Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
NPM: 2213053269
analisis video 2
Video tersebut merupakan sebuah percakapan yang berfokus pada topik pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Berikut adalah analisis dari beberapa poin yang disampaikan dalam video:
1. Yang pertama pembicara memulainya dengan memberikan informasi mengenai mata kuliah yang akan dibahas, yaitu "Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini." Hal ini menunjukkan bahwa pembicaraan akan berkaitan dengan pendidikan anak usia dini dan pengembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anak.
2. Yang kedua pembicara menjelaskan bahwa penilaian adalah salah satu tugas penting guru pada satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Penilaian memiliki tujuan untuk membantu guru dalam memahami perkembangan anak-anak, termasuk perkembangan moral dan agama. Ini membantu guru untuk merencanakan pendekatan pembelajaran yang sesuai.
3. Yang ketiga pembicara menyampaikan manfaat penilaian bagi berbagai pihak, termasuk anak-anak, orang tua, dan guru. Penilaian membantu memelihara pertumbuhan anak, memberikan stimulasi sesuai dengan minat perkembangan, memberikan dukungan yang sesuai, dan memberikan informasi tentang pertumbuhan anak.
4. Yang keempat pembicara menjelaskan delapan prinsip penilaian, termasuk prinsip berkelanjutan, objektif, angkutable, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Prinsip-prinsip ini menggarisbawahi pentingnya penilaian yang adil, berkualitas, dan bermakna bagi perkembangan anak.
5. Yang kelima pembicara membahas mengenai teknik penilaian yang mencakup berbagai tingkat perkembangan anak, seperti usia 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun, dan 5-6 tahun. Pembicara juga menjelaskan teknik penilaian yang mencakup kategori nilai seperti "BB" (belum berkembang), "MB" (mulai berkembang), "BSH" (berkembang sesuai harapan), dan "BSB" (berkembang sangat baik).
6. Yang keenam pembicara juga menjelaskan mekanisme penilaian, termasuk menyusun instrumen penilaian, melaksanakan proses penilaian, mendokumentasikan hasil penilaian, dan melaporkan hasil penilaian kepada orang tua.
7. Yang ketujuh pembicara juga menyebutkan beberapa bentuk penilaian, seperti penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, dan penilaian semester. Portofolio anak dan dokumen lain digunakan untuk mencatat informasi tentang kemajuan belajar anak.dan yang terakhir pembicara menutup presentasinya dengan menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.
Nah jadi video ini memberikan pandangan yang baik tentang pentingnya penilaian dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan wawasan tentang prinsip-prinsip, teknik, dan mekanisme penilaian yang relevan dalam konteks ini.
NPM: 2213053078
Analisis video 2
Instrumen penilaian Pengembangan nilai agama dan moral.
Video ini sangat cocok ditonton oleh kita sebagai calon seorang pendidik yang harus bisa memberikan penilaian yang tepat kepada peserta didik yang kita didik untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak tersebut.
Video tersebut menjelaskan mengenai:
Instrumen penilaian adalah Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Manfaat penilaian
1. Bagi anak, untuk memelihara pertumbuhan anak untuk lebih sehat dan konsisten. Perkembangan anak lebih optimal. Mendapatkan stimulasi yang sesuai. Anak mendapat dukungan yang sesuai.
2. Bagi orang tua, akan memperoleh informasi tentang anaknya. Memudahkan irnag tua untuk memberi stimulasi saat dirumah. Memberi dukungan utk memenuhi kebutuhan anak
3. Bagi guru, mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak. Mengetahui stimulasi sesuai kebutuhan. Dan memberi dukungan yang tepat.
Prinsip-prinsip penilaian yaitu:
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, bermakna.
Teknik dan lingkup penilaian
Mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak.
Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetap indikator pencapaian
2. Melaksanakan proses
3. Mendokumentasika
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian
1. BB, belum berkembang
2. MB, mulai berkembang
3. BSH, berkembang sesuai harapan
4. BSB, berkembang sangat baik.
Bentuk penilaian
Penilaian harian, penilaian mingguan penilaian bulanan , penilaian semester, portofolio anak, dokumen lain sesuai yang dibutuhkan.
Nah dari materi yang disampaikan dalam.video sudah jelas dapat membantu pemahaman kita mengenai instrumen penilaian. Ini yang dapat saya simpulkan dari materi yang dijelaskan dalam video. Sangat bermanfaat untuk kita sebagai calon pendidik dalam melakukan penilaian perkembangan peserta didik.
Npm: 2213053145
Dalam video ini, pembicara berfokus pada pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Berikut adalah analisis beberapa poin kunci yang disampaikan:
1. Video dimulai dengan pembicara memperkenalkan topik pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Ini menegaskan bahwa pembahasan akan berfokus pada aspek penting dalam pendidikan anak-anak usia dini yang berkaitan dengan nilai-nilai agama dan moral.
2. Pembicara menjelaskan bahwa penilaian adalah bagian integral dari pendidikan anak usia dini. Penilaian bertujuan membantu guru memahami perkembangan anak, termasuk aspek moral dan agama. Dengan pemahaman ini, guru dapat merancang pendekatan pembelajaran yang sesuai.
3. Manfaat penilaian diuraikan, yang melibatkan peran penting bagi anak-anak, orang tua, dan guru. Penilaian membantu memelihara pertumbuhan anak, memberikan stimulasi sesuai dengan perkembangan mereka, memberikan dukungan yang tepat, dan memberikan informasi penting tentang perkembangan anak.
4. Pembicara menyampaikan delapan prinsip penilaian yang harus dipegang, termasuk prinsip berkelanjutan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna. Prinsip-prinsip ini menekankan pentingnya penilaian yang adil, berkualitas, dan bermakna dalam perkembangan anak.
5. Teknik penilaian dijelaskan, mencakup berbagai tingkat perkembangan anak di usia yang berbeda, seperti 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun, dan 5-6 tahun. Pembicara juga menjelaskan teknik penilaian yang menggunakan kategori nilai seperti "BB" (belum berkembang), "MB" (mulai berkembang), "BSH" (berkembang sesuai harapan), dan "BSB" (berkembang sangat baik).
6. Mekanisme penilaian termasuk langkah-langkah seperti menyusun instrumen penilaian, melaksanakan proses penilaian, mendokumentasikan hasil penilaian, dan melaporkan hasil penilaian kepada orang tua.
7. Pembicara juga menyinggung berbagai bentuk penilaian, seperti penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, dan penilaian semester. Portofolio anak dan dokumen lain digunakan untuk mencatat informasi mengenai kemajuan belajar anak.
Video ini memberikan pandangan yang baik tentang pentingnya penilaian dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan wawasan tentang prinsip-prinsip, teknik, dan mekanisme penilaian yang relevan dalam konteks ini.
NPM: 2213053183
Dalam vidio ini membahas tentang instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini ,pada setiap satuan PAUD guru ini tugasnya tidak hanya merencanakan melaksanakan mengevaluasi saja tetapi juga menilai menilai hasil belajar setiap anak nah penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan yang harus dilakukan oleh guru PAUD Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai Adapun definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orangtua maupun bagi guru manfaatnya bagi anak untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap panas sehingga tahu ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak ,yang kedua perkembangan anak menjadi lebih optimal yang ketiga anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya yang keempat anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya berikutnya bagi orang tua orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan PAUD ,berikutnya yang kedua memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah yang ketiga yaitu membuat keputusan bersama antara orangtua dengan pihak satuan PAUD dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak berikutnya yaitu manfaat bagi guru manfaat bagi guru untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak yang kedua mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak yang ketiga mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya yang keempat dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak yang terakhir yaitu yang kelima ya memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya yaitu prinsip-prinsip Penilaian prinsip-prinsip penilaian ini terbagi menjadi delapan yang pertama yaitu mendidih jadi proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal yang kedua yaitu berkesinambungan berkesinambungan ini penilaian dilakukan secara rencana bertahap dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya yang ketiga yaitu objektif jadi penilaian harus dilakukan secara adil yang keempat adalah angkun table penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan yang kelima yaitu transparan jadi penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak yang berkepentingan yang keenam adalah sistematis penilaian ini dilakukan secara teratur teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan berbagai instrumen yang ke-7 yaitu menyeluruh jadi penilaian ini mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan yang kedelapan yaitu bermakna jadi hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak orangtua guru dan pihak lain yang relevan teknik-teknik dan lingkup penilaian teknik penilaian ini mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak kiri sesuai dengan materi yang sudah kita bahas sebelumnya kita juga sejak mempelajari tentang tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai dengan usia yaitu pada usia 2-3 tahun 3-4 tahun 4-5 tahun serta 5 = 6 tahun untuk instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian ini meliputi Instrumen penilaian proses catatan anekdot publik dan atau Instrumen penilaian hasil kemampuan anak jadi kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anak pada satu hari pembelajaran itu akan dinilai oleh pendidikan khusus adiknya atau guru anak usia dini Adapun mekanisme penilaian JD terbagi menjadi empat yang pertama yaitu menyusun teknik Instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak jadi setiap lembaga PAUD pendidik wajib menyusun terlebih dahulu Instrumen penilaian dan disesuaikan dengan indikator capaian perkembangan anak yang kedua yaitu melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan Instrumen penilaian jadi selesai menyusun Instrumen penilaian guru melaksanakan atau menilai perkembangan setiap anak-anak yang ketiga yaitu mendokumentasikan Penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan yang teratur yaitu yang keempat melaporkan capaian perkembangan anak ini pada orangtua rasanya laporan capaian perkembangan anak ini diterima oleh orangtua pada akhir semester jadi ketika orangtua menerima raport orangtua juga akan menerima laporan capaian perkembangan masing-masing anak.selanjutnya yaitu teknik penilaian teknik penilaian ini terbagi menjadi 4 yaitu bibir MB bsh dan BS pke BB ini artinya belum berkembang jadi bila anak-anak ini dalam melakukan kegiatan harus dibantu dibimbing dan dicontohkan itu nilainya BB berikutnya MB artinya mulai berkembang jadi bilang anak-anak melakukan kegiatan tetapi harus diingatkan harus sedikit dibantu oleh guru itu nilainya MB mulai berkembang yang ketiga yaitu bsh biasa ini artinya berkembang sesuai harapan jadi bila anak ini dapat melakukan kegiatannya secara mandiri konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru ini akan mendapatkan bsh yang terakhir adalah BSB ini adalah capaian yang tertinggi untuk perkembangan anak-anak BSB ini artinya berkembang sangat baik Jadi jika anak-anak ini sudah dapat melakukan kegiatannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator anak-anak seperti ini dapat diberi nilai bbbbq yaitu berkembang sangat bayi di seluruh kegiatan pembelajaran pada layanan PAUD yang dilakukan oleh peserta didik perlu dinilai sehingga diperoleh berbagai informasi mengenai keberhasilan anak dan agambar and tumbuh-kembang setiap anaknya nah penilaian ini mencakup seluruh aspek perkembangan yang terkait dengan kompetensi dasar atau Biasa disingkat dengan KG Nah bentuk-bentuk penilaian itu ada penilaian harian penilaian mingguan penilaian bulanan penilaian semester portofolio anak dan dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD jadi setiap satuan PAUD ini memiliki kebijaksanaan masing-masing sehingga dokumen yang dibutuhkan ini beragam atau berbeda-beda hal ini digunakan untuk mencatat seluruh informasi yang akan dapat membantu guru untuk memantau kemajuan belajar hasil belajar dan melakukan perbaikan hasil kegiatan belajar pada setiap panas bentuk penilaian yang telah dilakukan oleh guru PAUD dijadikan rekaman hasil penilaian.
Nama: Yuda Kristian Lumban Raja
NPM: 2213053260
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan beragam cara dan alat penilaianManfaat:
1. Bagi Peserta didik:
Untuk memelihara pertumbuhan peserta didik agar sehat dan konsisten
Perkembangan peserta didik lebih optimal,
Peserta didik mendapatkan simulasi sesuai dengan minat
Peserta didik mendapatkan dukungan lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya
2. Bagi Orang Tua:
Orang tua akan mendapatkan informasi pertumbuhan, perkembangan dan minat peserta didik
Memudahkan orang tua mensimulasikan
Membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak sekolah
3. Bagi Guru:
Untuk mengetahui, sikap, berkembangan Peserta didik
Mendapatkan informasi awal dalam permasalahan perkembangan peserta didik
Mengetahui kesesuaian simulasi dalam kebutuhan nya
Prinsip Penilaian
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup pencapaian perkembangan peserta didik dan dapat dijadikan pedoman penilaian peserta didik meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot dan rubrik
Mekanisme penilaian yaitu:
Menyusun teknik instrumen penilaian
Melaksanakan proses penilaian
Mendokumentasikan proses penilaian dan hasil belajar peserta didik
Melaporkan capaian perkembangan peserta didik
Bentuk penilaian
Harian, mingguan, bulanan, semester, portofolio anak, dokumentasi lain yang diperlukan.
NPM: 2213053287
Analisis video 2
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral
Video ini bisa dijadikan sebagai bekal untuk kita para calon pendidik, agar dalam bertindak untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik kita tidak keliru dan kita dapat menghasilkan penilaian yang efektif demi jalannya sebuah pembelajaran.
Dalam video penyaji menjelaskan bahwa instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar termasuk nilai moral dan agama.
Manfaat penilaian yaitu
Bagi anak (untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten pertumbuhannya serta dapat memantau perkembangan setiap anak)
Bagi orang tua( memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak)
Bagi guru (Mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan perkembangan anak, serta dapat mengetahui tentang hambatan dalam tumbuh kembang setiap anak agar guru dapat mengambil tindakan guna menghilangkan hambatan itu)
Menurut penyaji prinsip-prinsip penilaian ada 8 yaitu: mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh dan bermakna.
Prinsip-prinsip ini menjadi acuan dalam menjalankan proses penilaian agar berjalan dengan lancar dan efektif.
Teknik dan lingkup penilaian
Menurut penyaji, teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak, yang meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Jadi, Kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pembelajaran akan dinilai oleh guru.
Menurut penyaji mekanisme penilaian meliputi: menyusun teknik instrumen penilaian dan menetapkan indikator capaian, melaksanakan proses penilaian, mendokumentasikan penilaian proses dan hasil, serta melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Berdasarkan penjelasan penyaji, teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu:
1. BB (Belum Berkembang), dalam kegiatan harus dibantu, dibimbing dan dicontohkan.
2. MB (Mulai Berkembang), dalam kegiatan harus diingatkan, dibantu oleh guru.
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan), melakukan kegiatan secara mandiri dan konsisten.
4. BSB (Berkembang Sangat Baik) dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan sudah dapet membantu temannya.
Berdasarkan penjelasan penyaji dalam video, bentuk penilaian yang dilakukan adalah penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen yang diperlukan.Bentuk penilaian yang dilakukan jadikan rekaman hasil penilaian.
Jadi kesimpulannya adalah instrumen penilaian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan anak, dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak maka guru dapat mengambil tindakan yang akan dilakukan demi mensukseskan pembelajaran.
NPM : 2213053064
Dalam video menjelaskan bahwa sebagai seorang guru PUAD tugasnya tidak hanya merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi saja tetapi juga menilai menilai hasil belajar setiap anak nah penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting yang harus dilakukan oleh guru PAUD.
Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan aspek yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin sudah dapat dicapai. Instrumen Penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat instrumen penilaian bagi anak memiliki beragam manfaat yang penting untuk perkembangan anak. Seperti, dapat mengetahui pemahaman perkembangan individu, mengukur kemajuan, pengembangan keterampilan bahasa, mendorong pengembangan sosial dan emosional, dan mengukur tujuan pembelajaran.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki manfaat penting bagi orang tua. Seperti dapat memantau pemahaman perkembangan anak, pemantauan kemajuan, pengenalan kebutuhan khusus, keterlibatan dalam pendidikan anak, kolaborasi dengan guru, mengambil keputusan pendidikan yang tepat, peningkatan kualitas interaksi orang tua-anak, pemahaman kualitas penyelenggaraan PAUD, dan pemantauan tujuan pembelajaran.
Manfaat penilaian bagi guru yaitu pemahaman perkembangan anak, perencanaan pembelajaran yang dapat disesuaikan, evaluasi efektivitas pengajaran, pendukung perkembangan bahasa, komitmen untuk keterlibatan orang tua, mengukur kemajuan anak, menginformasikan perencanaan kurikulum, dan pengembangan profesional.
Penilaian dalam satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melibatkan berbagai teknik dan lingkup yang dirancang untuk mengukur kemajuan, perkembangan, dan pencapaian anak-anak dalam berbagai aspek perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa teknik dan lingkup penilaian dalam PAUD:
1. Teknik penilaian : observasi, wawancara dengan orang tua, check list perkembangan anak, portofolio anak, tes keterampilan bahasa dan skala pengembangan.
2. Lingkup penilaian : perkembangan kognitif, perkembangan fisik, perkembangan sosial dan emosional, perkembangan bahasa, kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan kreatif dan seni, serta perkembangan moral dan etika.
Mekanisme Penilaian
- Menyusun teknik instrument penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
- Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
- Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrument penilaian.
- Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Bentuk Penilaian:
- Penilaian harian
- Penilaian mingguan
- Penilaian bulanan
- Penilaian semester Portofolio anak
- Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
NPM : 22153090
Video yang menjelaskan tentang instrumen penilaian dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini membahas tentang penggunaan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi guna mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Instrumen penilaian ini memiliki manfaat yang luas bagi semua pihak, yaitu anak, orang tua, dan guru.
Manfaat bagi anak termasuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten. Dengan penilaian, guru dapat mengukur perkembangan setiap anak, memantau gejala kesehatan pertumbuhan mereka, dan memberikan dukungan yang tepat.
Orang tua memperoleh informasi tentang perkembangan anak, memudahkan mereka memberikan stimulasi yang sesuai di rumah, dan dapat berpartisipasi dalam membuat keputusan bersama dengan pihak PAUD.
Bagi guru, instrumen penilaian memberikan wawasan tentang perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak. Ini membantu guru mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang anak. Selain itu, guru dapat mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangan anak. Data yang dikumpulkan dari penilaian ini digunakan untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.
Prinsip-prinsip penilaian mencakup pendidikan, berkesinambungan, objektivitas, akuntabilitas, transparansi, sistematis, keseluruhan, dan bermakna. Teknik penilaian melibatkan tingkat pencapaian perkembangan anak, dan instrumen penilaian dapat mencakup proses catatan anekdot, rubrik, dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Proses penilaian dilakukan melalui tahap teknik dan instrumen penilaian. Capaian perkembangan anak didokumentasikan, dan laporan kemajuan anak disampaikan kepada orang tua. Bentuk penilaian meliputi penilaian harian, mingguan, bulanan, semester, serta dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
Dengan menggunakan instrumen penilaian yang sesuai, guru, orang tua, dan anak dapat berkolaborasi untuk mendukung perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Instrumen penilaian ini memainkan peran penting dalam memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.
Npm : 2213053184
Dari video tersebut hasil analisis yang saya dapat yaknj
Instrumen penilaian adalah Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Dalam video, di jelaskan juga mengenai manfaat penilaian bagi anak, orang tua dan juga pendidik atau guru.
1. Bagi anak : Penilaian membantu anak memahami kemajuan akademis mereka. Ini memberikan umpan balik yang berguna untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang memerlukan perbaikan.
2. Bagi orang tua : Penilaian memberikan wawasan kepada orang tua tentang kemampuan akademis anak mereka. Ini memungkinkan orang tua untuk mendukung perkembangan anak sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.
3. Bagi guru atau pendidik: Penilaian membantu guru menilai efektivitas metode pengajaran. Mereka dapat menyesuaikan pendekatan mereka berdasarkan hasil penilaian untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.
Secara keseluruhan, penilaian adalah alat yang penting dalam mengelola dan meningkatkan sistem pendidikan, memberikan manfaat yang konkret bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.
Dalam video juga di jelaskan Mengenai teknik dan lingkup penilaian
Dengan beragam teknik dan lingkup penilaian ini, pendidik dapat mengakomodasi gaya belajar siswa yang berbeda dan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemajuan mereka.
Dalam video tersebut teknik penilaian di bagi menjadi 4 yaitu :
1. BB, belum berkembang
2. MB, mulai berkembang
3. BSH, berkembang sesuai harapan
4. BSB, berkembang sangat baik.
Menggunakan instrumen penilaian yang sesuai memiliki beberapa manfaat yang signifikan:
Instrumen penilaian yang sesuai membantu meningkatkan akurasi penilaian. Mereka dirancang untuk mengukur dengan tepat apa yang ingin dievaluasi, mengurangi kesalahan penilaian. Instrumen yang baik menyediakan umpan balik yang konkret dan berguna, baik untuk siswa maupun pendidik. Ini membantu siswa memahami area kekuatan dan kelemahan mereka serta memberikan panduan bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran.
NPM: 2213053072
Instrumen penilaian Pengembangan nilai agama dan moral.
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
Manfaat penilaian
1. Bagi anak: untuk memelihara kesehatan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai minat perkembangan nya, dan anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya
2. Bagi orang tua
-Orang tua akan memperoleh informasi tentang kebutuhan, perkembangan dan minat anak pada satuan paud
- memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika dirumah
-membuat keputusan bersama anak orang tua dengan pihak satuan paud dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
3. Bagi guru
- untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak
-mendapatkan informasi lebih awal tentang hambatan yang menggangu tumbuh kembang anak
- mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan kebutuhan perkembangan anak
- dapat memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak
- memiliki data dan informasi tentang rencana pembelajaran yang selanjutnya
Prinsip² penilaian
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencangkup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik / instrumen penilaian hasil kemampuan
Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetap indikator pencapaian
2. Melaksanakan proses
3. Mendokumentasika
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian
1. BB, belum berkembang
2. MB, mulai berkembang
3. BSH, berkembang sesuai harapan
4. BSB, berkembang sangat baik.
Bentuk penilaian
1. Penilaian harian
2. penilaian mingguan penilaian bulanan
3. penilaian semester
4. portofolio anak
5. dokumen lain sesuai yang dibutuhkan.
Kesimpulan nya
dengan mengenalkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak dini akan menbentengi anak dari melakukan hal-hal buruk.dengan diajarkan aspek nilai agama dan moral anak akan menjadi tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan. Mana yang baik di hadapan Tuhan dan apa yang dilarang oleh Tuhan.
2213053257
Analisis vidio Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini
Video tersebut menjelaskan tentang
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian.
1. Manfaat nya untuk anak yaitu memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi optimal, anak mendapatkan stimulus sesuai dengan minat mereka, dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan nya.
2. Untuk orang tua yaitu memperoleh informasi tentang perkembangan dan minat anak, dan memberikan dukungan kepada anak.
3.Manfaat untuk guru yaitu untuk mengetahui perkembangan sikap dan keterampilan anak.
Prinsip prinsip penilaian dibagi menjadi 8 yaitu
1.Mendidik, dijadikan dasar.
2. Berkesinambungan, gambaran pertumbuhan dan perkembangan anak.
3. Objektif, penilaian dilakukan secara adil.
4. Akuntabel, dilakukan sesuai prosedur dan kriteria.
5. Transparan, dilakukan sesuai dengan prosedur.
6. Sistematis, secara teratur dan terprogram.
7. Menyeluruh, mencakup semua aspek.
8. Bermakna, memberikan informasi yang bermanfaat.
Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik
2. Melaksankan proses
3. Mendokumentasikan
4. Melaporkan.
Bentuk penilaian
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lagi yg di perlukan.
Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil dari video tersebut adalah bahwa instrumen penilaian ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai calon pendidik.
NPM : 2213053300
.
Vidio tersebut membahas instrumen penilaian perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini di PAUD.
NPM : 2213053207
Hasil analisis video instrumen pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini
Ada beberapa instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam penilaian perekambnagn moral dan agama pada anak usia dini antara lain; check list, catatan anekdot, running record, fromat percakapan dan format unjuk kerja.
metode yang dipakai dalam menanamkan nilai moral kepada siswanya adalah sebagai berikut: bercerita, bernyanyi, karyawisata, syair, bermain, outbond, bermain peran, diskusi, pembiasaan perilaku, dan teladan.
Implementasi strategi pengembangan nilai agama dan moral dilaksanakan melalui kegiatan rutinitas yaitu mengucap salam dan berjabat tangan, jurnal pagi, bermain bersama teman, membaca ikrar, membaca surah pendek, membaca do'a harian, membaca asmaul husna, kegiatan makan bersama, dan kegiatan sholat zuhur berjamaah.
instrumen penilaian dikelompokkan dalam dua macam yaitu tes dan non tes. Tes ialah kumpulan pertanyaan atau soal yang harus dijawab siswa dengan menggunakan pengetahuan-pengetahuan serta kemampuan penalarannya.
Tujuan dari penanaman nilai agama dan moral anak adalah untuk membentuk sifat, perilaku yang baik sejak usia dini karena anak merupakan generasi penerus
Metode yang digunakan oleh Guru PPKn untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa adalah melalui berbagai upaya yang dilakukan, baik di dalam maupun di luar kelas. metode tersebut memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa, membiasakan siswa untuk melakukan kebaikan, dan memberikan nasihat kepada siswa.
NPM : 2213053263
Dalam video tersebut membahas tentang Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada pendidikan anak usia dini. Dimana bentuk penilaian ini sangat penting bagi kita sebagai calon guru.
Point yang dijelaskan dalam video tersebut yaitu manfaat, prinsip, mekanisme, teknik, dan bentuk penilaian.
Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian:
1. Bagi Anak
2. Bagi Orang tua
3. Bagi Guru
Prinsip-prinsip Penilaian:
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian
1. Menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik Penilaian:
1. Belum Berkembang (BB)
2. Mulai Berkembang (MB)
3. Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
4. Berkembang Sangat Baik (BSB)
Bentuk Penilaian:
1. Penilaian harian
2. Penilaian mingguan
3. Penilaian bulanan
4. Penilaian semester
5. Portofolio anak
6. Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
Berdasarkan penjelasan diatas bentuk penilaian yang akan kita lakukan tidak jauh berbeda dengan anak sekolah dasar, sehingga sangat bermanfaat untuk calon guru sekolah dasar.
NPM : 2253053022
Instrumen penilaian Pengembangan nilai agama dan moral.
Video ini sangat cocok ditonton oleh kita sebagai calon seorang pendidik yang harus bisa memberikan penilaian yang tepat kepada peserta didik yang kita didik untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak tersebut.
memberikan instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral
guru ini bertugas tidak hanya mengevaluasi atau merencanakan saja tetaapi jga menilai hasil belajar setiap anak.hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan suatu anak termasuk perkembangan moral dan agama.Devinisi instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk sebagai bahan pengelolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.Penilaian memiliki berbagai manfaat bagi semua pihak
a. manfaat bagi anak yaitu untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
b. manfaat bagi orang tua yaitu orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan anak
c. manfaat bagi guru yaitu untuk mengetahui perkembangan sikap keterampilan anak
Prinsip prinsip penilaian
1. mendidik, dapat dijadikan dasar memotivasi mengembangkan agar bertumbuh dan berkembang secara optimal
2. berkesinambungan , penilaian dilakukan secara bertahap terencana untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan anak
3. objektif, penilaian harus dilakukan secara adil
4.akuntabel,penilaian dilakukan dengan sesuai prosedur dan dapat dipertanggung jawabkan
5. transparan, penilaian dilaksanan sesuai prosedur dan penilaian dapat di akses oleh orang tua dan semua pihak
6. sistematis, penilaian ini dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai pertumbuhan dan perkembangan sesuai instrumen
7. menyeluruh, penilaian mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan
8. bermakna, penilaian akan memberikan informasi yg bermanfaat bagi anak orang tua dan guru .
- Teknik dan lingkup penilaian
teknik ini mencakup tingkat pencapain perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak yang meliputi instrumen penilaian proses,catatan anekdot,rubrik dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian
1. menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capain perkembangan anak
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,teknik,dan instrumen penilaian.
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akunabel dan transparan
4. melaporkan capain perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian
1. BB , artinya belum berkembang
2. MB , artinya mulai berkembang
3. BSH , artinya berkembang sesuai harapan
4. BSB , artinya berkembang sangat baik
Bentuk penilaian
*Penilaian Harian
*Penilaian mingguan
*Penilaian bulanan
*Penilaian semester
*Portofolio anak
*Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap anak
NPM : 2253053028
Video ini sangat cocok ditonton oleh kita sebagai calon seorang pendidik yang harus bisa memberikan penilaian yang tepat kepada peserta didik instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral guru ini bertugas tidak hanya mengevaluasi atau merencanakan saja tetaapi jga menilai hasil belajar setiap anak. Devinisi instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk sebagai bahan pengelolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.Penilaian memiliki berbagai manfaat bagi semua pihak
a. manfaat bagi anak yaitu untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
b. manfaat bagi orang tua yaitu orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan anak
c. manfaat bagi guru yaitu untuk mengetahui perkembangan sikap keterampilan anak
Prinsip prinsip penilaian
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Trasparan
6. Sistematis
7. Meneluruh
8. Bermakna
Teknik dan lingkup penilaian
teknik ini mencakup tingkat pencapain perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak yang meliputi instrumen penilaian proses,catatan anekdot,rubrik dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Teknik penilaian
1. BB , artinya belum berkembang
2. MB , artinya mulai berkembang
3. BSH , artinya berkembang sesuai harapan
4. BSB , artinya berkembang sangat baik
Npm : 2213053043
Kelas : 3J
Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini dapat membantu para pengasuh, pendidik, dan orang tua untuk memonitor dan mengevaluasi perkembangan moral dan agama anak. Instrumen tersebut dapat mencakup pengukuran karakteristik seperti kerja sama, empati, kejujuran, rasa hormat, dan pemecahan masalah secara adil.
Instrumen penilaian ini bertujuan untuk membantu para pendidik mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam pengajaran moral dan agama, serta memberi kesempatan untuk meningkatkan pengajaran tersebut. Instrumen penilaian ini dapat digunakan pada anak usia dini yang sedang belajar untuk memahami dan mempraktikkan nilai-nilai moral dan agama.
Namun, penting untuk diingat bahwa instrumen penilaian ini hanyalah alat bantu, dan melihat pada hasil penilaian saja tidak cukup untuk membentuk penilaian yang akurat tentang perkembangan moral dan agama anak. Pengamatan langsung dan pengalaman praktis juga diperlukan untuk memahami perilaku dan karakter anak secara lebih mendalam.
NPM: 2213053180
Instrumen Penilaian.
alat yang digunakan untuk mengumpulkan sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dan berbagai cara penilaian belajar peserta didik.
Manfaat nya sangat berguna oleh siswa, orang tua dan guru.
Prinsip-prinsip pada penilaian yaitu mendidik, objektif, transparan, menyeluruh, berkesinambungan, akuntabel, sistematis dan bermakna.
Teknik dan lingkup penilaian mencakup perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak melalui proses penilaian hasil kemampuan anak-anak.
Mekanisme Penilaian
1. menyusun teknik
2. mendokumentasikan penilaian tes
3. melaksanakan proses penilaian
4. melaporkan capaian
Bentuk-bentuk penilaian yaitu berupa harian, mingguan, bulanan, semester, dan dokumen lain bila diperlukan.
NPM : 2253053020
Penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini adalah suatu proses yang penting untuk memastikan bahwa anak-anak mengembangkan pemahaman dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang diinginkan dalam masyarakat. Untuk melaksanakan penilaian ini, beberapa instrumen yang dapat digunakan mencakup observasi, wawancara, kuesioner, dan portofolio.
Pertama, observasi adalah cara yang efektif untuk melihat bagaimana anak-anak berinteraksi dalam situasi sehari-hari, seperti di sekolah atau di rumah. Dengan mengamati perilaku mereka, kita dapat mengidentifikasi apakah mereka menunjukkan tanda-tanda pemahaman dan praktik nilai-nilai agama dan moral.
Kedua, wawancara dengan anak-anak dan orang tua atau wali adalah alat penting untuk mendapatkan wawasan tentang pemahaman mereka terhadap nilai agama dan moral. Ini juga dapat membantu dalam menilai pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan moral anak.
Ketiga, penggunaan kuesioner dapat memberikan data tentang pengetahuan dan sikap anak-anak terhadap nilai-nilai agama dan moral. Ini dapat membantu dalam mengukur pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ini.
Terakhir, portofolio adalah alat yang baik untuk menyimpan bukti-bukti perkembangan moral dan agama anak-anak. Dalam portofolio ini, dapat disertakan contoh-contoh pekerjaan atau proyek yang menunjukkan bagaimana anak-anak mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam tindakan mereka.
Semua instrumen ini harus digunakan dengan hati-hati dan dalam konteks pendekatan yang holistik untuk memastikan penilaian yang akurat terhadap pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini.
NPM: 2213053296
Dalam video ini, pembicara secara fokus mengulas pentingnya mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Ada beberapa poin kunci yang sangat relevan:
1. Video dimulai dengan pengenalan topik yang menekankan peran sentral pendidikan nilai-nilai agama dan moral dalam pendidikan anak usia dini.
2. Pembicara menjelaskan peran penilaian dalam memahami perkembangan anak. Penilaian membantu guru untuk merancang pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
3. Manfaat penilaian dijelaskan, mencakup perkembangan anak, bantuan dalam memberikan stimulasi yang tepat, memberikan dukungan yang sesuai, dan memberikan informasi penting kepada semua pihak terkait.
4. Pembicara merinci delapan prinsip penilaian yang harus dipegang, yang menekankan pentingnya penilaian yang adil, berkualitas, dan bermakna.
5. Teknik penilaian diuraikan, dengan perhatian khusus pada berbagai tahap perkembangan anak dalam kelompok usia yang berbeda. Pembicara juga menjelaskan teknik penilaian yang menggunakan kategori nilai, seperti "BB," "MB," "BSH," dan "BSB."
6. Mekanisme penilaian, termasuk instrumen penilaian, pelaksanaan, dokumentasi, dan pelaporan hasil penilaian, diberikan dengan jelas.
7. Video juga mencakup berbagai bentuk penilaian yang mencakup berbagai periode waktu, mulai dari harian hingga semesteran, serta penggunaan portofolio anak dan dokumen lainnya untuk mencatat kemajuan belajar anak.
Pada akhirnya, video memberikan wawasan yang kuat tentang pentingnya penilaian dalam konteks pendidikan anak usia dini dan menyampaikan informasi yang berguna mengenai prinsip-prinsip, teknik, dan mekanisme penilaian yang relevan. Video ini juga Sangat bermanfaat untuk kita sebagai calon pendidik dalam melakukan penilaian perkembangan peserta didik.
Npm : 2213053011
Instrumen Penilaian
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bah pengolahan informasi untuk menguku pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam penilaian belajar peserta didik.
Manfaat Penilaian
1. Bagi Anak
1.Untuk memelihara perkembangan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing"anak
2.Perkembangan anak menjadi optimal
3.Anak mendapatkan stimulasi dengan minat perkembangannya
4.Anak mendapatkan dukungan yang lebih dengan kebutuhan dan perkembangannya
2.Bagi Orang Tua
1.Orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan pank.
2.Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah
3.Membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak
3.Bagi Guru
1.Untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan atau keterampilan
2.Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan tumbuh kembang setiap anak
3.Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan kebutuhan perkembangannya
4.Dapat memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak
5.Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan sumber belajaran selanjutnya
Prinsip-Prinsip Penilaian dibagi menjadi 8
-Mendidik
-Berkesinambungan
-Objektif
-Akuntabel
-Transparan
-Sistematis
- Menyeluruh
-Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan Instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/atau instrument penilaian hasil kemampuan anak
1.Menyusun teknik, instrument penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2.Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrument penilaian.
3.Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4.Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Bentuk Penilaian
-Penilaian harian
-Penilaian mingguan
-Penilaian bulanan
-Penilaian semester
-Portofolio anak
-Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
NPM: 2213053227
Analisis video
Video tersebut membahas mengenai instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral pada pendidikan anak usia dini. Pada setiap satuan Guru PAUD tugasnya tidak hanya merencanakan melaksanakan mengevaluasi saja tetapi juga menilai menilai hasil belajar setiap anak, penilaian ini merupakan salah satu tugas pokok yang penting dan yang harus dilakukan oleh guru PAUD. Hal ini bertujuan supaya guru dapat mendeskripsikan ketercapaian perkembangan masing-masing anak termasuk didalamnya perkembangan moral dan agama melalui penilaian tersebut. Guru dapat mengukur sejauh mana perkembangan masing-masing peserta didik serta dapat mengetahui dan menerapkan di aspek perkembangan yang mungkin belum dapat dicapai atau mungkin yang sudah dapat dicapai.
Adapun definisi dari Instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik. Penilaian ini memiliki manfaat bagi semua pihak yaitu bagi anak bagi orangtua maupun bagi guru.
- Memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap panas sehingga tahu ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing-masing anak.
- Perkembangan anak menjadi lebih optimal
berikutnya yaitu manfaat bagi guru
- Mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak yang kedua mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
- Memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak.
- Memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya.
Penilaian prinsip-prinsip penilaian ini terbagi menjadi delapan yaitu:
1. Mendidih jadi proses hasil penilaian ini dapat dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal
2. Berkesinambungan berkesinambungan ini penilaian dilakukan secara bertahap dan terus-menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya.
3. Objektif jadi penilaian harus dilakukan secara adil
4. Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan
5. Transparan jadi penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak
6. Sistematis penilaian ini dilakukan secara teratur teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan berbagai
7. Menyeluruh,jadi penilaian ini mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan
8. Bermakna jadi hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak orangtua guru dan pihak lain yang relevan.
Teknik-teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian ini mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak- anak sesuai dengan usia yaitu pada usia 2-3 tahun 3-4 tahun 4-5 tahun serta 5 = 6 tahun,untuk instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian. Ini meliputi Instrumen penilaian proses catatan anekdot publik dan atau Instrumen penilaian hasil kemampuan anak jadi kegiatan apa saja yang dilakukan anak-anak pada satu hari pembelajaran itu akan dinilai oleh pendidikan khusus adiknya atau guru anak usia dini.
- Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan Instrumen
- Mendokumentasikan Penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
- Melaporkan capaian perkembangan anak ini pada orangtua rasanya laporan capaian perkembangan anak ini diterima oleh orangtua pada akhir semester jadi ketika orangtua menerima raport orangtua juga akan menerima laporan capaian perkembangan masing-masing anak.
Teknik Penilaian:
- Belum Berkembang (BB)
- Mulai Berkembang (MB)
- Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
- Berkembang Sangat Baik (BSB)
Bentuk Penilaian:
- Penilaian harian
- Penilaian mingguan
- Penilaian bulanan
- Penilaian semester
- Portofolio anak
- Dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD
NPM: 2213053181
Video tersebut membahas mengenai Instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral. Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
●Manfaat penilaian bagi anak
-untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten.
●Manfaat penilaian bagi orang tua
-memperoleh informasi mengenai pertumbuhan, perkembangan, dan minat anak.
-memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah
-membuat keputusan bersama antara orang tua dan pendidik
●Manfaat penilaian bagi guru
-untuk mengetahui perkembangan sikap, pengetahian, dan keterampilan anak
-mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak
●Prinsip-prinsip penilaian
1. Mendidik
2. Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
●Teknik dan lingkup penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan/ atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
●Mekanisme penilaian
-Menyusun teknik, instrumen penilaian, serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
-melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian
-mendokumentasikan proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
-melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
●Teknik penilaian
-Belum berkembang
-Mulai berkembang
-Berkembang sesuai harapan
-Berkembang sangat baik
●Bentuk Penilaian
-Penilaian harian
-Penilaian mingguan
-Penilaian bulanan
-Penilaian semester
-Portofolio anak
-Dokumen lain yang diperlukan
NPM ; 2213053123
Judul Instrumen Penilaian dan Pengembangan Nilai Agama dan Moral
Video ini membahas tentang Instrumen Penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengelolaan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar.
Manfaat penilain :
1. Bagi Anak
Memantau perkembangan anak.
2. Bagi orang tua
Memantau perkembangan anak, apakah ada kemajuan atau malah sebaliknya.
3. Bagi Guru
Membantu untuk menyesuaikan perencanaan pembelajaran.
Prinsip-prinsip Penilaian yaitu : Mendidik, berkesinambungan, objektif,akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, dan bermakna.
Teknik dan Lingkup Penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrument, catatan anekdot, rubrik atau instrument penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme Penilaian :
1. Menyusun Teknik
2. Melaksanakan proses penilaian
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anqk pada orang tua.
Bentuk penilaian : Penilaian Harian, Mingguan, Bulanan, Semester, Portofolio anak, dan dokumentasi yang lain
NPM : 2213053045
Video tersebut membahas terkait "Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini". Video tersebut membahas tentang pentingnya asesmen dalam pendidikan anak usia dini dan manfaat asesmen bagi anak, orang tua, dan guru. Video ini juga mencakup prinsip-prinsip penilaian, teknik dan ruang lingkup penilaian, dan berbagai bentuk penilaian, seperti penilaian harian, mingguan, bulanan, dan semester, serta penilaian portofolio dan dokumen lain yang diperlukan. Video tersebut menekankan perlunya penilaian komprehensif yang mencakup seluruh aspek perkembangan anak, termasuk nilai moral dan agamanya. Video tersebut juga memberikan informasi mengenai tingkatan pencapaian penilaian, seperti BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai harapan), dan BSB (berkembang sangat baik). Video tersebut diakhiri dengan menyatakan bahwa penilaian sangat penting untuk memantau kemajuan anak, meningkatkan hasil pembelajaran, dan memastikan bahwa anak-anak menerima dukungan yang mereka perlukan untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.
NPM : 2253053032
Instrumen penilaian Pengembangan nilai agama dan moral.
Video ini sangat membantu kita sebagai calon seorang pendidik yang harus bisa memberikan penilaian yang tepat kepada peserta didik.
memberikan instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral guru ini bertugas tidak hanya mengevaluasi atau merencanakan saja tetapi juga menilai hasil belajar setiap anak.hal ini bertujuan untuk meninjau perkembangan anak termasuk perkembangan moral dan agama.Definisi instrumen penilaian yaitu alat yang digunakan untuk melakukan penilaian atau evaluasi, instrumen penilaian dapat berupa tes maupun non tes dan observasinya dapat dilakukan dengan cara observasi sistematis dan non-sistematis.Penilaian memiliki berbagai manfaat bagi guru,peserta didik,dan orang tua yaitu:
A.manfaat bagi guru yaitu dapat mengetahui permasalahan dan kesulitan yang dihadapi anak.
B.manfaat bagi anak yaitu untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa serta sekaligus memberi umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar
C.manfaat bagi orang tua yaitu memantau kemajuan belajar, hasil belajar, dan perbaikan hasil kegiatan belajar anak secara berkesinambungan.
Prinsip prinsip penilaian yaitu mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan,sistematis,menyeluruh dan bermakna
Mekanisme penilaian
1. menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capain perkembangan anak
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,teknik,dan instrumen penilaian.
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akunabel dan transparan
4. melaporkan capain perkembangan anak pada orang tua
NPM: 221305330
ANALISIS VIDEO 2
Video tersebut dibahas mengenai penilaian komprehensif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.
Disebutkan, teknik penilaiannya antara lain mengamati aktivitas anak, mencatat anekdot, dan menggunakan instrumen penilaian. Proses penilaian meliputi empat langkah: mengembangkan instrumen penilaian, melaksanakan penilaian, mendokumentasikan proses dan hasil penilaian, dan melaporkan perkembangan anak kepada orang tua.
Teknik penilaiannya dibagi menjadi empat kategori, yaitu BB (belum berkembang), MB (mulai berkembang), BSH (berkembang sesuai harapan), dan BSB (berkembang sangat baik). Bentuk penilaiannya meliputi penilaian harian, mingguan, bulanan, dan semester, serta portofolio dan dokumen lain yang diperlukan. Penilaian tersebut digunakan untuk memantau kemajuan anak, mengevaluasi hasil belajar, dan melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Kalimat tersebut diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah pengembangan nilai-nilai agama dan moral.
Npm : 2213053025
Analisis Video 2
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral
Instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik
Manfaat Penilaian
1. Bagi Anak, yaitu untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, jadi dengan penilaian guru dapat mengukur perkembangan setiap anak sehingga tahu gejala kesehatan pada pertumbuhan masing masing anak, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat perkembangannya, anak mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya
2. Bagi orang tua, orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan, perkembangan dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah
3. Manfaat bagi guru untuk mengetahui perkembangan sikap pengetahuan dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gamgguan dalam tumbuh kembang setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan kebutuhan perkembangan, dapat memberikan dukungan kepada setiap anak, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran
Prinsip - Prinsip Penilaian
1. Mendidik
2.Berkesinambungan
3. Objektif
4. Akuntabel
5. Transparan
6. Sistematis
7. Menyeluruh
8. Bermakna
Teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan dan instrumen yang dapat di jadikan pedoman, penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak
Mekanisme Penilaian
- Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak
- Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian
- Mendokumentasikan penilaian proses dan dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan
- Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian
1. BB (belum berkembang)
2. MB (mulai berkembang)
3. BSH (berkembang sesuai harapan)
4. BSB (berkembang sangat baik)
NPM : 2213053081
Video tersebut menjelaskan mengenai Instrumen penilaian Pengembangan nilai agama dan moral.
Instrumen penilaian merupakan Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian:
Untuk anak, dapat memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten dan optimal. Mendapatkan stimulasi yang sesuai.
Untuk orang tua, orang tua akan mudah memperoleh informasi tentang anaknya. Membantu ornag tua untuk memberi stimulasi saat dirumah. Dan Memberilan dukungan utk memenuhi kebutuhan anak
Untuk guru, guru dapat mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak didiknya. Dan Mengetahui stimulasi sesuai kebutuhan mereka serta dapat memberikan dukungan yang tepat.
Prinsip-prinsip penilaian yaitu:
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, bermakna.
Teknik dan cakupan penilaian
Mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi intrumen penilaian proses, catatan anekdot atau rubik penilaian kemampuan anak.
Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetap indikator pencapaian
2. Melaksanakan proses yang sesuai dengan instrumen penilaian
3. Mendokumentasika penilaian proses dan hasil
4. Melaporkan pencapaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian
1. BB = belum berkembang
2. MB = mulai berkembang
3. BSH = berkembang sesuai harapan
4 .BSB = berkembang sangat baik.
Bentuk penilaian
1.Penilaian harian
2. penilaian mingguan
3. penilaian bulanan
4. penilaian semester
5. portofolio anak
6. dokumen lain sesuai yang dibutuhkan satuan pendidikan.
vidio tersebut bermanfaat bagi pendidik ataupun calon pendidik dalam melakukan penilaian perkembangan terhadap peserta didik.
NPM: 2213053089
Berdasarkan vidio yang telah tertera, vidio tersebut berjudul Instrumen Penlaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral.
Dalam vidio pembicara memberikan informasi mengenai mata kuliah yang akan dibahas, yaitu "Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini." Hal ini menunjukkan bahwa pembicaraan akan berkaitan dengan pendidikan anak usia dini dan pengembangan nilai nilai agama dan moral pada anak anak.
selanjutnya pembicara juga menjelaskan bahwa penilaian adalah salah satu tugas penting guru pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). penilaina memiliki tujuan dalam membantu guru untuk merencanakan pendekatan pembelajaran yang sesuai.
Manfaat penilaian
1. Bagi anak, bermanfaat untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten. jadi dengan penilaian guru dapat mengukurr perkembangan pada setiap anak, sehingga dapat mengetahui ketika adanya gejala kesehatan pada pertumbuhan masing masing anak. pertumbahan anak juga menjadi lebih optimal, anak juga mendapatkan stimulasi sesuai minat, anak juga mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya.
2. Bagi orang tua, orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumunhan, perkembangan, dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang sesuai dan berkelanjutan ketika di rumah, dapat membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. Bagi Guru, manfaat bagi guru adalah untuk mengetahui perkembangan sikap , pengetahuan, dan keterampilan anak, mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan dalam tumbuh kembang setiap anak, mengetahui kesesuaian stimulasi dalam pelayanan pertumbuhan perkembangannya, dapat memberikan dukungan yang tepat kepada setiap anak, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.
Ada 8 Prinsip Prinsip penilaian menurut penyaji yaitu mendidik, objektif, transparan, menyeluruh, berkesinambungan, akuntabel, sistematis, bermakna.
Teknik dan lingkup penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dpat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian terbagi menjadi 4 yaitu:
1. Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetap indikator pencapaian
2. Melaksanakan proses
3. Mendokumentasika
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua
Teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu:
1. BB (Belum Berkembang), dalam kegiatan harus dibantu, dibimbing dan dicontohkan.
2. MB (Mulai Berkembang), dalam kegiatan harus diingatkan, dibantu oleh guru.
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan), melakukan kegiatan secara mandiri dan konsisten.
4. BSB (Berkembang Sangat Baik) dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan sudah dapet membantu temannya.
Bentuk Penilaian terdiri dari penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan, penilaian semester, portofolio anak, dan dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD.
Dari vidio yang telah disajikan, vidio tersebut sangat bermanfaat dan sangat dapat membantu kita dalam memahami instrumen penilaian, dan juga memberikan pandangan yang baik tentang pentingnya penilaian dalam pendidikan anak usia dini serta meberikan wawasan tentang prinsip prinsip, teknik dan mekanisme penilain yang baik.
NPM 2213053005
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral pada Pendidikan Anak Usia Dini
Definisi Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi dalam mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian memiliki manfaat bagi anak, orangtua, dan guru. Bagi anak, penilaian membantu memelihara pertumbuhan yang sehat dan konsisten. Bagi orangtua, penilaian memberikan informasi tentang pertumbuhan dan minat anak serta memudahkan dalam memberikan stimulasi yang sesuai. Bagi guru, penilaian membantu mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
Prinsip-prinsip Penilaian
Proses hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Penilaian dilakukan secara berkesinambungan dengan tahapan yang bertahap untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Penilaian harus dilakukan secara objektif dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan. Penilaian dilaksanakan secara transparan, di mana hasil penilaian dapat diakses oleh orangtua dan semua pihak yang berkepentingan. Penilaian dilakukan secara sistematis dan teratur sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Penilaian mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Hasil penilaian memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orangtua, guru, dan pihak lain yang relevan.
Teknik-teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik-teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 2-6 tahun.
Instrumen penilaian meliputi instrumen penilaian proses (catatan anekdot publik) dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Prinsip-prinsip Penilaian
Proses hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Penilaian dilakukan secara berkesinambungan dengan tahapan yang bertahap untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.
Penilaian harus dilakukan secara objektif dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan.
Penilaian dilaksanakan secara transparan, di mana hasil penilaian dapat diakses oleh orangtua dan semua pihak yang berkepentingan.
Penilaian dilakukan secara sistematis dan teratur sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Penilaian mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan.
Hasil penilaian memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orangtua, guru, dan pihak lain yang relevan.
Teknik-teknik dan Lingkup Penilaian
Teknik-teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 2-6 tahun.
Instrumen penilaian meliputi instrumen penilaian proses (catatan anekdot publik) dan instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Proses penilaian melibatkan menyusun teknik instrumen penilaian, melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap teknik dan instrumen yang telah disusun, serta mendokumentasikan proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
Tahapan Perkembangan Anak
Tahapan perkembangan anak terdiri dari 4 tahap, yaitu Bibir Merah (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Setiap tahap memiliki ciri-ciri dan nilai-nilai yang berbeda.
Tahap Pertama: Bibir Merah (BB)
Anak-anak dalam tahap ini belum berkembang sepenuhnya.
Membutuhkan bantuan, bimbingan, dan contoh dari orang dewasa dalam melakukan kegiatan.
Nilainya adalah BB.
Tahap Kedua: Mulai Berkembang (MB)
Anak-anak mulai menunjukkan perkembangan dalam melakukan kegiatan.
Tetapi masih membutuhkan pengingat dan sedikit bantuan dari guru.
Nilainya adalah MB.
Tahap Ketiga: Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
Anak-anak dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
Nilainya adalah BSH.
Tahap Keempat: Berkembang Sangat Baik (BSB)
Anak-anak sudah dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan membantu teman yang belum mencapai kemampuan yang sama.
Nilainya adalah BSB, capaian tertinggi untuk perkembangan anak-anak.
09:59 Penilaian dalam Layanan PAUD
Ikhtisar Bagian: Penilaian dalam layanan PAUD penting untuk memperoleh informasi mengenai keberhasilan anak dan perkembangan mereka. Ada beberapa bentuk penilaian yang dapat dilakukan.
Bentuk Penilaian
Penilaian Harian: Dilakukan setiap hari untuk mencatat kemajuan belajar anak.
Penilaian Mingguan: Dilakukan setiap minggu untuk melihat perkembangan selama seminggu.
Penilaian Bulanan: Dilakukan setiap bulan untuk mengevaluasi perkembangan jangka panjang.
Penilaian Semester: Dilakukan setiap semester sebagai evaluasi akhir periode pembelajaran.
Portofolio Anak dan Dokumen Lainnya: Digunakan untuk mencatat informasi lengkap mengenai hasil belajar dan perkembangan anak.
Pemanfaatan Hasil Penilaian
Ikhtisar Bagian: Hasil penilaian digunakan oleh guru PAUD untuk memantau kemajuan belajar, melakukan perbaikan, dan memberikan bantuan kepada anak-anak.
Pemanfaatan Hasil Penilaian
Memantau Kemajuan Belajar: Guru menggunakan hasil penilaian untuk melihat perkembangan belajar anak secara keseluruhan.
Melakukan Perbaikan: Jika terdapat kelemahan atau kesulitan dalam pembelajaran, guru dapat melakukan perbaikan agar anak dapat berkembang lebih baik.
Memberikan Bantuan: Guru memberikan bantuan kepada anak-anak yang membutuhkan tambahan dukungan dalam pembelajaran.
NPM : 2213053217
Dalam video tersebut menjelaskan mengenai instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral.
Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
Manfaat penilaian bagi guru:
1. Membantu guru mengukur kemajuan peserta didik.
2. Memberikan data untuk merancang pengajaran yang lebih efektif.
3. Memfasilitasi identifikasi kebutuhan individu peserta didik.
Manfaat penilaian bagi peserta didik:
1. Memungkinkan peserta didik memahami kemajuan belajar mereka.
2. Memberikan umpan balik untuk perbaikan diri.
3. Membantu mereka menetapkan tujuan akademik.
Manfaat penilaian bagi orangtua:
1. Memungkinkan orangtua memantau perkembangan pendidikan anak.
2. Memberikan informasi tentang kekuatan dan kelemahan anak.
3. Membantu orangtua mendukung pendidikan anak dengan lebih baik.
Prinsip-prinsip penilaian yaitu, mendidih, berkesinambungan objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh dan bermakna.
Instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot rubrik dan/atau instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
Mekanisme penilaian, sebagai berikut:
1. Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
3. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Bentuk-bentuk penilaian yaitu, penilaian harian, penilaian mingguan, penilaian bulanan penilaian semester portofolio anak dokumen lain yang diperlukan oleh setiap satuan pendidikan.
Npm : 2213053304
Video diatas membahas mengenai instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral, instrumen penilaian merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar termasuk nilai moral dan agama.
Berdasarkan penjelasan penyaji, teknik penilaian dibagi menjadi 4 yaitu:
1. BB (Belum Berkembang), dalam kegiatan harus dibantu, dibimbing dan dicontohkan.
2. MB (Mulai Berkembang), dalam kegiatan harus diingatkan, dibantu oleh guru.
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan), melakukan kegiatan secara mandiri dan konsisten.
4. BSB (Berkembang Sangat Baik) dapat melakukan kegiatan secara mandiri dan sudah dapet membantu temannya.
Prinsip-prinsip penilaian yaitu:
Mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, bermakna.
Teknik dan cakupan penilaian
Mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi intrumen penilaian proses, catatan anekdot atau rubik penilaian kemampuan anak.
Mekanisme penilaian
1. Menyusun teknik instrumen penilaian dan menetap indikator pencapaian
2. Melaksanakan proses yang sesuai dengan instrumen penilaian
3. Mendokumentasika penilaian proses dan hasil
4. Melaporkan pencapaian perkembangan anak pada orang tua
Terdapat 3 manfaat penilaian yaitu :
1. bagi anak : dapat memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten, perkembangan anak menjadi lebih optimal, anak mendapatkan simulasi yang sesuai dengan minat perkembangannya, anak mendapatkan dukungan lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya.
2. bagi orang tua: orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak, memudahkan orang tua dalam memberikan simulasi yang sesuai ketika di rumah, membuat keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan dan memberikan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak.
3. bagi guru : untuk mengetahui perkembangan sikap, dan keterampilan anak, mendapatkan informasi tentang hambatan dan gangguan dalam tumbuh kembang anak, mengetahui kesesuaian dan simulasi dalam layanan dan kebutuhan anak, dapat memberikan dukungan yang tepat pada setiap anak, memiliki data dan informasi tentang perkembangan anak untuk membuat rencana pembelajaran.
prinsip-prinsip penilaian dibagi menjadi 8 yaitu : mendidik, berkesimbungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh, bermakna.
teknik dan lingkup penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak yang meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik, instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
mekanisme penilaian
1. menyusun teknik, instrumen penilaian serta menetapkan indikator pencapaian perkembangan.
2. melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik dan instrumen penilaian.
3. mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
4. melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
Teknik penilaian:
1. BB (Belum Berkembang)
2. MB (Mulai Berkembang)
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan)
4. BSB (Berkembang Sangat Baik)
Bentuk Penilaian:
1. penilaian harian
2. penilaian mingguan
3. penilaian bulanan
4. penilaian semester
5. portofolio anak
6. dokumen lain yang diperlukan oleh satuan PAUD.
Dengan video tersebut memberikan kita pengetahuan mengenai Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini.
NPm : 2213053124
Modelkan perilaku moral: Anak-anak cenderung meniru apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan caregiver untuk menjadi contoh perilaku moral yang baik.Berbicaralah tentang nilai: Ajak anak-anak untuk berbicara tentang nilai seperti kejujuran, kebaikan, dan empati. Diskusikan situasi sehari-hari di mana nilai-nilai ini bisa diterapkan.Baca cerita moral: Buku cerita yang mengandung pelajaran moral dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep ini dengan cara yang menyenangkan.Berikan konsekuensi positif dan negatif: Anak-anak perlu memahami bahwa tindakan mereka memiliki konsekuensi. Berikan pujian untuk perilaku yang baik dan ajarkan tentang konsekuensi negatif dari perilaku yang buruk.Latih empati: Ajak anak-anak untuk memahami perasaan orang lain dan mengembangkan empati. Ini dapat membantu mereka lebih peduli terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain.Berikan pilihan moral: Biarkan anak-anak membuat keputusan yang melibatkan nilai-nilai moral. Ini dapat membantu mereka memahami pentingnya nilai-nilai tersebut.Penting untuk diingat bahwa pengembangan nilai moral adalah proses yang berkelanjutan, dan dukungan orang tua dan caregiver sangat penting dalam membantu anak-anak memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral.
npm : 2253053038
pada video ini menjelaskan tentang instrumen penilaian pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini
instrumen penilaian ini yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dengan berbagai cara dan beragam alat penilaian belajar peserta didik.
manfaat penilaian
bagi anak : untuk memelihara pertumbuhan anak agar lebih sehat dan konsisten
bagi orang tua : orang tua akan memperoleh informasi tentang pertumbuhan perkembangan dan minat anak pada satuan paud
bagi guru : untuk mengetahui perkembangan sikap dan keterampilan anak
prinsip-prinsip penilaian
mendidik : proses isi bisa dijadikan dasar untuk memotivasi mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal
berkesinambungan : penilaian dilakukan secara terencana , bertahap dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak
objektif : penilaian harus dilakukan secara adil
akuntabel : penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas
transparan : penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan semua pihak yang berkepentingan
sistematis : penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan dengan mengunakan berbagai instrumen
menyeluruh : penilaian ini mencakup semua spek pertumbuhan dan perkembangan baik sikap pengetahuan maupun keterampilan
bermakna : hasil penilaian akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua, guru, dan pihak lain yang relevan.
teknik dan lingkup penilaian
teknik penilaian mencakup tingkat pencapaian perkembangan anak dan instrumen yang dapat dijadikan pedoman penilaian perkembangan anak meliputi instrumen penilaian proses, catatan anekdot, rubrik dan / instrumen penilaian hasil kemampuan anak.
mekanisme penilaian
- Menyusun teknik instrumen penilaian serta menetapkan indikator capaian perkembangan anak.
- melaksanakan proses penilaian sesuatu dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian.
- Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar anak secara akuntabel dan transparan.
- Melaporkan capaian perkembangan anak pada orang tua.
teknik penilaian ada 4 yaitu BB (belum berkembang ), MB (mulai berkembang ), BSH (berkembang sesuai harapan), BSB ( berkembang sangat baik).
Bentuk Penilaian
- Penilaian Harian
- Penilaian Mingguan
- Penilaian Bulanan
- Penilaian Semester
- Portofolio Anak dan Dokumen Lainnya.