Posts made by Ni putu ayudya sari

Farmasi MKU Pancasila -> Forum Analisis Video-2

by Ni putu ayudya sari -
Nama: Ni putu ayudya sari
Npm:2218031048
Prodi: Farmasi
Peristiwa bom hirosima nagasaki membuka peluang bangsa Indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaan yang pada saat itu mengalami kekosongan kekuasaan saat setelah jepang menyerah kepada sekutu, saat 7 Desember 1941 Jepang menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour yang membuat bersatunya persekutuan Amerika Serikat Britania Raya Belanda dan sejumlah negara jajahan Inggris serta sejumlah Negara Amerika Lainnya untuk bersama-sama berperang melawan Jepang. peristiwa bom Hiroshima terjadi pada tanggal 6 Agustus 1945 yang menyebabkan 140.000 orang tewas dari 350.000 total penduduk .Setelah itu terjadi bom kedua di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, bombardir inilah yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 15 Agustus 1945 dan ditandatangani oleh menteri luar negeri Jepang pada saat masa itu, yaitu Shigematsu Shakaibara diatas kapal perang amerika serikat USS Missouri, maka dari itu berakhirlah PD II di wilayah Pasifik.

Farmasi MKU Pancasila -> Forum Analisis Video-1

by Ni putu ayudya sari -
Nama: Ni putu ayudya sari
Npm:2218031048
Prodi: Farmasi.
Unjuk rasa warga, dengan melakukan penutupan saluran pembuangan limbah dari pabrik pembuatan pakaian, karena warga merasa tidak nyaman bawasnnya parik tersebut langsung membuang limbah kesungai dimana hal tersebut menyebabkan sungai dilingkungan mereka menjadi tercemar dan menimbulkan bau yang tidak sedap Setelah berdiskusi dengan pemilik pabrik, masyarakat meminta aparat kepolisian untuk menutup keenam pabrik tersebut karena tidak memiliki alat pengolahan limbah.
Nah menurut saya hal ini bisa menjadi pelajaran atau pengalaman untuk seluruh perusahaan yang ingin membangun pabrik atau bangunan yang lainnya jika berdampingan dengan masyarakat harus dipikirkan jangka panjangnya apa dampak positifnya bagi masyarakat dan apa dampak negatifnya tidak hanya untuk masyarakat tetapi efek kepada alam dan lingkungannya dengan seperti diberita tidak hanya merugikan masyarakat saja tapi juga merugikan alam dan lingkungan.

Farmasi MKU Pancasila -> Forum Analisis Soal-2

by Ni putu ayudya sari -
Nama; Ni Putu Ayudya Sari
Npm: 2218031048
Prodi:Farmasi

A. Pancasila sebagai pengembangan ilmu dan teknologi salah satunya adalah Pancasila sebagai common denominator values, yaitu nilai yang mempersatukan seluruh potensi kemanusiaan melalui counter values and counter culture.Pentingnya Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu untuk memperlihatkan eksistensi peran Pancasila sebagai rambu-rambu normatif di Indonesia yang berakar pada budaya bangsa Indonesia.
Ilmu pengetahuan dapat merubah pola kehidupan yang ada. Oleh karena itu pengembangan ilmu harus berorientasi pada Pancasila sebagai dasar negara.
Peran Pancasila sebagai paradigma disiplin ilmu yakni terkandung dalam sila ke lima. Dalam kandungan sila tersebut dapat diartikan bahwasanya seluruh kalangan masyarakat Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menuntut dan mengenyam bangku pendidikan. Yang menyebabkan kondisi disiplin ilmu di Indonesia akan semakin meningkat kedepannya.
Peran Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi disiplin ilmu yaitu:
Sila ke-1 (Ketuhanan yang maha esa): dimana dengan berkembangnya IPTEK yang mana membawa banyak sekali dampak dalam dunia pendidikan kita sebagai manusia atau orang yang memiliki keyakinan dan kepercayaan harus mampu menyelaraskan antara rohani dengan kehidupan kita.
sila ke-2 ( Kemanusiaan yang adil dan beradab) Pada sila ini ilmu pengetahuan digunakan untuk memberikan arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan dikembalikan pada fungsinya yaitu untuk kemanusiaan, tidak hanya untuk kelompok, lapisan tertentu.
Sila ke-3 (Persatuan Indonesia) Sila ini menjelaskann bahwa pengembangan iIPTEK di Indonesia diharapkan agar mampu untuk mempersatukan masyarakat Indonesia. pada Sila ketiga ini menjadi pengingat untuk masyarakat Indonesia bahwa pengembangan IPTEK bukan untuk menghancurkan bangsa tetapi menjadi salah satu perantara agar terciptanya persatuan indonesia.
Sila ke-4 (Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan perwakilan)
Sila ini merupakan penerapan dan penyebaran ilmu pengetahuan harus demokratis sila ini menjadi pengingat bagi para pemimpin maupun wakil- wakil rakyat bahwa bertanggung jawab dengan tugas nya.
Sila ke-5 (keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia) Sila terakhir dalam Pancasila ini menunjukkan paham bahwa dalam memperoleh kebenaran dari suatu ilmu pengetahuan, masyarakat diharap tetap memperhatikan nilai-nilai keseimbangan antara berbagai aspek dalam kehidupan.

B.harapan saya mengenai model pemimpin warganegara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia di masa sekarang iyalah kepemimpinan yang selalu memberi contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan berorganisasi,kepemimpinan Pancasila dapat di artikan sebagai kepemimpinan yang dijiwai Pancasila dan di semangati asas kekeluargaan,kemanusiaan yang memancarkan kewibawaan serta menumbuhkan daya mampu untuk membawa masyarakat yang berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan undang -undang dasar 1945. Dan kepemimpinan yang akan ada di masa pendatang harus pemimpin yang mampu menanggapi kemajuan iptek dan pesatnya perkembangan zaman di era globalisasi Indonesia,Seorang pemimpin hendaknya berwibawa, yakni timbulnya kepatuhan yang dipimpinnya, bukan dikarenakan sebuah ketakutan, tetapi karena kesadaran dan kerelaan
Seorang pemimpin bertanggung jawab atas segala tindakan dan perbuatan yang dipimpinnya. Dengan demikian, pemimpin yang akan ada di masa pendatang harus benar-benar bersifat "Tut wuri handayani".

Farmasi MKU Pancasila -> Forum Analisis Soal-1

by Ni putu ayudya sari -
Nama: NI Putu Ayudya Sari
Npm: 2218031048
Prodi: Farmasi
A. Tanggapan saya mengenai berita tersebut yaitu bahwasanya penyebaran berita hoax dapat dilakukan olelh siapa saja tidak memandang bulu dan juga tidak memandang pendidikan, dalam logika saja orang yang memiliki pendidikan tinggi saja bisa menyebarkan berita hoax yang seharusnya bisa ia pahami terlebih dahulu berita tersebut.
maka dari itu upaya unntuk mengantisipasinya dengan cara;
1.menyaring dahulu berita yang kita peroleh cari tau apakah sumber informasi trsebut valid atau tidak.
2.tidak mudah percaya dengan berita-berita yang belum pasti kejelasannya

B. Banyak sekali pengaruh perkembangan IPTEK dalma media sosial yang menyimpang dari nilai pancasila mulai dari penyebaran hoax, pencemaran nama baik, cyber bullying dan lain sebagainya. selai dalam media sosial dalam kehidupa sehari-haripun perkembangan iptek sangat memiliki dampak yang kurang baik contohnya orang -orang sekrang menjadi sangat malas untuk melakukan sesuatu karena ketergantungan dengan sosial media ataupun teeevisi selain itu sikap individualisme semakin meningkat,kurangnya rasa simpati terhadap sesama sekrang ini banyak sekali orang-orang yang hnya mementingkan dirinya sendiri apabila dengan terus berkemmbangnya iptek dan apabila selalu tidak sesuai dengan nilai pancasila maka akan berdampak lebih buruk untuk bangsa indonesia, dimana indonesia bisa terancam kehilangan karakter atau jati diri bangsa indonesia yang sebenarnya, oleh karena itu ada beberapa solusi dari saya untuk permasalahn ini yaitu dengan mulai menggunakan atau memanfaatkan perkembangan IPTEK ini dengan sebaik baiknya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk hal yang positif dari perkembangan IPTEK ini misalnya dengan meningkatkan ekonomi masyarakat indonesia dengan berjualan online atau bahkan mengekspor produk-produk lokal ke pasar internasional dan juga menyebarkan atau memperkenalkan kebudayaan bangsa inonesia dimedia sosial lainnya. dan masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan teknologi.

C.Solusi dari saya yaitu meningkatkan mutu atau SDM masyarakat indonesia terutama dalam bidang pendidikan banyak sekali mahasiswa mahasiswa yang berbakat untuk membuat inovasi baru karena kalau bukan generasi muda yang menjadi agen perubahan untuk masa depan lau siapa, saya sebagai mahasiswa farmasi menurut saya harus mampu untuk membuat inovasi baru atau obat baru yang mampu dikenal dan dipergunakan dalam masyarakat global.

sekian terimakasi pak

Farmasi MKU Pancasila -> Forum diskusi

by Ni putu ayudya sari -
Nama: Ni putu ayudya sari
Npm: 2218031048
Prodi: Farmasi
Izin menanggapi artikel a dan b
Artikel A
Perkembangan IPTEK sangat berpengaruh sangat besar dalam kehidupan manusia di dunia tak terkecuali masyarakat indonesia, terkadang beberapa orang bertanya kenapa dalam perkembangan IPTEK pun harus berkaitan dengan pengimplementasian nilai-nilai pancasila
Nah seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan IPTEK memiliki banyak dampak baik dari dampak positif maupun dampak negatif, untuk dampak positifnya sendiri bamyak yang sudah kita tau seperti dengan berkemangnya ilmu teknologi sepeeti komunikasi dan internet selain itu berkembangnya teknologi alat-alat canggih yang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia dan yaang biasanya kita berbelanja harus pergi ke supermarket atau ke pasar tapi sekarang hanya lewat handpone saja bisa berbelanja dan dikirim langsung ke tujuan kita namun dari dampak negatifnya antara lain membuat kita semakin malas dan mengurasi rasa sosialisasi kita dan meningkatkan sikap individualisme dan masuknya budaya asing ke indonesia yang membuat lunturnya kebudayaan asli bangsa indonesia seain itu masih banyak dampak negatif dari perkembangan IPTEK di indonesia, nah oleh karena itu kenapa nilai-nilai pancasila penting yaitu sebagai nilai normatif atau batasan dalam perkembangan iptek agar tidak keluar dari ideologi bangsa indonesia dan jati diri bangsa indonesia yang sebenarnya, selain itu pentingnya pengimplementasian pancasila dalam perkembangan IPTEK juga sebagai pedoman untuk masyarakat selalu bijak dan dapat membedakan hal yang baik dan yang
buruk dalam menggunakan dan menikmati
kemajuan teknologi yang ada saat ini.
Upaya pengimplementasian pancasila dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang agar bangsa indonesia lebih paham akan pentingnya nilai nilainpancasila di kehidupan diantaranya melalui
1).Dalam dunia pendidikan upaya pengimplementasian pancasila melalui dunia pendidikan yaitu seperti mata kuliah pendidikan pancasila yang dijadikan mata kuliah umum dalam universitas
2) melalui sosialisasi kedaerah mengenai pentingnya pengimplementasian pancasila.

Artikel B
Dalam artikel B dijelaskan mengenai teori kebenaran pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu, dalam artikel ilmu atau pengetahuan merupakan hasil tahu manusia terhadap sesuatu atau segala perbuatan manusia unutuk memahami suatu objek tertentuteori kebenaran pancasila ada 3 bagian yaitu
1). Teori koherensi
dalam teori ini suatu pernyataan dikatakan benar apabila pernyataan tersebut konsissten dengan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar, cerminan teori ini menurut notonagoro yaitu pancasila dibentuk atau disusun secara hirarkis dan piramidal, dalam artian sudah disusun dari yang paling tinggi dan tidak bisa jika dibolak balik, contohnya dalam sila pertama yaitu ketuhanan dengan kita sudah mengimplementasikan ketuhanan dalam diri kita maka akan menjadi manusia yang baik dan memunculkan sila kedua yaitu memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dengan itu akan timbul atau menciptakan sila ketiga yaitu persatuan antar kelompok dan kalau sudah bersatu untuk melaksanakan musyawarah mufakat unutuk mencapai suatu keputusan itu sangat mudah dan dengan terciptanya kesepakatan yang mufakat maka akan meciptakan keadilan.
2). teori korespondendi
dalam teori ini dijelaskan bahwa suatu pernyatan benar apabila memiliki hubungan dengan objek yang dituju oleh pernyataan tersebut. menurut notonagoro hubungan antara pancasila dengan bangsa indonesia adalah hubungan sebab akibat karena nilai nilai yang terkandung dalam pancasila diambil atau disebabkan oleh kebiasaan kebiasaan masyarakat indonesia, jadi antara pancasila dengan bangsa indonesia sangat berhubungan
3). teori pragmatis
dalam teori ini suatu kebenaran dpat diukur dari seberapa berfungsinya suatu nilai kebenaran itu, dihubungkan dengan teori pragmatis ini pancasila memiliki banyak fungsi bagi bangsa indonesia, seperti yang sudah kita pelajarai sebelumnya menegenai fungsi pancasila seperti sebagai sudut pandang bangsa indonesia, pandangan hidup,jati diri bangsa dan yang lainnya.
dan konsep pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yaitu yang pertama, bahwa setiap ilmu pengetahuan harus berkembabng sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang kedua perkembangan ilmu pengetahuan harus menyertakan nilai-nilai pancasila dan terakhir pengembangan ilmu pengetahuan harus berdasarkan ideologi bangsa indonesia.
sekian yang dapat saya pahami pak dari materi tersebut.