NAMA : ELSA TRIANANDA
NPM :2313031053
Setelah saya membaca beberapa buku metodologi penelitian serta Jurnal penelitian di bidang pendidikan ekonomi, di antaranya artikel dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi yang ditulis oleh Sari dan Widodo (2021) tentang metode penelitian pembelajaran ekonomi di SMA, serta artikel Rahmawati (2020) dalam Jurnal Economia yang membahas desain penelitian kuantitatif dalam pendidikan ekonomi, saya memperoleh pemahaman yang lebih jelas mengenai konsep populasi dan sampel dalam penelitian.
Dari berbagai sumber tersebut, saya memahami bahwa populasi adalah keseluruhan subjek penelitian yang memiliki karakteristik tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam penelitian pendidikan ekonomi, populasi dapat berupa seluruh peserta didik yang mengikuti mata pelajaran ekonomi, guru ekonomi, atau mahasiswa pendidikan ekonomi pada jenjang dan wilayah tertentu. Populasi menjadi sasaran utama penelitian karena hasil penelitian pada dasarnya ingin menggambarkan kondisi populasi tersebut. Namun, berdasarkan jurnal-jurnal yang saya baca, meneliti seluruh populasi sering kali tidak memungkinkan sehingga diperlukan strategi pengambilan sebagian subjek penelitian.
Selanjutnya, sampel saya pahami sebagai bagian dari populasi yang dipilih secara sistematis untuk mewakili karakteristik populasi secara keseluruhan. Berdasarkan jurnal Rahmawati (2020), pemilihan sampel yang tepat sangat menentukan validitas hasil penelitian pendidikan ekonomi. Teknik pengambilan sampel seperti simple random sampling stratified sampling, atau purposive sampling dipilih sesuai dengan pendekatan dan tujuan penelitian. Saya menyimpulkan bahwa selama sampel mampu merepresentasikan populasi, maka hasil penelitian tetap dapat digeneralisasikan secara ilmiah.
Dari hasil membaca tersebut, saya menyadari bahwa peneliti pendidikan ekonomi harus menjelaskan secara rinci siapa yang menjadi populasi dan bagaimana sampel diambil. Penjelasan ini penting agar penelitian memiliki kejelasan metodologis, menghindari bias, serta meningkatkan kepercayaan terhadap hasil penelitian. Dengan demikian, populasi dan sampel bukan hanya bagian teknis penelitian, tetapi menjadi fondasi penting dalam menghasilkan penelitian pendidikan ekonomi yang berkualitas.
RUJUKAN
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Rahmawati, L. (2020). Desain penelitian kuantitatif dalam pendidikan ekonomi. Jurnal Economia, 16(2), 145–156.
Sari, D., & Widodo, A. (2021). Metodologi penelitian pembelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonom, 14(1), 23–34.