FORUM DISKUSI

FORUM DISKUSI

Number of replies: 11

ZZ

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan video rekaman presentasi untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan Video Presentasi dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah dan ada dua pilihan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengupload video presentasi, silahkan diikuti salah satu caranya.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
  3. Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

zz

  • Video presentasi diunggah dengan cara embed file: 1) Masukkan video presentasi ke google drive. 2) Klik get link, 3) ganti menjadi anyone with the link, 4) klik dua kali file yg sudah diunggah, 5) klik titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik buka dijendela baru, 6) klik tanda titik tiga kembali di pojok kanan atas, klik sematkan item (embed file), 7) buka forum vclass, klik reply, 8) klik tanda panah ke bawah samping huruf A di bagian atas sebelah kiri, kemudian klik tana </> dan copykan link video pada sematkan item, 9) ubah angka yg tertera menjadi 500 dan 300.
  • Video presentasi diunggah dengan cara memasukkan video ke youtube dan klik bagikan, copy link youtube, kemudian masukkan di forum diskusi pada bagian create link, lalu terakhir klik create link dan post to forum, seperti gambar berikut ini:

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI

by Salsabila Khoirunnida -
Assalamualaikum kami dari kelompok 1 ingin memprensentasikan hasil diskusi kami, yang beranggotakan:
Emelda Tri Ranjani : 2453053017
Salsabila Khoirunnida : 2453053016
Arinda Shafa Azzahra : 2453053046
Gita Bagus Wijaya : 2453053019
Clara anggun pratiwi : 2453053054
Wafa Azahiyah : 2463053002
Nindytha Lintang : 2453053008
Celsi Aura Jingga :2453053050
Foger Fireza : 2453053013
In reply to Salsabila Khoirunnida

Re: FORUM DISKUSI

by Dheafita Utami -
Assalamualaikum wr.wb perkenalkan
NAMA : DHEAFITA UTAMI
NPM : 2453053045

izin bertanya kepda kelompok satu
sebutkan contoh jenis metode pembelajaran Brainstorming dalam proses pembelajaran di dalam kelas?
In reply to Dheafita Utami

Re: FORUM DISKUSI

by Salsabila Khoirunnida -
Assalamualaikum wr.wb.sebelumnya terimakasih kepada dea sudah bertanya.baik di sini saya salsabila khoirunnida izin menjawab pertanyaan dari dea yaitu contoh jenis metode pembelajaran brainstorming dalam proses pembelajaran di kelas itu ada banyak sekali ya yang bisa para pendidik terapkan, diantaranya itu ada :
1. Diskusi Kelompok Kecil: Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan topik tertentu dan mencatat ide-ide mereka, lalu mempresentasikannya ke kelas.
2. Papan Ide: Siswa menuliskan ide-ide mereka di papan tulis secara bergiliran, yang kemudian dibahas bersama.
3. Brainwriting: Siswa menulis ide di kertas secara individu dan kemudian berbagi dengan teman sebangku untuk menambah ide lainnya.
4. Peta Pikiran: Siswa membuat peta pikiran di papan tulis, dimulai dengan topik utama dan menambahkan cabang ide terkait.
5. Tanya Jawab Terbuka: Guru mengajukan pertanyaan terbuka, dan siswa memberikan jawaban spontan yang dicatat untuk dibahas lebih lanjut.
6. Debat Ide: Siswa dibagi menjadi dua kelompok dengan pandangan berbeda, yang masing-masing mengumpulkan argumen untuk mendukung posisi mereka.
Nah, metode-metode ini dapat meningkatkan kreativitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
mungkin cukup sekian terimakasih..
Wassalamualaikum wr.wb
In reply to Salsabila Khoirunnida

Re: FORUM DISKUSI

by EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA -
Assalamualaikum wr wb.

Perkenalkan saya:
Nama : EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA
Npm. : 2453053005
Kelas : 2H

Izin bertanya.
Menurut pendapat kakak kakak, bagaimana peran pendekatan pembelajaran dalam membentuk pengalaman belajar yang edukatif dan menyenangkan bagi siswa?

Terimakasih
In reply to EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA

Re: FORUM DISKUSI

by Nindytha Lintang Sujarwo -
Assalamualaikum wr wb. sebelumnya saya ucapkan terimakasi untuk pertanyaannya Egga, baik disini saya Nindytha Lintang akan menjawab pertanyaan dari ega
Pendekatan pembelajaran yang berbentuk pengalaman belajar yang edukatif dan menyenangkan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa
di bawah ini contoh meningkatnya kualitas belajar siswa

1. Meningkatkan Motivasi Belajar
Ketika siswa merasa senang dan tertarik dengan proses pembelajaran, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar secara aktif dan mandiri.


2. Mempermudah Pemahaman Konsep
Pembelajaran berbasis pengalaman membantu siswa menghubungkan teori dengan praktik nyata, sehingga konsep lebih mudah dipahami dan diingat.


3. Membangun Keterampilan Abad 21
Pendekatan ini sering kali melibatkan kerja sama, komunikasi, kreativitas, dan pemecahan masalah, yang merupakan keterampilan penting di era modern.


4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Kegiatan yang menyenangkan dan memberi ruang untuk mencoba dan bereksplorasi dapat membuat siswa merasa lebih percaya diri dalam mengungkapkan ide dan berpartisipasi.


5. Menciptakan Lingkungan Belajar Positif
Suasana kelas yang menyenangkan dan mendukung membuat siswa merasa nyaman, yang berpengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar.


6. Mengakomodasi Gaya Belajar yang Beragam
Pendekatan ini bisa menggabungkan berbagai media dan metode (visual, kinestetik, auditori), sehingga lebih inklusif bagi semua tipe pelajar.
nah, itu contoh dari peran dalam membentuk pengalaman belajar yang edukatif dan menyenangkan.
cukup yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb
In reply to Salsabila Khoirunnida

Re: FORUM DISKUSI

by khanaia khanaia anandesta -
assalamualaikum Wr.wb
izin memperkenalkan diri
Nama:khanaia anandesta
Npm: 2453053047

izin bertanya
Bagaimana evaluasi pembelajaran dapat dilakukan untuk menilai efektivitas pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran?
trimakasih
In reply to khanaia khanaia anandesta

Re: FORUM DISKUSI

by Arinda Azzahra -
Nama: Arinda Shafa Az-Zahra
NPM: 2453053046

izin menjawab:

Evaluasi pembelajaran merupakan proses penting untuk menilai efektivitas pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar-mengajar. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, dengan tujuan utama untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai serta bagaimana kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Berikut beberapa cara evaluasi yang umum dilakukan:

1. Evaluasi Kognitif (Pengetahuan)
Tes formatif dan sumatif: Digunakan untuk mengukur penguasaan materi oleh peserta didik.

Ujian tertulis, kuis, atau proyek: Digunakan untuk melihat pemahaman konsep secara mendalam.

Analisis hasil tes: Dapat menunjukkan apakah metode yang digunakan efektif meningkatkan pemahaman siswa.

2. Evaluasi Afektif (Sikap dan Nilai)
Observasi sikap dan partisipasi: Melalui keaktifan siswa dalam diskusi, kerja kelompok, atau keterlibatan dalam pembelajaran.

Angket atau kuesioner: Menilai persepsi siswa terhadap pembelajaran, kenyamanan, motivasi, dan minat.

3. Evaluasi Psikomotorik (Keterampilan)
Penilaian kinerja/praktik: Cocok untuk metode pembelajaran berbasis proyek, praktik laboratorium, atau simulasi.

Rubrik penilaian: Digunakan untuk memberikan umpan balik terstruktur tentang keterampilan siswa.

4. Evaluasi Proses Pembelajaran
Refleksi guru dan siswa: Mencakup evaluasi diri tentang keterlibatan, hambatan, dan keberhasilan.

Observasi kelas: Dilakukan oleh pihak ketiga atau kolega untuk menilai pelaksanaan metode dan teknik yang digunakan.

Analisis video pembelajaran: Memberikan data visual tentang interaksi, efektivitas instruksi, dan dinamika kelas.

5. Evaluasi Komprehensif
Studi kasus atau portofolio: Menilai proses dan hasil belajar secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu.

Perbandingan hasil antar pendekatan/metode: Misalnya, membandingkan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif vs. ceramah.

6. Umpan Balik dan Perbaikan
Feedback dari siswa: Dapat membantu guru menyesuaikan pendekatan/metode agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.

Tindak lanjut hasil evaluasi: Merancang perbaikan atau modifikasi pendekatan/metode berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya.


Jadi itu jawaban dari saya
In reply to Salsabila Khoirunnida

Re: FORUM DISKUSI

by Fika Asikin Lubis -
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Nama : Fika Asikin Lubis
NPM : 2413053231

Izin bertanya pada kelompok 1
Pertanyaan nya:
Menurut kalian mana yang lebih penting, memilih metode pembelajaran yang tepat atau teknik pembelajaran yang sesuai? Jelaskan pendapat kalian!

Terimakasih
In reply to Fika Asikin Lubis

Re: FORUM DISKUSI

by Bagus GITA BAGUS WIJAYA -
Nama : Gita Bagus Wijaya
Npm. : 2453054019

Baik izin menjawab

Menurut kami tadi , menentukan metode pembelajaran yang tepat lebih utama karena metode berfungsi sebagai landasan atau strategi utama dalam proses mengajar. Jika metode sudah sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik, maka teknik pembelajaran yang cocok akan lebih mudah diterapkan sebagai bagian dari metode tersebut.

Meski begitu, teknik pembelajaran tetap memiliki peran penting karena mendukung efektivitas penerapan metode di kelas. Jadi, keduanya memang saling mendukung, tetapi pemilihan metode sebaiknya dilakukan terlebih dahulu karena menjadi acuan awal.
In reply to Salsabila Khoirunnida

Re: FORUM DISKUSI

by Nayla Mambaul Azizah -

assalamualaikum wr. wb.

perkenalkan. 

nama : Nayla Mambaul Azizah

NPM : 2413053226

izin bertanya apa peran teknologi dalam metode pembelajaran modern?

sekian, terima kasih

wassalamu'alaikum wr. wb






In reply to Nayla Mambaul Azizah

Re: FORUM DISKUSI

by emelda tri ranjani -
Nama : emelda tri ranjani
Npm : 2453053017

baik disini saya akan menjawab pertanyaan dari nayla

Teknologi berperan penting dalam pembelajaran modern dengan menyediakan akses informasi luas, mendukung pembelajaran daring, membuat proses belajar lebih interaktif, serta memungkinkan personalisasi dan evaluasi yang efisien. Selain itu, teknologi juga mendorong kolaborasi global dan meningkatkan keterampilan digital siswa.