Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 33

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Habsah afifatul amri 2213053153 -
Nama: Habsah afifatul amri
Npm:2213053153

Pengaruh lingkungan dalam pembentukan moral

perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan mengenai Moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik Bagaimana cara mengatasi permasalahan moral . pendidik moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit muryono aku 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orangtua dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari. moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk belajar dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Efi yulyana 2213053075 -
Nama : Efi Yulyana
NPM : 2213053075

Analisis video 2
Dari vide yang berjudul pengaruh lingkungan terhadap pendidikan nilai moral dapat di analisi, berdasarkan materi yang di jelaskan oleh mas fayril menjelakan bahwa nilai moral masyrakat ada pada pendidikan perkembangan ifetek menjadi faktor utama dalam kemerosotan nya moralpada remaja remaja indonesia. Sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pasti terpentingyang ada saat ini mereka, moral sendiri meliliki rasa tidak berwujud.
Pendidikan moral adalah usaha nyta dalam membentuk moralitas anak didik menjadi membentuk generasi bangsa yang takwa kepada tuhan yang maha esadan moral juga memiliki etika yang baikdalam bermasyarakat.
Dikemukakan oleh suseno dalam sigit muryono 2011 bahwa moral mengacu pada baik buruk mnya manusia sebagai manusia, sehingga moral merupakan bidang yang di lihat dari segi kebaikkan nya, karna moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk,layak tidak layak, nya dari diri sendiri yang di ajarkan oleh agama orang tua lingkungan dalm bertingkah laku sehari hari. Pendidikkan nilai moral ini di tumbuh kembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan di lingkungan rumah.karna perlaku biasanya akan terlahir dari lingkungan nya, dengan menjunjung tinggi nilai panca sila akan melahirkan moral baik dna juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta nilai keadilan setiap masyarakatnya.
Ada 3 faktor yang terjadi pada pendidikan moral
- Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
- Adanya pengaruh dari glonbalisasi
- Kurannya peraran dari agama lingkunganya maupun di setiap individu itu sendiri
Maka untuk membangun kualitas bangsa pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk memberi lingkungan yang tidak layak dari pertumbuhan moral dari setiap individu dan membnagun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seorang dalam berbagai aspek, terutama pendidikan moral dan karakternya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rosa ananta Febrianti 2213053288 -
Nama : Rosa ananta Febrianti
Npm : 2213053288

Analisis video 2
Dari video yang berjudul pengaruh lingkungan terhadap pendidikan nilai moral dapat di analisi, berdasarkan materi yang di jelaskan oleh mas fayril menjelakan bahwa nilai moral masyrakat ada pada pendidikan perkembangan ifetek menjadi faktor utama dalam kemerosotan nya moralpada remaja remaja indonesia. pendidik moral juga ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Dikemukakan oleh suseno dalam sigit muryono 2011 bahwa moral mengacu pada baik buruk mnya manusia sebagai manusia, sehingga moral merupakan bidang yang di lihat dari segi kebaikkan nya, karna moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk,layak tidak layak, nya dari diri sendiri yang di ajarkan oleh agama orang tua lingkungan dalm bertingkah laku sehari hari.
Ada 3 faktor yang terjadi pada pendidikan moral
- Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
- Adanya pengaruh dari glonbalisasi
- Kurannya peraran dari agama lingkunganya
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Miftaudin Mahfudz 2253053017 -
Nama : Miftaudin Mahfudz
NPM : 2253053017
Kelas : 3/I

"Pengaruh lingkungan terhadap nilai moral"

Dari Analisis video 2 tersebut, saya menganalisis bahwa :

pendidikan moral membentuk anak didik yang bertakwa kepada Tuhan Yang maha esa dan bermoral dan juga memiliki adik yang baik dalam bermasyarakat.
kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sehingga bidang moral manusia adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebahagiaannya. kapan dikatakan bahwa moral adalah suatu ajaran baik buruk lah tidak layak benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orang tua dan lingkungan dalam tingkah laku sehari-hari. pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat ke masyarakatnya juga ada tiga faktor-faktor yang menjadi penyebab khususnya pendidikan moral yaitu yang pertama kurangnya pendidikan moral penagihan keluarga yang kedua adanya pengaruh dari globalisasi ketiga kurangnya peranan dari agama di lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by RIRI OKTAVIA ERLINA 2213053098 -
Nama : Riri Oktavia Erlina
NPM : 2213053098

Analisis Video 2
"Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral"

Nilai-nilai moral dimasyarakat ada pada urgensi pendidikan. Perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotannya moral pada remaja-remaja Indonesia. Sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini.

Pendidikan moral ditumbuhkembangkan dilingkungan sekolah atau disetiap pendidikan atau juga di lingkungan rumah sendiri yaitu faktor keluarga juga faktor masyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan disetiap masyarakat dan kemasyarakatannya.

Tiga faktor yang menjadi krisis pendidikan moral, yaitu melalui pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, dan kurangnya peranan agama dilingkungannya maupun disetiap individu itu sendiri. Untuk membangun kualitas anak bangsa agar mempunyai moral yang baik tidak bisa hanya memberi berbagai penyuluhan. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak dalam penumbuhan moral disetiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Moral menjadi sesuatu yang sangat penting untuk ditanamkan dan dikembangkan pada setiap individu. Untuk mengembangkan bangsa dan negaranya karena jika mempunyai moral yang baik dapat mengembangkan bangsa yang baik dan disenangi orang disekitarnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by DWI RATNA ASIH 2213053037 -
Nama : Dwi Ratna Asih
NPM : 2213053037

Dari video tersebut yakni tentang "pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral " yang dapat kita ambil yakni moral sendiri yakni suatu tindakan atau perilaku baik bukurnya manusia, hal ini tenah di ajarkan oleh orng tua atau juga dari agama yang di mana kita di ajarkan untuk tau baik atau buruk, salah atau benar, yang telihat dari diri kita sendiri. Untuk mendapatkan suatu lingkungan dengan moral baik itu tidak cukup hanya dengan suatu lenyuluhan saja tetapi melainkan dari pemerintah dan masyarakat sekitar harus membenahi dan menanamkan moral yang baik di sekitar lingkungan sekitar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nadia Ayu Nurjanah 2213053119 -
Nama : Nadia Ayu Nurjanah
NPM : 2213053119
Kelas : 3 / i

Dalam video yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral” dapat disimpulkan bahwa lingkungan memiliki peran sentral dalam membentuk pendidikan moral seseorang. Seiring dengan interaksi sosial yang terus-menerus, individu menerima berbagai pengaruh dari lingkungan sekitarnya yang dapat membentuk persepsi dan nilai-nilai moral. Keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi elemen kunci dalam memberikan landasan moral kepada individu. Keluarga sebagai lingkungan pertama tempat individu mengenal nilai-nilai moral, sementara sekolah memberikan kontribusi melalui kurikulum pendidikan karakter dan interaksi dengan guru dan teman sebaya. Lingkungan masyarakat, termasuk norma sosial dan budaya, juga memainkan peran dalam membentuk pandangan moral. Lingkungan yang kondusif mendukung pembentukan karakter moral dengan memberikan contoh positif, memberikan dukungan, dan menciptakan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai moral. Sebaliknya, lingkungan yang kurang kondusif, seperti adanya konflik nilai atau norma yang tidak mendukung, dapat menjadi hambatan bagi pendidikan moral. Oleh karena itu, pemahaman dan intervensi positif dalam lingkungan menjadi krusial untuk menciptakan individu yang memiliki dasar moral yang kuat dan konsisten.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Angga Putra 2253053043 -
Nama: Angga Putra
NPM: 2253053043

Analisis saya terhadap video Youtube yang bejudul " Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Nilai Moral " adalah nilai moral masyrakat ada pada pendidikan perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemerosotan nya moralpada remaja remaja indonesia. Sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat indonesia untuk menemukan solusi yang baik, bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pasti terpentingyang ada saat ini mereka, moral sendiri meliliki rasa tidak berwujud.
Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi membentuk generasi bangsa yang takwa kepada tuhan yang maha esadan moral juga memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
Pendidikkan nilai moral ini di tumbuh kembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan di lingkungan rumah.karna perlaku biasanya akan terlahir dari lingkungan nya, dengan menjunjung tinggi nilai panca sila akan melahirkan moral baik dna juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta nilai keadilan setiap masyarakatnya.
Ada 3 faktor yang terjadi pada pendidikan moral
1. Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh dari glonbalisasi
3. Kurannya peraran dari agama lingkunganya maupun di setiap individu itu sendiri
Maka untuk membangun kualitas bangsa pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk memberi lingkungan yang tidak layak dari pertumbuhan moral dari setiap individu dan membnagun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seorang dalam berbagai aspek, terutama pendidikan moral dan karakternya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by ALYA RIFA DWI PANGESTU 2213053152 -
Alya Rifa Dwi Pangestu
2213053152

Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai moral masyrakat pada pendidikan perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja di indonesia. Dikemukakan oleh suseno dalam sigit muryono 2011 bahwa moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia, sehingga moral merupakan bidang yang di lihat dari segi kebaikkan nya, karna moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk,layak tidak layak, nya dari diri sendiri yang di ajarkan oleh agama orang tua lingkungan dalam bertingkah laku sehari hari. Faktor- faktor yang menjadi krisis pendidikan moral, yaitu melalui pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, dan kurangnya peranan agama dilingkungannya maupun disetiap individu itu sendiri.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by MAE LISA INDRIYANI 2253053014 -

Nama: Mae Lisa Indriyani

NPM: 2253053014

Analisis Video 2

Judul video: Pengaruh lingkungan dalam pembentukan moral oleh Putri Fifa dan Fayrill Tsaqif. Dari video diatas dapat dianalisis bahwa Moral adalah suatu ajari baik buruk yang berasal dari diri sendiri, yang diajarkan oleh agama, orang tua, maupun lingkungan dalam bertingkh laku sehari-hari. Pendidikan moral juga diajarkan dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun sosial tempat mereka berada. Menjunjung tingga rasa manusia dan nilai-nilai pancasila dapat menjadikan moral dalam diri kita lebih baik. Ada beberapa faktor: 

1. Kurang nya pendidikan orang tua

2. Faktor pengaruh globalisasi

3. Faktor peranan agama maupun lingkungan itu sendiri. 

Pemerintah dan masyarakat harus membenahi lingkungan moral yang kurang baik bagi anak. Pendidikan karakter bagi mahasiswa dapat dilakukan dengan mencantumkan pendidikan pancasila dalam menyempurnakan moral setiap individu. Moral juga harus didukung oleh lingkungan yang baik.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ufara Alfadila 2213053114 -
Nama : Ufara Alfadila
NPM : 2213053114
Analisis Video 2

“Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral”

Dari video di atas dapat saya analisis bahwa moral adalah suatu aturan tentang baik dan buruk. Moral adalah suatu ajaran yang berasal dari masyarakat akan hal baik dan buruk. Pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya. Pendidikan moral tumbuh dan berkembang dilingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Masalah pendidikan moral yang hadapi saat ini yaitu
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi.
3. Kurangnya peranan agama dari lingkungannya.
Dalam rangka peningkatan kualitas nilai dan moral anak selain orang tua dan keluarga, pemerintah dan masyarakat juga harus turut membenahi lingkungan yang akan menjadi wahana pendidikan nilai dan moral anak. Peran pemerintah dan masyarakat dalam pembentukan moral dan karakter akan sangat memberikan andil dalam terciptanya generasi yang berkarakter.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rahmawati 2213053210 -
Nama : Rahmawati
NPM : 2213053210

Analisis video 2
Permasalah mengenai nilai moral selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana mengatasi permasalahan moral. Kata moral mengacu kepada baik buruk nya manusia sebagai manusia. Pendidikan moral terhadap anak dapat ditumbuh kembangkan dilingkungan sekolah, lingkungan rumah (oleh keluarga), dan juga faktor masyarakat.
Terdapat 3 Faktor penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu :
1. Kurangnya pendidikan moral dilingkungan keluarga
2. Adanya pengaruh dari globalisasi
3. Kurangnya peranan agama

Untuk membangun moral yang baik terhadap kualitas anak anak generasi penerus bangsa tidak hanya dengan memberikan penyuluhan akan tetapi pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan setiap individu, serta membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang setiap individu tersebut. Moral menjadi suatu tindakan yang sangat penting untuk ditanamkan dan dikembangkan serta di realisasikan dikehidupan sehari hari untuk mengembangkan bangsa dan negara Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Florentic Helau 2213053023 -
Nama: Florentic Helau
NPM: 2213053023

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan nilai moral. Perkembangan iptek faktor utama yang berpengaruh pada kemerosotan nilai moral pada anak remaja.  Pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungan sekitar. Adanya rasa kemanusian dalam menjunjung tinggi nilai nilai pancasila dapat melahirkan nilai moral yang baik. Untuk membangun kualitas anak bangsa supaya memiliki moral yang baik yaitu pemerintah dan masyarakat harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam semua aspek terutama pendidikan moral dan karakternya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Krisna Farhan Fadillah 2213053139 -
Nama : Krisna Farhan Fadillah
NPM : 2213053139

Nilai moral merupakan urgensi bagi manusia namun dengan berkembangnya zaman ini ada beberapa hal yang mempengaruhi menurunnya nilai moral salah satunya adalah dampak negatif dari iptek. Nilai dan moral merupakan pelajaran dan juga penanaman karakter mengenai tanggapan terhadap baik dan buruk yang bersumber dari diri sendiri yang hal tersebut ditanamkan oleh agama orang tua dan lingkungan.
Ada tiga faktor yang mengakibatkan penurunan nilai dan moral
1. Kurangnya pendidikan moral dalam lingkup keluarga
2. Dampak negatif globalisasi
3. Kurangnya peranan agama di dalam lingkungannya yang bergantung pada diri sendiri

Upaya yang dilakukan dalam membenahi nilai dan moral yang ada di masyarakat merupakan tugas bersama baik pemerintah dan juga masyarakat dengan cara membangun lingkungan baru yang dapat menumbuhkan pendidikan nilai moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rafa Lola Amanda 2213053245 -
Nama : Rafa Lola Amanda
NPM : 2213053245

Pemaparan video mengenai pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral, nilai-nilai moral, dan upaya mengatasi permasalahan moral dalam sistem pendidikan memberikan gambaran yang cukup komprehensif. Video ini mengidentifikasi faktor-faktor seperti perkembangan iptek, peran keluarga, pengaruh globalisasi, dan peran agama dalam membentuk moral individu.

Pendapat bahwa moralitas dapat lahir dari rasa kemanusiaan yang menghargai nilai-nilai Pancasila sebagai dasar moral positif sangat relevan. Mengenai penyebab krisis pendidikan moral, seperti kurangnya peran keluarga, pengaruh globalisasi, dan kurangnya peran agama, memberikan wawasan yang baik.

Penggarapan perbaikan moral melalui peran pemerintah, masyarakat, dan pembelajaran di lingkungan pendidikan terutama pada tingkat mahasiswa juga disorot dengan baik. Penekanan pentingnya membangun lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral dan pengembangan karakter individu mencerminkan kesadaran akan peran lingkungan sebagai pembentuk nilai.

Saran dari saya dapat ditambahkan beberapa contoh kasus atau penerapan konsep-konsep tersebut dalam konteks nyata untuk memperkaya kejelasan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Memorila Dini Oktavia 2213053289 -
Memorila Dini Oktavia
2213053289

Analisis Video 2 tentang pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Kreator menyampaikan materi mengenai moral dan penyebab terjadinya penurunan nilai moral, berikut penjelasannya

Suseno dalam Sigit muryono Agung, 2011 menyatakan bahwa moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk, layak tidak layak, dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama, orangtua, dan lingkungan.

Moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya, sebab memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Saat ini perkembangan IPTEK menjadi faktor utama dalam kemrosotan moral pada generasi bangsa.
Selain itu terdapat tiga faktor lain yang menjadi penyebab kemrosotan pendidikan moral yaitu
- kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
- adanya pengaruh dari globalisasi real
- kurangnya peranan dari agama, lingkungan, maupun di setiap individu itu sendiri

Moral pada dasarnya akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Pendidikan Moral ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah/di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri yaitu faktor keluarga juga faktor masyarakat. Menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan keadilan setiap masyarakat kemasyarakatannya.

Upaya yang dapat dilakukan untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik
- memberikan berbagai penyuluhan
- pemerintah dan masyarakat turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu
- membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama
pendidikan moral dan karakternya
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Putri Wulandari Dwi Yovan -
Nama : Putri Wulandari Dwi Yovan
NPM : 2213053198
Judul : Pengaruh Lingkungan terhadap Pendidikan Moral

Dikemukakan oleh Suseno dalam Sigit muryono 2011 bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dapat dikatakan bahwa moral merupakan aturan atau suatu ajaran tentang baik buruk layak tidak layak dan benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri yang diajarkan oleh agama orangtua dan lingkungan. Dalam bertingkah laku sehari-hari manusia ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri, faktor keluarga juga faktor masyarakat. Pada dasarnya perilaku setiap jenis itu sesuai dengan lingkungannya berada adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan setiap masyarakat.
Ada tiga faktor-faktor yang menjadi penyebab pendidikan moral yaitu
1. kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga
2. adanya pengaruh dari globalisasi
3. kurangnya peranan dari agama, lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri.
Maka dari itu, untuk membangun kualitas anak-anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak bisa hanya dengan memberikan berbagai penyuluhan, pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak bagi pertumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama moral dan karakternya pada usia remaja menuju dewasa khususnya, bagi para mahasiswa pembentukan moral dan karakter seharusnya bisa dikondisikan dan dibenahi melalui diri sendiri tetapi di perkuliahan mahasiswa akan diberikan pembelajaran mengenai moral pada mata kuliah pendidikan Pancasila untuk menyempurnakan pembentukan moral yang sudah dimiliki. mahasiswa sendiri perlu membantu dan membentuk susunan moral di lingkungannya agar tercipta rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama sehingga dapat dikatakan bahwa moral menjadi suatu tindakan yang penting untuk ditanamkan dan dikembangkan bagi setiap individu untuk mengembangkan bangsa dan negaranya sebab, memiliki moral yang baik akan menjadi cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan ada dan akan disenangi oleh banyak orang disekitarnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rizka Selviana Putri 2213053254 -
Nama : Rizka Selviana Putri
NPM : 2213053254


Dalam video yang berjudul pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral dalam video tersebut dijelaskan bahwa perkembangan iptek sangat berpengaruh terhadap moral apalagi kepada anak remaja pada masa saat ini sehingga perkembangan iptek tersebut menjadi salah satu faktor menurunnya moral terhadap anak bangsa. Marah sendiri diartikan sebagai baik buruknya perilaku manusia sebagai manusia sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia moral juga diartikan sebagai aturan dan sikap baik buruk layak dan tidak layaknya benar atau salah yang bersumber dari diri sendiri. Selain itu juga ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesenjangan moral yang pertama kurangnya pendidikan moral yang ditanamkan dari pihak keluarga, yang kedua yaitu pengaruh globalisasi, dan yang terakhir adalah agama dan lingkungan sekitar maupun diri sendiri. Oleh sebab itu kita sebagai penerus bangsa harus memiliki nilai moral yang baik serta mencerminkan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada diri kita sendiri agar terciptanya pribadi yang baik kedepannya sebab jika kita memiliki nilai moral yang ada dalam diri kita akan menjadikan cerminan untuk setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dan akan disenangi oleh masyarakat yang ada disekitar kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Khalidah Aurora 2213053200 -
Nama : Khalidah Aurora
NPM 2213053200

Pengembangan Iptek adalah faktor kunci dalam pendidikan moral di Indonesia, karena merupakan fokus masyarakat untuk menemukan solusi yang baik. Moral adalah aspek fundamental dari kehidupan manusia, yang berasal dari kehidupan yang baik yang diajarkan oleh agama, orang, dan lingkungan. Nilai-nilai Pancasila dapat mempromosikan moral yang baik dan berfungsi sebagai panduan bagi masyarakat dan masyarakat secara keseluruhan. Tiga faktor berkontribusi pada pendidikan moral: kurangnya pendidikan moral di lingkungan lokal, pengaruh globalisasi, dan kebutuhan individu untuk mengembangkan kualitas moral mereka sendiri. Perkembangan moral dan karakter di masa muda sangat penting bagi para guru untuk mengembangkan moral dan sifat yang dapat dikembangkan dan ditumbuhkan dalam kehidupan mereka sendiri. Pendidikan moral sangat penting bagi individu untuk mengembangkan nilai-nilai moral mereka sendiri dan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa dan masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Eva Nesa Lia 2253053052 -
Nama : Eva Nesa Lia
NPM : 2253053052

Dari video yang berjudul "Pengaruh Lingkungan terhadap Pendidikan Moral", analisis yang saya dapatkan yaitu video tersebut membahas permasalahan moral di Indonesia, dengan fokus pada dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) terhadap remaja. Video tersebut menyebutkan faktor-faktor seperti kurangnya pendidikan moral di keluarga, pengaruh globalisasi, dan peran agama dalam membentuk moralitas anak-anak. Poin kunci yang diungkapkan adalah perlunya upaya bersama dari pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral individu.

Kemudian, video tersebut menyoroti peran pendidikan tinggi, khususnya melalui mata kuliah pendidikan Pancasila, dalam membentuk moral dan karakter mahasiswa. Penekanan pada kepedulian terhadap sesama dan pentingnya membangun rasa kemanusiaan menjadi inti dari pemikiran yang disampaikan. Video tersebut menjelaskan bahwa memiliki moral yang baik merupakan cerminan sikap dan tindakan yang diperlukan untuk membangun bangsa.

Secara keseluruhan, video tersebut menguraikan permasalahan, faktor penyebab, serta upaya yang dapat dilakukan baik di tingkat keluarga, masyarakat, maupun pendidikan tinggi untuk mengatasi dan memperbaiki kondisi moral di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Azzahra Rindra Tiara 2213053117 -
Nama : Azzahra Rindra Tiara
NPM : 2213053117
Kelas : 3/I

Analisis video 2 "pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral"
Berdasarkan video tersebut saya dapat mengambil kesimpulan bahwa perkembangan iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral khususnya pada para remaja di Indonesia sehingga permasalahan moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat Indonesia untuk menemukan solusi yang baik bagaimana cara mengatasi kemerosotan moral yang ada pada saat ini. Pendidikan moral merupakan usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang taqwa kepada Tuhan yang maha esa dan bermoral serta memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat. Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasanya kemanusiaan dan menjunjung nilai-nilai Pancasila akan melahirkan moral ynag baik dan memiliki nilai musyawarah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rifki Zibral Mahardika 2213053224 -
Nama : Rifki Zibral Mahardika
NPM : 2213053224

Nilai moral memiliki kepentingan penting bagi manusia, namun, dengan perkembangan zaman, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penurunan nilai moral, salah satunya adalah dampak negatif dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai dan moral bukan hanya sebagai pelajaran, tetapi juga sebagai pembentukan karakter mengenai sikap terhadap yang baik dan buruk, bersumber dari internal diri yang ditanamkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan sekitar.

Adanya tiga faktor yang menyebabkan penurunan nilai dan moral:
1. Ketidakcukupan pendidikan moral di lingkungan keluarga.
2. Dampak negatif dari proses globalisasi.
3. Kurangnya peran agama dalam lingkungan yang lebih mengandalkan pada individualisme.

Upaya perbaikan terhadap nilai dan moral dalam masyarakat menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan membangun lingkungan baru yang dapat memajukan pendidikan nilai moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Dian Anjani Cahyaningrum Sasongko 2253053018 -
Nama : Dian Anjani Cahyaningrum Sasongko
NPM : 2253053018

Dari vidio 2 ini yang berjudul "pengaruh lingkungan terhadap pendidikan nilai moral" saya mendapatkan beberapa materi penting seperti : nilai moral pada masyarakat terutama pada pendidikan itu bisa berkembang dan juga bisa mengalami kemerosotan. Nilai moral hendaknya diajarkan oleh guru maupun orang tua, baik dalam lingkup keluarga - sekolah - masyarakat, karena nilai moral ini sangat penting apalagi berdasarkan pada sila-sila Pancasila. Adapun masalah yang dihadapi pada pendidikan moral diantarnya :
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi.
3. Kurangnya peranan agama dari lingkungannya.
Jadi peran guru dan orang tua sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak terutama dalam sikap pendidikan nilai dan juga moral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nadila Febilia Afrisa 2213053076 -
Nama : Nadila Febilia Afrisa
NPM : 2213053076

Analisis vidio 2
Dari vidio yang berjudul "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral" dapat saya simpulkan bahwa pengaruh iptek menjadi faktor utama dalam pemerosotan moral pada remaja di indonesia,sehingga nilai moral selalu menjadi perhatian warga indonesia.Pendidikan moral sendiri merupakan usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang tangguh,bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan jug memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.Kata moral mengacu kepada baik buruknya sikap.Pada dasarnya pendidikan moral akan lahir dari prilaku setiap individu sesuai dengan lingkunganya,adanya rasa kemanusiaan sesui dengan nilai-nilia pancasila dapat melahirkan moral yang baik.

Ada 3 faktor yang membuat krisisnya pendidikan moral :
1.Kurangnya pendidikan moral pada keluarga
2.Adanya pengaruh dari globalisaai
3.Kurangnya peran agama dilingkunganya dan dari individu itu sendiri
Maka dari itu untuk membangun kualitas anak anak bangsa untuk memiliki moral yang baik tidak hanya dengan penyuluhan tetapi pemerintah harus membenahi lingkungan yang tidak layak untuk tumbuh kembang individu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Adelia Cherlyana 2213053022 -
Nama : Adelia Cherlyana
NPM : 2213053022

Pengaruh lingkungan terhadap pendidikan moral

Kemajuan IPTEK berdampak negatif terhadap moral masyarakat terutama para remaja. Pendidikan moral akan lahir dari setiap individu sesuai dengan lingkungannya. Ada 3 faktor krisisnya pendidikan moral, yaitu kurangnya pendidikan moral di dalam keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, kurangnya peranan dari agama, lingkungan dan individu itu sendiri.
Maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus bertindak untuk membenahi lingkungan yang tidak layak untuk pertumbuhan moral setiap individu. Pendidikan Pancasila bisa menjadi penyempurna moral yang telah dimiliki oleh seseorang. Moral sangat penting untuk kita tanamkan dalam setiap individu, karena morallah yang akan menentukan sikap dan tindakan kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by AYU ARINDA 2213053079 -
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079

Berdasarkan video tersebut dijelaskan bahwa salah satu faktor kemerosotan moral adalah perkembangan Iptek. Selain itiu terdapat pula 3 Faktor penyebab krisisnya pendidikan moral yaitu :
- Kurangnya pendidikan moral dilingkungan keluarga, lingkungan memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk nilai dan moral seseorang, terlebih lagi lingkungan keluraga, karena keluarga memiliki peran sentral dalam membentuk nilai dan moral individu. Nilai-nilai yang diajarkan di rumah memiliki dampak jangka panjang pada perkembangan moral individu.
- Adanya pengaruh dari globalisasi, media dan teknologi modern memiliki dampak yang semakin besar dalam membentuk nilai dan moral. Informasi dan konten yang disampaikan melalui media dapat membentuk persepsi dan pandangan dunia individu, baik secara positif maupun negatif.
- Kurangnya peranan agama, dikarenakan perbedaan lingkungan, masyarakat cenderung memiliki keragaman nilai dan moral. Setiap kelompok atau komunitas mungkin memiliki norma, keyakinan atau agama yang berbeda, sehingga memiliki keberagaman dalam pandangan moral di masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Aziyatun Adinda Fitria 2213053239 -
Analsis Video 2
Nama : Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239


Lingkungan disekitar memiliki peran yang penting pula dalam memberikan pengaruh dalam peran pendidikan moral bagi kalangan siswa. Permasalahn mengenai moral tidak pernah luput menjadi salah satu permasaalahan indonesia untuk menemukan cara yang baik untuk mengatasi kemerosotan moral moral pada remaja. Pendidikan moral sediri ialah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang bertakwa kedapa tuhan dan memiliki nilai moral serta etika yang baik dalam bermasyarakat. Pendidikan moral ditumbuh kembangkan disetiap lingkungan sekolah tetapi juga faktor keluarga dan masyarakat terlibat dalam pembentukan atau pendidikan moral pada anak. Pada dasarnya nilai moral akan terbentuk sesuai dengan lingkungan tempat ia berada
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Putu Nia Rahmawati 2213053283 -
Nama : Putu Nia Rahmawati
Npm : 2213053283

*Seiring berkembangnya IPTEK menjadi tantangan besar akan sikap nilai dan moral para remaja,sehingga permasalahan nilai moral ini selalu menjadi perhatian masyarakat untuk menemukan solusi yang baik mengenai bagaimana cara mengatasi permasalahan moral pada sistem pendidikan saat ini. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan di setiap masyarakat dan masyarakatnya.
*Tiga faktor yang menjadi krisis pendidikan moral, yaitu melalui pendidikan moral pada lingkungan keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, dan kurangnya peranan agama di lingkungannya maupun di setiap individu itu sendiri. Pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk membenahi lingkungan yang tidak layak dalam penumbuhan moral setiap individu dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang dalam berbagai aspek terutama pendidikan moral dan karakternya. Moral menjadi sesuatu yang sangat penting untuk ditanamkan dan dikembangkan pada setiap individu.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by F. Riska Elisa 2213053249 -
Nama : F. Riska Elisa
NPM : 2213053249

Perkembangan Iptek menjadi faktor utama dalam kemerosotan moral pada remaja-remaja di Indonesia. Adapun cara mengatasi permasalahan moral yaitu dengan sistem pendidikan moral yang ditumbuhkembangkan dilingkungan sekolah atau disetiap pendidikan atau juga di lingkungan rumah. Dasarnya pendidikan moral akan lahir dari perilaku setiap individu sesuai dengan lingkungannya berada. Adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat melahirkan moral yang baik dan juga memiliki nilai musyawarah untuk rakyat dan serta keadilan disetiap masyarakat dan kemasyarakatannya. ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan juga di lingkungan di rumah sendiri.

Masalah pendidikan moral yang hadapi saat ini yaitu
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga.
2. Adanya pengaruh dari globalisasi.
3. Kurangnya peranan agama dari lingkungannya.

Peningkatan kualitas nilai dan moral anak selain dari orang tua dan keluarga. Pemerintah dan masyarakat juga harus turut membenahi lingkungan yang akan menjadi wahana pendidikan nilai dan moral anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Anggun Putri Pradani 2213053172 -
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053272

Dari video yang berjudul "Pengaruh lingkungan dalam pembentukan moral" dapat disimpulkan bahwa perkembangan IPTEK menjadi faktor utama kemerosotan moral remaja di Indonesia. Pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa dan mempunyai etika yang baik di lingkungan masyarakat. Menurut Suseno dalam Sigit Muryono 2011, bahwa kata moral mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia.
3 faktor penyebab kemerosotan moral yaitu
1. Kurangnya pendidikan moral di lingkungan keluarga.
2. Pengaruh globalisasi.
3. Kurangnya peran dari agama, lingkungan, ataupun di setiap individu itu sendiri.

Untuk membangunkan generasi bangsa yang bermoral baik seharusnya pemerintah juga ikut andil untuk membenahi lingkungan yang tidak layak untuk pertumbuhan moral dan membangun lingkungan baru yang mendukung tumbuh kembang seseorang khususnya dalam moral ataupun karakter. Dalam usia remaja atau mahasiswa/i pembentuk bhan modal dan karakter dapat dibenahi oleh diri sendiri tetapi di dalam perkuliahan juga diberikan pembelajaran mengenai moral. Sehingga moral bersifat penting agar seseorang dapat dipandang baik oleh orang lain karena mempunyai etika atau karakter yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ladaina Fahrun Nada 2213053044 -
Nama : Ladaina Fahrun Nada
NPM : 221305344

Pada video kedua yang berjudul "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Moral" dapat diketahui mengenai perkembangan IPTEK yang menjadi faktor utama kemerosotan moral remaja-remaja di Indonesia sehingga permasalahan ini memerlukan solusi untuk memperbaiki moral. Moral yaitu sebagai bidang yang dilihat dari segi kebaikannya ataupun aturan yang baik bersumber dalam diri sendiri atau sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Faktor yang menyebabkan merosotnya pendidikan moral yaitu; kurangnya pendidikan moral dalam keluarga, pengaruh globalisasi, kurangnya peran agama di dalam diri sendiri atau lingkungan. Maka dari itu untuk membangun kualitas anak bangsa untuk memiliki moral baik harus diperhatikan oleh pemerintah untuk membangun lingkungan baru yang baik karena dengan memiliki moral yang baik akan mencerminkan bagi setiap individu dalam bersikap dan bertindak sesuai peraturan serta akan disenangi oleh orang sekitar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Andini Puspitasari 2213053099 -
Nama : Andini Puspitasari
NPM : 2213053099

Perkembangan IPTEK sudah menjadi bahan utama dalam pemerosotannya pendidikan moral para remaja di Indonesia. Dimana pendidikan moral sendiri mengacu baik buruknya manusia sebagai manusia. Sehingga bidang moral merupakan bidang manusia yang dilihat dari segi kebaikannya. Dalam hal lain moral juga merupakan salah satu alat untuk mengatur dan mengajarkan baik buruk atau benar salah pada diri manusia. Perlu kita ketahui ada 3 faktor yang  menjadi penyebab pemerosotan pendidikan moral, seperti kurangnya pendidikan moral pada keluarga, adanya pengaruh dari globalisasi, dan kurangnya peranan agama pada diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitarnya. Dari ketiga faktor tersebut dapat kita tekankan pada pemerintah dan masyarakat yang harus turun tangan dalam membenahi lingkungan yang tidak layak untuk proses pertumbuhan moral bagi setiap individu dalam membangun lingkungan baru untuk tumbuh kembang seseorang, terutama dalam pendidikan moral dan karakter nya. Dengan menganalisis video ini kita sebagai mahasiswa seharusnya sudah bisa mengondisikan diri sendiri dalam menerapkan pendidikan moral agar memiliki rasa lebih kepeduliannya antar sesama maupun dalam lingkungan sekitarnya. Kita juga dapat membantu dalam menyusun pendidikan moral di sekitar kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ahmad Sheca Rahmadi 2213053102 -

Nama: Ahmad Sheca Rahmadi

NPM : 2213053102

Berdasarkan analisis video yang berjudul "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Nilai Moral", terdapat beberapa kesimpulan yang dapat diambil:

  1. Pendidikan moral merupakan usaha dalam membentuk moralitas anak didik agar menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
  2. Moral mengacu pada baik dan buruknya manusia sebagai manusia, sehingga moral merupakan bidang yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral merupakan aturan atau ajaran tentang baik dan buruk, yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
  3. Pendidikan nilai moral tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan di lingkungan rumah. Lingkungan tersebut memainkan peran penting dalam membentuk perilaku individu, dan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dapat melahirkan moral yang baik dan memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta nilai keadilan bagi setiap masyarakatnya.
  4. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi pendidikan moral, yaitu:
    • Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
    • Adanya pengaruh dari globalisasi.
    • Kurangnya peran dari agama, baik di lingkungan maupun pada setiap individu.

Untuk membangun kualitas bangsa, pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk memberikan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral setiap individu. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun lingkungan baru yang mendukung perkembangan moral dan karakter individu dalam berbagai aspek, terutama pendidikan moral.Berdasarkan analisis video yang berjudul "Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Nilai Moral", terdapat beberapa kesimpulan yang dapat diambil:

  1. Pendidikan moral merupakan usaha dalam membentuk moralitas anak didik agar menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki etika yang baik dalam bermasyarakat.
  2. Moral mengacu pada baik dan buruknya manusia sebagai manusia, sehingga moral merupakan bidang yang dilihat dari segi kebaikannya. Moral merupakan aturan atau ajaran tentang baik dan buruk, yang diajarkan oleh agama, orang tua, dan lingkungan dalam bertingkah laku sehari-hari.
  3. Pendidikan nilai moral tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah atau di setiap pendidikan di lingkungan rumah. Lingkungan tersebut memainkan peran penting dalam membentuk perilaku individu, dan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dapat melahirkan moral yang baik dan memiliki nilai musyawarah untuk rakyat serta nilai keadilan bagi setiap masyarakatnya.
  4. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi pendidikan moral, yaitu:
    • Kurangnya pendidikan moral pada lingkungan keluarga.
    • Adanya pengaruh dari globalisasi.
    • Kurangnya peran dari agama, baik di lingkungan maupun pada setiap individu.

Untuk membangun kualitas bangsa, pemerintah dan masyarakat juga harus turun tangan untuk memberikan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral setiap individu. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun lingkungan baru yang mendukung perkembangan moral dan karakter individu dalam berbagai aspek, terutama pendidikan moral.