forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 25

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Nama: Ummul Nanda Ridhotun
NPM: 2113053153

Izin menjawab,

Dengan menggunakan media pembelajaran, ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu: 
a) menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar
b) memberikan pengalan nyata
c) mengatasi keterbatasan
d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa
e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan
f) siswa lebih banyak belajar, tidak hanya mendengarkan
g) mengembangkan minat dan motivasi
h) menuntun berfikir kongkrit
i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat
j) mempermudah pengajaran.

Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu pembelajar dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Raissa Lestari -
Raissa Lestari
2113053237

Dengan menggunakan media pembelajaran ada beberapa hal yang harus di sesuaikan yaitu media itu harus bisa menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar, memberikan pengalaman nyata, mengatasi keterbatasan, bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa, mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal. Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa

Lalu siswa kelas rendah masih identik dengan belajar sembari bermain maka media yg bisa digunakan harus mempunyai keterkaitan dengan itu seperti Terapkan Belajar Sambil Bermain, Gunakan Media Pembelajaran yang Menyenangkan, Gunakan Model Pembelajaran yang Bervariasi, Pemberian Reward,
Bernyanyi di Awal Pembelajaran.

Contoh media nya misalkan media visual,audio,dan audiovisual
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RISTA NURCAHYANI -
Nama: Rista Nurcahyani
Npm: 2113053114
Izin menjawab,
Menurut saya untuk menyesuaikan pembelajaran di kelas rendah, media belajar yang digunakan harus menarik dan memotivasi semangat belajar siswa. Media yang digunakan bisa berupa video animasi, sketsa, poster, atau alat peraga yang menyesuaikan materi belajar. Dengan media pembelajaran yang menarik, siswa bisa mendapatkan rangsangan belajar dan menerima pelajaran dengan baik. Selain itu siswa dapat merasa senang dalam pembelajaran karena media yang digunakan mestinya beragam dan diterapkan dengan baik oleh pendidik. Hal ini mendorong siswa untuk mempermudah memahami materi dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Media pembelajaran yang beragam juga menuntut siswa untuk dapat berpikir kritis menganalisis arti dari media yang digunakan dan memiliki ide untuk mengembangkan apa yang mereka peroleh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Dngan cara mmilih metode -metode pembelajaran yang tepat dan beragam salah satu contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar. Dengan media audio visual akan dapat membatu siswa mendapatkan motivasi belajar. Seperti Film dongeng, atau film fabel yang mengandung pesan pesan moral.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4J

Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media pembelajaran yaitu dengan
1. Menentukan metode pembelajaran yang tepat terlebih dahulu misalnya apakah anak tersebut menyukai metode pembelajaran dalam bentuk contoh kasus, kuis, diskusi, demonstrasi, atau cermah.
2. Memaksimalkan fasilitas pembalajaran. Kita dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah misalnya memanfaatkan perpustakaan, taman sekolah, laboratorium, aula, masjid agar siswa tidak bosan.
3. Memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia. Nah kita juga harus dapat memanfaatkan media pembelajaran, anak pasti merasa senang apabila guru menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar contohnya menggunakan media gambar apalagi anak kelas rendah mereka pasti senang apabila belajar menggunakan media visual yaitu gambar, dari proses berpikir mereka juga belum mampu berpikir abstrak dan media gambar berfungsi untuk cepat memperjelas dalam pemrosesan informasi. Kemudian media lainnya yang dapat meningkatkan motivasi untuk kelas rendah berupa media grafis seperti kartun, poster/globe, papan flanel. Apabila kita menggunakan media tersebut dapat cepat memperjelas informasi. Guru juga bisa menggunakan media pembelajaran berupa ppt yang ditampilkan oleh proyektor dimana ppt terebut disertai gambar gambar kartun yang menarik tentunya siswa akan lebih bersemangat dalam belajar. Guru juga bisa menyelipkan video atau menggunakan media audio visual dalam pembelajaran agar siswa merasa sangat antusias dalam pembelajaran dan informasi juga dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga guru harus terampil dalam menguasai pembuatan media pembelajaran agar siswa bisa termotivasi dalam belajar.
4. Guru dapat meningkatkan kualitasnya, maksudnya guru sebaiknya mengerti bagaimana kondisi psikologis siswanya apakah sedang dalam perasaan bahagia, lelah, sedih atau bagaimana sehingga dapat mengerti bagaimana cara menumbuhkan motivasinya.
5. Evaluasi pembelajaran. Guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran untuk menilai apakah pembelajaran yang dilakukan sudah efektif. hal ini juga penting untuk mengukur seberapa jauh siswa termotivasi untuk melakukan pembelajaran dari proses pembelajaran yang telah dilakukan.
6. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini tentunya akan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar contohnya melakukan ice breaking.
7. Menciptakan persaingan dan kerja sama. Maksudnya disini persaingan misalnya guru dapat mengajukan soal kemudian siapa yang menjawab benar dan mempresentasikannya ke depan akan mendapat hadiah maka anak pasti akan berlomba-lomba dalam menjawab dan menampilkannya, kemudian kerja sama yaitu guru dapat membentuk kelompok untuk menyelesaikkan persoalan yang diberikan sehingga siswa dapat bekerja sama dengan temannya satu sama lain.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Etin Solihatin mengemukakan beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan media yaitu tujuan, sasaran didik, dan karakteristik media yang bersangkutan. Maka dari itu, media pembelajaran yang nantinya digunakan untuk memotivasi siswa diharapkan tidak hanya mampu menarik perhatian siswa tapi juga harus disesuaikan dengan hal-hal tersebut.

Dalam hal ini, melihat dari karakteristik siswa kelas rendah (1,2,3) yang pada dasarnya menyukai pembelajaran yang sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Pendidik dapat memilih media pembelajaran yang memiliki banyak warna, bergerak, dan dengan animasi yang dapat memotivasi mereka saat pembelajaran berlangsung.
Salah satu contohnya ialah media audio visual dan media visual yang dapat digunakan pada peserta didik SD kelas rendah dikarenakan kedua media tersebut akan sangat menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Melihat bagaimana pada peserta didik kelas rendah, guru tidak bisa memaksakan kehendak siswa untuk memahami materi yang disampaikan dan mereka belajar dari hal sederhana ke hal-hal yang lebih kompleks, maka media tersebut dapat digunakan. Contoh penggunaan media visual dan audio visual yakni ada dalam pembelajaran keberagaman individu di kelas 3. Karena materi tersebut cukup kompleks jika hanya dijelaskan menggunakan ceramah, atau melalui buku teks. Pendidik dapat menjelaskannya melalui media audio visual yang di integrasikan dengan animasi video pembelajaran ataupun media visual yakni melalui gambar-gambar ilustrasi keragaman individu yang dapat guru buat sekreatif mungkin agar dapat dijadikan media pembelajaran yang relevan. Melalui gambar ilustrasi yang banyak warna ataupun animasi video pembelajaran yang bergerak seperti tayangan kartun, guru juga dapat mengasah pemahaman mereka lagi melalui diskusi kecil yang akan dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Isnawati 2113053128 -
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128
Kelas : 4J

Izin menjawab
Dengan cara memanfaatkan media pembelajaran dengan baik.
Karena melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.
Media belajar yg menarik dan kreatif dapat menjadi daya tarik siswa buat belajar. Dengan media yang menarik, fokus peserta didik dalam belajar bisa ditingkatkan. Contoh media belajar dikelas rendah yang mampu sebagai alternatif untuk menunjang aktivitas belajar siswa yaitu berupa video belajar beranimasi. Dengan menampilkan Video animasi yang memuat pembelajaran ini dapat menumbuhkan semangat belajar siswa/dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Selain itu dengan melalui visualisasi, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan mampu menumbuhkan semangat serta mereka akan termotivasi untuk terus belajar. 
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alfina Damayanti -
Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274

Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit.

Dengan memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

Dalam hiburan, animasi digunakan sebagai media hiburan dalam proses pembelajaran agar tidak jenuh saat melihat materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik, terlebih lagi media pembelajaran berbasis animasi ini ditambah suara narasi yang memberikan penjelasan materi membuat ketertarikan siswa SD kelas rendah selama proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Nama : Try Wahyuning Utami
NPM :2153053041
Kelas : 4J

Izin menjawab, menurut pendapat saya mengenai media pembelajaran dan menumbuhkan motivasi belajar anak itu saling berkaitan, karena salah satu manfaat menggunakan media pembelajaran yang sesuai serta menarik adalah untuk bisa menumbuhkan atau meningkatkan motivasi belajar anak. Media pembelajaran yang sesuai dan menarik ini memiliki tujuan agar pembelajaran didalam kelas itu tidak monoton agar peserta didik tidak mudah bosan, selain itu media pembelajaran yang sesuai dan menarik juga akan membuat anak khususnya kelas rendah akan membuat anak tertarik dan secara tidak langsung akan menumbuhkan motivasi belajar siswa karena dengan begitu anak akan semangat belajar karena pendidik menggunakan media yang tepat, sesuai, dan menarik, misal dengan menggunakan gambar-gambar animasi, gambar nyata yang menunjukkan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan materi yang disampaikan  atau video-video edukasi yang menarik maka akan membuat anak menjadi tertarik dan membuat anak jadi semangat belajar dan tidak mudah bosan dalam belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RIZKA MARANTIKA -
Nama: Rizka Marantika
Npm: 2113053053

Izin menjawab:
Menurut saya, cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan media kelas rendah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar anak:
1. Tingkatkan kualitas guru, dengan kualitas guru yang baik maka pembelajaran akan berjalan sempurna.
2. Gunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam, dengan cara ini siswa tidak akan mudah bosan dalam pembelajaran berlangsung.
3. Berikan penghargaan pada anak, dengan cara ini siswa akan termotivasi untuk belajar dengan giat lagi.
4. Berikan tantangan pada anak, dengan cara ini siswa akan semangat dan tertantang untuk mencobanya.
5. Ajak bicara dari hati ke hati, dengan cara ini siswa akan merasa nyaman dan akan senang belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ALAN BUDI KUSUMA -
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206

Guru harus bisa memilih metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pemilihan metode ini bisa menjadi tolok ukur apakah siswa merasa jenuh atau antusias dalam kegiatan belajar mengajar.
Motivasi belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan memaksimalkan fasilitas pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan perpustakaan dan taman sekolah untuk proses belajar agar siswa tidak bosan belajar di dalam kelas.

Selain itu, juga bisa memanfaatkan laboratorium, ruang komputer, aula, masjid, dan lainnya.
Saat ini media belajar sudah semakin beragam. Selain buku, siswa bisa mencari informasi dan ilmu pengetahuan melalui internet.
Di internet pun tersedia banyak media belajar, mulai dari bacaan, audio, hingga video belajar. Bahkan, media belajar ini banyak yang gratis sehingga semakin memudahkan siswa untuk memperoleh informasi.
Motivasi belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Misalnya, guru memberi pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Sementara ketika siswa tidak bisa menjawab bukan langsung dimarahi, namun dikoreksi secara baik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042
Kelas : 4J

Izin menjawab,
Untuk meningkatkan motivasi siswa kelas rendah dalam penggunaan media pembelajaran mampu mengaplikasikan misalnya dengan Video Animasi Pembelajaran, dan Gambar/Poster, yaitu dengan penerapan
*Metode, model, ataupun strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi serta kurikulum
*Membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
* Saat proses pembelajaran kadangkala pendidik harus membuat reward untuk siswa agar mereka termotivasi untuk belajar.
* Memanfaatkan media tersebut dengamenciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta kerja sama dalam proses pembelajaran dengan teman-teman agar terjalin komunikasi yang baik.

Hal tersebut dapat di terapkan kepada siswa kelas rendah, sehingga mampu membangkitkan motivasi belajar siswa, dengan hasil pembelajaran yang positif. Dengan adanya media pembelajaran Mampu membantu kesulitan belajar siswa, terjalinnya komunikasi yang menciptakan siswa lebih kreatif ataupun berpikir kritis, serta dalam kelas pula mampu menciptakan yang jauh lebih kondusif, karena adanya media pendukung dalam pembelajaran PKN.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010

Menurut pendapat saya sendiri dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
Media yang dipakai untuk kelas rendah , yaitu media visual, media audio, dan media visual audio.Nah sehingga peserta didik mampu belajar semaksimal mungkin dan tergolong tidak bosan,dengan pembelajaran menggunakan media tersebut
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rania Zahra -
Nama : Rania Zahra
NPM : 2113053264

Izin menjawab,

manfaat media yaitu: (1) memperjelas penyajian pesan dan informasi; (2) meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga menimbulkan motivasi belajar dan iteraksi secara langsung; (3) mengatasi keterbatasan indra, ruang, dan waktu; dan (4) memberikan kesamaan pengalaman belajar pada siswa, Arsyad (dalam Sumato, 2012). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manfaat dari media pembelajaran diantaranya yaitu, dapat membantu mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan bervariasi, siswa tidak akan merasa bosan atau jenuh, dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar.
Dengan menggunakan media pembelajaran, ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu: a) menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar, b) memberikan pengalan nyata, c) mengatasi keterbatasan, d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa, e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan, f) siswa lebih banyak belajar, tidak hanya mendengarkan, g) mengembangkan minat dan motivasi, h) menuntun berfikir kongkrit, i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat, j) mempermudah pengajaran.
Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu pembelajar dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
Nama : Winia Riyanti Ningrum
Npm : 2153053006

Menurut saya cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan
1. Menggunakan media yang menarik bagi siswa, dikarenakan siswa kelas rendah masih sangat suka bermain, jadi belajar akan lebih menyenangkan dengan bermain. Namun tetap saja lebih mengutamakan tujuan pembelajaran, sehingga nya pembelajaran dikemas dengan menarik dan dapat mewujudkan tujuan pembelajaran.
2. Memaksimalkan fasilitas pembelajaran yakni dengan memberikan sebuah fasilitas seperti lcd proyektor untuk menonton sebuah video animasi pembelajaran yang menarik atau game game edukasi yang bermanfaat bagi siswa.
3. Memanfaatkan media semaksimal mungkin dikarenakan terdapat guru yang di sekolahnya sudah terdapat fasilitas yang lengkap namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Ini bisa menumbuhkan semangat siswa dikarenakan sang guru memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan juga maksimal dalam melakukan media pembelajaran.
4. Meningkatkan motivasi peserta didik dikarenakan siswa kelas rendah harus banyak di motivasi dan diberi semangat dalam belajar, bisa menggunakan pujian ketika mereka benar dalam menjawab soal, memberikan hadiah ketika mendapat nilai 100 dan memberikan penyemangat walaupun salah. Ini bisa menjadi salah satu motivasi pembelajaran yang penting bagi siswa kelas rendah.
5. Mengadakan evaluasi. Ini juga bisa menjadi motivasi siswa agar yang tadinya malas malasan dalam belajar namun setelah mengetahui nilai evaluasi nya kecil maka menjadi lebih semangat lagi dalam belajar guna meraih nilai yang tinggi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by VIRDA SANI AULIA -
Nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201
Kelas : 4J

cara untuk menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah yaitu dengan cara menarik perhatian para peserta didik sehingga menumbuhkan motivasi belajar, memberikan pengalaman nyata, bahan ajar menjadi lebih bermakna, mengatasi keterbatasan, dan dapat dipahami oleh peserta didik, mengajar bisa lebih bervariasi karena tidak hanya verbal, dengan demikian hal ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa. dan media yang digunakan bisa berupa media visual, audio, dan audiovisual seperti video animasi, video pembelajaran, sketsa, poster, atau alat peraga yang menyesuaikan materi belajar dll.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249

Menurut saya cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah adalah dengan menggunakan media-media yang dapat menarik perhatian dan fokus siswa seperti media animasi, visual, audio-visual, serta media yang berupa benda-benda nyata agar siswa kepo dengan hal yang dibawa guru ketika pembelajaran sehingga akan membuat mereka tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Dan manfaat penggunaan media sendiri kan salah satunya adalah menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga dengan menggunakan media yang sesuai dan dikombinasikan dengan keterampilan guru dalam mengajar serta mengajak dan mengarahkan siswa nya untuk mengikuti pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dan nantinya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat tercapai dengan maksimal.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SILVY RAHMAWATI -
Nama : Silvy Rahmawati
Npm : 2113053107

Izin menjawab, cara menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat digunakan berbagai cara yaitu :
1. Tingkatkan Kualitas Guru
2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran
3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat
4. Memanfaatkan Media Belajar
5. Melakukan Evaluasi Pembelajaran
In reply to First post

Re: forum diskusi

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J

Izin menjawab, menurut saya motivasi belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai adalah dua hal yang saling berkaitan. Dengan penggunaan media yang sesuai dapat menumbuhkan rasa semangat pada siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa semangat belajar pada siswa kelas rendah dengan penggunaan media pembelajaran yaitu guru dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajarannya. Misalnya dengan menggunakan media pembelajaran gambar, video, atau game interaktif yang mana sangat cocok untuk diterapkan bagi siswa kelas rendah. Lalu guru juga dapat menyelipkan media pembelajaran seperti bernyanyi agar pembelajaran tidak monoton. Media pembelajaran yang sesuai untuk anak kelas rendah adalah media yang dapat membuat siswa untuk ikut andil dalam pembelajaran karena dengan begitu maka siswa dapat lebih mudah untuk menangkap pengetahuan yang sedang ia pelajari.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Pambudi
Npm : 2113053265

Izin menjawab,

Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu (Nashar, 2004:11). Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya, semakin intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi prestasi belajar yang diperolehnya.

Motivasi belajar siswa didukung oleh sejumlah model dan teori.Model yang paling umum
diterapkan adalah model harapan motivasi (Schunk, 1994).Menurut Pintrich & De Groot (1990) dalam Mc Loughlin, Catherine & Joe Luca.(2004), ada tiga komponen motivasibelajar, yaitu:
1. Komponen Harapan(An expectancy componen): komponen ini berhubungan dengan keyakinan siswa tentang kemampuan mereka untuk memahami materi pelajaran dan mengerjakan tugas.
2. Komponen Nilai(A value component): komponen ini mencakup tujuan siswa dan kepercayaan tentang arti pentingnya belajar dan mengerjakan tugas.
3. Komponen Afektif (An affective component): Komponen ini berhubungan dengan reaksi
emosional siswa ketika menghadapi pelajarandan tugas.

Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar
mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu pembelajar dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari
berbagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan.Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu
menggunakan media pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
NPM : 2163053001
Izin menjawab pertanyaan yang sudah diajukan mengenai cara menumbuhkan motivasi belajar anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan media-media belajar yang sesuai dengan kelas rendah, antara lain:

1. Gunakan media yang menarik perhatian anak
Pilih media yang menarik perhatian anak, seperti gambar, video, atau mainan yang bisa membantu anak memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik. Dengan media yang menarik, anak akan lebih mudah terfokus dan tertarik pada materi yang dipelajari.
2. Kaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
Usahakan agar materi yang diajarkan dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari anak. Dengan begitu, anak dapat lebih mudah memahami materi yang dipelajari dan menemukan relevansi dari materi tersebut dalam kehidupannya.
3. Berikan tantangan dan hadiah
Berikan tantangan dan hadiah sebagai penghargaan atas prestasi anak dalam belajar. Tantangan dan hadiah ini dapat memotivasi anak untuk belajar lebih giat dan mengasah kemampuannya.
4. Gunakan variasi media
Penggunaan variasi media dalam pembelajaran dapat membantu anak belajar dengan lebih menyenangkan. Misalnya, gunakan media audio atau video sebagai pengganti buku pelajaran, atau gunakan permainan interaktif untuk memperkuat pemahaman anak.
5. Dukung kreativitas anak
Berikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif, seperti melalui gambar atau membuat projek. Hal ini dapat membantu anak merasa lebih termotivasi untuk belajar karena ia merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam menggunakan media-media belajar, penting untuk selalu mempertimbangkan usia dan tingkat kemampuan anak serta menyediakan media yang mudah diakses dan digunakan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NOVITA SARI -
nama : Novita Sari
NPM : 2113053084

Menurut pendapat saya cara menumbuhkan motivasi  belajar anak dengan media belajar di kelas rendah adalah, dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut dikarenakan usia kelas rendah adalah usia bermain, maka media seperti permainan, bermain peran dan media visual maupun audio visual tentu sesuai dan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka, selain penggunaan media yang menarik, guru juga perlu melihat kesesuai media tersebut dengan kondisi, waktu dan situasi terjadinya proses pembelajaran tersebut ,Karena kesesuaian tersebutlah yang nantinya akan memotivasi siswa saat belajar.  Setelah disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa , guru juga harus mampu mengaplikasikan media tersebut dengan baik agar pembelajaran yang disampaikan mudah dipahami oleh peserta didik dan  untuk lebih memotivasi guru dapat melemparkan kalimat pujian maupun hadiah  sebagai bentuk apresiasi, agar siiswa lebih semangat untuk belajar.

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SINTIA APRIANA 2113053082 -
Sintia Apriana
2113053082

Saat
proses pembelajaran suasana kelas sangat gaduh, saat guru menjelaskan materi pada
awalnnya siswa terlihat memperhatikan namun lama kelamaan peserta didik terlihat
bosan, ada yang mengobrol dan ada pula yang bermain dengan teman bahkan berlari-lari
di dalam kelas sehingga suasana belajar menjadi gaduh dan tidak kondusif, saat diberi
tugas siswa malas mengerjakan dan sering menyontek. Berdasrkan permasalahan
tersebut maka diberikan tindakan dengan menggunakan media permainan ular tangga
yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RISTA NURCAHYANI -
Nama: Rista Nurcahyani
Npm: 2113053114
Izin menjawab,
Untuk menumbuhkan motivasi belajar anak, menurut saya pendidik perlu mengembangkan media belajar yang inovatif, bervariasi, dan menyenangkan. Pendidik dapat menggunakan media pembelajaran yang diambil dari kehidupan sehari-hari siswa untuk memberikan contoh nyata di sekitar mereka. Pendidik juga dapat melihat gaya belajar, minat dan bakat siswa untuk menyesuaikan media belajar yang sesuai. Dengan demikian, pembelajaran dapat berlangsung dengan seru dan menyenangkan. Siswa juga dapat memahami pelajaran dengan baik dan mendorong mereka untuk dapat berpikir kritis hingga memunculkan ide-ide pemikiran yang berkreasi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129

Menurut saya media pembelajaran memang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa namun guru harus pandai memilih media yang tepat untuk peserta didiknya, contohnya siswa kelas rendah cenderung masih suka belajar sambil bermain maka guru bisa menggunakan media audio visual seperti menggunakan media yang terdapat suara gambar-gambar yang menarik dengan demikian fokus siswa akan tertuju pada pembelajaran. Dengan menggunakan media yang tepat maka maksud tujuan pembelajaran dapat tersampaikan kepada peserta didik. Tidak hanya itu, peserta didik dengan berbagai karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya hal ini membuat guru harus bisa mengembangkan media pembelajaran supaya lebih menarik.