Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!
FORUM DISKUSI 3
Assalamualaimum Wr. Wb.
Selamat pagi
Segala puji bagi allah swt yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga kita bisa berkumpul dalam forum online dipagi hari ini tidak lupa sholawat serta salam kita sanjungkan kepada baginda rasulullah SAW yang kita nantikan syafaatnya kelak di yaumil akhir aamiin
Yth, Dr. Alben Ambarita, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD.
Yth, Ibu Fadhilah Khairani, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD
Serta rekan-rekan yang kami sayangi.
Kami dari kelompok 3 semester 3E yang beranggotakan
Diah Ayu Kumala Sari (notulen) 1953053058
Kartika Apriani (moderator) 1913053100
Vivi Seftiani (pemateri) 1913053029
Yogi Pangestu (pemateri) 1913053118
Saya selaku moderator akan memimpin jalannya diskusi sesuai dengan materi makalah kami yaitu tentang "Prinsip Penggunaan dan Pengembangan Media dan Sumber Belajar" untuk itu saya selaku moderator akan menyampaikan tata tertib diskusi
1. Peserta diskusi silahkan membaca dan memahami materi selama 15 menit
2. Kemudian kami membuka 2 termin pertanyaan dimana 1 termin berisi 3 penanya jadi total 6 penanya
3. Pertanyaan akan dijawab kelompok kami 6 pertanyaan teratas
4. Peserta diskusi boleh menyanggah dan menambahkan setelah dipersilahkan moderator
5. Dimohon partisipasinya teman-teman
Selamat berdiskusi
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullah wabarokatuh
Waalaikumsalam
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam
Wa'alaikimussalam warohmatullahi wabarokatuh
waaaikumussalam
Walaikumussalam wr.wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Khofifa Dwi Nurmala
Npm : 1913053062
No Absen : 18
Izin bertanya pada kelompok 1 berikan contoh prosedur pengembangan media dan sumber belajar dalam suatu pembelajaran dan analisis kekurangan dan kelebihan sumber dan media belajar tersebut.
Nama : Vivi Seftiani
Npm : 1913053029
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Khofifa, salah satu contoh media pembelajaran yaitu berupa video
Kelebihan video
1. Dapat menarik perhatian untuk periode periode yang singkat dari rangsangan lainnya
2. Dapat memperoleh informasi dari ahli atau spesialis
3. Menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang
Kekurangan video
1. Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
2. Sifat komunikasinya yang bersifat satu haruslah diimbangi dnegan pencarian bentuk umpan balik yang lain.
3. Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
4. Memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks
Terimakasih, lebih kurangnya saya mohon maaf.
Terimakasih vivi atas jawaban nya
Nama: Verawati
No. Absen: 30
Npm: 1913053128
Izin bertanya mengenai landasan sosiologis dimana dalam menggunakan media, guru perlu mempertimbangkan latar belakang sosial anak didik di sekolah. Pada kondisi saat ini pada masa pendemi, bagaimana menurut kelompok anda solisi sebagai guru agar pembelajaran tetap berjalan walaupun banyak yg mengeluh akan media yang digunakan yaitu kebanyakan menggunakan gadget dan internet. Sedangkan latar belakang sosial setiap anak berbeda
Nama : Diah Ayu Kumalasari
No. Absen : 08
NPM : 1913053058
izin menjawab pertanyaan dari Verawati
Menurut kelompok kami
Solusi sebagai guru agar pembelajaran tetap berjalan walaupun banyak yang mengeluh akan media yang digunakan yaitu kebanyakan menggunakan gedget dan internet adalah salah satu caranya dengan membuat kelompok belajar kecil dimana dengan anggota kelompok terbatas dan memperhatikan jarak rumah antar aggota kelompok, dimana dalam satu kelompok terdapat satu orang siswa yang sudah memiliki gedget jadi satu gedget bisa untuk digunakan bersama-sama jadi guru tidak mewajibkan satu orang siswa harus mempunyai satu gedget pula.
Untuk pengumpulan tugas dapat dilakukan dengan wali murid datang kesekolah untuk mengumpulkan tugas tersebut sekali dalam seminggu atau dua kali dalam satu bulan. Hal ini bisa mempermudah para orang tua untuk biaya pembelian paket
Terimakasih diah atas jawabannya
Nama : Rani Khoerul Hidayah
NPM : 1913053081
No. Absen : 24
Izin bertanya,
Dalam makalah kelompok kalian, dipapardip bahwa keberhasilan pembelajaran ditabddi dengan perolehan pengetahuan, keterampilank dan sikap positif pada diri individu, sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan efektif, dan apaa yang harus kita lakukan jika ternyata tujuannya tidak tercapai ?
Terima kasih
Berikut ini makalah kelompok 3
Nama: Nurul Dewi K
Npm: 1913053003
Absen: 23
Izin bertanya,
Dalam memilih media pembelajaran berdasarkan landasan sosiologis dimisalkan bahwa siswa dengan latar belakang kurang maju seharusnya menggunakan media pembelajaran yang sederhana sebaliknya siswa dengan latar belakang yang lebih maju seharusnya menggunakan media berbasis komputer atau sejenisnya yang lebih canggih hal itu dilakukan agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa sesuai dengan latar belakang sosial siswa. Yang saya tanyakan Bagaimana cara kita memilih media yang tepat apabila dalam satu kelas terdapat 2 latar belakang sosial yang mendominasi kelas tersebut berasal dari kondisi sosial yang kurang maju dan kondisi sosial yang lebih maju?
Baiklah teman-teman, kami rasa waktu untuk memahami maeri sudah cukup. Kami akan membuka sesi pertanyaan, bagi yang ingin bertanya kami persilahkan.
Nama : Shintia sasmia
No Absen : 26
Npm : 1913053013
Kelompok : 2
Izin bertanya,
Ada 3 tahapan dalam evaluasi media, apakah keuntungan jika melakukan tahapan tersebut dan kerugian jika tidak melakukan tahapan tersebut?
Nama: Kartika Apriani
NPM: 1913053100
No.Absen:17
Saya perwakilan dari kelompok 3 akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Shintia.
Menurut kelompok kami tahapan dalam evaluasi media pembelajaran penting untuk dilakukan. Keuntungannya antara lain kita dapat:
- Menentukan apakah media pembelajaran itu efektif.
- Menentukan apakah media itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan.
- Memilih media pembelajaran yang sesuai untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
- Menentukan apakah isi pelajaran sudah tepat disajikan dengan media itu.
- Menilai kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran tersebut.
- Mengetahui apakah media pembelajaran tersebut benar-benar memberi sumbangan terhadap hasil belajar seperti yang dinyatakan.
- Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran
Itu semua pada intinya untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar pengambilan keputusan selanjutnya.
Dan menurut kami apabila tahapan tersebut tidak dilakukan, kerugiannya adalah kita tidak bisa mengetahui apa kelemahan dari media pembelajaran tersebut, dan apakah bisa memungkinkan media pembelajaran tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, serta apakah cocok untuk diterapkan kepada peserta didik kita. Tentunya suatu kerugian apabila media pembelajaran yang kita pilih tanpa adanya tahapan evaluasi menjadikan peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran, bahkan cenderung membebani mereka.
Terimakasih.
Untuk teman-teman yang ingin menambahkan atau menanggapi kami persilahkan.
Terimakasih Pemateri atas jawabannya
Nama:Farisa Nur Aini
NPM:1913053024
Absen: 12
Izin menambahkan sedikit jawaban atas pertanyaan shintia,
Keuntungan yang bisa didapakan setelah melakukan evaluasi yaitu guru dapat mengetahui sejauh mana tercapainya tujuan pembelajaran,guru dapat mengetahui hal hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi mengenai penggunaan media belajar, guru dapat mengetahui media belajar mana yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru juga dapat mengetahui apakah materi pemebelajaran sudah diterima dengan baik oleh siswa atau belum melalui media belajar yang digunakan.
Kelemahan yang ditimbulkan jika tidak melakukan evaluasi yaitu guru tidak dapat meningkatkan efektivitas kegiatan belajar megajar,guru tidak dapat mengetahui apakah tujuan belajar sudah tercapai atau belum, guru tidak dapat memahami sejauh mana kemampuan siswanya dalam pembelajaran yang telah disampaikan, guru tidak mengetahui apakah media belajar yang digunakan sudah tepat atau belum dalam menunjang proses pembelajaran.
assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
nama : ari puspita
kelas : semester 3 E
npm : 1913053109
absen : 5
izin bertanya, secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan kelompok kalian menyebutkan Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa. tolong jelaskan belajar yang tidak mudah di lupakan oleh siswa adalah belajar yang seperti apa? dan bagaimana mewujudkan belajar yang tidak mudah dilupakan tersebut?
Nama : Diah Ayu Kumalasari
No. Absen : 08
NPM : 1913053058
Izin menjawab pertanyaan dari Ari Puspita
menurut kelompok kami belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa adalah suatu situasi dalam proses pembelajaran yang diciptakan oleh guru sebagai fasilitator yang dapat menciptakan situasi menarik, menyenangkan dan tidak membosankan dengan situasi yang menyenangkan siswa tidak akan merasa tertekan selama pembelajaran dan itu membuat para siswa tidak mudah untuk melupakannya dan akan selalu mengingatnya.
Cara mewujudkan belajar yang tidak mudah dilupakan yakni
1. Membuat suasana ruangan yang berbeda. Agar suasana lebih menyenangkan susunan meja dan kursi yang dilakukan dengan melingkar dimana guru berada ditengah-tengah.
2. Memanfaatkan teknologi. Penggunaan teknologi dapat membantu guru menciptakan suasana belajar yang aktif dan segar. Teknologi yang bisa digunakan biasanya laptop, internet dan proyektor.
3. Memperbanyak interaksi dengan memancing ide siswa. Perhatian penuh bisa didapatkan dengan mencing pendapat, diskusi antara guru dengan siswa.
terimakasih diah atas jawabannya
Nama:Amalya Nur Fadhilah (1913053001)
No. Absen :03
Izin menambahkan jawaban saudari diah atas pertanyaan saudari ari puspita sari, saya setuju dari penerapan belajar seorang pendidikan harus membuat suatu keadaan yang menyenangkan oleh karena itu seorang pendidik harus suatu ide yg kreatif dalam penerapannya dalam proses belajar contohnya dalam mengenal materi matematika bidang ruang kita bisa mencontohkan benda yang ada disekitar kita seperti kardus contoh bentuk kubus, galon contoh bentuk tabung dll. Juga bisa digunakan dalam penerapan belajar yang mudah diingat yaitu membuat suatu lirik lagu dalam kaitan materi agar anak lebih mudah mengingatnya dalam suatu media menarik yang dibuat oleh pendidik.
Terimakasih
Nama : Rani Khoerul Hidayah
NPM : 1913053081
No. Absen : 24
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan Ari
Saya sangat setuju dengan jawajaw dari pemateri, bahwa tujuan dari adanya kelompok belajar adalah untuk menciptakan suasana yang tidak mudah dilupakan siswa karena menciptakan suasana yang menyenangkan, selain itu juga bisa menumbuhkan keakraban antar siswa dalam kelompok tersebut juga mereka bisa salins bertukar pendapat, saling memotivasi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penuh toleransi itulah mengapa kelompok belajar tidak mudah dilupakan oleh siswa
Terima kasih
Nama : Alfiza Fauziah
No. Absen : 2
NPM : 1913053107
Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap siswa itu memiliki tingkat pemahaman materi yang berbeda-beda khususnya dalam penyampaian materi melalui media pembelajaran.
Yang ingin saya tanyakan sebagai seorang guru bagaimana mengatasi masalah tersebut supaya tujuan pembelajaran dapai tercapai ?
Nama : Vivi Seftiani
Npm : 1913053029
Izin menjawab pertanyaan dari saudari alfiza, menurut kelompok kami memang benar setiap siswa memiliki tingkat pemahaman materi yang berbeda beda khususnya dalam penyampaian materi melalui media pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik cara mengatasi masalah tersebut agar mencapai tujuan pembelajaran yaitu :
1. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi n kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapakan.
2. Memilih sistem pendekatan belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif untuk mencapai sasaran.
3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajar ya
4. Menetapkan norma norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.
Terimakasih, lebih kurangnya saya mohon maaf.
Terima kasih saudari vivi seftiani atas jawabannya
Nama : Gde Satya Yudhatama
NPM : 1913053129
Izin bertanya,apa saja kendala dalam pengembangan media dan sumber belajar?
Nama: Yogi Pangestu
Npm:1913053118
Kelompok :3
Izin Menjawab Pertanyaan dari Gde Satya Yudha Tama,kendala dalam pengembangan media dan sumber belajar diantaranya:1. Kurangnya Minat Guru untuk Memanfaatkan
Media
Pembelajaran
3.Kurang Intensifnya Kepala Sekolah dalam
Memotivasi Pendidik untuk Menggunakan
Media Pembelajaran.
3.Media Pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak menarik dan terkesan membosankan bagi siswa.
Terimakasih atas penjelasannya
Nama: Asvyatul Mukaromah
Absen: 06
NPM: 1913053073
Izin menambahkan jawaban dari Saudara Yogi atas pertanyaan saudara Gde. Menurut saya dalam menentukan media pembelajaran terdapat banyak kendala yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa. Selain dari yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama. Dalam memilih atau suatu media pembelajaran, terkadang guru memiliki kesulitan dalam mengaplikasikan, contohnya seperti penggunaan video, tidak jarang guru kesulitan membuat video yang sesuai dengan karakteristik siswanya. Selain dari masalah tersebut, terkadang pembuatan media pembelajaran juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jika tidak didukung oleh kebijakan sekolah maka akan menghambat bagi terciptanya inovasi media pembelajaran. Sekian yang bisa saya tambahkan, terima kasih atas kesempatannya.
Nama: Masrofah
Npm: 1913053019
Ijin bertanya tlong jelaskan apa yang dimaksud dengan landasan penggunuaan media pembelajaran secara umum dan tujuan diadakannya landasan penggunaaan mwdia pembelajaran
Baik teman-teman, terimakasih untuk pertanyaanya. Kami rasa cukup.
Disini kami meminta sedikit waktu untuk menyiapkan jawabannya.
Baiklah teman-teman. Waktu diskusi kita pada hari ini telah usai. Terimakasih untuk partisipasinya. Kami dari kelompok 3 memintamaaf apabila dalam penyampaian materi dan menjawab pertanyaan dari teman-teman semua terdapat kekurangan.
Kami akhiri Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam
Wa'alaikumsalam wr.wb
Walaikumsalam wr wb.
waalaikumussalam
Waalaikumsalam warahmatullah
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh