Nama: Aura Safira Zuhanaini Nurdin
Npm: 2356041040
Salah satu contoh pelayanan publik yang telah mengalami pergeseran dari sentralisasi ke desentralisasi adalah keuangan, Pelayanan publik yang berkaitan dengan keuangan mencakup berbagai bidang pengelolaan keuangan negara, seperti pengelolaan pendapatan, pengelolaan biaya, pengelolaan kekayaan negara, dan lain-lain. Dalam konteks pelayanan keuangan publik, pemerintah harus memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat, termasuk pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
Adapun upaya pengembangan Direktorat Perekonomian dalam pengelolaan pelayanan publik dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:
1. Pengelolaan pendapatan: pemerintah harus memberikan pelayanan yang efektif dalam pengelolaan pendapatan, termasuk pengelolaan pajak, kebiasaan, dll. Layanan-layanan ini harus transparan dan akuntabel untuk memastikan penggunaan pendapatan pemerintah secara efisien dan efektif.
2. Manajemen biaya: Pemerintah harus memberikan layanan yang efektif dalam manajemen biaya termasuk manajemen anggaran, manajemen biaya, dll. Pelayanan tersebut harus transparan dan akuntabel untuk memastikan penggunaan belanja pemerintah yang efektif dan efisien.
3. Pengelolaan kekayaan negara: Pemerintah harus memberikan pelayanan yang efektif dalam pengelolaan kekayaan negara, termasuk pengelolaan negara, pengelolaan kekayaan pinjaman, dan lain-lain. Pelayanannya harus transparan dan akuntabel agar dana masyarakat dapat digunakan secara efektif dan efisien.
4. Manajemen kredit: Pemerintah harus menyediakan layanan manajemen kredit yang efektif termasuk manajemen kredit, manajemen bunga, dll. Pelayanannya harus transparan dan akuntabel untuk menjamin penggunaan kredit negara secara efektif dan efisien.
5. Pengelolaan biaya: Pemerintah harus menyediakan layanan manajemen yang efektif, termasuk pengeluaran, manajemen biaya, dll. Pelayanan ini harus transparan dan akuntabel untuk memastikan penggunaan biaya pemerintah yang efektif dan efisien.
Perkembangan manajemen pelayanan publik dari segi keuangan dapat dianalisis dengan melihat struktur biaya berdasarkan fungsi/sektor, perekonomian dan sumber pendanaan. Analisis juga dapat dilakukan dengan melihat kinerja departemen, struktur biaya berdasarkan fungsi/area, dan analisis keuangan yang lebih mendalam. Dengan cara ini, pemerintah dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan serta meningkatkan kualitas layanan keuangan yang diberikan kepada masyarakat.