Posts made by Danda wilians

Pancasila elektro B -> Forum Analisis Soal

by Danda wilians -
Nama:Danda Wilians
NMP :2315031019
Kelas: TE B


Analisi Soal 1

A. Bagaimanakah pendapatmu mengenai isi artikel tersebut? Hal positif apa yang bisa anda ambil?
Pendapat saya mengenai isi Artikel tersebut adalah keprihatinan terhadap perilaku kurang sopan di kalangan generasi milenial, sekaligus menegaskan bahwa perilaku tersebut bukanlah bagian dari budaya Indonesia. Poin positif yang dapat diambil dari artikel ini adalah kesadaran penulis akan pentingnya mempertahankan nilai-nilai budaya positif dan akhlak yang baik. Selain itu, artikel ini memberikan pemahaman bahwa kebebasan berarti tanggung jawab dan tidak boleh merugikan orang lain.

B. Jelaskan bagaimanakah hubungan antara Pancasila sebagai sistem etika dengan isi artikel tersebut?
Hubungan Pancasila sebagai sistem etika dengan artikel tersebut adalah bahwa Pancasila menciptakan landasan moral dan nilai-nilai yang membimbing perilaku individu dan masyarakat. Hal ini tercermin dalam prinsip-prinsip Pancasila yang mengedepankan kemanusiaan, persatuan, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Pancasila menempatkan kebebasan dalam kerangka tanggung jawab dan menekankan gotong royong serta keseimbangan antara hak dan kewajiban. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya menjadi dasar konstitusional negara Indonesia, tetapi juga menjadi panduan etika untuk membentuk masyarakat yang adil, beradab, dan bermoral.

C. Sebutkan dan jelaskan berbagai kearifan lokal di Indonesia yang terkait dengan sistem etika berdasarkan sila-sila Pancasila!
Berikut adalah sila-sila Pancasila dan beberapa contoh kearifan lokal di Indonesia yang sesuai dengan setiap sila, berserta penjelasan bagaimana kearifan lokal tersebut berkaitan dengan sistem etika:

1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
Kearifan Lokal: Upacara Keagamaan
Penjelasan: Kearifan lokal ini mencerminkan penghormatan terhadap keberagaman keyakinan agama dan nilai-nilai etika yang berlandaskan pada kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Kearifan Lokal: Tradisi Gotong Royong, tradisi menghargai HAM, dan tradisi saling menghargai perbedaan
Penjelasan: ketiga hal di atas menekankan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan beradab dalam membantu, menghargai, menghormati sesama dalam membangun kehidupan bermasyarakat.

3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
Kearifan Lokal: Menjaga kerukunan antar masyarakat, tolong menolong.
Penjelasan: dua hal di atas mencerminkan semangat untuk membentuk rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

4. Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Kearifan Lokal: Tradisi Musyawarah Mufakat
Penjelasan: Tradisi musyawarah mufakat mencerminkan prinsip partisipasi dan pengambilan keputusan bersama yang demokratis.

5. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Kearifan Lokal: tradisi adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, dan saling memberi dan bersedekah
Penjelasan: yang saya sebutkan di atas dapat menekankan nilai-nilai keadilan sosial dalam dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

D. Bagaimanakah cara menjaga dan melestarikan kearifan lokal di Indonesia yang terkait dengan sistem etika berdasarkan sila-sila Pancasila
 Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang kearifan lokal dan nilai-nilai etika yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan informal.
 Mengenalkan kearifan lokal kepada generasi muda melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, dan program-program pengembangan karakter yang mengintegrasikan nilai-nilai lokal dan nasional.
 Mendorong dukungan pemerintah untuk melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal.
 Mendorong partisipasi aktif komunitas dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal.
 Menggunakan teknologi untuk menyebarkan informasi tentang kearifan lokal dan nilai-nilai etika.

Pancasila elektro B -> Forum Analisis Jurnal

by Danda wilians -
Nama: Danda Wilians
NPM: 2315031019

Jurnal ini merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk menguji pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam merespon ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikasi deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap positif terhadap perkembangan Iptek. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 28,2% variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa perkembangan Iptek dipengaruhi secara positif oleh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila. Responden dalam penelitian ini menunjukkan sikap yang baik terhadap perkembangan Iptek. Namun, perlu diperhatikan bahwa 71,8% sikap terhadap perkembangan Iptek dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar mahasiswa menjaga identitas nasional mereka dan secara selektif mengadopsi pengaruh budaya baru. Pemerintah juga perlu meningkatkan penyaringan informasi untuk melawan radikalisme.

Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan pemahaman tentang pentingnya mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan Iptek. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan memberikan rekomendasi bagi perguruan tinggi dan pemerintah dalam meningkatkan pemahaman dan pengembangan Iptek di Indonesia.

Pancasila elektro B -> Forum Analisis Jurnal

by Danda wilians -
Nama:Danda Wilians
NPM :2315031019
Artikel jurnal berjudul “Filsafat Ilmu dan Arah Pengembangan Pancasila: Relevansinya dalam Mengatasi Persoalan Kebangsaan” oleh Syahrul Kirom membahas tentang relevansi filsafat ilmu dalam menyikapi permasalahan nasional di Indonesia. Syahrul kirom berpendapat bahwa ilmu filsafat dapat dijadikan alat untuk menyelesaikan permasalahan bangsa, khususnya dalam kasus korupsi, dengan memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila. Artikel tersebut juga menyoroti pentingnya filsafat dalam pendidikan tinggi dan dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. Kehadiran filsafat di perguruan tinggi dipandang penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang diperlukan bangsa. Filsafat ilmu diartikan sebagai analisis dan deskripsi ilmu dari berbagai sudut pandang, termasuk logika, metodologi, sosiologi, dan sejarah ilmu pengetahuan. Ini melibatkan studi tentang sikap, metode, tindakan, kesimpulan, dan implikasi masalah ilmiah dalam masyarakat. Pasal tersebut menekankan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia mengandung nilai-nilai yang juga melekat pada filsafat ilmu pengetahuan. Pancasila memiliki ajaran dan nilai -nilai mulia yang mempromosikan rasa hormat dan cinta untuk sesama manusia, dengan Tuhan memainkan peran dalam membimbing umat manusia. Nilai -nilai ini berkontribusi secara signifikan terhadap kehidupan manusia dan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari -hari. Sebagai kesimpulan, filosofi sains relevan dalam mengatasi masalah nasional di Indonesia, dan studinya dapat berkontribusi pada pemahaman dan implementasi nilai -nilai Pancasila.