemudian diperjualbelikan tentang keagamaan dalam islam dalam Jual Beli. Ada 5 tahap dalam pembelajaran Market Place ini adalah:

a. Pembagian Kelompok: Membagi dalam beberapa Kelompok.

b. Pembuatan Produk: Siswa membuat produk berupa sebuah poster untuk melatih mengkomunikasikan dalam tahap selanjutnya. Guru memberikan bimbingan kelompok dan penilaian proses.

c. Proses Jual Beli Informasi: Proses menyampaikan hasil dari poster tersebut untuk mempromosikan oleh kelompok lain. Dengan metode penjaga stand dan anggota kelompok berbelanja pada kelompok yang lain untuk memperoleh informasi.

d. Berbagi informasi untuk anggota kelompoknya:  Memberikan informasi yang diperoleh dari kelompok lain untuk kelompoknya masing masing.

e. Tahap Konfirmasi: Guru mengkonfirmasi terhadap informasi dari satu kelompok ke kelompok lain dan memberikan evaluasi dan kesimpulan terhadap materi yang telah dilaksanakan.

MPA merupakan metode pembelajaran kooperatif yang berbasis active learning. Dalam metode ini, peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk saling bertukar informasi atau "jual beli pengetahuan". Manfaat dan keunggulan pembelajaran Market Place Activity (MPA) ini adalah para siswa dituntun supaya bergerak aktif terhadap proses belajar mengajar dengan cara membiasakan siswa untuk selalu bertanya dan menjawab permasalahan yang dilontarkan peserta didik lain.


In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Diojuna Akbar Artanto གིས-
Nama: Diojuna Akbar Artanto
NPM: 2313053195

Video tersebut membahas tentang marketplace activity, yang dimana adalah model pembelajaran interaktif yang mengadaptasi konsep pasar tradisional dalam kelas, dimana siswa berperan dalam jual beli informasi. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu:
1. Pembentukan kelompok, disini guru memberikan kartu warna untuk mengelompokkan siswa secara acak dan adil berdasarkan warna yang diterima.
2. kreasi produk, setiap kelompok membuat poster informatif dengan maksimal 15 kata atau simbol, yang merupakan ringkasan dari teks sumber, mengasah kemampuan siswa dalam merangkum dan menyajikan informasi secara visual.
3. Transaksi informasi, dimana kelompok menunjuk satu penjaga stand, sementara tiga anggota lain menjadi pembeli informasi. penjaga stand menjelaskan poster kepada pengunjung dalam waktu yang terbatas, menciptakan suasana pasar yang dinamis.
Berbagi informasi, setelah transaksi, pembeli kembali ke kelompok untuk membagikan informasi yang mereka peroleh. diskusi dalam kelompok memperkuat keterampilan komunikasi dan kolaborasi pada siswa.
5. konfirmasi dan penguatan, dimana guru memverifikasi informasi yang diperoleh antar kelompok, memberikan penguatan materi, dan membantu siswa membuat kesimpulan untuk memastikan pemahaman yang menyeluruh.

Model ini efektif karena mendorong partisipasi aktif, melatih komunikasi, dan menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Rizka Apriliana གིས-
Nama: Rizka Apriliana
NPM: 2313053197

Dalam video menjelaskan bahwa Model Pembelajaran Market Place activity adalah sebuah model pembelajaran yang isinya jual beli informasi di dalam kelas seperti sebuah pasar yang membuat produk lalu diperjualbelikan ada 5 tahap dalam proses pembelajaran.
•Pertama adalah tahap pembagian kelompok.
•Tahap yang kedua adalah pembuatan produk, pada tahap ini siswa membuat sebuah poster yang isinya tidak lebih dari 15 kata atau 15 simbol, yang mengalihkan dari sumber bacaan teks ke dalam sebuah poster.
•Pada tahapan yang ketiga terjadilah sebuah proses jual beli informasi satu orang siswa ditunggu untuk menjaga stand dan menjelaskan kepada kelompok lain 3 orang siswa yang lainnya dia akan berbelanja ke kelompok lain namun waktunya harus dibatasi tidak lebih dari 5 menit.
•Tahap yang keempat siswa yang berbelanja informasi sekelompok lain dia kembali ke kelompoknya kemudian berbagi informasi kepada penjaga stand sehingga pastikan informasi yang didapat dari kelompok lain juga didapatkan oleh kelompok penjaga stand.
•Tahapan yang kelima tahapan yang terakhir adalah tahap konfirmasi guru mengkonfirmasi ketersampaian informasi dan satu kelompok ke kelompok lain dan selanjutnya guru memberikan penguatan dan kesimpulan materi yang telah diajarkan pada hari itu.

Dapat disimpulkan metode ini merupakan metode interaktif yang dapat melibatkan seluruh siswa dalam proses jual beli informasi antar kelompok dan dapat melatih kemampuan komunikasi siswa. Dengan guru memastikan informasi tersampaikan dengan baik dan memberikan penguatan pada akhir pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Erlyn Anggis Safitri གིས-
Nama : Erlyn Anggis Safitri
NPM : 2353053020

Video 2
Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity 01

Model pembelajaran Market Place yang dijelaskan di atas merupakan pendekatan yang interaktif dan berfokus pada kegiatan kolaboratif antar siswa melalui simulasi jual beli. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan berbasis aktivitas pasar untuk mendorong siswa memahami materi dengan cara yang menyenangkan dan partisipatif.
Dari market place yang diajarkan memiliki beberapa tahap :

1. Pembagian Kelompok: Tahap ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja kolaboratif di mana siswa dapat belajar dalam tim, berbagi tanggung jawab, dan memperkuat kemampuan sosial mereka.

2. Pembuatan Produk: Siswa membuat poster yang hanya terdiri dari maksimal 15 simbol. Pembatasan simbol ini mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif dalam menyampaikan informasi secara singkat dan jelas. Guru bertindak sebagai fasilitator yang memastikan setiap kelompok memahami materi dan mampu menyajikannya dengan benar.

3. Proses Jual Beli: Tahap ini mengajak siswa untuk menjelajah informasi dari kelompok lain melalui simulasi jual beli. Seorang anggota kelompok menjaga stand sementara anggota lainnya berkeliling untuk membeli produk dari kelompok lain. Siswa harus memahami materi yang dijual oleh kelompok lain dan menuliskannya kembali, yang meningkatkan kemampuan pemahaman dan mencatat informasi.

4. Berbagi Informasi: Setelah belanja, siswa yang bertugas membeli menyampaikan informasi yang mereka dapatkan kepada anggota yang menjaga stand. Tahap ini mendorong diskusi internal dalam kelompok dan memastikan bahwa semua anggota mendapatkan pemahaman yang sama mengenai materi yang dibahas oleh kelompok lain.

5. Tahap Konfirmasi: Guru mengkonfirmasi pemahaman kelompok-kelompok terhadap materi yang disampaikan. Pada tahap ini, guru memberikan penguatan dan koreksi bila diperlukan, serta menegaskan kembali poin-poin penting yang mungkin terlewatkan oleh siswa.

Kelebihan :
- Model ini menekankan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis pengalaman nyata yang membantu siswa lebih memahami materi dengan berinteraksi langsung.
- Siswa tidak hanya belajar dari guru, tetapi juga dari teman sekelasnya, sehingga meningkatkan kemampuan sosial, komunikasi, dan kerja tim.

Kekurangan:
- Model ini memerlukan perencanaan yang matang dan pengelolaan waktu yang baik, agar setiap kelompok dapat berfungsi efektif dan informasi dapat diserap dengan baik.
- Jika ada siswa yang kurang aktif, mereka mungkin tidak mendapatkan manfaat maksimal dari model ini.
Market Place adalah model pembelajaran yang menarik karena melibatkan aktivitas fisik, kolaboratif, dan partisipasi siswa secara langsung dalam proses belajar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Mella Oktarini གིས-
Nama : Mella Oktarini
NPM   : 2313053222
Kelas  : 3G

Berdasarkan analisis video youtube yang berjudul "Penerapan Model Pembelajaran Market Place", Model pembelajaran Market place adalah model pembelajaran yang menggambarkan proses jual beli informasi dalam kelas, mirip dengan pasar di mana siswa membuat dan memperdagangkan "produk" berupa pengetahuan. Proses pembelajaran ini terdiri dari lima tahap yang terstruktur untuk mendorong partisipasi aktif, kerja sama, dan pemahaman materi secara mendalam. Tahapan dalam market place dibagi menjadi 5 tahapan, yaitu:

Pembagian Kelompok: Pada tahap ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Ini relevan dengan poin tentang kerja sama, di mana siswa dilatih untuk bekerja dalam tim, berbagi peran, dan mendukung satu sama lain selama proses jual beli informasi.

Pembuatan Produk: Siswa membuat produk berupa poster yang memuat ringkasan informasi tidak lebih dari 15 kata atau simbol. Ini mengaitkan dengan pemahaman materi secara mendalam. Saat siswa menyederhanakan materi untuk dipresentasikan, mereka harus benar-benar memahami konsep inti agar dapat menjelaskan kepada teman-temannya dengan singkat dan jelas.

Proses Jual Beli Informasi: Siswa bertindak sebagai penjual dan pembeli informasi. Di sini, peran aktif mereka dalam menjelaskan dan memahami materi sangat mendukung peningkatan keaktifan siswa serta keterampilan komunikasi, karena mereka berinteraksi langsung dengan siswa lain untuk bertukar informasi.

Berbagi Informasi Kembali ke Kelompok: Setelah mengumpulkan informasi dari kelompok lain, siswa kembali ke kelompoknya dan berbagi pengetahuan yang didapat. Tahap ini menekankan kolaborasi tim dan memastikan semua anggota kelompok memiliki pemahaman yang sama terhadap materi yang dibahas.

Konfirmasi dan Penguatan oleh Guru: Pada tahap akhir, guru mengkonfirmasi kebenaran informasi yang telah dibagikan dan memberikan kesimpulan materi. Ini relevan dengan tantangan implementasi, di mana guru harus memastikan seluruh siswa menerima informasi yang tepat dan memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari.

Secara keseluruhan, model market place sangat cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan suasana yang dinamis dan interaktif, sekaligus memastikan pemahaman mendalam melalui diskusi dan tukar informasi. Model ini juga melatih siswa untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam memecahkan masalah atau memahami konsep secara kolektif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

NIKA WULAN PRATIWI གིས-
Nama: Nika Wulan Pratiwi
NPM: 2313053198

Video ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) di kelas. Model ini mendorong pembelajaran aktif seperti bermain peran dengan cara siswa bertukar informasi, ide, atau pengetahuan seolah-olah mereka berada di pasar, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa dan kolaborasi antar siswa. Model ini dapat menimbulkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi pada siswa.
Guru memfasilitasi kegiatan tersebut dengan membimbing siswa melalui pertukaran antar kelompok yang mencerminkan interaksi secara langsung, sehingga membuat proses pembelajaran lebih praktis dan siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Salma Qothifatun Nabiila གིས-
Nama : Salma Qothifatun Nabiila
NPM : 2313053219

Video 2

Di dalam video dijelaskan bahwa marketplace activities adalah sebuah model pembelajaran yang isinya jual beli informasi di dalam kelas seperti sebuah pasar yang membuat produk lalu diperjualbelikan.

Ada lima tahap dalam proses pembelajaran dengan model marketplace ini:
1. Pembagian Kelompok.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Pembuatan Produk.
Pada tahap ini, siswa membuat produk berupa sebuah poster yang isinya tidak lebih dari 15 huruf atau 15 simbol.
3. Proses Jual Beli Informasi.
Terjadilah proses jual beli informasi.
4. Berbagi Informasi.
Siswa yang berbelanja informasi di kelompok lain kembali ke kelompoknya dan berbagi informasi pada penjaga stand.
5. Konfirmasi oleh Guru
Guru mengkonfirmasi ketersampaian informasi dari satu kelompok ke kelompok lain dan guru memberi penguatan materi yang telah diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Nurul Aini གིས-
Nama: Nurul Aini
NPM: 2313053208

Video tersebut membahas tentang marketplace activity, model pembelajaran interaktif yang menyerupai pasar tradisional di kelas, di mana siswa bertukar informasi. Terdapat lima tahapan: (1) pembentukan kelompok dengan kartu warna, (2) kreasi produk berupa poster informatif, (3) transaksi informasi dengan menjelaskan poster, (4) berbagi informasi dalam kelompok, dan (5) konfirmasi serta penguatan oleh guru. Model ini efektif karena mendorong partisipasi aktif, melatih komunikasi, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fitri Aisyiyah གིས-
Nama : Fitri Aisyiyah
NPM : 2313053202
Kelas : 3G

Video tersebut menjelaskan mengenai model pembelajaran Market Place Activity. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan bermain peran seolah-olah menjadi penjual dan pembeli dengan prodaknya yaitu informasi. Sintak dari model ini yaitu :
1. Pembagian kelompok
2. Pembuatan prodak (membuat poster berdasarkan informasi yang didapat dari sumber belajar)
3. Proses jual beli informasi yang dilakukan dengan membagi tugas anggota kelompok sebagai penjaga stand dan pembeli
4. Anggota kelomok yang berbelanja dari kelompok lain menjelaskan informasi yang didapat dari kelompok lain kepada anggota kelompok yang bertugas menjaga stand
5. Tukar informasi antar kelompok dan guru memberikan penguatan pengetahuan.
Model pembelajaran ini cukup efektif karena anak dapat menerima dan mengingat informasi yang didapat dengan melakukan aktifitas. Selain itu model ini dapat mengembangkan nilai moral anak berupa nilai sosial, kerja sama, dan saling menghargai.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Antin Mutia Putri གིས-
Nama : Antin Mutia Putri
NPM : 2313053213
Pada video membahas tentang aktivitas marketplace, yang merupakan model pembelajaran interaktif yang mengadaptasi konsep pasar tradisional ke dalam kelas, di mana siswa terlibat dalam proses jual beli informasi. Model ini terdiri dari lima langkah utama:

1. Pembentukan Kelompok
Guru menggunakan kartu berwarna untuk secara acak dan adil membagi siswa ke dalam kelompok.
2. Kreasi Produk
Setiap kelompok diminta untuk membuat poster informatif yang merangkum teks sumber dalam 15 kata atau simbol, yang melatih siswa dalam merangkum dan menyajikan informasi secara visual.
3. Transaksi Informasi
Di sini, satu anggota kelompok bertugas sebagai penjaga stand, sementara anggota lainnya berfungsi sebagai pembeli informasi. Penjaga stand menjelaskan poster kepada pengunjung dalam waktu yang terbatas, menciptakan suasana yang mirip pasar.
4. Berbagi Informasi
Setelah transaksi, pembeli kembali ke kelompok mereka untuk mendiskusikan informasi yang didapat, yang memperkuat keterampilan komunikasi dan kerja sama.
5. Konfirmasi dan Penguatan
Guru kemudian memverifikasi informasi yang telah diperoleh oleh setiap kelompok, memberikan umpan balik dan membantu siswa menarik kesimpulan untuk memastikan pemahaman yang mendalam.

Model ini terbukti efektif karena mendorong keterlibatan aktif, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Arum Suryaning Astuti གིས-
Nama : Arum Suryaning Astuti
NPM :2353053018

Vidio ini membahas tentang penerapan model pembelajaran maket place activity. Makert place activity adalah sebuah model pembelajaran yang isinya jual beli informasi di dalam kelas, seperti sebuah pasar, membuat produk lalu diperjual belikan. Ada 5 tahap dalam proses pembelajaran market place activity yaitu :
1. Tahap pembagian kelompok
Pendidik membagi kelompok dengan menggunakan spidol berwarna. Jadi, peserta didik yang memilih warna spidol sesuai dengan yang mereka suka maka peserta didik tersebut menjadi satu kelompok.

2. Tahap kedua, pembuatan produk
Pada tahap ini, peserta menbuat produk berupa sebuah poster yang isinya tidak lebih dari 15 kata atau 15 simbol.

3. Tahap Ketiga, Proses Jual Beli Informasi
Pada tahap ini, satu peserta didik ditunjuk untuk menjaga stand dan menjelaskan kepada kelompok lain. Tiga peserta didik lainnya akan berbelanja ke kelompok yang lain. Namun, proses jual beli masing-masing kelompok waktunya dibatasi yaitu tidak lebih dari 5 menit.

4. Tahap Keempat, peserta didik yang berbelanja informasi kekelompok lain kembali kekelompoknya dan memberikan informasi kepada penjaga stand. Sehingga, dipastikan informasi yang didapat dari kelompok lain juga didapatkan oleh penjaga stand.

5. Tahap Kelima, Konfirmasi
Pendidik menginformasi ketersampainya informasi dari satu kelompok kekelompok lain. Selanjutnya, pendidik memberikan penguatan dan kesimpulan materi yang telah diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Filza Nabila Putri irwanda གིས-
Nama : Filza nabila putri irwanda
Npm : 2313053211

Model pembelajaran marketplace activity merupakan pendekatan yang inovatif dalam proses belajar mengajar, yang mengedepankan interaksi dan kolaborasi antar siswa. Pada tahap pertama, pembagian kelompok dilakukan untuk membentuk tim yang akan bekerja sama dalam membuat produk, yaitu poster yang mencerminkan inti dari sumber bacaan. Poster ini tidak boleh lebih dari 15 kata atau simbol, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyaring informasi yang penting.

Tahap kedua berlanjut dengan pembuatan produk, di mana guru memberikan bimbingan untuk memastikan bahwa siswa memahami konsep yang ingin disampaikan. Penilaian proses juga dilakukan untuk menilai kerja sama dan partisipasi siswa. Setelah poster selesai, tahap ketiga dimulai dengan proses jual beli informasi. Satu siswa dari setiap kelompok ditunjuk untuk menjelaskan isi poster kepada siswa dari kelompok lain, sementara tiga siswa lainnya melakukan "belanja" informasi dengan waktu yang dibatasi. Hal ini menciptakan suasana belajar yang dinamis dan interaktif.

Pada tahap keempat, siswa yang berbelanja kembali ke kelompok mereka untuk berbagi informasi yang didapat. Proses ini memastikan bahwa setiap anggota kelompok memperoleh pengetahuan baru dari kelompok lain. Tahap terakhir adalah konfirmasi, di mana guru mengecek apakah informasi yang disampaikan telah diterima dengan baik. Di akhir sesi, guru memberikan penguatan dan kesimpulan, menekankan pentingnya kolaborasi dan komunikasi dalam belajar. Secara keseluruhan, model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga keterampilan sosial dan kerja sama siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Putri Utami གིས-
nama : Putri Utami
Npm : 2313053205

Marketplace Activity adalah model pembelajaran yang melibatkan proses jual beli informasi di kelas. dengan bebrapa tahapan, pertama siswa dibagi dalam kelompok, lalu siswa tersbut diberikan tugas membuat poster singkat dengan pembatasan kata atau simbol. kemudian satu siswa menjaga stand untuk menjelaskan, sementara yang lain berkeliling mengumpulkan informasi dari kelompok lain. Setelah itu, mereka kembali ke kelompok masing-masing untuk berbagi informasi yang telah didapatkan satu salam lainnya. Guru kemudian mengonfirmasi kebenaran informasi dan menyimpulkan materi.
dengan metode marketplace activity ini bertujuan untuk melatih komunikasi dan kerjasama antar siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Ketut Wira Santika གིས-
Nama : Ketut Wira Santika
NPM : 2313053220

Model pembelajaran Market Place Activity menerapkan konsep pasar dalam kelas, dimana siswa melakukan jual beli informasi. Siswa membuat produk berupa poster tentang rukun jual beli menggunakan karton, dengan maksimal lima kata atau simbol untuk memudahkan penjelasan.
Dalam prosesnya, beberapa siswa bertugas menjaga stand untuk menjelaskan poster, sementara yang lain berkeliling untuk mendapatkan informasi dari kelompok lain. Setelah selesai berkeliling, mereka kembali ke kelompok untuk berbagi informasi yang didapat. Di akhir kegiatan, guru memastikan semua informasi tersampaikan dengan benar dan memberi kesimpulan.
Model pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif dan melatih kemampuan komunikasi mereka. Siswa belajar bekerja sama dalam kelompok sambil memahami materi dengan cara yang menyenangkan. Cara ini sangat cocok untuk mengajarkan materi yang berhubungan dengan interaksi sosial, khususnya tentang jual beli.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Batin Kiani གིས-
Nama : Batin Kiani
Npm : 2353053017

Model pembelajaran market place terdiri dari beberapa tahapan:

1.Pembagian kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

2.Pembuatan produk: Siswa membuat poster yang berisi maksimal 15 kata atau simbol untuk menyederhanakan dan mengkomunikasikan informasi.

3.Proses jual beli informasi: Siswa bertindak sebagai penjual dan pembeli informasi, dengan satu anggota kelompok menjaga stan dan anggota lainnya membeli informasi dari kelompok lain.

4.Berbagi informasi: Informasi yang diperoleh dari kelompok lain dibagikan kepada penjaga stan agar seluruh anggota kelompok mendapat informasi.

5.Konfirmasi: Guru menanyakan informasi yang didapat dan memberikan penguatan serta kesimpulan.

Model ini mendorong kolaborasi, keterampilan komunikasi, dan membuat suasana kelas aktif dan menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Siti Nur Khalimah གིས-
Nama: Siti Nur Khalimah
NPM: 2313053212

Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) adalah metode belajar yang meniru kegiatan jual-beli di kelas. Siswa berinteraksi dengan cara tawar-menawar untuk mendapatkan informasi. Prosesnya terdiri dari lima tahap:

1. Siswa dibagi dalam kelompok.
2. Setiap kelompok membuat poster berisi materi singkat.
3. Satu siswa menjaga stand untuk menjelaskan, sementara yang lain berkeliling mencari informasi.
4. Kelompok berbagi informasi yang didapat.
5. Guru memastikan semua informasi dipahami dan memberi umpan balik.

Metode ini membuat siswa lebih aktif, melatih komunikasi, kerja sama, dan membantu pemahaman materi dengan cara yang menyenangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Husna Humaira གིས-
Nama : Husna Humaira
Npm : 2353053031
Model pembelajaran marketplace ini dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif peserta didik, mengembangkan keterampilan praktis, dan memberikan pengalaman nyata yang dapat diterapkan di dunia nyata. Dengan pendekatan yang interaktif dan kolaboratif, peserta didik dapat lebih memahami dinamika e-commerce dan keterampilan bisnis yang diperlukan.
Proses pembelajaran di marketplace sangat dinamis dan memerlukan adaptasi terus-menerus terhadap perubahan tren dan teknologi. Keterampilan yang diperoleh dari pengalaman ini dapat memberikan keunggulan kompetitif di dunia e-commerce.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Fauzya Putri Ramadani གིས-
Nama : Fauzya Putri Ramadani
NPM : 2313053221

Model pembelajaran Marketplace Activity, ini adalah metode pembelajaran yang menyerupai pasar, di mana siswa terlibat dalam jual-beli informasi di kelas.

Dalam pembelajaran ini juga dijelaskan tentang rukun jual beli dalam Islam, yang mencakup penjual, pembeli, barang, alat buka, dan hijab kabul.

Model pembelajaran Marketplace Activity memberikan pengalaman interaktif bagi siswa dalam memahami konsep ekonomi, khususnya dalam konteks ekonomi Islam. Dengan melibatkan siswa dalam proses kreatif dan kolaboratif, mereka tidak hanya belajar teori tetapi juga praktik jual-beli informasi, yang memperkuat pemahaman mereka tentang materi yang diajarkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Alifia Lintang Prameswari གིས-
Nama: Alifia Lintang Prameswari
NPM: 2313053201
Kelas: 3/G

Video ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) di kelas. Dalam model ini, siswa aktif bertukar informasi, ide, atau pengetahuan seolah-olah sedang berada di pasar. Hal ini membuat siswa lebih terlibat dan meningkatkan kerja sama di antara mereka. Dengan berinteraksi seperti ini, siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi lebih baik. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing pertukaran antar kelompok, sehingga pembelajaran menjadi lebih praktis dan siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

Model ini dirancang agar siswa tidak hanya pasif menerima pelajaran, tetapi ikut terlibat langsung dalam prosesnya. Kegiatan seperti ini membuat suasana belajar lebih dinamis, karena siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama teman melalui interaksi yang aktif. Dalam proses ini, siswa dapat saling mengajarkan apa yang mereka pahami, sekaligus menambah wawasan mereka dari sudut pandang teman-teman lain. Kegiatan ini juga memperkuat kemampuan siswa dalam bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menyampaikan ide.

Dengan menggunakan MPA, suasana belajar di kelas menjadi lebih hidup, dan materi yang biasanya abstrak atau sulit dipahami menjadi lebih nyata dan relevan bagi siswa. Model ini membantu siswa belajar bagaimana menerapkan teori ke dalam praktik, sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkomunikasi dan menyampaikan gagasan mereka kepada orang lain.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Kurnia Citrawati Utami གིས-
KURNIA CITRAWATI UTAMI
2353053019

Model pembelajaran “Market Place” adalah metode interaktif yang menggunakan konsep jual beli antar kelompok untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tahapannya meliputi:

1. Pembagian Kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Pembuatan Produk: Setiap kelompok membuat produk berupa poster berisi informasi yang dibatasi hingga 15 simbol atau gambar. Guru membimbing dan membantu kelompok memahami materi.
3. Proses Jual Beli: Satu anggota kelompok menjaga stand sementara tiga lainnya berbelanja ke kelompok lain, mencatat informasi yang mereka dapat.
4. Berbagi Informasi: Siswa yang berbelanja kembali ke kelompoknya dan membagikan informasi kepada penjaga stand, sehingga semua anggota memahami materi dari kelompok lain.
5. Tahap Konfirmasi: Guru memverifikasi informasi dari setiap kelompok dan memberikan penguatan terhadap materi yang dibahas.

Metode ini mendorong siswa untuk saling berbagi informasi dan memahami materi secara aktif, sekaligus melibatkan guru dalam memberikan klarifikasi dan bimbingan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

Syarah Kiki anisa གིས-
Nama : syarah kiki anisa
Npm : 2313053203

Penerapan model pembelajaran market place activity adalah jual beli informasi di dalam kelas. Ada 5 tahap dalam model pembelajaran ini 1. Pembagian kelompok, 2. Pembuatan produk, siswa membuat produk berupa poster 3. Proses jual beli informasi yang dilakukan dalam batas waktu 5 menit, 4. Siswa yang berbelanja ke kelompok lain dia kembali ke kelompoknya untuk menyampaikan ke penjaga stand
5. Tahap terakhir guru memberikan kesimpulan dan penguatan terhadap materi

Dengan metode ini peserta didik dapat mencari informasi dan belajar secara mandiri dan bertukar informasi kepada temannya dan guru hanya mengarahkan dan memberi penguatan atas informasi yang mereka dapat agar tidak terjadi kekeliruan