FORUM DISKUSI

FORUM DISKUSI

Number of replies: 44

Mahasiswa dipersilahkan untuk melakukan diskusi mengenai moral dan pendidikan moral pancasila. Seluruh mahasiswa harus aktif dan bagi kelomppok yang bertugas prsentasi bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan rekan-rekannya. Keaktifan diskusi menjadi salah satu poin penting penilaian.

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Atikah Ramadhani -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Atikah Ramadhani
NPM : 2313032033

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi.

Mengapa bangsa Indonesia mengusung konsep pendidikan moral yang berlandaskan pada nilai - nilai Pancasila?

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Atikah Ramadhani

Re: FORUM DISKUSI

by NADYA MAHAMIDA -
Nama: Nadya mahamida
NPM: 2313032035

izin menjawab

Karena Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa oleh karena itu Pancasila menjadi pedoman atau acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
In reply to NADYA MAHAMIDA

Re: FORUM DISKUSI

by Ahmad Rama 2313032063 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama: Ahmad Rama
Npm: 2313032063

Ijin menambahkan

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dijadikan sebagai pedoman dalam rangka melaksanakan pendidikan moral untuk membentuk karakter moral pada generasi muda. nilai-nilai moral yang didapat harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam lingkungan bermasyarakat sangat diperlukan kesadaran untuk saling menghormati satu sama lain, bersikap adil, bergotong-royong dan hal-hal lainnya yang sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
In reply to NADYA MAHAMIDA

Re: FORUM DISKUSI

by Irma Yunita -
Nama : irma yunita
Nmp : 2353032003

Izin menambahkan jawaban dari nadya
Bangsa Indonesia mengusung konsep pendidikan moral yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila karena Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional yang mencerminkan karakter, identitas, dan cita-cita bangsa. Berikut adalah alasan utama:

1. Membentuk Karakter Bangsa
2. Menggalang Persatuan dan kebhinikeaan
3.Mendorong Keadilan Sosial
4. Menghormati Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
5. Pengenalan Nilai-Nilai Kultural
6. Mengembangkan Kewarganegaraan yang Aktif
7.Menciptakan Masyarakat yang Bermoral dan Beretika

Pendidikan moral yang berlandaskan Pancasila adalah upaya untuk membimbing generasi muda Indonesia menjadi individu yang baik, berperan aktif dalam masyarakat, dan membangun bangsa yang adil, bersatu, dan maju. Ini adalah upaya memastikan bahwa nilai-nilai kebangsaan terakar dalam hati dan pikiran setiap warga Indonesia.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Mila Agustin -
assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
nama : milaagustin
npm : 2313032077

mengapa generasi diera sekarang perlu mempelajari tentang pendidikan moral? apakah pada saat ini moral dikalangan remaja menurun?

terimakasih, wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
In reply to Mila Agustin

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania
npm: 2313032027

izin menjawab.
karena pendididkan nilai moral sangat penting bagi generasi penerus bangsa karena kita manusia tidak bisa hidup semaunya sendiri karena di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat berbagai aturan dimana aturan tersebut sesuai dengan norma dan nilai moral yang sesuai dengan kaidah yang berlaku di masyarakat.

moral di kalanagan remaja menurun? jawabannya iya , karena banyak faktor penyebabnya terutama dari keluarga kurang perhatian, kurang kasih sayang, broken home, orang tua otoriter dan orang tua over affection. cara menanggulanginya yaitu dengan membangun keluarga yang harmonis dengan di keluarga saling mengobrol tukar pikiran dan pendapat, kemudian menanamkan pendidikan karakter di lingkungan keluarga , sekolah, dan masyarakat ( tri pusat pendididkan) sidini mungkin.
In reply to REZKY TANIA

Re: FORUM DISKUSI

by Enggy Yose -
Nama : Enggy Yose
Npm : 2313032015

Izin menambahkan terkait Jawaban saudari Rezky Tania

Bahwa yang tertulis dalam Pasal 31 ayat 3: Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

Jadi sudah semestinya para generasi di zaman sekarang menempuh pendidikan moral dan karakter baik dari tingkat Keluarga, Sekolah ataupun Masyarakat, terkait menurun nya moral dikalangan para remaja harus nya kita sebagai generasi penerus untuk memperbaiki dan mengevaluasi diri agar terciptanya moralitas yang baik di lingkungan sekolah ataupun masyarakat.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by 2313032075 2313032075 -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Mutiara Putri Syahrani
NPM: 2312032075

izin bertanya

menurut kalian bagaimana hubungan antara pendidikan moral Pancasila dengan pembentukan warga negara yang bertanggung jawab?

terimakasi wassalamualaikum
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Rhaina Rifka Nefindia -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Rhaina Rifka Nefindia
NPM : 2353032005

Izin bertanya kepada kelompok yang presentasi hari ini

bagaimana urgensi pendidikan moral pancasila pada generasi kita sekarang ini?

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Rhaina Rifka Nefindia

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania
npm: 2313032027

izin menjawab.
Hasil Penelitian dari jurnal yg saya baca Menunjukkan bahwa Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z yaitu generasi sekarang sangat penting dilakukan, hal ini disebabkan dengan adanya pendidikan pancasila diharapkan agar generasi muda tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan makna serta nilai-nilai Pancasila. Selain itu Penerapan Pendidikan Pancasila Melalui Generasi Z sangat efektif dan efisien.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Ahmad Rama 2313032063 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Nama: Ahmad Rama
Npm: 2313032063
Ijin bertanya

1. Apakah pengertian moral dan apakan bedanya dengan nilai?


Terimakasih.
In reply to Ahmad Rama 2313032063

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania
npm; 2313032027

izin menjawab.
Pengertian moral :
Secara Etimologis: bhs. Latin mos (jamak: mores), berarti tata-cara atau adat-istiadat.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1989), moral diartikan sebagai akhlak, budi pekerti, atau susila. Kata Moral sering disinonimkan dengan Etika, berasal dari bhs. Yunani (Ethos berarti: kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap atau cara berfikir).
Kata Moral sering juga dipadankan dengan kata akhlak (bhs. Arab, berarti:perangai (watak, tabiat) yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan, tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya.
Sedangkan Nilai adalah Sesuatu yang menunjuk kepada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Irma Yunita -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Irma Yunita
NPM : 2353032003


Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi

Dari materi makalah kelompok 4 yang saya baca, di dalam makalah tersebut menjelaskan tentang " memasukkan materi pendidikan moral Pancasila di setiap jenjang pendidikan dan menghidupkan kembali program penataran P4 dengan wajah baru dan selera generasi milenial.
Pertanyaan saya " bagaimana strategi yang efektif untuk membumikan kembali program penataran P4 dengan cara yang sesuai dengan selera generasi milenial"

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Irma Yunita

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
Nama : rezky tania
Npm: 2313032027

Izin menjawab

dihidupkannya kembali Program Penataran P4 dengan wajah baru yang disesuaikan dengan selera generasi milenia, sehingga proses internalisasi nilai-nilai Pancasila tidak dirasakan sebagai suatu yang dipaksakan. Selain itu, media sosial sebagai media baru di tengah kemajuan saat ini berperan penting dalam upaya menyebarluaskan serta mengembalikan marwah dari nilai luhur yang ada pada pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi generasi milenial saat ini. Disamping sebagai sarana interaksi, media sosial dapat berfungsi sebagai sarana edukasi. Sebagai sarana komunikasi sekaligus edukasi, maka oleh para pengguna yang notabennya berasal dari individu. kelompok maupun institusi, sajian konten yang sarat makna mengenai nilai luhur pancasila perlu senantiasa disampaikan secara menarik dan berkesinambungan agar pesan tersebut dapat diterima oeh berbagai kalangan. Sajian konten tersebut tentu saja dapat diiringi dengan upaya dari para pengguna untuk menjadi role model bagi orang lain dalam upaya mengimplementasikan nilai yang ada pada pancasila.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Sabrina Birri Sintia 2313032017 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Sabrina Birri Sintia
NPM : 2313032017
Saya izin bertanya kepada kelompok yang bertugas
Bahwa Bagaimana upaya menanamkan keindahan dan keagungan akhlak dalam lingkungan pendidikan
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Nayla Azizah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Nayla Azizah
NPM : 2313032057

Izin bertanya
Apabila tidak ada pendidikan moral yang berlandaskan Pancasila apa yang akan terjadi pada bangsa Indonesia terutama di kalangan remaja

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Ratri Pramudita -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama:Ratri pramudita
NPM:2313032011

Izin bertanya

Apa saja nilai nilai moral yang terkandung dalam pancasila? berikan contohnya

terimakasih,wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Ratri Pramudita

Re: FORUM DISKUSI

by Irma Yunita -
Nama : irma yunita
NPM : 2353032003

Izin menjawab

Pancasila, sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia, mengandung beberapa nilai moral utama. Berikut adalah nilai-nilai moral yang terkandung dalam Pancasila beserta contohnya:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa:
- Nilai moral: Kehormatan dan ketaatan terhadap Tuhan.
- Contoh: Beribadah, menghormati tempat ibadah, dan menjalankan ajaran agama dengan baik.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab:
- Nilai moral: Menghargai martabat manusia, mengedepankan keadilan, dan berperilaku etis.
- Contoh: Menghormati hak asasi manusia, membantu sesama yang membutuhkan, dan menghormati perbedaan individu.

3. Persatuan Indonesia:
- Nilai moral: Mempromosikan persatuan, kebersamaan, dan solidaritas antarwarga.
- Contoh: Menghargai keberagaman budaya, suku, dan agama, serta bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan:
- Nilai moral: Demokrasi, partisipasi aktif, dan musyawarah untuk mengambil keputusan yang baik.
- Contoh: Berpartisipasi dalam pemilihan umum, memberikan suara, dan berbicara untuk kepentingan masyarakat.

5. Keadilan Sosial untuk Seluruh Rakyat Indonesia:
- Nilai moral: Mempastikan adanya keadilan sosial dan distribusi sumber daya yang merata.
- Contoh: Mendorong kesetaraan, membela keadilan bagi semua golongan masyarakat, dan membantu mereka yang membutuhkan.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by najua fauzani -
assalamuailaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama:najua fauzani
npm:2353032001
izin bertanya kepada kelompok yabg bertugas presentasi hari ini
pertanyaan:apa yang membedakan pendidikan moral pada umumnya dengan pendidikan moral yang berdasarkan pancasila dan mengapa harus ada pendidikan moral di indonesia yang berlandaskan pancasila ?

sekian terimakasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Dini Apriliani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Dini Apriliani
NPM: 2313032007

Izin bertanya kepada kelompok yang presentasi hari ini

Bagaimana dampak positif pendidikan moral pancasila terhadap pembentukan karakteristik pemuda indonesia?

Terimakasih
In reply to Dini Apriliani

Re: FORUM DISKUSI

by Alvina juliani Bahri -
Nama : Alvina juliani bahri
Npm : 2313032025

Izin menjawab dari pertanyaan Dini Aprliani

Pendidikan moral Pancasila dapat memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakteristik pemuda Indonesia, berikut dampak positifnya :
1. Meningkatkan kesadaran moral
2. memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
3. membantu pemuda Indonesia untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang lebih maju dan berkembang
In reply to Dini Apriliani

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama; rezky tania
npm: 2313032027

izin menjawab.
Pendidikan moral Pancasila memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembentukan karakteristik pemuda Indonesia. Berikut adalah beberapa dampak positifnya:

1. Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila:
Pendidikan moral Pancasila membantu pemuda memahami dan menginternalisasi nilai-nilai dasar Pancasila, seperti gotong royong, keadilan sosial, demokrasi, dan persatuan. Hal ini membentuk pemuda yang memiliki landasan moral yang kuat.

2. Berkembangnya Sikap Toleransi dan Menghormati Perbedaan:
Pemuda yang teredukasi dalam pendidikan moral Pancasila akan memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap perbedaan budaya, agama, dan pandangan. Mereka belajar untuk menghormati keragaman dan membangun harmoni sosial.

3. Kepemimpinan yang Berkualitas:
Pembelajaran tentang kepemimpinan dan tanggung jawab sosial dalam konteks Pancasila mendorong pemuda untuk menjadi pemimpin yang adil, bertanggung jawab, dan memimpin dengan integritas.

4. Kecerdasan Emosional dan Empati:
Pendidikan moral membantu mengembangkan kecerdasan emosional dan empati pada pemuda. Mereka belajar untuk memahami perasaan dan perspektif orang lain, menciptakan masyarakat yang lebih empatik dan peduli.

5. Kesadaran Lingkungan yang Tinggi:
Nilai Pancasila seperti tanggung jawab sosial dan keadilan berkontribusi pada kesadaran pemuda terhadap perlindungan lingkungan dan keberlanjutan, menghasilkan generasi yang peduli terhadap alam.

6. Pemuda Berintegritas dan Jujur:
Pendidikan moral Pancasila menanamkan prinsip integritas dan kejujuran pada pemuda, membentuk karakter yang kuat dalam hal etika dan moralitas pribadi.

7. Kepedulian Sosial dan Kesejahteraan Bersama:
Melalui nilai-nilai Pancasila, pemuda dibimbing untuk peduli terhadap kesejahteraan bersama, memupuk semangat gotong royong, membantu sesama, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
8. Keterlibatan Aktif dalam Demokrasi:
Pendidikan moral Pancasila mengajarkan prinsip-prinsip demokrasi dan kewarganegaraan yang memotivasi pemuda untuk terlibat secara aktif dalam proses demokratis, seperti pemilihan umum dan pengambilan keputusan publik.

Dengan demikian, pendidikan moral Pancasila membentuk pemuda yang memiliki karakter kuat, peduli, bertanggung jawab, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat dan negara. Ini merupakan investasi yang sangat penting untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Perina Dwi Astuti -
Assalamualaikum warahmatlahi wabarakatuh.
Nama:perina Dwi Astuti
Npm:2313032019
Kelas:A

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi

katanya kan pendidikan budi pekerti adalah progam pengajaran disekolah yang bertujuan mengembangkan minat yang berakhlak mulia melalui kejujuran,disiplin dan kerja sama apakah itu semua sudah diterapkan di sekolah?

Terimakasih
In reply to Perina Dwi Astuti

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania 2313032027

izin menjawab.

Pendidikan budi pekerti, yang bertujuan untuk mengembangkan minat yang berakhlak mulia melalui kejujuran, disiplin, kerja sama, serta nilai-nilai moral lainnya, seharusnya menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan di sekolah. Namun, implementasi program ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kebijakan sekolah, kualitas pengajaran, komitmen para pendidik, dan budaya sekolah.

Di beberapa sekolah, pendidikan budi pekerti dan program serupa telah diterapkan dengan serius. Para pendidik berupaya mengintegrasikan nilai-nilai moral, etika, dan kedisiplinan dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini, siswa diberi pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai tersebut dan diberi contoh nyata untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, di beberapa tempat, implementasi mungkin belum optimal. Beberapa tantangan yang dihadapi termasuk kurangnya pelatihan bagi pendidik terkait pendidikan budi pekerti, terbatasnya sumber daya, dan fokus yang lebih kuat pada pencapaian akademik dibandingkan dengan pengembangan karakter.

Penting untuk mencatat bahwa setiap sekolah dan lembaga pendidikan memiliki pendekatan dan konteks unik. Penting untuk terus mendorong pendidikan budi pekerti dan memastikan bahwa nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, dan kerja sama terintegrasi secara efektif dalam kurikulum dan lingkungan sekolah. Ini akan membentuk generasi yang lebih baik dan memiliki karakter moral yang kuat.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by 2313032059 2313032059 -
NAMA : Intan Rasita
NPM : 2313032059

izin bertanya kepada kelompok yang bertugas

seperti yang kita ketahui saat ini maraknya kasus pembullyan disekolah yang dimana kasus tersebut sangat merusak moral dan kasus tersebut melanggar sila ke 2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab, pertanyaan saya bagaimana tanggapan kalian tentang kasus yang merusak moral pancasila? dan berikan solusinya!

Terimakasih
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Malikah Az-Zahra -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Nama: Malikah Alya Az-Zahra
Npm: 2313032051

Izin bertanya
Jelaskan bagaimana peran nilai-nilai moral Pancasila dalam kemajuan teknologi di era milenial.

Terimakasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh.
In reply to Malikah Az-Zahra

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania 2313032027

izin menjawab.
Nilai-nilai moral Pancasila memainkan peran yang penting dalam kemajuan teknologi di era milenial, terutama dalam konteks pemanfaatan teknologi yang etis, bertanggung jawab, dan bermanfaat bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa peran pentingnya:

1. Pengembangan Teknologi yang Bermartabat:
Nilai-nilai Pancasila seperti kemanusiaan, keadilan sosial, dan ketuhanan yang maha esa membimbing pengembangan teknologi yang mempertimbangkan kepentingan kesejahteraan manusia dan meminimalkan dampak negatif pada masyarakat.

2. inovasi Berkelanjutan yang Berlandaskan Keadilan:
Nilai keadilan sosial yang tercermin dalam Pancasila dapat mendorong inovasi teknologi yang mencakup semua lapisan masyarakat, memastikan akses yang adil dan kesetaraan dalam manfaat teknologi.

3. kemajuan Teknologi yang Berkelanjutan:
Pancasila mendorong pemikiran jangka panjang dan keberlanjutan. Penggunaan teknologi yang sesuai dengan nilai-nilai ini akan membantu memastikan pengembangan teknologi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini tetapi juga memperhatikan masa depan.

4. Penerapan Teknologi untuk Kemajuan Bangsa:
Nilai persatuan Indonesia mendorong pengembangan dan penerapan teknologi untuk meningkatkan persatuan, membangun identitas nasional, serta mengatasi perbedaan dan kesenjangan.

5. Tanggung Jawab Sosial Teknologi:
Nilai tanggung jawab sosial dan gotong royong dalam Pancasila dapat membimbing pemanfaatan teknologi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti melalui proyek-proyek sosial dan pemberdayaan komunitas.

6. Etika Digital dan Perlindungan Privasi:
Nilai kejujuran dan menjunjung tinggi martabat manusia mendorong adopsi etika digital dan perlindungan privasi dalam pengembangan teknologi, memastikan bahwa keamanan dan privasi individu dihormati.

7. Pendidikan dan Kesadaran Teknologi:
Pancasila mendorong penyelenggaraan pendidikan teknologi yang seimbang, mengajarkan etika penggunaan teknologi, serta membangun kesadaran akan konsekuensi moral dari tindakan online.

Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan dan penggunaan teknologi di era milenial akan membawa manfaat besar bagi masyarakat. Hal ini akan membentuk dasar yang kokoh untuk inovasi dan teknologi yang berpihak kepada kepentingan masyarakat luas, serta memastikan keadilan dan kesejahteraan bagi semua.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Enggy Yose -
Assalamualaikum wr.wb

Nama: Enggy Yose
Npm: 2313032015

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas

Telah dijelaskan bahwa Istilah Pendidikan Moral ada 3 yaitu
a.Pendidikan nilai
b.Pendidikan Budi pekerti
c.Pendidikan Karakter

Pertanyaan adalah
Apakah 3 istilah ini dapat diterima dimasyarakat kita dan cara penerapan nya bagaimana?

terimakasih
wassalamu'alaikum wr.wb
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by nabila laura 2313032023 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Nabila Laura
Npm: 2313032023

Izin bertanya
Pendidikan moral Pancasila adalah membentuk dan mengembangkan sikap,nilai dan moralitas yang sejalan dengan sila Pancasila yang merupakan ideologi dasar negara Indonesia
Lalu,Bagaimana pendidikan moral Pancasila yang dapat diterapkan di sekolah ?
In reply to nabila laura 2313032023

Re: FORUM DISKUSI

by Alvina juliani Bahri -
Nama : Alvina juliani bahri
Npm : 2313032025

Izin menjawab pertanyaan Nabila laura

Pendidikan Moral Pancasila bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan sikap, nilai, dan moralitas yang sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila, yaitu ideologi dasar negara Indonesia. beberapa cara pendidikan moral Pancasila yang dapat diterapkan di sekolah ;

1. Upacara Bendera
2. Ekstrakurikuler
3. Kegiatan pengembangan diri
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Rima Fadhilatunnisa -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Rima Fadhilatunnisa
Npm:2353032011
Kelas:A

Izin bertanya mengenai presentasi DKPM kelompok 4

Bagaimana eksistensi moral dalam pendidikan pancasila dan bagaimana agar tujuan moral pendidikan pancasila dapat terealisasikan dengan baik?

Terimakasih Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Antonia Alda Resalda -
Selamat pagi semuanya
Nama: Antonia Alda Resalda
NPM: 2313032055

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi

Pada pendidikan nilai terdapat kata mempertimbangkan objek dan muhit moral.. maksud yang dimaksud muhit moral?
Sekian dari saya terimakasih
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Lanang Maulana -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Lanang Maulana
NPM : 2313032041

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi

Menurut kalian bagaimana cara yang efektif dalam menanamkan pendidikan moral pancasila kepada setiap anak di indonesia?

Tolong di jawab ya,,terima kasih
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Susan FEBRIYANTI 2313032005 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Susan Febriyanti
Npm:2313032005
Izin bertanya kepada kelompok 4 bagaimana cara anda mengajarkan pendidikan moral kepada peserta didik agar mereka bisa memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Sekian terimakasih
In reply to Susan FEBRIYANTI 2313032005

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama: rezky tania
npm: 2313032027

izin menjawab.
dengan cara:
Memberikan contoh yang baik.
Menyelipkan pesan moral di setiap pembelajaran.
Memberikan penghargaan dan apresiasi.
Bersikap jujur dan terbuka.
Mengajarkan sopan santun.
Memberikan inspirasi
selanjutnya ditanamkan yaitu kebiasaan berdoa sebelum memulai pelajaran, tidak membedakan siswa yang pintar dan kurang pintar, mengajarkan saling menghargai perbedaan pendapat, mengajarkan melakukan sendiri tugas yang menjadi tanggung jawabnya, mengajarkan sikap berani dan sportif.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Laila Fatia Maharani -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Laila Fatia Maharani
NPM: 2313032039
Izin bertanya kepada kelompok 4

Apa pendapat kelompok kalian agar seorang guru bisa maksimal memberikan pendidikan moral terhadap muridnya.

Terimakasih, wassalamu'alaikum .
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Muhammad Rizky Al-Farizi -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Muhammad Rizky Alfarizi
NPM : 2313032053

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi

Apakah sikap seseorang akan berpengaruh terhadap moral seseorang, apakah orang yang berprilaku baik dapat di pastikan bahwa dia memiliki moral yang baik juga?

Terimakasih Wassalamualikum Warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Muhammad Rizky Al-Farizi

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
nama; rezky tania 2313032027
izin menjawab.

Tentu saja moral berpengaruh kepada sikap. Karena moral adalah karakter yang ada pada diri seseorang dalam menilai baik maupun buruknya sesuatu, sedangkan sikap adalah bentuk tindakan moral tersebut. Jadi, apabila orang tersebut memiliki sikap yang baik maka akan dipastikan bahwa moralnya pun pasti baik.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Salma Tabina 2313032065 -
Assalamualaikum wr wb
Nama: Salma Tabina
NPM: 2313032065

Izin bertanya kepada kelompok yg bertugas

Bagaimana pengaruh era globalisasi pada saat ini terhadap perkembangan pendidikan moral?

Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr wb
In reply to Salma Tabina 2313032065

Re: FORUM DISKUSI

by Dwi Khusnatun nisa -
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Dwi Khusnatun Nisa
Npm:2313032081
Izin menjawab pertanyaan dari saudari salma tabina.
Pengaruh globalisasi pada saat ini di dalam perkembangan pendidikan moral dapat kita lihat sendiri dari adanya sisi positif yang dapat kita ambil dan dari sisi negatifnya sendiri pun telah ada yang seharusnya kita tinggalkan atau kita lebih perhatikan di dalam perkembangan moral saat ini. Dapat di lihat dari sisi positif yang ada bahwa pengaruh globalisasi dapat menjadikan perkembangan moral dapat menjadi lebih baik karena informasi dapat dilakukan dengan cepat. Ajaran agama, motivasi, pendidikan, dan pengetahuan dapat diakses oleh siapa saja dengan cepat. Sehingga dengan globalisasi dimungkinkan perkembangan moral dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.Sedangkan dari sisi negatifnya sendiri pun dapat kita lihat bahwa globalisasi memberikan dampak atau pengaruh adanya pada kehidupan pada bidang pendidikan seperti yang dapat kita lihat proses menurunnya kualitas etika moral siswa- siswa,masyarakat yang ada pada saat ini, kesenjangan sosial semakin meningkat, kebudayaan lokal semakin hilang dan pudar, serta munculnya tradisi serba instan dan cepat.Semua itu dapat kita atasi dan kita cegah dengan cara pandang kita sebagai generasi penerus bangsa lalu bagaimana cara kita menjaga pendidikan moral kita agar bangsa ini terlihat tetap terjaga nilainya di pandangan bangsa lain.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Ichwan Karunia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nama : ichwan karunia
Npm : 2313032001
Kelas : A



Izin bertanya , untuk kelompok 4,saat ini banyak sekali kejadian perundungan,dan kekerasan terhadap teman di sekolah dan rata rata terjadi tanpa sepengetahuan tenaga pendidik,yg saya ingin tanyakan, bagaimanakah tindak lanjut guru terhadap pelatihan moral untuk anak didik agar tidak terjadi hal serupa
In reply to Ichwan Karunia

Re: FORUM DISKUSI

by REZKY TANIA -
Nama : Rezky Tania
Npm: 2313032027
Kelompok 4
Izin menjawab.

Jadi yg harus di lakukan yaitu dimulai dari tenaga pendidikan yang mulai mendekati siswa maksutnya lebih dekat dengan siswa lebih memahami siswa siswa yang beliau ajar di sekolahan, kemudian beri mereka suport untuk berani melawan kalo dia dalam posisi di buly, maksutnya melawan kalo dia di buly dia tidak diam saja tapi berani tanggap atas pembuliyan dari temannya.
Selanjutnya tenaga pendidik harus memantau siswa,dan memahami setiap karakter siswa,dan melakukan tindak lanjut terhadap pelaku perundungan dan mendalami motif sampai akar akar,dan tenaga pendidikan harus profesional yaitu tidak pilih kasih untuk tiap siswa siswinya.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Aftesia Labira lauli -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Aftesia labira lauli
NPM : 2313032013

Izin bertanya kepada kelompok yang bertugas presentasi.

Mengapa pendidikan Pancasila itu sangat penting terutama bagi para peserta didik dalam setiap jenjang pendidikan?
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Nugraha Gading Priandana 2313032003 -
Assalamualaikum wahamatulahi wabarakatuh
Nama : Nugraha Gading Priandana
NPM : 2313032003

Izin bertanya,

di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu sering kita temui hal hal yang memang bisa di bilang tidak bermoral, bukan hanya masyarakatnya saja melainkan juga pemerintah atau instansi pemerintah juga sering melakukan tindakan yang menurut saya tidak bermoral, contohnya adalah yang akhir akhir ini viral mengenai perebutan lawan atau penggusuran lahan yang terjadi di rempang batam dan yang terjadi di lampung tengah, lalu apa tanggapan teman teman dari kelompok 4 mengenai hal tersebut?

terima kasih