Forum Analisis Soal

Forum Analisis Soal

Number of replies: 5

Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ketahui 4 Landasannya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pendidikan Pancasila dipelajari oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pasal tersebut menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

Tujuan pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi disertai dengan landasan pendidikan Pancasila, Jumat (19/3/2021).

Untuk mengetahui tujuan pendidikan Pancasila, perlu pahami dulu landasan pendidikan Pancasila. Terdapat empat landasan pendidikan Pancasila yaitu landasan historis, landasan kultural, landasan yuridis, dan landasan filosofis. Berikut penjelasannya:

1. Landasan Historis

Landasan Historis adalah fakta-fakta sejarah yang dijadikan dasar bagi pengembangan pendidikan Pancasila, baik menyangkut formulasi tujuan, pengembangan materi, rancangan model pembelajaran, dan evaluasinya.

Berdasarkan landasan historis, pancasila dirumuskan dan memiliki tujuan yang dipakai sebagai dasar Negara Indonesia. Proses perumusannya diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat.

Fakta historis tersebut membentang mulai dari kehidupan prasejarah, sejarah Indonesia lama, masa kejayaan nasional, perjuangan bangsa Indonesia melawan sistem penjajahan, proklamasi kemerdekaan, hingga perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

2. Landasan Kultural

Landasan kultural adalah pengembangan pendidikan Pancasila didasarkan atas nilai-nilai yang diagungkan, dan karenanya disepakati dalam kehidupan nasional. Pancasila merupakan salah satu pencerminan budaya bangsa, sehingga harus diwariskan ke generasi penerus.

Secara kultural unsur-unsur Pancasila terdapat pada adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, kepercayaan, agama, dan kebudayaan Indonesia secara umum. Pendidikan Pancasila memelihara dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang telah dan terus disepakati tersebut.

3. Landasan Yuridis

Landasan Yuridis menyangkut aturan perundang-undangan yang mendasari pelaksanaan Pendidikan Pancasila. Pancasila secara yuridis konstitusional telah secara formal menjadi dasar negara sejak dituangkannya rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945.

Secara hierarkis, landasan yuridis dapat ditelusuri dari UUD 1945, Ketetapan MPR, Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri, Keputusan Direktur Jenderal, dan lain-lain.

4. Landasan Filosofis

Landasan filosofis adalah penggunaan hasil-hasil pemikiran filsafat Pancasila untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila. Secara praktis nilai-nilai tersebut berupa pandangan hidup (filsafat hidup) berbangsa.

Pancasila yang merupakan filsafat negara harus menjadi sumber bagi segala tindakan para penyelenggara negara, menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuan pendidikan Pancasila menurut UU No. 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional yang juga tercantum di dalam SK Dirjen Dikti. No.38/DIKTI/Kep/2003, ialah guna menunjukan arah tujuan pada moral dan diharapkan dapat terealisasi di kehidupan bermasyarakat setiap hari.

Yakni tingkah laku yang memperlihatkan iman serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (keyakinannya masing-masing), bertingkah-laku kerakyatan dengan selalu mendahulukan kepentingan umum. Tujuan pendidikan Pancasila menjadi sebuah sarana dalam mengerti, memahami, serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat amat penting. Hal ini sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Tujuan pendidikan Pancasila secara umum diantaranya:

1. Memiliki keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Memiliki sikap kemanusiaan yang adil juga beradab kepada orang lain dengan selalu memiliki sikap tenggang rasa di tengah kemajemukan bangsa.

3. Menciptakan persatuan bangsa dengan tidak bertindak anarkis yang dapat menjadi penyebab lunturnya Bhinneka Tunggal Ika di tengah masyarakat yang memiliki keberagaman kebudayaan.

4. Menciptakan sikap kerakyatan yang mendahulukan kepentingan umum dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai keadaan yang mufakat.

5. Memberikan dukungan sebagai cara menciptakan keadaan yang berkeadilan sosial dalam masyarakat.

Tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk:

1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Agar mahasiswa dapat mengembangkan karakter manusia Pancasilais dalam pemikiran, sikap, dan tindakan. 

3. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

5. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia. (Derektorat, 2013)

https://hot.liputan6.com/read/4510238/tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi-ketahui-4-landasannya

Analisis soal

1. Apakah hubungannya Pendidikan Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara dan bagaimana urgensinya bagi mahasiswa atau generasi muda?

2. Apakah hal yang paling pokok untuk dipelajari dari pendidikan Pancasila dalam menghadapi perubahan dan manfaatnya dalam menghadapi masa depan?

3. Jelaskan apa sajakah yang menjadi  faktor penghambat dan penunjang diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi!

4. Bagaimanakah yang dimaksud dengan relasi antara pendidikan Pancasila dengan program studi/jurusan anda dan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa?



In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

by 2415012067 2415012067 -
NAMA: Jefito Renata
NPM: 2415012067



Analisis Soal
1. intinya, penolakan jenazah korban COVID-19 artinya tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, yg mencakup persatuan, humanisme, serta keadilan sosial. rakyat Indonesia diharapkan untuk mendukung serta membantu sesama warganya dalam menghadapi pandemi, tanpa memandang status kesehatan atau penyakit yg dialami oleh seorang.

2.Selalu ingat bahwa pengalaman universitas adalah peluang buat tumbuh serta berkembang, serta belajar asal kesalahan adalah bagian alami dari proses tadi. menggunakan perilaku yg tepat dan tindakan yang bijak, Anda dapat membantu mencegah peristiwa yg tidak diinginkan terulang pada kemudian hari.

3.dalam situasi mirip pandemi COVID-19, pemerintah dan forum kesehatan berusaha sebaik mungkin buat mengakomodasi nilai-nilai kemanusiaan serta budaya sambil menjaga keselamatan dan kesehatan rakyat. sang sebab itu, penolakan jenazah korban COVID-19, meskipun kontroversial, dapat dijustifikasi menjadi langkah yang diambil untuk menjaga kemanusiaan dan kesehatan warga yg lebih besar .

tetapi, penting buat dicatat bahwa dalam menjalankan tindakan seperti ini, pemerintah dan forum kesehatan harus tetap mematuhi standar etika serta aturan serta memperlakukan semua jenazah menggunakan rasa hormat dan kemanusiaan yang seharusnya sinkron menggunakan nilai-nilai Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

by Nadja Nabila Meysun Mahdiyah -
Nama : Nadja Nabila Meysun Mahdiyah
Npm : 2415012053


1. Hubungan pend. Pancasila dalam bangsa indonesia adalah pengembangan pendidikan Pancasila didasarkan atas nilai-nilai yang diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat. Pancasila juga terdapat pada adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, kepercayaan, agama, dan kebudayaan Indonesia secara umum.

Bagaimana urgensinya?

Baik mahasiswa maupun Generasi muda. Pend. Pancasila bisa sebagai penyokong atau pengingat sejarah dan penjuangan pahlawan dan juga agar tidak tercabut dari akar kebudayaan imdonesia itu sendiri. Tidak hanya itu, kita juga bisa menumpuk semangat nasionalisme sehingga menjadikan mereka lebih tahan terhadap pengaruh negatif dan ancaman dari luar yang sedang merajalela.

2. memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Terkadang kita bisa salah memahami nilai-nilai pancasila karena suatu kebiasaan suatu daerah atau tempat. Kita biasanya hanya belajar untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pancasila tetapi tidak benar- benar memahami nilai-nilai pancasila.

3. Kurangnya pemahaman. Karena pemahaman dalam sejarah maupun nilai-nilai pancasila bukan hanya memberikan penjelasa tetapu juga memiliki contoh pemahaman yang benar, sehingga tidak ada kesalah pahaman.

Kurikulum. Bagi masyarakat pend. Pancasila hanya sekedar dasar negara dan pancasila ataupun tentang korupsi. Nyatanya, pend. Pancasila lebih sekedar tentang pancasila itu sendiri.

4. Pendidikan Pancasila mengajarkan nilai-nilai dasar seperti keadilan, demokrasi, dan toleransi. Dengan adanya program studi, kita dapat melihat kekurangan dalam pend. Pancasila kita dan kelebihan pend. Pancasila yang kita proleh. Kekurangan tersebut bisa kita perbaiki dengan pend. Pancasila dari jurusan lain atau program studi lain. pendidikan Pancasila mendukung pengembangan individu yang tidak hanya kompeten dalam bidang studi, tetapi juga memiliki kesadaran sosial dan tanggung jawab sebagai warga negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

by Muhammad Fadhel Arya Ganendra -
Nama : Muhammad Fadhel Arya Ganendra
NPM : 2215012008


1.Pendidikan Pancasila memiliki hubungan erat dengan kehidupan berbangsa dan bernegara karena Pancasila merupakan dasar ideologi negara. Pendidikan ini bertujuan untuk membentuk warga negara yang memahami hak dan kewajibannya, memiliki rasa nasionalisme, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Bagi mahasiswa dan generasi muda, pendidikan Pancasila penting karena membantu membentuk karakter yang berlandaskan pada moral Pancasila serta mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan berintegritas

2. Hal pokok yang dipelajari dari pendidikan Pancasila adalah penguatan karakter manusia Pancasilais, pemahaman nilai-nilai Pancasila, serta kemampuan untuk menerapkannya dalam menghadapi tantangan sosial, politik, dan budaya yang dinamis. Pendidikan ini membantu generasi muda dalam mempersiapkan diri untuk masa depan yang penuh dengan perubahan dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur bangsa

3. - Faktor penunjang: Adanya landasan yuridis seperti UU No. 12 Tahun 2012 yang mewajibkan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, dukungan institusi pemerintah, serta kesadaran akan pentingnya pendidikan ideologi bagi kelangsungan bangsa
- Faktor penghambat: Kurangnya minat mahasiswa, minimnya pemahaman dosen tentang Pancasila, serta pengaruh globalisasi yang dapat menyebabkan lunturnya nilai-nilai nasional

4. Relasi pendidikan Pancasila dengan setiap program studi adalah bagaimana nilai-nilai dasar Pancasila dapat diterapkan dalam disiplin ilmu masing-masing, sehingga mahasiswa tidak hanya terampil secara akademik tetapi juga memiliki landasan moral dan etika. Pendidikan ini mendukung tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat berlandaskan Pancasila
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

by Muhamad Adzriel Prayudha -
Nama: Muhamad Adzriel Prayudha
NPM:2415012034


1. Hubungan pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah karna pancasila memiliki tujuan membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.
lalu, hubungannya Pendidikan Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting yaitu Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua ativitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.
dan urgensinya bagi mahasiswa adalah karna Pancasila sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda, khususnya mahasiswa, di Indonesia. dan untuk mengembangkan solidaritas dan nasionalisme, pemahaman identitas nasional penting, terutama bagi generasi muda yang berperan sebagai agen perubahan di era globalisasi.

2. Pemahaman dan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti toleransi, keadilan sosial, dan persatuan dan manfaatnya untuk masa depan adalah memberikan pijakan moral dan etika yang kuat bagi pemimpin untuk bertindak secara bijaksana, adil, serta berorientasi pada kepentingan bersama.

3. Faktor penghambat diberlakukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yaitu adanya mindset bahwa tidak ada kaitannya antara pendidikan Pancasila yang ada dengan matakuliah di setiap program dan jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa dikarenakan dalam perguruan tinggi, jurusan atau program studi yang dipilih oleh masing-masing mahasiswasudah bersifat spesifik atau mengarah ke suatu disiplin ilmu tertentu, tidak seperti pendidikan pada bangku SD, SMP, dan SMK/SMK yang masih bersifat umum sehingga harus mempelajari semua mata pelajaran yang ada dan mindset bahwa sudah cukup untuk mendapatkan pendidikan Pancasila pada bangku SD dan SMP sampai SMA/SMK sehingga pada saat beradadi perguruan tinggi tidak diperlukan lagi pendidikan Pancasila.

4. menurut saya relasi antara pendidikan pancasila dengan prodi arsitektur adalah karna nilai nilai yang terkandung dalam pancasila adalah nilai dasar yang harus di miliki oleh setiap individu termasuk mahasiswa arsitektur sendiri, nilai seperti demokrasi, toleransi, dan keadilan nilai yang sangat penting untuk dimiliki seseorang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Soal

by Haya Nazma -
Nama: Haya Nazma Muthiah
NPM: 2415012008

ANALISIS SOAL:
1. Pancasila hadir sebagai dasar negara yang menjadi ideologi atau pandangan bagi bangsa Indonesia. Pendidikan pancasila diadakana demi pemahaman tentang nilai-nilai pancasila tetap tertanam dan terimplementasi dalam didri tiap warga negara. Terkhusu Mahasiswa, selaku pemegang tonggak estafet penerus bangsa tentulah perlu untuk mempelajari dan memahami apa itu dasar negaranya supaya dapat lestari hingga generasi selanjutnya.
2. Hal yang palinhg pokok adalah pemahaman terhadap butir-butir nilai pancasial yang berisikan hal-hl baik dan bagaimana cara mengimplementasikannya.
3. Faktor penghambat diberlakukannya pembelajarran pancasila di perduruan tinggi adalah karena adanya rasa kurang sadar diri dalam diri individu tentang urgensi memepelajari pemahaman tentang pancasila.
4. Setiap program studi memiliki visi dan misi untuk ememjukan dan mencerdaskan bangsa. tentulah hal itu sangat erat hubungannya dengan pendidikan pancasila.