menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..
silahkan dijawab:
menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..
silahkan dijawab:
Nama: Frischa Ramadhan Putri
NPM: 1913053112
Izin menjawab,
Motivasi belajar sangatlah penting baik motivasi yang berasal dari dalam diri (intrinsik) maupun motivasi yang berasal dari luar diri (ekstrinsik), karena keduanya dapat menjadi pendorong untuk belajar dan agar proses belajar mengajar dan berjalan dengan lancar, aktifitas dalam belajarnya memberikan kepuasan diakhir kegiatan belajarnya serta sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Menurut Hamalik (1994: 12) media pendidikan merupakan alat, metoda, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di Sekolah. Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar ikut membantu guru memperkaya wawasan peserta didik. Aneka macam bentuk dan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi peserta didik. Dalam menerangkan suatu benda, guru dapat membawa bendanya secara langsung ke hadapan peserta didik di kelas.Dengan menghadirkan bendanya seiring dengan penjelasan mengenai benda itu, maka benda itu dijadikan sebagai sumber belajar.
Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini sebagai berikut:
1. Menumbuhkan minat peserta didik.
2. Menyampaikan materi baru.
3. melibatkan peserta didik secara aktif.
4. Mengevaluasi tingkat pemahaman
peserta didik.
5. Menetapkan tindak lanjut.
Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk:
1. Menumbuhkan kegairah belajar.
2. Memungkinkan interaksi yang lebih
langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan-kenyataan.
3. Memungkinkan anak didik belajar
sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
4. Dengan menggunakan media dapat mengatasi keunikan siswa, lingkungan dan pengalaman yang berbeda.