forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 27

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,? terimakasih..

silahkan dijawab: 

In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lina Pertiwi 1913053055 -
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21



izin mejawab pertanyaan dari ibu,

Media pembelajaran merupakan unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa, dengan berbagai jenis media pembelajaran oleh guru maka dapat menjadi bahan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat dengan mudah dipahami. Media pembelajaran yang menarik bagi siswa dapat menjadi rangsangan bagi siswa dalam proses pembelajaran.

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.

Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar dikelas rendah antara lain:
1. Guru harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi setiap peserta didiknya
2. Guru harus berupaya seoptimal mungkin agar pelajaran yang diberikan dapat diterima peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah.
3. Guru mengenalkan konsep kepada peserta didik dan peserta didik mengembangkan konsep tersebut, guru bertindak sebagai fasilitator sehingga pengetahuan peserta didik tidak hanya dari guru, dan materi yang dikuasai akan lebih luas.
4. Media belajar dipilih dan digunakan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan peserta didik dapat mengerti materi yang disampaikan.
5. Guru harus memilih media belajar yang paling efektif dari berbagai media yang ada sehingga media yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik adalah yang paling tepat dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
6. Dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, guru harus memilih media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan peserta didik dengan proses belajar yang menarik perhatian.
7. Dalam memilih media belajar, guru harus memilih media yang fleksibelitas sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya semakin digunakan dalam proses pembelajaran
8. Guru haruslah kreatif dalam menyediakan media pembelajaran, contohnya dengan membuat sendiri media pembelajaran yang sederhana atau membuat bersama-sama dengan peserta didik
9. Dalam memilih media pembelajaran, guru harus dapat mempertimbangkan manfaat yang didapat dari pengadaan media tersebut bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
10. Dalam pengadaan media, guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut.

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Media-media belajar tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber sebagai berikut: (1) lingkungan kelas/sekolah, (2) lingkungan rumah siswa, (3) internet (gambar, video, audio), (4) buku, dan (5) tubuh guru/siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Hanania Ayu Widya 1913053004 -
Nama : Hanania Ayu Widya
NPM : 1913053004
No. Absen : 14

Izin menjawab,
Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar sesuai dengan media kelas rendah adalah
1. Menciptakan media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.
2. Menentukan dan memilih media yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran.
3. Sebelum memulai pembelajaran dengan media, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.
4. Meningkatkan kualitas guru dalam merancang media pembelajaran. Agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nabila Salsabila 1913053048 -
Nama: Nabila Salsabila
NPM : 1913053048

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menybabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.


Motivasi belajar siswa pada pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa
tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran dalam proses penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Media animasi yang digunakan dapat menggunakan powerpoint yang menarik, membuat bagan yang menarik, membuat poster dengan memuat tulisan yang tidak kecil (jelas) atau membuat animasi video. Media yang digunakan dapat mengajak siswa belajar dan sambil bermain, dengan menimbulkan suasana bermain maka siswa akan merasa senang, gembira dan tidak merasa tertekan, karena belajar yang dianggap membosankan berubah menjadi menyenangkan dengan adanya bantuan media yang menarik.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Wika Orin Sherialiusani 1913053039 -
Nama : Wika Orin Sherialiusani
Npm : 1913053039
Absen : 35

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan motivasi belajar anak melalui media pembelajaran yang tepat diterapkan di kelas rendah.
1. Guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat memanfaatkan penggunaan media pembelajaran interaktif yang kreatif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
2. Selain itu, guru juga dapat menciptakan media berbasis permainan untuk siswa kelas rendah, sehingga nantinya motivasi belajar siswa dapat meningkat karena siswa akan dapat bermain sekaligus belajar melalui media game yang telah disajikan guru.
3. Guru harus mampu menciptakan media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa seperti video belajar beranimasi, sehingga dapat meningkatkan fokus belajar siswa di jelas rendah.
4. Ciptakanlah suasana kelas yang kondusif dengan menuntut siswa aktif dalam belajar, jangan jadikan siswa pasif di kelas karena dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuannya.
5. Gunakanlah media pembelajaran yang cocok dengan siswa dan sesuai minat mereka sehingga menarik karena nantinya peserta didik akan dihadapkan langsung dengan media sebagai penunjang proses pembelajaran.
6. Berikanlah penghargaan kepada siswa seperti nilai, hadiah dsb, karena hal tersebut efektif bagi sebagian siswa untuk meningkatkan motivasi belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Anggi Cahyani Putri 1913053083 -
Nama : Anggi Cahayani Putri
Npm : 1913053083
No. Absen : 03

Izin menjawab bu,

Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang memberikan dorongan, menumbuhkan gairah, merasa senang, semangat dalam melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar yang tinggi pada siswa akan mendorong siswa untuk giat belajar sehingga akan meningkatkan prestasi belajarnya. Salah satu cara menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang menarik dan kreatif fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Tujuan dari adanya media pembelajaran adalah agar siswa termotivasi untuk memahami pelajaran yang diajarkan bila media yang digunakan sesuai sehingga akan meningkatkan kelancaran proses belajar dan diharapkan prestasi yang nantinya dicapai juga akan baik. Penggunaan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa akan merangsang siswa untuk belajar lebih giat sehingga prestasi belajarnya akan meningkat. Sebaliknya jika media pembelajaran yang digunakan kurang menarik perhatian siswa atau bahkan membosankan, akan membuat siswa jenuh dan enggan belajar sehingga prestasi belajarnya juga kurang memuaskan. Selain itu media yang baik harus memiliki kriteria diantaranya : Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, Pilih media yang sesuai dengan gaya belajar mereka, Media pembelajaran bersifat konkret, tidak abstrak, Praktis dan Fungsional, Menarik minat. Media-media pembelajaran dapat diperoleh dari beberapa sumber sebagai berikut: (1) lingkungan kelas/sekolah, (2) lingkungan rumah siswa, (3) internet (gambar, video, audio), (4) buku, dan (5) tubuh guru/siswa.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Nafazri Eprilia 1953053003 -
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003
No.Absen : 25

Izin menjawab
Motivasi dalam pembelajaran berarti suatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk belajar yang berperan untuk menumbuhkan, memunculkan rasa senang, dan semangat untuk belajar.
Media pembelajaran adalah semua alat atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari
sumber kepada penerima. Taharudin (2012), penggunaan media pembelajaran merupakan sebagai alat bantu mengajar yang baik harus bisa memberikan pemahaman lebih konkret kepada siswa, dengan cara pemahaman berupa penggabungan berbagai indera yang dimiliki oleh siswa, sehingga siswa lebih banyak menyerap materi yang disampaikan lewat media tersebut. Media pembelajaran memiliki tiga fungsi utama , yaitu untuk memotivasi minat, memberikan informasi, dan memberikan petunjuk.

Cara memotivasi belajar anak
1. Gunakan media dan kegiatan yang beragam
2. Jadikan siswa peserta aktif
3. Buatlah tugas yang menantang namun realistis dan sesuai dengan media pembelajaran
4. Ciptakan suasana kelas yang kondusif
5. Libatkan diri Anda untuk membantu siswa mencapai hasil
6. Hindari kompetisi antarpribadi
7. Hargai kesuksesan dan keteladanan
8.Tentukan standar yang tinggi (namun realisitis) bagi seluruh siswa

Dengan menggunakan media pembelajaran contohnya media interaktif maka akan membuat anak semakin semangat dalam belajar .
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Chika Nurpalo Afiany 1913053021 -
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin menjawab pertanyaan,

Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar di kelas rendah yaitu sebagai berikut:
1. Guru harus bisa mengembangkan media-media pembelajaran di kelas rendah dengan menarik. Apabila media pembelajaran menarik tentunya peserta didik akan lebih semangat dalam belajar.
2. Guru harus menciptakan suasana belajar yg aman dan nyaman bagi peserta didik.
3. Guru harus berusaha menciptakan media belajar yang sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik terutama di kelas rendah.
4. Selain media yang menarik guru harus mampu untuk menanamkan konsep dan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran agar media pembelajaran yang sudah di buat dapat bermanfaat bagi peserta didik.
5. Peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga guru harus pandai dalam mengaplikasikan media pembelajaran tersebut sesuai kebutuhan peserta didik.
6. Media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat menarik minat peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar anak.
7. Sesekali guru boleh saja melakukan pembelajaran di luar kelas agar peserta didik tidak merasa bosan jadi, mereka tidak hanya belajar dari media yang sudah disediakan juga peserta didik langsung ke lingkungan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Anisa Nurjayanti 1913053125 -
Nama : Anisa Nurjayanti
NPM : 1913053125
No. Absen : 04

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar di kelas. Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas bisa dilakukan dengan berbagai cara dan guru memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan motivasi belajar siswa dalam kelas sehingga siswa terasa nyaman dan ilmu yang mereka peroleh akan mudah mereka terima. Salah satu cara guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik pada setiap materi yang akan disampaikan. Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit.
Media belajar yang digunakan untuk kelas rendah haruslah media yang inovatif bukan hanya media yang indah saja tetapi media juga harus berhubungan dengan benda nyata atau konkret. Ada beberapa macam media benda konkret, seperti benda hidup, benda mati, benda asli buatan manusia dan benda asli tidak alami. Selain itu, media-media belajar yang dapat digunakan untuk kelas rendah yaitu: lingkungan kelas/sekolah, lingkungan rumah siswa, internet (gambar, video, audio), buku, dan tubuh guru/siswa.

Dengan media pembelajaran maka siswa akan memiliki motivasi belajar sehingga siswa bisa lebih cepat memahami materi, mengaitkan materi dengan lingkungan nyata, menghilangakan kebosanan siswa pada saat belajar, dan dengan media belajar siswa akan lebih tertarik untuk belajar tentang materi yang diberikan. Dalam merancang media pembelajaran ada beberapa langkah yang harus diperhatikan guru agar media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yakni:
1) media harus dirancang sesederhana mungkin sehingga jelas dan mudah dipahami oleh siswa;
2) media hendaknya dirancang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan;
3) media hendaknya dirancang tidak terlalu rumit dan tidak membuat anak-anak menjadi bingung;
4) media hendaknya dirancang dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, tetapi tidak mengurangi makna dan fungsi media itu sendiri;
5) media dapat dirancang dalam bentuk model, gambar, bagan berstruktur, dan lain-lain, tetapi dengan bahan yang murah dan mudah didapat sehingga tidak menyulitkan guru dalam merancang media.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Khalda Sephina Riswani 1913053045 -
Nama : Khalda Sephina Riswani
NPM : 1913053045
No. Absen : 19

Izin menjawab,
Media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dapat menjadi rangsangan dalam proses pembelajaran. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar.

Berikut ini beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran
1. Media belajar dipilih dan digunakan oleh pendidik harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan peserta didik dapat mengerti materi yang disampaikan.
2. Dalam memilih media belajar, pendidik harus memilih media yang fleksibel sehingga dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama, menghemat biaya dan tidak berbahaya jika digunakan dalam proses pembelajaran
3. Pendidik juga dapat menciptakan media berbasis permainan untuk peserta didik kelas rendah, sehingga nantinya motivasi belajar siswa dapat meningkat karena peserta didik akan dapat bermain sekaligus belajar melalui media game yang disajikan pendidik.
4. Menciptakan media belajar yang menarik dan kreatif sehingga fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi.
5. Sebelum memulai pembelajaran pendidik harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar secara tidak langsung
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RAHAYU SETIA RESMI 1913053047 -
Nama : Rahayu Setia Resmi
NPM : 1913053047

menurut kalian bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini,?
Jawab :

Izin menjawab pertanyaan,
Menurut saya sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas rendah dimana mereka masih dalam tahap belajar sambil bermain, sehingga masih sangat membutuhkan sebuah media pembelajaran yang bersifat konkret ( nyata ). Proses belajar di lingkungan belajar peserta didik juga harus disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik. Anak usia sekolah dasar pada umumnya berada pada tahap perkembangan mental operasional konkret. Karena itulah motivasi belajar akan tumbuh ketika peserta didik kelas rendah bermain alat konkret tetapi sambil belajar dikelas dan guru juga harus menyediakan kondisi belajar yang nyata, seru, dan menyenangkan.
Manfaat dalam menggunakan media pembelajaran secara konkret (nyata) adalah akan mempermudah proses pemahaman konsep pada waktu guru dan peserta didik melaksanakan proses belajar mengajar. Tidak hanya itu saja menurut saya jika kita sebagai guru menggunakan media pembelajaran secara nyata sangat membantu melatih aspek keterampilan psikomotorik si peserta didik.
Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dini Ariska Putri 1913053070 -
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menjawab Bu,
Menurut saya, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah yaitu digunakannya media pembelajaran yang baik dan benar serta menarik. Karena pada dasarnya motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Dalam hal ini pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh –pengaruh psikologis terhadap pembelajaran. Media pembelajaran yaitu suatu bentuk peralatan, metode, atau teknik yang digunakan dalam menyalurkan pesan dan dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa, dalam mempertegas bahan pelajaran, sehingga dapat membangkitkan minat dan motivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Penggunaan media pembelajaran dapat juga dilihat dari jenisnya, media dibagi kedalam media auditif, media visual dan media audio-visual. Dengan demikian melalui berbagai metode dan media pembelajaran terutama bagi peserta didik di kelas rendah pembelajar akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa, yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Adhisa Risti Balqis 1913053011 -
Nama: Adhisa Risti Balqis
NPM: 1913053011
No. Absen: 01

Izin menjawab bu,
Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu pembelajar dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan. Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.

Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar dikelas rendah adalah sebagai berikut.
1. Pendidik harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi setiap peserta didiknya.
2. Pendidik harus berupaya seoptimal mungkin agar pelajaran yang diberikan dapat diterima peserta didik (seperti menggunakan media yang sesuai dgn kelas rendah).
3. Pendidik mengenalkan konsep kepada peserta didik dan peserta didik mengembangkan konsep tersebut (konsep: materi).
4. Media belajar harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.
5. Pendidik harus memilih media belajar yang paling efektif dari berbagai media yang ada. 
6. Pendidik harus memilih media belajar yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Siti Lufiah Dwi Putri 1913053040 -
Nama : Siti Lufiah Dwi Putri
NPM : 1913053040
No.Absen : 33
Izin menjawab

Sebagai seorang guru, tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tapi juga harus bisa menjadi motivator belajar untuk siswa.Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
Beberapa cara yang dapat dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar anak kelas rendah adalah :
Pertama, guru harus mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menuntut siswa aktif dalam belajar untuk meningkatkan rasa keingintahuannya. Kedua, guru harus meningkatkan kompetensi atau keterampilan yang dimiliki guru dalam memanfaatkan penggunaan media pembelajaran interaktif yang kreatif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat dan fokus belajar siswa.
Ketiga, guru mampu membuat media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan gaya belajar siswa kelas rendah seperti media pembelajaran yang berbasis permainan/game, sehingga nantinya media pembelajaran tersebut  dapat meningkat motivasi belajar siswa , karena siswa dapat belajar sambil bermain  melalui media permainan yang diberikan guru.
Keempat, guru dapat memberikan  penghargaan kepada siswa seperti nilai dan hadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru di akhir pembelajaran,  karena hal tersebut sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Marsasanda Andarin 1913053026 -
Nama : Marsasanda Andarin
NPM : 1913053026
No. Absen : 22

Media pembelajaran berasal dari kata media dan pembelajaran. Media pembelajaran diartikan sebagai penyalur pesan atau informasi belajar untuk mengondisikan seseorang (siswa) untuk belajar atau segala sesuatu yang dapat mrnyalurkan pesan, dapat meransang pikiran, kemauan sehingga mendorong terjadinya belajar pada siswa.Dengan menggunakan media pembelajaran, ada beberapa manfaat yang diperoleh yaitu: a) menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi belajar, b) memberikan pengalan nyata, c) mengatasi keterbatasan, d) bahan ajar lebih bermakna dan dapat dipahami siswa, e) mengajar lebih bervariasi karena tidak hanya verbal dan membosankan, f) siswa lebih banyak belajar, tidakhanya mendengarkan, g) mengembangkan minat dan motivasi, h) menuntun berfikir kongkrit, i) memberikan pengalaman yang tak mudah didapat, j) mempermudah pengajaran.

Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah, antara lain :
1. Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan cara berpikir siswa, karena Kesesuaian tersebut akan bisa menarik minat para siswa untuk lebih menyukai sekaligus mengemari proses belajar. Jangan sampai penggunaan media pembelajaran malah bisa menurunkan minat belajar siswa.
2. Menggunakan kualitas tempilan media pembelajaran yang menarik.
Tidak bisa dipungkiri lagi cover adalah awal dari suatu penilaian produk. Jika tampilannya kurang bagus maka orang – orang akan malas untuk mempergunakan produk tersebut. Begitupun dengan media pembelajaran, jika tampilannya kurang maksimal maka siswa pun akan malas untuk mempergunakannya.
3. Media pembelajaran yang mudah dalam penggunaan. Sebuah media pembelajaran tidak bisa dikatakan baik jika dalam penggunaannya teramat sangat menyulitkan, lebih parahnya lagi membuat siswa menjadi bingung dan kesal. Bukannya membuat siswa menjadi bersemangat dalam belajar malah membuat siswa menjadi frustasi dan enggan untuk belajar. 
4. Media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kepada siswa, karena pengalaman belajar adalah sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan seorang siswa. Dengan pengalaman tersebut, seorang siswa menjadi bertambah kekayaan intelektualnya dan sampai pada akhirnya mampu mengaplikasikan ilmu yang yang telah didapatkannya. Hal ini akan membantu meningkatkan motivasi belajar siswa .
5.Penggunaan Tidak Memakam Waktu yang Lama, media pembelajaran harus dapat bersifat efisien sebagai proses komunikasi efektif . Dalam hal ini, media yang digunakan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam persiapannya. Tentu saja hal ini malah akan menjadi kerugian dalam proses belajar itu sendiri, selain itu media pembelajaran yang membutuhkan waktu lama akan membuat siswa merasa bosan dan motivasi siswa untuk belajar pun akan menurun.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Serly Zahra Zetira -
Nama: Serly Zahra Zetira
NPM: 1913053137
No Absen: 32

Izin menjawab, cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media-media belajar dikelas:
1. Pendidik bisa mencoba metode belajar yang berbeda seperti membuat pembagian peran, studi kasus, simulasi, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil.
2. Mengadakan permainan dan menggunakan simulasi. Mengemas pembelajaran dengan menciptakan suasana yang menarik sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan dapat melibatkan afektif dan psikomotorik siswa. Proses pembelajaran yang menarik akan memudahkan siswa memahami dan mengingat apa yang disampaikan.
3. Media belajar dipilih dan digunakan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sehingga kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan peserta didik dapat mengerti materi yang disampaikan.
4. Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi.
5. Pendidik bisa menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 -
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

Cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan membuat siswa menjadi aktif di kelas. Keaktifan siswa bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan sejumlah pertanyaan berorientasi HOTS. Bagi siswa yang berani menjawab, baik benar atau salah, akan mendapatkan reward yang menguntungkan. Kemudia memanfaatkan media seoptimal mungkin. Memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui media, siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka akan semangat dan termotivasi untuk terus belajar.

Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media diharapkan akan menumbuhkan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, terjadinya umpan balik dalam proses belajar mengajar, dan mencapai hasil yang optimal. Pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu pembelajar dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber ilmu pengetahuan. Kemampuan siswa untuk belajar dari bergabagai sumber tersebut, akan bisa menanamkan sikap kepada siswa untuk senantiasa berinisiatif mencari berbagai sumber belajar yang diperlukan. Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Idha Tasya Bella Ananda 1913053042 -
Nama : Idha Tasya Bella Ananda
NPM : 1913053042
No. Absen : 17
Izin menjawab bu, menurut saya media pembelajaran mempunyai peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar, khususnya di kelas rendah, karena siswa kelas rendah belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit. Secara ilmu psikologis media pembelajaran sangat membantu perkembangan psikologis anak dalam hal belajar. Selain itu, penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat pula memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat berimplikasi pada tiga hal, antara lain pada diri guru, pada diri siswa dan pada proses pembelajaran di ruang kelas. Dalam merancang media pembelajaran ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yakni:
1) media harus dirancang sesederhana mungkin sehingga jelas dan mudah dipahami oleh siswa
2) media hendaknya dirancang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan
3) media hendaknya dirancang tidak terlalu rumit dan tidak membuat anak-anak menjadi bingung
4) media hendaknya dirancang dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, tetapi tidak mengurangi makna dan fungsi media itu sendiri
5) media dapat dirancang dalam bentuk model, gambar, bagan berstruktur, dan lain-lain, tetapi dengan bahan yang murah dan mudah didapat sehingga tidak menyulitkan guru dalam merancang media dimaksud.
Menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media belajar di kelas rendah ini, seorang guru harus :
1. Memperjelas tujuan yang ingin dicapai
Guru wajib mempromosikan pentingnya suatu pelajaran lewat media yang digunakan. Tujuan mempelajari sesuatu harus jelas diketahui oleh siswa. Hal tersebut akan menjadikan siswa paham ke arah mana ia ingin dibawa. Pemahaman siswa terhadap pentingnya dan tujuan pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Guru bisa mengaitkan materi pembelajaran dengan kondisi-kondisi khusus yang terjadi.
2. Menggunakan media dan kegiatan yang beragam
Guru menggunakan media dan kegiatan yang beragam agar proses belajar bisa berlangsung dengan lebih menarik. Materi yang akan guru sampaikan bisa dikemas dengan bentuk-bentuk yang menarik, misalnya dengan membuat materi pelajaran dalam bentuk animasi ataupun dalam bentuk mind map, dalam memberikan layanan klasikal bisa menyertakan video ataupun gambar.
3. Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar
Siswa dapat belajar dengan lebih baik apabila berada dalam suasana yang menyenangkan, merasa aman, bebas dari rasa tegang. Guru bisa mencairkan suasana tegang dalam belajar dengan memberikan humor di tengah-tengah media pembelajaran yang sedang diberikan. Selain itu, guru wajib memberikan perhatian yang sama pada semua siswa, agar setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengaktualisasikan dirinya di kelas.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Hanna Wahyu Aruming Tyas -
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No. Absen : 15

Menumbuhkan semangat belajar pada anak memang naik turun karena anak sekarang cenderung malas untuk belajar dan memilih untuk beraktifitas yang lainnya yang lebih menarik atau bermain. Pada umumnya anak belum memahami korelasi antara materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Merasa bahwa apa yang dipelajari bukan sesuatu yang penting dan membuat anak malas-malasan dalam belajar. Untuk menumbuhkan semangat belajar terutama pada anak sekolah dasar, ada strateginya sendiri yaitu membangkitkan rasa ingin tahu anak karena motivasi belajar berkaitan erat dengan rasa ingin tahu bangkitnya rasa ingin tahu anak terkait materi yang akan dipelajari hal yang menarik dari pelajaran tersebut dan hubungkan dengan apa yang menjadi minat anak. Semangat bejar pada anak akan bertambah ketika mengetahui materi yang di pelajarinya dengan sendirinya. Pendidik juga berperan penting untuk menumbuhkan semangat belajar pada anak kususnya anak sekolah dasar. seorang pendidik harus mampu menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswanya sealu aktif dalam proses belajar di sekolah. pendidik harus menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik dan seorang pendidik harus mampu menghadirkan suasana belajar yang menarik dan membangkitkan semangat belajar peserta didik di sekolah. Seorang pendidik harus mampu menciptakan sebuah ikatan batin antara pendidik dengan peserta didiknya sehingga proses belajar di kelas tidak terkesan berinterksi didalam kelas melainkan pembelajaran diarahkan dengan berkomunikasi antara orang tua dan anak sehingga peserta didik mudah tersentuh dan pendidik bisa menanamkan nilai-nilai yang baik untuk peserta didik. Dalam proses belajar, motivasi belajar sangat diperlukan karena proses kegiatan belajar tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya motivasi belajar yang tinggi. Demikian juga dengan media pembelajaran, media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan peserta didik akan merangsang minat peserta didik dalam belajar. Hal ini membuat peserta didik semangat belajar dan berpengaruh pada peningkatan prestasinya. Sebab, dengan adanya motivasi belajar yang tinggi dan media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan peserta didik dapat menjadikan kegiatan belajar efektif dan efisien sehingga mendorong peserta didik belajar dengan baik untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Cara menumbuhkan motivasi belajar harus memilih variasi media yang menarik sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar. Peserta didik lebih termotivasi belajarnya dengan video karena video animasi ini masih hal yang baru bagi peserta didik. setelah diperkenalkan dengan video animasi, peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Khofiah 1913053122 -
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122

Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa. Sebagai seorang guru, tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tapi juga harus bisa menjadi motivator belajar untuk siswa. Salah satu nya yaitu memanfaatkan media pembelajaran.

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.

Media yang dapat digunakan untuk menambah motivasi belajar siswa terutama kelas rendah salah satunya yaitu video pembelajaran dengan menggunakan Power Point.
Jika biasanya guru menggunakan power point sebagai salah satu media untuk menyampaikan materi pembelajaran dan media yang digunakan untuk presentasi, power point juga bisa juga diubah menjadi video pembelajaran dengan animasi yang terdapat dalam power point.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Sarah Azizah 1953053008 -
Nama: Sarah Azizah
NPM: 1953053008

Izin Menjawab,
Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Contoh cara untuk menumbuhkan motivasi elajr anak dengan menggunakan media belajar kelas rendah adalah sebagai berikut:

1. Guru harus mampu menciptakan media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa seperti video belajar beranimasi, sehingga dapat meningkatkan fokus belajar siswa di jelas rendah.

2. Ciptakanlah suasana kelas yang kondusif dengan menuntut siswa aktif dalam belajar, jangan jadikan siswa pasif di kelas karena dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuannya.

3. Gunakanlah media pembelajaran yang cocok dengan siswa dan sesuai minat mereka sehingga menarik karena nantinya peserta didik akan dihadapkan langsung dengan media sebagai penunjang proses pembelajaran.

4. Berikanlah penghargaan kepada siswa seperti nilai, hadiah dsb, karena hal tersebut efektif bagi sebagian siswa untuk meningkatkan motivasi belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Marti Fitria Rohmah 1913053076 -
Nama: Marti Fitria Rohmah
NPM: 1913053076
No. Absen: 23

Izin menjawab

Terdalat beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah diantaranya:

1. Menciptakan media belajar semenarik dan sekreatif mungkin. Hal ini bertujuan agar menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus peserta didik dalam belajar dapat ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video berbasis animasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video pembelajaran dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.

2. Menentukan dan memilih media pembelajaran yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

3. Sebelum memulai pembelajaran dengan media pembelajaran, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha belajar dengan fokus. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.

4. Meningkatkan kualitas pendidikan dalam merancang media pembelajaran. Hal ini bertujuan agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik.

6. Selalu sediakan sesi diskusi tau tanya jawab pada saat proses pembelajaran berlangsung.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Frischa Ramadhan Putri 1913053112 -

Nama: Frischa Ramadhan Putri 

NPM: 1913053112

Izin menjawab,

Motivasi belajar sangatlah penting baik motivasi yang berasal dari dalam diri (intrinsik) maupun motivasi yang berasal dari luar diri (ekstrinsik), karena keduanya dapat menjadi pendorong untuk belajar dan agar proses belajar mengajar dan berjalan dengan lancar, aktifitas dalam belajarnya memberikan kepuasan diakhir kegiatan belajarnya serta sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Menurut Hamalik (1994: 12) media pendidikan merupakan alat, metoda, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di Sekolah. Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar ikut membantu guru memperkaya wawasan peserta didik. Aneka macam bentuk dan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi peserta didik. Dalam menerangkan suatu benda, guru dapat membawa bendanya secara langsung ke hadapan peserta didik di kelas.Dengan menghadirkan bendanya seiring dengan penjelasan mengenai benda itu, maka benda itu dijadikan sebagai sumber belajar.

Cara menumbuhkan motivasi belajar anak dengan menggunakan media media belajar sesuai dengan media kelas rendah ini sebagai berikut:

1. Menumbuhkan minat peserta didik.

 2. Menyampaikan materi baru.

3. melibatkan peserta didik secara aktif.

4. Mengevaluasi tingkat pemahaman

peserta didik.

5. Menetapkan tindak lanjut.

Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk:

1. Menumbuhkan kegairah belajar.

2. Memungkinkan interaksi yang lebih

langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan-kenyataan. 

3. Memungkinkan anak didik belajar

sendiri menurut kemampuan dan minatnya. 

4. Dengan menggunakan media dapat mengatasi keunikan siswa, lingkungan dan pengalaman yang berbeda.




In reply to First post

Re: forum diskusi

by Hana Salsabila Putri 1913053050 -
Nama : Hana Salsabila Putri
NPM : 1913053050
No. Absen : 13

Motivasi belajar artinya dorongan dari diri peserta didik untuk mencapai tujuan belajar, misalnya pemahaman materi atau pengembangan belajar. Dengan adanya motivasi, peserta didik akan senantiasa semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Adapun cara menumbuhkan motivasi belajar peserta didik, yaitu:
1. Menjadikan peserta didik yang aktif. Keaktifan siswa bisa mendorong dirinya untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan sejumlah pertanyaan berorientasi HOTS. Bagi peserta didik yang berani menjawab, baik benar atau salah, akan mendapatkan reward.
2. Memanfaatkan media seoptimal mungkin. Adapun contohnya adalah dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa bisa lebih mudah memahami suatu materi.
3. Guru berinovasi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif.
4. Guru wajib memfasilitasi kebutuhan siswa dalam belajar agar mampu mengingat dan menyimpan informasi dengan cepat dan mudah diingat.
5. Guru memerlukan media yang berfungsi untuk menjembatani materi yang abstrak bagi siswa agar menjadi lebih konkret.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Husna Hidayat 1913053134 -
Nama : Husna Hidayat
NPM : 1913053134
No. Absen : 16

Izin menjawab
Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menybabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.
peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa. 
1. Tingkatkan Kualitas Guru

Guru menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus secara sadar diri terus melakukan peningkatan kualitasnya. Tidak hanya berbicara soal kualitas mengajar pada mata pelajaran yang diampu, lebih dari itu, guru juga dituntut berkualitas dalam aspek psikologis anak. Hal ini sangat penting, demi terwujudnya motivasi belajar siswa yang tinggi. 
2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Untuk membangun motivasi belajar siswa, Bapak/Ibu Guru harus bisa memaksimalkan fasilitas belajar yang tersedia.
3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Sebagai seorang guru, memang harus pandai dalam memilih metode belajar yang tepat. Pemilhan metode belajar ini bisa menjadi tolok ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau bahkan merasa antusias dengan metode yang Bapak/Ibu Guru terapkan
4. Memanfaatkan Media Belajar

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi
5. Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada setiap kegiatan pembelajaran mutlak sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan melihat efektivitas kegiatan belajar tersebut sudah efektif atau belum. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menganalisis nilai yang diperoleh siswa dari soal atau tugas yang Bapak/Ibu Guru berikan
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rida Arrafini 1913053116 -
Nama : Rida Arrafini
NPM : 1913053116
No.absen : 29

Media belajar adalah sarana yang menjembatani hubungan antara peserta didik dengan sumber belajar, baik itu guru ataupun sumber belajar lainnya.meningkatkan motivasi belajar peserta didik penggunaan media pembelajaran guru menggunakan media belajar dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat membuat suasana kelas lebih hidup. Ini karena media belajar mempunyai fungsi penting yaitu sebagai pembangkit motivasi belajar.
dengan cara :
-Tingkatkan Kualitas Guru.
-Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran.
-Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat.
-Memanfaatkan Media Belajar.
-Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Peserta didik akan termotivasi untuk belajar bila guru mengajar di kelas mereka dengan menggunakan beragam media belajar yang sesuai.
adapun kriteria pemilihan media belajar sebagai berikut :
1. Kesesuaian dengan Tujuan (intructional goals)
Perlu dikaji tujuan pembelajaran apa yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kemudian bisa dianalisis media apa saja yang cocok guna mencapai tujuan tersebut.
2. Kesesuaian dengan Materi Pembelajaran (intructional content)
Yaitu bahan atau kajian apa yang diajarkan pada program pembelajaran tersebut. Pertimbangan lainnya dari bahan atau pokok bahasan tersebut sampai sejauhmana keadaan yang harus dicapai, dengan demikian kita bisa mempertimbangankan media apa yang sesuai dengan menyampaikan bahan tersebut.
3. Kesesuaian dengan Karakteristik Pembelajaran atau Peserta didik
Dalam hal ini media haruslah familiar dengan karakteristik peserta didik atau pendidik. Yaitu mengkaji sifat-sifat dan ciri-ciri media yang akan digunakan. Hal lainnya karakteristik peserta didik, baik secara kuantitatif (jumlah) ataupun kualitatif (kualitas, ciri dan kebiasaan lain) dari peserta didik terhadap media yang akan digunakan.
4. Kesesuaian dengan Teori
Pemilihan media ini harus didasarkan atas kesesuaian dengan teori. Media yang dipilih bukan karena fanatisme pendidik terhadap suatau media yang dianggap paling bagu, namun didasrkan atas teori yang diangkat dari penelitian dan riset sehingga telah teruji validitasnya. Pemilihan media harus merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran yang fungsinya untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembelajaran.
5. Kesesuaian dengan Gaya Belajar Peserta didik
Kriteria ini didasarkan atas kondisi psikologis peserta didik, bahwa peserta didik belajar dipengaruhi pula oleh gaya belajar peserta didik.
6. Kesesuaian dengan Kondisi Lingkungan, Fasilitas Pendukung, dan Waktu yang Tersedia
Bagaimanapun bagusnya sebuah media apabila tidak didukung oleh fasilitas waktu yang tersedia maka kurang efektif. Media juga terkait dengan user atau penggunaanya dalam hal ini pendidik, jika pendidik tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan media tersebut dengan baik maka akan sisa-sia, begitu juga fasilitas lainnya
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Puji lestari 1913053088 -
Nama: puji lestari
NPM: 1913053088
No. Absen: 27

Terdalat beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah diantaranya:
1.) Menciptakan media belajar semenarik dan sekreatif mungkin. Hal ini bertujuan agar menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus peserta didik dalam belajar dapat ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video berbasis animasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video pembelajaran dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.
2.) Menentukan dan memilih media pembelajaran yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.
3.) Sebelum memulai pembelajaran dengan media pembelajaran, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha belajar dengan fokus. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.
4.) Meningkatkan kualitas pendidikan dalam merancang media pembelajaran. Hal ini bertujuan agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik.
6.) Selalu sediakan sesi diskusi tau tanya jawab pada saat proses pembelajaran berlangsung
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ayu Farisda Faiz 1913053034 -
Nama: Ayu Farisda Faiz
NPM: 1913053034
No. absen: 07

Izin menjawab

Terdalat beberapa cara untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media belajar yang sesuai dengan media kelas rendah diantaranya:

1. Menciptakan media belajar semenarik dan sekreatif mungkin. Hal ini bertujuan agar menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus peserta didik dalam belajar dapat ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video berbasis animasi. Jika menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video pembelajaran dengan animasi untuk membantu penjelasan yang disampaikan.

2. Menentukan dan memilih media pembelajaran yang terbaik dalam proses belajar mengajar serta berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

3. Sebelum memulai pembelajaran dengan media pembelajaran, harus menciptakan suasana kelas yang kondusif terlebih dahulu. Karena kelas yang aman umumnya akan membuat siswa merasa didukung untuk berusaha belajar dengan fokus. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik secara tidak langsung. Apabila siswa belajar di suatu kelas yang kondusif, maka siswa cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.

4. Meningkatkan kualitas pendidikan dalam merancang media pembelajaran. Hal ini bertujuan agar penyampaian materi menggunakan media dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik.

6. Selalu sediakan sesi diskusi tau tanya jawab pada saat proses pembelajaran berlangsung.