Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
Nama : Azzahra Rindra Tiara
NPM : 2213053116
Kelas : 3/I
Analisis video 2 "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Berdasarkan video di atasnya dapat mengambil kesimpulan bahwa pemerintah harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di sekolah yang berada di dusun terpencil. Karena sekolah yang terletak di dusun terpencil tersebut terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas karena tidak adanya ruang kelas untuk mereka melakukan pembelajaran. Bahkan sekolah pada video tersebut tidak memiliki perpustakaan sehingga hal tersebut sangat disayangkan karena sekolah sangat memerlukan perpustakaan untuk menyediakan buku-buku bacaan untuk peserta didik maupun guru. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para siswa untuk tetap bersemangat ke sekolah, walaupun harus berjalan kaki untuk pergi ke sekolah. Di saat pandemi covid-19 mereka tetap pergi ke sekolah karena tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di Indonesia agar tujuan pendidikan dapat tercapai, dengan memberikan fasilitas yang memadai serta tenaga pendidik yang berkualitas. Selain itu dapat juga dilakukan pembangunan sekolah yang baru, perbaikan infrastruktur serta pengadaan peralatan pendidikan yang memadai untuk melakukan pembelajaran.
NPM : 2213053116
Kelas : 3/I
Analisis video 2 "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Berdasarkan video di atasnya dapat mengambil kesimpulan bahwa pemerintah harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di sekolah yang berada di dusun terpencil. Karena sekolah yang terletak di dusun terpencil tersebut terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas karena tidak adanya ruang kelas untuk mereka melakukan pembelajaran. Bahkan sekolah pada video tersebut tidak memiliki perpustakaan sehingga hal tersebut sangat disayangkan karena sekolah sangat memerlukan perpustakaan untuk menyediakan buku-buku bacaan untuk peserta didik maupun guru. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat para siswa untuk tetap bersemangat ke sekolah, walaupun harus berjalan kaki untuk pergi ke sekolah. Di saat pandemi covid-19 mereka tetap pergi ke sekolah karena tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di Indonesia agar tujuan pendidikan dapat tercapai, dengan memberikan fasilitas yang memadai serta tenaga pendidik yang berkualitas. Selain itu dapat juga dilakukan pembangunan sekolah yang baru, perbaikan infrastruktur serta pengadaan peralatan pendidikan yang memadai untuk melakukan pembelajaran.
Nama : Miftaudin Mahfudz
NPM : 2253053017
Analisis video 2 " Potret pendidikan di dusun terpencil berdasarkan analisis video tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa di SD tersebut pembelajaran yang masih miris karena belajarnya masih di teras kelas. dengan pembelajaran yang seperti itu siswa kurang nyaman akan berjalannya pembelajaran, dan juga kurangnya fasilitas siswa dari desa terpencil tersebut sulit untuk menjalankan pembelajaran. harapan saya dari pemerintah agar SD tersebut mempunyai dana untuk memperbaiki kualitas dari sekolah tersebut dan meningkatkan fasilitas yang ada pada sekolah tersebut.
NPM : 2253053017
Analisis video 2 " Potret pendidikan di dusun terpencil berdasarkan analisis video tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa di SD tersebut pembelajaran yang masih miris karena belajarnya masih di teras kelas. dengan pembelajaran yang seperti itu siswa kurang nyaman akan berjalannya pembelajaran, dan juga kurangnya fasilitas siswa dari desa terpencil tersebut sulit untuk menjalankan pembelajaran. harapan saya dari pemerintah agar SD tersebut mempunyai dana untuk memperbaiki kualitas dari sekolah tersebut dan meningkatkan fasilitas yang ada pada sekolah tersebut.
Nama : Rosa ananta Febrianti
Npm : 2213053288
Analisis Vidio 2. "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Berdasarkan video di atasnya dapat mengambil kesimpulan bahwa pemerintah harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di sekolah yang berada di dusun terpencil. Karena SekolahyAnG berada di desa desa terpencil akan susah adanya kegiatan belajar mengajar, karena adanya maksimum terbatas ruangan atau meja dan kursi, bahkan ada juga yang duduk di lantas yang di alaskan dengan tikar. Dapat kita lihat di Vidio selanjutnya tidak adanya perpustakaan bagi di sekolah terpencil tentu akan sangat memerlukan perpustakaan untuk mereka mengasah kemampuan mereka berpikir supaya tidak cenderung bermasin saja, dapat bermain tetapi sambil belajar. Pada saat adanya covid-19 mereka cenderung sekolah yang harus tergantung atau terbatas di waktu mereka, saat di sekolah belajar sambil bermain, saat di rumah mereka mengharuskan di rumah agar tidak menyebarkan atau menyebabkan terjadinya covid-19. Harapan untuk pemerintah agar senantiasa untuk memadai fasilitas untuk di sekolah yang tidak layak untuk di ganti dengan yang bar supaya lebih nyaman untuk meminalisir kegiatan pembelajaran jika sedang berlangsung.
Npm : 2213053288
Analisis Vidio 2. "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Berdasarkan video di atasnya dapat mengambil kesimpulan bahwa pemerintah harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan di sekolah yang berada di dusun terpencil. Karena SekolahyAnG berada di desa desa terpencil akan susah adanya kegiatan belajar mengajar, karena adanya maksimum terbatas ruangan atau meja dan kursi, bahkan ada juga yang duduk di lantas yang di alaskan dengan tikar. Dapat kita lihat di Vidio selanjutnya tidak adanya perpustakaan bagi di sekolah terpencil tentu akan sangat memerlukan perpustakaan untuk mereka mengasah kemampuan mereka berpikir supaya tidak cenderung bermasin saja, dapat bermain tetapi sambil belajar. Pada saat adanya covid-19 mereka cenderung sekolah yang harus tergantung atau terbatas di waktu mereka, saat di sekolah belajar sambil bermain, saat di rumah mereka mengharuskan di rumah agar tidak menyebarkan atau menyebabkan terjadinya covid-19. Harapan untuk pemerintah agar senantiasa untuk memadai fasilitas untuk di sekolah yang tidak layak untuk di ganti dengan yang bar supaya lebih nyaman untuk meminalisir kegiatan pembelajaran jika sedang berlangsung.
Nama : Dwi Ratna Asih
NPM : 2213053037
Dari video tersebut telah menceritakan tentang "potret pendidikan di dusun terpencil" yang di mana dapat membuka mata kita bawasannya di luar sana lebih tepatnya di suatu dusun terpencil masih ada pendidikan atau sekolah yang memang benar- benar kurang nya fasilitas, bahkan pada saat proses pembelajaran pun mereka harus melaksanakan di teras kelas karena tidak adanya ruangan kelas untuk meraka lakukan pembelajaran. Oleh karna itu pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah sekolah terutama yang berada di dusun- dusun terpencil karena di sana masih banyak sekolah sekolah yang membutuhkan fasilitas dari pemerintah.
NPM : 2213053037
Dari video tersebut telah menceritakan tentang "potret pendidikan di dusun terpencil" yang di mana dapat membuka mata kita bawasannya di luar sana lebih tepatnya di suatu dusun terpencil masih ada pendidikan atau sekolah yang memang benar- benar kurang nya fasilitas, bahkan pada saat proses pembelajaran pun mereka harus melaksanakan di teras kelas karena tidak adanya ruangan kelas untuk meraka lakukan pembelajaran. Oleh karna itu pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah sekolah terutama yang berada di dusun- dusun terpencil karena di sana masih banyak sekolah sekolah yang membutuhkan fasilitas dari pemerintah.
Nama : Krisna Farhan Fadillah
NPM : 2213053139
Di suatu wilayah terpencil di Sikka,Nusa Tenggara Timur terdapat sekolah dasar yang dinilai memerlukan perhatian khusus di dalam terselenggaranya kegiatan belajar mengajar. Bahkan sangking kurangnya sarana prasarana yang ada Mereka belajar di luar ruangan sebab tidak bisa menggunakan ruangan. Bahkan ketika pembelajaran daring Mereka pun tetap tidak bisa disebabkan sinyal internet yang tidak mencapai daerah tersebut. Sekolah berharap pemerintah dapat memperhatikan kondisi mereka dan juga memberikan tambahan agar mereka mendapatkan kualitas pendidikan yang layak
NPM : 2213053139
Di suatu wilayah terpencil di Sikka,Nusa Tenggara Timur terdapat sekolah dasar yang dinilai memerlukan perhatian khusus di dalam terselenggaranya kegiatan belajar mengajar. Bahkan sangking kurangnya sarana prasarana yang ada Mereka belajar di luar ruangan sebab tidak bisa menggunakan ruangan. Bahkan ketika pembelajaran daring Mereka pun tetap tidak bisa disebabkan sinyal internet yang tidak mencapai daerah tersebut. Sekolah berharap pemerintah dapat memperhatikan kondisi mereka dan juga memberikan tambahan agar mereka mendapatkan kualitas pendidikan yang layak
Nama : F. Riska Elisa
NPM : 2213053249
Kelas : 3/I
Di dalam video terlihat para siswa SD Negeri Glak Kabupaten SIKKA, membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini, terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas yang dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas , sekolah ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas, perpustakaan saja tidak dimiliki sekolah ini, meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah. Disaat masa pandemic of 19 ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar jarak jauh, sekolah ini tak mampu melaksanakannya karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Diharapkan kepada pemerintah supaya pemerintah segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak aman belajar jadi pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
NPM : 2213053249
Kelas : 3/I
Di dalam video terlihat para siswa SD Negeri Glak Kabupaten SIKKA, membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini, terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas yang dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas , sekolah ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas, perpustakaan saja tidak dimiliki sekolah ini, meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah. Disaat masa pandemic of 19 ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar jarak jauh, sekolah ini tak mampu melaksanakannya karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Diharapkan kepada pemerintah supaya pemerintah segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak aman belajar jadi pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Alya Rifa Dwi Pangestu
2213053152
3I
Bedasarkan video tersebjut dapat disimpulkan bahwa pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih terhadap pendidikan di sekolah pedalaman karena berada di desa terpencil akan sedikit lebih susah untuk akses kegiatan belajar mengajar, Dapat di lihat pada video tersebut kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah terpencil akan sangat menyusahkan untuk mereka mengasah kemampuan dalam berpikir. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di swluruh Indonesia termasuk di pedalam agar pendidikan dapat berjalan dengan semestianya.Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas maka sekolah akan meningkatkan kulalitas pendidikan yang baik.
2213053152
3I
Bedasarkan video tersebjut dapat disimpulkan bahwa pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih terhadap pendidikan di sekolah pedalaman karena berada di desa terpencil akan sedikit lebih susah untuk akses kegiatan belajar mengajar, Dapat di lihat pada video tersebut kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah terpencil akan sangat menyusahkan untuk mereka mengasah kemampuan dalam berpikir. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di swluruh Indonesia termasuk di pedalam agar pendidikan dapat berjalan dengan semestianya.Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas maka sekolah akan meningkatkan kulalitas pendidikan yang baik.
Nama : Eva Nesa Lia
NPM : 2253053052
Setelah saya menonton video tersebut, analisis yang saya dapatkan adalah
Sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Covid-19 tidak menjadi halangan mereka untuk belajar, karena tidak adanya akses internet. Sehingga mengharuskan mereka tetap harus belajar dikelas.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.
Pemerintah seharusnya bisa lebih terbuka kembali mengenai pendidikan di indonesia. Melihat mutu pendidikan yang rendah dan kurang baik pemerintah bisa melakukan penyebaran guru secara rata, memberikan fasilitas yang memadai, dan melakukan sosialisasi secara berkala.
NPM : 2253053052
Setelah saya menonton video tersebut, analisis yang saya dapatkan adalah
Sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Covid-19 tidak menjadi halangan mereka untuk belajar, karena tidak adanya akses internet. Sehingga mengharuskan mereka tetap harus belajar dikelas.
Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.
Pemerintah seharusnya bisa lebih terbuka kembali mengenai pendidikan di indonesia. Melihat mutu pendidikan yang rendah dan kurang baik pemerintah bisa melakukan penyebaran guru secara rata, memberikan fasilitas yang memadai, dan melakukan sosialisasi secara berkala.
Nama : Nadia Ayu Nurjanah
NPM : 2213053119
Kelas : 3 / i
Dalam video dengan judul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” terdapat suatu Sekolah Dasar yaitu SD Negeri Glak di desa Sikka NTT yang melangsungkan proses belajar mengajar di teras kelas lantaran kekurangannya ruang kelas, sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruang kelas dan terdapat 1 kelas yang tidak mempunyai ruang lantaran salah satu ruangan digunakan sebagai kantor guru. Saat pandemi corona melanda, para peserta didik tetap melangsungkan proses pembelajaran disekolah, dikarenakan di desa tersebut belum adanya jaringan telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata dengan menyediakan fasilitas untuk sekolah tersebut. Fasilitas yang memadai di sekolah menjadi aspek kritis dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan kondusif. Fasilitas yang baik tidak hanya menyediakan sarana untuk proses pengajaran dan pembelajaran yang optimal, tetapi juga memengaruhi secara langsung kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.
NPM : 2213053119
Kelas : 3 / i
Dalam video dengan judul “Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” terdapat suatu Sekolah Dasar yaitu SD Negeri Glak di desa Sikka NTT yang melangsungkan proses belajar mengajar di teras kelas lantaran kekurangannya ruang kelas, sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruang kelas dan terdapat 1 kelas yang tidak mempunyai ruang lantaran salah satu ruangan digunakan sebagai kantor guru. Saat pandemi corona melanda, para peserta didik tetap melangsungkan proses pembelajaran disekolah, dikarenakan di desa tersebut belum adanya jaringan telekomunikasi sama sekali. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat membuka mata dengan menyediakan fasilitas untuk sekolah tersebut. Fasilitas yang memadai di sekolah menjadi aspek kritis dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan kondusif. Fasilitas yang baik tidak hanya menyediakan sarana untuk proses pengajaran dan pembelajaran yang optimal, tetapi juga memengaruhi secara langsung kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.
Nama : Rizka Selviana Putri
NPM : 2213053254
Dari video tersebut dijelaskan bagaimana kondisi sekolah di dusun terpencil di mana di SD Negeri Glak sangat amat susah untuk menjalankan pendidikan mereka harus rela belajar di depan teras kelas karena tidak adanya ruang kelas yang memadai untuk mereka belajar dengan nyaman namun para siswa dan siswi yang ada di desa tersebut tetap semangat untuk bersekolah dan menambah ilmu serta mereka tetap melaksanakan KBM dan mengikutinya secara tertib dan semangat. Menurut saya seharusnya pemerintah lebih lagi memperhatikan desa-desa terpencil dan memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk anak-anak yang bersemangat dalam belajar sehingga mereka merasa nyaman dan senang untuk ke sekolah
NPM : 2213053254
Dari video tersebut dijelaskan bagaimana kondisi sekolah di dusun terpencil di mana di SD Negeri Glak sangat amat susah untuk menjalankan pendidikan mereka harus rela belajar di depan teras kelas karena tidak adanya ruang kelas yang memadai untuk mereka belajar dengan nyaman namun para siswa dan siswi yang ada di desa tersebut tetap semangat untuk bersekolah dan menambah ilmu serta mereka tetap melaksanakan KBM dan mengikutinya secara tertib dan semangat. Menurut saya seharusnya pemerintah lebih lagi memperhatikan desa-desa terpencil dan memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk anak-anak yang bersemangat dalam belajar sehingga mereka merasa nyaman dan senang untuk ke sekolah
Nama : Habsah afifatul amri
Npm : 2213053153
Potret pendidikan di dusun terpencil
siswa SDN glak kabupaten sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, karena sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. sekola ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. di masa pandemic covid 19 ini ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah sekolah ini tak mampu melaksanakannya karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, maka dari itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. jadi pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran.
Npm : 2213053153
Potret pendidikan di dusun terpencil
siswa SDN glak kabupaten sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, karena sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. sekola ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. di masa pandemic covid 19 ini ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah sekolah ini tak mampu melaksanakannya karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, maka dari itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. jadi pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran.
Nama : Adelia Cherlyana
NPM : 2213053022
Kisah SD Negeri Glak Kabupaten Sigang yang terdapat di desa terpencil, sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan (5 ruangan untuk ruang belajar dan 1 ruang untuk kantor / ruang guru), sehingga terdapat 1 kelas yang tidak memiliki ruang belajar sehingga menyebabkan siswanya belajar di teras kelas, dan jika sedang hujan merek tidak bisa belajar dan jika sedang panas mereka menduh di bawah pohon. Sekolah ini pun juga tidak memiliki perpustakaan, namun para siswa disana memiliki semangat yang tinggi, setiap hari mereka berjalan menuju ke sekolah walupun jaraknya 2 KM.
Pada saat masa covid-19 yang dimana sekolah lain melakukan belajar daring, namun di SD tersebut tetap melakukan pembelajaran tatap muka dikarenakan di desa tersebut belum terdapat jaringan telekomunikasi sama sekali
NPM : 2213053022
Kisah SD Negeri Glak Kabupaten Sigang yang terdapat di desa terpencil, sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan (5 ruangan untuk ruang belajar dan 1 ruang untuk kantor / ruang guru), sehingga terdapat 1 kelas yang tidak memiliki ruang belajar sehingga menyebabkan siswanya belajar di teras kelas, dan jika sedang hujan merek tidak bisa belajar dan jika sedang panas mereka menduh di bawah pohon. Sekolah ini pun juga tidak memiliki perpustakaan, namun para siswa disana memiliki semangat yang tinggi, setiap hari mereka berjalan menuju ke sekolah walupun jaraknya 2 KM.
Pada saat masa covid-19 yang dimana sekolah lain melakukan belajar daring, namun di SD tersebut tetap melakukan pembelajaran tatap muka dikarenakan di desa tersebut belum terdapat jaringan telekomunikasi sama sekali
Nama : Rahmawati
NPM : 2213053210
Analisis Video 2
SD Negeri Glak di desa Sikka NTT terlihat siswanya yang memprihatinkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah karena terpaksa harus melakukan kegiatan proses pembelajaran di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Bahkan disaat terjadinya Pandemi covid 19 sekolah ini tidak melaksanakan pembelajaran secara daring, mereka masih menggunakan proses pembelajaran dengan tatap muka langsung dikarenakan wilayah ini belum terdapat jaringan internet sama sekali karena terletak di daerah dusun terpencil. Akan tetapi, siswanya tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka diharuskan berjalan kaki hingga 2 km agar bisa belajar di sekolah. Pemerintah seharusnya bisa lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil karena Pendidikan sangat penting guna mencerdaskan generasi penerus kehidupan bangsa Indonesia.
NPM : 2213053210
Analisis Video 2
SD Negeri Glak di desa Sikka NTT terlihat siswanya yang memprihatinkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah karena terpaksa harus melakukan kegiatan proses pembelajaran di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Bahkan disaat terjadinya Pandemi covid 19 sekolah ini tidak melaksanakan pembelajaran secara daring, mereka masih menggunakan proses pembelajaran dengan tatap muka langsung dikarenakan wilayah ini belum terdapat jaringan internet sama sekali karena terletak di daerah dusun terpencil. Akan tetapi, siswanya tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka diharuskan berjalan kaki hingga 2 km agar bisa belajar di sekolah. Pemerintah seharusnya bisa lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil karena Pendidikan sangat penting guna mencerdaskan generasi penerus kehidupan bangsa Indonesia.
Nama : Khalidah Aurora
NPM 2213053200
Pendidikan di dusun terpencil, dari video tersebut bahwa ruang kelas yang kurang tidak mematahkan semangat para murid untuk tetap semangat belajar. Saat pandemi covid – 19, saat pemerintah memberikan informasi untuk belajar daring, tetapi SD Negeri Olak tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah dan sekolah tetap melaksanakannya karena kurangnya akses internet. Banyak sekali kekurangan di SD Negeri Olak ini, seperti saat hari yang panas mereka tetap belajar tetpi sambil berteduh di bawah pohon, saat hujan pun mereka yang kelasnya di teras tidak bisa melaksanakan kegiatan belajar. Kepala Sekolah berharap pemerintah dapat segera penuhi fasilitas sekolah membangun tambahan kelas agar anak – anak dapat belajar dengan nyaman dan baik.
NPM 2213053200
Pendidikan di dusun terpencil, dari video tersebut bahwa ruang kelas yang kurang tidak mematahkan semangat para murid untuk tetap semangat belajar. Saat pandemi covid – 19, saat pemerintah memberikan informasi untuk belajar daring, tetapi SD Negeri Olak tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah dan sekolah tetap melaksanakannya karena kurangnya akses internet. Banyak sekali kekurangan di SD Negeri Olak ini, seperti saat hari yang panas mereka tetap belajar tetpi sambil berteduh di bawah pohon, saat hujan pun mereka yang kelasnya di teras tidak bisa melaksanakan kegiatan belajar. Kepala Sekolah berharap pemerintah dapat segera penuhi fasilitas sekolah membangun tambahan kelas agar anak – anak dapat belajar dengan nyaman dan baik.
Nama : Dian Anjani Cahyaningrum Sasongko
NPM : 2253053018
Dalam vidio 2 yang berjudul "potret pendidikan di dusun terpencil" saya mendapatkan beberapa materi penting seperti : terlihat dari video tersebut terdapat sebuah sekolah di dusun terpencil yang keadaannya sangat memprihatinkan dikarenakan ruang kelas saja tidak punya sampai-sampai para siswa pun belajar di teras kelas dan terlihat fasilitas seperti papan tulis pun sudah rusak dengan ini pemerintah seharusnya lebih memperhatikan sekolah-sekolah di desa terpencil yang memang sangat dibutuhkan renovasinya terlebih lagi perpustakaan serta buku-buku yang seharusnya tersedia sebagai fasilitas anak untuk membaca dan memperbanyak ilmu-ilmunya, dapat dilihat juga walaupun di era pandemi covid-19 para siswa tetap pergi sekolah dan bersemangat walaupun seharusnya di era itu melakukan pembelajaran secara daring tetapi di dusun tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di dusun tersebut. Dengan ini pemerintah harus menyamaratakan semua sekolah yang ada di Indonesia ini agar pendidikan di Indonesia bisa maju dan juga tujuannya tercapai.
NPM : 2253053018
Dalam vidio 2 yang berjudul "potret pendidikan di dusun terpencil" saya mendapatkan beberapa materi penting seperti : terlihat dari video tersebut terdapat sebuah sekolah di dusun terpencil yang keadaannya sangat memprihatinkan dikarenakan ruang kelas saja tidak punya sampai-sampai para siswa pun belajar di teras kelas dan terlihat fasilitas seperti papan tulis pun sudah rusak dengan ini pemerintah seharusnya lebih memperhatikan sekolah-sekolah di desa terpencil yang memang sangat dibutuhkan renovasinya terlebih lagi perpustakaan serta buku-buku yang seharusnya tersedia sebagai fasilitas anak untuk membaca dan memperbanyak ilmu-ilmunya, dapat dilihat juga walaupun di era pandemi covid-19 para siswa tetap pergi sekolah dan bersemangat walaupun seharusnya di era itu melakukan pembelajaran secara daring tetapi di dusun tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di dusun tersebut. Dengan ini pemerintah harus menyamaratakan semua sekolah yang ada di Indonesia ini agar pendidikan di Indonesia bisa maju dan juga tujuannya tercapai.
Nama: Mae Lisa Indriyani
NPM: 2253053014
Judul video: Potret pendidikan di dusun terpencil oleh Kompas TV
Dari video tersebut bahwa SD N Glak harus menempuh jarak perjalanan sepanjang 2 KM dari desa Sikka NTT, harus mengajar di teras kelas dikarenakan tidak tersedianya ruangan kelas bagi peserta didik. Hanya terdiri 6 kelas yang salah satunya adalah ruangan guru, bahkan untuk perpustakaan saja tidak ada. Tidak tersedianya jaringan telekomunikasi yang mengharuskan peserta didik untuk tetap belajar secara tatap muka walaupun di masa pandemi tahun lalu. Kekurangan ruang kelas yang mengakibatkan ketidaknyamanan peserta didik dalam belajar, belajar dalam teras kelas sangat ber resiko saat musim hujan yang deras dan angin yang kencang serta saat terik matahari mereka harus dialokasikan ke bawah pohon karena sengatan matahari. Pemerataan dan perbaikan ruang pendidikan sangat diperlukan untuk kenyamanan dan kesenangan belajar peserta didik.
NPM: 2253053014
Judul video: Potret pendidikan di dusun terpencil oleh Kompas TV
Dari video tersebut bahwa SD N Glak harus menempuh jarak perjalanan sepanjang 2 KM dari desa Sikka NTT, harus mengajar di teras kelas dikarenakan tidak tersedianya ruangan kelas bagi peserta didik. Hanya terdiri 6 kelas yang salah satunya adalah ruangan guru, bahkan untuk perpustakaan saja tidak ada. Tidak tersedianya jaringan telekomunikasi yang mengharuskan peserta didik untuk tetap belajar secara tatap muka walaupun di masa pandemi tahun lalu. Kekurangan ruang kelas yang mengakibatkan ketidaknyamanan peserta didik dalam belajar, belajar dalam teras kelas sangat ber resiko saat musim hujan yang deras dan angin yang kencang serta saat terik matahari mereka harus dialokasikan ke bawah pohon karena sengatan matahari. Pemerataan dan perbaikan ruang pendidikan sangat diperlukan untuk kenyamanan dan kesenangan belajar peserta didik.
Nama: Angga Putra
NPM: 2253053043
Analisis saya terhadap video Youtube yang bejudul " POTRET PENDIDIKAN DIDUSUN TERPENCIL " adalah
Sekolah Dasar yang terletak di sebuah dusun terpencil terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Dan ketika Covid-19 tidak menjadi halangan mereka untuk belajar, karena tidak adanya akses internet. Sehingga mengharuskan mereka tetap harus belajar dikelas.
Nah dengan kasus yang ada divideo tersebut menyadarkan kita akan pentingnya pemerataan pendidikan didaerah-daerah terpencil oleh pemerintah. Untuk menyamakan tingkat pendidikan di daerah terpencil, pemerintah harus merancang rencana yang lengkap dan terpadu. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan adalah memperbaiki infrastruktur pendidikan seperti gedung sekolah, jalan dan jembatan, dan akses listrik maupun sinyal dan air bersih.
NPM: 2253053043
Analisis saya terhadap video Youtube yang bejudul " POTRET PENDIDIKAN DIDUSUN TERPENCIL " adalah
Sekolah Dasar yang terletak di sebuah dusun terpencil terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Dan ketika Covid-19 tidak menjadi halangan mereka untuk belajar, karena tidak adanya akses internet. Sehingga mengharuskan mereka tetap harus belajar dikelas.
Nah dengan kasus yang ada divideo tersebut menyadarkan kita akan pentingnya pemerataan pendidikan didaerah-daerah terpencil oleh pemerintah. Untuk menyamakan tingkat pendidikan di daerah terpencil, pemerintah harus merancang rencana yang lengkap dan terpadu. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan adalah memperbaiki infrastruktur pendidikan seperti gedung sekolah, jalan dan jembatan, dan akses listrik maupun sinyal dan air bersih.
Nama : Nadila Febilia Afrisa
NPM : 2213053076
Dari vidio 2 yang berjudul "Potret Pendidkkan di Dusun Terpencil" dapat saya simpulkan bahwa para siswa di SD negeri glak kabupaten sikka (NTT) membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah karna sekolah ini terletak di dusun terpencil terpaksa harus melakukan pembelajaran di teras kelas karna tidak adanya ruangan kelas untuk belajar,sekolah yang terletak dibawah kaki gunung itu sagat minim prasarana kelas namun murid murid tetap bersemangat untuk sekolah,setiap hari mereka harus berjalan 2 km untuk pergi kesekolah.Ruang belajar disekolah tersebut ada 6 kelas karna 5 kelas untuk belajar dan 1 kelas untuk kantor.karna kurang 1 ruangan terpaksa anak anak tersebut harus belajar diteras kelas.
NPM : 2213053076
Dari vidio 2 yang berjudul "Potret Pendidkkan di Dusun Terpencil" dapat saya simpulkan bahwa para siswa di SD negeri glak kabupaten sikka (NTT) membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah karna sekolah ini terletak di dusun terpencil terpaksa harus melakukan pembelajaran di teras kelas karna tidak adanya ruangan kelas untuk belajar,sekolah yang terletak dibawah kaki gunung itu sagat minim prasarana kelas namun murid murid tetap bersemangat untuk sekolah,setiap hari mereka harus berjalan 2 km untuk pergi kesekolah.Ruang belajar disekolah tersebut ada 6 kelas karna 5 kelas untuk belajar dan 1 kelas untuk kantor.karna kurang 1 ruangan terpaksa anak anak tersebut harus belajar diteras kelas.
Nama : Ufara Alfadila
NPM : 2213053114
Dari video yang berjudul “ Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” dapat saya simpulkan bahwa keadaan pendidikan disana mempihatinkan, seperti para siswa yang belajar diteras kelas karena terbatasnya ruang kelas untuk belajar, tidak adanya perpustaakaan, dan kondisi memprihatinkan lainnya. Padahal para siswa disana semangat untuk bersekolah yang dibuktikan oleh ketersediaanya berjalan kaki menempuh jarak 2km untuk pergi ke sekolah. Pada massa covid-19 dimana hendaknya belajar dilakukan secara daring tetapi di daerah ini tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada jaringan telekomunikasi sehingga tetap dilaksanakan secara luring. Pihak sekolah berharap pemerintah bisa melihat dan memperbaiki keadaan pendidikan mereka disana.
NPM : 2213053114
Dari video yang berjudul “ Potret Pendidikan di Dusun Terpencil” dapat saya simpulkan bahwa keadaan pendidikan disana mempihatinkan, seperti para siswa yang belajar diteras kelas karena terbatasnya ruang kelas untuk belajar, tidak adanya perpustaakaan, dan kondisi memprihatinkan lainnya. Padahal para siswa disana semangat untuk bersekolah yang dibuktikan oleh ketersediaanya berjalan kaki menempuh jarak 2km untuk pergi ke sekolah. Pada massa covid-19 dimana hendaknya belajar dilakukan secara daring tetapi di daerah ini tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada jaringan telekomunikasi sehingga tetap dilaksanakan secara luring. Pihak sekolah berharap pemerintah bisa melihat dan memperbaiki keadaan pendidikan mereka disana.
Nama: Florentic Helau
NPM: 2213053023
Pemerintah harus bisa memberikan perhatian lebih untuk pendidikan di daerah pelosok yang kurangnya sarana dan prasarana. Mirisnya siswa terpaksa melakukan pembelajaran di teras dikarenakan tidak memiliki kelas yang cukup. Seharusnya pemerintah bisa membantu memfasilitasi sekolah sekolah yang minim akan kebutuhan yang diperlukan.
NPM: 2213053023
Pemerintah harus bisa memberikan perhatian lebih untuk pendidikan di daerah pelosok yang kurangnya sarana dan prasarana. Mirisnya siswa terpaksa melakukan pembelajaran di teras dikarenakan tidak memiliki kelas yang cukup. Seharusnya pemerintah bisa membantu memfasilitasi sekolah sekolah yang minim akan kebutuhan yang diperlukan.
Nama : Riri Oktavia Erlina
NPM : 2213053098
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Para siswa SDN Glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sebuah sekolah yang terletak didusun terpencil tersebut harus terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras kelas ini dipakai karna tidak adanya ruang kelas. Namun, hal tersebut tidak menghalangi semangat mereka dalam sekolah, meskipun mereka harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2km. Ketika covid-19 kemarin, dimana pemerintah mengkampanyekan bahwa pembelajaran diadakan secara daring, sekolah tersebut tidak mampu melaksanakannya, karena sekolah ini belum ada jaringan telekomunikasi yang baik, karena itulah pihak sekolah terpaksa tetap harus melaksanakan pembelajaran di sekolah.
Bahkan, jika musim hujanpun siswa yang belajar di teras tidak bisa sekolah. Pihak sekolah pun berharap pemerintah membuka mata, dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Dalam hal ini, maka peran pemerintahlah yang sangat berpengaruh, seperti pemberian dan penyediaan fasilitas sekolah, agar anak-anak dapat belajar dengan baik dan lancar.
NPM : 2213053098
Analisis Video 2
"Potret Pendidikan di Dusun Terpencil"
Para siswa SDN Glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sebuah sekolah yang terletak didusun terpencil tersebut harus terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras kelas ini dipakai karna tidak adanya ruang kelas. Namun, hal tersebut tidak menghalangi semangat mereka dalam sekolah, meskipun mereka harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2km. Ketika covid-19 kemarin, dimana pemerintah mengkampanyekan bahwa pembelajaran diadakan secara daring, sekolah tersebut tidak mampu melaksanakannya, karena sekolah ini belum ada jaringan telekomunikasi yang baik, karena itulah pihak sekolah terpaksa tetap harus melaksanakan pembelajaran di sekolah.
Bahkan, jika musim hujanpun siswa yang belajar di teras tidak bisa sekolah. Pihak sekolah pun berharap pemerintah membuka mata, dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
Dalam hal ini, maka peran pemerintahlah yang sangat berpengaruh, seperti pemberian dan penyediaan fasilitas sekolah, agar anak-anak dapat belajar dengan baik dan lancar.
efi yulyana
2213053075
Analisis video 2
bahwa pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih terhadap pendidikan di sekolah pedalaman karena berada di desa terpencil akan sedikit lebih susah untuk akses kegiatan belajar mengajar, Dapat di lihat pada video tersebut kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah terpencil akan sangat menyusahkan untuk mereka mengasah kemampuan dalam berpikir. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di swluruh Indonesia termasuk di pedalam agar pendidikan dapat berjalan dengan semestianya.Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas maka sekolah akan meningkatkan kulalitas pendidikan yang baik.
2213053075
Analisis video 2
bahwa pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih terhadap pendidikan di sekolah pedalaman karena berada di desa terpencil akan sedikit lebih susah untuk akses kegiatan belajar mengajar, Dapat di lihat pada video tersebut kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah terpencil akan sangat menyusahkan untuk mereka mengasah kemampuan dalam berpikir. Harapannya pemerintah dapat meratakan pendidikan di swluruh Indonesia termasuk di pedalam agar pendidikan dapat berjalan dengan semestianya.Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik serta tenaga pendidik yang berkualitas maka sekolah akan meningkatkan kulalitas pendidikan yang baik.
Nama : Rafa Lola Amanda
NPM : 2213053245
Video tersebut menggambarkan kondisi sekolah di dusun terpencil, Sikka, yang menghadapi berbagai tantangan. Keenam ruangan yang dimiliki sekolah tersebut tidak mencukupi, dengan satu ruangan digunakan sebagai kantor dan ruang guru. Kekurangan fasilitas seperti perpustakaan dan kurangnya ruang belajar mempengaruhi kualitas pendidikan. Selain itu, dalam konteks pandemi COVID-19, kesulitan akses telekomunikasi menjadi kendala serius. Harapan mereka adalah agar pemerintah segera membangun ruang kelas tambahan untuk mendukung proses belajar-mengajar yang lebih baik.
NPM : 2213053245
Video tersebut menggambarkan kondisi sekolah di dusun terpencil, Sikka, yang menghadapi berbagai tantangan. Keenam ruangan yang dimiliki sekolah tersebut tidak mencukupi, dengan satu ruangan digunakan sebagai kantor dan ruang guru. Kekurangan fasilitas seperti perpustakaan dan kurangnya ruang belajar mempengaruhi kualitas pendidikan. Selain itu, dalam konteks pandemi COVID-19, kesulitan akses telekomunikasi menjadi kendala serius. Harapan mereka adalah agar pemerintah segera membangun ruang kelas tambahan untuk mendukung proses belajar-mengajar yang lebih baik.
Analisis Video 2
Nama : Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239
Pendidikan di dusun terpencil sudah seharusnya mendapatkam perhatian lebih dari pemerintah, terdapat sekolah di NTT yang terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas dikarenakan ketiadaan ruang kelas sekolah, sekolah hanya memiliki 6 ruangan bahkan disekolah ini tidak memiliki perpustakaan, tetapi meskipun begitu para siswa tetap saja bersemangat untuk berangkat kesekolah meskipun mereka harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Melalui video tersebut juga kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwa sudah seharusnya bagi siswa yang mendapatkan fasilitas sekolah yang memadai lebih giat lagi untuk besekolah dan belajar dengan sungguh sungguh, pemerintah juga sepatutnya lebih memerhatikan sekolah sekolah yang berada diperdalaman guna meratakan pendidikan yang ada.
Nama : Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239
Pendidikan di dusun terpencil sudah seharusnya mendapatkam perhatian lebih dari pemerintah, terdapat sekolah di NTT yang terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas dikarenakan ketiadaan ruang kelas sekolah, sekolah hanya memiliki 6 ruangan bahkan disekolah ini tidak memiliki perpustakaan, tetapi meskipun begitu para siswa tetap saja bersemangat untuk berangkat kesekolah meskipun mereka harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Melalui video tersebut juga kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwa sudah seharusnya bagi siswa yang mendapatkan fasilitas sekolah yang memadai lebih giat lagi untuk besekolah dan belajar dengan sungguh sungguh, pemerintah juga sepatutnya lebih memerhatikan sekolah sekolah yang berada diperdalaman guna meratakan pendidikan yang ada.
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079
Dari video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" seharusnya pemerintah dapat memberikan perhatian lebih pada pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil terpencil. Karena minimnya sarana dan prasarana sekolah menyebabkan kegiatan belajar mengajar tidak efektif. Seharusnya pemerintah menyamaratakan memberikan fasilitas yang memadai, infrastruktur yang memadai serta tenaga pendidik yang berkualitas untuk semua daerah. Dalam video tersebut jangankan perpustakaan, mereka bahkan tidak memiliki ruang kelas untuk melakukan pembelajaran sehingga mereka melakukan kegiatan belajar mengajar diteras. Akan tetapi hal tersebut sama sekali tidak mematahkan semangat mereka untuk tetap bersekolah, walaupun mereka harus berjalan kaki untuk pergi ke sekolah, bahkan saat pandemi covid-19 mereka tetap pergi ke sekolah karena tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
NPM : 2213053079
Dari video "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" seharusnya pemerintah dapat memberikan perhatian lebih pada pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil terpencil. Karena minimnya sarana dan prasarana sekolah menyebabkan kegiatan belajar mengajar tidak efektif. Seharusnya pemerintah menyamaratakan memberikan fasilitas yang memadai, infrastruktur yang memadai serta tenaga pendidik yang berkualitas untuk semua daerah. Dalam video tersebut jangankan perpustakaan, mereka bahkan tidak memiliki ruang kelas untuk melakukan pembelajaran sehingga mereka melakukan kegiatan belajar mengajar diteras. Akan tetapi hal tersebut sama sekali tidak mematahkan semangat mereka untuk tetap bersekolah, walaupun mereka harus berjalan kaki untuk pergi ke sekolah, bahkan saat pandemi covid-19 mereka tetap pergi ke sekolah karena tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran daring karena terhambatnya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Nama : Andini Puspitasari
NPM : 2213053099
Sering kita dengar bahwa kondisi pendidikan di suatu desa/daerah terpencil sangat minim fasilitasnya atau bahkan belum tersedia jaringan telekomunikasi. Banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak diperhatikan oleh pihak pemerintah. Alhasil banyak sekolah - sekolah yang tidak dapat melaksanakan pembelajaran nya secara penuh seperti sekolah yang berkecukupan dalam fasilitas.
NPM : 2213053099
Sering kita dengar bahwa kondisi pendidikan di suatu desa/daerah terpencil sangat minim fasilitasnya atau bahkan belum tersedia jaringan telekomunikasi. Banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak diperhatikan oleh pihak pemerintah. Alhasil banyak sekolah - sekolah yang tidak dapat melaksanakan pembelajaran nya secara penuh seperti sekolah yang berkecukupan dalam fasilitas.
Nama : Putu Nia Rahmawati
Npm : 2213053283
Analisis video youtube yang kedua ini dengan judul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" tentang pendidikan di dusun terpencil ang berfokus pada para siswa SD Negeri Glak, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Video ini menunjukkan bagaimana para siswa di dusun terpencil tersebut belajar dengan fasilitas yang minim, seperti hanya menggunakan papan tulis dan kapur, serta tidak memiliki akses internet. Meskipun demikian, para siswa tersebut tetap semangat dalam belajar dan berharap agar fasilitas pendidikan di dusun mereka dapat ditingkatkan.
Npm : 2213053283
Analisis video youtube yang kedua ini dengan judul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" tentang pendidikan di dusun terpencil ang berfokus pada para siswa SD Negeri Glak, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Video ini menunjukkan bagaimana para siswa di dusun terpencil tersebut belajar dengan fasilitas yang minim, seperti hanya menggunakan papan tulis dan kapur, serta tidak memiliki akses internet. Meskipun demikian, para siswa tersebut tetap semangat dalam belajar dan berharap agar fasilitas pendidikan di dusun mereka dapat ditingkatkan.
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172
Dari video yang berjudul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" dapat disimpulkan bahwa para peserta didik SD negeri glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan pembelajaran di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Jangankan kelas, perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini meski begitu para peserta didik tetap bersemangat untuk bersekolah. Pada masa pandemi, pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah dan sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Diharapkan kepada pemerintah supaya dapat menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dan memberikan fasilitas yang merata di sekolah-sekolah terpencil.
NPM : 2213053172
Dari video yang berjudul "Potret Pendidikan di Dusun Terpencil" dapat disimpulkan bahwa para peserta didik SD negeri glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan pembelajaran di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Jangankan kelas, perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini meski begitu para peserta didik tetap bersemangat untuk bersekolah. Pada masa pandemi, pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah dan sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Diharapkan kepada pemerintah supaya dapat menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dan memberikan fasilitas yang merata di sekolah-sekolah terpencil.
Nama : Ladaina Fahrun Nada
NPM : 2213053044
Dalam video kedua yang berjudul "Potret Pendidikan di Desa Terpencil" dapat diketahui mengenai SD negeri Galak kabupaten singgah yang harus melakukan pembelajaran di teras sekolah karena tidak ada ruang kelas, hanya terdapat 6 ruang dimana 5 ruang untuk kelas dan 1 ruang untuk kantor, namun hak tersebut tidak menggoyahkan semangat peserta didik untuk berangkat ke sekolah meskipun harus menempuh jarak 2 km, saat pembelajaran daring SD ini teteap melakukan kegiatan KBM secara langsung. Dari video dapat diketahui bahwa pemerintah harus segera mengatasi hal ini dan lebih memerhatikan pemerataan fasilitas pendidikan di daerah terpencil.
NPM : 2213053044
Dalam video kedua yang berjudul "Potret Pendidikan di Desa Terpencil" dapat diketahui mengenai SD negeri Galak kabupaten singgah yang harus melakukan pembelajaran di teras sekolah karena tidak ada ruang kelas, hanya terdapat 6 ruang dimana 5 ruang untuk kelas dan 1 ruang untuk kantor, namun hak tersebut tidak menggoyahkan semangat peserta didik untuk berangkat ke sekolah meskipun harus menempuh jarak 2 km, saat pembelajaran daring SD ini teteap melakukan kegiatan KBM secara langsung. Dari video dapat diketahui bahwa pemerintah harus segera mengatasi hal ini dan lebih memerhatikan pemerataan fasilitas pendidikan di daerah terpencil.
Memorila Dini Oktavia
2213053289
Video tersebut menunjukkan bahwa masih ada sekolah yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga terbatas, kurang, dan buruknya fasilitas terjadi pada sekolah tersebut. Video tersebut menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi oleh salah satu sekolah di daerah terpencil SD Negeri Glak Kabupaten Sikka. SD tersebut kekurangan fasilitas yang salah satunya adalah kekurangan ruang kelas sehingga terdapat rombongan belajar yang melakukan kegiatan belajarnya di depan teras kelas yang ketika hujan tidak dapat belajar dan ketika pagi terkena panas sinar matahari langsung. Ketika masa pandemi, sekolah ini tetap melaksanakan pembelajaran luring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Dalam hal ini, pemerintah diharapkan lebih memperhatikan dunia pendidikan khusunya pada daerah-daerah terpencil.
2213053289
Video tersebut menunjukkan bahwa masih ada sekolah yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga terbatas, kurang, dan buruknya fasilitas terjadi pada sekolah tersebut. Video tersebut menunjukkan bahwa hal tersebut terjadi oleh salah satu sekolah di daerah terpencil SD Negeri Glak Kabupaten Sikka. SD tersebut kekurangan fasilitas yang salah satunya adalah kekurangan ruang kelas sehingga terdapat rombongan belajar yang melakukan kegiatan belajarnya di depan teras kelas yang ketika hujan tidak dapat belajar dan ketika pagi terkena panas sinar matahari langsung. Ketika masa pandemi, sekolah ini tetap melaksanakan pembelajaran luring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.
Dalam hal ini, pemerintah diharapkan lebih memperhatikan dunia pendidikan khusunya pada daerah-daerah terpencil.
Nama : Ahmad Sheca Rahmadi
NPM : 2213053102
Kesimpulan dari video tersebut adalah bahwa SD Negeri Gelar Kabupaten Sikka mengalami kendala serius dalam infrastruktur pendidikan, dengan keterbatasan ruang kelas, ketiadaan ruang perpustakaan, dan kekurangan fasilitas di tengah kondisi geografis yang sulit. Para siswa, meski dihadapkan pada tantangan tersebut, tetap bersemangat untuk belajar. Harapan utama mereka adalah agar pemerintah segera memperhatikan kondisi sekolah ini dengan memberikan bantuan infrastruktur, terutama pembangunan satu ruang kelas tambahan
NPM : 2213053102
Kesimpulan dari video tersebut adalah bahwa SD Negeri Gelar Kabupaten Sikka mengalami kendala serius dalam infrastruktur pendidikan, dengan keterbatasan ruang kelas, ketiadaan ruang perpustakaan, dan kekurangan fasilitas di tengah kondisi geografis yang sulit. Para siswa, meski dihadapkan pada tantangan tersebut, tetap bersemangat untuk belajar. Harapan utama mereka adalah agar pemerintah segera memperhatikan kondisi sekolah ini dengan memberikan bantuan infrastruktur, terutama pembangunan satu ruang kelas tambahan
Nama : Christin Ananta Putri
NPM : 2213053061
Dari video tersebut telah menceritakan tentang "potret pendidikan di dusun terpencil" yang di mana dapat membuka mata kita bawasannya di luar sana lebih tepatnya di suatu dusun terpencil masih ada pendidikan atau sekolah yang memang benar- benar kurang nya fasilitas, bahkan pada saat proses pembelajaran pun mereka harus melaksanakan di teras kelas karena tidak adanya ruangan kelas untuk meraka lakukan pembelajaran. Oleh karna itu pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah sekolah terutama yang berada di dusun- dusun terpencil karena di sana masih banyak sekolah sekolah yang membutuhkan fasilitas dari pemerintah.
NPM : 2213053061
Dari video tersebut telah menceritakan tentang "potret pendidikan di dusun terpencil" yang di mana dapat membuka mata kita bawasannya di luar sana lebih tepatnya di suatu dusun terpencil masih ada pendidikan atau sekolah yang memang benar- benar kurang nya fasilitas, bahkan pada saat proses pembelajaran pun mereka harus melaksanakan di teras kelas karena tidak adanya ruangan kelas untuk meraka lakukan pembelajaran. Oleh karna itu pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah sekolah terutama yang berada di dusun- dusun terpencil karena di sana masih banyak sekolah sekolah yang membutuhkan fasilitas dari pemerintah.
Nama : Rifki Zibral Mahardika
NPM : 2213053224
Dalam video berjudul "Realitas Pendidikan di Desa Terpencil," terlihat bahwa SD Negeri Glak di desa Sikka, NTT, menghadapi tantangan ruang kelas yang minim. Dengan hanya 6 ruang kelas dan salah satu kelas yang tidak memiliki ruang karena digunakan sebagai kantor guru, proses belajar mengajar dilakukan di teras kelas. Meskipun dihadapkan pada pandemi corona dan minimnya jaringan telekomunikasi di desa tersebut, peserta didik tetap melanjutkan pembelajaran di sekolah. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat lebih peka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan. Keberadaan fasilitas yang memadai di sekolah dianggap sebagai elemen krusial dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efisien dan mendukung. Fasilitas yang baik tidak hanya memastikan optimalitas proses pengajaran, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.
NPM : 2213053224
Dalam video berjudul "Realitas Pendidikan di Desa Terpencil," terlihat bahwa SD Negeri Glak di desa Sikka, NTT, menghadapi tantangan ruang kelas yang minim. Dengan hanya 6 ruang kelas dan salah satu kelas yang tidak memiliki ruang karena digunakan sebagai kantor guru, proses belajar mengajar dilakukan di teras kelas. Meskipun dihadapkan pada pandemi corona dan minimnya jaringan telekomunikasi di desa tersebut, peserta didik tetap melanjutkan pembelajaran di sekolah. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat lebih peka dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan. Keberadaan fasilitas yang memadai di sekolah dianggap sebagai elemen krusial dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efisien dan mendukung. Fasilitas yang baik tidak hanya memastikan optimalitas proses pengajaran, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.