Posts made by Fattah Indra Kusuma

Learning Social Science -> Tugas Mandiri

by Fattah Indra Kusuma -
Nama: Fattah Indra Kusuma
Npm: 2413053115
Kelas: 3D


1. Metode yang digunakan
Kelebihan :
Guru menerapkan metode ceramah interaktif, menyampaikan materi sambil memperlihatkan kartu identitas sebagai contoh nyata.
Adanya aktivitas perkenalan membuat topik terasa dekat dengan pengalaman siswa.
Posisi guru yang berdiri di depan kelas memungkinkan seluruh siswa melihat dengan jelas.

Kekurangan :
Pada bagian yang tampak, guru cenderung lebih dominan menjelaskan, sementara kesempatan siswa untuk berlatih atau mencoba sendiri belum terlihat.
Interaksi siswa masih kurang tampak (mungkin ada di bagian lain yang tidak terekam dalam cuplikan).

2. Media yang digunakan
Kelebihan :
Media utama berupa kartu identitas asli memberikan contoh konkret yang mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar.
Teks tambahan pada video seperti “Perkenalan” memberi sentuhan visual yang menarik.

Kekurangan :
Dari kondisi kelas, terlihat minim media visual yang digunakan pada papan tulis.
Tidak tampak pemanfaatan media lain seperti slide, poster, atau alat peraga tambahan untuk memperkuat materi.

3. Penguasaan materi oleh guru
Kelebihan :
Guru tampil percaya diri, berbicara dengan jelas, dan menyampaikan materi secara sistematis.
Gestur dan sikap menunjukkan bahwa guru memahami materi perkenalan diri dengan baik.

Kekurangan :
Belum tampak variasi dalam penyampaian atau pengayaan materi (karena hanya terlihat sebagian kecil dari pembelajaran).
Strategi penyederhanaan materi agar lebih sesuai konteks anak SD belum terlihat pada cuplikan tersebut.

4. Pengelolaan kelas
Kelebihan :
Penataan kelas terlihat rapi dengan formasi kelompok.
Suasana kelas relatif kondusif ketika guru menyampaikan materi.

Kekurangan :
Beberapa siswa di bagian belakang tampak kurang fokus, misalnya saling berbicara atau menoleh ke tempat lain.
Guru belum terlihat melakukan pengamatan menyeluruh ke seluruh kelas untuk menjaga fokus siswa.


5. Skor untuk Bu Beti
Skor: 80 / 100

Alasan:
Penyampaian materi, kejelasan suara, dan kepercayaan diri guru sudah baik.
Kondisi kelas cukup terkontrol.
Namun, keragaman metode dan media masih dapat ditingkatkan.
Selain itu, pengelolaan perhatian siswa masih perlu diperkuat.

Learning Social Science -> Tugas mandiri

by Fattah Indra Kusuma -
Nama : Fattah Indra Kusuma
Npm : 2413053115
Kelas : 3D

1. Contoh masalah sosial : Anak SD yang menghabiskan waktu berlebihan bermain game online atau menonton video di HP.

2. Solusi : Sekolah dapat memberikan literasi digital tentang penggunaan gawai yang sehat, termasuk dampak negatif dan cara mengatur waktu layar.
Contoh kegiatan: “Sehari Tanpa Gawai”.
Selain itu Orang tua perlu menjadi teladan dan membuat jadwal penggunaan gawai bersama anak.
Misalnya: waktu belajar tanpa gawai, waktu bermain di luar ruangan, dan waktu bersama keluarga tanpa HP.

Hal ini sesuai dengan Teori Ekologi Bronfenbrenner (1979) yang mengatakan bahwa perilaku anak dipengaruhi oleh lingkungan mikro (keluarga, sekolah) dan makro (media, budaya).
Jika lingkungan sekitar membiasakan penggunaan gawai tanpa batas dan tidak menyediakan alternatif aktivitas sosial, maka perilaku kecanduan akan terbentuk.