Baik bapak, terima kasih bapak.
Posts made by Njuah Mayatih Lumban Gaol
Evaluasi adalah proses sistematis yang bertujuan untuk menilai dan menentukan nilai dari berbagai elemen pembelajaran. Ini dilakukan untuk mengevaluasi seberapa efektif sistem pembelajaran, baik dari segi metode, materi, maupun hasil belajar siswa. Sementara Refleksi merupakan cara atau strategi bagi pendidik untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari proses pengajaran.
Pembelajaran mandiri merupakan proses di mana siswa berperan aktif dalam mengatur dan melaksanakan aktivitas belajar mereka sendiri, sedangkan guru berfungsi sebagai pendukung atau fasilitator. Dalam proses ini, siswa belajar untuk menetapkan tujuan, mengelola waktu, menilai hasil, dan bertanggung jawab atas perkembangan pembelajaran mereka.
Strategi pembelajaran eksperimen adalah metode yang berfokus pada aktivitas langsung siswa dalam melakukan percobaan, mengamati fenomena, dan menyimpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan atau laboratorium / merupakan prosedur secara sistematis untuk melihat sebab akibat. Metode ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga melatih keterampilan proses sains, berpikir kritis, serta kemampuan pemecahan masalah.
Strategi pembelajaran interaktif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar, di mana siswa tidak hanya menjadi penerima informasi tetapi juga berperan sebagai subjek yang aktif dalam menggali, membangun, dan menyampaikan pengetahuan yang menekankan pentingnya pengalaman, interaksi sosial, serta teori pembelajaran sosial yang menunjukkan bahwa proses belajar terjadi melalui observasi, imitasi, dan kolaborasi.