Silakan Anda mendiskusikan terkait PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI pada forum ini. Cari dari berbagai sumber referensi yang menjelaskan terkait PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI. Jika ada hal-hal penting menurut Anda silakan disampaikan pada forum ini (sertakan sumbernya). Pun halnya jika Anda mengalami kesulitan, silakan sampaikan pertanyaan Anda pada forum ini. Terima kasih.
AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Cindy May (1913022056) izin menjawab, Pak. Adapun perbedaan antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi yakni sebagai berikut.
- Pengukuran (measurement)
Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Selain itu, pengukuran dapat diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas. Dalam dunia pendidikan, yang dimaksud pengukuran sebagaimana yang disampaikan Cangelosi (1995) adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris. Proses pengumpulan ini dilakukan untuk menaksir apa yang telah diperoleh siswa setelah mengikuti pelajaran selama waktu tertentu.
- Penilaian (assessment)
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Dalam sistem evaluasi hasil belajar, penilaian merupakan langkah lanjutan setelah dilakukan pengukuran. Informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran selanjutnya dideskripsikan dan ditafsirkan. Oleh karena itu, langkah selanjutnya setelah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian dilakukan setelah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.
- Evaluasi (evaluation)
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. Dalam bidang pendidikan, evaluasi sebagaimana yang dikatakan Gronloud (1990:5) merupakan proses yang sistematis tentang mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai oleh siswa.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menyampaikan pak.
1. Pengukuran adalah proses mendapatkan/pengumpulan data dan informasi yang apa adanya menggunakan alat ukur yang disesuaikan dengan objek pengukurannya.
2. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi yang didapatkan dari hasil pengukuran dan memberikan keputusan terhadap objek yang dinilai.
3. Evaluasi adalah proses menilai objek berdasarkan kriteria tertentu yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan dan tindak lanjut terhadap objek tersebut.
Terimakasih
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
NPM : 1913022037
Izin menjawab pak.
1. Pengukuran (Measurement) adalah suatu usaha untuk mengetahui keadaan sesuatu seperti adanya yang dapat dikuantitaskan, hal ini dapat diperoleh dengan jalan tes atau cara lain.
2. Penilaian (Assesment) adalah kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044)
Izin menjawab Pak mengenai penilaian, pengukuran, dan evaluasi.
Penilaian (assessment)
Menurut Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru adalah proses pengumpulan informasi atau data mengenai capaian pembelajaran peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memantau proses dan kemajuan belajar serta perbaikan hasil belajar peserta didik melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian ini diarahkan untuk mengukur pencapaian peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan dengan menggunakan acuan penilaian yang membandingkan capaian peserta didik dengan kriteria kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil penilaian ini akan dianalisis untuk menentukan tindak lanjut berupa program remedial bagi peserta didik dengan pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi ketuntasan. Hasil penilaian ini akan digunakan oleh peserta didik untuk melihat capaian dan kemajuan belajar terhadap target belajar yang telah ditentukan. Hasil penilaian juga akan digunakan sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran kedepannya.
Pengukuran (measurement)
Pengukuran merupakan ilmu penting dalam dunia fisika. Dalam fisika, yang didasarkan pada pengukuran adalah mendefinisikannya sebagai metode untuk membandingkan objek yang akan diukur dengan alat ukur standar. Sedangkan dalam dunia pendidikan, pengukuran adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris. Proses pengumpulan data ini dilakukan untuk menaksir yang telah diperoleh oleh peserta didik setelah mengikuti pelajaran selama waktu tertentu. Proses tersebut dapat dilakukan dengan mengamati kinerja peserta didik, mendengarkan yang mereka katakan, dan menggunakan indera mereka seperti melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan merasakan. Pengukuran ini dilakukan atas dasar aturan atau ketentuan yang telah disusun. Angka atau skor yang diberikan ini menggambarkan kondisi yang sesungguhnya dari suatu objek.
Evaluasi (evaluation)
Evaluasi adalah proses menilai, mengukur, mengoreksi, dan perbaikan pada suatu kegiatan yang diselenggarakan dengan membandingkan antara proses rencana dengan hasil yang dicapai. Evaluasi dalam kegiatan pembelajaran adalah proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran melalui cara yang sistematis untuk mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai selama mengikuti proses pembelajaran. Evaluasi dalam pembelajaran ini tidak hanya berkaitan pada nilai yang akan diukur berdasarkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal yang telah diberikan oleh guru, tetapi evaluasi dalam pembelajaran juga akan mengkaji banyak faktor, sebab evaluasi dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menjawab pak
- Penilaian
Penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Adanya kegiatan mempertimbangkan suatu keadaan atau gejala dengan menggunakan patokan-patokan tertentu seperti baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh pada penilaian dimaksudkan agar hasil pengukuran itu mempunyai arti atau makna.
- Pengukuran
Pengukuran dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata measurement yang diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandingkan sesuatu dengan kriteria/ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta suatu obyek ukur dengan satuan-satuan ukuran tertentu.
- Evaluasi
Evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu evaluation yang diartikan suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu yang berakhir dengan mengambil suatu keputusan atau dapat dikatakan pula evaluasi terhadap data yang dikumpulkan dari hasil penilaian (assessment).
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menjawab Pak,
- Penilaian (assesment), penilaian adalah proses pengumpulan informasi secara sistematis berkaitan dengan belajar siswa, pengetahuan, keahlian, pemanfaatan waktu, dan sumber daya yang tersedia dengan tujuan untuk mengambil keputusan mengenai hal-hal yang mempengaruhi pembelajaran siswa. Penilaian adalah penggunaan berbagai macam teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan berkaitan dengan tingkat belajar siswa. Penilaian merupakan kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran. Penilaian adalah proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar, baik yang menggunakan instrumen tes atau non tes.
- Pengukuran (measurement), pengukuran dinyatakan sebagai proses penetapan angka terhadap individu atau karakteristiknya menurut aturan tertentu, pengukuran merupakan penetapan angka dengan cara yang sistematik untuk menyatakan keadaan individu. pengukuran adalah kuantifikasi atau penetapan angka tentang karakteristik atau keadaan individu menurut aturan-aturan tertentu. Keadaan individu ini bisa berupa kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Pengukuran memiliki konsep yang lebih luas dari pada tes. Kita dapat mengukur karakateristik suatu objek tanpa menggunakan tes, misalnya dengan pengamatan, skala rating atau cara lain untuk memperoleh informasi dalam bentuk kuantitatif. Pengukuran diartikan sebagai kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria.
- Evaluasi (evaluation), evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan, evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu,
yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan
alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa evaluasi adalah pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu. Selain dari itu, evaluasi juga dapat
dipandang sebagai proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan
informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Dengan demikian, Evaluasi merupakan suatu proses yang
sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauhmana
tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Npm : 193022003
izin menjawab pak,
- Pengukuran merupakan kegiatan menentukan atau membadningkan suatu besaran, dimensi atau kapasitas suatu standar atau satuan ukur tertentu. Dalam Kegiatan pembelajaran pengukuran dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar yang diperoleh siswa. Pengukuran hasil berlajar merupakan suatu kegiatan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan standar yang telah ditetapkan. Pengukuran hasil belajar ini dapat dilakukan menggunakan instrumen tes ataupun non tes.
- Penilaian
Penilaian merupakan kegiatan pengambilan keputusan untuk menentukan sesuatu yang dengan ukuran tertentu bedasarkan kriteria dan bersifat kualitatif. Dalam pembelajaran penilaian dilakukan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. peniliaian hasil belajar merupakan proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar.
- Evaluasi
Evaluasi merupakan pengukuran atau perbaikan dalam suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan yang telah dilakukan telah mencapai tujuan yang ditetapkan sehingga jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan perbaikan pada kegiatan selanjutnya. Dalam pembelajaran evaluasi dapat dilakukan dalam perbaikan cara belajar siswa.
Izin menjawab Pak terkait perbedaan penilaian, pengukuran dan evaluasi, yaitu sebagai berikut :
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran/nilai dengan kriteria/standar tertentu. Dalam hal ini pengukuran hasil belajar merupakan suatu kegiatan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan standar yang telah ditetapkan.
Penilaian (assessment)
Penilaian adalah penerapan berbagai macam teknik maupun alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi berupa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Evaluasi (evaluation)
Evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan data/informasi dengan menilai objek berdasarkan kriteria tertentu dalam pengambilan keputusan sehingga dapat terlihat sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa evaluasi adalah pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menyampaikan terkait dengan penilaian, pengukuran, dan evaluasi, Pak.
Pengukuran adalah proses pemberian angka (skor) terhadap proses dan hasil pembelajaran berdasarkan kriteria atau ukuran tertentu yang jelas dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dalam rangka memberikan keputusan atau pertimbangan terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik. Penilaian ini merupakan langkah lanjutan setelah melakukan pengukuran, yang mana informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran akan dideskripsikan.dan ditafsirkan.
Dalam sebuah buku yang berjudul "Teknik Evaluasi Pendidikan" karya M. Chabib Thoha, beliau mengatakan bahwa evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu, apakah sesuatu itu mempunyai nilai atau tidak. Evaluasi ini merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur tertentu guna memperoleh kesimpulan. Jadi, evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.
Pengukuran adalah langkah langkah awal. Tanpa pengukuran, tidak terjadi penilaian. Tanpa penilaian, tidak akan terjadi evaluasi. Tanpa evaluasi, tidak akan terjadi umpan balik. Tanpa umpan balik, tidak akan diperoleh pengetahuan yang baik tentang hasil. Tanpa pengetahuan tentang hasil, tidak dapat terjadi perbaikan sistem pembelajaran.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
NPM: 1913022049
Izin menjawab pak penjelasan terkait penilaian, pengukuran, dan juga evaluasi.
- Penilaian adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan hasilnya bersifat kuantitatif.
- Pengukuran adalah kegiatan pengambilan keputusan untuk menentukan sesuatu yang dengan ukuran tertentu berdasarkan kriteria dan dapat bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
- Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian.
- Pengukuran hasil belajar dapat diartikan sebagai kegiatan untuk membandingkan hasil belajar dengan standar yang ditetapkan (kriteria ketuntasan minimal). Pengukuran hasil belajar bersifat kuantitatif, sehingga dinyatakan secara numerik. Dengan demikian, pengukuran dapat dijadikan sebagai instrumen untuk melakukan penilaian.
- Penilaian hasil belajar adalah proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar, baik yang menggunakan tes maupun nontes. Penilaian hasil belajar bersifat kualitatif dan dinyatakan dalam bentuk deskrispi kalimat. Penilaian dalam pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi belajar peserta didik secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh.
- Sedangkan evaluasi hasil belajar merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria, keputusan atau tindakan dari pembelajaran yang telah dilakukan.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
1. Penilaian adalah suatu kegiatan membandingkan hasil pengukuran sifat suatu objek dengan suatu acuan yang relevan sehingga diperoleh kuantitas suatu objek yang bersifat kualitatif.
2. Pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu hal dengan satuan ukuran tertentu sehingga sifatnya menjadi kuantitatif.
3. Evaluasi adalah proses untuk menggambarkan, memperoleh, atau menghasilkan informasi yang berguna untuk mempertimbangkan suatu keputusan.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
- Pengukuran adalah usaha untuk mengetahui keadaan sesuatu sebagaimana adanya yang mana pengukuran juga dapat berupa pengumpulan data tentang sesuatu dengan menggunakan suatu alat ukur. Hasil pengukuran dapat berupa angka atau uraian tentang kenyataan yang menggambarkan nilai kualitas, kuantitas dan eksistensi keadaan yang diukur. Akan tetapi, hasil pengukuran itu belum dapat menjelaskan sesuatu apabila hasil pengukuran tersebut tidak ditafsirkan dengan jalan membandingkan dengan suatu kriteria tertentu. Bersifat kuantitatif.
- Penilaian adalah tindakan untuk memberikan atau menjelaskan hasil pengukuran dengan menggunakan kriteria tertentu untuk mengetahui tinggi-rendahnya atau baik-buruknya aspek tertentu. Hasil pengukuran tidak akan dapat dinilai jika tanpa menggunakan kriteria tertentu. Jadi semua usaha membandingkan hasil pengukuran terhadap suatu bahan pembanding atau kriteria disebut penilaian. Untuk dapat mengadakan penilaian, kita mengadakan pengukuran terlebih dahulu. Bersifat kualitatif.
- Evaluasi adalah dua langkah kegiatan yang dilalui, yaitu pengukuran dan penilaian, yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu obyek dengan tolok ukur untuk memperoleh kesimpulan. Bersifat kualitatif.
Perbedaan Penilaian dan Evaluasi
Perbedaan antara evaluasi dengan penilaian adalah terletak pada ruang lingkup dan pelaksananya.
- Ruang lingkup penilaian lebih sempit ; terbatas pada salah komponen. Contoh: prestasi belajar peserta didik. Sedangkan ruang lingkup evaluasi lebih luas ; mencakup semua komponen di satu sistem. Contoh : Perkembangan Kurikulum.
- Pelaksanaan penilaian dilaksanakan pada konteks internal. Misalnya, guru menilai prestasi belajar peserta didik. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan tidak hanya pihak internal, tetapi juga eksternal. Misalnya, mengevaluasi suatu program.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menyampaikan terkait dengan penilaian, pengukuran, dan evaluasi
Pengukuran adalah proses pemberian angka (skor) terhadap proses dan hasil pembelajaran berdasarkan kriteria atau ukuran tertentu yang jelas dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dalam rangka memberikan keputusan atau pertimbangan terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik. Penilaian ini merupakan langkah lanjutan setelah melakukan pengukuran, yang mana informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran akan dideskripsikan.dan ditafsirkan.
Dalam sebuah buku yang berjudul "Teknik Evaluasi Pendidikan" karya M. Chabib Thoha, beliau mengatakan bahwa evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu, apakah sesuatu itu mempunyai nilai atau tidak. Evaluasi ini merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur tertentu guna memperoleh kesimpulan. Jadi, evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.
Pengukuran adalah langkah langkah awal. Tanpa pengukuran, tidak terjadi penilaian. Tanpa penilaian, tidak akan terjadi evaluasi. Tanpa evaluasi, tidak akan terjadi umpan balik. Tanpa umpan balik, tidak akan diperoleh pengetahuan yang baik tentang hasil. Tanpa pengetahuan tentang hasil, tidak dapat terjadi perbaikan sistem pembelajaran.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
penilaian merupakan proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa, menjelaskan serta menafsirkan hasil pengukuran, menggambarkan informasi mengenai sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi siswa.
pengukuran adalah suatu prosedur yang sistematis untuk memperoleh informasi data kuantitatif baik data yang dinyatakan dalam bentuk angka maupun uraian yang akurat, relevan, dan dapat dipercaya terhadap atribut yang diukur dengan alat ukur yang baik dan prosedur pengukuran yang jelas dan benar
evaluasi adalah suatu kegiatan mengumpulkan informasi mengenai kinerja sesuatu (metode, manusia, peralatan), dimana informasi tersebut akan dipakai untuk menentukan alternatif terbaik dalam membuat keputusan.
izin menjawab,
•Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif.
•Penilaian adalah kegiatan mengambil keputusan untuk menentukan sesuatu berdasarkan kriteria baik buruk dan bersifat kualitatif.
•Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Izin menjawab pak,
Penilaian:
Menurut Permendikbud No.23 Tahun 2016, Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kegiatan Penilaian memerlukan instrumen penilaian dan teknik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar.
Pengukuran:
Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka terhadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, tetapi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda.
Evaluasi:
Evaluasi adalah kegiatan terencana untuk mengukur, menilai, dan keberhasilan suatu program. Evaluasi merupakan cara terbaik untuk menguji efektivitas dan produktivitas.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Pengukuran penentuan nilai, data, dimensi, pada satuan ukur. Atau dapat dikatakan sebagai kegiatan dalam penentuan kuantitas siswa dalam proses pembelajaran.
Evaluasi merupakan proses menilai dengan mengumpulkan informasi sejauh mana siswa dapat memahami materi pembelajaran.
Pengukuran adalah kegiatan/proses mencari fakta/informasi suatu objek ukur dengan standar ukur tertentu.
Penilaian adalah kegiatan/proses mempresentasikan hasil pengukuran dengan suatu nilai dari hasil pengukuran.
Evaluasi adalah kegiatan memperbaiki sesuatu yang dikerjakan berdasarkan informasi/temuan kegiatan pengukuran dan penilaian, serta untuk mencari tahu apakah kegiatan tersebut berjalan dengan baik atau tidak dan apa yang dapat dilakukan untuk memajukan tingkat keberhasilan kegiatan tersebut.
Re: AYO DISKUSI: PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi sebagai berikut,
1. Pengukuran adalah kegiatan membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan hasilnya bersifat kuantitatif.
2. Penilaian adalah kegiatan pengambilan keputusan untuk menentukan sesuatu yang dengan ukuran tertentu berdasarkan kriteria dan bersifat kualitatif.
3. Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran dan penilaian.
Perbedaan antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi hasil belajar.
1. Pengukuran hasil belajar dapat diartikan sebagai kegiatan untuk membandingkan hasil belajar dengan standar yang ditetapkan (kriteria ketuntasan minimal). Pengukuran hasil belajar bersifat kuantitatif, sehingga dinyatakan secara numerik. Dengan demikian, pengukuran dapat dijadikan sebagai instrumen untuk melakukan penilaian.
2. Penilaian hasil belajar adalah proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar, baik yang menggunakan tes maupun nontes. Penilaian hasil belajar bersifat kualitatif dan dinyatakan dalam bentuk deskrispi kalimat. Penilaian dalam pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi belajar peserta didik secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh.
3. Evaluasi hasil belajar merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria, keputusan atau tindakan dari pembelajaran yang telah dilakukan